Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)
Total Views: 13084 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 

diksign - 27/04/2011 07:11 AM
#1
Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)
Ini ane tulis berdasarkan pengalaman pas ngurus STNK ane yg ilang kemaren gan.
Lokasi ane di Sidoarjo gan.
Siapa tau ada agan2 sekalian yg butuh.
Mari kita ikut meminimalisir calo dari Indonesia iloveindonesia

Langsung aja ya gan..

ini syarat2 yg harus agan persiapkan:
Spoiler for syarat
Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


Biar gak ribet & bolak balik (kayak setrika) ngakak maka urutan prosesnya kayak gini gan.

Hari Pertama:
- Pertama-tama persiapkan BPKB asli + KTP sesuai STNK + KTP agan (kalau itu bukan motor agan)
- Selanjutnya yg harus agan buat adalah Surat Laporam Kehilangan, lokasi di POLSEK tempat agan kehilangan. Nanti mereka akan minta BPKB + KTP sesuai poin sebelumnya. Nah disini biasanya agan langsung ditawari diuruskan langsung oleh polisi bersangkutan, biasanya mereka minta biaya antara 400 ribu ~ 500 ribu. Mahal amat gan maho padahal biaya aslinya jauh lebih murah :2thumbup.
- Lalu agan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP masing2 5 lembar.
- Terus langsung aja bikin iklan di biro2 iklan terdekat sama agan2 sekalian. Simpan kuitansinya gan. Kemarin ane kena biaya Rp 18.000.
- Setelah itu langsung deh pergi ke POLRES untuk bikin Laporan RESERSE, Laporan Tilang, Laporan Lakalantas, & Rekomendasi Kasat Lantas.
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian RESKRIM untuk bikin Laporan RESERSE (jadinya besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Tilang untuk bikin Laporan Tilang (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Lakalantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Kasat Lantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan).

- Selanjutnya agan pergi ke SAMSAT, langsung ke loket cek fisik. Serahkan map tadi yg isinya Surat Laporan Kehilangan (asli) + BPKB (asli) + KTP (asli). Lalu agan akan dikasih kertas buat cek no rangka + no mesin agan, serahkan kertas itu ke orang yg bagian gesek, biasanya yg gesek ini minta uang seikhlasnya. :mewek

Kalau udah selesai, agan boleh pulang & istirahat :ngacir

Hari Kedua:
- Pagi2 langsung deh beli koran, liat iklan yg agan pasang kemarin, lalu gunting & tempelkan di kuitansi pas agan pasang kemarin, terus taroh di map yg kemarin.
- Terus agan berangkat ke POLRES, ambil berkas2 agan yang kemarin: Surat Laporan Reserse, Surat Laporan Tilang, Surat Laporan Lakalantas, & Surat Rekomendasi Kasat Lantas.
- Taruh surat2 itu di map yg kemarin, lalu pergi deh ke SAMSAT :ngacir

- Sampe di SAMSAT, langsung ke bagian formulir untuk ngambil formulir, lalu agan isi tuh formulir.
- Lalu agan ke bagian SKF untuk di printkan Salinan Turunan Lunas Pajak Kendaranan agan
- Taruh Map ke bagian Duplikat STNK. Disini ane diminta bayar Rp 20.000 (ane anggep Tidak Resmi karena gak ada kuitansi).
- Lalu agan disuruh kebagian terakhir untuk cetak Duplikat STNK, disini dikenakan biaya Rp 50.000 (dan inilah biaya resmi duplikat STNK)
ini kuitansinya gan:
Spoiler for Kuitansi
Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


Setelah STNK duplikat dicetak, ane kasih selamat shakehand2 karena sampai disini urusan agan2 sekalian udah beres...

Mudah2an tulisan ini bermanfaat buat agan2 sekalian..

jangan lupa ninggalin jejak komen..

kalo agan2 berkenan ngasih :rate5 :rate5 :rate5 :rate5 :rate5

Ane juga gak nolak kalo digasih cendolbig
ryo102 - 27/04/2011 10:14 AM
#2

bagus tulisannya bang.... jadi yang ga tahu tercerahkan...\)
samzara - 27/04/2011 11:38 AM
#3

Quote:
Original Posted By diksign
Ini ane tulis berdasarkan pengalaman pas ngurus STNK ane yg ilang kemaren gan.
Lokasi ane di Sidoarjo gan.
Siapa tau ada agan2 sekalian yg butuh.
Mari kita ikut meminimalisir calo dari Indonesia iloveindonesia

Langsung aja ya gan..

- Lalu agan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP masing2 5 lembar.
- Terus langsung aja bikin iklan di biro2 iklan terdekat sama agan2 sekalian. Simpan kuitansinya gan. Kemarin ane kena biaya Rp 18.000.
- Setelah itu langsung deh pergi ke POLRES untuk bikin Laporan RESERSE, Laporan Tilang, Laporan Lakalantas, & Rekomendasi Kasat Lantas.
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian RESKRIM untuk bikin Laporan RESERSE (jadinya besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Tilang untuk bikin Laporan Tilang (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Lakalantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Kasat Lantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan).

-



yg aku tebelin (4 item) itu masing2 biayanya brapa?
trus total semua jadi brapa?

THX b4 D


ck
Ricardhy - 27/04/2011 02:24 PM
#4

Mantap infonya,
oya gan, tmen ane stnk nya pernah ilang, eh ngurus bgituan udah kelar. Pas jadi di stnk nya ada tulisan DUPLIKAT hammerPengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)
Biem - 27/04/2011 04:03 PM
#5

Quote:
Original Posted By diksign
Ini ane tulis berdasarkan pengalaman pas ngurus STNK ane yg ilang kemaren gan.
Lokasi ane di Sidoarjo gan.
Siapa tau ada agan2 sekalian yg butuh.
Mari kita ikut meminimalisir calo dari Indonesia iloveindonesia

Langsung aja ya gan..

ini syarat2 yg harus agan persiapkan:
Spoiler for syarat
Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


Biar gak ribet & bolak balik (kayak setrika) ngakak maka urutan prosesnya kayak gini gan.

Hari Pertama:
- Pertama-tama persiapkan BPKB asli + KTP sesuai STNK + KTP agan (kalau itu bukan motor agan)
- Selanjutnya yg harus agan buat adalah Surat Laporam Kehilangan, lokasi di POLSEK tempat agan kehilangan. Nanti mereka akan minta BPKB + KTP sesuai poin sebelumnya. Nah disini biasanya agan langsung ditawari diuruskan langsung oleh polisi bersangkutan, biasanya mereka minta biaya antara 400 ribu ~ 500 ribu. Mahal amat gan maho padahal biaya aslinya jauh lebih murah :2thumbup.
- Lalu agan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP masing2 5 lembar.
- Terus langsung aja bikin iklan di biro2 iklan terdekat sama agan2 sekalian. Simpan kuitansinya gan. Kemarin ane kena biaya Rp 18.000.
- Setelah itu langsung deh pergi ke POLRES untuk bikin Laporan RESERSE, Laporan Tilang, Laporan Lakalantas, & Rekomendasi Kasat Lantas.
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian RESKRIM untuk bikin Laporan RESERSE (jadinya besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Tilang untuk bikin Laporan Tilang (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Lakalantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan)
- Serahkan fotokopi Surat Laporan Kehilangan + BPKB + KTP ke bagian Kasat Lantas untuk bikin Laporan Lakalantas (jadinya juga besoknya gan).

- Selanjutnya agan pergi ke SAMSAT, langsung ke loket cek fisik. Serahkan map tadi yg isinya Surat Laporan Kehilangan (asli) + BPKB (asli) + KTP (asli). Lalu agan akan dikasih kertas buat cek no rangka + no mesin agan, serahkan kertas itu ke orang yg bagian gesek, biasanya yg gesek ini minta uang seikhlasnya. :mewek

Kalau udah selesai, agan boleh pulang & istirahat :ngacir

Hari Kedua:
- Pagi2 langsung deh beli koran, liat iklan yg agan pasang kemarin, lalu gunting & tempelkan di kuitansi pas agan pasang kemarin, terus taroh di map yg kemarin.
- Terus agan berangkat ke POLRES, ambil berkas2 agan yang kemarin: Surat Laporan Reserse, Surat Laporan Tilang, Surat Laporan Lakalantas, & Surat Rekomendasi Kasat Lantas.
- Taruh surat2 itu di map yg kemarin, lalu pergi deh ke SAMSAT :ngacir

- Sampe di SAMSAT, langsung ke bagian formulir untuk ngambil formulir, lalu agan isi tuh formulir.
- Lalu agan ke bagian SKF untuk di printkan Salinan Turunan Lunas Pajak Kendaranan agan
- Taruh Map ke bagian Duplikat STNK. Disini ane diminta bayar Rp 20.000 (ane anggep pungli karena gak ada kuitansi).
- Lalu agan disuruh kebagian terakhir untuk cetak Duplikat STNK, disini dikenakan biaya Rp 50.000 (dan inilah biaya resmi duplikat STNK)
ini kuitansinya gan:
Spoiler for Kuitansi
Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


Setelah STNK duplikat dicetak, ane kasih selamat shakehand2 karena sampai disini urusan agan2 sekalian udah beres...

Mudah2an tulisan ini bermanfaat buat agan2 sekalian..

jangan lupa ninggalin jejak komen..

kalo agan2 berkenan ngasih :rate5

Ane juga gak nolak kalo digasih cendolbig


thank alot gan . ane juga lagi mau urus STNK nih . andai hal hal seperti ini di sosialisasikan secara rutin dan jelas oleh POLRI pasti sangat menyenangkan .

ane juga nanti mau report kalo dah urus STNK duplikat . sukur sukur kalo ane dah ada spycam biar bisa lebih oke reportasenya D iloveindonesia
diksign - 27/04/2011 07:28 PM
#6

Quote:
Original Posted By samzara
yg aku tebelin (4 item) itu masing2 biayanya brapa?
trus total semua jadi brapa?

THX b4 D


ck


maap baru bisa ngasngus, baru pulang kerja.. :ngacir
yang ditebelin gratis semua gan...
Biaya yg ane keluarin antara lain:
- iklan = Rp 18.000
- Gesek rangka mesin = seikhlasnya, ane kasih Rp 5.000 (Tidak Resmi)
- Fotokopi + map = Rp 8.000
- Loket Duplikat = Rp 20.000 (Tidak Resmi)
- Biaya Duplikat STNK = Rp 50.000 (Resmi/ada kuitansi)
- Plastik STNK = Rp. 1.000 (ane beli sendiri di koperasi samsat)

Jadi Total pengeluaran ane = Rp 102.000 (kira2 segitu gan)
diksign - 27/04/2011 07:31 PM
#7

Quote:
Original Posted By ryo102
bagus tulisannya bang.... jadi yang ga tahu tercerahkan...\)


makasih gan shakehand2
diksign - 27/04/2011 07:34 PM
#8

Quote:
Original Posted By Ricardhy
Mantap infonya,
oya gan, tmen ane stnk nya pernah ilang, eh ngurus bgituan udah kelar. Pas jadi di stnk nya ada tulisan DUPLIKAT hammerPengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


iya emang bener gan..
Pajaknya pun, cuma dikasih print kertas biasa ukuran A4 (cuma surat keterangan telah melunasi Pajak Kendaraan Bermotor) cd
diksign - 27/04/2011 07:39 PM
#9

Quote:
Original Posted By Biem
thank alot gan . ane juga lagi mau urus STNK nih . andai hal hal seperti ini di sosialisasikan secara rutin dan jelas oleh POLRI pasti sangat menyenangkan .

ane juga nanti mau report kalo dah urus STNK duplikat . sukur sukur kalo ane dah ada spycam biar bisa lebih oke reportasenya D iloveindonesia


oke selamat mencoba gan.. :2thumbup
Ricardhy - 27/04/2011 10:31 PM
#10

Quote:
Original Posted By diksign


iya emang bener gan..
Pajaknya pun, cuma dikasih print kertas biasa ukuran A4 (cuma surat keterangan telah melunasi Pajak Kendaraan Bermotor) cd


nah itu dia gan nyakitnya kawan ane gan , ane dan dia jg gk tau klo stnk baru gantinya nanti ada tulisan gede cap merah DUPLIKAT , dikira ya dikeluarkan stnk baru lagi.

Alhasil pas dia mau jual motor, harganya jatuh , ane yg bayarin tuh TIGER cuma 10jt. Harga kawan. ngakakPengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)
AxiooLover - 28/04/2011 11:49 AM
#11

gan ane tambahin buat bensin+makan+parkir

hahahahahah


nice info kalo bisa sekalian cara balik nama BPKB gan proses nya gimana .... ane leawat biro jasa di kenakan 700 rb padahal masih 1 wilayah
diksign - 28/04/2011 06:32 PM
#12

Quote:
Original Posted By Ricardhy
nah itu dia gan nyakitnya kawan ane gan , ane dan dia jg gk tau klo stnk baru gantinya nanti ada tulisan gede cap merah DUPLIKAT , dikira ya dikeluarkan stnk baru lagi.

Alhasil pas dia mau jual motor, harganya jatuh , ane yg bayarin tuh TIGER cuma 10jt. Harga kawan. ngakakPengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)


Kenapa gak nunggu ganti nomor STNK baru gan?
kalo nanti ganti nopol kan STNK yg baru udah gak duplikat lagi
diksign - 28/04/2011 06:34 PM
#13

Quote:
Original Posted By AxiooLover
gan ane tambahin buat bensin+makan+parkir

hahahahahah


nice info kalo bisa sekalian cara balik nama BPKB gan proses nya gimana .... ane leawat biro jasa di kenakan 700 rb padahal masih 1 wilayah


wah sayangnya ane belum punya pengalaman duplikat BPKB gan... hammer
kinopan - 28/04/2011 10:06 PM
#14

wahh jd curhat nih gan ngakaks
jangkrik.bosss - 28/04/2011 10:38 PM
#15

makasi ya gan ngebantu banget ni
gw rate yoo shakehand
diksign - 29/04/2011 07:13 AM
#16

Quote:
Original Posted By kinopan
wahh jd curhat nih gan ngakaks


biarin... sup2:


Quote:
Original Posted By jangkrik.bosss
makasi ya gan ngebantu banget ni
gw rate yoo shakehand


Thanks boss .. shakehand2
felixraden - 29/04/2011 10:05 AM
#17

Quote:
Original Posted By diksign
maap baru bisa ngasngus, baru pulang kerja.. :ngacir
yang ditebelin gratis semua gan...
Biaya yg ane keluarin antara lain:
- iklan = Rp 18.000
- Gesek rangka mesin = seikhlasnya, ane kasih Rp 5.000 (Pungli)
- Fotokopi + map = Rp 8.000
- Loket Duplikat = Rp 20.000 (Pungli)
- Biaya Duplikat STNK = Rp 50.000 (Resmi/ada kuitansi)
- Plastik STNK = Rp. 1.000 (ane beli sendiri di koperasi samsat)

Jadi Total pengeluaran ane = Rp 102.000 (kira2 segitu gan)


ini daerah mana gan.......???
tiap2 daerah lain2 persyaratanya tp secara garis besar sama....
itu yg tulisan pungli diganti ama tidak resmi aja gan biar lebih enak bacanya, soalnya dimana - mana sma banyak pungutan tidak resminya........

kalo tempat ane dibali waktu ane ngurus ga pake gsek mesin,loket duplikat cuma 10rb,iklan 10rb jadi lebih murah dr diatas......
diksign - 29/04/2011 06:59 PM
#18

Quote:
Original Posted By felixraden
ini daerah mana gan.......???
tiap2 daerah lain2 persyaratanya tp secara garis besar sama....
itu yg tulisan pungli diganti ama tidak resmi aja gan biar lebih enak bacanya, soalnya dimana - mana sma banyak pungutan tidak resminya........

kalo tempat ane dibali waktu ane ngurus ga pake gsek mesin,loket duplikat cuma 10rb,iklan 10rb jadi lebih murah dr diatas......


ok thx sarannya gan..
ini lokasi di Sidoarjo..
masak gak pake gesek mesin gan? yg boneng? bingung
indonesiakuu - 30/04/2011 12:00 AM
#19

aq kmaren abis kecopetan,apa sama harus buat STNK duplikat??Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)
ejitsuzawa - 30/04/2011 02:42 AM
#20

waduuh rumit bgt ya gaan...

itu iklan surat kabarnya, smacam iklan model kehilangan gtu ya gan..??

btw nais inpo gan..
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Pengalaman Mengurus STNK Hilang (Duplikat STNK) Sesuai Prosedur (Tanpa Calo)