Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > [WASPADA !!!] Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya
Total Views: 11698 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 12 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

danielldt - 23/04/2011 01:30 AM
#1
[WASPADA !!!] Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya
Saya nubie di kaksus ketika saya membuat ini di LOUNGE karena saat saya membuat trit ini FORPOL masih belum menjadi SUB FORUM,
Spoiler for profil waktu buat thread
[WASPADA !!!] Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya

Tujuan awal saya adalah share dengan seluruh agan dan aganwati tapi ternyata saya meleset, di sana (LOUNGE) trit seperti ini kalah sama trit trit yang (maaf) menurut saya kurang berguna.

Setelah bertanya-tanya akhirnya saya membuat Thread ini di FORPOL dan menggabungkan ke 2 Thread sebelumnya dengan me-repost dan memberikan link threads aslinya, jadi thread nya aman.

Buat mimin dan momod, jika langkah saya ini kurang tepat, tolong tegur saya ya.

Melalui thread ini saya mencoba berbagi Informasi tentang berbagai Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya. Tread ini berdasarkan kejadian nyata baik yang pernah saya ketahui yang sering dialami.

Buat kaskuser yang lain yang mengetahui Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya silhkan kita share di sini. Tentunya selain agan-agan posting MODUS KEJAHATANnya, jangan lupa TIPS menghindarinya yaaaa

Akan saya posting satu persatu dan akan saya kelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu:
- Pencurian, baik curas, curat, curanmor, dsb
- Penipuan
- Tips
- silahkan kasih masukan
Halaman 1 akan selalu saya update berisi link berbagai Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya
Jika ada usul, saran atau pertanyaan mengenai thread ini silahkan sampaikan di sini

AKhir kata, mudah-mudahan Thread ini berguna bagi semua kaskuser dan berkenan disempatkan untuk memberi :rate5 biar awet di baca oleh mesin kaskus dan bisa menjadi urutan teratas, sehingga bisa selalu dibaca oleh kaskuser dan berguna buat para kaskuser. Semoga...

Terima kasih
Kata Bang NAPI : "WASPADALAH !!! WASPADALAH !!!"
ilovekaskusiloveindonesia

INGAT!!! NIAT + KESEMPATAN = KEJAHATAN. Dengan Anda mengetahui berbagai modus kejahatan yang ada, Anda bisa memperkecil bahkan menghilangkan unsur KESEMPATAN sehingga para pelaku kejahatan tidak bisa beraksi dan Anda tidak menjadi korban.

Berita Rumah Bang Napi Dibobol Maling

Apa itu modus kejahatan?
danielldt - 23/04/2011 01:37 AM
#2
Index MODUS KEJAHATAN
PapinZ - 23/04/2011 01:38 AM
#3

Good job.

ane tunggu tips2 nya..sorry ane belom bisa share kongkrit nya..cuma pesen aja sebelum keluar baca basmallah..
danielldt - 23/04/2011 01:40 AM
#4
[TIPS] Cara Supaya Tidak Jadi Korban Curanmor
Yang namanya maling ada saja akalnya dan makin menjadi-jadi. Meski sudah diberi kunci ganda, kalau kurang hati-hati motor tetap bisa raib. Berbagai cara yang praktis tapi cukup membuat puyeng pencoleng patut kita jalankan.
Teknisnya sederhana, hanya butuh meluangkan waktu
sebentar demi keselamatan motor kesayangan yang kita miliki yang biasa jadi urat nadi transportasi sehari-hari.
Nih, simak!
1. Ganti Baut
Ada baiknya untuk mengganti beberapa baut di beberapa part yang selama ini merupakan incaran para si-tangan panjang (maling). Antara lain adalah Speedometer dan Master Rem (Disk Brake) Depan, atau banyak yang menyebutnya sebagai “Pala Babi”. Apalagi proses bongkarnya hanya membutuhkan waktu ~ 5 - 10 menit, karena parts tersebut hanya menggunakan baut kunci biasa.
Asal diketahui saja kedua spareparts itu cukup mahal harganya, antara Rp800 rebuan hingga Rp1,5 juta, tergantung tipe motornya. Nah, lumayan khan? Jadi langkah pengamanannya adalah dengan cara mengganti baut-bautnya, yang paling bagus & aman adalah menggunakan baut bintang, harganya sekitar Rp15.000,00 per buah. Lumayan murah dibanding harus kehilangan spedometer khan?
2. Kantongi Tutup Busi
Saat memarkir motor di tempat umum yang rawan, buka tutup busi dan masukan dan simpan di tas atau saku celana, dijamin akan membuat pusing sang pencoleng karena motor tak bisa distart.
3. Pasang Saklar Rahasia
Pasang sakelar rahasia pemutus arus yang tersembunyi
dari aki (baterai). Saat parkir putuskan aliran listrik melalui switch/sakelar rahasia sehingga meski kunci kontak bisa difungsikan dengan merusak dengan kunci T oleh sang pencuri misalnya tetap tak ada aliran listrik untuk menghidupkan mesin. Namun sebaiknya pakai cara ini bila garansi motor anda sudah habis, karena bisa berakibat hangusnya garansi kelistrikan selama 1 tahun.
4. Pasang Gembok Grendel Stainless
Cara ketiga tersebut saat ini memang sudah umum, dan
banyak pencoleng juga sudah tau rahasianya. Yang lebih aman, memasang gembok grendel di cakram rem depan atau gir belakang (bila remnya tidak cakram). Pilih gembok yang tidak ada pake per, alias gembok stainless anti gerinda (merknya misalnya Abus atau Krisbow), harganya berkisar Rp20-30 ribu dan banyak dijual di toko perkakas atau toko bangunan.
Menurut pengakuan “raja maling”, paling sulit kalau sudah pakai gembok stainless anti gerinda di motor. Paling-paling motor kalau malingnya nekat, diangkut ke atas bak mobil.
Yaahh..kalo sudah begini sih emang nasib …
5. Parkir di Dekat Pos Penjagaan
Jika anda di mall atau parkiran umum, parkirlah dekat pos penjagaan parkir. Semakin dekat, semakin aman karena pencoleng juga mikir kalo deket pos. Semakin jauh parkirnya apalagi mojok-mojok, pencoleng makin leluasa ngerjain motor sobat. Jangan lupa, meski di parkir resmi (secure park), tetap kunci dan gembok motor sobat! Gak ada jaminan parkir resmi bebas pencoleng kan? Coba aja baca di karcisnya : “Kehilangan kendaraan bukan tanggung jawab pengelola parkir,”
6. Doa, jangan lupa.
Ya, namanya juga usaha. Usaha manusia kan ada kelemahannya. Jadi, jangan lupa setelah gembak gembok sana sini pasang pengaman, pas ninggalin motor, berdoa agar motor kita dijagain sama yang Maha Menjaga, Allah SWT. Insya Allah, motor tetap utuh gak dicolek sama si tangan panjang. Amin.
Maaf kl seandainya repost, ane nubie, cm mau share aja

