Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Kumpulan Web & Renungan Umat Kristiani
Total Views: 16739 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 32 of 32 | ‹ First  < 27 28 29 30 31 32

PERFECT7 - 19/10/2012 07:53 AM
#621

Hanya Allah dan Allah saja

Baca: Yesaya 21:1-10

Ucapan Ilahi ini ditujukan kepada negeri Babel (Mesopotamia), dan berisi nubuatan kejatuhan bangsa ini. Ucapan ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengepungan Babel oleh Elam dan Madai (1-5); lalu kejatuhan Babel (6-10).

Ucapan ini terjadi setelah penaklukan Asyur atas bangsa-bangsa di sekitarnya. Babel takluk di bawah bangsa Media-Persia (Elam dan Madai) yang pada waktu penaklukan itu diperintah oleh Koresy.

Babel adalah bangsa yang mengandalkan kekuatan berhala (9). Mereka yakin, bahwa berhala mereka akan melindungi dan melawan kekuatan dari luar yang ingin menaklukkan mereka. Percaya diri yang berlebihan dan ketergantungan akan berhala yang mati ini, mengakibatkan mereka kurang waspada. Kekurangwaspadaan ini dibuktikan ketika raja Babel mengadakan pesta pora dan mabuk-mabukan. Pada saat itulah Tuhan datang melalui bangsa Elam dan Madai, dan mengalahkan berhala-berhala yang menjadi andalan bangsa Babel tersebut.

Pertama, secara diam-diam bangsa Elam dan Madai mengepung Babel. Mereka tahu, bahwa Babel kurang waspada karena terlalu percaya diri akan berhala dan kekuatan diri mereka. Tiba-tiba datanglah seorang tentara dari menara pengawas untuk memberitahukan bahwa musuh telah mengepung. Saat itu Babel tidak siap menghadapinya. Untuk itulah ada seruan, "Sudah jatuh, sudah jatuh Babel, dan segala patung berhalanya telah diremukkan dan bertaburan di tanah" (9).

Penaklukkan Babel, menunjukkan bahwa Tuhan telah mengalahkan kekuatan ilah-ilah yang sebenarnya mati. Yesaya mengingatkan kepada bangsa Yehuda bahwa kekuatan kita asalnya dari Tuhan, dan hanya Tuhan saja.

Sesuai dalam syahadat umat Israel, "Tuhan adalah Allahmu, Tuhan saja!" (Ul. 6:4; terjemahan bebas!). Apakah Anda mengingat syair lagu God and God Alone (Hanya Allah dan Allah saja)? Artinya, kekuatan kita satu-satunya hanyalah Allah, bukan dari yang lain, ilah-ilah lain, atau kekuatan diri sendiri.
PERFECT7 - 20/10/2012 09:46 AM
#622

Carilah Tuhan dan bergantung kepada-Nya

Baca: Yesaya 21:11-12

Duma adalah nama lain untuk Edom, negeri keturunan Esau. Wilayah Edom terletak persis di bagian selatan Yehuda dan Laut Mati. Pada masa nabi Yesaya, Edom adalah salah satu anggota koalisi Siro-Fenisia.

Perikop ini merupakan ucapan Ilahi tentang penaklukan Edom oleh bangsa Asyur. Pada ayat 11, tercantum seolah-olah bangsa Edom bertanya kepada nabi Yesaya mengenai berapa lama mereka berada di bawah penaklukan bangsa Asyur.

Nampaknya penaklukan bangsa Asyur sungguh menyengsarakan Edom, karena mengakibatkan mereka menjadi budak di negeri Asyur dan bila diri mereka sudah tidak bermanfaat lagi, maka mereka dijual ke bangsa lain yang lebih kejam dalam hal penindasan budak. Di tengah penderitaan tersebut, nabi Yesaya menyatakan, "pagi akan datang, tetapi malam juga". Pagi adalah cahaya fajar keselamatan, sedangkan malam adalah kegelapan penaklukan. Pernyataan ini menggambarkan ketidakpastian tentang waktu berakhirnya masa penaklukan tersebut.

Namun, di balik dua hal yang bertentangan di atas, nabi Yesaya sudah memberikan pilihan atas jawabannya. Bangsa Edom harus memilih keselamatan (pagi) atau penaklukan (malam). Keputusan pilihan itu bergantung pada sikap hidup bangsa Edom. Jika memilih "pagi", maka tindakan yang harus dilakukan Edom adalah dengan mencari Tuhan dan beriman kepada-Nya. Jawabannya adalah keinginan untuk berakhirnya malam penaklukan tersebut yang ditandai dengan hadirnya fajar keselamatan.

Pertanyaan retoris nabi Yesaya ini mengajak bangsa Edom dan juga kita untuk mengerti realitas keadaan kegelapan di bawah kuasa dosa. Kita harus memahami bahwa hukuman yang kita terima selama masih berada di dunia ini merupakan pernyataan kasih Tuhan. Di dalam kondisi demikian, maka Edom dan kita seharusnya mencari Tuhan dengan bertobat dan beriman. Meski demikian, keputusan ada pada bangsa Edom dan juga kita. Oleh karena itu carilah Tuhan dan bergantunglah kepada-Nya di sepanjang hidup kita.
Page 32 of 32 | ‹ First  < 27 28 29 30 31 32
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Kumpulan Web & Renungan Umat Kristiani