ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana
Total Views: 7519 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

noskill1343 - 25/07/2011 01:11 PM
#21

Quote:
Original Posted By edane-rednet

ngga pernah ikut kuliah nirmana, soalnya dengar2 dari ikut kuliah nirmana banyak-banyaknya materinya mengenai gambar tangan (lupa istilahnya apa)...payahlah kalau disuruh gambar tangan...soalnya ane mau rencana jadi designer bukan seniman...hehehe D terpaksa dengan hati yg rela ngga jadi ikut kuliah nirmana... hammers


lho.... nirmana gambarnya simple lho, dibanding mata kuliah gambar...
justru penting banget buat designer, nirmana kan ngelatih feeling u o
ane juga designer, bukan seniman, hehe o
tenrizqi - 25/07/2011 02:01 PM
#22

hoho.. nice gan..
ane baru tau ada teori nirmala, eh nirmana
.DieArt. - 25/07/2011 03:32 PM
#23

wow numpang belajar gan..
edane-rednet - 25/07/2011 03:58 PM
#24

Quote:
Original Posted By ogut.milano
ngakaks ngakaks

emang gan, disuruh gambar manual..
ane dpt nih teori disemester pertama, disuruh maen cat segala nohope:
dari dolo ampe skrg pun ane tetep ga bisa gambar manual \(

semester 2, disuruh bikin patung, udah abis banyak modal & biaya, ane ga lulus, (harus ngulang) capedes

ribet dah pokoknya nih matkul, tapi klo yg jago gambar manual, mungkin seneng D


hehehehe....tapi enak jg agan sdh mengalaminya...asam, pahit dan manisnya sang nirmana.... sampai dapat nilai A (Ambil lagi - maksdnya) D hammer: kemarin mau ikut kuliah ini sebagai pendengar, tapi sayang telat daftar. katanya "maaf dek...pendaftarannya sdh tutup dari sebulan yg lalu...capedes wah...ternyata info yg ane trima telat....malu: nohope: hilang sdh semangat '45 yg sdh dipupuk.... hammer:

Quote:
Original Posted By noskill1343
lho.... nirmana gambarnya simple lho, dibanding mata kuliah gambar...
justru penting banget buat designer, nirmana kan ngelatih feeling u o
ane juga designer, bukan seniman, hehe o


betul juga sih gan memang si nimana ini dasar dari desain, soalnya ane jg ikut sebagai designer tapi berdasarkan langsung praktek, cm maunya ada baiknya jg klo didukung sama pemahaman teori yg baik.... malu:

klo dilihat dari definisinya sih, memang suatu bentuk yg terdiri dari kombinasi garis dan titik dan lain2nya, tapi klo disuruh gambar manual dgn kombinasi garis, titik dan lain2nya, ane pasti minta ampun, tapi kalau di komputer ane sanggup... D

Quote:
Original Posted By tenrizqi
hoho.. nice gan..
ane baru tau ada teori nirmala, eh nirmana


thx gan, tapi ini sepertinya sdh lama ( klo tdk salah ingat malu: )
klo nirmala sih itu temannya si oky, yg punya mantra bin alambin...bgian dari serial di majalah bobo.... D

Quote:
Original Posted By .DieArt.
wow numpang belajar gan..


silahkan gan...boleh dibawa pulang kok gan...tapi bungkus sendiri ya gan.... D hammer:
edane-rednet - 04/08/2011 06:00 PM
#25
NIRMANA DWIMATRA & NIRMANA TRIMATRA (Update Sedikit)
NIRMANA DWIMATRA

Nimana Dwimatra (Nirmana 2D/Dua Dimensi) pembuatannya biasanya menggunakan media canvas atau kertas. Atau bisa juga dikatakan nimana dwimatra menggunakan 2 sumbu koordinat yaitu sumbu X dan sumbu Y.
Dimana dalam pembuatan nirmana dwimatra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar yaitu seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam atau bentuk dasar lainnya. Dari bentuk dasar tersebutlah kemudian ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola serta bentuk dari nirmana dwimatra bisa saja disusun dengan cara memutar objek dua dimensi (Rotate - Clockwise(CW)/Counter Clockwise(CCW)), memiringkan objek (Skew), menggandakan/menduplikasi objek (Duplicate), merubah ukuran (Transform), membalik objek (Mirror - flip vertical/flip horizontal) atau dengan menggunakan kombinasi dari kesemuanya.


