Domestik
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > [FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Total Views: 2983 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

kernellinux - 10/05/2011 12:11 AM
#1
[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Setelah sukses dengan cerita sebelumnya : [FR] Sendirian Magelang-Ambarawa, 9-10 April 2011 ilovekaskus maka ane mencoba membagi FR lain.


Kali ini akan membagikan perjalanan solo ane ke Dieng Plateu, foto diambil dengan pocket camera Canon Powershot A3100 IS tercinta.

Spoiler for FR ane yang lain


Quote:
Kalau agan suka FR ini tolong dirate :rate5 syukur-syukur kalau ditimpuk sama cendol cendolbig



Awal cerita dari tahun 2010 ane udah janjian sama temen ane sekantor untuk pergi ke Dieng (yang sangat terkenal itu), namun pas hari H eh dia lagi ada kerjaan urgent sedangkan ane udah udah siap-siap dengan perlengkapan backpack ane. Yup ane nggak pernah menyerah dan pantang bagi ane untuk tidak menyelesaikan apa yang sudah ane rencanakan. :travel:travel

Bab I : Berangkat dari Jakarta menuju Dieng
[11 Feb 2011]
Hari itu hari Jumat tanggal 11 Februari 2011, khasnya kota Jakarta dengan kemacetan pra-akhir pekan. Ane sih awalnya pengen naik kereta Progo dan turun di Purwokerto untuk oper bus kearah Wonosobo, namun entah apa yang menghinggapi ane sehingga ane milih naik bus. Tanpa tahu informasi apapun ane berangkat ke terminal Grogol dan eureka, ada bus ke Wonosobo. Ane naik bus terdekat yang berangkat : Bus Damri kelas ekonomi dengan tiket 65 Ribu. Ane berangkat dari Grogol jam 20.00 malam.

Awalnya merasa sedikit aneh, soalnya bus ini sepi banget. Namun ane baru ngerti ternyata bus ini harus ngambil penumpang disekitar Jelambar. Dan alhasil : bus penuh kayak kaleng sarden. :nohope

Prediksi salah seorang penumpang adalah sampai di Wonosobo jam 7 an pagi. Namun apa daya, Bus Damri yang ane tumpangi ternyata bermasalah dan ane nyampe di Wonosobo jam 10.00 pagi.
[12 Feb 2011]
Ane turun di perempatan dimana ada bus mikro ngetem. (minta kenek turunin disitu). Seinget ane ada wihara deket perempatan itu.

Dari perempatan itu ane naik bus 3/4 (disebut bus mikro) dengan ongkos 8 ribu dengan lama perjalanan 1.5 jam (nggak diitung ngetemnya lho ya). Ane nyampe di Dieng sekitar jam 12.00 kurang dikit.

Spoiler for Bus Mikro

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Ane turun dari bus mikro di pertigaan yang dipojoknya terdapat Losmen Bu Jono yang tersohor (sampai Lonely Planet) D. Ane check-in tanpa reservasi terlebih dahulu dan kebetulan ada kamar kosong. Tarif permalam : 50 Rb. Ane dilayani dengan baik oleh penjaga losmen bernama Mas Dwi. Nah Mas Dwi ini yang membantu ane untuk eksplorasi Dieng dengan menggambarkan peta supaya ane bisa jalan sendiri.

Dari peta yang dibuat oleh Mas Dwi, kurang lebihnya Dieng ini bisa dibagi jadi 2 bagian : Dieng I dan Dieng II. Ane akan coba upload petanya kalau bisa dapet tumpangan mesin scanner ya.

Bab II : Dieng I
Jam menunjukkan 13.00, dan ane seorang diri. Yup ane udah siapin betis buat trekking Dieng I, setelah makan sebentar ane ngelihat di losmen Bu Djono ada cewek bolak-balik Lonely Planet. Trus ane coba aja deketin dengan SKSD. ternyata cewek ini orang spanyol dan dia juga sendirian. Ya udah daripada sama-sama sendirian ane ajak trekking keliling Dieng I. Perjalanan dimulai dengan mengunjungi komplek Candi Arjuna. Didepan pintu masuk ane pas mau bayar tiket eh ternyata ane dianggap guide (buat cewek spanyol tadi) dan ane dibebaskan bayar tiket (asyik D).

Candi pertama yang dikunjungi : Candi Arjuna
Spoiler for Candi Arjuna

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Candi kedua yang dikunjungi : Candi Gatotkaca
Spoiler for Candi Gatotkaca

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

Candi ketiga yang dikunjungi : Candi Bima
Spoiler for Candi Bima

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Setelah puas menyaksikan Candi Bima, ane jalan kaki sekitar 1 km menuju Kawah Sikidang. Dari kejauhan nampak kepulan asap kawah dan pembangkit listrik tenaga geotermal. Ane berjalan menuju kawah ini dan benar-benar terpesona oleh menganganya mulut perut bumi dalam bentuk kawah yang mirip panci air yang mendidih ini.

Spoiler for Kawah Sikidang

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Penampakan belakang : asap dari power plant dan kawah sikidang + cewek spanyol D
[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Kayak pintu ke neraka


Sebelum melanjutkan perjalanan, ane sama cewek spanyol ini ngunjungi warung untuk menjajal makanan & minuman khas Dieng. Ane beli kentang goreng (kentang merupakan tanaman yang paling banyak ditanam di Dieng). dan mencoba mencicipi purwaceng. Purwaceng ini katanya untuk meningkatkan stamina D D. Harga gorengan : 5Rb. Harga purwaceng : 10 Rb. Cewek Spanyol itu akhirnya nyoba Carica (kayak pepaya tapi rada asem rasanya).

Spoiler for Makanan & Minuman

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Purwaceng
[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Yang warnanya kuning itu Carica, trus dibawahnya itu kentang hasil bumi Dieng.


Setelah selesai berjalan mengunjungi peninggalan masa lalu dan Kawah Sikidang, kemudian ane menuju Dieng Plateu Theater (DPT). Tiket masuk DPT ini 3 Ribu untuk pemutaran film seluk-beluk Dieng Plateu. Dan menurut peta ada backdoor (alias jalan belakang) dibalik DPT untuk menuju Telaga Warna. Kalau ada backdoor kenapa nggak dicoba hayo? Ane menapaki jalan ini dengan sedikit hati-hati karena ada pohon yang tumbang.

Dari jalan ini terlihat keindahan Telaga Warna dari atas. Sungguh luar biasa.

Spoiler for Telaga Warna dari atas

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Selain Telaga Warna ternyata masih ada 4 obyek lain : telaga Pengilon (dibelakang Telaga Warna), Goa Semar, Goa Sumur dan Goa Jaran.

Spoiler for Telaga Warna

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Sebelum tersapu kabut
[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Tersapu kabut

Spoiler for Goa

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Goa Semar

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Goa Sumur


Setelah selesai mengunjungi Telaga Warna, ane dan cewek Spanyol tadi kembali ke losmen karena waktu sudah menunjukkan pukul 16.00. Sesampai di losmen, ane mulai berpikir masa jam 16.00 udah berhenti. Ah iseng muter lagi, dan kali ini ane jalan kaki supaya nyasar dan cepet lapar. Setengah jam jalan kaki dan ane sampai di satu tempat yang nggak ditulis sama Mas Dwi : Gangsiran Aswatama. Hmm menarik sekali, didepan Gansiran ini ada tulisan bahwa tempat ini merupakan obyek wisata juga, namun kenapa nggak ada dipeta? Gangsiran ini merupakan lubang yang cukup dalam (kata masyarakat) dan berisi air (mirip sumur). Gangsiran ini jumlahnya belasan dan konon katanya mereka saling terhubung dibawah. Gangsiran ini menurut masyarakat dilekatkan dengan cerita Aswatama (tokoh pewayangan) karena gangsiran tersebut merupakan terowongan yang hendak digunakan untuk membunuh para Pandawa.

Spoiler for Gangsiran

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Selesai cerita Bab II untuk hari ini.
kernellinux - 10/05/2011 12:39 AM
#2
Tulisan II
Bab III : Dieng II
[13 Feb 2011]
Malam dini hari ditempat losmen Bu Jono mengingatkan ane sama kampung halaman. Ditengah keheningan malam ane keluar dari teras dan mantab bener dingin terasa. Cuma jaket, sarung tangan dan kupluk kesayangan yang menutupi dari dari dingin udara luar. Menurut warga sekitar kalau sudah bulan juli-agustus yang terkenal musim angin, di Dieng suhu bisa mencapai nol derajat Celcius yang biasa disebut masyarakat embun upas. Suhu yang dingin ini membekukan semua termasuk kentang yang ditanam masyarakat sehingga mati semua. Jam sudah menunjukkan pukul 04.00 pagi, dibawah sudah mulai ada mobil carteran yang disewa rekan lain yang nginep di losmen Bu Jono yang ternyata dari Jakarta juga. Karena ane bermodal nekad pagi-pagi itu ane nyewa motor dari Mas Dwi dengan biaya 50 Rb untuk sehari.

Tujuan awal kali ini adalah naik ke Desa Sembungan (desa tertinggi di Jawa) untuk naik ke Gunung Sikunir dengan harapan untuk bisa melihat matahari terbit dari balik Gunung Sindoro. Ditengah kegelapan malam (subuh sih itungannya D ), ane naik motor sendirian melewati daerah yang belum pernah ane kenal dan medan yang ternyata becek berlumpur akibat guyuran hujan kemarin. Kira-kira setengah jam untuk sampai kaki gunung. Ane parkir motor dikaki gunung dan masuk dengan bayar tiket 2Rb. Naik ke atas gunung cukup gelap dengan modal senter saja. Kira-kira 30 menitan sampai atas (yang ternyata bukan puncaknya). Diatas sudah ada beberapa sipala yang sedang sholat subuh, maka ane pun tidak mengganggu mereka dengan melakukan banyak tingkah. Kebetulan diatas ada opa-opa orang bule yang lagi baca buku panduan perjalanan. Trus ane coba nanya-nanya sama dia, kok nggak pake Lonely Planet? Eh dia bilang bahwa dia nggak suka Lonely Planet karena informasinya banyak yang kurang detail dan sering ngasih spoiler D.

Setelah ngobrol ngalor-ngidul kamipun jadi lebih akrab, trus ane ajakin dia naik sampai puncak karena kata sipala tadi jalur keatas ketutup pohon rubuh akibat hujan beberapa hari terakhir. Bah, jauh-jauh nggak sampe puncak rugi banget dong. Ane dengan opa-opa tadi naik keatas dan emang bener jalur ketutup pohon rubuh tapi nggak terlalu ekstrim.

Oo iya pas disana cuaca agak berawan \((. Namun hal itu tidak menyurutkan niat untuk menikmati alam ciptaan Tuhan dong.

Spoiler for Foto Gunung Sikunir

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
Langitnya serem, diambil dari titik paling atas D


Spoiler for Telaga Cebong dari atas

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Jam menunjukkan 06.30 dan ane udah pengen turun karena harus kejar lokasi lain. Karena ane cuman sendirian, ane ngajakin opa tadi barengan untuk eksplorasi Dieng II. Kamipun turun dan bayar parkir 1Rb. Setelah itu tujuan kami selanjutnya adalah Kawah Candradimuka. Ane pikir jalan kesana nggak serusak yang dibilang, eh ternyata bener rusak dan ane kasian sama opa tadi kalau ane tinggalin naik ke Candradimuka. Ya sudah ane lanjutin lagi ke lokasi selanjutnya Kawah Sileri. Kawah Sileri ini mudah untuk ditemukan karena berada disekitar sawah warga dan kelihatan dari jalan utama (berbeda dengan Kawah Sikidang yang agak masuk kedalam).

Spoiler for Kawah Sileri

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Setelah puas melihat Kawah Sileri, ane langsung menggeber motor untuk menuju Sumur Jalatunda yang juga gampang dicapai. Tiket masuk 3Rb. Sebenarnya menurut ane sumur ini biasa saja, namun menurut penuturan warga, sumur ini bekas kawah purba dan sangat dalam sekali. Warga percaya apabila bisa melempar batu dan melebihi diagonal sumur maka apa yang diinginkan bisa terwujud. Boleh percaya boleh tidak.

Spoiler for Sumur Jalatunda

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Obyek terakhir yang mau ane kunjungi adalah pemandian air panas Palasari. Ternyata untuk mencapai air panas ini luar biasa rumit karena masuk-masuk kampung dan ane hampir tergelincir masuk kali \((. Ada yang menarik, selama ini ane selalu ke air panas biasanya warnanya kuning namun disini warnanya putih seperti susu. Karena ane nggak bawa pakaian ganti, ane nggak ikutan nyebur. Tapi opa tadi nyebur karena dia udah capek dan dia pengen melepas penat sejenak. Ane cuman dipinggiran masukin kaki aja biar ngelemesin kaki D.

Spoiler for Air Panas Palasari

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Selepas dari air panas ini waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 dan ane harus segera bergegas menuju Jogja supaya nggak kesorean. Jam 13.00 ane nyampe di Losmen Bu Jono dan serah terima kunci dan tak lupa isi bensin dulu 10 Rb. Ane pamitan sama opa tadi dan kamipun bertukar alamat siapa tahu ane bisa kerumah opa tadi di Perancis (ternyata dia orang Perancis) D.

Spoiler for Contact

Mas Dwi (Losmen Bu Jono) : nol delapan lima 310 tujuh sembilan satu 967

[maap nomer dibikin ala CAPTCHA untuk melindungi orang yang bersangkutan]


Spoiler for daftar biaya

Daftar ini dibuat bulan Februari 2011 dan hanya berupa rincian satuan bukan keseluruhan biaya perjalanan.

# Jakarta (terminal grogol) - Wonosobo : 65 Rb
- Perjalanan jam 20.00 (11 feb 2011) sampai 10.00 (12 Feb 2011), perjalanan lama dikarenakan naik bus kelas ekonomi dan ada sedikit masalah dibus ketika masuk ke tanjakan \((.
# Perempatan kearah Dieng (lebih baik minta kenek untuk menurunkan Anda disini) - Dieng : 8 Rb
- Perjalanan sekitar 1.5 jam
# Penginapan Bu Djono di pertigaan Dieng : 50Rb semalam
- FYI, untuk sekamar berdua : 70Rb, berempat 120Rb
# Sewa motor : 50Rb/hari
# Bensin : 10Rb
# Purwaceng : 10Rb
- Minuman penambah stamina khas Dieng
# Gorengan : 5Rb
# Tiket Dieng Plateu Theatre : 3Rb
# Tiket Candi Arjuna, Kawah Sikidang : gratis (soalnya gw dianggap guidenya bule) D D
# Tiket Telaga Warna : gratis, gw turun lewat tangga dibelakang Dieng Plateu Theatre (ada backdoor ternyata) D
# Tiket Parkir di Gunung Sikunir : 1000
# Tiket naik Gunung Sikunir : 2Rb
# Tiket Sumur Jalatunda + parkir : 3Rb


Spoiler for Peta awas BWK

[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Spoiler for Catatan Penting

a. Lebih murah jalan sendiri dibanding pakai guide, mintalah peta kepada yang jaga losmen
b, Di Dieng tidak ada ATM, jadi bawa cash yang agak banyak
c. Bantulah orang asing dimanapun Anda berada untuk meningkatkan citra pariwisata kita
d. Bawalah jaket, syal, kupluk, sarung tangan (syal, kupluk, sarung tangan dijual di Dieng juga)



Salam Pelancong Nusantara D

:travel:travel

iloveindonesiailoveindonesia

[Tamat, untuk kali ini D]
seCTe86 - 10/05/2011 12:59 AM
#3

wew.. dieng..tmpt favorit ane nie.. msh brlnjt catpernya? ke airterjun sikarim ga gan?[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011
kernellinux - 10/05/2011 01:18 AM
#4

Quote:
Original Posted By seCTe86
wew.. dieng..tmpt favorit ane nie.. msh brlnjt catpernya? ke airterjun sikarim ga gan?[FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011


Ini tempat favorit ane juga gan (kasih dua jempol). Tenang masih berlanjut kok FR nya D. Ane kagak pergi ke 3 tempat : air terjun sikarim, kawah candradimuka sama telaga merdada soalnya kejar tayang harus ke Jogja D.
amore.maniac - 10/05/2011 03:20 AM
#5

akhirnya kesampean juga mejeng di pejwan...
:cool
.Armstrong. - 10/05/2011 03:32 AM
#6

wah seru banget gan jalan-jalannya.. jadi pengennn cd

nice info gan! lanjutkan lagi ceritanya, seru banget nih! maho
ilovekaskus
baskus - 10/05/2011 04:01 AM
#7

nungguin next chapter
galon.kosong - 10/05/2011 04:37 AM
#8

ane udah nyampai nih gan.. dari jogja 3,5 jaman kira2 klo santai naik motor hehehee bingung:
insmud - 10/05/2011 05:32 AM
#9

Quote:
Original Posted By baskus
nungguin next chapter


stuju nih, parkir dulu buat baca next chapter D
whoiskliwon - 10/05/2011 06:49 AM
#10

wah mantab nih gan FRnya, beberapa kali dah pulang ke rumah mertua di wonosobo.tapi lom sempat jalan2 ke tempat2 keren diatas hammer:
JensonButt0n - 10/05/2011 07:22 AM
#11

ane udah pernah ke dieng gan dingin, carica D
gwe - 10/05/2011 07:35 AM
#12

agan enak banya duit bisa jalan jalan lah ane batabig batabig
vendoz - 10/05/2011 07:43 AM
#13

story about trip to Dieng ya?
seru gan pengalamannya, next chapter ditunggu nih ... :2thumbup
dgr234 - 10/05/2011 08:26 AM
#14

Mantap gan, ane kesono dah lama waktu itu. Kl ane biasanya nginep di Wonosobo, trs br seharian pergi ke Dieng dr pagi trs pulang sore, hehehe.
Tp br sering ke tempat yg part 1 doank tuh, jd ditunggu neh yg tempat2x di part 2-nya. Sapa tau kl sempet ke Dieng lg ane kunjungin tempat2x yg laen yg ane blm tau.
Indonesia emang kaya akan budaya dan tempat2x menarikiloveindonesia
kernellinux - 10/05/2011 08:29 AM
#15

Ah nggak juga gan, kalau ane nyisihin duit buat jalan itu artinya ane pasti mangkas pengeluaran yang lain misalnya lebih ngirit buat makan dan lain-lain.


Quote:
Original Posted By gwe
agan enak banya duit bisa jalan jalan lah ane batabig batabig
meonkhallowen - 10/05/2011 08:48 AM
#16

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia



mantap gan.......




Spoiler for Nitip lapak yah gan -- > Cari Uang receh di internet < --
funnybeaver - 10/05/2011 09:18 AM
#17

kampung ane nih gan . .:travel
soekoe - 10/05/2011 10:14 AM
#18

Wah keren neh FR nya.. Ijin bookmark ya.. Bakal jadi panduan kalo aku ke dieng.. :v
Keep traveling bro \)
silenceboy99 - 10/05/2011 11:47 AM
#19

mantap nih gan .. aku kok gak di ajak trip nih sama juragan ? iloveindonesia
babi_gelinding - 10/05/2011 09:55 PM
#20

wahh gak ngajak2 nihh...hahahahaha

gw minggu ini kesana gan...gara2 ente gw jadi gak sabaran D
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > [FR] Sendirian Dieng Plateu, 12 - 13 Feb 2011