TV
Home > LOEKELOE > MOVIES > TV > Si kriwil
Total Views: 529 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+

dadokaskus75 - 27/04/2011 07:34 PM
#1
Si kriwil
STARVISION mempersembahkan sinetron baru berjudul Si KRIWIL. Sebuah Sinetron yang mengangkat kearifan budaya lokal, dengan setting pulau Komodo. Sinetron ini memberikan nuansa berbeda dengan sinetron yang sedang tayang, karena Si KRIWIL adalah tontonan sehat untuk keluarga Indonesia, di saat demam drama bernuansa religi, justru Si KRIWIL tampil beda.

Setting pulau Komodo diambil dalam rangka mendukung pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia, yang masih diperbincangkan di UNESCO. Kriwil atau NABAS (Julian Liberty) adalah bocah sebuah suku kepulauan di Tenggara Nusantara yang ditinggal mati orang tuanya. Kriwil adalah pewaris, yang dipersiapkan untuk mempimpin sukunya. Namun keluguannya, membawanya harus berpetualang di Jakarta. Disinilah KRIWIL mengalami banyak masalah. Dari mulai shock culture hingga masalah logika.

Si KRIWIL menemukan teman-teman baru di Jakarta, yaitu IPANG (Denjel Flavio) CS. IPANGlah yang mengajarkan KRIWIL kehidupan di Jakarta yang absurd. KRIWIL yang lugu dan sederhana justru berhasil memecahkan masalah yang timbul di sekitarnya. Sementara itu IPANG yang memiliki kakak bernama AIDA (Gita Sinaga) justru mengalami tekanan dari SOPIA (Yurike Prastika), tantenya IMIN (Vito Bless), yang personil geng bermainnya IPANG juga. SOPIA tidak suka IMIN bergaul dengan IPANG CS karena faktor AIDA. SOPIA menyukai FARHAN (Hikmal Abrar) sementara FARHAN menyukai AIDA. Bingkai ini menjadi konflik tersendiri yang menggemaskan di tengah petualang KRIWIL bersama teman temannya.

Mampukah KRIWIL bertahan di Jakarta yang dianggapnya ‘surga’ tempat tinggal Bapaknya yang baru, dan Bagaimana KRIWIL mengatasi para tetua suku, yang menyusulnya ke Jakarta ? Mengingat KRIWIL adalah pewaris tunggal kepala suku di daerahnya.

Hanya dalam sinetron si KRIWIL kita bisa menyaksikan eksotiknya pemandangan pulau KOMODO, sebagai kebanggan Nasional Indonesia. Dengan Durasi 2 Jam, tayangan ini mendidik anak untuk cinta tanah air, dan berperilaku mulia. Saksikan di RCTI setiap hari Minggu jam 15:00 WIB.


Sinopsis

Karena berambut kriwil (keriting), maka NABAS (Julian Liberty) disebut Si KRIWIL. KRIWIL adalah putra satu-satunya seorang almarhum ketua adat dari sebuah pulau di Tenggara Nusantara. Ia sangat terpukul atas kematian BAPAK. KRIWIL yang polos meyakini BAPAK masih hidup. Keinginan untuk bertemu BAPAK pun begitu besar. Lalu ia melihat pesawat yang terbang di atas langit. Si KRIWIL fikir itu adalah burung besar pengangkut orang-orang yang hendak naik ke surga. Dari situlah KRIWIL bertekad untuk naik pesawat dan menyusul BAPAK di surga. KRIWIL berlari memburu pesawat yang hendak mendarat. Begitu ada kesempatan menyusup ke dalam pesawat, KRIWIL pun masuk lewat pintu bagasi, dan tanpa ia sadari ia sudah terbang jauh ke Jakarta. Baru kali ini KRIWIL menginjakkan kaki di kota Jakarta.


Di bandara, KRIWIL melarikan diri saat hendak ditangkap oleh petugas keamanan bandara. KRIWIL berhasil masuk ke dalam mobil bak terbuka hingga keluar areal bandara. Di tengah jalan, ia melompat dari mobil tersebut dan berlari memasuki sebuah permukiman. Di permukiman itulah KRIWIL bertemu dengan beberapa anak seusianya. Diantaranya tiga anak yang bersahabat, IMIN, IPANG dan RETNO. Ketika itu KRIWIL secara tak sengaja ikut menonton anak-anak bermain bola. KRIWIL dipaksa menggantikan penjaga gawang salah satu tim. Aneh bin ajaib, bola yang gawangnya dijaga KRIWIL tak bisa masuk ke jaring gawang.

Ketika permainan sepak bola itu belum selesai, KRIWIL mendengar deru pesaawat terbang di angkasa. Saat itulah KRIWIL berlari mengejar pesawat tersebut. KRIWIL mengira, BAPAK berada di dalam pesawat itu. Malangnya saat KRIWIL berlari mengejar ia lengah, sebuah mobil datang dari arah berlawanan dan menabraknya. Tubuh KRIWIL ambruk ke tanah.


Perempuan yang menabrak KRIWIL adalah SOPIA, perempuan cantik tapi cerewet, tantenya IMIN. Karena diminta bertanggungjawab oleh warga, SOPIA mau bertanggungjawab mengobati KRIWIL. Tapi bukannya dibawa ke rumah sakit, melainkan ke rumahnya. Menurut SOPIA yang pelit, KRIWIL akan dia obati di rumah saja.


Saat bersamaan, jauh di pulau Komodo, TETUA SUKU mencari-cari NABAS atau KRIWIL. Sebab KRIWIL adalah penerus tahta kepemimpinan almarhum ayahnya. KRIWIL telah menerima sebuah tongkat wasiat dari sang ayah, demi melanjutkan estafet kepemimpinan di kampungnya. Kepergian KRIWIL ini membuat TETUA SUKU panik. Begitupula bagi LASE, lelaki kekar orang kepercayaan TETUA SUKU. Namun tidak bagi BOA, seorang pemuda yang berambisi menjadi pemimpin suku. BOA berharap menjadi pemimpin, dan senang bila KRIWIL tidak ada.


TETUA SUKU berusaha mencari di mana KRIWIL berada. Sehingga akhirnya TETUA SUKU melakukan teleport (berpindah raga dari suatu tempat ke tempat lain). TETUA SUKU menyusul KRIWIL ke Jakarta!!


Sementara itu KRIWIL yang berada di kediaman IMIN heran melihat keadaan rumah. (Di sinilah terjadi shock culture/ geger budaya). Sebab KRIWIL banyak melihat hal yang tidak ia temukan ketika berada di kampungnya. Disinilah KRIWIL pertamakalinya melihat televisi, kulkas, naik mobil, pakai baju, tidur di kamar bagus ber AC, dan sebagainya. Hal ini banyak menimbulkan kelucuan.


IMIN yang akhirnya tahu KRIWIL tinggal di rumahnya tidak terima. Tetapi SOPIA yang akhirnya mengetahui cara bekerja KRIWIL yang cepat, berniat memungut KRIWIL sebagai pembantu. Selain kerjanya cepat, KRIWIL tak perlu dibayar alias gratis. IMIN pun tak berdaya dan menerima keinginan SOPIA menjadikan KRIWIL sebagai pembantu di rumah.


Saat IPANG dan RETNO menjemput ke sekolah, IMIN telat karena susah bangun tidur. IPANG dan RETNO pun meninggalkan IPANG. TANTE SOPIA akhirnya mengantar IMIN ke sekolah. KRIWIL diajak ikut karena SOPIA khawatir jika KRIWIL di rumah akan terjadi sesuatu. KRIWIL memakai kaos milik IMIN, yang membuatnya tidak betah karena belum terbiasa mengenakan pakaian. Setibanya di gerbang sekolah, pagar sekolah sudah ditutup. SOPIA mengantar IMIN masuk. KRIWIL yang masih terheran-heran dengan sekeliling, terutama dengan mobil yang membawanya, diam-diam turun dari mobil. Saat itu KRIWIL melihat seekor anjing, anjing itu ternyata galak. KRIWIL ketakutan dibuatnya. Apalagi tali anjing itu terlepas dan mengejar KRIWIL. KRIWIL berlari tak tentu arah. Sampai akhirnya KRIWIL tersesat!!


Saat itulah KRIWIL yang bingung harus kemana bertemu dengan TETUA SUKU yang sedang mencarinya. TETUA SUKU membujuk KRIWIL agar kembali ke kampungnya. Namun KRIWIL menolak, karena ia ingin bertemu dengan BAPAK. KRIWIL pun belari sehingga TETUA SUKU kehilangan jejak. Secara tak disengaja, pada saat KRIWIL berlari, hampir saja SOPIA menabraknya. SOPIA buru-buru mengajak KRIWIL masuk ke dalam mobil dan membawanya pulang.


Selanjutnya, di rumah SOPIA memperlakukan KRIWIL sebagai pembantu. KRIWIL yang shock akan sekelilingnya selalu serba bingung menghadapi keadaan. Seperti ketika diminta mencuci semua sampai bersih, KRIWIL membawa peralatan elektronik ke kolam renang dan mencuci di sana. Setiap ada pesawat melintas, KRIWIL masih meyakini BAPAK terbang di dalamnya.


Di kampungnya Kriwil, BOA semakin berambisi untuk dapat menjadi pemimpin. Tetapi selain tidak memiliki keturunan sebagai pemimpin di sana, BOA tidak memiliki tongkat wasiat yang saat ini disimpan KRIWIL. Untuk dapat mewujudkan keinginannya, setidaknya BOA harus mendapatkan tongkat tersebut, merebutnya dari KRIWIL. Itulah sebabnya BOA akan berusaha ikut mengejar KRIWIL demi mendapatkan tongkat wasiat.


Selain harus berhadapan dengan TETUA SUKU, BOA juga harus menghadapi orang yang selalu setia melindungi KRIWIL, yakni LASE. Disamping itu, tentu saja BAPAKnya KRIWIL, yang masih tetap bisa ditemukan KRIWIL dalam setiap mimpinya.


KRIWIL sendiri baru menyadari tentang tongkat wasiat itu ketika ia gunakan untuk menyembuhkan kaki IMIN yang terluka. Pada saat SOPIA mengalami kecelakaanpun, KRIWIL dapat menyembuhkannya dengan bantuan tongkat wasiat tersebut. SOPIA yang mengetahu hal itu memanfaatkannya, dengan menjadi seorang tabib dan paranormal. Tetapi satu hari, ketika BAPAK KRIWIL merasa KRIWIL melakukan hal yang tidak baik, maka sebagai hukumannya tongkat yang digunakan KRIWIL tidak dapat berfungsi. Sehingga banyak sekali warga yang sudah berobat tidak bisa disembuhkan, sehingga menimbulkan kemarahan. KRIWIL pun diusir dari rumah IMIN dan menggelandang di jalanan. Saat itulah TETUA SUKU kembali bertemu dan mengajak KRIWIL pulang. Tetapi KRIWIL tidak mau dan bersikeras mencari BAPAK.


Pencarian KRIWIL terhadap BAPAK terus berlanjut. Meskipun kerap bertemu melalui mimpi-mimpinya, KRIWIL berharap bertemu dengan wujud asli BAPAK. Sampai suatu ketika, saat KRIWIL jalan-jalan dengan IPANG, IMIN dan RETNO, KRIWIL berlari ke arah bandara dan menaiki sebuah pesawat. Pesawat ini ternyata menuju bandara Adisucipto, Yogyakarta. KRIWIL pun terdampar di sana. Menggelandang memasuki sekitar keraton, tidur di emperan Malioboro, terus berusaha mencari BAPAK.


TETUA SUKU yang memiliki ilmu teleport terus mengejar dan membujuk KRIWIL pulang. Di samping itu, BOA yang semakin lama semakin pandai mendapatkan ilmu, pun mengejar KRIWIL dan berusaha membunuhnya. Karena takut kepada TETUA SUKU dan LASE, BOA pun menyuruh penjahat-penjahat di sekitarnya untuk melenyapkan KRIWIL. Tetapi tentu saja tidak mudah menyingkirkan KRIWIL. Karena KRIWIL anak yang baik dan banyak pelindungnya...


Demikianlah petualangan hidup KRIWIL yang terus mencari BAPAK, dan tentu tak berujung. Entah sampai kapan KRIWIL mau kembali ke kampung, untuk dipersiapkan menjadi pemimpin di sana. Semua terjawab dalam Mega Sinema Anak “Si KRIWIL”....
A.P.K - 27/04/2011 08:14 PM
#2

PERTAMAX lagi niiiiih..

coba kalo si kriwil punya kantong ajaib kaya doraemon ya gan, pasti tambah seru tuhh gan..
dadokaskus75 - 27/04/2011 08:24 PM
#3

pasti
Home > LOEKELOE > MOVIES > TV > Si kriwil