Karesidenan Kediri
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Karesidenan Kediri > Nihongo Senta(Pusat Bahasa Jepang)
Total Views: 4629 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 13 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

NYUBlD0L - 06/07/2011 02:24 PM
#121

sukareta nee.................... linux2:
pamcuap - 06/07/2011 05:58 PM
#122

Quote:
Original Posted By NYUBlD0L
sukareta nee.................... linux2:


nani wo shitta ?
Black-Kupo - 06/07/2011 05:59 PM
#123

Quote:
Original Posted By pamcuap
nani wo shitta ?


artine opo iku gan? bingung:
criuxs - 06/07/2011 06:02 PM
#124

Quote:
Original Posted By Black-Kupo
artine opo iku gan? bingung:


aq yo gak reti gan hammerss
Black-Kupo - 06/07/2011 06:02 PM
#125

Quote:
Original Posted By criuxs
aq yo gak reti gan hammerss


ngertimu opo tow gan??
criuxs - 06/07/2011 06:04 PM
#126

Quote:
Original Posted By Black-Kupo
ngertimu opo tow gan??


lha awakmu pengen reti opo wes D
pamcuap - 07/07/2011 03:36 PM
#127

Quote:
Original Posted By Black-Kupo
artine opo iku gan? bingung:


artine : mari ngopo ?
embuh bener po ra..
wkwkwkwk

bentuk asline
nani wo shimashita
pamcuap - 09/07/2011 09:46 AM
#128

sabtu = doyoobi
minggu = nichiyobi

malem minggu = ??? yoru no doyoobi ? confused:
PinkuChan - 09/07/2011 12:19 PM
#129

Quote:
Original Posted By pamcuap
sabtu = doyoobi
minggu = nichiyobi

malem minggu = ??? yoru no doyoobi ? confused:


Malem minggu = Doyoubi no yoru

Kalo ga salah sih malem minggu pengucapannya di jepang jadi sabtu malam. Makanya jadi doyoubi no yoru.

Yb
danangak - 09/07/2011 05:44 PM
#130

Quote:
Original Posted By pamcuap
kalo tanya : "acaranya apa ?" gimane gan ?

saya lagi kerja =
watashi wa shigoto desu ??


anata wa nan no terebi bangumi wo mite imasuka?

o ya gan. kalo kalimat 'sedang' lebih baik pakai bntuk 'te imasu' ya
danangak - 09/07/2011 06:23 PM
#131

dare wa cendol ga hoshii desu ka?
pamcuap - 10/07/2011 02:25 PM
#132

Quote:
Original Posted By danangak
anata wa nan no terebi bangumi wo mite imasuka?

o ya gan. kalo kalimat 'sedang' lebih baik pakai bntuk 'te imasu' ya

bangumi = acara / program ya ?

Quote:
Original Posted By danangak
dare wa cendol ga hoshii desu ka?

watashi desu p
danangak - 11/07/2011 09:16 AM
#133

Quote:
Original Posted By pamcuap
bangumi = acara / program ya ?


watashi desu p


ya gan.

selamat udah dapat yang agan inginkan
pamcuap - 12/07/2011 01:57 PM
#134

Quote:
Original Posted By danangak
ya gan.

selamat udah dapat yang agan inginkan


wooghh..
dapet cendol..

arigatou gozaimasu, danangak-san D
danangak - 12/07/2011 03:27 PM
#135

Quote:
Original Posted By pamcuap
wooghh..
dapet cendol..

arigatou gozaimasu, danangak-san D


do itashimashite
danangak - 13/07/2011 12:32 PM
#136

Perbedaan Partikel “wa” dan “ga”

Pembahasan mengenai perbedaan ke-dua partikel ini memang selalu menjadi masalah bagi pembelajar bahasa Jepang. Memang agak sulit untuk membandingkan keduanya dikarenakan perbedaan yang sangat tipis. Pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara kedua partikel tersebut.

Secara umum perbedaan antara wa dan ga adalah partikel wa digunakan sebagai menanda topik/tema kalimat sedangkan partikel ga digunakan sebagai penanda subjek. Bingung?? Tentu saja!!! Penjelasan diatas adalah penjelasan umum yang sering saya temui dan sebenarnya sama sekali tidak menjelaskan mengenai perbedaan tersebut.

Oke, sekarang saya coba untuk memeberikan contoh antar keduanya:

Mukashi, mukashi, otoko no hito ga
sunde imashita.
昔、昔、男の人が住んでい| 14;した。


Dahulu kala, tinggalah seorang pria.


Otoko no hito wa totemo
yasashikatta desu.
男の人はとても優しかった{ 91;す。


Pria (tersebut) sangat baik hati.


Dari kalimat diatas mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa ada yang menggunakan partikel ga dan ada yang menggunakan partikel wa. Nah, secara umum, apabila subjek kalimat baru diperkenalkan untuk pertama kalinya di dalam percakapan, maka partikel ga yang digunakan. Sedangkan partikel wa digunakan apabila subjek kalimat (dalam konteks kalimat diatas adalah otoko no hito) sudah diperkenalkan sebelumnya.

Selanjutnya, bagaimana membedakan antara kalimat: watashi wa arif desu dengan watashi ga arif desu. Mana yang benar diantara 2 kalimat tersebut? Menurut saya keduanya benar!!! Lalu apa berbedaan antara 2 kalimat tersebut? Pebedaannya hanya terletak pada penekanan kata dari si pembicara. Apabila kamu mengatakan “watashi wa Arif desu” maka kamu menekankan kata Arif sebagai informasi yang ingin kamu tekankan. Dan apabila kamu mengatakan “watashi ga arif desu” maka kamu menekankan kata watashi sebagai informasi yang ingin kamu tekankan.

A: O-namae wa ?
お名前は?
B: Watashi wa Arif desu. 
私はアリフです。


A: Namanya?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “Arif”.

A: Arif san wa dare desu ka. 
アリフさんは誰ですか?
B: Watashi ga Arif desu. 
私がアリフです。


A: Arif siapa/yang mana?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “watashi”.




freejapanese
pamcuap - 13/07/2011 01:26 PM
#137

Quote:
Original Posted By danangak
Perbedaan Partikel “wa” dan “ga”
A: O-namae wa ?
お名前は?
B: Watashi wa Arif desu. 
私はアリフです。


A: Namanya?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “Arif”.

A: Arif san wa dare desu ka. 
アリフさんは誰ですか?
B: Watashi ga Arif desu. 
私がアリフです。


A: Arif siapa/yang mana?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “watashi”.

freejapanese


selain penekanan ini, ada perbedaan yg lain ?
saya taunya juga cuma ini saja hammer:
danangak. - 15/07/2011 01:01 PM
#138

Quote:
Original Posted By pamcuap
selain penekanan ini, ada perbedaan yg lain ?
saya taunya juga cuma ini saja hammer:


kurang tahu gan.


tapi dalam hal lain wa dan ga itu emang beda
pamcuap - 15/07/2011 01:40 PM
#139

Quote:
Original Posted By danangak.
kurang tahu gan.


tapi dalam hal lain wa dan ga itu emang beda


gan, bahas lagu dong..
ini saya ambil soulja - koko ni iru yo
minta dijelasin grammarnya bait kedua dong p
1 baris / 2 baris dl gpp D

Baby boy watashi wa koko ni iru yo
Doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat i love you dakara koso
Shinpai shinakuteinda yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo kono kokoro
Itai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo

Bukyou na ore tooku ni iru kimi tsutaitai kimochi
Sono mama iezuni kimi wa ichimatta
Ima ja nokosareta kimi wa arubamu no naka
Denpa de shika aenai hibi dakedo mienaize
Kimi no hohoemi kimi no nukumori kami no kaori
Kono nodo no kawaki wa sonomama mitasarezuni
danangak. - 15/07/2011 02:06 PM
#140

Quote:
Original Posted By pamcuap
gan, bahas lagu dong..
ini saya ambil soulja - koko ni iru yo
minta dijelasin grammarnya bait kedua dong p
1 baris / 2 baris dl gpp D

Baby boy watashi wa koko ni iru yo
Doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat i love you dakara koso
Shinpai shinakuteinda yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo kono kokoro
Itai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo

Bukyou na ore tooku ni iru kimi tsutaitai kimochi
Sono mama iezuni kimi wa ichimatta
Ima ja nokosareta kimi wa arubamu no naka
Denpa de shika aenai hibi dakedo mienaize
Kimi no hohoemi kimi no nukumori kami no kaori
Kono nodo no kawaki wa sonomama mitasarezuni


wih

susah nih.
belajar dulu ah....

atau nunggu bantuan para senior
Page 7 of 13 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Karesidenan Kediri > Nihongo Senta(Pusat Bahasa Jepang)