Quote:
Original Posted By Yg nomer 6 sih emang yang paling ampuh gan.. Temen ane kuncinya ngegantung dari jam 12 siang, baru ketauan jam 6 sore (langsung pucet gitu dia), dan untung masih utuh ga ada kurang sedikitpun motornya, ternyata di bagasinya ada laminatingan ayat kursi ngakaks..[/QUOTE]


[QUOTE=BugsOfLord

yang ini ane dikasih tau ama bokap ane..
pernah dia ngasih training kerajinan di lapas,, trus diceritain ma orang situ..
pake cairan kimia yang tingkat keasaman tinggi buat njebol tuh per gembok..
sejak itu ane pake gembok tanpa per..

mod,, request untuk di-stiki


Quote:
Original Posted By syavanov
temen saya juga pernah ngalamin, gembok pagar rumahnya ga dipotong tapi begitu dicek, gemboknya udah ga berfungsi.. alhasil motor yang ada di halaman rumahnya raib..
danielldt - 23/04/2011 01:44 AM
#5
MODUS KEJAHATAN Copet dalam Angkot
Anda sering berpergian menggunakan angkutan kota (angkot) dalam melakukan aktifitas sehari-hari? Mungkin untuk pergi ke kantor, kampus, atau berbelanja ke pasar.Waspadalah terhadap pencurian (copet) dompet dan Hand Phone (HP) Anda dalam angkot. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Komplotan ini lebih cenderung mengincar handphone daripada dompet Anda. Mungkin karena handphone lebih mudah diambil dan dijual juga barang yang kelihatan. Maksud saya, dengan melihat sekilas di saku baju Anda, saya bisa menebak apa merk dan tipe handphone tersebut dan berapa harga jual (batangan) nya. Begitupun di saku celana Anda, dengan hanya melihat tonjolan dan lekuk yang terbentuk dari handphone tersebut. Daripada mengambil Dompet Anda, isinya tidak bisa ditebak. Bisa saja Anda berpenampilan perlente tapi tidak punya uang atau lagi bokek. Atau mungkin Anda termasuk tipe orang yang tidak suka membawa uang cash dalam jumlah banyak, lebih suka menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Komplotan ini sangat cepat dalam melakukan aksinya dan juga sangat rapi.

Modus komplotan ini sangat mudah dikenali. Biasanya mereka akan naik angkot secara


terpisah dan dari beberapa titik. Orang yang pertama naik dan juga sebagai eksekutor adalah yang bertugas mencari calon korban, begitu dapat mangsa dia akan duduk di sebelah Anda. Kemudian naik lagi orang kedua (sebagai eksekutor cadangan) yang akan duduk mengapit Anda sehingga posisi duduk Anda berada ditengah-tengah mereka. Kemudian terakhir akan naik seseorang (orang ketiga) yang bertugas untuk mengalihkan perhatian Anda.

Setelah angkot berjalan beberapa meter, orang ketiga akan menawarkan obat gosok atau juga pijat refleksi kepada Anda, belum sempat berpikir lama orang ketiga ini akan mempraktekkan penawarannya dengan cara memijit kaki Anda. Dalam beberapa kasus, komplotan ini juga mengalihkan perhatian Anda dengan pura-pura muntah. Pada saat yang bersamaan,salah satu dari orang yang duduk di sebelah Anda akan mengambil handphone dari saku baju atau celana Anda kemudian dia turun dari angkot. Tanpa Anda sadari, handphone kesayangan sudah berpindah tangan, atau ketika Anda menyadarinya, orang yang mengambil handphone Anda sudah tidak kelihatan, menghilang masuk gang.

Tips menghindarinya:

1. Pakailah perhiasan sewajarnya, jangan memakai perhiasan yang mencolok dan berlebihan sehingga Anda kelihatan seperti "Toko Emas Berjalan".

2. Jangan memperlihatkan handphone Anda apalagi menyimpannya di saku depan kemeja Anda ataupun menggunakan handphone anda di tempat umum.

3. Jangan menaiki angkot yang penumpangnya sepi atau sedikit. Kalau terpaksa naik karena Anda buru-buru, naiklah di kursi sebelah supir atau di depan.

4. Jika Ada penumpang yang menawarkan jasa memijat kaki, sebaiknya anda menolaknya, atau jika ada penumpang yang muntah atau mau muntah di depan Anda, agar Anda waspada terhadap barang bawaan Anda.

5. Jika situasi mulai mencurigakan, sebaiknya Anda turun dari angkot tersebut dan pindah ke angkot yang lain. Lebih baik rugi beberapa ribu rupiah daripada Anda kehilangan handphone atau dompet Anda.

Apa agan-agan ada yang mau menambahkan atau menyumbang info tentang modus kejahatan lainnya?

Silahkan saja dengan syarat mencantumkan MODUS KEJAHATAN dan juga TIPS menghindarinya


WASPADALAH !!! WASPADALAH !!!
danielldt - 23/04/2011 01:46 AM
#6
MODUS KEJAHATAN, Pencurian dengan cara GESER TAS
Anda jangan berpikir bahwa kejahatan hanya terjadi di jalanan, ditempat sepi saja. Di tempat yang ramai seperti Mall, Super Market, Hyper Market atau apalah namanya juga di Hotel Bintang 5 bahkan sampai Bintang 7 He he he.... Bahkan kelompok ini melakukan askinya di tempat terbuka seperti Cafe, A&W, Mc D, KFC atau apapun namanya dimana biasanya banyak petugas keamana/security yang banyak berkeliaran.
Kelompok ini sangat cepat dalam melakukan aksinya dan sangat rapi dan sangat terorganisir dengan baik. Kelompok ini biasanya merupakan Kelompok pecahan dari Pasar Senen. Mereka biasanya mengincar wanita karir yang sedang duduk di Cafe karena saat itu biasanya korban akan melepaskan penatnya dan santai sejenak sehingga tidak memperhatikan situasi di sekitarnya dan meletakkan Tas kerjanya di atas kursi. Dalam Kelompok ini biasanya ada salah satu anggotanya yaitu wanita setengah baya sebagai aktor utama atau pengalih perhatian. Tapi komplotannya juga sudah berpencar di sekitar lokasi sambil mengawasi.

Begini modusnya:

Seorang wanita sebagi pengalih perhatian akan

duduk di depan atau di seberang Anda sambil melihat ke arah Anda. Ini adalah kode atau tanda buat komplotannya bahwa Anda adalah Mangsa. Kemudian biasanya wanita tersebut akan mendekati Korban dan menanyakan tentang suatu hal untuk mengalihkan perhatian Korban. Biasanya menanyakan "Pukul berapa sekarang?" Ketika Anda akan menjawabnya, secara otomatis anda akan melihat jam tangan di pergelangan tangan Anda. Pada saat yang bersamaan Pelaku lainnya yang ada di belakang Anda akan menggeser Tas Anda. Kemudian Dia akan memberikan Tas Anda ke temannya yang juga ada di sekitar lokasi. Dan orang yang menerima tas itu akan pergi meninggalkan lokasi. Kegiatan mengoper tas dari satu orang ke yang lainnya seperti permainan Sepak Bola, makanya modus ini juga biasa dinamakan "nge-bola".

Masih ingat tidak? Kejadian di Hotel Borobudur Tahun 2004 awal ketika beberapa saat setelah kejadian Tsunami di Aceh salah seorang tamu Presiden SBY yang akan menyerahkan bantuan uang untuk rakyat Aceh. Dia kehilangan tasnya yang berisi uang tunai untuk sumbangan bagi masyarakat Aceh. Para pelaku menggunakan modus ini.

Tips untuk menghindarinya : Jika Anda membawa Tas kerja atau Tas berisi barang berharga,jangan meletakkan Tas tersebut, walaupun di tempat yang dekat dengan dan terlihat, misalnya di sebelah Anda. Kelompok ini mempunyai 1001 cara untuk mengalihkan perhatian Anda walaupun hanya sebentar. Letakkan di pangkuan Anda atau di atas meja tepat di hadapan Anda.
danielldt - 23/04/2011 01:49 AM
#7
Modus kejahatan street crime gembos ban
Jakarta oh Jakarta, tempat berjuta orang mengadu nasib. Dimana saja kita berada, selalu saja ada para pelaku kriminal yang mengintai kita dengan berbagai modus operandi. Awalnya kita berpikir di tempat yang ramai, kita akan aman dan terhindar dari aksi kejahatan, ternyata tidak. Modus hipnotis, geser tas termasuk modus yang digunakan di tempat ramai. Kalau di tempat ramai saja rawan, apalagi di tempat yang sepi? Iya kan? Kapak merah dan congkel spion termasuk aksi kejahatan yang Pelakunya tergolong nekat karena beraksi di tengah-tengah kemacetan.

Street crime adalah sebutan untuk segala macam aksi kejahatan yang terjadi di jalan raya. Modus gembos ban salah satunya, modusnya termasuk rapi karena dibungkus dengan cara seolah-olah para pelaku (biasanya dilakukan lebih dari 2 orang) peduli dengan memberitahukan bahwa ban kita gembos, kempes atau bocor.

Modus yang gembos ban adalah salah satu modus street crime yang sering terjadi. Ketika Anda sedang mengendarai mobil akan ada seseorang yang memberitahukan Anda bahwa ban sebelah kiri mobil Anda bocor atau kempes.


Ketika Anda turun dari mobil dan memeriksa ban sebelah kiri, maka pelaku lainnya akan menghampiri dan dengan hati-hati membuka pintu mobil sebelah kanan kemudian mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil Anda ketika Anda sedang memeriksa ban sebelah kiri atau ketika Anda sedang menggantinya dengan ban cadangan. Ketika Anda telah selesai memeriksa atau mengganti ban yang bocor, Anda baru menyadari bahwa barang berharga yang ada di dalam mobil Anda telah dicuri.

Cat : Biasanya pelaku menggunakan ranjau paku dari jari-jari payung yang memiliki rongga, sehingga ban tubless pun akan langsung kempes. Padahal jika terkena paku biasa, membutuhkan waktu yang lama, sampai angin di dalam ban benar-benar habis

Tips jika kejadian ini menimpa Anda:

1. Ketika ada yang memberitahukan bahwa ban sebelah kiri mobil Anda kempes atau bocor, jaga laju kendaraan Anda, jangan langsung berhenti carilah kantor polisi terdekat untuk memeriksanya. Jika terjadi siang hari, biasanya di tiap perempatan besar ada Anggota Lantas.

2. Jika tidak ada kantor polisi di sekitar lokasi, arilah tempat yang ramai dan Anda anggap aman, kemudian jika memungkinkan, hubungi teman atau saudara agar datang ke tempat Anda dan menemani untuk ganti ban. Atau minta tolong warga sekitar untuk menemani Anda mengganti ban cadangan.

Masih banyak modus street crime lainnya. Mau? Nantikan Postingan saya berikutnya. INGAT!!! NIAT + KESEMPATAN = KEJAHATAN. Dengan Anda mengetahui berbagai modus kejahatan yang ada, Anda bisa memperkecil bahkan menghilangkan unsur KESEMPATAN sehingga para pelaku kejahatan tidak bisa beraksi dan Anda tidak menjadi korban.

Silahkan di share sama teman-teman yang lain..
Jangan lupa :rate5 jika dianggap bermanfaat
danielldt - 23/04/2011 01:51 AM
#8
Modus kejahatan street crime gembos ban
Jakarta oh Jakarta, tempat berjuta orang mengadu nasib. Dimana saja kita berada, selalu saja ada para pelaku kriminal yang mengintai kita dengan berbagai modus operandi. Awalnya kita berpikir di tempat yang ramai, kita akan aman dan terhindar dari aksi kejahatan, ternyata tidak. Modus hipnotis, geser tas termasuk modus yang digunakan di tempat ramai. Kalau di tempat ramai saja rawan, apalagi di tempat yang sepi? Iya kan? Kapak merah dan congkel spion termasuk aksi kejahatan yang Pelakunya tergolong nekat karena beraksi di tengah-tengah kemacetan.

Street crime adalah sebutan untuk segala macam aksi kejahatan yang terjadi di jalan raya. Modus gembos ban salah satunya, modusnya termasuk rapi karena dibungkus dengan cara seolah-olah para pelaku (biasanya dilakukan lebih dari 2 orang) peduli dengan memberitahukan bahwa ban kita gembos, kempes atau bocor.

Modus yang gembos ban adalah salah satu modus street crime yang sering terjadi. Ketika Anda sedang mengendarai mobil akan ada seseorang yang memberitahukan Anda bahwa ban sebelah kiri mobil Anda bocor atau kempes.


Ketika Anda turun dari mobil dan memeriksa ban sebelah kiri, maka pelaku lainnya akan menghampiri dan dengan hati-hati membuka pintu mobil sebelah kanan kemudian mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil Anda ketika Anda sedang memeriksa ban sebelah kiri atau ketika Anda sedang menggantinya dengan ban cadangan. Ketika Anda telah selesai memeriksa atau mengganti ban yang bocor, Anda baru menyadari bahwa barang berharga yang ada di dalam mobil Anda telah dicuri.

Cat : Biasanya pelaku menggunakan ranjau paku dari jari-jari payung yang memiliki rongga, sehingga ban tubless pun akan langsung kempes. Padahal jika terkena paku biasa, membutuhkan waktu yang lama, sampai angin di dalam ban benar-benar habis

Tips jika kejadian ini menimpa Anda:

1. Ketika ada yang memberitahukan bahwa ban sebelah kiri mobil Anda kempes atau bocor, jaga laju kendaraan Anda, jangan langsung berhenti carilah kantor polisi terdekat untuk memeriksanya. Jika terjadi siang hari, biasanya di tiap perempatan besar ada Anggota Lantas.

2. Jika tidak ada kantor polisi di sekitar lokasi, arilah tempat yang ramai dan Anda anggap aman, kemudian jika memungkinkan, hubungi teman atau saudara agar datang ke tempat Anda dan menemani untuk ganti ban. Atau minta tolong warga sekitar untuk menemani Anda mengganti ban cadangan.

Masih banyak modus street crime lainnya. Mau? Nantikan Postingan saya berikutnya. INGAT!!! NIAT + KESEMPATAN = KEJAHATAN. Dengan Anda mengetahui berbagai modus kejahatan yang ada, Anda bisa memperkecil bahkan menghilangkan unsur KESEMPATAN sehingga para pelaku kejahatan tidak bisa beraksi dan Anda tidak menjadi korban.

Silahkan di share sama teman-teman yang lain..
Jangan lupa :rate5 jika dianggap bermanfaat
danielldt - 23/04/2011 02:00 AM
#9

Quote:
Original Posted By PapinZ
Good job.

ane tunggu tips2 nya..sorry ane belom bisa share kongkrit nya..cuma pesen aja sebelum keluar baca basmallah..


iya gan tapi sedikit sedikit ya, pasti ane share koq. Ya buat agan juga siapa tau besok, atau kapan tahu info tentang MODUS KEJAHATAN lainnya, baik dari berita atau koran atau apapun silahkan share di sini
ryo102 - 23/04/2011 02:05 AM
#10

udah di rate bang... sukses selalu...
danielldt - 23/04/2011 02:08 AM
#11

Quote:
Original Posted By ryo102
udah di rate bang... sukses selalu...


siappp
terima kasih untuk ratenya
kalo om ryo juga tau MODUS KEJAHATAN lainnya, silahkan share juga di sini ya
sukses selalu juga buat om ryo
PapinZ - 23/04/2011 03:37 AM
#12

Quote:
Original Posted By danielldt
iya gan tapi sedikit sedikit ya, pasti ane share koq. Ya buat agan juga siapa tau besok, atau kapan tahu info tentang MODUS KEJAHATAN lainnya, baik dari berita atau koran atau apapun silahkan share di sini


asal jangan dari pengalaman pribadi ajah D amit2

oke kalo nemuin artikel ato apa ane coba share dah..

lanjutttt
albert83h - 23/04/2011 12:00 PM
#13

thksss sekali bro.. info2 nya ...
danielldt - 23/04/2011 12:25 PM
#14

Quote:
Original Posted By PapinZ
asal jangan dari pengalaman pribadi ajah D amit2

oke kalo nemuin artikel ato apa ane coba share dah..

lanjutttt

ga pa pa dong om, walaupun menyakitkan, meyedihkan, tragis, dsb
tapi kan bisa mencegas supaya para kaskuser lainnya tidak menjadi korban.
ditunggu gan share modus kejahatan yang lainnya, jangan lupa tips untuk menghindarinya juga ya
BUAT PARA PELAKU KEJAHATAN ATAU MANTAN PELAKU KEJAHATAN YANG SUDAH INSAF JUGA BOLEH KOQ SHARE DI SINI
Quote:
Original Posted By albert83h
thksss sekali bro.. info2 nya ...

thksss sekali duakali, tigakali dan berkali-kali juga boleh koq xi xi xi
syavanov - 23/04/2011 12:43 PM
#15
Modus hipnotis / gendam
Nubitol ijin nambahin..

waspadai pula modus hipnotis / gendam atau semacamnya...

pelaku biasanya ada 2 atau 3 orang dan korbannya adalah para pensiunan yang baru saja mengambil uang pensiun di bank atau kantor pos..

modus :
si pelaku utama biasanya mendekati kemudian mengajak ngobrol korban yang baru saja mengambil uang pensiun, lalu berpura-pura memiliki benda2 pusaka atau sejenisnya yang katanya memiliki kekuatan ghaib kemudian menawarkan benda tersebut dengan harga murah.. entah bagaimana si korban mau saja menuruti kata2 si pelaku utama sehingga begitu mudahnya menyerahkan uang pensiun yang baru saja diambilnya kepada pelaku.. setelah itu biasanya akan ada teman pelaku yang meyakinkan si korban perihal khasiat benda2 pusaka itu, sehingga korban semakin yakin..

biasanya korban tersadar telah terhipnotis setelah para pelaku meninggalkan korban sendirian..

saya tidak begitu mengetahui kelompok mana yang bermain kejahatan dengan modus seperti ini cuma yang saya ketahui, kelompok ini biasa mencari korbannya di kantor2 pos dan bank2 yang melayani pembayaran uang pensiun dan beraksi di tiap tanggal 1 sampai dengan 5 tiap bulannya..

menurut saya antisipasi agar keluarga kita terhindar dari kejahatan hipnotis / gendam ini adalah :

1. sempatkan waktu kita untuk mengantar orang tua atau saudara kita yang akan mengambil uang pensiun, jangan biarkan orang tua atau saudara kita yang sudah berumur untuk mengambil uang pensiunnya sendiri.

2. mengambil uang pensiun jangan pada saat tanggal muda (tanggal 1 s/d 5), ambillah di saat tanggal2 pertengahan.. (antisipasi seperti ini tidak sepenuhnya menjamin orang tua atau keluarga kita terhindar dari ancaman kejahatan hipnotis, oleh karenanya saya menyarankan untuk memakai cara nomor 1 di atas)..

semoga bermanfaat..
syavanov - 23/04/2011 12:56 PM
#16

Quote:
Original Posted By danielldt
Yang namanya maling ada saja akalnya dan makin menjadi-jadi. Meski sudah diberi kunci ganda, kalau kurang hati-hati motor tetap bisa raib. Berbagai cara yang praktis tapi cukup membuat puyeng pencoleng patut kita jalankan.
Teknisnya sederhana, hanya butuh meluangkan waktu
sebentar demi keselamatan motor kesayangan yang kita miliki yang biasa jadi urat nadi transportasi sehari-hari.
Nih, simak!
1. Ganti Baut
Ada baiknya untuk mengganti beberapa baut di beberapa part yang selama ini merupakan incaran para si-tangan panjang (maling). Antara lain adalah Speedometer dan Master Rem (Disk Brake) Depan, atau banyak yang menyebutnya sebagai “Pala Babi”. Apalagi proses bongkarnya hanya membutuhkan waktu ~ 5 - 10 menit, karena parts tersebut hanya menggunakan baut kunci biasa.
Asal diketahui saja kedua spareparts itu cukup mahal harganya, antara Rp800 rebuan hingga Rp1,5 juta, tergantung tipe motornya. Nah, lumayan khan? Jadi langkah pengamanannya adalah dengan cara mengganti baut-bautnya, yang paling bagus & aman adalah menggunakan baut bintang, harganya sekitar Rp15.000,00 per buah. Lumayan murah dibanding harus kehilangan spedometer khan?
2. Kantongi Tutup Busi
Saat memarkir motor di tempat umum yang rawan, buka tutup busi dan masukan dan simpan di tas atau saku celana, dijamin akan membuat pusing sang pencoleng karena motor tak bisa distart.
3. Pasang Saklar Rahasia
Pasang sakelar rahasia pemutus arus yang tersembunyi
dari aki (baterai). Saat parkir putuskan aliran listrik melalui switch/sakelar rahasia sehingga meski kunci kontak bisa difungsikan dengan merusak dengan kunci T oleh sang pencuri misalnya tetap tak ada aliran listrik untuk menghidupkan mesin. Namun sebaiknya pakai cara ini bila garansi motor anda sudah habis, karena bisa berakibat hangusnya garansi kelistrikan selama 1 tahun.
4. Pasang Gembok Grendel Stainless
Cara ketiga tersebut saat ini memang sudah umum, dan
banyak pencoleng juga sudah tau rahasianya. Yang lebih aman, memasang gembok grendel di cakram rem depan atau gir belakang (bila remnya tidak cakram). Pilih gembok yang tidak ada pake per, alias gembok stainless anti gerinda (merknya misalnya Abus atau Krisbow), harganya berkisar Rp20-30 ribu dan banyak dijual di toko perkakas atau toko bangunan.
Menurut pengakuan “raja maling”, paling sulit kalau sudah pakai gembok stainless anti gerinda di motor. Paling-paling motor kalau malingnya nekat, diangkut ke atas bak mobil.
Yaahh..kalo sudah begini sih emang nasib …
5. Parkir di Dekat Pos Penjagaan
Jika anda di mall atau parkiran umum, parkirlah dekat pos penjagaan parkir. Semakin dekat, semakin aman karena pencoleng juga mikir kalo deket pos. Semakin jauh parkirnya apalagi mojok-mojok, pencoleng makin leluasa ngerjain motor sobat. Jangan lupa, meski di parkir resmi (secure park), tetap kunci dan gembok motor sobat! Gak ada jaminan parkir resmi bebas pencoleng kan? Coba aja baca di karcisnya : “Kehilangan kendaraan bukan tanggung jawab pengelola parkir,”
6. Doa, jangan lupa.
Ya, namanya juga usaha. Usaha manusia kan ada kelemahannya. Jadi, jangan lupa setelah gembak gembok sana sini pasang pengaman, pas ninggalin motor, berdoa agar motor kita dijagain sama yang Maha Menjaga, Allah SWT. Insya Allah, motor tetap utuh gak dicolek sama si tangan panjang. Amin.
Maaf kl seandainya repost, ane nubie, cm mau share aja

Ini thread yang sudah terlanjur ane buat, klik di sini !!! sepenuhnya saya serahkan kepada mimin dan momod


sekedar menambahkan, apabila kita atau saudara kita akan membeli sepeda motor atau mobil, lebih baik menghindari membeli sepeda motor atau mobil yang menjadi "incaran" pencuri.. mungkin agan2 sudah mengerti apa yang saya maksud dengan "incaran" yaitu sepeda motor atau mobil dengan merk dan type tertentu.. (tidak etis apabila saya menyebutkan merk dan type sepeda motor atau mobil yang jadi incaran pencuri)..

kemudian untuk antisipasi yang lain yaitu, pasanglah gps (khusus mobil) di tempat yang tidak diketahui orang lain.. jadi apabila hilang, mudah bagi kita untuk mencarinya..
danielldt - 23/04/2011 01:14 PM
#17

Quote:
Original Posted By syavanov
Nubitol ijin nambahin..

waspadai pula modus hipnotis / gendam atau semacamnya...

pelaku biasanya ada 2 atau 3 orang dan korbannya adalah para pensiunan yang baru saja mengambil uang pensiun di bank atau kantor pos..

modus :
si pelaku utama biasanya mendekati kemudian mengajak ngobrol korban yang baru saja mengambil uang pensiun, lalu berpura-pura memiliki benda2 pusaka atau sejenisnya yang katanya memiliki kekuatan ghaib kemudian menawarkan benda tersebut dengan harga murah.. entah bagaimana si korban mau saja menuruti kata2 si pelaku utama sehingga begitu mudahnya menyerahkan uang pensiun yang baru saja diambilnya kepada pelaku.. setelah itu biasanya akan ada teman pelaku yang meyakinkan si korban perihal khasiat benda2 pusaka itu, sehingga korban semakin yakin..

biasanya korban tersadar telah terhipnotis setelah para pelaku meninggalkan korban sendirian..

saya tidak begitu mengetahui kelompok mana yang bermain kejahatan dengan modus seperti ini cuma yang saya ketahui, kelompok ini biasa mencari korbannya di kantor2 pos dan bank2 yang melayani pembayaran uang pensiun dan beraksi di tiap tanggal 1 sampai dengan 5 tiap bulannya..

menurut saya antisipasi agar keluarga kita terhindar dari kejahatan hipnotis / gendam ini adalah :

1. sempatkan waktu kita untuk mengantar orang tua atau saudara kita yang akan mengambil uang pensiun, jangan biarkan orang tua atau saudara kita yang sudah berumur untuk mengambil uang pensiunnya sendiri.

2. mengambil uang pensiun jangan pada saat tanggal muda (tanggal 1 s/d 5), ambillah di saat tanggal2 pertengahan.. (antisipasi seperti ini tidak sepenuhnya menjamin orang tua atau keluarga kita terhindar dari ancaman kejahatan hipnotis, oleh karenanya saya menyarankan untuk memakai cara nomor 1 di atas)..

semoga bermanfaat..


terima kasih untuk sharenya gan, tulisan Anda pasti bermanfaat koq buat para kaskuser yang mampir di mari
danielldt - 23/04/2011 01:24 PM
#18

Quote:
Original Posted By syavanov
sekedar menambahkan, apabila kita atau saudara kita akan membeli sepeda motor atau mobil, lebih baik menghindari membeli sepeda motor atau mobil yang menjadi "incaran" pencuri.. mungkin agan2 sudah mengerti apa yang saya maksud dengan "incaran" yaitu sepeda motor atau mobil dengan merk dan type tertentu.. (tidak etis apabila saya menyebutkan merk dan type sepeda motor atau mobil yang jadi incaran pencuri)..

kemudian untuk antisipasi yang lain yaitu, pasanglah gps (khusus mobil) di tempat yang tidak diketahui orang lain.. jadi apabila hilang, mudah bagi kita untuk mencarinya..


betul, ga pa pa koq sebut merek tapi pake sensor (boleh ga nih mod), Untuk kendaraan roda 4 atau mobil, saya pernah berbincang-bincang dengan salah satu anggota kelompok indramayu (maaf, tidak bermaksud sara tapi biasanya Penamaan kelompok pelaku di dasarkan dengan daerah asalnya atau modus operandinya seperti kelompok palembang, kelompok gembos ban, kelompok api api) dan ternyata mereka mengaku hanya mengkhususkan diri pada mobil dengan merek to**** jenis in*** dan av****

gps??? hmmmm... salah satu anggota kelompok ini juga (yang profesional ya, karena mereka main berkelompok) ada yang memiliki keahlian khusus alarm dan gps.

Intinya mereka akan membatalkan aksinya jika dalam jangka waktu maksimal tertentu kunci tidak berhasil di rusak, pada sepeda motor maks 1 menit, pada mobil maks 5 menit. Jadi siapkan alat pengaman yang bisa merepotkan para pelaku curanmor kesulitan merusak kunci mobil Anda sampai waktu maksimal

Mau lebih ekstrim??? Ada cat ulang warna mobil Anda dengan airbrush karena barang2 curian yang mudah dijual ke penadah adalah barang dengan kondisi standard pabrikan
syavanov - 23/04/2011 04:15 PM
#19
Penipuan ranmor / mengaku petugas polisi
ijin nambahin lagi..

waspada pula terhadap modus kejahatan yang terbilang lama, tapi masih ada saja korban yang berjatuhan akibat kejahatan ini dan saya menganggap hal ini cukup penting untuk saya posting di sini..

kejahatannya adalah penipuan dan sasarannya adalah pengendara sepeda motor, utamanya pengendara belia (sekitaran kelas 6 SD, SMP atau SMA)..

modusnya :

sepeda motor korban dipepet kemudian dihentikan oleh pelaku dan setelah korban berhenti, korban disangka oleh pelaku (biasanya berjumlah 2 orang yang berboncengan sepeda motor) telah menabrak / memukul saudara atau teman pelaku atau memiliki masalah dengan saudara / teman pelaku dan korban diminta untuk mempertangungjawabkan perbuatan yang dituduhkan pelaku. Cara pelaku mengambil sepeda motor korban adalah dengan mengintimidasi dan menakut-nakuti korban akan dipertemukan dengan teman-teman pelaku yang akan membalas dendam ke korban. Setelah korban ketakutan, sepeda motor korban langsung diambil alih oleh teman pelaku yang dibonceng kemudian korban dibonceng oleh pelaku utamanya (pengendara sepeda motor) menuju ke teman2 pelaku yang saat itu sedang nongkrong atau berkumpul di sebuah gang atau di pinggir jalan, padahal tanpa korban ketahui, orang2 yang sedang nongkrong di gang atau di jalan itu bukan merupakan teman2 pelaku. Namun karena korban sudah terlanjur ketakutan, maka korban pasrah saja saat sepeda motornya dibawa pelaku, sementara korban ditinggal pelaku sendirian di jalan.

Kemudian dengan modus yang hampir sama, 2 orang pelaku yang berboncengan sepeda motor menghentikan sepeda motor korban dan berpura2 sebagai petugas polisi berpakaian sipil (intel/reserse) dan menuduh korban telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba.. padahal korban bukanlah pengguna apalagi pengedar narkoba. namun karena diancam akan ditangkap dan dipenjarakan, maka korban pasrah saja saat sepeda motornya dibawa / diambil oleh pelaku.

catatan : ada kalanya si pelaku mengunakan senjata api untuk menakut-nakuti korbannya, jadi berhati-hatilah..

modus2 di atas seperti saya tulis di atas terbilang modus lama, namun masih saja terjadi karena mungkin si korban belum mengetahui akan modus tersebut.

antisipasinya :

1. jika ada pengendara sepeda motor yang tiba2 mengikuti kita yang sedang mengendarai sepeda motor, lebih baik kita memacu sepeda motor kita sekencang2nya (namun tetap memperhatikan keamanan berkendara) dan menuju ke kantor polisi atau tempat dimana banyak orang2 berkumpul. hal ini minimal akan membuat pelaku mengurungkan niatnya untuk mengambil sepeda motor kita.

2. jangan mudah percaya pada orang yang mengaku2 polisi atau petugas, kalau berani, tanya identitas atau kartu anggota orang tersebut dan apabila orang tersebut menggunakan kekerasan, teriaklah sekencang-kencangnya agar orang2 yang ada di sekitar membantu.

semoga bermanfaat..

ps : mohon maaf apabila postingan ini tidak saya jadikan satu, hal itu saya lakukan karena saya hanya ingin mengelompokkan modus2 kejahatannya agar kaskuser yang membaca postingan ini mengerti dan tidak bingung..
danielldt - 23/04/2011 04:31 PM
#20

Quote:
Original Posted By syavanov
ijin nambahin lagi..

waspada pula terhadap modus kejahatan yang terbilang lama, tapi masih ada saja korban yang berjatuhan akibat kejahatan ini dan saya menganggap hal ini cukup penting untuk saya posting di sini..

kejahatannya adalah penipuan dan sasarannya adalah pengendara sepeda motor, utamanya pengendara belia (sekitaran kelas 6 SD, SMP atau SMA)..

modusnya :

sepeda motor korban dipepet kemudian dihentikan oleh pelaku dan setelah korban berhenti, korban disangka oleh pelaku (biasanya berjumlah 2 orang yang berboncengan sepeda motor) telah menabrak / memukul saudara atau teman pelaku atau memiliki masalah dengan saudara / teman pelaku dan korban diminta untuk mempertangungjawabkan perbuatan yang dituduhkan pelaku. Cara pelaku mengambil sepeda motor korban adalah dengan mengintimidasi dan menakut-nakuti korban akan dipertemukan dengan teman-teman pelaku yang akan membalas dendam ke korban. Setelah korban ketakutan, sepeda motor korban langsung diambil alih oleh teman pelaku yang dibonceng kemudian korban dibonceng oleh pelaku utamanya (pengendara sepeda motor) menuju ke teman2 pelaku yang saat itu sedang nongkrong atau berkumpul di sebuah gang atau di pinggir jalan, padahal tanpa korban ketahui, orang2 yang sedang nongkrong di gang atau di jalan itu bukan merupakan teman2 pelaku. Namun karena korban sudah terlanjur ketakutan, maka korban pasrah saja saat sepeda motornya dibawa pelaku, sementara korban ditinggal pelaku sendirian di jalan.

Kemudian dengan modus yang hampir sama, 2 orang pelaku yang berboncengan sepeda motor menghentikan sepeda motor korban dan berpura2 sebagai petugas polisi berpakaian sipil (intel/reserse) dan menuduh korban telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba.. padahal korban bukanlah pengguna apalagi pengedar narkoba. namun karena diancam akan ditangkap dan dipenjarakan, maka korban pasrah saja saat sepeda motornya dibawa / diambil oleh pelaku.

catatan : ada kalanya si pelaku mengunakan senjata api untuk menakut-nakuti korbannya, jadi berhati-hatilah..

modus2 di atas seperti saya tulis di atas terbilang modus lama, namun masih saja terjadi karena mungkin si korban belum mengetahui akan modus tersebut.

antisipasinya :

1. jika ada pengendara sepeda motor yang tiba2 mengikuti kita yang sedang mengendarai sepeda motor, lebih baik kita memacu sepeda motor kita sekencang2nya (namun tetap memperhatikan keamanan berkendara) dan menuju ke kantor polisi atau tempat dimana banyak orang2 berkumpul. hal ini minimal akan membuat pelaku mengurungkan niatnya untuk mengambil sepeda motor kita.

2. jangan mudah percaya pada orang yang mengaku2 polisi atau petugas, kalau berani, tanya identitas atau kartu anggota orang tersebut dan apabila orang tersebut menggunakan kekerasan, teriaklah sekencang-kencangnya agar orang2 yang ada di sekitar membantu.

semoga bermanfaat..

ps : mohon maaf apabila postingan ini tidak saya jadikan satu, hal itu saya lakukan karena saya hanya ingin mengelompokkan modus2 kejahatannya agar kaskuser yang membaca postingan ini mengerti dan tidak bingung..


postingan agan dan yang lainnya di sini pasti akan bermanfaat koq buat yang lainnya

terima kasih atas infonya, sama koq saya juga sengaja tidak dijadikan satu postingannya biar terpisah-pisah. Rencana halaman 1 akan terus saya edit berisikan index berbagai modus kejahatan yang ada
Page 1 of 12 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > [WASPADA !!!] Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya