Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Perkenalkan... Kami Katolik
Total Views: 157671 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 430 of 439 | ‹ First  < 425 426 427 428 429 430 431 432 433 434 435 >  Last ›

Bluemanwalker - 15/09/2012 08:36 PM
#8581

Quote:
Original Posted By shooji
setelah baca2 gerakan karismatik katholik bukanlah aliran yg sesat

Dalam Audiensi dengan Kadinal Suenens dan the Council Members of the International Charismatic Renewal Office, 11 Desember 1979, Paus Yohanes Paulus II berkata demikian:

“…This is my first meeting with you, Catholic charismatics . . . I have always belonged to this renewal in the Holy Spirit. . . . I am convinced that this movement is a sign of His action. The world is much in need of this action of the Holy Spirit, and it needs many instruments for this action. . . . Through this action, the Holy Spirit comes to the human spirit, and from this moment we begin to live again, to find our very selves, to find our identity, our total humanity. Consequently, I am convinced that this movement is a very important component in the total renewal of the Church, in this spiritual renewal of the Church.“

http://katolisitas.org/6832/apakah-gerakan-karismatik-katolik-sesat
disitu disebutkan jga ttg gereja2 diluar katholik

memang bukan aliran sesat karena BUKAN ALIRAN.
Quote:
Original Posted By shooji
di semarang gereja katholik karismatik dimana ya??

ga ada, kan sudah dibilang, BUKAN ALIRAN.
begobae - 15/09/2012 08:41 PM
#8582

all mohon maaf terpaksa ane quote biar jelas \)

setelah clear pasti di edit \)


sekalian biar cepet jadi MIK p ngakaks
BijiTerbang - 16/09/2012 01:09 AM
#8583

Quote:
Original Posted By shooji
ngikut juga lu bro di mari kiss
masa sih bro...

iya ji, gw protestan dan pingin tau katolik bagaimana dan seperti apa mereka memandang "protestan" \)
apakah mereka menganggap kita sebagai saudara seiman
atau hanya sebagai duri dalam daging \)
Quote:
Original Posted By Bluemanwalker

ralat, bukan aliran, tapi kategorial o

kenapa bisa ada kategorial ?
jangan bilang mengikuti perkembangan zaman ya \)
Quote:
Original Posted By Bluemanwalker
memang bukan aliran sesat karena BUKAN ALIRAN.

ga ada, kan sudah dibilang, BUKAN ALIRAN.

sabar bro, mohon dimaafkan kalo ada kata2 yg salah shakehand
HellMoritzz - 16/09/2012 01:11 AM
#8584

Quote:
Original Posted By shooji
di semarang gereja katholik karismatik dimana ya??


situ orang semarang ya gan...gereja mana?
.ben.bon. - 16/09/2012 01:28 AM
#8585

misi gan..
mau tanya dong..
saya kan lgi novena 3salam maria..
jam00.00
klw misalkan biasa berdoa dikamar ,tp kmrn saya jam00.00 msh brada dirmh tmn saya n saya novena disana ga masalah kan ya??tolong sharenya,..
masdheki - 16/09/2012 01:29 AM
#8586

Quote:
Original Posted By BijiTerbang
iya ji, gw protestan dan pingin tau katolik bagaimana dan seperti apa mereka memandang "protestan" \)
apakah mereka menganggap kita sebagai saudara seiman
atau hanya sebagai duri dalam daging \)


Sikap Gereja Katolik dan juga setiap anggota Gereja terhadap orang lain adalah sama seperti sikap Kristus terhadap orang lain, yaitu kasih. Sikap kasih inilah yang dituntut dari setiap anggota Gereja, sehingga masing-masing dari kita akan menjadi saksi yang hidup. Tanpa kesaksian yang baik, maka semua kebenaran hanyalah menjadi teori belaka tanpa ada realitasnya. Setiap anggota Gereja dipanggil untuk menjadi kudus. Namun sikap kasih ini tidak berarti mengorbankan kebenaran. Jadi Gereja tetap mewartakan kebenaran yang sama, seperti yang diwartakan oleh Kristus, walaupun berbeda dengan apa yang dipercayai oleh agama atau kepercayaan yang lain. Mewartakan kebenaran adalah salah satu bentuk dari kasih.

Secara prinsip gereja non-Katolik bersatu dalam Gereja Katolik karena Sakramen Baptis, namun tidak menjadi anggota penuh dari Gereja Katolik, dan kehilangan berkat-berkat Sakramen, seperti Ekaristi, Sakramen Tobat, dll.

Unitatis Redintegratio, Dekrit ttg Ekumenisme no. 3:
Spoiler for Hubungan antara saudara-saudari yang terpisah dan Gereja Katolik
Dalam satu dan satu-satunya Gereja Allah itu sejak awalmula telah timbul berbagai perpecahan, yang oleh Rasul dikecam dengan tajam sebagai hal yang layak di hukum. Dalam abad-abad sesudahnya timbullah pertentangan-pertentangan yang lebih luas lingkupnya, dan jemaat-jemaat yang cukup besar terpisahkan dari persekutuan sepenuhnya dengan Gereja Katolik, yang seringnya karena kesalahan orang- orang di kedua belah pihak. Tetapi mereka, yang sekarang lahir dan di besarkan dalam iman akan Kristus di jemaat-jemaat itu, tidak dapat dipersalahkan dan dianggap berdosa karena memisahkan diri. Gereja Katolik merangkul mereka dengan sikap bersaudara penuh hormat dan cinta kasih. Sebab mereka itu, yang beriman akan Kristus dan dibaptis secara sah, berada dalam suatu persekutuan dengan Gereja Katolik, meskipun persekutuan ini tidak sempurna. Perbedaan- perbedaan yang ada dalam derajat yang berbeda di antara mereka dan Gereja Katolik- baik perihal ajaran dan ada kalanya juga dalam tata-tertib, maupun mengenai tata-susunan Gereja, memang menciptakan banyak hambatan, kadang menjadi hambatan yang serius, terhadap persekutuan gerejawi yang penuh. Gerakan ekumenis bertujuan mengatasi hambatan-hambatan itu. Sungguhpun begitu, karena mereka dalam Baptis dibenarkan berdasarkan iman, mereka disaturagakan dalam Kristus. Oleh karena itu mereka memang dengan tepat menyandang nama Kristen, dan tepat pula oleh putera-puteri Gereja katolik diakui selaku saudara-saudari dalam Tuhan.

Kecuali itu, dari unsur-unsur atau nilai-nilai, yang keseluruhannya ikut berperanan dalam pembangunan serta kehidupan Gereja sendiri, beberapa bahkan banyak sekali yang sangat berharga, yang dapat ditemukan diluar kawasan Gereja katolik yang kelihatan: Sabda Allah dalam Kitab suci, kehidupan rahmat, iman, harapan dan cinta kasih, begitu pula kurnia-kurnia Roh kudus lainnya yang bersifat batiniah dan unsur-unsur lahiriah. Itu semua bersumber pada Kristus dan mengantar kepada-Nya, dan memang selayaknya termasuk gereja Kristus yang tunggal.

Tidak sedikit pula upacara-upacara agama kristen, yang diselenggarakan oleh saudara-saudari yang tercerai dari kita. Upacara-upacara itu dengan pelbagai cara dan menurut bermacam-ragam situasi masing-masing Gereja dan jemaat sudah jelas memang dapat menyalurkan hidup rahmat yang sesungguhnya, dan harus diakui dapat membuka pintu memasuki persekutuan keselamatan.

Oleh karena itu Gereja-Gereja dan Jemaat-Jemaat yang terpisah, walaupun menurut pandangan kita diwarnai oleh kekurangan-kekurangan, sama sekali bukannya tidak berarti atau bernilai dalam misteri keselamatan. Sebab Roh Kristus tidak menolak untuk menggunakan mereka sebagai upaya-upaya keselamatan, yang kekuatannya bersumber pada kepenuhan rahmat serta kebenaran sendiri, yang dipercayakan kepada Gereja katolik.

Akan tetapi saudara-saudari yang tercerai dari kita, baik secara perorangan maupun sebagai Jemaat dan Gereja, tidak menikmati kesatuan, yang oleh Yesus Kristus hendak dikurniakan kepada mereka semua, yang telah dilahirkan-Nya kembali dan dihidupkan-Nya untuk menjadi satu tubuh, bagi kehidupan yang serba baru, menurut kesaksian Kitab suci dan tradisi Gereja yang terhormat. Sebab hanya melalui Gereja Kristus yang katoliklah, yakni upaya umum untuk keselamatan, dapat dicapai seluruh kepenuhan upaya-upaya penyelamatan. Sebab kita percaya, bahwa hanya kepada Dewan Para Rasul yang diketuai oleh Petruslah Tuhan telah mempercayakan segala harta Perjanjian Baru, untuk membentuk satu Tubuh kristus di dunia. Dalam tubuh itu harus disaturagakan sepenuhnya siapa saja, yang dengan suatu cara telah termasuk umat Allah, Selama berziarah di dunia, umat itu, meskipun dalam para anggotanya tetap tidak terluputkan dari dosa, berkembang dalam Kristus, dan secara halus dibimbing oleh Allah, menurut rencana-Nya yang penuh rahasia, sampai akhirnya penuh kegembiraan meraih seluruh kepenuhan kemuliaan kekal di kota Yerusalem sorgawi.
masdheki - 16/09/2012 01:39 AM
#8587

Quote:
Original Posted By .ben.bon.
misi gan..
mau tanya dong..
saya kan lgi novena 3salam maria..
jam00.00
klw misalkan biasa berdoa dikamar ,tp kmrn saya jam00.00 msh brada dirmh tmn saya n saya novena disana ga masalah kan ya??tolong sharenya,..


Nggak apa2 bro......Nggak masalah.....

Seperti yang diserukan oleh St. Teresia, bahwa doa harus dilakukan “di tengah percobaan dan di tengah kegembiraan.” Ini berarti doa harus dilakukan setiap saat tanpa memandang situasi yang sedang kita alami. Begitu juga dengan tempatnya.

Malah bagus kalau berdoa juga bersama-sama dengan teman anda (kalau teman anda juga Katolik).
BijiTerbang - 16/09/2012 01:39 AM
#8588

Quote:
Original Posted By masdheki
secara prinsip gereja non-Katolik bersatu dalam Gereja Katolik karena Sakramen Baptis, namun tidak menjadi anggota penuh dari Gereja Katolik, dan kehilangan berkat-berkat Sakramen, seperti Ekaristi, Sakramen Tobat, dll.



bold
jadi "kami" yg bukan katolik tidak sama "porsi" pertobatannya dengan kalian di hadapan Tuhan Yesus gitu ?

siapakah kalian yg berhak menghakimi kadar Iman seseorang ??
wanna play god ??
.ben.bon. - 16/09/2012 01:44 AM
#8589

Quote:
Original Posted By masdheki
Nggak apa2 bro......Nggak masalah.....

Seperti yang diserukan oleh St. Teresia, bahwa doa harus dilakukan “di tengah percobaan dan di tengah kegembiraan.” Ini berarti doa harus dilakukan setiap saat tanpa memandang situasi yang sedang kita alami. Begitu juga dengan tempatnya.

Malah bagus kalau berdoa juga bersama-sama dengan teman anda (kalau teman anda juga Katolik).


hehe oh bgtu..thx ya gan..pujisyukur klw ga masalah mah..
kebetulan tmn ane nonis jadi gabsa ikut novena...hehe
Bluemanwalker - 16/09/2012 01:55 AM
#8590

Quote:
Original Posted By BijiTerbang
iya ji, gw protestan dan pingin tau katolik bagaimana dan seperti apa mereka memandang "protestan" \)
apakah mereka menganggap kita sebagai saudara seiman
atau hanya sebagai duri dalam daging \)

kenapa bisa ada kategorial ?
jangan bilang mengikuti perkembangan zaman ya \)

sabar bro, mohon dimaafkan kalo ada kata2 yg salah shakehand

Kategorial = kelompok yang bertujuan untuk wadah umat dengan fokus tertentu, kurang lebih begitu.
saya ketik huruf kapital cuma penekanan, bukan marah.
Quote:
Original Posted By .ben.bon.
misi gan..
mau tanya dong..
saya kan lgi novena 3salam maria..
jam00.00
klw misalkan biasa berdoa dikamar ,tp kmrn saya jam00.00 msh brada dirmh tmn saya n saya novena disana ga masalah kan ya??tolong sharenya,..

Tidak masalah.
Zayne Carrick - 16/09/2012 01:55 AM
#8591

Quote:
Original Posted By BijiTerbang
bold
jadi "kami" yg bukan katolik tidak sama "porsi" pertobatannya dengan kalian di hadapan Tuhan Yesus gitu ?


begitulah... mau gimana lagi, secara ajaran iman dan moral dah beda...

dan juga dogma EENS tidak akan pernah berubah...

ini tambahan sebagian terjemahan bebas dari dokumen Dominus Iesus


Spoiler for Dominus Iesus
97 Kesamaan, sebagai dasar dari dialog antar agama, harus mengacu kepada kesetaraan derajat kemanusiaan setiap pihak yang ikut berdialog, bukan pada isi doktrinnya, atau pada posisi Yesus Kristus — yang adalah Allah yang menjelma menjadi manusia — dalam hubungannya dengan para penemu agama-agama yang lain. Gereja, dibimbing oleh kemurahan hati dan penghormatan atas kebebasan, 98 harus berkomitment untuk mewartakan kepada semua orang kebenaran yang telah diungkapkan oleh Tuhan, dan menyatakan keharusan untuk beralih kepda Yesus Kristus dan menyatu dengan Gereja melalui (sakramen) Pembaptisan dan sakramen-sakramen lainnya, agar dapat berpartisipasi secara penuh dengan Tuhan, Bapa, Putera dan Roh Kudus. Sehingga kepastian karya penyelamatan universal Allah tidak surut, malahan akan meningkatkan beban dan kepentingan dari pewartaan keselamatan dan beralih kepada Tuhan Yesus Kristus.
pareman1806 - 16/09/2012 02:00 AM
#8592

Jadi si biji pas lahir dulu gak dibaptis yak? amazed:
BijiTerbang - 16/09/2012 02:17 AM
#8593

Quote:
Original Posted By Bluemanwalker
Kategorial = kelompok yang bertujuan untuk wadah umat dengan fokus tertentu, kurang lebih begitu.
saya ketik huruf kapital cuma penekanan, bukan marah.

Tidak masalah.

sebelumnya terima kasih atas pengertiannya shakehand

bisa bro jelaskan lebih rinci yg di bold ?
Quote:
Original Posted By Zayne Carrick
begitulah... mau gimana lagi, secara ajaran iman dan moral dah beda...

dan juga dogma EENS tidak akan pernah berubah...

ini tambahan sebagian terjemahan bebas dari dokumen Dominus Iesus


Spoiler for Dominus Iesus
97 Kesamaan, sebagai dasar dari dialog antar agama, harus mengacu kepada kesetaraan derajat kemanusiaan setiap pihak yang ikut berdialog, bukan pada isi doktrinnya, atau pada posisi Yesus Kristus — yang adalah Allah yang menjelma menjadi manusia — dalam hubungannya dengan para penemu agama-agama yang lain. Gereja, dibimbing oleh kemurahan hati dan penghormatan atas kebebasan, 98 harus berkomitment untuk mewartakan kepada semua orang kebenaran yang telah diungkapkan oleh Tuhan, dan menyatakan keharusan untuk beralih kepda Yesus Kristus dan menyatu dengan Gereja melalui (sakramen) Pembaptisan dan sakramen-sakramen lainnya, agar dapat berpartisipasi secara penuh dengan Tuhan, Bapa, Putera dan Roh Kudus. Sehingga kepastian karya penyelamatan universal Allah tidak surut, malahan akan meningkatkan beban dan kepentingan dari pewartaan keselamatan dan beralih kepada Tuhan Yesus Kristus.

Moral ??
anda bisa dan tega bicara tentang perbedaan moral dengan saya yg notabene saudara seiman anda ?? atau memang anda diajarkan tidak menganggap kami sebagai saudara seiman ??
no wonder why setiap ada acara oikoumene di daerah saya, hanya dari kalangan katolik yg tidak pernah datang \)

tolong jelaskan sakramen apa saja yg membedakan kadar Iman anda dan saya dimata Tuhan Yesus, apakah anda yakin akan masuk surga karena menganut katolik ?? \)
Quote:
Original Posted By pareman1806
Jadi si biji pas lahir dulu gak dibaptis yak? amazed:

nohope:

dari baptis percik ampe selam dah gw jalanin DD
pareman1806 - 16/09/2012 02:38 AM
#8594

Quote:
Original Posted By BijiTerbang

dari baptis percik ampe selam dah gw jalanin DD


Itu dipercikan pake batang apaan sih, ganja bukan?
Kalo diselamin kek nya pala lu dimasukin kedalam drum bekas minyak tanah ya ji? amazed:

------------------------------
barusan baca-baca index

1. Phercaya ahtas kheperawanan Bunda Maria
2. Phercaya bhahwa Paus ihtu ahdalah whakil Kristus di bhumi
3. Phercaya bhahwa Paus thidak bhisa shalah kharena dhituntun ohleh Roh Kudus
4. Phercaya ahtas akshi phengakuan dhosa

Jadi gua mo nanya dikit nih. cool:
1. Menurut kristen katolik & protestan Bunda maria tuh masih perawan gak?
2. Kalo buat protestan wakil kristus dibumi siapa?
3. Paus manusia bukan?
Kok gak bisa salah gitu, yakin nih?
4. kalo dosanya udah diakui berarti mulai dari nol lagi ya?
Zayne Carrick - 16/09/2012 02:43 AM
#8595

Quote:
Original Posted By BijiTerbang
sebelumnya terima kasih atas pengertiannya shakehand

bisa bro jelaskan lebih rinci yg di bold ?

Moral ??
anda bisa dan tega bicara tentang perbedaan moral dengan saya yg notabene saudara seiman anda ?? atau memang anda diajarkan tidak menganggap kami sebagai saudara seiman ??
no wonder why setiap ada acara oikoumene di daerah saya, hanya dari kalangan katolik yg tidak pernah datang \)

tolong jelaskan sakramen apa saja yg membedakan kadar Iman anda dan saya dimata Tuhan Yesus, apakah anda yakin akan masuk surga karena menganut katolik ?? \)

nohope:

dari baptis percik ampe selam dah gw jalanin DD


Kalo dari dasarnya aja udah beda, apalagi ajaran yg memakai dasar tersebut... tentu nya jadi beda juga... D
conto gampang nya aja...

Alkitab, yg dipakai oleh Katolik dan Protestan memiliki perbedaan yg cukup mendasar... baik dari susunan hingga tafsirannya...

dan menurut ajaran Gereja Katolik, Protestan bukanlah suatu institusi agama, tetapi melainkan suatu bentuk komunitas2 gerejawi yg belum bersekutu penuh dengan Gereja Katolik.
BijiTerbang - 16/09/2012 02:45 AM
#8596

jujur saya sangat kecewa dan miris dengan jawaban saudara2 katolik saya disini \)

kalian terlalu arogan untuk menerima tatacara ibadah orang lain karena dogma yg dibikin oleh manusia
kalian yg membuat perpecahan diantara umat kristiani karena kalian merasa special dan terlalu merasa benar sehingga kalian merasa "surga" hanya milik kalian saja dengan mengesampingkan realita kalo Tuhan Yesus itu tidak memiliki agama melainkan ajaran "kasihnya" yg menjadi teladan dan diikuti oleh seluruh umat manusia bahkan oleh agama lain \)

tapi kalian bisa berbicara moral dan menjudge kadar Iman seseorang hanya karena dogma ??

kalian hidup untuk manusia atau untuk kasih karunia Tuhan Yesus ??
think twice, dan bergaul...masih banyak hal yg bisa kalian dapat di luar sana daripada hanya dogma buatan manusia yg membuat kalian menjadi kerdil dan berpikiran picik \)
BijiTerbang - 16/09/2012 02:53 AM
#8597

Quote:
Original Posted By pareman1806
Itu dipercikan pake batang apaan sih, ganja bukan?
Kalo diselamin kek nya pala lu dimasukin kedalam drum bekas minyak tanah ya ji? amazed:

------------------------------
barusan baca-baca index

1. Phercaya ahtas kheperawanan Bunda Maria
2. Phercaya bhahwa Paus ihtu ahdalah whakil Kristus di bhumi
3. Phercaya bhahwa Paus thidak bhisa shalah kharena dhituntun ohleh Roh Kudus
4. Phercaya ahtas akshi phengakuan dhosa

Jadi gua mo nanya dikit nih. cool:
1. Menurut kristen katolik & protestan Bunda maria tuh masih perawan gak?
2. Kalo buat protestan wakil kristus dibumi siapa?
3. Paus manusia bukan?
Kok gak bisa salah gitu, yakin nih?
4. kalo dosanya udah diakui berarti mulai dari nol lagi ya?

nohope:
gw coba jawab deh nohope:

1.sebelum melahirkan jelas perawan karena tertulis di kitab, kalo dah melahirkan ya loe pikir ndiri \)
2.Yesus Kristus
3.gw gak bisa jawab, soalnya ada 2 mamalia yg sama namanya \)
4.bukan diakui, tapi di sucikan...kalo dalam protestan mengaku dosa tidak melalui menusia, cukup berdoa meminta ampun dengan tulus maka dosamu akan diampuni shakehand
Quote:
Original Posted By Zayne Carrick
Kalo dari dasarnya aja udah beda, apalagi ajaran yg memakai dasar tersebut... tentu nya jadi beda juga... D
conto gampang nya aja...

Alkitab, yg dipakai oleh Katolik dan Protestan memiliki perbedaan yg cukup mendasar... baik dari susunan hingga tafsirannya...

dan menurut ajaran Gereja Katolik, Protestan bukanlah suatu institusi agama, tetapi melainkan suatu bentuk komunitas2 gerejawi yg belum bersekutu penuh dengan Gereja Katolik.

katanya manusia ya gan \)

saya sangat bersyukur bisa mampir di tret ini bertemu dengan saudara seiman meskipun mereka tdk menganggap saya seperti saudara seimannya DDD
Zayne Carrick - 16/09/2012 02:54 AM
#8598

Quote:
Original Posted By pareman1806
Itu dipercikan pake batang apaan sih, ganja bukan?
Kalo diselamin kek nya pala lu dimasukin kedalam drum bekas minyak tanah ya ji? amazed:

------------------------------
barusan baca-baca index

1. Phercaya ahtas kheperawanan Bunda Maria
2. Phercaya bhahwa Paus ihtu ahdalah whakil Kristus di bhumi
3. Phercaya bhahwa Paus thidak bhisa shalah kharena dhituntun ohleh Roh Kudus
4. Phercaya ahtas akshi phengakuan dhosa

Jadi gua mo nanya dikit nih. cool:
1. Menurut kristen katolik & protestan Bunda maria tuh masih perawan gak?
2. Kalo buat protestan wakil kristus dibumi siapa?
3. Paus manusia bukan?
Kok gak bisa salah gitu, yakin nih?
4. kalo dosanya udah diakui berarti mulai dari nol lagi ya?


yg purgatori gak sekalian ditanyakan? D
pareman1806 - 16/09/2012 03:02 AM
#8599

Quote:
Original Posted By BijiTerbang
nohope:
gw coba jawab deh nohope:

1.sebelum melahirkan jelas perawan karena tertulis di kitab, kalo dah melahirkan ya loe pikir ndiri \)
2.Yesus Kristus
3.gw gak bisa jawab, soalnya ada 2 mamalia yg sama namanya \)
4.bukan diakui, tapi di sucikan...kalo dalam protestan mengaku dosa tidak melalui menusia, cukup berdoa meminta ampun dengan tulus maka dosamu akan diampuni shakehand

katanya manusia ya gan \)

saya sangat bersyukur bisa mampir di tret ini bertemu dengan saudara seiman meskipun mereka tdk menganggap saya seperti saudara seimannya DDD


Okeh pandangan dari protestan yang diwakilkan biji udah duluan menjawab. D
1. Emang Bunda Maria punya anak ji?
2. Paus = Yesus gitu? amazed:
3. Paus dan Roh kudus termasuk mamalia ji?
4. Diakui dan disucikan beda ji.

Quote:
Original Posted By Zayne Carrick
yg purgatori gak sekalian ditanyakan? D


jujur gak ngerti gua masah purgatori, taunya cuma mpok nori. D
dowey - 16/09/2012 03:08 AM
#8600

kenapa penghuni DC pada nyasar disini?
apa ada yg bakar menyan?
Page 430 of 439 | ‹ First  < 425 426 427 428 429 430 431 432 433 434 435 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Perkenalkan... Kami Katolik