TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====
Total Views: 332615 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 376 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

c_lo - 21/05/2008 11:29 AM
#1

ALL ABOUT BONSAI
==== All About Bonsai ====


==== All About Bonsai ====


==== All About Bonsai ====


GENERAL RULES !!

Spoiler for "GENERAL RULES"
* Dimohon isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + ...NO SARA
* Hindari flamming, Personal Insult, dan sejenisnya
* Hindari postingan satu kata / satu emotion/ one liner
* Diharapkan untuk tidak Double Post, Triple Post, atau lebih secara sengaja
* Dimohon tidak mempromosikan via postingan lapak di FJB atau segala sesuatu yg berbau jaul-beli.
* Dimohon tidak PM ke TS yg berisikan pertanyaan ttg bonsai, silahkan sampaikan pertanyaan anda di forum, krn ...bukan tdk mungkin jawaban yg anda butuhkan jg dibutuhkan warga yg lain.
* Postingan yg OOT/ngobrol silahkan sewajarnya saja tapi bila berlebihan silahkan pindah ke LOUNGE TANAMAN
* Saling menghormati sesama Kaskuser di sini.
* Maksimalkan fitur Multiquote dan Edit Post.
* Untuk menghemat bandwidth :
...- Wajib gunakan spoiler pada gambar, ukuran gambar maksimal 640x480 (vga)
...- Gambar jangan dibawa dalam quote, biar hemat bandwidth koneksi.
* Jika posting pertanyaan, lihat postingan-postingan sebelumnya, siapa tahu ada yang telah menjawab pertanyaan ...yg anda sampaikan.
* Lihat page one untuk update sebelum bertanya


==== All About Bonsai ====






NB : Masih butuh banyak masukan dari teman2 terutama untuk page 1, mahon kerjasamanya dari teman2 untuk menyampaikan masukan, kritik dan saran, terima kasih
c_lo - 21/05/2008 10:43 PM
#2

Sekilas tentang Bonsai

==== All About Bonsai ====


Bonsai (盆栽?) adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman (sai, 栽) dilakukan di pot dangkal yang disebut bon (盆). Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai (盆栽).[/center]

JENIS
Pohon yang paling umum dibonsai adalah berbagai spesies pinus. Jenis tanaman dan pohon dipakai untuk mengelompokkan jenis-jenis bonsai:[1]

* Bonsai pohon pinus dan ek: tusam, cemara cina, cemara duri, sugi, dan lain-lain.
* Bonsai pohon buah untuk dinikmati keindahan buahnya (Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel mini, dan lain-lain).
* Bonsai tumbuhan berbunga untuk dinikmati keindahan bunganya (Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki).
* Bonsai pohon untuk dinikmati bentuk daunnya (maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea, bambu).

Ada banyak sekali tanaman tropis yang telah dicoba dan ternyata cocok untuk dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.

BENTUK DASAR

Tegak Lurus (直幹, Chokkan?)
Batang pohon tegak lurus vertikal ke atas. Pohon dikatakan memiliki batang yang ideal bila pohon memiliki diameter batang yang makin ke atas makin mengecil, dimulai dari bagian batang yang dekat dengan akar. Pohon dikatakan memiliki dahan yang ideal bila dahan ada di sisi depan-belakang atau kiri-kanan saling bersilangan satu sama lainnya. Jarak antardahan makin ke atas makin sempit. Bentuk akar ideal adalah akar yang bila dilihat dari atas, menjalar ke segala penjuru.

Tegak Berkelok-kelok (模様木, Moyogi?)
Batang pohon tegak berkelok-kelok ke kiri dan ke kanan. Diameter batang makin ke atas makin mengecil dengan keseimbangan kiri dan kanan yang baik. Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon. Dahan yang berada di bagian dalam lengkungan dipotong. Dari pangkal batang hingga bagian puncak pohon dapat ditarik garis lurus, dan orang yang melihat tidak merasa khawatir dengan keseimbangan pohon tersebut.

Miring (斜幹, Shakan?)
Batang pohon miring ke satu sisi bagaikan terus menerus ditiup angin ke arah tersebut. Bagaikan ada benda yang menghalangi di salah satu sisi, batang pohon tumbuh mencondong ke sisi lain. Ciri khas bentuk ini berupa dahan yang ada hanya di bagian puncak lengkungan batang, dan berselang-seling di sisi kiri-kanan dan depan-belakang.

Sarung Angin (吹流し, Fukiganashi?)/Tertiup Angin
Dibandingkan bonsai bentuk Miring, pohon tumbuh sambil mengalami paksaan yang lebih kejam. Batang dan dahan pohon hanya condong ke satu arah. Batang dan dahan pohon yang condong ke satu sisi jauh lebih panjang daripada tinggi pohon yang diukur dari pangkal batang ke puncak pohon. Posisi batang dan dahan mirip dengan bonsai gaya Setengah Menggantung, namun batang dan dahan terlihat membentuk garis paralel.

Menggantung (懸崖, Kengai?)
Pohon diibaratkan tumbuh di permukaan dinding terjal yang berada di tebing tepi laut atau dinding lembah terjal. Batang pohon tumbuh bagaikan menggantung ke bawah tebing. Puncak pohon tersebut menggantung jauh hingga melebihi dasar pot. Bila puncak pohon tidak melebihi dasar pot maka bonsai disebut Setengah Menggantung (Han Kengai).

Batang Bergelung (蟠幹, Bankan?)
Batang pohon terlihat sangat dipilin, atau pohon tumbuh dengan kecenderungan memilin diri. Batang pohon begitu terlihat dipilin bagaikan ular yang sedang bergelung.

Sapu Tegak (箒立ち, Hōkidachi?)
Batang tegak lurus hingga di tengah sebelum dahan dan ranting tumbuh menyebar ke segala arah. Puncak pohon sulit ditentukan dari sejumlah puncak dahan yang ada sehingga bentuk bonsai ini mirip sapu dari bambu. Keindahan bonsai gaya ini dinilai dari percabangan dahan yang rapi, dan titik dimulainya persebaran dahan dan ranting ke segala arah, tinggi pohon, dan keseimbangan unsur-unsur tersebut.

Menonjolkan Akar (根上り, Neagari?)
Akibat pohon dipelihara di lingkungan pemeliharaan yang kejam, bagian pangkal akar yang bercabang-cabang di dalam tanah menjadi terekspos ke luar di atas tanah bagaikan akibat diterpa angin dan hujan.

Berbatang Banyak (多幹, Takan?)
Dari satu pangkal akar tumbuh tegak lebih dari satu batang pohon. Bila tumbuh dua batang pohon, maka bonsai disebut Berbatang Dua (Sōkan). Bila ada tiga batang pohon, maka disebut Berbatang Tiga (Sankan). Bonsai berbatang lima atau lebih disebut Tunggul Tegak (Kabudachi). Batang berjumlah ganjil lebih disukai. Selain bonsai berbatang dua, bonsai dengan batang berjumlah genap tidak disenangi dan tidak dibuat.

Akar Terjalin (根連なり, Netsuranari?)
Akar dari sejumlah batang pohon dari satu spesies (tiga batang pohon atau lebih) saling melekat dan berhubungan satu satu sama lainnya. Bentuk ini juga dapat berasal dari batang pohon yang tadinya tegak, namun roboh dan terkubur di dalam tanah. Bagian yang dulunya adalah dahan pohon, berubah peran dan tumbuh sebagai batang pohon. Dari batang pohon tersebut keluar akar, dan akar tersebut terjalin dengan akar pohon asal. Bentuk yang mirip dengan Akar Terjalin disebut Rakit atau Tumbuh dari Batang (Ikadabuki). Bonsai berbentuk Tumbuh dari Batang juga berasal dari pohon yang tadinya tegak, namun roboh dan dahan berubah peran menjadi batang. Perbedaannya dengan Akar Terjalin terletak pada akar yang hanya ada di satu tempat. Seperti halnya bonsai Berbatang Banyak, pohon berbatang genap tidak disukai.

Kelompok (寄せ植え, Yoseue?)
Lebih dari satu pohon ditanam bersama dalam satu pot dangkal atau ditanam di atas batu. Pohon yang ditanam dapat saja beberapa pohon dari satu spesies, atau campuran dari beberapa spesies berbeda. Nilai kreativitas karya dapat ditinggikan dengan perpaduan benda-benda hiasan yang diletakkan sebagai tambahan.

Pohon Sastrawan (文人木, Bunjinki?)/Bebas
Bentuk bonsai ini asal usulnya dari meniru bentuk pohon dalam nanga. Dinamakan bonsai bentuk Pohon Sastrawan karena sastrawan zaman Meiji sangat menggemari bonsai bentuk ini. Pada zaman sekarang, batang kurus, jumlah dahan sedikit, dan dahan pendek juga disebut Pohon Sastrawan.

Pohon Tak Lazim (代わり木, Kawariki?)
Bentuk ini dipakai untuk menyebut bonsai yang tidak dapat digolongkan ke dalam bentuk-bentuk bonsai yang lazim.

SEJARAH
Bonsai berasal dari seni miniaturisasi tanaman yang disebut penjing (盆景) dari periode Dinasti Tang. Di makam putra dari Maharani Wu Zetian terdapat lukisan dinding yang menggambarkan pelayan wanita yang membawa pohon berbunga dalam pot dangkal. Pot dangkal berukuran kecil ini merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam.[3]

Kalangan bangsawan di Jepang mulai mengenal penjing sekitar akhir zaman Heian. Aksara kanji untuk penjing (盆景) dilafalkan orang Jepang sebagai bonkei. Sama halnya dengan di Cina, bonkei di Jepang juga merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam. Seni yang hanya dinikmati kalangan atas, terutama kalangan pejabat istana dan samurai, dan baru disebut bonsai pada zaman Edo[4]

Menanam bonsai adalah pekerjaan sambilan samurai zaman Edo, saat bonsai mencapai puncak kepopuleran. Sejak zaman Meiji, bonsai dianggap sebagai hobi yang bergaya. Namun pemeliharaan bonsai dan penyiraman memakan banyak waktu. Sejalan dengan lingkungan tempat tinggal di Jepang yang makin modern dan tidak memiliki halaman, penggemar bonsai akhirnya terbatas pada kalangan berusia lanjut.

UKURAN
Bonsai dikelompokkan menjadi enam kelompok berdasarkan tinggi tanaman dari pangkal batang hingga bagian puncak tanaman:

* raksasa: tinggi pohon lebih dari 101 cm.
* sangat besar: tinggi pohon antara 76-100 cm.
* besar: tinggi pohon antara 46-75 cm
* sedang: tinggi pohon antara 31-45 cm
* kecil: tinggi pohon antara 16-30 cm
* sangat kecil: tinggi pohon kurang dari 15 cm.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bonsai


==== All About Bonsai ====
c_lo - 22/05/2008 01:48 PM
#3

INDEX "All About Bonsai" I

==== All About Bonsai ====
==== All About Bonsai ====

MENGAPA SAYA MEMELIHARA BONSAI ?
renungan pebonsai part 2
sosialisasi bonsai
bonsai itu fun namun mahal ??
BIBIT, BEBET, BOBOT PROSPEK BAKALAN BONSAI
TIPS BUAT PEMULA YANG MULAI GEMAR BONSAI
Karya bonsai hanya akan menjadi sebuah pajangan jika tanpa penggemar.....
SABAR ITU SUBUR
TIADA YANG INSTANT DALAM MEM-BONSAI


KRITERIA SEBUAH POHON UNTUK DISEBUT BONSAI
KRITERIA 1
KRITERIA 2


JENIS TANAMAN YANG BISA DI-BONSAI
LIST NAMA TANAMAN TROPIS INDONESIA YANG BISA DI-BONSAI 2
LIST NAMA TANAMAN TROPIS INDONESIA YANG BISA DI-BONSAI 1
perbedaan pohon dataran rendah dengan dataran tinggi
tanaman Tropis VS tanaman Sub Tropis


NILAI HARGA SEBUAH BONSAI DIMATA PEMBELI & PENJUAL
GOLONGAN & HUKUM HARGA BONSAI
INFO BUAT PEMBELI BAHAN BONSAI
PROSPEK MASA DEPAN BAHAN BONSAI
PANDANGAN TERHADAP KUALITAS & HARGA BONSAI
TIPS SAAT MEMBELI BONSAI
KOMENTAR NEGATIF CALON PEMBELI "YG TAK PATUT DITIRU"

HARGA ITU RELATIF
WARAS DAN TIDAK WARAS


GAYA BONSAI & ALAT PENDUKUNG STYLING BONSAI
STYLE & GAYA BONSAI
STYLING BONSAI
TOOL & PERALATAN MEMBONSAI
ISTILAH & CONTOH GAYA BONSAI

MEDIA TANAM, PUPUK & PERMASALAHANNYA
MEDIA TANAM
MEDIA TANAM 2
TEKNIK PENGGUNAAN PUPUK KANDANG SEBELUM JADI MEDIA TANAM
MEDIA PASIR MALANG
MEDIA TANAM SANCANG
MEDIA TANAM YANG TIDAK COCOK UNTUK BONSAI YANG SUDAH JADI INDAH
PUPUK DAN PERMASALAHAN
ZPT ATON*K
PUPUK UNTUK PERTUMBUHAN


PERAWATAN BONSAI
TIPS MERAWAT MAME BONSAI
TIPS PENYIRAMAN & PRUNING
TIPS PRUNING / PEMANGKASAN
LANGKAH-LANGKAH REPOTTING


HAMA PENYAKIT, PENANGGULANGAN DENGAN PESITISIDA, NEMATISIDA & INSEKTISIDA
KUTU POHON SANCANG
CURACR*N
CURACR*N 2
SLAMFA*T
WASPADA DOSIS PESTISIDA
TEMBAKAU PESTISIDA ORGANIK ALAMI
MENGATASI SERANGAN SEMUT PART 1
MENGATASI SERANGAN SEMUT PART 2
MENGATASI SERANGAN SEMUT PART 3
INSEKTISIDA BUATAN


PERBANYAKAN GENERATIF VEGETATIF, PEMBUDIDAYAAN & REGENERASI BONSAI
PEMBUDIDAYAAN & REGENERASI BONSAI
TEKNIK OKULASI / TEMPEL
REGENERASI POHON DEMI KELESTARIAN ALAM
TIPS STEK SANTIGI & CANGKOK SERUT

TIPS TRIK MENCANGKOK BAG 1
TIPS TRIK MENCANGKOK BAG 2
TIPS TRIK MENCANGKOK BAG 3

TEKNIK MENCANGKOK & PEMINDAHAN KE MEDIA BARU bag.1
TEKNIK MENCANGKOK & PEMINDAHAN KE MEDIA BARU bag.2


TRAINING BONSAI
ON THE ROCK

MENENTUKAN MUKA

TEKNIK STYLING GROUPING

TEKNIK MEMBENTUK PERAKARAN ASAM JAWA


JIN - SHARI - URO


PIC JIN - SHARI

MEMBENTUK MAME BONSAI

TEKNIK MENDAPATKAN TITIK TUMBUH
SEBAB PERAKARAN ( KAKI ) YANG TIDAK BALANCE
TEKNIK PEMOTONGAN CABANG
TEKNIK PEMOTONGAN CABANG, SEMAKIN LOE GAK SABAR SEMAKIN LAMA JADI BONSAI-NYA
LIME SULPHUR BUAT GAYA JIN

==== All About Bonsai ====
==== All About Bonsai ====
c_lo - 22/05/2008 01:58 PM
#4

INDEX "All About Bonsai" II

==== All About Bonsai ====
==== All About Bonsai ====

SERBA SERBI BONSAI
TEKNIK MEMBUAT AKAR SULUR BUAT FICUS

DILIARKAN / DIBIARKAN BESAR DULU ??

BONSAI BUAT INDOOR ???
MASALAH JENIS TANAMAN YANG TIDAK COCOK DATARAN RENDAH & DATARAN TINGGI 1
MASALAH JENIS TANAMAN YANG TIDAK COCOK DATARAN RENDAH & DATARAN TINGGI 2
JERUK KINGKIT
PELAPUKAN BATANG & CABANG MATI PADA JERUK KINGKIT PART 1
PELAPUKAN BATANG & CABANG MATI PADA JERUK KINGKIT PART 2
SEPUTAR MEDIA TANAM CEMARA UDANG
Lumuri bekas potongan pake lem f*x ?
Jangan anggap pohon mati dahulu
PEMOTONGAN AKAR TUNGGANG BERESIKO


ALL ABOUT SANTIGI, WAJIB MASUK
MEDIA TANAM SANTIGI BAG 1
MEDIA TANAM SANTIGI BAG 2
MEDIA TANAM SANTIGI BAG 3


PROBLEMA JERUK KINGKIT
PROBLEMA & SOLUSI PELAPUKAN BATANG JERUK KINGKIT
SOLUSI PELAPUKAN BATANG JERUK KINGKIT
SOLUSI REPOTTING JERUK KINGKIT

ANTING PUTRI ( WRIGHTIA RELIGIOSA ) PART 1
ANTING PUTRI ( WRIGHTIA RELIGIOSA ) PART 2

ALL ABOUT SERUT ( STREBLUS ASPER )

BERINGIN LOA

JENIS KEMUNING BUAT DI-BONSAI
TEKNIK MEMINDAHKAN KEMUNING DARI TANAH KE POT

PERBEDAAN HOKKIAN TEA DGN SIDOGURIH

TUJUAN SKETSA BAHAN BAKALAN BONSAI
FAEDAH SKETSA BAKALAN BONSAI
CONTOH HASIL SKETSA
CONTOH HASIL SKETSA 2 ( WINDSWEPT )

DONGKEL MENDONGKEL, GALI MENGGALI
teknik mendongkel (pohon kemuning) part 1
teknik mendongkel (pohon kemuning) part 2
P3K untuk pohon hasil dongkelan

MASALAH CACING DAN PENANGGULANGANNYA
KERJAAN CACING DALAM MEDIA TANAM

PEMBASMI CACING

PENGENDALIAN CACING SAAT REPOTING

KREITERIA/ ASPEK DALAM PENILAIAN KONTES BONSAI
4 ASPEK PENILAIAN
LINK EBOOK BONSAI

==== All About Bonsai ====
==== All About Bonsai ====


Kontributor :
1. Mhy28
2. oeoet84
3. azazil
4. wonksableng
5. omponkstamp
6. imas67
7. sambonsai
8. redgreen.bonsai
9. hofuyang
10. kaclant
dll yg terlalu panjang untuk disebutkan satu-persatu\)
c_lo - 22/05/2008 01:58 PM
#5

c_lo - 22/05/2008 02:01 PM
#6

KOLEKSI WARGA THREAD ALL ABOUT BONSAI

==== All About Bonsai ====


TATA CARA MEMAJANG KOLEKSI BONSAI DI SINI


Koleksi Agan eooet84
oeoet84

Koleksi Agan hofuyang
hofuyang

Koleksi Agan stardust
stardust 1
stardust 2

Koleksi agan zaew8
zaew8

Koleksi Agan tc212ok
tc212ok


Koleksi dari Luar Thread All About Bonsai

Koleksi Mr.Budi Sulistyo, yg diambil dari blognya


==== All About Bonsai ====

c_lo - 22/05/2008 02:04 PM
#7

==== All About Bonsai ====






Diamankan u/ Index






==== All About Bonsai ====
c_lo - 22/05/2008 08:43 PM
#8

==== All About Bonsai ====






Diamankan u/ Index






==== All About Bonsai ====
c_lo - 22/05/2008 11:40 PM
#9

==== All About Bonsai ====






Diamankan u/ Index






==== All About Bonsai ====
yowatsap - 23/05/2008 05:33 AM
#10

gile bro.. kmaren gw baru nonton ada acara show tentang tanaman,, tp topicnya tentang bonsai.. but the "FAKE" one bro.. penasaran gw nonton donk.. eh pertama2x memang doi pake kayu buat foundationnnya.. trus di tambah sedikit cable n plester untuk batangnya... susah kalo di ceritain lengkapnya.. nah pas dah jadi,,, asli mirip abhis sama aslinya.. termasuk effect lumut di permukaaan tanahnya,,, kereeen bro.. thumbup: thumbup: thumbup:
mochimo - 23/05/2008 08:42 AM
#11

Barang Aspal yak?

Pa perlu lembaga buat sertifikasi bonsai (???)
Aglo di Belanda udah kaya gitu lho ^^
Wylie - 23/05/2008 09:55 PM
#12

sup:
bonsai jgn kalah ma yg laen D
samurai_7 - 03/06/2008 05:29 AM
#13

Thread-nya double....yg mana neh enaknya........ bingung:.......
midas - 03/06/2008 09:26 AM
#14

Quote:
Original Posted By idlehand
==== All About Bonsai ====

before army:


Gw buka harga neh...250rb ambil sendiri di tempat.....gemane\)
jury - 04/06/2008 08:05 AM
#15

bro bro ....
gw baru aja ... nyobain buat nggedein bonsai...
kira - kira dimulai dari mana ??
lokasi - lokasi penjual bonsai yang bagus - bagus di mana y??
lokasi gw di bandung....... thx b4
jury - 04/06/2008 08:13 AM
#16

oiya buat teknik-tekniknya buat ngebonsai , ada refrensinya gak ??
idlehand - 05/06/2008 12:30 AM
#17

Quote:
Original Posted By midas
Gw buka harga neh...250rb ambil sendiri di tempat.....gemane\)


bro do'i dan beberapa ade2 gw lg gw sekolahin nun jauh di mojokerto (deket krian,deket gresik D)

ntar kalo do'i udah balik kampung gw kabarin D

---

satu lg yg lagi disekolahin..lohansung gw,tinggi awal 2 meter lebih..tinggi skrn..40cm D cm yg ini sekolahnya pasti lamaan baru lulusngacir:
idlehand - 05/06/2008 12:31 AM
#18

@jury

kalo teknik..selalu mudah dicari di buku n di web..
kalo bonsai lumayan bagus kok referensi2nya..

btw,mau train sendiri ato mau beli jadi?
idlehand - 05/06/2008 12:34 AM
#19

@bro midas

kalo lo tertarik bonsai..temen dr kecil bokap gw bisa gw referensiin. coba tanya ke bos ijunk aja,namanya om widyo ngacir:
wargakampung - 05/06/2008 02:23 PM
#20

fotonya pake apa TS camera apa?
Page 1 of 376 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====