selera nusantara (indo food)
Total Views: 17330 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

NyJlitheng - 25/04/2011 06:47 PM
#21

kalo di Surabaya itu namanya terang bulan, rasanya juga macam-macam
leonan - 25/04/2011 11:14 PM
#22
sundul gan
[quote=NyJlitheng]kalo di Surabaya itu namanya terang bulan, rasanya juga macam-macam[/quote]

betul,...tapi Surabaya Martabak Holland lebih terkenal di Surabaya,..ketika meramba ke Jakarta malah kurang berhasil....
dioadi - 28/04/2011 06:09 PM
#23

gan kayaknya ada yg salah(kurang maksudnya)....
di bagian bahan2 tidak terdapat telur, tapi di cara masaknya di suruh masukin telur...eheheh lupa dicantumin ya?....mangga dicek dulu.....telurnya berapa butir ya gan?
leonan - 29/04/2011 07:00 PM
#24
sip masukannya
Quote:
Original Posted By dioadi
gan kayaknya ada yg salah(kurang maksudnya)....
di bagian bahan2 tidak terdapat telur, tapi di cara masaknya di suruh masukin telur...eheheh lupa dicantumin ya?....mangga dicek dulu.....telurnya berapa butir ya gan?


ty gan masukannya
m4t5u5h1t4 - 01/05/2011 12:11 AM
#25

ane mau tanya gan...tiap ane liat orang jualan martabak manis lagi beraksi, kenapa penambahan gula tuh waktu martabakx udah setengah matang ea?apa d adonan awalx tu gak dikasih gula dulu atau setengahx dulu baru waktu setengah matang dikasih setengahx lagi atao gimana gan?masalahx ane buat martabak manis dgn segala macam resep, hasilx selalu gak bagus...ane kira tu gara2 penambahan gula di adonan...mohon pencerahan... o
leonan - 05/05/2011 08:22 PM
#26
tanya jawab
Quote:
Original Posted By m4t5u5h1t4
ane mau tanya gan...tiap ane liat orang jualan martabak manis lagi beraksi, kenapa penambahan gula tuh waktu martabakx udah setengah matang ea?apa d adonan awalx tu gak dikasih gula dulu atau setengahx dulu baru waktu setengah matang dikasih setengahx lagi atao gimana gan?masalahx ane buat martabak manis dgn segala macam resep, hasilx selalu gak bagus...ane kira tu gara2 penambahan gula di adonan...mohon pencerahan... o


Sebenarnya adonan awal sudah ada gulanya,hanya jumlahnya sedikit dan kalau saja kita cicipi rasa adonan itu manisnya belum pas,...
Fungsi gula ditabur hingga hampir matang agar manis yang diciptakan martabak itu menjadi lebih manis, dan
Mengapa tidak diberikan bersamaan di awal? Karena gula yang larut di dalam adonan yang berlebihan akan membuat kue lengket dengan loyang.Nah...kalau teman-teman melihat tukang martabak membersikan loyang dengan kain kecil,itu adalah menghilangkan sisa gula yang larut menempel di loyang yang fungsinya untuk memciptakan kue berikutnya menjadi baik,tidak cepat gosong dan tidak lengket..
brado - 06/05/2011 12:41 AM
#27

mo nanya dikit gan,, biasanya klo makanan" manis harus di campur garem tuh biar gurih katanya, CMIIW..D
nah buat martabak yg ini perlu ga tuh.. klo perlu takarannya brapa gan..
thx ganilovekaskus
Tibiame - 06/05/2011 02:13 AM
#28

Gan, mau nanya ada bedanya gk kalo pakai arang sama gas untuk rasa dan penampilannya, terima kasih
ivantrib - 06/05/2011 01:37 PM
#29

langsung praktik nih Gan..

yang ane bingung, nyampur airnya berapa mili Gan untuk takaran bahan2 segitu..?
ivantrib - 06/05/2011 05:11 PM
#30

Gan, ane uda nyoba nih,,
tapi kok gak bisa brpori2..?
leonan - 07/05/2011 01:33 AM
#31
Pertanyaan bagus gan
Oke...

[*]Martabak manis juga pake garam gan,...pake saja secukupnya kira-kira setengah sendok teh
[*]Kalau tidak berpori-pori biasanya panas loyangnya belum cukup(ini juga ditandai pori-pori yang tidak rata) atau bisa saja soda dalam adonan belum beraksi,
[*]Setelah dituangkan ke dalam loyang,coba lihat keilling/tepi loyang dalam satu menit langsung matang,ini juga ditandai pori-pori yang rata disekelilingnya.Kalau mungkin hanya sebagian yang kering dan sebagian tidak, bisa juga karena panas loyang yang tidak rata.



Nah kalau air biasanya 1kg -/+ 700ml air,lebih pastinya lagi agan beli martabak,lihat adonannya,paling ga agan bisa dapat ilmu dengan melihat langsung keenceran adonannya.

Sebenarnya menggunakan arang atau gas sama saja,hanya menggunakan arang bagi pemula lebih membantu agar panas loyang lebih merata dan panasnya loyang lebih mudah diperkirakan dibandingkan menggunakan gas,Semburan api gas membuat panas loyang lebih sulit diperkirakan karena titik api pada kompor gas itu membuat bagian-bagian pada titik semburan gas yang lebih cepat memanasi loyang,..Saran saya kalau menggunakan gas,gunakan api yang kecil hingga panggangan dari api gas lebih merata.
brigittekrjr - 11/05/2011 09:47 PM
#32

gan mau tanya dunks...di penjelasan awal ada nyinggung2 soda.
tapi setelah pembuatannya kok gak dikasi soda..

mohon pencerahannya..
Shopyholic - 12/05/2011 08:40 PM
#33

Share yang menarik nih, agan buka2an soal martabak, mau coba bikin
r0titawar - 13/05/2011 03:41 AM
#34

mo nanya dikit gan,, biasanya klo makanan" manis harus di campur garem tuh biar gurih katanya, cmiiw..:d
nah buat martabak yg ini perlu ga tuh.. klo perlu takarannya brapa gan..
thx ganilovekaskusRahasia Resep Martabak Manis Enak
gunungsempu - 13/05/2011 04:29 AM
#35

leonan:"bahan-bahannya sudah ada di atas coy dan mudah sekali didapat di pasar-pasar atau di toko penyedia bahan-bahan pembuat kue,..kalau di supermarket jg banyak kok,kalo harganya sudah tertera,kalau agan bawa 200rb masih banyak kembaliaannya,...heheheheee

nah kalau kompornya yang biasa dipakai jg banyak di jual di pasar senen harganya 200rb an.loyang diameter 14cm-15cm berkisaran 150rb an.

kalau gua saranin pake loyang/pan unyil saja,karena lebih mudah saat pemanggangannya.

monggo mas,..."

justru maksud gua bahan si pan itu, nah kalo ogut ke senen bilangnye pan martabak aje gto yehRahasia Resep Martabak Manis Enak
r0titawar - 13/05/2011 09:08 AM
#36

cuy kayaknya ada yg salah(kurang maksudnya)...
di bagian bahan2 tidak terdapat telur, tapi di cara masaknya di suruh masukin telur..eheheh lupa dicantumin ya?...mangga dicek dulu....telurnya berapa butir ya gan?Rahasia Resep Martabak Manis Enak
gunungsempu - 13/05/2011 09:10 AM
#37

kalo cuman bisa beli salah satu saran ente mentingin yang mana dulu coy pan apa kompor. trus kalo nggak salah saya sering liat tukang martabak yang pake 2 adunan, adonan dasar sama biang di campur dan duaduknya pas mo masak aja. nah kalo yang gitu gimana gan.Rahasia Resep Martabak Manis Enak
upee - 01/06/2011 12:26 PM
#38

Quote:
Original Posted By ivantrib
Gan, ane uda nyoba nih,,
tapi kok gak bisa brpori2..?


ane udah nyoba...awalnya emang bener g berpori2...ternyata setelah ane kroscek lg resepnya...itu bukan baking powder seharusnya...tp baking soda...

setelah ane tambahin baking soda...berhasil ko sist

coba diganti pake baking soda atau soda kue sekitar 5gr per resepnya...silahkan dicoba ilovekaskus
indriches - 01/06/2011 03:46 PM
#39

Pengen nyoba tp mesti beli pan dulu ,, tu yg bkin males ...
cd:
upee - 01/06/2011 07:32 PM
#40

Quote:
Original Posted By indriches
Pengen nyoba tp mesti beli pan dulu ,, tu yg bkin males ...
cd:


bisa pake teflon biasa...tp apinya kecil bgt...
kl msh males jg...beli yg udah jadi aja gan iloveindonesia
Page 2 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›