CANADA
Home > Kaskuser Regional > AMERIKA > CANADA > Tentang Gelap/Ov’r St’y/Pend'tang H’ram
Total Views: 8037 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

cantalup - 25/10/2011 10:31 PM
#41

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
Thanks ...tapi di antara 2 negara ada sistem yang betul-betul berbeda.

AS memiliki kartu kontrol I-94 yang walau mengklaim menganut "no exit control" tetapi sebenarnya memiliki kontrol. Karena berdasarkan aturan hukumnya (tertulis di kartu secara fine print) bahwa kartu tersebut harus diserahkan di gerbang imigrasi keluar/atau via Airline.

Di Canada...... sama sekali ga ada sistem kartu semacam itu. Kita keluar....ya keluar aja.

Gua bisa tahu gini karena emang dikasih tahu CBSA (petugas border Canada).



berbeda tapi banyak yang mirip juga.. dan banyak yang gak juga

ada kemungkinan sekarang inia manifesto airlines yang selalu dikirim ke petugas negara Canada. no body knows.

liat di taon 2010.
http://travel.ca.msn.com/canadianpress-article.aspx?cp-documentid=23177714

http://www.cbc.ca/news/canada/story/2010/01/01/airlines-passenger-privacy001.html
Canadian airlines have already begun passing along the personal information for flights that land in the United States.
..

The council said this would force Canadian airlines to breach either Secure Flight or the Personal Information Protection and Electronic Documents Act, a federal privacy law that applies to Canadian companies.

it starting pointnya
gua >assume- di Canada dah ada prosess or gimana utk homegrown security screening system.
or I could be wrong



petugas pun pasti gak kasih tahu in detail, demikian kalo loe tanya ke petugas di US. mereka kena oath hehe, gak boleh bocorin informasi dan peraturan yang gak boleh di consume oleh public, coba pikir deh

di US juga ikutin no exit control kok, cuman i-94 gak dikasih juga boleh :P. di fine printnya tertulis, tapi itu bukan "harus"... andaikanseperti gua bilang gak dikasih, gak ape. karena gimanapun juga pasti tercatat di databsenya , dari manifesto yang dikirim sama airlinese secara electronics.
please baca tulisan gua, tentang "cap mundur" di indonesia waktu jaman dulu.




I-94 sekarang adalah dah semacam formalitas utk kedatangan, sebenarnya mereka/imi US telah terintegrasi sehingga manifesto airlinese bisa cepet didapet dan langsung di update ke database.


utk intermezo.
dan jangan lupa US juga share informasi ke Canada, makanya inget gak kasus "artis" yang dicari2 US karena madol dipanggil ke pengadilan di California, trus mereka buru kabur ke Canada, sebelon namanya kena cekal di US dan Canada di database \) karena laporan ut cekalnya kalah cepet heheh, akhirnya Canada pertahankan karena diurut bapaknya or great grand father dari bininya itu adalah Canadian Citizen.
sekarang pertukaran informasi sangat cepat.D


I just mau share aja, no exit control bukan berarti gak ada control sama sekali, sekarang jaman serba digital D.

gua gak tahu in detail tentang Canada, but gua baca2 berita yang nyerempet2 juga, terutama lagi bahas gituan utk US D.

I could be wrong, just want to share my knowledge

tentang lampu ijo blinking ada kemiripan di US dan Canada, cuman di US masih leverl state. so gua bawa ini, karena. ada kemiripan,
Edwin05032009 - 26/10/2011 03:53 AM
#42

Quote:
Original Posted By cantalup

liat di taon 2010.
http://travel.ca.msn.com/canadianpress-article.aspx?cp-documentid=23177714

http://www.cbc.ca/news/canada/story/2010/01/01/airlines-passenger-privacy001.html
Canadian airlines have already begun passing along the personal information for flights that land in the United States.
..

The council said this would force Canadian airlines to breach either Secure Flight or the Personal Information Protection and Electronic Documents Act, a federal privacy law that applies to Canadian companies.

it starting pointnya
gua >assume- di Canada dah ada prosess or gimana utk homegrown security screening system.
or I could be wrong


Bro, unfortunately you are wrong...

Apa yang lu kutip adalah desakan AS kepada airlines. Istilahnya "pesawat lu mau masuk, ikut aturan gua".

Sedangkan apa yang kita diskusikan adalah apa CBSA (border agency) punya niatan ngecek orang yang meninggalkan Canada? jawabannya "Ga!.."

Contoh: gua dikejar-kejar pengadilan karena suatu kasus. Mau kabur lewat udara takut ada pengecekan karena berpikir Airline akan scan paspor kita (pendapat agan Honeybee22 sebelumnya).

Nah...kalo cuman mau ngehindarin CBSA, udah aja lewat darat, sama sekali ga ada pengecekan apapun.

Ntar ada yang bilang "Wah...di border AS ada pengecekan dengan I-94...!"

Kalau masih takut juga, udah aja keluar lewat laut... ga ada juga pengecekan di pelabuhan.

Jadi sebenarnya memang ga ada pengecekan keluar, karena Canada menganut prinsip "no-exit control" murni.

(ps: contoh di atas mengenai I-94 sebenarnya gau ga perlu takut juga karena seperti kutipan berita Toronto Star di post gua sebelumnya. Prinsip petugas border AS, "apa yg dilakukan di Canada belum tentu suatu kejahatan buat AS").

gua ga perlu panjang lebar lagi soal ini karena memang sudah kejadian, ada contoh kasusnya:

Canadian border has no exit controls

Ceritanya, ada orang yang bermasalah di pengadilan Kanada. Lalu dia keluar lewat perbatasan darat di Niagara. Karena tidak ada pengecekan imgirasi maka dia dapat keluar dari negara itu tanpa masalah.

     So why didn’t Canadian authorities stop Edyta Watkins at the border? Because there aren’t any controls on people leaving the country.

.......

But Terry Smith, of Child Find Ontario, said Canada’s custody disputes shouldn’t be another country’s problem.

“If we actually had an exit policy for customs and immigration, she wouldn’t have got out,” Smith said. “We’re not stopping people from leaving, we’re stopping them from coming in.”


CBSA hanya menjaga border dari orang masuk

Quote:


di US juga ikutin no exit control kok, cuman i-94 gak dikasih juga boleh :P. di fine printnya tertulis, tapi itu bukan "harus"... andaikanseperti gua bilang gak dikasih, gak ape. karena gimanapun juga pasti tercatat di databsenya , dari manifesto yang dikirim sama airlinese secara electronics.


Bro....sorry lu tidak bisa membedakan antara "ATURAN" dan "PELANGGARAN ATAS ATURAN". Melanggar suatu aturan bukan berarti aturan itu menjadi tidak ada. Lampu merah adalah aturan, bahwa ada orang melanggar lampu merah tidak berarti lampu merah menjadi boleh dilanggar.

Mengembalikan I-94 di perbatasan keluar adalah aturan yang dinyatakan secara jelas pada kartu I-94. Aturan itu harus dilaksanakan.

Adapun banyak orang di perbatasan tidak menyerahkan, itu adalah "Pelanggaran atas aturan". Baca ini:

http://japan2.usembassy.gov/e/visa/tvisa-waiveri94.html

     Under U.S. law, all travelers to the United States must return the I-94 or I-94W departure record cards to the appropriate authorities before departing the United States.

Bahwa tidak ada sangsi yang nyata terhadap pelanggaran aturan tersebut, itu urusan pemerintah AS, tapi tetap saja si pelanggar melanggar aturan dan mereka yang melanggar tersebut:

     
A traveler who fails to do so may be recorded as making an untimely departure from the United States. Without an accurate record of your departure from the United States, the Department of Homeland Security may conclude that you overstayed the period of time granted on admission.

Itulah sebabnya gua bilang bahwa AS tidak menganut paham "no-exit control" murni dengan adanya I-94 itu.

Please ingat: Sepuluh orang melanggar aturan bukan berarti menjadi benar kan?

rgds
John Connor - 26/10/2011 03:39 PM
#43

@cantalup & @edwin

bahasannya seru.. tapi santai aja ya.. ngga usah pake urat ngomongnya.. \)
cantalup - 27/10/2011 04:20 AM
#44

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
Bro, unfortunately you are wrong...

Apa yang lu kutip adalah desakan AS kepada airlines. Istilahnya "pesawat lu mau masuk, ikut aturan gua".

Sedangkan apa yang kita diskusikan adalah apa CBSA (border agency) punya niatan ngecek orang yang meninggalkan Canada? jawabannya "Ga!.."

Contoh: gua dikejar-kejar pengadilan karena suatu kasus. Mau kabur lewat udara takut ada pengecekan karena berpikir Airline akan scan paspor kita (pendapat agan Honeybee22 sebelumnya).

Nah...kalo cuman mau ngehindarin CBSA, udah aja lewat darat, sama sekali ga ada pengecekan apapun.

Ntar ada yang bilang "Wah...di border AS ada pengecekan dengan I-94...!"

Kalau masih takut juga, udah aja keluar lewat laut... ga ada juga pengecekan di pelabuhan.

Jadi sebenarnya memang ga ada pengecekan keluar, karena Canada menganut prinsip "no-exit control" murni.

(ps: contoh di atas mengenai I-94 sebenarnya gau ga perlu takut juga karena seperti kutipan berita Toronto Star di post gua sebelumnya. Prinsip petugas border AS, "apa yg dilakukan di Canada belum tentu suatu kejahatan buat AS").

gua ga perlu panjang lebar lagi soal ini karena memang sudah kejadian, ada contoh kasusnya:

Canadian border has no exit controls

Ceritanya, ada orang yang bermasalah di pengadilan Kanada. Lalu dia keluar lewat perbatasan darat di Niagara. Karena tidak ada pengecekan imgirasi maka dia dapat keluar dari negara itu tanpa masalah.

     So why didn’t Canadian authorities stop Edyta Watkins at the border? Because there aren’t any controls on people leaving the country.

.......

But Terry Smith, of Child Find Ontario, said Canada’s custody disputes shouldn’t be another country’s problem.

“If we actually had an exit policy for customs and immigration, she wouldn’t have got out,” Smith said. “We’re not stopping people from leaving, we’re stopping them from coming in.”


CBSA hanya menjaga border dari orang masuk



Bro....sorry lu tidak bisa membedakan antara "ATURAN" dan "PELANGGARAN ATAS ATURAN". Melanggar suatu aturan bukan berarti aturan itu menjadi tidak ada. Lampu merah adalah aturan, bahwa ada orang melanggar lampu merah tidak berarti lampu merah menjadi boleh dilanggar.

Mengembalikan I-94 di perbatasan keluar adalah aturan yang dinyatakan secara jelas pada kartu I-94. Aturan itu harus dilaksanakan.

Adapun banyak orang di perbatasan tidak menyerahkan, itu adalah "Pelanggaran atas aturan". Baca ini:

http://japan2.usembassy.gov/e/visa/tvisa-waiveri94.html

     Under U.S. law, all travelers to the United States must return the I-94 or I-94W departure record cards to the appropriate authorities before departing the United States.

Bahwa tidak ada sangsi yang nyata terhadap pelanggaran aturan tersebut, itu urusan pemerintah AS, tapi tetap saja si pelanggar melanggar aturan dan mereka yang melanggar tersebut:

     
A traveler who fails to do so may be recorded as making an untimely departure from the United States. Without an accurate record of your departure from the United States, the Department of Homeland Security may conclude that you overstayed the period of time granted on admission.

Itulah sebabnya gua bilang bahwa AS tidak menganut paham "no-exit control" murni dengan adanya I-94 itu.

Please ingat: Sepuluh orang melanggar aturan bukan berarti menjadi benar kan?

rgds


ok keselip, Border agency. betuk kata loe, gua kepikiran tentan cabu dari Canada lewat udara.

Mengembalikan I-94 di perbatasan keluar adalah aturan yang dinyatakan secara jelas pada kartu I-94. Aturan itu harus dilaksanakan.
itu hitam diatas putih, tapi pada kenyataanya gak selalu dijalankan.

gua sih gak mau argue, in peraturan, ini dilaksanakan, gua mau in real life aja, ada dilaksanakan dan susah di enforce 100% \)

please refer penjelasan gua, tentang " cap mundur di Indo", loe bakal ngerti kenapa I-94 tidak berkutik alias gak bisa bilang " nah loe overstayed"
makanya karena alesan classic maka muncullah patriot acts, yang melahirkan , airlines musti kirim daftar penumpang , seingat gua sebelon /sesudah pesawatnya take-off. sistem ini yang makin susah di boongin,

amerika gunakan no-exit control. gak percaya, tanya aja sama org lawyer or imigrasi, dimana kalo mau pulang/cabut silakan cabut. nah pas datang lagi baru diperiksa
itulah no-exit control ati sebenarnya gua sebut, alias mau cabut/keluar dari US silakan tanpa hambatan.

contoh gua jalan ke Canada rame2.. gak ada periksaan pas keluar dari US border. iini crossing border, tanpa lewat pesawat or ship, paling di periksa pas masuk ke Canadian border hehe.




please ingat, banyak org yang melanggar peraturan, bukan berarti peraturannya jelek :P.

nothing black and white. gua sih iving in real word aja, dimana ada loop holes dan cara2 walaupun ampir serempet alias melanggar.

apakah gak loe percaya? kita sebagai manusia, sering ngepush rules semaximal mungkin khan? coba liat perjalanan masing2 kita deh
Edwin05032009 - 27/10/2011 06:47 AM
#45

Quote:
Original Posted By cantalup

itu hitam diatas putih, tapi pada kenyataanya gak selalu dijalankan.

gua sih gak mau argue, in peraturan, ini dilaksanakan, gua mau in real life aja, ada dilaksanakan dan susah di enforce 100% \)


Bro.... lu tuh gimana sih membawa situasi/peraturan/pelaksanaan di AS ke Canada.

Sejak awal juga yg didiskusikan adalah peraturan di Canada.

Bahwa AS tidak melakukan enforcement terhadap aturan yg tertulis di I-94, that's entirely persoalan AS. Gua sebagai orang di luar AS hanya menegaskan bahwa aturan itu ada, dan sebagai WN atau imigran yg baik janganlah melanggar hukum.

Makanya sejak awal gua tulis disclaimer bahwa tulisan gua tidak bermaksud mendorong orang melakukan pelanggaran hukum tetapi menjelaskan fakta yang ada.


Quote:
amerika gunakan no-exit control. gak percaya, tanya aja sama org lawyer or imigrasi, dimana kalo mau pulang/cabut silakan cabut. nah pas datang lagi baru diperiksa
itulah no-exit control ati sebenarnya gua sebut, alias mau cabut/keluar dari US silakan tanpa hambatan.


That's fine bahwa AS bisa mengecek dan mengetahui orang yang kembali dan dulunya overstayer.

Gua cuman mau jelaskan situasi di Canada bahwa sepanjang seseorang ga pernah berurusan dengan aparat, sistem "no-exit control"nya Canada membuat orang menjadi "bersih" kembali ketika masuk ke Canada, walau sebelumnya overstayer.

Kesimpulannya, antara orang yang tinggal di bawah 6 bulan (max ijin tinggal untuk visitor) dengan orang yang tinggal overstay 2 tahun, tidak ada bedanya di hadapan pemerintah Canada, karena di paspornya tidak ada cap apapun dan tidak ada kewajiban menginggalkan kartu apapun.

That's it....
cantalup - 28/10/2011 03:18 AM
#46

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
Bro.... lu tuh gimana sih membawa situasi/peraturan/pelaksanaan di AS ke Canada.

Sejak awal juga yg didiskusikan adalah peraturan di Canada.

Bahwa AS tidak melakukan enforcement terhadap aturan yg tertulis di I-94, that's entirely persoalan AS. Gua sebagai orang di luar AS hanya menegaskan bahwa aturan itu ada, dan sebagai WN atau imigran yg baik janganlah melanggar hukum.

Makanya sejak awal gua tulis disclaimer bahwa tulisan gua tidak bermaksud mendorong orang melakukan pelanggaran hukum tetapi menjelaskan fakta yang ada.




That's fine bahwa AS bisa mengecek dan mengetahui orang yang kembali dan dulunya overstayer.

Gua cuman mau jelaskan situasi di Canada bahwa sepanjang seseorang ga pernah berurusan dengan aparat, sistem "no-exit control"nya Canada membuat orang menjadi "bersih" kembali ketika masuk ke Canada, walau sebelumnya overstayer.

Kesimpulannya, antara orang yang tinggal di bawah 6 bulan (max ijin tinggal untuk visitor) dengan orang yang tinggal overstay 2 tahun, tidak ada bedanya di hadapan pemerintah Canada, karena di paspornya tidak ada cap apapun dan tidak ada kewajiban menginggalkan kartu apapun.

That's it....


gua bawa I-94 sebagai pengetahuan aja kok sebagai perbandingan. sekarang gua tanya, apakaha loe gak pernah mengpush laws semaximal mungkin? kalo gua ya, tapi gak melanggar loh D


utk airport or seaport:
gua juga mau meberikan pandangan gua, khan dah bilang gak tahu detail Canadian laws, ada kemungkinan yang keluar lewat airport or seaport, manifesto penumpang dah kekirim elektronik ke database masing..
inget ada kemungkinan.

gak msalah, di passport gak ada cap, yang penting manifesto penumpang dari airlines kekirim ke database \), ini ada kemungkinan khan. utk US: keluar US juga gak di Cap passportnya juga kok.

gua akuin, utk crossing border, emang susah di kontrol. apa lagi Canada masih mendepatkan privacy. laws. seperti gua anggap loe tahu.


utk border crossing atau crossing border:
contoh A berbuat gak bener di Canada, loe bisa kabur ke US ala crossing border, karena masalah privacy. gak ke share dari Canada ke US.
bedakan dengan
B berbuat gak benar, trus gak cepet kaburnya ke Canada, maka Data B akan masuk ke database. dah US share data/informasi ke Canada. walau B bisa nyelonong ke jembatan antar border, pas di Canadia site, mereka dah ada informasi B, so.. B disuruh balike ke US. pas di US checkpoint, di periksa, dah di tangkep.


ok gua tutup disini, sengaja gua dateng, utk memberikan berbagai perspective and learning something new \)
biarkan yang membaca silakan meng-digest informasi

that is it juga
gua serahkan masing2 pribadi, mau melanggar peraturan silakan, mau gak silakan, tapi heheh harus bisa menerima responsibilty-nya. just make it KIS/Keep It Simple.

no hurt feeling yah \).
cantalup - 28/10/2011 03:20 AM
#47

Quote:
Original Posted By John Connor
@cantalup & @edwin

bahasannya seru.. tapi santai aja ya.. ngga usah pake urat ngomongnya.. \)


gak pake urat dan babat, gak bagus , kholestrolnya gede hehe

thanks gak omelin gua, karena gua dah crossing border sub-forum heheh\), abis itu debat pula .
Edwin05032009 - 28/10/2011 04:27 AM
#48

Quote:
Original Posted By cantalup
gua bawa I-94 sebagai pengetahuan aja kok sebagai perbandingan. sekarang gua tanya, apakaha loe gak pernah mengpush laws semaximal mungkin? kalo gua ya, tapi gak melanggar loh D


That is an unnecessary question. Gua bilang ga pernah melanggar, lu juga ga percaya.

Quote:

utk airport or seaport:
gua juga mau meberikan pandangan gua, khan dah bilang gak tahu detail Canadian laws, ada kemungkinan yang keluar lewat airport or seaport, manifesto penumpang dah kekirim elektronik ke database masing..
inget ada kemungkinan.


Gua memberitahukan fakta dan gua berani ngomong fakta ini karena pernah di Bandara Pearon (Toronto).

Tahun 2010 gua pernah bantu nangani kedatangan jet pribadi (B747) dengan isi penuh 400 penumpang. Ini pesawat pribadi, bukan dengan penerbangan berjadwal.

Ketika pesawat itu tiba, semua melalui proses biasa diperiksa visanya.

Tapi ketika mau pulang, itu bagian yang organizer perjalanan pesawat datang ke CBSA bawa 400-an paspor karena pikir harus dicap keluar. Jawaban dari CBSA "no, you don't need to do that. You just go"

Jadi pesawat B747 itu meninggalkan Canada begitu saja tanpa ada berkas apapun ke CBSA. Tiba di negara asal, airport terakhir juga tidak kasih konfirmasi siapa saja yang mendarat dengan pesawat itu.

Artinya kalau ada 5 orang dari 400-an penumpang itu yang tinggal di Toronto berarti Pemerintah Canada tidak mengetahuinya, dan tidak akan pernah tahu kecuali mereka melakukan kejahatan.

Quote:
gak msalah, di passport gak ada cap, yang penting manifesto penumpang dari airlines kekirim ke database \), ini ada kemungkinan khan. utk US: keluar US juga gak di Cap passportnya juga kok.


Di Canada for sure, ga ada airline menyerahkan ke CBSA. Gua sudah ngalami di Bandara, jadi percaya deh. Terserah kalau di AS pemerintahnya demikian.

Ini kan kita bicara dua negara yang berbeda dan sedari awal we were focusing on Canada law.
honeybee22 - 29/10/2011 01:57 PM
#49

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
That is an unnecessary question. Gua bilang ga pernah melanggar, lu juga ga percaya.



Gua memberitahukan fakta dan gua berani ngomong fakta ini karena pernah di Bandara Pearon (Toronto).

Tahun 2010 gua pernah bantu nangani kedatangan jet pribadi (B747) dengan isi penuh 400 penumpang. Ini pesawat pribadi, bukan dengan penerbangan berjadwal.

Ketika pesawat itu tiba, semua melalui proses biasa diperiksa visanya.

Tapi ketika mau pulang, itu bagian yang organizer perjalanan pesawat datang ke CBSA bawa 400-an paspor karena pikir harus dicap keluar. Jawaban dari CBSA "no, you don't need to do that. You just go"

Jadi pesawat B747 itu meninggalkan Canada begitu saja tanpa ada berkas apapun ke CBSA. Tiba di negara asal, airport terakhir juga tidak kasih konfirmasi siapa saja yang mendarat dengan pesawat itu.

Artinya kalau ada 5 orang dari 400-an penumpang itu yang tinggal di Toronto berarti Pemerintah Canada tidak mengetahuinya, dan tidak akan pernah tahu kecuali mereka melakukan kejahatan.



Di Canada for sure, ga ada airline menyerahkan ke CBSA. Gua sudah ngalami di Bandara, jadi percaya deh. Terserah kalau di AS pemerintahnya demikian.

Ini kan kita bicara dua negara yang berbeda dan sedari awal we were focusing on Canada law.




wow.. seru jg nie pembahasan No exit Controlnya.
kalo keluar dari canada emang gk dicap bro.. jd secara kasat mata, gk ketauan kl overstayed. tp ane ttp percaya skrg udah jamannya digital, jd ada aja kemungkinan utk CBSA tau.

tp yg penting adlh pas masuk lagi ke canada. ane br dpt nie visa multiple entry. pas kemarin masukin dokumen2 kekedutaan dan org kedutaannya tlp ane, bilang gini : " Ibu selama 14hari kemana aja di Canada, ngapain aja? trus ada rencana mau kemana lagi?" naah looh, dia koq bisa tau yaah gw pernah di canada selama 14hr.

gw rasa, dia bandingin antara tgl masuk canada dgn cap pulang dibandara RI, atau mrk jg py data2nya gw.. entahlah.. jd kalo seandainya ada org yg pernah overstayed dicanada, trs mau ajuin lagi visa kunjungan kekanada ini jelas2 bermasalah bro.. iloveindonesias
Edwin05032009 - 29/10/2011 09:51 PM
#50

Quote:
Original Posted By honeybee22
wow.. seru jg nie pembahasan No exit Controlnya.
kalo keluar dari canada emang gk dicap bro.. jd secara kasat mata, gk ketauan kl overstayed. tp ane ttp percaya skrg udah jamannya digital, jd ada aja kemungkinan utk CBSA tau.


It is entirely up to you untuk memandang cara kerja CBSA. Tapi yang pasti pejabat CBSA sendiri (baca link Toronto Star) mengatakan "kami hanya mengawasi orang masuk, kami tidak menghalangi orang keluar"

Kalau ga, itu orang yang lari dari pengadilan mestinya sudah di stop di perbatasan. Tapi nyatanya tidak kan!

Quote:
tp yg penting adlh pas masuk lagi ke canada. ane br dpt nie visa multiple entry. pas kemarin masukin dokumen2 kekedutaan dan org kedutaannya tlp ane, bilang gini : " Ibu selama 14hari kemana aja di Canada, ngapain aja? trus ada rencana mau kemana lagi?" naah looh, dia koq bisa tau yaah gw pernah di canada selama 14hr.



ente mungkin lupa, waktu gisi form kan ditanya "have you been from Canada before", "how long is your previous stay"

Quote:
gw rasa, dia bandingin antara tgl masuk canada dgn cap pulang dibandara RI, atau mrk jg py data2nya gw


Ga mungkin banget lah Neng.... emangya semua orang yg keluar dari Canada langsung ke Indonesia? trus yang stopover untuk tinggal di Hongkong selama 1 bulan, ketika dapat cap mendarat di Indonesia
satu bulan kemudian jadi dianggap overstay di Kanada 1 bulan donng??

Mau ngerujuk dari cap Hongkong?? lah kalau orang itu ke Eropa trus mutar-mutar di negara Schengen lewat darat yg ga pakai cap masuk gimana????

Please bear in your mind bahwa hampir semua negara itu tidak mau tahu apa yang terjadi di luar wilayah mereka. Persis kata pejabat AS di atas "apa yg terjadi di Kanada belum tentu kejahatan di AS"

Quote:
.. entahlah.. jd kalo seandainya ada org yg pernah overstayed dicanada, trs mau ajuin lagi visa kunjungan kekanada ini jelas2 bermasalah bro.. iloveindonesias


Quote me for this or you can check with CBSA office. "Seseorang yang dideportasi dan memutuskan pulang dengan menggunakan biaya sendiri, maka ybs dapat mengajukan visa kembali ke Kanada setibanya di negara tujuan". Dan ini sudah terbukti banyak orang ex-overstayer yg visanya dikabulkan.

Lain halnya jika ybs menggunakan biaya negara "maka ybs tidak boleh kembali dalam 5 tahun"

I am only telling you the fact

cheers,
Ars3n - 30/10/2011 02:01 AM
#51

Topik menarik nih... mau nanya jadinya.. kalau buat menentukan status PR, kalau begitu gimana caranya CIC menentukan secara pasti bahwa orang itu tinggal dalama canada selama 2 tahun dalam 5 tahun?

PS: nambahin nih, masuk schengen region di perimeter schengen setahu gw ada border control-nya... kalau udah masuk schengen region memang ga ada. Seinget gw masuk lewat darat maupun laut sepertinya petugas border itu selalu bawa2x cap.


Quote:
Original Posted By Edwin05032009
It is entirely up to you untuk memandang cara kerja CBSA. Tapi yang pasti pejabat CBSA sendiri (baca link Toronto Star) mengatakan "kami hanya mengawasi orang masuk, kami tidak menghalangi orang keluar"

Kalau ga, itu orang yang lari dari pengadilan mestinya sudah di stop di perbatasan. Tapi nyatanya tidak kan!




ente mungkin lupa, waktu gisi form kan ditanya "have you been from Canada before", "how long is your previous stay"



Ga mungkin banget lah Neng.... emangya semua orang yg keluar dari Canada langsung ke Indonesia? trus yang stopover untuk tinggal di Hongkong selama 1 bulan, ketika dapat cap mendarat di Indonesia
satu bulan kemudian jadi dianggap overstay di Kanada 1 bulan donng??

Mau ngerujuk dari cap Hongkong?? lah kalau orang itu ke Eropa trus mutar-mutar di negara Schengen lewat darat yg ga pakai cap masuk gimana????

Please bear in your mind bahwa hampir semua negara itu tidak mau tahu apa yang terjadi di luar wilayah mereka. Persis kata pejabat AS di atas "apa yg terjadi di Kanada belum tentu kejahatan di AS"



Quote me for this or you can check with CBSA office. "Seseorang yang dideportasi dan memutuskan pulang dengan menggunakan biaya sendiri, maka ybs dapat mengajukan visa kembali ke Kanada setibanya di negara tujuan". Dan ini sudah terbukti banyak orang ex-overstayer yg visanya dikabulkan.

Lain halnya jika ybs menggunakan biaya negara "maka ybs tidak boleh kembali dalam 5 tahun"

I am only telling you the fact

cheers,
John Connor - 30/10/2011 02:22 AM
#52

ikut nunggu jawaban...
Edwin05032009 - 30/10/2011 10:12 AM
#53

Quote:
Original Posted By Ars3n
Topik menarik nih... mau nanya jadinya.. kalau buat menentukan status PR, kalau begitu gimana caranya CIC menentukan secara pasti bahwa orang itu tinggal dalama canada selama 2 tahun dalam 5 tahun?


I cannot give any comment for something I don't know. I am not a PR in Canada so I don't really follow how it works.

Tapi yang pasti di banyak negara kepada para pemohon ijin tinggal dikenakan sistem "exit permit". Silaka yang sedang mengajukan PR jump in menjelaskan bagaimana sistem di Canada mengontrol kepergian.

Quote:
PS: nambahin nih, masuk schengen region di perimeter schengen setahu gw ada border control-nya... kalau udah masuk schengen region memang ga ada. Seinget gw masuk lewat darat maupun laut sepertinya petugas border itu selalu bawa2x cap.


Langsung aja ke topik asal, "apakah pemberian cap masuk pada paspor ke suatu negara merupakan keharusan?".

Jawabannya tidak.

Buat negara yang tidak saling mengakui tapi tidak melarang WN nya saling berkunjung dikenal dengan istilah affidavit.

Affidavit adalah selembar kertas (di luar Paspor) yang diberikan kepada WN tersebut untuk ditempelkan Visa. Saat tiba di negara tujuan, paspor ybs tidak akan dicap, tapi kertas terpisah itu yang dicap.

Affidavit ini bisa dibuang oleh pemegang paspor setelah melakukan kunjungan dari negara tersebut.

Contoh paling gampang adalah Indonesia sendri yang tidak mengakui Israel dan Taiwan, tapi tidak melarang WN nya untuk berkunjung ke Indonesia.

Berikut ini sedikit link yang menjelaskan (baca paragraf ke-1):

http://www.balitouristforum.com/bali_information/bali_visa_requirements.htm

Hal yang serupa juga terjadi dalam huungan antar banyak negara di dunia internasional.

Dengan adanya affidafit maka tidak ada cap kedatangan di suatu negara bagi ybs di paspornya, dan ini berarti mementahkan teori honeybee22 bahwa Canada akan melihat pada cap mendaratnya ybs di negara tujuan.

Satu hal dasar yang harus dipahami bahwa sistem pengawasan suatu negara TIDAK MUNGKIN menyandarkan pada sistem yang berjalan di negara lain. Karena ini akan terus berubah parameternya. Jadi tidak mungkin Canada mengontrol kedatangan/keberangkatan seseorang dari cap yang dibuat oleh negara lain.
John Connor - 31/10/2011 02:27 AM
#54

Quote:
Original Posted By cantalup
gak pake urat dan babat, gak bagus , kholestrolnya gede hehe

thanks gak omelin gua, karena gua dah crossing border sub-forum heheh\), abis itu debat pula .

ngga masalah bro... lu sering2 mampir di sini gua malah seneng... sepi euy.. \)
Quote:
Original Posted By Ars3n
Topik menarik nih... mau nanya jadinya.. kalau buat menentukan status PR, kalau begitu gimana caranya CIC menentukan secara pasti bahwa orang itu tinggal dalama canada selama 2 tahun dalam 5 tahun?

PS: nambahin nih, masuk schengen region di perimeter schengen setahu gw ada border control-nya... kalau udah masuk schengen region memang ga ada. Seinget gw masuk lewat darat maupun laut sepertinya petugas border itu selalu bawa2x cap.


ini yang gua dapet setelah nyari2 cukup lama:

Quote:

Both US Canada don´t have any exit visa procedue, as far as I know exit visa process is rare, not very common. You are correct, because of that it is very easy to take unethical advantage over the 2/5 years rule. Many people use to take that advantage. The only way you can closely track is to by looking at the entry date to where you went. However, that is debatable as well, in many countries you can get away without any entry seal as well. Canadian authority has to rely mostly on personal honesty. If they have doubt then they can ask for proof of residence like home lease..employment verification...family physician...But to directly determine whether your PS status is lost due to under staying is very difficult.
cantalup - 01/11/2011 02:57 AM
#55

^^
sama2...

at least gua dah keluarnak, "ada kemungkinan" di data mengalir ke 1mi.

contoh yang implicit utk program lainya:

http://www.cbsa-asfc.gc.ca/travel-voyage/twov-tsv/iaa-iiac-eng.html
Important: Participating airlines must collect and report TWOV passenger data to the Government of Canada, as identified in the TWOV Memorandum of Understanding, for statistical and program evaluation purposes.

lagi sibuk... so nanti kalo ada waktu, mampir lagi yak,,,

later Mod...\)
cantalup - 01/11/2011 03:07 AM
#56

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
It is entirely up to you untuk memandang cara kerja CBSA. Tapi yang pasti pejabat CBSA sendiri (baca link Toronto Star) mengatakan "kami hanya mengawasi orang masuk, kami tidak menghalangi orang keluar"

Kalau ga, itu orang yang lari dari pengadilan mestinya sudah di stop di perbatasan. Tapi nyatanya tidak kan!





Please bear in your mind bahwa hampir semua negara itu tidak mau tahu apa yang terjadi di luar wilayah mereka. Persis kata pejabat AS di atas "apa yg terjadi di Kanada belum tentu kejahatan di AS"



,


tertangunt lasirnya kemana, utk org Canada ke US, gak. karena No exit control.dimana bisa keluar dari Canada.
pas masuk ke US, tentu diperiksa,, masalahnya : karen Canada gak share informastion, karena alasan privacy laws yang kuat, maka piha US akan gak tahu dia itu berbuat samething dan dicari

bedakan denga
utk org US yang ke Canada, andaikan ada di laporing ke pihak Imi, maka US akan share ke Canada, dimana dia akan bisa keluar dari US, karena No exit Control, tapi pas di periksa di Canada, maka nama dia akan nongol di daftar \), so disuruh pulang ke US.
pas balik ke US, dia diperiksa, nah nongol di daftar, akhirnya ditangkep

tergantung, utk US dan Canada ada mutualism kok, jadi ada kepentingan US

contoh dari acara the most wanted. atau acara semacamnya, banyak org US yang berbuat kejahatan paling gampang ngabur ke Canada dan Mexico...
utk Canada, beberapa dicoba, tapi ada yang ketangkep, kenapa? karena nama/informasi mereka dah masuk database, dan itu di share ke Canada..

yang agak alot adalah negosiasi dengan Mexico, karena minta keringan2, seperti truck mexico bias masuk ke US dengan gampang, ini masih hangat loh... secara partial US/Mexico ada agreement share informasi yang perlu dicekal \).

ok segini dulu.
alesan kenapa gua explain, karena buat saling belajar, bagaimana sistem dimana antar negara sangatlah bergantungan, dan biasanya ada agreement dan disagreement
cantalup - 01/11/2011 03:13 AM
#57

Quote:
Original Posted By honeybee22
wow.. seru jg nie pembahasan No exit Controlnya.
kalo keluar dari canada emang gk dicap bro.. jd secara kasat mata, gk ketauan kl overstayed. tp ane ttp percaya skrg udah jamannya digital, jd ada aja kemungkinan utk CBSA tau.

tp yg penting adlh pas masuk lagi ke canada. ane br dpt nie visa multiple entry. pas kemarin masukin dokumen2 kekedutaan dan org kedutaannya tlp ane, bilang gini : " Ibu selama 14hari kemana aja di Canada, ngapain aja? trus ada rencana mau kemana lagi?" naah looh, dia koq bisa tau yaah gw pernah di canada selama 14hr.

gw rasa, dia bandingin antara tgl masuk canada dgn cap pulang dibandara RI, atau mrk jg py data2nya gw.. entahlah.. jd kalo seandainya ada org yg pernah overstayed dicanada, trs mau ajuin lagi visa kunjungan kekanada ini jelas2 bermasalah bro.. iloveindonesias


gua dah jelaskan, "ada kemungkinan" yang gak keliatan, karena di Canada, privacy Laws sangatlah di"pentingkan". jadi ada kemungkina dibelakang layar ada semacan control.

utk US, berbeda karena Privacy dah makin pudar,seelah TWC incidents heheh, so adan nongol macem2 laws, seperti Patriot Laws,,, dan Laws lainnya
dan juga nongol ICE division yang lebih garing dari INS ( dileburkan ke USCIS)

silakan masing2 menilai mana yang diyakinini, nothing black or white, just our experience and perception.
honeybee22 - 01/11/2011 11:24 AM
#58

Quote:
Original Posted By Edwin05032009
It is entirely up to you untuk memandang cara kerja CBSA. Tapi yang pasti pejabat CBSA sendiri (baca link Toronto Star) mengatakan "kami hanya mengawasi orang masuk, kami tidak menghalangi orang keluar"

Kalau ga, itu orang yang lari dari pengadilan mestinya sudah di stop di perbatasan. Tapi nyatanya tidak kan!





ente mungkin lupa, waktu gisi form kan ditanya "have you been from Canada before", "how long is your previous stay"



Ga mungkin banget lah Neng.... emangya semua orang yg keluar dari Canada langsung ke Indonesia? trus yang stopover untuk tinggal di Hongkong selama 1 bulan, ketika dapat cap mendarat di Indonesia
satu bulan kemudian jadi dianggap overstay di Kanada 1 bulan donng??

Mau ngerujuk dari cap Hongkong?? lah kalau orang itu ke Eropa trus mutar-mutar di negara Schengen lewat darat yg ga pakai cap masuk gimana????

Please bear in your mind bahwa hampir semua negara itu tidak mau tahu apa yang terjadi di luar wilayah mereka. Persis kata pejabat AS di atas "apa yg terjadi di Kanada belum tentu kejahatan di AS"



Quote me for this or you can check with CBSA office. "Seseorang yang dideportasi dan memutuskan pulang dengan menggunakan biaya sendiri, maka ybs dapat mengajukan visa kembali ke Kanada setibanya di negara tujuan". Dan ini sudah terbukti banyak orang ex-overstayer yg visanya dikabulkan.

Lain halnya jika ybs menggunakan biaya negara "maka ybs tidak boleh kembali dalam 5 tahun"

I am only telling you the fact

cheers,




hmm... wkt ane isi formulir visa kaga ditanya tuh brp lama ane ke canada. cm ditanya nomor visa canada sebelumnya berapa. mangkanya ane jg bingung koq mrk bs tau ya gw pernah brp lama di canada. hehe p mgkn jaman ente apply visa sama jaman ane apply visa canda beda kali yee..
capedes

kalopun gw stop over di hongkong cm buat transit 1-2hr, kan pasti ada cap masuk hongkongnya, naah, itukan bs diitung mundur. dr awal lu dicap msk di canada sm cap masuk negara lain. jd gk hanya cap negara RI aja. meskipun muter2 kebeberapa negara itu gk jd perhatian org kedutaan, mrk pasti bakal tau.. kapan terakhir lu ninggalin canda. cukup diliat dr kapan lu msk canda trus masuk lagi negara lain setelah canada.
kl lu apply visa canada lg mrk pasti perhatikan itu.

kalo lu overstay, nobody will care asalkan jgn ketangkep aje.. tp yg jd masalahnya adalh pas lu apply lg tuh visa. mrk pasti tau lu over stay apa kaga. gampill bgt taunya. itung aja sndr.

gw sie high rekomen buat yg udah pernah overstay, utk berhati-hati pas apply visa lagi. kecuali lu mau gambling. skrg ini jaman udah canggih. sebebas apapun negara kaga ada exit control, dia pasti tau kita overstay apa kaga.
tp yaa kl lu mau ngotot kaga bakal ketauan yaa terserah deeh.. mgkn lu py pengalaman overstay and berhasil dpt visa lagi. yaa hoki lu deh.. tp gw kaga mau aah kayak gitu.. hehehe \) resikoo bow..
Hansdza - 02/11/2011 12:40 AM
#59

emang paling bener ada evidence orang yg overstay trus keluar dari canada fine2 aja trus apply lg visa (atau bahkan PR) juga fine2 aja... udah gitu orangnya bukan cuma satu atau dua orang tapi many... bagus nieh buat support argument and analisisnya...

gw suka nie diskusi... bro edwin pengetahuan imigrasinya lumayan luas... mantap
Edwin05032009 - 02/11/2011 03:17 PM
#60

Quote:
kalopun gw stop over di hongkong cm buat transit 1-2hr, kan pasti ada cap masuk hongkongnya, naah, itukan bs diitung mundur. dr awal lu dicap msk di canada sm cap masuk negara lain. jd gk hanya cap negara RI aja. meskipun muter2 kebeberapa negara itu gk jd perhatian org kedutaan, mrk pasti bakal tau.. kapan terakhir lu ninggalin canda. cukup diliat dr kapan lu msk canda trus masuk lagi negara lain setelah canada.
kl lu apply visa canada lg mrk pasti perhatikan itu.


Wadoow si neng.... kayanya ga baca diskusi selanjutnya.

Neng...kan udah aye bilang bahwa cap masuk di paspor juga bukan keharusan. Lu sebagai WNI kalo dari Canada trus maen dulu ke Israel, paspor lu ga bakalan di cap, tapi yg dicap avidafitnya. Avidafit ini terlepas dari paspor dan lu bisa buang kalau ga mau ketahuan pernah main ke negara ini.

Lah...kalo tinggal di Israelnya lama trus baru balik ke Indonesia setahun kemudian berarti lu overstay di Canada satu tahun gitchuuu....?

KEDUA, emangnya paspor itu seumur hidup neng? kan usiannya 5 tahun sekali, setelah itu ganti buku. Trus kalau lu nge-apply Visa pakai buku baru dari mana Canada tahu record perjalanan lu masuk ke Indonesia itu kapan????

Ingat loh kalau ganti paspor itu BUKAN hanya kalau sudah habis masa berlakunya, tapi juga bisa baru usia 1 tahun atau bahkan 3 bulan dengan alasan:

1. Buku paspor rusak (misalnya kena banjur kopi)
2. Hilang
3. Buku habis oleh berbagai cap dan visa (karena banyak traveling).

Sekarang Neng nyaho kan...kenapa cap masuk suatu negara itu ga bisa dijadikan patokan oleh negara lain.

Itu yang gua bilang paramaternya akan terus berubah, kalau hanya menyandarkan pada sistem dari negara lain.
Page 3 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > Kaskuser Regional > AMERIKA > CANADA > Tentang Gelap/Ov’r St’y/Pend'tang H’ram