ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)
Total Views: 118021 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 81 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

charv3x - 02/05/2011 08:44 AM
#121

Quote:
Original Posted By bowosch
sama-sama gan. nyarinya mudah kok gan di toko-toko elektro banyak


yg opto, asal ngga dual-channel masih gampang spt di skema yang ada.... krn pernah cari yg dual-channel 6Nxx ga ada yg punya..untung ada padanan single-channelnya \)
bowosch - 02/05/2011 08:49 AM
#122

Quote:
Original Posted By charv3x
yg opto, asal ngga dual-channel masih gampang spt di skema yang ada.... krn pernah cari yg dual-channel 6Nxx ga ada yg punya..untung ada padanan single-channelnya \)


waaaa... >>6N jelas susah gan tapi kalo masalah opto sebenarnya dikasi apapun kayaknya bisa wung frequensinya ga setinggi radio. paling yang jadi masalah ketahanannya. kalo pengalaman ane gt gan kalo agan gimana gan pengalaman pakai opto? pertimbanganya apa aja nih?
charv3x - 02/05/2011 04:26 PM
#123

Quote:
Original Posted By bowosch
waaaa... >>6N jelas susah gan tapi kalo masalah opto sebenarnya dikasi apapun kayaknya bisa wung frequensinya ga setinggi radio. paling yang jadi masalah ketahanannya. kalo pengalaman ane gt gan kalo agan gimana gan pengalaman pakai opto? pertimbanganya apa aja nih?


blm pengalaman pake, cm hasil dari pengumpulan informasi, sptnya yg opto ni menang di safety thd komputernya (kalo ga salah ngerangkum data lho..kalo salah mohon maap)...trus belum saya lanjutkan dan membuktikan hal tersebut krn waktu luang dah berkurang kena pekerjaan sehari2...
pertimbangannya : kecepatan respon dan safety thd kompie kontrolernya.
Nemu thread ini memberi semangat untuk melanjutkan board yg kemarin masih di-edit penempatannya supaya efisien \)
madson173 - 03/05/2011 10:40 AM
#124

Quote:
Original Posted By bowosch
Spoiler for scheme
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)


makasih gan schematic bob nya. kalo boleh sekalian schem driver untuk stepper bipolar gan yang komponennya mudah didapet di toko elektro. tambah lagi gan, kalo ada yang gambar di pcbnya jg, maklum ane awam elektro tp ngebet bgt pengin mbangun nih cnc. routernya dah ada, kemarin maen2 ke tukang rongsok dpet untuk 2 axis.
aaofik - 03/05/2011 04:40 PM
#125

gan..bisa di infoin gak untuk sourcenya..baik itu source materi (ulasan materi cnc, blue print market, rangkaian pcb) maupun software yg bisa digunakan/dikembangkan (bersifat open source code).

kayaknya klo dibahas detail..makin seru nih. btw rell nya bisa dipake bekas printer gak yah? klo pake komponen bawaan printer gtu seru kayaknya...gampang nyari loak-an-nya.
bowosch - 03/05/2011 07:53 PM
#126
self, tmerne
Quote:
Original Posted By madson173
makasih gan schematic bob nya. kalo boleh sekalian schem driver untuk stepper bipolar gan yang komponennya mudah didapet di toko elektro. tambah lagi gan, kalo ada yang gambar di pcbnya jg, maklum ane awam elektro tp ngebet bgt pengin mbangun nih cnc. routernya dah ada, kemarin maen2 ke tukang rongsok dpet untuk 2 axis.


kalo ane driver steper gak punya skemanya gan. cuman apalan aja, tapi besuk kalo sempet ane buatin gambarnya gan

Quote:
Original Posted By aaofik
gan..bisa di infoin gak untuk sourcenya..baik itu source materi (ulasan materi cnc, blue print market, rangkaian pcb) maupun software yg bisa digunakan/dikembangkan (bersifat open source code).

masuk di blog ane aja ganhttp://bowoschcnc.blogspot.com/

selain itu bisa ikutan di cnc zone dot com
Quote:
Original Posted By aaofik

kayaknya klo dibahas detail..makin seru nih. btw rell nya bisa dipake bekas printer gak yah? klo pake komponen bawaan printer gtu seru kayaknya...gampang nyari loak-an-nya.


kalo bekas printer secara prinsip bisa dengan catatan gak untuk proses pemotongan karena ga kuat
bowosch - 03/05/2011 08:06 PM
#127
salam agan semuanya mau share mesin cnc ane dikantor
sementara nabung buat mesin diy cnc ane mutusin buat ngotak atik mesin yang lain gan. kebetulan dikantor ada modul axis buatan german. tapi sayang sekali gan rangkaian eektriknya pada rusak. cnc controllernya ga ada, drivernya pada terbakar. alhasil ntuh mesin ndongkrok.
Spoiler for
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)


langsung ajah deh ane preteli kaya acara di MTv pimp my machine hehe. karena drivernya udah pade rusak ahirnya ane buatin driver ndiri pakai blue print imaginer, alias cuman hapalan diawang dan modal pengalaman. sekarang baru mau buat sumbu z nya. terus ane pake pc kantor deh buat controllernya.

