TRAVELLERS
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
Total Views: 852 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

Kennykenyal - 15/04/2011 07:55 PM
#1
Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
Quote:
Rate dulu dong gansundulganssundulgans

Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
Taman Nasional Manusela merupakan perwakilan tipe ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan di Maluku. Tipe vegetasi yang terdapat di taman nasional ini yaitu mangrove, pantai, hutan rawa, tebing sungai, hutan hujan tropika pamah, hutan pegunungan, dan hutan sub-alpin.
Beberapa jenis tumbuhan di taman nasional ini antara lain tancang (Bruguiera sexangula), bakau (Rhizophora acuminata), api-api (Avicennia sp.), kapur (Dryobalanops sp.), pulai (Alstonia scholaris), ketapang (Terminalia catappa), pandan (Pandanus sp.), meranti (Shorea selanica), benuang (Octomeles sumatrana), matoa/kasai (Pometia pinnata), kayu putih (Melaleuca leucadendron), berbagai jenis anggrek, dan pakis endemik (Chintea binaya).

Sekitar 117 jenis burung terdapat di Taman Nasional Manusela, dimana 14 jenis diantaranya endemik seperti kesturi ternate (Lorius garrulus), nuri tengkuk ungu/nuri kepala hitam (L. domicella), kakatua Seram (Cacatua moluccensis), raja udang (Halcyon lazuli dan H. sancta), burung madu Seram besar (Philemon subcorniculatus), dan nuri raja/nuri ambon (Alisterus amboinensis).

Burung kakatua seram merupakan salah satu satwa endemik Pulau Maluku, keberadaannya terancam punah di alam akibat perburuan liar, perusakan dan penyusutan habitatnya. Satwa lainnya di taman nasional ini adalah rusa (Cervus timorensis moluccensis), kuskus (Phalanger orientalis orientalis), soa-soa (Hydrosaurus amboinensis), babi hutan (Sus celebensis), luwak (Pardofelis marmorata), kadal panama (Tiliqua gigas gigas), duyung (Dugong dugon), penyu hijau (Chelonia mydas), dan berbagai jenis kupu-kupu.
[CENTER]Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela

Objek Wisata di Taman Nasional Manusela
Spoiler for Objek Wisata Taman Nasional Manusela
-Tepi Merkele, Tepi Kabipoto, Wae Kawa. Menjelajahi hutan, panjat tebing, pengamatan satwa/tumbuhan.
-Pasahari. Pengamatan satwa rusa dan burung.
-Wai Isal. Berkemah, menjelajahi hutan, pengamatan satwa/tumbuhan.
-Pilana. Pengamatan kupu-kupu dan menjelajahi hutan.
-Gunung Binaya. Pendakian, menjelajahi hutan dan air terjun.

Atraksi budaya di luar taman nasional yaitu Festival Masohi pada bulan November, perlombaan Kora-kora pada bulan April dan Darwin-Ambon International Yacht pada bulan Juli di Ambon.

Spoiler for Musim kunjungan terbaik

Musim kunjungan terbaik: bulan Mei s/d Oktober setiap tahunnya.

Spoiler for Cara pencapaian Lokasi

Taman Nasional Manusela dapat dicapai melalui pantai Utara (Sawai dan Wahai) atau melalui pantai Selatan (Tehoru dan Moso). Route dari Moso sangat cocok bagi yang menyukai pendakian, karena kelerengannya sekitar 30%. Dari Ambon ke Masohi menggunakan ferry setiap hari sekitar delapan jam, dilanjutkan ke Saka menggunakan mobil sekitar dua jam, dan ke Wahai menggunakan speed boat sekitar dua jam. Atau, dari Ambon ke Wahai menggunakan kapal laut sekitar 24 jam (3 x seminggu). Dari Masohi ke Tehoru menggunakan kapal motor sekitar sembilan jam, dilanjutkan ke Moso dan Desa Saunulu.
[/CENTER]
Quote:

This Thread Supported by:
Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
-=delicious=- - 15/04/2011 07:56 PM
#2

posting dulu baru baca D
tumben HTH trit nya sederhana D
manteb deh buosss D


beer:
megapeppi - 15/04/2011 08:15 PM
#3

:matabelo
kaya nya seru tuh kesana :travel

kapan ya bisa kesampean kesana \(
rizadukun. - 15/04/2011 08:16 PM
#4

tempatnya terpencil gan, isinya apa aja ya? bingung:

sundulgans sundulgans sundulgans
UserNameAjaLah - 15/04/2011 08:32 PM
#5

seru tuh kayaknya :travel

sup: sup: sup:
obsesi.cool - 15/04/2011 08:33 PM
#6

wahhh,keren gan..

cari waktu deh buat ke sanaa..

brangkaattttttttttt :travel
Kennykenyal - 16/04/2011 08:19 AM
#7

sundulganssundulgans
garayy - 16/04/2011 12:58 PM
#8

berbau HT D
***** meluncur thumbup:
xxxRIFKYxxx - 16/04/2011 03:43 PM
#9

woooow mantaaap gan thumbup:

btw pict nya tambahin donk gan :request
indutz - 16/04/2011 04:44 PM
#10

jadi pingin kesana neh :angelJalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
-=delicious=- - 16/04/2011 11:38 PM
#11

Quote:
Original Posted By garayy
berbau HT D
***** meluncur thumbup:


brati aku pertamax yang ke 24 di HT o
gak penting ya hammer:ngakaks
Kennykenyal - 17/04/2011 08:31 AM
#12

sundulgans
garayy - 17/04/2011 11:05 PM
#13

Quote:
Original Posted By -=delicious=-
brati aku pertamax yang ke 24 di HT o
gak penting ya hammer:ngakaks


tp blum HT pe skg nih hammer:
futurepark - 18/04/2011 11:00 PM
#14

Taman Nasional manusela keren jg ya , kpn bsa nyoba maen ksono hammer:
Kennykenyal - 19/04/2011 07:31 PM
#15

sundulgans
Kennykenyal - 20/04/2011 11:09 AM
#16

sepi amatnohope:
junapey - 20/04/2011 05:01 PM
#17

ni pict nya kapan ya gan??
pict nya gak da yg berubah dari 10tahun yg lalu
inti nya manusela masih ttp seperti dulu..(ane pernah merantau disana ikut ortu)
...

wisata di maluku memang gak kalah keren nya..
dg di t4 laen,,
khusus nya bagi para petualang,,,,
yg suka tantangan di medan2 berat... \)
DarkTime - 28/05/2011 03:43 AM
#18

Tebingnya gan yang pengen ane kagumin
Apeglie - 28/05/2011 09:37 PM
#19

Wah...byk jg yak burungnya.
Smg ttp lestari dahJalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela
adiaw666 - 13/12/2011 08:45 AM
#20

agustus 2012 harus berangkat kesana iloveindonesia:2thumbup:2thumbup
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela