Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Perkenalkan... Kami Katolik
Total Views: 157671 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 439 of 439 | ‹ First  < 434 435 436 437 438 439

anggitagusta - 17/10/2012 05:19 PM
#8761

Quote:
Original Posted By jimanjiman

tempat pelepasan roh jahat? koq agak aneh pertanyaannya

kalo doa pelepasan, semua orang bisa mendoakan.
kalo exsorsisme, cuma boleh imam yang diberi ijin oleh uskup.

camping rohani, mungkin ada yang lain yang bisa bantu?


iya mas, soalnya temenku pernah semacam pelepasan roh2 jahat yang ada dalam diri dia gitu..
orang yang ngebantu itu kalo ga salah bukan biarawan biarawati, tapi dia tahu hal2 seperti itu.. dia juga suka ikut kelompok doa di kediri namanya SEL kalo ga salah


Quote:
Original Posted By demaxi17


camping rohani seathuku ya cmn ada 1
dan itu setahun sekali
diadakan di Ngadireso, Tumpang, Jawa Timur
dibagi menjadi tiga
buat yang kuliah, sma dan sd
nginep di situ selama seminggu
dibawakan oleh suster ato frater Karmel (o.carm)
knp emangnya gan?


ada lagi kapan ya itu mas ? aku mau ikut mas
rimbani - 17/10/2012 10:24 PM
#8762

wah ane baru tahu gan ada thread katolik D

numpang absen dimarih ya p
katjakatja - 18/10/2012 01:25 PM
#8763

Quote:
Original Posted By gonagai
ada sepuh malu:
Utk pendalaman iman, di lingk ane sie liturgi lingkungan yang mengatur jdwlnya. Cari tempat & pemandu.

Poin no 2 yg di bold maksudnya gimana Puh malu:


Biasanya kan kalo ibadat di lingkungan pake bentuk ibadat sabda yang mirip2 urutannya dengan Misa, misalnya:
RITUS PEMBUKA
Lagu Pembuka
Pengantar
Seruan Tobat
(Kemuliaan kalo hari raya)
Doa Pembuka

LITURGI SABDA
Bacaan Pertama
Mazmur Tanggapan / Nyanyian Sabda
Bacaan Injil
Renungan
Doa Umat

langsung disambung ke RITUS PENUTUP:
Bapa Kami
Doa Penutup
Mohon Berkat
Lagu Penutup

Itu kan bentuk yg umum. Sedangkan di Puji Syukur juga ada yg namanya Ibadat Harian, lupa nomer berapa, di situ ada Ibadat Pagi, Ibadat Sore, dan Ibadat Penutup (completorium). Nah, ada sedikit lingkungan yang tiap kali ibadat lingkungan pake bentuk Ibadat Penutup yg di puji syukur itu. bentuknya beda dengan ibadat sabda yg umum, lebih banyak mazmur. Kalo lagi retret atau jalan2 lingkungan juga bisa dipake Ibadat Pagi dan sorenya.

Yg di PS itu bentuk Ibadat Harian yang umum banget. Kalo mau lebih khusus mesti beli bukunya, cari di obor, nama bukunya Ibadat Harian.

Lumayan buat variasi ibadat di lingkungan.


Quote:
Original Posted By gonagai

utk konteks mempromosikan kegiatan devosional, itu sebaiknya gimana? apakah mendoakan bersama di lingkungan doa devosi tsb atau bagaimana? ada saran?


sebaiknya sebelum mulai berdevosi, umat lingkungan perlu diberitahukan tentang asal muasal devosi itu. Misalnya devosi Kerahiman Ilahi, ya harus dijelaskan segala sesuatunya, siapa promotornya, gimana wahyu pribadinya, tujuannya apa, dll.

Pada dasarnya kan masing2 devosi itu untuk memenuhi hasrat rohani seseorang. dan kebutuhan rohani satu orang tentu berbeda dengan orang lainnya. jadi kalau ada banyak devosi yang ditawarkan ke umat, mereka nantinya diharapkan dapat memilih salah satu devosi yang cocok dengan kekhasan pribadi masing2 supaya makin dekat relasinya dengan Allah.
katjakatja - 18/10/2012 01:33 PM
#8764

Quote:
Original Posted By katjakatja
Biasanya kan kalo ibadat di lingkungan pake bentuk ibadat sabda yang mirip2 urutannya dengan Misa, misalnya:
RITUS PEMBUKA
Lagu Pembuka
Pengantar
Seruan Tobat
(Kemuliaan kalo hari raya)
Doa Pembuka

LITURGI SABDA
Bacaan Pertama
Mazmur Tanggapan / Nyanyian Sabda
Bacaan Injil
Renungan
Doa Umat

langsung disambung ke RITUS PENUTUP:
Bapa Kami
Doa Penutup
Mohon Berkat
Lagu Penutup

Itu kan bentuk yg umum. Sedangkan di Puji Syukur juga ada yg namanya Ibadat Harian, lupa nomer berapa, di situ ada Ibadat Pagi, Ibadat Sore, dan Ibadat Penutup (completorium). Nah, ada sedikit lingkungan yang tiap kali ibadat lingkungan pake bentuk Ibadat Penutup yg di puji syukur itu. bentuknya beda dengan ibadat sabda yg umum, lebih banyak mazmur. Kalo lagi retret atau jalan2 lingkungan juga bisa dipake Ibadat Pagi dan sorenya.

Yg di PS itu bentuk Ibadat Harian yang umum banget. Kalo mau lebih khusus mesti beli bukunya, cari di obor, nama bukunya Ibadat Harian.

Lumayan buat variasi ibadat di lingkungan.


ngelanjutin yg ini.....

Sebenernya untuk ibadat sabda di lingkungan tidak ada bentuk yg baku. Bentuk baku untuk ibadat sabda afaik hanya untuk Ibadat Sabda hari Minggu tanpa kehadiran seorang imam. Jadi untuk daerah pedalaman yang hari Minggu gak Misa, pake bentuk yg baku. (fyi bentuk baku yg baru sedang dikerjakan KWI).

Jadi variasinya juga banyak dimungkinkan, misalnya doa yg lebih banyak, lagu yg lebih banyak, atau waktu hening yang lebih lama, dll.

COntohnya seruan tobat. Rumus "Saya mengaku" sebenarnya hanya untuk Misa, jadi tidak digunakan untuk ibadat sabda. Pada ibadat sabda digunakan cara lain, misalnya dengan mendaraskan mazmur. kalo menurut gw sebaiknya pake cara ini (mendaraskan mazmur) karena kebanyakan umat katolik di indonesia agak asing menggunakan mazmur sebagai doa, padahal mazmur sendiri adalah doa2 yg dinyanyikan.

Contoh lain adalah soal bacaan, yang tidak harus selalu dua bacaan seperti di kalender liturgi. Bisa juga diambil salah satu bacaan hari itu, atau hari lain sesuai kebutuhan umat yang berdoa. Sebelum dan sesudah bacaan pun bisa disisipkan dengan lagu. Renungan tidak selalu model satu arah seperti homili saat Misa, tapi bisa bentuk sharing atau tanya jawab.

Bisa juga ditambah doa2 "favorit" misalnya rosario, doa kepada santo pelindung, doa untuk para imam, dll.
gonagai - 18/10/2012 04:54 PM
#8765

Quote:
Original Posted By katjakatja
Biasanya kan kalo ibadat di lingkungan pake bentuk ibadat sabda yang mirip2 urutannya dengan Misa, misalnya:
RITUS PEMBUKA
Lagu Pembuka
Pengantar
Seruan Tobat
(Kemuliaan kalo hari raya)
Doa Pembuka

LITURGI SABDA
Bacaan Pertama
Mazmur Tanggapan / Nyanyian Sabda
Bacaan Injil
Renungan
Doa Umat

langsung disambung ke RITUS PENUTUP:
Bapa Kami
Doa Penutup
Mohon Berkat
Lagu Penutup

Itu kan bentuk yg umum. Sedangkan di Puji Syukur juga ada yg namanya Ibadat Harian, lupa nomer berapa, di situ ada Ibadat Pagi, Ibadat Sore, dan Ibadat Penutup (completorium). Nah, ada sedikit lingkungan yang tiap kali ibadat lingkungan pake bentuk Ibadat Penutup yg di puji syukur itu. bentuknya beda dengan ibadat sabda yg umum, lebih banyak mazmur. Kalo lagi retret atau jalan2 lingkungan juga bisa dipake Ibadat Pagi dan sorenya.

Yg di PS itu bentuk Ibadat Harian yang umum banget. Kalo mau lebih khusus mesti beli bukunya, cari di obor, nama bukunya Ibadat Harian.

Lumayan buat variasi ibadat di lingkungan.




sebaiknya sebelum mulai berdevosi, umat lingkungan perlu diberitahukan tentang asal muasal devosi itu. Misalnya devosi Kerahiman Ilahi, ya harus dijelaskan segala sesuatunya, siapa promotornya, gimana wahyu pribadinya, tujuannya apa, dll.

Pada dasarnya kan masing2 devosi itu untuk memenuhi hasrat rohani seseorang. dan kebutuhan rohani satu orang tentu berbeda dengan orang lainnya. jadi kalau ada banyak devosi yang ditawarkan ke umat, mereka nantinya diharapkan dapat memilih salah satu devosi yang cocok dengan kekhasan pribadi masing2 supaya makin dekat relasinya dengan Allah.


Wah di lingkungan ane kyknya cm putaran Pendalaman Iman - Rosario - PI dst....
sepertinya tidak pakai ibadat harian / pagi dll...
apa ane yg ga tau hammer:

Di lingkungan sepuh sering pakai ibadat kah?
stunz - 19/10/2012 01:15 PM
#8766

om sis mau tanya

say mau nikah saya katolik cewe kristen....

ikut kursus pernikahan dimana? saya paroki st. paulus bandung
trus gereja yg bisa memberikan sakramen pernikahan di bandung d mana soalnya saya katolik cewe kristen.... cewe belom mau jadi katolik and saya ngak mau jadi kristen wkwkwkwk cuma udah mau klo pemberkatan secara katolik


mohon info nya yaaaaaa \)b \)b Yb
.Orenji. - 19/10/2012 03:56 PM
#8767

sore2 absen di mari D

mau tanya, sepuh2 malu:

begini, minggu depan sepupu ane married dan dia minta ane untuk baca injilnya.
Yg ingin ane tanyakan, sewaktu selesai baca Injil, ditutup dgn kata apa ya?
"Demikianlah sabda Tuhan" ato "Demikianlah Injil Tuhan"????
Trus, cuman ada bacaan Injil yah? tidak ada bacaan pertama dan kedua?

maaf kalo pertanyaannya gaje banget, ane jarang banget ikut Misa Perkawinan sih berdukas
Jadi tidak tau apakah sama dgn Misa biasa ato gimana confused:
gonagai - 19/10/2012 05:26 PM
#8768

Quote:
Original Posted By .Orenji.
sore2 absen di mari D

mau tanya, sepuh2 malu:

begini, minggu depan sepupu ane married dan dia minta ane untuk baca injilnya.
Yg ingin ane tanyakan, sewaktu selesai baca Injil, ditutup dgn kata apa ya?
"Demikianlah sabda Tuhan" ato "Demikianlah Injil Tuhan"????
Trus, cuman ada bacaan Injil yah? tidak ada bacaan pertama dan kedua?

maaf kalo pertanyaannya gaje banget, ane jarang banget ikut Misa Perkimpoian sih berdukas
Jadi tidak tau apakah sama dgn Misa biasa ato gimana confused:


bukannya injil dibacakan oleh romo gan confused:
Saudaranya non Katolik?
dennisgon - 19/10/2012 07:50 PM
#8769

Wew
Ternyata ada thread katolik disini
Ikutan nimbrung yah gan kebutalana agama ane
HellMoritzz - 20/10/2012 01:46 AM
#8770

Quote:
Original Posted By rimbani
wah ane baru tahu gan ada thread katolik D

numpang absen dimarih ya p


baru tau ya gan...selamat datang di sini ya
Page 439 of 439 | ‹ First  < 434 435 436 437 438 439
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Perkenalkan... Kami Katolik