Domestik
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > [FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Total Views: 1406 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

kernellinux - 13/04/2011 06:57 AM
#1
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Quote:
Kalau agan suka FR ini tolong dirate :rate5 syukur-syukur kalau ditimpuk sama cendol cendolbig


Spoiler for FR ane yang lain


Awalnya sih mau ke kimpoian :kimpoi temen di Magelang tanggal 9 April 2011, namun apa daya hasrat untuk solo travelling lebih gila D.

8 April 2011
Setelah browsing-browsing, akhirnya ane putuskan untuk memulai perjalanan menggunakan kereta ekonomi ke arah Semarang kemudian dilanjutkan naik bus ke Magelang. Kereta ekonomi yang ane pake yaitu Tawang Jaya, bermodal nekad tahu kalau hari Jumat pasti tiket duduk/bebas habis akhirnya ane pergi ke Pasar Senen hari Jumat, 8 April 2011. Disana emang bener tiket duduk habis, didepan loket udah ada calo nunggu nawarin tiket, kerena nggak mau kecapekan gara-gara perjalanan Jakarta-Semarang, akhirnya ane putuskan beli dari calo 50 Rb dari harga asli 33.5 Rb (buat calo : marah marah). Keretapun jalan dari Jakarta sekitar jam 21.30.

9 April 2011
Jam 07.00 pagi ane nyampe stasiun Poncol. Berbekal nanya-nanya gimana pergi ke Magelang, akhirnya ane malah nyasar ke SPBU di ujung MH. Thamrin Semarang. Disitu ane dikasih pengarahan sama petugas SPBU yang baek hati gimana untuk pergi ke Magelang. Dari depan SPBU ane naik angkutan ke arah bunderan yang ada kantor Pemerintah Kota Semarang dengan ongkos 2 Rb, dari bunderan tadi ane naik bus damri ke Banyumanik dengan ongkos 3.5 Rb. Di Banyumanik, disana banyak bus kearah Ambarawa, Solo, Salatiga dan Jogja. Karena ane belom mandi dan harus ke kondangan, akhirnya ane nyoba nyari tempat buat mandi dan berujung mandi di SPBU di Banyumanik (kamar mandinya bersih lho gan). Sekitar jam 8.30 ane mulai perjalanan ke Magelang menggunakan bus ekonomi yang paling depan jalan p. Ongkos busnya 11 Rb. Eh tenyata dijalan parah juga, bus ini larinya kayak keong. Ane udah mulai cemas nih, soalnya kondangannya mulai jam 11.00 siang, dengan bermodal doa akhirnya ane nyampe di Kramat, Magelang jam 10.30.

Setelah hajatan selesai sekitar jam 13.00, ane pun numpang mobil teman seangkatan waktu di kampus ke Magelang untuk makan di Ninit (rumah makan yang jualan ayam tulang lunak yang posisinya diujung Jl. Pemuda). Nah pas di Ninit tersebut ane kenalan sama teman yang mau ke Jogja (asik ada tumpangan nih D), dan setelah SKSD ane pun bisa numpang supaya diturunin di pertigaan menuju Borobudur (bukan yang di Blondo). Dari pertigaan tersebut ane naik bus Muntilan-Borobudur dengan ongkos 3Rb.

Yup akhirnya nyampe di terminal Borobudur jam 14.30. Sesaat setelah turun dari bus, banyak yang nawarin becak, ojek sampe delman. Tapi karena ane udah biasa jalan kaki dan kekeuh untuk jalan kaki ajah (mode:ngirit). Ternyata Borobudur itu nggak terlalu jauh dari terminal, paling-paling jalan kaki 10-15 menit.

Kebetulan pas di bus tadi ane ketemu 3 cewek turis asing dari China dan mereka juga jalan tanpa guide, maka dengan pendekatan yang sama SKSD akhirnya kamipun masuk Borobudur bareng-bareng. Tiket masuk Borobudur ternyata lumayan mahal juga 23 Rb.

Karena ane cuma punya waktu sampe jam 17.00 (Candi ditutup jam segitu, dan bus terakhir ke Muntilan dan angkot ke Magelang jam segitu pula), maka ane berusaha muterin candi sebisanya sampe atas. Karena ane nggak punya guide dan nggak ada budget untuk nyewa guide, ane nyoba nyusup ke study tour anak-anak SMP Majalengka. Dengan bermodal nekad dan SKSD, ane akhirnya pun bisa mendompleng study tour ini dan dapat informasi mengenai sejarah dan seluk beluk Borobudur D.

Spoiler for candi borobudur

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Puncak stupa
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Anak-anak SMP Majalengka sama 3 orang turis dari China
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011




Jam sudah menunjukkan 16.30 dan ane pun bergegas keluar dari kompleks candi. Hadeh, ternyata untuk keluar harus muter museum dan melewati lokalisasi kaki lima yang sekarng jadi pasar.
Spoiler for Pasar

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011


Jam 17.00 ane nyampe di terminal dan bus kearah Muntilanpun sudah nggak ada, yang ada tinggal mobil angkutan ke Magelang. Akhirnya ane turun dipertigaan Mertoyudan jam 18.00 dengan ongkos 4 Rb. Dari sana ane naik bus ke terminal dengan ongkos 2 Rb. Di terminal ane nyampe jam 18.30 dan yang tersisa ternyata bus terakhir ke arah Semarang (kata keneknya). Bus ini seperti diperjalanan sebelumnya dari Semarang-Magelang jalannya kayak keong. Di Secang aja nge-tem hampir sejam dan ketika mau jalan eh ternyata ane dioper ke bus Jogja-Semarang lain (sialan kenek tadi ngadalin ane rupanya, padahal tadi katanya yang ane naikin itu bus terakhir).

Akhirnya tibalah ane di Ambarawa (turun di Pauline) jam 21.00 dengan kondisi gerimis dan ane nggak tahu Ambarawa. Diluar dugaan kota ini ternyata super-duper sepi. Berbekal nanya-nanya akhirnya ane dikasih tahu penginapan terdekat, setelah jalan setengah jam akhirnya ane nyampe Hotel Baru & Sari yang keduanya full booked dan penginapan lain yang ada itu di Bandungan (kayak puncak gitu deh katanya). Dan kerena udah malem banget serta angkutan susah ke arah Bandungan, akhirnya ane mutusin untuk tidur aja deh di Warnet. Akhirnya ane beli pake 4 jam seharga 9 Rb dan lumayan bisa tiduran meski nggak enak gara-gara nyusun 3 kursi jadi tempat tidur.

10 April 2011

Jam 02.00 pagi ane udah nggak kuat tidur di kursi warnet tadi karena sakit pinggang ane. Ya udah, akhirnya ane cabut dari warnet dan coba ngampar di pinggir jalan. Pas ngampar itu eh disamperin sama orang mabok, jiah karena ane takut dia ngamuk, ane ladenin dah omongan dia. Akhirnya ane ada kesempatan buat kabuuur dari orang mabok tadi. Karena ngerasa ngampar sendirian kurang aman, maka akhirnya ane mutusin nggak tidur dah. Ane akhirnya nyari warung buat minum teh anget karena udaranya lembab dan dingin. Di warung tersebut akhirnya ane bisa lumayan duduk-duduk sambil ngobrol sama yang punya warung untuk ngebunuh waktu.
Spoiler for Suatu pagi di Ambarawa

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Pojokan tempat ngampar
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Latar belakang gunung

Karena 10 April 2011 itu hari minggu, kok nampaknya kurang afdol kalo nggak ke gereja. Akhirnya dengan modal mata merah karena begadang dan belom mandi (cuma cuci muka aja), ane memberanikan diri masuk ke gereja. Setelah dari gereja, ane mulai jalan kaki ke arah monumen Palagan Ambarawa. Tugunya sih biasa-biasa saja menurut ane, namun secara historis disinilah TNI kita pernah mukul NICA sampe kalah dibawah Jend. Sudirman (salut buat pak jenderal).
Spoiler for Palagan Ambarawa

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[bersambung ke postingan di bawah]
kernellinux - 13/04/2011 06:58 AM
#2
Bagian II
Dengan berjalan sekitar 500 meter dari Monumen Palagan Ambarawa, ane pun nyampe di Museum Kereta Api. Tiket masuk ke museum 5 Rb dan tiket naik kereta 15 Rb untuk tujuan Ambarawa-Tuntang PP. Karena hari itu adalah minggu, maka di museum ini banyak dikunjungi keluarga dengan membawa anak-anak. iloveindonesia

Spoiler for Museum Kereta Api alias Stasiun Ambarawa

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Telepon Jadul
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

Koleksi Kereta

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Ban sepur yang ada geriginya, konon katanya kereta dengan gerigi ini cuman tinggal 3 aja di dunia dan salah satunya di Indonesia.
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Syuting Bolang
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Loko penarik gerbong
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Kereta Ambarawa-Tuntang
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Diperjalanan
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
Stasiun Tuntang


Awalnya ane pengen ke Rawa Pening sehabis dari Museum Kereta Api, namun ternyata tanpa diduga ane dapet bonus : kereta Ambarawa-Tuntang ngelewatin Rawa Pening. Emang bener kalau dari kata orang, Rawa Pening itu kerasa banget kesan mistisnya, karena kabut yang menyapu rawa tersebut takuttakut. Bagi mancing lover, menurut informasi disana ikan guramenya enak dan gurih. Untuk memancing bisa nyewa perahu atau mancing dipinggir rawa.

Spoiler for Rawa Pening

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011

[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011


Jam sudah menunjukkan pukul 11.00, ane harus ke Semarang supaya bisa kembali hari senin bisa kembali bekerja. Bus Ambarawa-Semarang ongkosnya 4 Rb. Di Terminal Terboyo, naik bus ke arah Java Mall. Ikutin jalan aja sekitar 1Km untuk sampai Stasiun Poncol. Jam 14.00 di Stasiun ane kehabisan tiket duduk, ya sudah terlanjur sampai stasiun maka ane beli tiket itu. Ane udah bersiap-siap tuh untuk ngampar dikereta. Eh ternyata pas kereta nyampe, ane nyoba kata orang kalau bisa beli tempat duduk di gerbong restorasi. Alhasil ane mendarat di gerbong restorasi. Harga kursi di restorasi kalau akhir pekan 30 Rb dan kalau hari biasa 25 Rb udah termasuk dikasih makan dan minum. Jam 04.00 ane nyampe Jakarta dengan selamat dan uang 9 Rb rupiah dikantong D.

Salam traveller Nusantara D

:travel:travel

iloveindonesiailoveindonesia
[Tamat, untuk kali ini D]
seCTe86 - 13/04/2011 09:22 AM
#3

salmek buat tripnya... :selamat

kayaknya tees sealmamater ma ane nie ... malus
babi_gelinding - 13/04/2011 09:26 AM
#4

mantapp gann....


fotonya upload lg donkk.....kiss
iloveindonesia
sinul - 13/04/2011 04:44 PM
#5

wew borobudur....mantap gan
satriathemars - 13/04/2011 07:47 PM
#6

tidur tempat ane aja gan....ane di magelang D
kernellinux - 13/04/2011 11:18 PM
#7

Almamater mana gan? D
Quote:
Original Posted By seCTe86
salmek buat tripnya... :selamat

kayaknya tees sealmamater ma ane nie ... malus
kernellinux - 13/04/2011 11:19 PM
#8

Sudah diupload semua D


Quote:
Original Posted By babi_gelinding
mantapp gann....


fotonya upload lg donkk.....kiss
iloveindonesia
garayy - 14/04/2011 05:14 AM
#9

potonya bagus thumbup:

btw itu naek kreta wisata jg ya?
ar7oseven - 14/04/2011 02:22 PM
#10

:matabelo

liat rawa pening bikin ane tmbh pengen pulang kampung gan
pemerhatikaskus - 14/04/2011 02:25 PM
#11

deket daerah ane itu gan,.. lebih maknyos lagi kalo mampir ngopi di kebon kopi Banaran gan, mantap pemandangannya iloveindonesia
tapi harga makanannya mahal malus
kernellinux - 14/04/2011 08:22 PM
#12

Iya gan, itu naik kereta wisata Ambarawa-Tuntang D


Quote:
Original Posted By garayy
potonya bagus thumbup:

btw itu naek kreta wisata jg ya?
famsku - 15/04/2011 04:00 PM
#13

wah nice traveling gan
:2thumbup
bravo04 - 16/04/2011 01:03 AM
#14

Keren gan..
Ntah kenapa rasanya suatu saat pengen jg nge bolang sendirian kayak agan2 disini.. D

thumbup: fr nya gan..
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
newinhere - 16/04/2011 12:37 PM
#15

Nyambe ambarawa gak di lanjutin ke sidomukti gan? buat outbond sekalian heheh

btw mantaps gan..
frelichand - 16/04/2011 04:34 PM
#16

waaah..kayanya enak tuh yg naek kreta.
ane lagi itu ksana..cuma kayanya dah brangkat tuh kreta..jadi cuman kliling di stasiun doang :mewek
kernellinux - 18/04/2011 10:28 PM
#17

Makasih gan, nge bolang sendirian itu untuk nyari inspirasi dan pengalaman yang susah didapet kalau lagi jalan rame2.

Quote:
Original Posted By bravo04
Keren gan..
Ntah kenapa rasanya suatu saat pengen jg nge bolang sendirian kayak agan2 disini.. D

thumbup: fr nya gan..
[FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011
xhinsx - 19/04/2011 01:03 PM
#18

kerennn,pengen jg keliling kek bolang spt agan,.seru,kemana saja tidak usa repot
ketimpa genteng - 22/04/2011 12:45 PM
#19

mangstab,gan FR nya. lumayan,nih buat jadi panduan solo backpacking ane berikutnya. ane rate *****:2thumbup:2thumbup
kernellinux - 01/05/2011 08:47 PM
#20

Quote:
Original Posted By ketimpa genteng
mangstab,gan FR nya. lumayan,nih buat jadi panduan solo backpacking ane berikutnya. ane rate *****:2thumbup:2thumbup


Silahkan gan D
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > [FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011