Spoiler for mach3
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)


wuih its works......!!!!!
Spoiler for works.......!
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)
kangmet - 03/05/2011 09:19 PM
#128

Quote:
Original Posted By madson173
makasih gan schematic bob nya. kalo boleh sekalian schem driver untuk stepper bipolar gan yang komponennya mudah didapet di toko elektro. tambah lagi gan, kalo ada yang gambar di pcbnya jg, maklum ane awam elektro tp ngebet bgt pengin mbangun nih cnc. routernya dah ada, kemarin maen2 ke tukang rongsok dpet untuk 2 axis.



setuju gan ane juga nungguin scem drivernya ..malu

bob ane dah ada tapi belum di test.. tuh ngetes nya gimana ya..bingung


sekalian biar rame di bahas juga masalah softwarenya gan..., selain mach3 apa ada yang lain
charv3x - 04/05/2011 02:41 PM
#129

Quote:
Original Posted By aaofik
gan..bisa di infoin gak untuk sourcenya..baik itu source materi (ulasan materi cnc, blue print market, rangkaian pcb) maupun software yg bisa digunakan/dikembangkan (bersifat open source code).

kayaknya klo dibahas detail..makin seru nih. btw rell nya bisa dipake bekas printer gak yah? klo pake komponen bawaan printer gtu seru kayaknya...gampang nyari loak-an-nya.


bekas scanner lama keliatannya jg mantep..rol barnya lebih panjang en tebal...tapi bukan untuk cutting spt saran agan bowosch \)
pilotcnc - 04/05/2011 06:38 PM
#130
salam kenal gan bowosch...:)
assalammualaikum...
salam knal agan aganshakehand2, mohon izin bwat ikut blajar bikin cnc diy.
salut bwat gan bowosch...:2thumbup
embunrandu - 04/05/2011 11:06 PM
#131

salut sekaligus bangga buat antusiasmenya. nice work mas

btw cek PM ya. heheheh. mau tanya2
terimakasih
bowosch - 05/05/2011 08:53 AM
#132

Quote:
Original Posted By pilotcnc
assalammualaikum...
salam knal agan aganshakehand2, mohon izin bwat ikut blajar bikin cnc diy.
salut bwat gan bowosch...:2thumbup


salam kenal juga agan pilotcnc. mari kita belajar sama-sama di komunitas ini gan. ane membuka kesempatan agar kita bisa diskusi, baik perakitan mesin,modifikasi,sampai di pemrograman

Quote:
Original Posted By embunrandu
salut sekaligus bangga buat antusiasmenya. nice work mas

btw cek PM ya. heheheh. mau tanya2
terimakasih


udah reply gancekpmshakehand2
bowosch - 05/05/2011 09:16 AM
#133
BREAKOT BOARD manstabs gan!!!!!!
no coment dah hehehe
Spoiler for
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)
charv3x - 05/05/2011 10:00 AM
#134

Quote:
Original Posted By bowosch
no coment dah hehehe
Spoiler for
Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)


Gileee, mantap jaya...pesta opto ya??? FR4 board pula.....
:2thumbup:2thumbup:2thumbup
bowosch - 05/05/2011 10:07 AM
#135

Quote:
Original Posted By charv3x
Gileee, mantap jaya...pesta opto ya??? FR4 board pula.....
:2thumbup:2thumbup:2thumbup


yoi gan dapet dari bekas mesin wirecut. komponenya langka-langka bgt.ga tau deh performanya kaya apa. tangan ane dah gatel nih. pengen sarapan tenol ma solder dulu ah biar sehat.
deniloe2 - 05/05/2011 11:30 AM
#136
Maju aTerus
kalau butuh spare part bisa hubungi saya.
bowosch - 05/05/2011 12:13 PM
#137

Quote:
Original Posted By deniloe2
kalau butuh spare part bisa hubungi saya.


beres gan:toast
bowosch - 05/05/2011 07:00 PM
#138

haduuuuhhhh capeknya. mana mbrakot brotnya masi trobel. istirahat dulu ah sambil refresing mainan mach3 dolo.:babyboy1
ramadodol - 05/05/2011 10:26 PM
#139

mantab gan thumbup: kerjain sendiri? apa ada team worknya?
bowosch - 06/05/2011 07:55 AM
#140

Quote:
Original Posted By ramadodol
mantab gan thumbup: kerjain sendiri? apa ada team worknya?


ane kerjain sendiri gan. kan cuman hobi doank gan jadi ane kerjain sendiri.
Page 7 of 81 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)