NIRMANA TRIMATRA

Nimana Trimatra (Nirmana 3D/Tiga Dimensi) biasanya dibuat sebagai aksen dalam tata ruang. Dimana nirmana trimatra mempunyai gempal atau ketebalan dan dimensi yang tidak dimiliki oleh nirmana dwimatra. Atau bisa dikatakan nimana trimatra memiliki 1 sumbu tambahan yaitu sumbu Z selain daripada sumbu X dan Y.
Terkadang untuk membuat nirmana trimatra, dimulai dari pembuatan objek dwimatra yang kemudian ditransformasikan ke dalam objek tiga dimensi.
Di CorelDraw kita sering menyebutnya extrude. Oleh karena itu nirmana trimatra bisa disebut dengan nirmana tingkat atau generasi kedua. Perbedaan utama nirmana trimatra dan nirmana dwimatra adalah pada bidang dan objeknya.



Sumber
atujuheks - 04/08/2011 09:38 PM
#26

wah gan ane masih bingung bedain nirmana ama pola biasa hammer:
maklum kaga pernah dikasih teori D
ane minta contoh gambarnya dong gan

dan tutorial/ cara buatnya
hehe maaf kalo banyak riques o
edane-rednet - 04/08/2011 11:39 PM
#27

Quote:
Original Posted By atujuheks
wah gan ane masih bingung bedain nirmana ama pola biasa hammer:
maklum kaga pernah dikasih teori D
ane minta contoh gambarnya dong gan

dan tutorial/ cara buatnya
hehe maaf kalo banyak riques o


hehehe...ane juga kurang tau kang bro... D sama2 ngga makan teori kang bro...apalagi makan bangku kuliah, saya makannya nasi... hammer:
yang saya baca nirmana itu mengolah jarak,lebar rupa,dan panjangnya, kemudian tentukan arah dari iramanya sehingga membentuk sebuah pola, tapi klo pola yg dimaksudkan lain selain yg dibilang biasa atau pola tdk biasa saya kurang tau... D

ini contoh gambarnya saya ambil dari blog orang:

Spoiler for contoh

[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana

Sumber: ADS & JONI
PS: Kang bro bisa berkunjung ke blog/website tersebut untuk referensi


kalau tutorialnya saya tidak punya kang...saya juga masih baru belajar malu:. Mungkin para mastah di forum ini bisa memberikan pencerahan bagi kami para newbie ini... \)
tapi kata om Joni (yg punya blog gambar contoh di atas), akang bisa cari buku karya Wucius Wong tentang Nirmana 2D dan 3D.

maaf kang saya tdk bisa bantu banyak... malu:
agoenkz - 04/08/2011 11:50 PM
#28

Quote:
Original Posted By edane-rednet
ane blm pernah ikut kelas teorinya gan...krn baru ada jurusannya dan sdh keburu selesai kul-nya, soalnya sdh digeber2 krn sdh jd fosil.... D capedes hammer: tapi kata teman2 yg pernah ikut kuliahnya diminta untuk gambar tangan...itu dia yg berat...ngga bisa gambar tangan....gambar garis saja miring melulu... nohope: hammer:


loh emang ente jurusan apa bro? D

Nirmana 2D en 3D kan basic banget biasanya buat di TPB ,

en nirmana ga ada hubungan-nya ama gambar tangan deh \)
karena yg diajar gimana bikin komposisi, warna, bentuk, belajar harmony, ide, dll

klo gambar tangan mah masuk mata kuliah Menggambar Ekspresif D

atau jangan2 kurikulum jaman skrg beda yah? Hammer:
maklum angkatan 2000 Peace:
suthya - 05/08/2011 12:28 AM
#29

spertinya menarik ni, ane blm tau ni \)
izin baca gan \)
kzenja - 05/08/2011 03:20 AM
#30

ohh ada matkul nya ya di kuliah an..maklum deh ane otodidak tapi baca juga bukunya pak Sadjiman... bagus bener menurut ane..buat dasar2 ngedesain ...
viicc - 05/08/2011 05:51 AM
#31

gara2 nirmana nih...kuliah jadi mundur...
ikutan nyimak gan buat tambah ilmu nirmana :toast
masteraye - 05/08/2011 10:14 AM
#32

makasih banget gan ilmu nya...mangstab!!!
:2thumbup:2thumbup:2thumbup
edane-rednet - 05/08/2011 05:49 PM
#33

Quote:
Original Posted By agoenkz
loh emang ente jurusan apa bro? D

Nirmana 2D en 3D kan basic banget biasanya buat di TPB ,

en nirmana ga ada hubungan-nya ama gambar tangan deh \)
karena yg diajar gimana bikin komposisi, warna, bentuk, belajar harmony, ide, dll

klo gambar tangan mah masuk mata kuliah Menggambar Ekspresif D

atau jangan2 kurikulum jaman skrg beda yah? Hammer:
maklum angkatan 2000 Peace:


hehehe... ane ambil jurusan Semarang - Solo - Jogja... hammer:
waktu kuliah ambil TI... jadi untuk grafik baru belajar D
dari yg saya baca gan, katanya memang nirmana itu basic desain
waduh... klo isi kuliahnya ngga faham benar, cm kata teman saya yg ikut kuliah itu, pada pertemuan pertama dosennya suruh menggambar pakai tangan, dan ngga tau apa yg digambar pola mungkin atau yg lainnya, tapi saya rasa bukan disuruh untuk melukis layaknya seniman... D

hehehe...saya kira agan ini Angkatan Bersenjata Republik Indonesia... hammer:

Quote:
Original Posted By suthya
spertinya menarik ni, ane blm tau ni \)
izin baca gan \)


monggo gan... saya jg baru belajar kok gan... D

Quote:
Original Posted By kzenja
ohh ada matkul nya ya di kuliah an..maklum deh ane otodidak tapi baca juga bukunya pak Sadjiman... bagus bener menurut ane..buat dasar2 ngedesain ...


sama dong gan... saya juga otodidak, sambil belajar teorinya (artikel tentang desain D) juga sambil praktek. sambil menyelam, sambil kelelep.... D

Quote:
Original Posted By viicc
gara2 nirmana nih...kuliah jadi mundur...
ikutan nyimak gan buat tambah ilmu nirmana :toast


silahkan gan.... \)
mbuel - 06/08/2011 03:10 AM
#34

gan...manteb gan....

ane suka nirmana...paling rame kelas ane gan soalnya

jadi keinget temen2 sekelas dulu dikampus...\(

kangen euy \(
edane-rednet - 10/08/2011 11:31 PM
#35

Quote:
Original Posted By mbuel
gan...manteb gan....

ane suka nirmana...paling rame kelas ane gan soalnya

jadi keinget temen2 sekelas dulu dikampus...\(

kangen euy \(


matur tengkiyu gan... \)

ane blm pernah ikut kuliahnya, hanya baca2 materi yg dishare di dunia maya \(
edane-rednet - 10/08/2011 11:46 PM
#36
Whitespace (Ruang Kosong)
Whitespace atau dapat kita artikan sebagai ruang kosong, sangat besar pengaruhnya dalam sebuah layout. Ruang kosong bagaikan ruang yang disediakan untuk bernafas atau beristirahat, yaitu dengan cara memberi jarak antara gambar dengan tulisan, border dengan isi, judul dengan teks konten dan lain-lain sehingga semua isi/konten dari sebuah desain dapat dinikmati dan dibaca dengan lebih nyaman.

Sebagai ilustrasi, sebuah ruangan yang dipenuhi barang-barang akan terasa “sesak” dan ruangan akan terasa lebih sempit. Bila Anda mengunjungi sebuah museum atau galeri barang antik atau lukisan, tiap barang akan dipisahkan dengan jarak tertentu dari barang lain. Terlebih bila barang tersebut adalah barang utama dan yang paling mahal dari galeri tersebut, penata ruangan mungkin akan meletakannya jauh dari barang-barang lain agar terkesan khusus.

Misalnya mengambil contoh pada sebuah desain website, ruang kosong dipergunakan untuk lebih memfokuskan mata pengunjung pada suatu bagian. Ketika website tampil utuh pada halaman browser, mata pengunjung akan tertuju pada bagian yang memiliki whitespace lebih dari yang lain. Hal ini berlaku bagi teks maupun grafis. Pada teks, judul biasanya diberi jarak yang cukup dengan teks konten, dan konten diberi jarak dengan elemen lain (mis. header, margin). Pada grafis, terkadang huruf judul diletakan terpisah dengan elemen/objek grafis yang lain, hal ini bertujuan untuk kemudahan dan kenyamanan audiens menangkap “pesan” visual yang ingin disampaikan. Selain itu, desain situs yang menggunakan ruang kosong dengan baik akan terkesan elegan dan rapi.

Apabila halaman website yang kita desain cukup padat, seperti desain website portal, usahakan untuk memberi ruang kosong yang lebih pada konten dan banner, terutama banner dengan animasi. Karena banner yang atraktif disekitar teks akan mengurangi konsentrasi pembaca/pengunjung website. Perhatikan pula ruang untuk tiap-tiap elemen lain seperti navigasi, berikan ruang kosong secukupnya dan pantas. Pergunakan tabel/div untuk memisahkan tiap bagian untuk mempermudah pengaturan. Jadi, adanya ruang kosong bukanlah suatu kerugian karena menyia-nyiakan tempat, tapi sebaliknya, adanya ruang kosong justru akan membuat desain situs Anda lebih rapi, elegan dan “menyenangkan”.



Spoiler for Pustaka

Pustaka:
Kusmiati, Dra. Artini dkk., Teori Dasar Desain Komunikasi Visual, Penerbit Djambatan, Jakarta, 1999.
DesignMagz
DesignWorld
dayax21 - 12/08/2011 09:23 PM
#37

jadi inget tugas sekolah ttg nirmana ngga pernah ngumpulin shutup:
2d aja udah kelabakan apalagi 3d matabelo:

BTW nice share gan :addfriends
junkwardo - 18/08/2011 08:02 PM
#38

Izin baca dan menyimak gan..

Ane pengen belajar desain lebih dalam ni.. Ada referensi buku atau ebook yg bagus mengenai nirmana gk gan?
Thanks for share.. [Share] Teori Nirmana
edane-rednet - 19/08/2011 10:00 AM
#39

Quote:
Original Posted By dayax21
jadi inget tugas sekolah ttg nirmana ngga pernah ngumpulin shutup:
2d aja udah kelabakan apalagi 3d matabelo:

BTW nice share gan :addfriends


hehehe... saya tidak pernah ikut kuliahnya gan.... :hammmer:

sama-sama gan... beer:

Quote:
Original Posted By junkwardo
Izin baca dan menyimak gan..

Ane pengen belajar desain lebih dalam ni.. Ada referensi buku atau ebook yg bagus mengenai nirmana gk gan?
Thanks for share.. [Share] Teori Nirmana


Silahkan gan \)

agan bisa cari buku karya Wucius Wong atau agan coba lihat di g*o*gle library, link-nya ada disini:
Wucius Wong - Principle of Form and Design
Nikoinnova - 19/08/2011 04:32 PM
#40

Wah kebetulan nih
Tahun ini ane baru mulai kuliah jurusan DKV
Nongkrong di sini bisa nambah wawasan ane nih beer:
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana