Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Sebuah Pemahaman Sunda
Total Views: 45304 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 62 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

adiawae - 16/04/2011 02:52 AM
#21

Quote:
Original Posted By vhuda
nah ntoe die kang, knape bisa broba bgtoe yak, qiqiqiqi..D

jadi, kire2 sape yg ngroebe ntoe kidoeng kang, pdhal yg ngidoeng pan oerang soenda jg..coffee:linux2:


Hehehehe knp berubah ya karena di bikin berubah, nilokeun silok / dibuat terbalik menjadi samar bahkan jauh dari sebenarnya.
Siapa yang merubah ya yg ane tulis di tulisan ane yg atas yg lupa sama asalnya hehehehe dan jangan salah loh, orang Sunda juga ada yg membantu/membuat musnah Bangsa Sunda hehehe ...
vhuda - 16/04/2011 02:53 AM
#22

Quote:
Original Posted By adiawae
Hehehehe knp berubah ya karena di bikin berubah, nilokeun silok / dibuat terbalik menjadi samar bahkan jauh dari sebenarnya.
Siapa yang merubah ya yg ane tulis di tulisan ane yg atas yg lupa sama asalnya hehehehe dan jangan salah loh, orang Sunda juga ada yg membantu/membuat musnah Bangsa Sunda hehehe ...

cobi diperjelas lagi kang, konkretnye pgmne..linux2:







sok ateuh mangga..coffee:
adiawae - 16/04/2011 03:15 AM
#23

Dalam Ajaran Agama Jati Sunda ada dua Jagat yang disebut Jagat Jadi Carita dan Jagat Kari Carita ( Dunia Fana dan Alam Baka ).

Di Jagat Kari Carita, terdapat Mandala dan Buana Karma atau Jagat Pancaka
Mandala tersebut terdiri dari 9 tingkat secara vertikal, diantaranya dari bawah keatas : Mandala Kasungka - Mandala Parmana - Mandala Karna - Mandala Rasa - Mandala Seba - Mandala Suda - Jati Mandala - Mandala Samar dan Mandala Agung. Mandala Agung inilah yang juga disebut Jagat Jabaning Langit tempat bersemayamnya "Sang Hyang Tunggal", "Anu nunggal bae di sakabeh Alam sakabeh Jagat" (Tuhan Yang Maha Kuasa yang Maha Esa di seluruh alam dan seluruh Jagat). Suatu Jagat tanpa ruang tanpa waktu, tanpa terang tanpa gelap, tanpa jarak tanpa batas.

Setelah melewati kematian, manusia akan masuk ke Mandala Kasungka ( Mandala paling rendah ) jika hidupnya tdk baik maka akan masuk Buana Karma yg berupa kawah panggodogan. Setelah menerima pembersihan di Buana Karma, manusia ini baru bisa naik ke Mandala selanjutnya. Bertahap sesuai waktunya naik sampai Mandala Seba. Sebaliknya manusia yg baik pd masa hidupnya bisa langsung naik bertahap ke steiap Mandala sampai akhirnya berkumpul kembali di Mandala Seba. Setelah melewati Mandala Seba sesuai dengan prilaku masa hidupnya akan bergiliran masuk pada Mandala Suda, Mandala ini adalah tempat berkumpulnya para "Karuhun" yg telah bebas utk pulang pergi ke dunia. Ia blh mewujud lagi tapi kalau bicara hanya melalui perasaan atau sebaliknya boleh berbicara biasa tapi tidak boleh berwujud, dari Mandala ini naik ke Alam Kesucian yaitu Jati Mandala, di Mandala ini terdapat dua Paseban, yaitu Paseban Pangauban tempat para Karuhun yg sdh bebas utk kembali lg ke dunia menjenguk yg msh hidup sambil blh berwujud dan berbicara seperti biasa, sebelah atasnya terdapat Panggung Bale Agung tempat berkumpul Karuhun yg akan menitis.
Atas Jati Mandala adalah Mandala Samar, di Mandala ini tinggal para Karuhun yg sdh waktunya utk menitis, mereka sdh tidak perlu lagi naik tahapan Mandala karena mereka sdh habis masa dan utk kemudian lebur menyatu dengan Semesta Alam. Ada 3 tempat sejajar di Mandala Samar yg ditengah adalah tempat bersemayam Sanghyan Guriyang Tunggal, sebelah kiri tempat bersemayam Sang Hyang Wenang, yg sebelah kana adalah tempat bersemayam Sang Hyang Wening, ditengah atas ketiganya tempat bersemayam Sang Hyang Kala. Sedangkan yg paling atas dan sendiri adalah Mandala Agung tempat bersemayam Sang Hyang Tunggal anu Nunggal di Kanunggalan na. Jarak dari Mandala Samar ke Mandala Agung kira2 29 setangah jaman atau istilah orang Kanekes hanya berjaran segelindingan jeruk nipis.
adiawae - 16/04/2011 03:35 AM
#24

Quote:
Original Posted By vhuda
cobi diperjelas lagi kang, konkretnye pgmne..linux2:
sok ateuh mangga..coffee:


Baiklah gan saya jelaskeun hehehe

Setelah kejadian penciptaan manusia yang membagi masing2 ketiga wilayah, sifat mereka pun ikut berubah dalam menjalani kehidupan, seperti yg saya ceritakan diatas ada yg lupa akan asalnya, bahkan menghilangkan asalnya, banyak lah sekarang yg bilang Pajajaran cuma khayalan, Pajajaran cuma kerajaan kecil, Pajajaran sih di bawah ini di anu itu lah, kalo agan suka baca tread2 PS pasti lah ? Mengaku Sunda tapi tdk mengakui/menafikan Pajajaran dan itu org Sunda. Mereka yg saat ini sih ga salah ya, salahnya mengikuti karuhun yg burung ( ga bener ), "Peperangan" ini disebut Paperangan Sanekala ( nanti bertahap akan saya jelaskan ttg Paperangan Sanekala ). Disamping itu ditambah masuknya jaman baru "Matahari diganti Bulan dan Bintang, proses perpolitikan saat itu juga begitu dasyat menggerus kebenaran yg benar, kalo yg ini sih ciri nya gampang Prabu Siliwangi, Kian Santang, dll adalah sudah masuk Agama A lah atau cerita2 yg berbau mistis tapi arahnya kesitu2 juga hehehehe

Makasih gan kopinya kalo aneh mah teh pait aja heuheu
vhuda - 16/04/2011 04:18 AM
#25

Quote:
Original Posted By adiawae
Baiklah gan saya jelaskeun hehehe

Setelah kejadian penciptaan manusia yang membagi masing2 ketiga wilayah, sifat mereka pun ikut berubah dalam menjalani kehidupan, seperti yg saya ceritakan diatas ada yg lupa akan asalnya, bahkan menghilangkan asalnya, banyak lah sekarang yg bilang Pajajaran cuma khayalan, Pajajaran cuma kerajaan kecil, Pajajaran sih di bawah ini di anu itu lah, kalo agan suka baca tread2 PS pasti lah ? Mengaku Sunda tapi tdk mengakui/menafikan Pajajaran dan itu org Sunda. Mereka yg saat ini sih ga salah ya, salahnya mengikuti karuhun yg burung ( ga bener ), "Peperangan" ini disebut Paperangan Sanekala ( nanti bertahap akan saya jelaskan ttg Paperangan Sanekala ). Disamping itu ditambah masuknya jaman baru "Matahari diganti Bulan dan Bintang, proses perpolitikan saat itu juga begitu dasyat menggerus kebenaran yg benar, kalo yg ini sih ciri nya gampang Prabu Siliwangi, Kian Santang, dll adalah sudah masuk Agama A lah atau cerita2 yg berbau mistis tapi arahnya kesitu2 juga hehehehe

Makasih gan kopinya kalo aneh mah teh pait aja heuheu

tp mereka jg paham koq ame boelan bintang yg akang maksoed, coz emg oede saatnye skenario berjalan sbgmn mestinye, & bgtoe jg manoesie yg laen loepe ame kaga nyadar kali ye, k'lo ade seboeah kehendak Goesti atas perobahan ntoe, padahal para leloehoer tempo dloe oede taoe (apelagi leloehoer yg dari jaman baheula) akan peroebahan atas kehendak Goesti, lah sape yg bz nentang Goesti kang, yg ade mereka, ade yg ngedoekoeng dgn carenye msg2, misalnye nitis, nah yg kaga doekoeng ya diem aje tp kaga nentang, coz emg mereka ketika mendapat pesan langsoeng dari Goesti, mereka ngadain moesyawarah, koerang lebinye kek bgtoelah, qiqiqiqi..D
adiawae - 16/04/2011 05:13 AM
#26

Quote:
Original Posted By vhuda
tp mereka jg paham koq ame boelan bintang yg akang maksoed, coz emg oede saatnye skenario berjalan sbgmn mestinye, & bgtoe jg manoesie yg laen loepe ame kaga nyadar kali ye, k'lo ade seboeah kehendak Goesti atas perobahan ntoe, padahal para leloehoer tempo dloe oede taoe (apelagi leloehoer yg dari jaman baheula) akan peroebahan atas kehendak Goesti, lah sape yg bz nentang Goesti kang, yg ade mereka, ade yg ngedoekoeng dgn carenye msg2, misalnye nitis, nah yg kaga doekoeng ya diem aje tp kaga nentang, coz emg mereka ketika mendapat pesan langsoeng dari Goesti, mereka ngadain moesyawarah, koerang lebinye kek bgtoelah, qiqiqiqi..D


Heuheuheu ... Baiklah, betul sekali sudah saat nya jaman itu datang, sudah papasten / waktunya jaman berganti dan itu sama sekali tidak salah, kenapa sampai Prabu Siliwangi beserta seluruh keluarga dan rakyat nya mundur sampai meninggalkan Istananya bukan karena takut atau kalah, tapi ya karena menerima memang sdh waktunya Mereka "berhenti" sementara. Tapi agan tahu tidak bagaimana cara nya jaman itu berganti ? Dengan memaksa kehendak mengharuskan Pajajaran berganti Sesembahan ? Padahal intinya sama Sang Hiyang Tunggal, ( baca tulisan saya diatas ttg Agama Jati Sunda ) tapi tetap merasa bahwa itu salah, dan proses pemalsuan sejarah itu masih berlanjut.
Kalo yg diam menerima ya karena kesundaannya menerima papasten kehidupan bukan berarti menerima saja, itu juga terus di gencet dengan penyimpangan2 sejarah budaya yang ada.

Maksud leluhur tempo dulu, leluhur jaman baheula apa ya gan ? Juga ttg nitis ? Dan pesan langsung dari Gusti trus mengadakan musyawarah ? Coba jelaskan gan ? Heuheuheu

Jangan bilang ngeblank lagi yua gan hihihi
mas naruto - 16/04/2011 08:14 AM
#27

Quote:
Original Posted By vhuda
tp mereka jg paham koq ame boelan bintang yg akang maksoed, coz emg oede saatnye skenario berjalan sbgmn mestinye, & bgtoe jg manoesie yg laen loepe ame kaga nyadar kali ye, k'lo ade seboeah kehendak Goesti atas perobahan ntoe, padahal para leloehoer tempo dloe oede taoe (apelagi leloehoer yg dari jaman baheula) akan peroebahan atas kehendak Goesti, lah sape yg bz nentang Goesti kang, yg ade mereka, ade yg ngedoekoeng dgn [COLOR="Red"]carenye msg2, misalnye nitis, nah yg kaga doekoeng ya diem aje tp kaga nentang, coz emg mereka ketika mendapat pesan langsoeng dari Goesti, mereka ngadain moesyawarah, koerang lebinye kek bgtoelah, qiqiqiqi..[/COLOR]D


odo opo iki yaw......D
yg ane bold tuh ba2r yaw mbah yaw yaw... Peace: _________ngacir:
andrea17 - 16/04/2011 08:43 AM
#28

hmm.., benar benar pembabaran yang beyond expectation.. D


monggow dilandjoet.. thumbup:



saya temenin ngeteh pait deh.. coffee: coffee: >-- anggap aja teh pait yaa.. huihihihi..
mas naruto - 16/04/2011 09:08 AM
#29

Quote:
Original Posted By andrea17
hmm.., benar benar pembabaran yang beyond expectation.. D


monggow dilandjoet.. thumbup:



saya temenin ngeteh pait deh.. coffee: coffee: >-- anggap aja teh pait yaa.. huihihihi..


hhhmmm tak temenin sambil ngupi ama ngudud pagi hari mbakyu..... coffee:

menunggu pembabaran ki Vhudo yg sekti mandraguna dan akang adiawae yg waskita linux2:
andrea17 - 16/04/2011 10:13 AM
#30

Quote:
Original Posted By mas naruto
hhhmmm tak temenin sambil ngupi ama ngudud pagi hari mbakyu..... coffee:

menunggu pembabaran ki Vhudo yg sekti mandraguna dan akang adiawae yg waskita linux2:


monggo.., monggoo.., Mbah.. thumbup:

sama-sama gayengan (ngobrol-ngobrol santai dan akrab) begini kan lebih enak.., apalagi dapat pengetahuan-pengetahuan baru.. D


coffee: >-- sambil nyruput teh pait dan ududan D
mas naruto - 16/04/2011 10:33 AM
#31

Quote:
Original Posted By andrea17
monggo.., monggoo.., Mbah.. thumbup:

sama-sama gayengan (ngobrol-ngobrol santai dan akrab) begini kan lebih enak.., apalagi dapat pengetahuan-pengetahuan baru.. D


coffee: >-- sambil nyruput teh pait dan ududan D


weew yg di bold :matabelo

btw moga2 trit sunda kali ini bisa2 bener adem dan klir dari SARA gak kayak trit sunda sebelah yg udah tenggelam dan full sara Peace:
andrea17 - 16/04/2011 10:40 AM
#32

Quote:
Original Posted By mas naruto
weew yg di bold :matabelo

btw moga2 trit sunda kali ini bisa2 bener adem.. Peace:

Amin.
Semoga, Mbah.. Semoga.. _/\_

Toh memang keberagaman itu kekayaan kita.., tinggal mau melihat dengan sudut pandang seperti apa.. D


coffee: >-- nyruput lagi..
Cres90 - 16/04/2011 02:07 PM
#33

ijin ngedprok baca-baca n nyimak ya linux2:linux2:linux2: D
Cres90 - 16/04/2011 02:17 PM
#34

Quote:
Original Posted By vhuda
tp mereka jg paham koq ame boelan bintang yg akang maksoed, coz emg oede saatnye skenario berjalan sbgmn mestinye, & bgtoe jg manoesie yg laen loepe ame kaga nyadar kali ye, k'lo ade seboeah kehendak Goesti atas perobahan ntoe, padahal para leloehoer tempo dloe oede taoe (apelagi leloehoer yg dari jaman baheula) akan peroebahan atas kehendak Goesti, lah sape yg bz nentang Goesti kang, yg ade mereka, ade yg ngedoekoeng dgn carenye msg2, misalnye nitis, nah yg kaga doekoeng ya diem aje tp kaga nentang, coz emg mereka ketika mendapat pesan langsoeng dari Goesti, mereka ngadain moesyawarah, koerang lebinye kek bgtoelah, qiqiqiqi..D

naskah skenario pentas drama nya udah disusun dari awal ya kang D
tapi yg buat naskah pun bisa merubah alur cerita naskah drama sewaktu2 sesuai kehendak-Nya D
tetapi saat pentas drama sudah di mulai n berjalan terkadang banyak juga para pemain bahkan para pemain utama yg justru hanyut di dalam peran nya masing-masing, n melupakan klo ntu semua hanya lah sebuah pentas drama \)
adiawae - 16/04/2011 03:43 PM
#35

Quote:
Original Posted By mas naruto
hhhmmm tak temenin sambil ngupi ama ngudud pagi hari mbakyu..... coffee:

menunggu pembabaran ki Vhudo yg sekti mandraguna dan akang adiawae yg waskita linux2:


Lah kok ane Waskita sih gan ? Waskita saingan kantor ane dulu gan wkwkwkw. Tqu ya gan sdh mampir.

Quote:
Original Posted By mas naruto
weew yg di bold :matabelo

btw moga2 trit sunda kali ini bisa2 bener adem dan klir dari SARA gak kayak trit sunda sebelah yg udah tenggelam dan full sara Peace:


Heuheuheu ... Mudah2an adem selalu gan, ane soalnya ga ada niat ke arah sara atau apapun, jika ada menyinggung suatu Agama itu cuma penjelasan bagaimana sih sebenarnya kejadian dahulu waktu Pajajaran hancur, kalau jelek juga bukan karena Agamanya, tidak ada Agama yg jelek, yg jelek itu yg membawanya hehehe
adiawae - 16/04/2011 03:58 PM
#36

Quote:
Original Posted By andrea17
hmm.., benar benar pembabaran yang beyond expectation.. D


monggow dilandjoet.. thumbup:



saya temenin ngeteh pait deh.. coffee: coffee: >-- anggap aja teh pait yaa.. huihihihi..


Terima kasih agan andrea, hahahaha the pait pake jeruk nipis, kasih gula gan enak deh hahah

Quote:
Original Posted By andrea17
Amin.
Semoga, Mbah.. Semoga.. _/\_

Toh memang keberagaman itu kekayaan kita.., tinggal mau melihat dengan sudut pandang seperti apa.. D

coffee: >-- nyruput lagi..


Betul gan semoga mandangnya ga dari belakang hehehehe ntar ga keliatan soalnya. Join gan nyuruput nya D
adiawae - 16/04/2011 04:11 PM
#37

Quote:
Original Posted By Cres90
ijin ngedprok baca-baca n nyimak ya linux2:linux2:linux2: D


Mangga gan terima kasih sdh mampir. Silakan duduk2 sambil dimakan cemilannya heuheuheu
txpermana - 16/04/2011 07:05 PM
#38

buat TS, klo bedanya sunda wiwitan sama jati sunda apa yah? soalnya ane pernah denger, klo ga salah agama orang2 sunda dulu sebelum hindu adalah sunda wiwitan..tolong dijelasin gan..
ilovekaskus
vhuda - 16/04/2011 07:21 PM
#39

Quote:
Original Posted By adiawae
Heuheuheu ... Baiklah, betul sekali sudah saat nya jaman itu datang, sudah papasten / waktunya jaman berganti dan itu sama sekali tidak salah, kenapa sampai Prabu Siliwangi beserta seluruh keluarga dan rakyat nya mundur sampai meninggalkan Istananya bukan karena takut atau kalah, tapi ya karena menerima memang sdh waktunya Mereka "berhenti" sementara. Tapi agan tahu tidak bagaimana cara nya jaman itu berganti ? Dengan memaksa kehendak mengharuskan Pajajaran berganti Sesembahan ? Padahal intinya sama Sang Hiyang Tunggal, ( baca tulisan saya diatas ttg Agama Jati Sunda ) tapi tetap merasa bahwa itu salah, dan proses pemalsuan sejarah itu masih berlanjut.
Kalo yg diam menerima ya karena kesundaannya menerima papasten kehidupan bukan berarti menerima saja, itu juga terus di gencet dengan penyimpangan2 sejarah budaya yang ada.

Maksud leluhur tempo dulu, leluhur jaman baheula apa ya gan ? Juga ttg nitis ? Dan pesan langsung dari Gusti trus mengadakan musyawarah ? Coba jelaskan gan ? Heuheuheu

Jangan bilang ngeblank lagi yua gan hihihi

emg boekan coz takoet or kalah kang, tapi mereka ngikutin skenario Goesti yg dibalik layar, coz dalam peradaban poen ade yg bersifat rahasie, ade yg emg kodoe moencoel kepermoekaan, & ade kalanye boeat 'diem' tp diem dimari bkn barti kek org lg ngorok, ..eh tp bz jg seh boeat loecoe2an, qiqiqiqi..
soal inti ajaran emg samimawon kang, lah pan Goesti nyiptain manusie ntoe kek gado2 & oede d kasi taoe koedoe nyikapinnye kek pgmn, k'lo soal ade yg mlenceng2 ntoemah coz manoesienye & yg plg koedoe d inget ntoe pan ade doealisme ame aboe2nye..
soal 'berenti' sementare emg demikian kang, kek misalnye kisah imam mahdi ame nabi isa (sholawat) yg d goibkeun dloe, qiqiqiqi.. bloman lg yg awal penciptaan manoesie lebi heboh lg, wkwQwkw..
boekan ganti sesembahan kang tp ganti sareatnye aje, misalnye dloe kejawen troes ganti hindoe, buddha, dsb..

lah, emgnye leloehoer kite coeman yg dr jaman pajajaran ame majapait doangan ye, qiqiqiqi..
vhuda - 16/04/2011 07:29 PM
#40

Quote:
Original Posted By Cres90
naskah skenario pentas drama nya udah disusun dari awal ya kang D
tapi yg buat naskah pun bisa merubah alur cerita naskah drama sewaktu2 sesuai kehendak-Nya D
tetapi saat pentas drama sudah di mulai n berjalan terkadang banyak juga para pemain bahkan para pemain utama yg justru hanyut di dalam peran nya masing-masing, n melupakan klo ntu semua hanya lah sebuah pentas drama \)

kaga oese jaoeh2 kang, liat aje perjalanan hidoep msg2, qiqiqiqi..D







nun allaHu, nu welas asih..rose:
Page 2 of 62 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Sebuah Pemahaman Sunda