ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana
Total Views: 7519 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

nEz_nOi - 22/09/2011 02:22 AM
#61

ooo.. jadi gitu artinya? ane kuliah desain, ada yang namanya nirmana kaga tau artinya apa tapi tau kuliah tentang apa.. lol
blebar - 30/09/2011 09:19 AM
#62

nice share juragan.. bentar lagi ane midtest nirmana.. dikelas cuma praktek2 aja untung nemu thread ini... iloveindonesias
edane-rednet - 30/09/2011 10:45 AM
#63

Quote:
Original Posted By blebar
nice share juragan.. bentar lagi ane midtest nirmana.. dikelas cuma praktek2 aja untung nemu thread ini... iloveindonesias


syukurlah klo bisa nemu pencerahan.... \) semoga sukses midtest-nya gan...cendols
aji.dikdik - 30/09/2011 01:47 PM
#64

Ini nih yang ane cari. Mulai ada pencerahan hehe. Makasi gan :2thumbup
bay1980 - 30/09/2011 03:04 PM
#65

belajar ini taun 98 heuheu udah lama pisan.. sayang yg sekarang2 ga diajarin lg nirmana ya ? gambar ekspresif juga ? lsg aja terjun di depan komputer
edane-rednet - 30/09/2011 05:51 PM
#66

Quote:
Original Posted By bay1980
belajar ini taun 98 heuheu udah lama pisan.. sayang yg sekarang2 ga diajarin lg nirmana ya ? gambar ekspresif juga ? lsg aja terjun di depan komputer


sepertinya bgt gan, klo tdk skarang lebih ke praktisi, konsep dasar nyusul dibelakang... D

Quote:
Original Posted By aji.dikdik
Ini nih yang ane cari. Mulai ada pencerahan hehe. Makasi gan :2thumbup


sama2 gan...cm ini materinya kurang lengkap, blm punya materi lengkapnya... D
portgasdteach - 02/10/2011 02:48 PM
#67

lumangyan neh kuliiah gratis ktmbng kuliah seni gak kesampaian...berdukas
Izzulferd - 15/10/2011 11:17 AM
#68

Hampir sama dengan Gambar bentuk gan..
kalau ada waktu di Share juga menganai teori Warna dan pencahayaan..

D
sagaru180 - 15/10/2011 06:04 PM
#69

ahahahahaha..
Matkul waktu ane smester satu dan dua nih..
yg memicu ane jadi mahasiswa insomnia dadakan..
ckck..
newvikers - 15/10/2011 08:29 PM
#70

Nirmana nih makul paling populer dah kayanya...
ga bakal dilupain ma anak desain wkwkw...
...
kalo kata dosen gw mah nirmana itu buat ngeliat etos kerja anak desain
wkwkwk ngakak



—Newvikers was here metal:
AmateraShop - 16/10/2011 12:33 AM
#71

mantap gan tritny.. ane jdi dpet tmbahan ilmu baru ni..
oki26 - 16/10/2011 02:21 AM
#72

di kampus ane ngg dapet ni mata kuliah.. \(
youreel - 16/10/2011 12:19 PM
#73

ckck, untung lulus MK nirmana1 ma nirmana 2,
klo ga males bgt bkin trimata.. \)b
masteraye - 17/10/2011 05:17 PM
#74

wah ane lagi ngalamin nih gan.. puyeng dah ngeerjain ni tugas nirmala. soalnya ane kuluahnya sambil kerja jadinya agak susah beresin tugas2 nya. padahal ni mata kuliah ajibb banget..pondasinya orang desain wkwkwkwk
viicc - 17/10/2011 07:16 PM
#75

agan2 yang punya karya-karya nirmana, boleh dong share foto2 nya....biar bisa di jadiin referensi.....
fajarue - 19/11/2011 06:28 PM
#76
Materi Kuliah di DKV/Desain Grafis
Agan2 tolong jawab ya, yang pernah kuliah yang berhubungan dengan, grafika, multimedi, desain grafis, dkv materinya apa saja sih, selain tipografi, ilustrasi, nirmana, teori warna? lalu apa lagi gn?:addfriends:addfriends
connieayu - 29/02/2012 03:55 PM
#77
mau share link bagus
ada link bagus waktu saya seacrh tentang Nirmana Trimatra di Google.
Setelah dibaca, isinya bermutu dan cukup membantu \)

Meski nirmana trimatra dijelaskan sebagai bentuk desain tiga dimensi yang tidak memiliki makna, di dalam konteks desain produk, nirmana trimatramemerankan peranan penting mengenai bagaimana menata, menyusun, danmempelajari konstruksi elemen dasar desain produk. Selain itu, di dalam nirmanatrimatra terdapat pelajaran mengenai pola, tata susun, dan tata kelola unsur desain...

http://www.scribd.com/doc/81050519/NIRMANA-TRIMATRA
connieayu - 29/02/2012 05:55 PM
#78

NIRMANA

Nirmana, Mata Kuliah ini sudah menjadi makanan pokok setiap mahasiswa Desain hampir setiap hari. Tak jarang banyak yang putus harapan karena terganjal Mata Kuliah ini. Maklumlah, karena mata kuliah ini perlu perjuangan mental, dan butuh biaya yang tidak sedikit.
berikut mengenai nirmana (maaf bila copas)

Definisi Nirmana
Nirmana merupakan suatu pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra(2D), trimatra(3D) yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana sering juga disebut dengan nama ilmu tatarupa.

Jenis Nirmana :

[*]Nirmana Dwimatra (2 dimensi)
[*]Nirmana Trimatra (3 dimensi)



Nirmana Dwimatra adalah nirmana dua dimensi biasanya dibuat di atas media canvas atau kertas. nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis. Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.


Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ). Pada nirmana dwi matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa.

Untuk mendapatkan nirmana dwi matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran ( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.

Nirmana Trimatra seringkali disebut nirmana tiga dimensi biasanya dibuat sebagai aksen dalam tata ruang. Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.

Nirmana layaknya tutorial desain grafis yang utama, dalam kaitanya sebagai ilmu yang mempelajari core desain sebelum memasukkannya dalam software desain grafis atau caturan-aturan penting yang wajib dipakai dalam pembuatan setiap karya desain. Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ). Pada nirmana tri matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa. Nirmana trimatra mempunyai gempal atau ketebalan dan dimensi yang tidak dimiliki oleh nirmana trimatra.
Untuk mendapatkan nirmana tri matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran ( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
Terkadang untuk membuat nirmana trimatra, dimulai dari pembuatan objek dwimatra yang kemudian ditransformasikan ke dalam objek tiga dimensi. Di dalam software coreldaw kita sering menyebutnya di extrude. Oleh karena itu nirmana trimatra bisa disebut dengan nirmana tingkat atau generasi kedua. Perbedaan utama nirmana tri matra dan nirmana dwi matra adalaah pada bidang dan objeknya.

Prinsip – prinsip dasar seni rupa

Setelah komponen-komponen dasar seni rupa yang telah dipaparkan di atas adapun juga prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam membentuk sebuah kesatuan utuh dari karya/desain.

Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.

Keseimbangan (Balance)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.

Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan–perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi merupakan suatu perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Kononnya perbandingan proporsi ini merupakan perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.

Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher
Dominasi memiliki tujuan untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.


Berikut gambar nirmana dwimatra di portofolio saya :


Spoiler for hide
[Share] Teori Nirmana
[Share] Teori Nirmana




Saya baru masuk semester 2 Jurusan Desain Tekstil Universitas Sebelas Maret, baru akan menyelesaikan Mata Kuliah Nirmana Trimatra, gambarnya segera menyusul \)
:genit
chubito - 06/03/2012 08:18 AM
#79

jadi kangen matakuliah tercinta pas semester 1 , mana dosen nya cantik pula
connieayu - 06/03/2012 05:49 PM
#80
nirmana trimatra pertama di atas kertas A3
Spoiler for 1
[Share] Teori Nirmana


Spoiler for 2
[Share] Teori Nirmana


Spoiler for link


:bookmarks
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [Share] Teori Nirmana