Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
Total Views: 5293 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 

rahmat152 - 21/04/2011 04:29 AM
#1
Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
Satuan Karya Bhayangkara
Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara

Pengertian
Satuan Karya Pramuka Bhayangkara disingkat Saka Bhayangkara adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional

Tujuan
Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan didalam Gerakan Pramuka

Dasar Pembentukan
1. Keputusan bersama antara Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor Pol. : KEP/08/V/1980 Nomor : 050 Tahun 1980 tentang kebijakan dalam usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan kebhayangkaraan dan kepramukaan, telah dijabarkan dalam Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Saka Bhayangkara yang dituangkan pada Keputusan Kwartir Nasional nomor 079 Tahun 1980
2. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 020 Tahun 1991 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara.

Pimpinan
Dalam usaha peningkatan pembinaan dan pengembangan kegiatan dibentuk pimpinan Saka Bhayangkara:
a. Ditingkat nasional dibentuk Pimpinan Saka Bhayangkara Tingkat Nasional
b. Ditingkat daerah dibentuk Pimpinan Saka Bhayangkara Tingkat Daerah
c. Ditingkat cabang dibentuk Pimpinan Saka Bhayangkara Tingkat Cabang
d. Ditingkat ranting dibentuk Pimpinan Saka Bhayangkara Tingkat Ranting

Untuk masa bhakti 2008 - 2013 Pimpinan Saka Bhayangkara Nasional adalah Irjen Pol. Drs. Rubani Pranoto.

Krida dan Tanda Kecakapan Khusus(TKK)
1. KRIDA KETERTIBAN MASYARAKAT ( TIBMAS )
a. Kecakapan Pengamanan lingkungan pemukiman.
b. Kecakapan Pengamanan Lingkungan Kerja.
c. Kecakapan Pengamanan Lingkungan Sekolah.
d. Kecakapan Pengetahuan Hukum.

2. KRIDA LALU LINTAS ( LANTAS )
a. Kecakapan Pengetahuan Perundang-undangan/ Peraturan Lalu Lintas.
b. Kecakapan Pengaturan Lalu Lintas.
c. Kecakapan Penanganan kecelakaan lalu lintas.

3. KRIDA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA
a. Kecakapan Pencegahan kebakaran.
b. Kecakapan Pemadam kebakaran.
c. Kecakapan Rehabilitasi korban kebakaran.
d. Kecakapan Pengetahuan kerawanan bencana
e. Kecakapan pencarian korban
f. Kecakapan penyelamatan korban.
g. Kecakapan pengetahuan satwa.

4. KRIDA TEMPAT KEJADIAN PERKARA ( TKP )
a. Kecakapan pengetahuan tempat kejadian perkara.
b. Kecakapan pengetahuan sidik jari.
c. Kecakapan Pengetahuan tulisan tangan dan tanda tangan.
d. Kecakapan pengetahuan bahaya narkoba.

Kegiatan
1. Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara, disingkat Pertikara
Perkemahan yang diiukuti anggota Saka Bhayangkara dan diisi dengan kegiatan bakti Saka Bhayangkara dalam rangka ikut serta bertanggungjawab memelihara, membina, menciptakan dan mengembangkan susana aman dan tertib di kalangan masyarakat sesuai dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang ada pada dirinya. Misalnya kegiatan penanganan masalah pencurian, kecelakaan lalu lintas, bencana alam, siskamling dan lain-lain.

Pelaksanaan:
a. Tingkat ranting dan cabang di sesuiakan
b. Tingkat daerah sekali dalam empat tahun
c. Tingkat nasional sekali dalam lima tahun

2. Lomba Saka Bhayangkara, disingkat lokabhara
kegiatan lomba yang diikuti oleh para anggota Saka Bhayangkara dalam rangka meragakan kemampuan, pengetahuaan, hasil kegiatan, ketrampilan dan kecakapan Saka Bhayangkara.

Pelaksanaan:
a. Tingkat ranting dan cabang di sesuiakan
b. Tingkat daerah sekali dalam empat tahun
c. Tingkat nasional sekali dalam lima tahun

Dari Berbagai Sumber

syarat menjadi anggota saka
saka lainnya yang ada di Indonesia
dewatuak - 21/04/2011 05:03 AM
#2

sama kaya satpol PP. jangan mentang mentang ada bhayangkaranya p
hunterman2007 - 21/04/2011 08:41 AM
#3

Quote:
Original Posted By dewatuak
sama kaya satpol PP. jangan mentang mentang ada bhayangkaranya p


maksudnya?
rahmat152 - 21/04/2011 08:44 AM
#4

Quote:
Original Posted By dewatuak
sama kaya satpol PP. jangan mentang mentang ada bhayangkaranya p


ini kan salah satu wadah pembinaan untuk kaum muda yang berada dibawah naungan polri lek. dan pendirian na jelas2 berdasarkan SK bersama kapolri dan kakwarnas pramuka\)
pugupugu - 21/04/2011 08:58 AM
#5

Quote:
Original Posted By dewatuak
sama kaya satpol PP. jangan mentang mentang ada bhayangkaranya p

Ya beda om.
Klau saka bhayangkara berada di bawah naungan kepolisian.Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
rahmat152 - 21/04/2011 09:07 AM
#6

Quote:
Original Posted By pugupugu
Ya beda om.
Klau saka bhayangkara berada di bawah naungan kepolisian.Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara


yup bener om banget begitu juga dengan:
saka dirgantara yang berada dibawah naungan AU
saka bahari yang berada dibawah naungan AL/DKP
saka wira kartika yang berada dibawah naungan AD
saka kencana yang berada dibawah naungan BKKBN
saka wanabakti yang berada dibawah naungan Kementerian Kehutanan
saka taruna bumi yang berada dibawah naungan Kementerian Pertanian
saka bhakti husada yang berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan
pugupugu - 21/04/2011 09:14 AM
#7

Quote:
Original Posted By rahmat152


yup bener om banget begitu juga dengan:
saka dirgantara yang berada dibawah naungan AU
saka bahari yang berada dibawah naungan AL
saka wira kartika yang berada dibawah naungan AD
saka kencana yang berada dibawah naungan BKKBN
saka wanabakti yang berada dibawah naungan Kementerian Kehutanan
saka taruna bumi yang berada dibawah naungan Kementerian Pertanian
saka bhakti husada yang berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan

Ane kan juga anggota saka bhayangkara D

Tambahan om Saka bahari juga di bawah naungan Dinas Kelautan dan Perikanan (kalau di wilayah nya ga ada markas Tni Al nya)
shakehand2Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
rahmat152 - 21/04/2011 09:20 AM
#8

Quote:
Original Posted By pugupugu
Ane kan juga anggota saka bhayangkara D

Tambahan om Saka bahari juga di bawah naungan Dinas Kelautan dan Perikanan (kalau di wilayah nya ga ada markas Tni Al nya)
shakehand2Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara


salam pramuka
ane juga anggota saka bhayangkara pangkalan di MAPOLDA SUMBAR

eh iya ane lupa bisa juga di DKP klo markas AL na ndak ada makasih koreksi na
shakehand2:
pugupugu - 21/04/2011 10:48 AM
#9

Quote:
Original Posted By rahmat152


salam pramuka
ane juga anggota saka bhayangkara pangkalan di MAPOLDA SUMBAR

eh iya ane lupa bisa juga di DKP klo markas AL na ndak ada makasih koreksi na
shakehand2:


Ane dr saka bhayangkara kwarcab Indramayu shakehand2
Ikut ngamanin JamNAS 2011 dong om?Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
just.emo - 21/04/2011 10:58 AM
#10

salam pramuka !

ane anggota SAKA BHAYANGKARA POLRES PONOROGO
tapi sekarang sudah gak begitu aktif lagi, soalnya lagi sibuk sama sekolah. maklum kelas 3 STM D
rahmat152 - 21/04/2011 10:59 AM
#11

Quote:
Original Posted By pugupugu
Ane dr saka bhayangkara kwarcab Indramayu shakehand2
Ikut ngamanin JamNAS 2011 dong om?Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara


sering keluar masuk polres indramayu dunk klo gitu\)
ane udah ndak aktip didepan layar lagi. hanya sebagai orang2 blakang layar. emang jamnas di sumbar? ai cari info na ahngacir:

tapi jujur disini antara saka bhayangkara mapolda sumbar dengan saka bhayangkara polrestabes padang pecah karna keegoan senior yang di biarkan oleh pinsa maupun kwarcabo
rahmat152 - 21/04/2011 11:03 AM
#12

Quote:
Original Posted By just.emo
salam pramuka !

ane anggota SAKA BHAYANGKARA POLRES PONOROGO
tapi sekarang sudah gak begitu aktif lagi, soalnya lagi sibuk sama sekolah. maklum kelas 3 STM D


Salam!

Sama ane juga ndak terlalu aktif.
Tapi walau ndak terlalu aktif tetap bantu teman - teman di saka na dan semoga ilmu yang di dapat dari pembinaan bapak2 polisi dimanfaatkan dan diterapkan untuk kepentingan masyarakatshakehand2:
pugupugu - 21/04/2011 01:45 PM
#13

Quote:
Original Posted By rahmat152


sering keluar masuk polres indramayu dunk klo gitu\)
ane udah ndak aktip didepan layar lagi. hanya sebagai orang2 blakang layar. emang jamnas di sumbar? ai cari info na ahngacir:

tapi jujur disini antara saka bhayangkara mapolda sumbar dengan saka bhayangkara polrestabes padang pecah karna keegoan senior yang di biarkan oleh pinsa maupun kwarcabo

Sering om D
Ah jamanas di kwrcab OKI om.
Sumsel apa sumbar ya? bingungs

Sama om di sini juga saka bhayangkara di sini terpecah belah. Pamong saka nya bersebrangan sama sesepuh kwrcb berdukaSatuan Karya (SAKA) Bhayangkara
pugupugu - 21/04/2011 01:47 PM
#14

Quote:
Original Posted By just.emo
salam pramuka !

ane anggota SAKA BHAYANGKARA POLRES PONOROGO
tapi sekarang sudah gak begitu aktif lagi, soalnya lagi sibuk sama sekolah. maklum kelas 3 STM D

Gmn gan ujian nasional nya shakehand2Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara
ajoyudiyp - 21/04/2011 02:35 PM
#15

Quote:
Original Posted By pugupugu
Gmn gan ujian nasional nya shakehand2Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara


numpang lewat gan..dari purna SAKA BHAYANGKARA Polresta Pariaman...
"salam hormat buat pak Yadi Priyadi"

purna Saka jangan dibelakang Layar lagi donk...kan ada Polmas...banyak senior senior yang diminta sama Kapolres/Kapolsek setempat buat bantu di Polmas
rahmat152 - 21/04/2011 02:48 PM
#16

Quote:
Original Posted By ajoyudiyp
numpang lewat gan..dari purna SAKA BHAYANGKARA Polresta Pariaman...
"salam hormat buat pak Yadi Priyadi"

purna Saka jangan dibelakang Layar lagi donk...kan ada Polmas...banyak senior senior yang diminta sama Kapolres/Kapolsek setempat buat bantu di Polmas



makasih kak udah mampir. salam dari saya anggota tidak aktif D SAKA Bhayangkara Mapolda Sumbar. Mantan anak asuh Pak Arum mantan kapolres Pariaman
Kami belum bisa dibilang purna kak sebab masih masuk usia didik belum jadi anggota dewasa cuma karna kesibukan untuk saat ini tidak bisa aktif\)
pugupugu - 21/04/2011 03:43 PM
#17

Quote:
Original Posted By ajoyudiyp


numpang lewat gan..dari purna SAKA BHAYANGKARA Polresta Pariaman...
"salam hormat buat pak Yadi Priyadi"

purna Saka jangan dibelakang Layar lagi donk...kan ada Polmas...banyak senior senior yang diminta sama Kapolres/Kapolsek setempat buat bantu di Polmas

shakehand2 kakak DSatuan Karya (SAKA) Bhayangkara
keyrie24 - 21/04/2011 05:00 PM
#18

wah ada thread saka bhayangkara juga ya D
gw dulu kelas 2 udah sempet ikut latihannya juga dibwah naungan polsek cakung, tapi semenjak apa gitu akhirnya gw bolong" latihannya :mewek
padahal dkit lagi pelantikannya tuh. cd
tapi lumayan banyak dapet materi.. \)
rahmat152 - 21/04/2011 06:42 PM
#19

Quote:
Original Posted By keyrie24
wah ada thread saka bhayangkara juga ya D
gw dulu kelas 2 udah sempet ikut latihannya juga dibwah naungan polsek cakung, tapi semenjak apa gitu akhirnya gw bolong" latihannya :mewek
padahal dkit lagi pelantikannya tuh. cd
tapi lumayan banyak dapet materi.. \)


dilanjut aja latihan na. pelantikan mang cuma seremonial aja yang penting kan ilmu na\)
ajoyudiyp - 21/04/2011 06:47 PM
#20

Terkadang banyak timbul permasalahan di tubuh suatu organisasi seperti di SAKA BHAYANGKARA,,,ada yang pamong gk sejalan sama Sesepuh Kwarcab, Ada perpecahan diantara Pamogn itus sendiri...itu hal yangw ajar...tapi yang harus diingat jangan sampai mengorbankan peserta didik/adek adek...kasihan kakak2 penegak jadi bingung ngelihat para panutan pecah kongsi,,,permasalaha itu sendiri kebanyakan dikarenakan masalah kewenangan dan kebijakan..pengurus Kwarcab merasa dia yang paling berhak karena dia induk organisasi sementara para pamong merasa berhak juga karena SAKA ini dibawah institusi dia...semua benar,....jadi bingung kan????
apapun masalahnya...
intinya pramuka tetap jaya iloveindonesia
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara