ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana
Total Views: 7519 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

edane-rednet - 25/04/2011 11:13 AM
#1
[Share] Teori Nirmana
Spoiler for KATA PEMBUKA

PERTAMA-TAMA, SAYA MOHON MAAF JIKALAU HAL YANG SAYA POSTING INI MENYALAHI ATURAN ATAUPUN SALAH KAMAR.
KEDUA-DUA, SAYA MOHON MAAF KALAU INI TERNYATA HANYALAH KOPAS (HANYA MAU SHARING SAJA... D) DAN JUGA MERUPAKAN ARTIKEL LAMA YANG SUDAH PERNAH DI-PUBLISH.
KETIGA-TIGA, MOHON MAAF KALAU INI TERNYATA REPOST reposts.
KEEMPAT-EMPAT, SAYA MOHON MAAF KALAU ADA KATA YG KURANG BERKENAN ATAU SALAH KARPA(*kapra)

TERIMA KASIH


Ada baiknya kita yang bermain di dunia desain atau seni atau yah..yg seperti-seperti itulah tahu tentang dasar yg mendasari sebuah desain yang dibuat, atau singkatnya yaitu berbicara tentang teori desain.


TEORI NIRMANA

Apakah yang disebut dengan Nirmana, yang pasti sepengatahuan saya yg hanya kopas ini dia bukanlah salah satu tokoh di majalah Bobo, seorang penyihir yg baik hati memakai baju warna pink yg mempunyai kawan bernama Oki.

Nirmana merupakan suatu pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra(2D), trimatra(3D) yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana sering juga disebut dengan nama ilmu tatarupa. Elemen–elemen seni rupa dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bentuknya.
Spoiler for gambar1
[Share] Teori Nirmana


Titik merupakan suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Bentuk dari titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.



Garis merupakan suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa serta warna.



Bidang merupakan suatu bentuk pipih tanpa ketebalan atau tinggi, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. Dan jikalau dianalogikan ke dalam garis koordinat memiliki 2 sumbu yaitu sumbu X dan Y.



Gempal merupakan bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman. Atau bisa dibilang memiliki sumbu koordinat X, Y dan Z.



Penyusunan merupakan suatu proses pengaturan atau disebut juga komposisi dari bentuk-bentuk menjadi satu susunan yang baik. Ada beberapa aturan yang perlu digunakan untuk menyusun bentuk-bentuk tersebut. Walaupun penerapan prinsip-prinsip penyusunan tidak bersifat mutlak, namun karya seni yang tercipta harus layak disebut karya yang baik. Perlu diketahui bahwa prinsip-prinsip ini bersifat subyektif terhadap penciptanya.

Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama untuk tujuan komunikasi dari sebuah karya desain.

Ruang Kosong (White Space)
Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan.

Kejelasan (Clarity)
Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.

Kesederhanaan (Simplicity)
Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan seing juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.

Emphasis (Point of Interest)
Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik.

Spoiler for trimatra dan dwimatra

[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana


Prinsip – prinsip dasar seni rupa

Setelah komponen-komponen dasar seni rupa yang telah dipaparkan di atas adapun juga prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam membentuk sebuah kesatuan utuh dari karya/desain.

Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.

Keseimbangan (Balance)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.

Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan–perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi merupakan suatu perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Kononnya perbandingan proporsi ini merupakan perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.

Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi memiliki tujuan untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.

Spoiler for Sumber

Sumber : Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta 2005

Gambar: search from Google.Com




Contoh Nirmana:
Spoiler for Contoh Nirmana

Contoh dari Agan Connieayu
Quote:
Original Posted By connieayu
[spoiler=1][Share] Teori Nirmana


Spoiler for 2
[Share] Teori Nirmana


Spoiler for link


:bookmarks


Quote:
Original Posted By connieayu

Spoiler for GAMBAR


Bahan :
-Kertas ukuran A3
-Cutter
-Pensil

*TANPA ALAT PEREKAT APAPUN!!


Spoiler for sumber

[/spoiler]

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.... ilovekaskus

Spoiler for tambahan

[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana
noskill1343 - 25/04/2011 04:23 PM
#2
ricedba
widih, mata kuliah kesukaan gw dulu D
rate \)
eco_gondz - 25/04/2011 04:43 PM
#3

jadi inget, tugas nirmana ogut dulu dipajang sm dosen ane di ruang dosen iloveindonesia
melvinsantoso - 25/04/2011 09:05 PM
#4

pelajaran yang grafis banget nih, menyenangkan D
cuman penilaian nya pelajaran nirmana subjekif banget nih, soalnya abstrak2 gitu hehe
edane-rednet - 26/04/2011 05:39 PM
#5

Quote:
Original Posted By ahmad027
nice info gan..ilovekaskus


thanks ilovekaskus


Quote:
Original Posted By noskill1343
widih, mata kuliah kesukaan gw dulu D
rate \)


ngga pernah ikut kuliah nirmana, soalnya dengar2 dari ikut kuliah nirmana banyak-banyaknya materinya mengenai gambar tangan (lupa istilahnya apa)...payahlah kalau disuruh gambar tangan...soalnya ane mau rencana jadi designer bukan seniman...hehehe D terpaksa dengan hati yg rela ngga jadi ikut kuliah nirmana... hammers


Quote:
Original Posted By eco_gondz
jadi inget, tugas nirmana ogut dulu dipajang sm dosen ane di ruang dosen iloveindonesia


Ane ngga pernah dipajang, krn ngga pernah ngambil kuliah nirmana p. Karya ane cm pernah dibuat jadi contoh di kelas multimedia...


Quote:
Original Posted By melvinsantoso
pelajaran yang grafis banget nih, menyenangkan D
cuman penilaian nya pelajaran nirmana subjekif banget nih, soalnya abstrak2 gitu hehe


ngga pernah ikut pelajaran yg demikian krn dosennya rada ideologis tingkat tinggi maunya semuanya digambar manual pakai tangan.... jadinya hanya otodidak... D
indrablablabla - 26/04/2011 06:37 PM
#6

wokwowkwokwokw mata kuliah dasar jaman semester muda hihihihih makasih bos dah ngingetin wkwkw
maswarteg - 27/04/2011 10:18 AM
#7

ane baru ngambil lagi nih Gan! sekian lama ngulang baru sempet ngambil lagi...bareng sama PKL lagi. waduh berta banget rasanya!
NeoKnights - 27/04/2011 12:24 PM
#8

wew... tambahin lagi dong...

dibahas satu per satu....
jd kaya kuliah online nih...
riez01234 - 27/04/2011 01:43 PM
#9

wew nirmana...gila:
tugas2 nya ga bnget dah...hammer:
apaajalahboleh - 29/04/2011 11:17 AM
#10

nirmana....ahahahah, jadi nget jaman kul. dulu...
edane-rednet - 30/04/2011 01:27 AM
#11

Quote:
Original Posted By indrablablabla
wokwowkwokwokw mata kuliah dasar jaman semester muda hihihihih makasih bos dah ngingetin wkwkw


same-same gan bro... D

Quote:
Original Posted By maswarteg
ane baru ngambil lagi nih Gan! sekian lama ngulang baru sempet ngambil lagi...bareng sama PKL lagi. waduh berta banget rasanya!


berarti yg kemarin dpt nilai A ya gan? A-mbil ulang semester berikutnya...hehehe D hammer: btw beratnya brp kilo... D

Quote:
Original Posted By NeoKnights
wew... tambahin lagi dong...

dibahas satu per satu....
jd kaya kuliah online nih...


waduh...yg saya tau cm itu gan...itu lagi cm kopas, ngga pernah ikut kuliahnya... hammer:
chiptuttofuso - 30/04/2011 04:49 AM
#12

jadi inget kenangan masa lalu D
semester pertama, materi pertama dan tugas pertama hammer:
bikin 20 terus ditolak semua gara-gara bukannya gambar nirmana tapi gambar pola, maklum waktu itu masih nubi dan gatau ada materi apaan malus

tapi begitu ngerti apa itu nirmana, langsung suka deh sama nih materi... asik banget ngakaks
togebau - 30/04/2011 06:45 AM
#13

nice share gan..
jadi inget masa2 kuliah D
berNavas - 30/04/2011 07:39 AM
#14

Mengingatkan jaman kuliah dlu nih,
Mantap ni mata kuliahD
edane-rednet - 03/05/2011 03:33 PM
#15

Quote:
Original Posted By Felixlvan
nice info ya gan..
udh ane :rate5


Thanks gan... beer:

Quote:
Original Posted By chiptuttofuso
jadi inget kenangan masa lalu D
semester pertama, materi pertama dan tugas pertama hammer:
bikin 20 terus ditolak semua gara-gara bukannya gambar nirmana tapi gambar pola, maklum waktu itu masih nubi dan gatau ada materi apaan malus

tapi begitu ngerti apa itu nirmana, langsung suka deh sama nih materi... asik banget ngakaks

Quote:
Original Posted By togebau
nice share gan..
jadi inget masa2 kuliah D

Quote:
Original Posted By berNavas
Mengingatkan jaman kuliah dlu nih,
Mantap ni mata kuliahD


ngga pernah ikut kuliahnya.... setelah lulus baru mata kuliahnya dibuka.... :sorry

Quote:
Original Posted By thankgiving
ijin nyimak dulu gan

silahkan gan....\) mau dikopas jg boleh, diprint terus di jilid jg boleh...hehehe hammer:
edane-rednet - 20/07/2011 12:27 AM
#16

Quote:
Original Posted By vorlander
ijin nyyimak gan :cool


monggo gan... klo ada tambahan boleh ditambahkan kok gan... D hammer:
agoenkz - 20/07/2011 11:36 AM
#17

hahaha nirmana 2D ama nirmana 3D bener2 ngangenin, apalagi klo udah 3D, cari material yg aneh2 Peace:
ogut.milano - 24/07/2011 05:38 PM
#18

buset dah,

ini nih mata kuliah yg paling ane takutkan dulu, haaaha capedes

cuma mata kuliah ini nih dua semester ane ga lulus nohope:
edane-rednet - 25/07/2011 10:29 AM
#19

Quote:
Original Posted By ogut.milano
buset dah,

ini nih mata kuliah yg paling ane takutkan dulu, haaaha capedes

cuma mata kuliah ini nih dua semester ane ga lulus nohope:


ane blm pernah ikut kelas teorinya gan...krn baru ada jurusannya dan sdh keburu selesai kul-nya, soalnya sdh digeber2 krn sdh jd fosil.... D capedes hammer: tapi kata teman2 yg pernah ikut kuliahnya diminta untuk gambar tangan...itu dia yg berat...ngga bisa gambar tangan....gambar garis saja miring melulu... nohope: hammer:
ogut.milano - 25/07/2011 11:43 AM
#20

Quote:
Original Posted By edane-rednet
ane blm pernah ikut kelas teorinya gan...krn baru ada jurusannya dan sdh keburu selesai kul-nya, soalnya sdh digeber2 krn sdh jd fosil.... D capedes hammer: tapi kata teman2 yg pernah ikut kuliahnya diminta untuk gambar tangan...itu dia yg berat...ngga bisa gambar tangan....gambar garis saja miring melulu... nohope: hammer:


ngakaks ngakaks

emang gan, disuruh gambar manual..
ane dpt nih teori disemester pertama, disuruh maen cat segala nohope:
dari dolo ampe skrg pun ane tetep ga bisa gambar manual \(

semester 2, disuruh bikin patung, udah abis banyak modal & biaya, ane ga lulus, (harus ngulang) capedes

ribet dah pokoknya nih matkul, tapi klo yg jago gambar manual, mungkin seneng D
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana