THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Operasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah
Total Views: 18530 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

rhiela - 08/05/2011 10:04 AM
#1
Operasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah
Quote:
Quote:
Operasi militer ialah sebuah aksi perencanaan dan pengaturan angkatan militer. Operasi militer sering melibatkan operasi udara, operasi darat, dan operasi laut; biasa untuk tujuan keamanan. Operasi militer merupakan konsep dan penerapan ilmu militer yang melibatkan operasi untuk merencanakan manuver pasukan yang diproyeksikan sesuai ketentuan, layanan, pelatihan, dan fungsi administrasi. Staf operasi memainkan peran utama dalam proyeksi kekuatan militer dengan spektrum konflik di Darat, di Udara, atau di Laut.

Berikut ini adalah beberapa Operasi Militer Tersukses Sepanjang Masa :

[QUOTE]1. Tahun 1972 Operasi Militer "The Wrath of God" (Jerman)

[youtube]08lIT6WCdq0[/youtube]

Operasi ini digagas oleh Golda Meir, perdana menteri Israel saat itu, untuk menanggapi Pembantaian München atau yang lebih dikenal dengan Peristiwa September Hitam, dimana pada tanggal 5 September 1972 kelompok teroris Palestina menculik dan membunuh 11 atlet Israel yang sedang berada di München guna mengikuti Olimpiade.

Pemerintah Jerman Barat telah menyusun skenario pembebasan para sandera di dalam pesawat tersebut. Sekitar 5-6 orang polisi disamarkan dengan berpura-pura menjadi kru pesawat, lebih dari 8 penembak jitu disiagakan di titik-titik yang tidak terlihat oleh para teroris. Drama skenario pembebasan ini awalnya berjalan sesuai rencana. Tiba-tiba dua personil dari anggota kepolisian Jerman Barat berindak gegabah, skenario menjadi kacau dengan berujung kepada jatuhnya korban dari kedua belah pihak. Drama penyanderaan yang berlangsung selama 21 jam akhirnya berakhir dengan peledakan sebuah helikopter. 3 anggota teroris, 11 orang tawanan atlet Israel dan satu anggota kepolisian Jerman Barat pun tewas dalam baku tembak tersebut. Beberapa informasi mengenai ini menjadi kerahasiaan.

Operasi Militer ini dianggap berhasil karena dari pihak angkatan militer Jerman hanya 1 orang yang tewas. Operasi ini digambarkan dalam film Sword of Gideon (1986), dan Munich (2005) karya Steven Spielberg.



Quote:
2. Tahun 1976 Operasi Militer "Entebbe" (Uganda)

[youtube]pnndzro-MKE[/youtube]

Operasi Entebbe, juga dikenal sebagai Peristiwa Entebbe dan kadangkala disebut sebagai Serangan Entebbe, merupakan satu misi menyelamatan yang dilakukan oleh Sayeret Matkal (pasukan komando Israel) untuk membebaskan para tawanan di Lapangan Terbang Entebbe di Uganda. Peristiwa ini berlangsung pada malam 3 Juli dan awal pagi 4 Juli 1976. Operasi telah dirancang secara rahasia dan dilakukan menentang negara Uganda, dimana pemimpinnya, Idi Amin mendukung pembajakan tersebut.

Dalam kejadian ini, satu pasukan Israel, 45 pasukan Uganda, enam pembajak dan tiga tawanan telah terbunuh, dan 100 orang tawanan telah berhasil dibebaskan. Operasi ini dikenal juga sebagai Operasi Thunderbolt oleh perancang angkatan bersenjata Israel. Dikemudian haris dinamakan Operasi Yonatan sebagai memperingati komandan serangan, Kolonel Yonatan "Yoni" Netanyahu, satu-satunya pasukan Israel yang terbunuh dalam serangan ini dan merupakan kakak Benjamin Netanyahu, yang kemudian menjadi Perdana Menteri Israel.

Quote:
3. Tahun 1981 Operasi Militer "Pembebasan Pembajakan Pesawat DC-9 Woyla" (Indonesia)

[youtube]S1RgLVrWxew[/youtube]

Sabtu pagi, 28 Maret 1981 pesawat GA 206 tujuan Medan tinggal landas dari Talang Betutu, pilotnya Kapten Pilot Herman Rante. Sesaat setelah tinggal landas maka pesawat dibajak. . Pembajak minta agar terbang ke Srilangka, tapi karena bahan bakar tak cukup dialihkan ke Penang. Dari Penang terbang lagi ke Bangkok Tahiland.

Setelah berunding dan menyiapkan pasukan, maka tanggal 31 Maret 1981 pasukan bersiap naik mobil menuju pesawat DC 9 yang dibajak. Jam 2. 45 serbuan dimulai dan pesawat DC 9 Woyla dapat dikuasai oleh pasukan anti teror dalam waktu hanya 3 menit (lebih cepat 0, 5 menit dibanding waktu latihan). Korbannya, pilot Herman Rante ditembak pembajak, dan peltu Ahmad kirang dari RPKAD gugur, tapi semua pembajak 5 orang tewas. Peti mati hanya dipakai 7, sisa 10

Keberhasilan operasi ini karena :
1. ABRI tidak ragu bertindak, sebelum ada izin presiden telah melakukan persiapan,
2. Adanya perwira tinggi Benny Murdany dengan kapasitasnya mampu meyakinkan pak Harto. Benny berpengalaman dalam penumpasan PRRI, memimpin operasi Naga di Irian Jaya (dibawah pimpinan pak Harto), dipanggil pulang dari Korea karena peristiwa Malari (perwira intelijen yang dipercayai pak Harto waktu itu) dan pernah menyusup ke Timor Timur (waktu perang saudara) dan langsung bertempur dilapangan layaknya seorang prajurit, walaupun ia berpangkat mayor jendral
3. Adanya Letkol Sintong Panjaitan yang selalu tangguh dalam operasi, mempunyai pengetahuan yang dalam tentang teroris, dan berani melawan atasan jendral bintang tiga, kalau ia yakin bahwa atasan itu salah dan bisa fatal kalau diikuti perintahnya.
4. Pak Harto memberi izin walaupun kemungkinan berhasil hanya fifty fifty.

Keberhasilan Operasi militer ini telah mengharuskan nama Kopassus kala itu.

Quote:
4. Tahun 1993 Operasi Militer "Penangkapan Pablo Escobar" (Colombia)

[youtube]yX-eo3HSsPU[/youtube]

Atas permintaan dari pemerintah Kolombia, pasukan militer AS dan mata-mata membantu dana dan panduan pemburuan besar-besaran yang berakhir dengan pembunuhan Pablo Escobar, pedagang kokain terkaya di dunia.

Escobar, mengepalai Kartel Medellin yang terkenal kejam. Ia tertembak mati Desember 1993 ketika berusaha lari dari kejaran polisi. Pada puncak kekuasaanya tahun 1989, dia tercatat oleh majalah Forbes sebagai orang terkaya ke tujuh di dunia dengan perkiraan kekayaan mencapai 270 triliun atau 18 miliar poundsterling.
Meski menjadi musuh paling dicari AS dan pemerintah Kolombia, dia adalah pahlawan bagi banyak orang Medellin di mana dia membagi-bagikan uang untuk orang miskin. Sejumlah orang menyatakan, penembak jitu militer AS ambil bagian dalam perburuan terakhir terhadap Escobar, yang dilakukan setelah dia kabur tahun 1992 dari sebuah penjara khusus Kolombia.
Dia menempati sebuah penjara yang dibangun berdasarkan perjanjian, dia masih akan tinggal di tempat itu sampai lima tahun, sebelum akhirnya kabur, dan menghindari ekstrasidi ke AS. (Kompas)


Quote:
5. Tahun 2011 Operasi Militer "Penangkapan Umar Patek" (Pakistan)

[youtube]U5jJjNVXOS8[/youtube]

Umar Patek adalah buronan yang sudah lama dicari-cari. Patek diduga terlibat dalam serangan Bom Bali I dengan target Sari Club dan Paddy’s Bar di Kuta, Bali, tahum 2002 silam. 202 orang tewas dalam kejadian itu, 88 di antaranya warga negara Australia. Dia dikenal sebagai anggota Jemaah Islamiyah yang paling dicari oleh Pemerintah Amerika Serikat, Australia dan Indonesia, karena keterlibatannya dalam aksi terorisme. Amerika bahkan pernah menjanjikan hadiah sebesar 1 juta dolar AS kepada siapa saja yang bisa menangkapnya atau memberikan informasi untuk menangkapnya Patek.

Buronan teroris paling dicari Umar Patek dikabarkan ditangkap di Pakistan. Keberhasilan tersebut diklaim sebagai buah kerjasama antara kepolisian Indonesia dan intelijen internasional. Umar Patek tertangkap atas bantuan badan intelijen negeri Uwak Sam, Central Intelligence Amerika Serikat (CIA). Atas bantuan CIA, Pakistan berhasil mencokok Umar Patek.

Masih ada lagi gan,,,,
Tunggu Update dari Ane![/QUOTE]

Quote:
SEMOGA BERMANFAAT

TS berterimakasih jika :
Diberi cendolbig dari yang sudah iso, dan bantuan sup2: sup2: sup2: Dan juga :rate5, tapi tidak untuk batabig
kaskuser yang baik adalah kaskuser yang selalu meninggalkan komentar pada setiap trit yang dilihatnya
rhiela - 08/05/2011 10:04 AM
#2
Update gan..!!!
Quote:
Quote:
6. Tahun 2011 Operasi Militer " pembebasan ABK Sinar Kudus"
[youtube] mGjjd5LPGzw [/youtube]
Perompak somalia akhir benar-benar membebaskan 20 awak kapal MV Sinar Kudus milik PT Samudera Indonesia, minggu, 1 mei 2011. Perompak mau membebaskan setelah menyepakati uang tebusan yang nilainya lebih dari rp 38,5 miliar. Mereka menyandera awak kapal sinar kudus selama 46 hari.

Berikut kronologis pembebasan mv sinar kudus itu.

16 Maret
- 14.49 wib MV Sinar kudus disandera perompak di Somalia.

23 Maret
- 18.00 WIB KRI Abdul Halim Perdanakusumah dan Kri Yos Sudarso sebagai satuan tugas duta samudera berangkat dari Kolinlamil Tanjung Priok. Mereka merapat pada 25 maret pukul 10.00 wib di pelabuhan Teluk Bayur Padang untuk persiapan (bekal ulang).
- 11.45 WIB dua kapal ini berangkat menuju pelabuhan Colombo.

29 Maret
- 07.20 waktu setempat satgas bersandar di pelabuhan Colombo dan melakukan persiapan.
- 11.45 pesawat Boeing 737 TNI AUmendarat di Colombo, selanjutnya dilaksanakan embarkasi pasukan Taifib dan Kopasus.

30 Maret
07.25 waktu setempat satgas menuju daerah operasi di EL Daman. Namun perompak yang menguasai sinar kudus menjauh.

5 April
06.00 satgas tiba di perairan Somalia mengumpulkan data dan persiapan ulang.

9 April
respons tak kunjung datang, perompak pun menaikkan nilai tebusan kepada pemilik kapal,PT Samudera Indonesia. Jika awalnya hanya meminta US$ 1 juta atau sekitarRp 9 miliar, sekarang mereka meminta US$ 3,5 juta atau Rp 31,5 miliar.

10 April
- Pembajak memberi tenggat dua hari untuk pembayaran tebusan. Jika tak direspons, mereka mengancam akan menaikkan nilai tebusan.

- Juru bicara kepresidenan bidang luar negeri, Teuku Faizasyah, menyatakan pemerintah telah melakukan upaya pembebasan awak kapal MV Sinar kudus.

11 April
- PT Samudera Indonesia mengumpulkan anggota keluarga ABK di Jakarta untuk memberikan informasi terkait kondisi keluarga mereka di Somalia.
- presiden SBY menekankan agar pembebasan 20 ABK MV Sinar kudus dilakukan dengan negosiasi yang cermat.
- panglima TNI Laksamana tni Agus Suhartono mengatakan semua opsi, termasuk operasi militer terbuka untuk membebaskan 20 awak kapal Sinar kudus.

12 April
Perompak somalia menurunkan nilai tebusan menjadi US$ 3 juta atau sekitar Rp 27 miliar.

13 April
- Dubes somalia untuk indonesia, Mohamud Olow Barow, menyampaikan permintaan maafnya kepada pemerintah indonesia.
- Dubes somalia mempersilakan pemerintah indonesia menggunakan aksi militer jika negosiasi menemui jalan buntu.

21 April
KRI Banjarmasin berangkat dari Tanjung Priok bergabung dengan dua KRI lainnya.

25 April
10.30 satgas tiba di pelabuhan Salalah Oman.

26 April
satgas menuju daerah operasi yang jaraknya 3 mil dari pantai timur Somalia.

1 Mei
- 06.00 waktu setempat satgas berada di perairan somalia berjarak 15 nm dari sinar kudus.
- 13.10 sinar kudus dibebaskan dan dikawal kri banjarmasin menuju Salalah Oman.

Quote:
7. Tahun 2011 Operasi Militer Penangkapan Osama bin Laden

[youtube]EOY97_e1Fes[/youtube]

Keberhasilan pasukan khusus amerika membunuh Usamah bin Ladin jelas merupakan hasil operasi intelijen yang cukup rumit. Bin ladin terkenal piawai bersembunyi dan mengecoh pasukan pembunuhnya. Sudah beberapa kali dia berhasil lolos, bahkan diduga tewas, namun tak lama kemudian tampil di televisi, seolah meledek Amerika.tapi kali ini, nasibnya tak lagi beruntung. Operasi gabungan antara dinas intelijen amerika, CIA, dengan intelijen pakistan (isi) berhasil mengendus jejaknya. Berbeda dengan informasi-informasi sebelumnya, bin ladin ternyata tidak bersembunyi di gua-gua di perbatasan afganistan-pakistan. Dia diketahui bersembunyi di sebuah desa bernama abottabad.

Akhirnya, hari H itu pun tiba. Pasukan khusus Amerika datang menggunakan helikopter. Tim lain menyusup lewat jalan darat. Sebuah insiden nyaris membatalkan operasi itu, ketika helikopter yang digunakan harus mendarat darurat akibat kegagalan mesin. Namun, tak ada yang cedera sehingga operasi tetap berlangsung.

Diperlukan waktu 40 menit sebelum pasukan pembunuh ini memutuskan menyerbu masuk. Mereka harus memastikan benarkah yang berada di dalam adalah orang yang sudah 10 tahun mereka buru. Saat komando diberikan, serempak mereka menyerbu. Toh operasi tak berjalan mulus. Pengawal bin ladin yang berjaga memberi perlawanan sengit. Terjadi tembak-menembak. Pasukan pengawal bin ladin bahkan menggunakan seorang perempuan--tak disebut siapa dia--sebagai perisai hidup. Dalam tembak menembak inilah bin ladin tewas. Timah panas menembus kepala orang yang paling ditakuti ini. Dalam penyerbuan, selain bin ladin, ikut tewas tiga pengawalnya, juga perempuan malang yang menjadi tameng tadi. Di pihak amerika, tak seorang pun tewas.

Spoiler for SUMBER
[/CENTER]

sonny.leingod - 08/05/2011 10:09 AM
#3

wah keren gan , niceeeeeeee
olickz - 08/05/2011 10:10 AM
#4

salembaman - 08/05/2011 10:41 AM
#5

wah mantep gan,ane suka artikel kayak gini
Mas Yudhi - 08/05/2011 10:42 AM
#6

nice share gan. . .:2thumbup:2thumbup

ilovekaskusmampir juga ganilovekaskus


Spoiler for Cuma Isi Nama & Email Valid LANGSUNG DAPET DUIT GAN! BENERAN!!
1. pilih salah satu link yg agan minat, pilih keduanya juga boleh \) [quote=]http://www.program5milyar.com/?id=valdy[/quote]
2. Input Email anda untuk mengetahui infonya
3. Baca Informasinya
4. Jika Tertarik kemudian Join
5. Ikuti intruksinya
yuzziiuzz - 08/05/2011 10:42 AM
#7

wih.. mangstab gan.... ane baru tau ada yg gini D
rizki.affani - 08/05/2011 10:46 AM
#8

wah hebat gan
gunzroc - 08/05/2011 10:46 AM
#9

Tahun 1981 Operasi Militer "Pembebasan Pembajakan Pesawat DC-9 Woyla" (Indonesia) mantaav bgt nih pasukan indonesia nya :2thumbup
bulux17 - 08/05/2011 10:49 AM
#10

Operasi Militer " pembebasan ABK Sinar Kudus'thumbup:
Salut buat TNI\)
iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias
hitman213 - 08/05/2011 10:55 AM
#11

ternyata pasukan militer indonesia ngak kalah sama militer di luar negri gan!
:2thumbup
rhiela - 08/05/2011 10:59 AM
#12

sujankbieber - 08/05/2011 10:59 AM
#13

mantab... :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup
orlenz. - 08/05/2011 11:04 AM
#14

emg sepatutnya kita bangga mh kekuatan militer kita..
-
udah banyaak prestasi yg dilakukan :2thumbupOperasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah
mytha. - 08/05/2011 11:04 AM
#15

Bangga deh dgn indonesiaOperasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah
LassStriker - 08/05/2011 11:14 AM
#16

ane sedih gan yg vidio penangkapan osama bin laden. masa cewek juga kena tembak mati gan \( sadis bgt

ane nitip lapak y?
Spoiler for lapak
rhiela - 08/05/2011 11:14 AM
#17

Quote:
Original Posted By hitman213
ternyata pasukan militer indonesia ngak kalah sama militer di luar negri gan!
:2thumbup


iya gan keren bgt tuh pasukan militer indonesia waktu itu...
ane gak nyangka ternyata militer kita pemberani D
cicicuit20 - 08/05/2011 11:15 AM
#18

mantap gan :2thumbup iloveindonesia iloveindonesia
rhiela - 08/05/2011 11:30 AM
#19

Quote:
Original Posted By orlenz.
emg sepatutnya kita bangga mh kekuatan militer kita..
-
udah banyaak prestasi yg dilakukan :2thumbupOperasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah


Quote:
Original Posted By hitman213
ternyata pasukan militer indonesia ngak kalah sama militer di luar negri gan!
:2thumbup


iya gan, kita emang harus bangga ama kekuatan pasukan negara kita...
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
AKU.MISTERIUS - 08/05/2011 11:37 AM
#20

Wah keren gan...
serasa belajar sjarah..

ternyata indonesia juga bisa sehebat itu yah
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Operasi Militer Tersukses Sepanjang Sejarah