cantalup
- 25/10/2011 10:31 PM
#41
Quote:
Original Posted By Edwin05032009 ►
Thanks ...tapi di antara 2 negara ada sistem yang betul-betul berbeda.
AS memiliki kartu kontrol I-94 yang walau mengklaim menganut "no exit control" tetapi sebenarnya memiliki kontrol. Karena berdasarkan aturan hukumnya (tertulis di kartu secara fine print) bahwa kartu tersebut harus diserahkan di gerbang imigrasi keluar/atau via Airline.
Di Canada...... sama sekali ga ada sistem kartu semacam itu. Kita keluar....ya keluar aja.
Gua bisa tahu gini karena emang dikasih tahu CBSA (petugas border Canada).
Thanks ...tapi di antara 2 negara ada sistem yang betul-betul berbeda.
AS memiliki kartu kontrol I-94 yang walau mengklaim menganut "no exit control" tetapi sebenarnya memiliki kontrol. Karena berdasarkan aturan hukumnya (tertulis di kartu secara fine print) bahwa kartu tersebut harus diserahkan di gerbang imigrasi keluar/atau via Airline.
Di Canada...... sama sekali ga ada sistem kartu semacam itu. Kita keluar....ya keluar aja.
Gua bisa tahu gini karena emang dikasih tahu CBSA (petugas border Canada).
berbeda tapi banyak yang mirip juga.. dan banyak yang gak juga
ada kemungkinan sekarang inia manifesto airlines yang selalu dikirim ke petugas negara Canada. no body knows.
liat di taon 2010.
http://travel.ca.msn.com/canadianpress-article.aspx?cp-documentid=23177714
http://www.cbc.ca/news/canada/story/2010/01/01/airlines-passenger-privacy001.html
Canadian airlines have already begun passing along the personal information for flights that land in the United States.
..
The council said this would force Canadian airlines to breach either Secure Flight or the Personal Information Protection and Electronic Documents Act, a federal privacy law that applies to Canadian companies.
it starting pointnya
gua >assume- di Canada dah ada prosess or gimana utk homegrown security screening system.
or I could be wrong
petugas pun pasti gak kasih tahu in detail, demikian kalo loe tanya ke petugas di US. mereka kena oath hehe, gak boleh bocorin informasi dan peraturan yang gak boleh di consume oleh public, coba pikir deh
di US juga ikutin no exit control kok, cuman i-94 gak dikasih juga boleh :P. di fine printnya tertulis, tapi itu bukan "harus"... andaikanseperti gua bilang gak dikasih, gak ape. karena gimanapun juga pasti tercatat di databsenya , dari manifesto yang dikirim sama airlinese secara electronics.
please baca tulisan gua, tentang "cap mundur" di indonesia waktu jaman dulu.
I-94 sekarang adalah dah semacam formalitas utk kedatangan, sebenarnya mereka/imi US telah terintegrasi sehingga manifesto airlinese bisa cepet didapet dan langsung di update ke database.
utk intermezo.
dan jangan lupa US juga share informasi ke Canada, makanya inget gak kasus "artis" yang dicari2 US karena madol dipanggil ke pengadilan di California, trus mereka buru kabur ke Canada, sebelon namanya kena cekal di US dan Canada di database

sekarang pertukaran informasi sangat cepat.

I just mau share aja, no exit control bukan berarti gak ada control sama sekali, sekarang jaman serba digital

gua gak tahu in detail tentang Canada, but gua baca2 berita yang nyerempet2 juga, terutama lagi bahas gituan utk US

I could be wrong, just want to share my knowledge
tentang lampu ijo blinking ada kemiripan di US dan Canada, cuman di US masih leverl state. so gua bawa ini, karena. ada kemiripan,