TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====
Total Views: 332615 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 366 of 376 | ‹ First  < 361 362 363 364 365 366 367 368 369 370 371 >  Last ›

normand.benjo - 07/09/2012 09:52 AM
#7301

Quote:
Original Posted By stardust


kmaren maen maen kerumah temen panas2an nyari bibit waru ma jamblang / duwet. ternyata pas keliling dipohon jamlang atau duwet kok ga ada satupun benih yg tumbuh ya...minimal ada ke satuuuu aja biji yg tumbuh sehabis buah berguguran. begitu juga dengan pohon waru....
ptanyaannya apa kedua pohon itu harus dicangkok yah...(kalau nyangkok repot gan jauh dan tepi sungai serem )

kalau waru sih katanya dikasih tau di setek ya....mohon infonya juragan.
tq...Cendol avaliable deh.....beer:


ane pernah nancepin batang waru sebesar lengan pun bisa tumbuh, om.
klo bisa musim ujan. klo ada rooton F buat diolesin di pangkal stek, & ujung stek di bungkus pelepah pisang.... (trik wong ndeso...)
maap om. nyubi lancang di depan para master....
tangayikan - 07/09/2012 10:26 AM
#7302

Quote:
Original Posted By normand.benjo
ane pernah nancepin batang waru sebesar lengan pun bisa tumbuh, om.
klo bisa musim ujan. klo ada rooton F buat diolesin di pangkal stek, & ujung stek di bungkus pelepah pisang.... (trik wong ndeso...)
maap om. nyubi lancang di depan para master....


Didaerah ane susah rootone f, ada juga merk yg baru2. Btw ujung stek dibungkus pelepah pisang trus ditanam om?trik baru nih
normand.benjo - 07/09/2012 10:39 AM
#7303

Quote:
Original Posted By tangayikan


Didaerah ane susah rootone f, ada juga merk yg baru2. Btw ujung stek dibungkus pelepah pisang trus ditanam om?trik baru nih


yang penting perangsang akar, om.
selain rooton F ada jga rapid root ato yg laen. dlu ane kdang kgak ane kasih jga bsa tumbuh. yg mati jga sering sih.... wkwkwk...
tpi yg pernah nyubi alamin, waru mudah banget di stek...
intinya yang bawah kasih perangsang akar, yang atas (ujung) di bungkus pelepah pisang.
cma setau sejauh yg nyubi tau, biar ntar agak mudah dikecilin daunnya, agan cari waru yang tangkai daun warnanya KEMERAHAN. yg tangkai ijo agak ngelawan klo daunnya di suruh kecil.
welleeehhh, maap lagi om - om, ane nyubi oon kok kayak wong pinter, ngomong ngelantur ya...
untuk lebih jauh, coba om - om master kalo ada masukan...
suwun...
oeoet84 - 07/09/2012 11:23 AM
#7304

Quote:
Original Posted By normand.benjo
ane pernah nancepin batang waru sebesar lengan pun bisa tumbuh, om.
klo bisa musim ujan. klo ada rooton F buat diolesin di pangkal stek, & ujung stek di bungkus pelepah pisang.... (trik wong ndeso...)
maap om. nyubi lancang di depan para master....



Alhamdulillah dapet ilmu baru..makasih om .
coba nnti praktek jg.

Quote:
Original Posted By normand.benjo
yang penting perangsang akar, om.
selain rooton F ada jga rapid root ato yg laen. dlu ane kdang kgak ane kasih jga bsa tumbuh. yg mati jga sering sih.... wkwkwk...
tpi yg pernah nyubi alamin, waru mudah banget di stek...
intinya yang bawah kasih perangsang akar, yang atas (ujung) di bungkus pelepah pisang.
cma setau sejauh yg nyubi tau, biar ntar agak mudah dikecilin daunnya, agan cari waru yang tangkai daun warnanya KEMERAHAN. yg tangkai ijo agak ngelawan klo daunnya di suruh kecil.
welleeehhh, maap lagi om - om, ane nyubi oon kok kayak wong pinter, ngomong ngelantur ya...
untuk lebih jauh, coba om - om master kalo ada masukan...
suwun...


mungkin dengan cara mengcombine antara waru yang tangkai ijo sebagai batang utama dengan waru tangkai merah bisa di lakukan untuk mendapatkan bonsai yang baik.

Sumber
stardust - 07/09/2012 12:43 PM
#7305

Quote:
Original Posted By tangayikan
Jamblang lg nyoba cangkok tapi belum hasil. Klo waru mah stek paling gampang selama saya mencoba budidaya bermacam puun..iloveindonesias


TQ Brother Cek dah.....

Quote:
Original Posted By oeoet84
bener kata om Ikan. Waru paling gampang untuk di kembangbiakkan.
tancep aja langsung potongan batannya.

keingetan jg punya waru nitip di rmh temen.
pas nengokin dah lmyn besar karena akarnya dah tembus ke tanah.
langsung angkut bawa pulang untuk mulai perawatan intensif.hee

==== All About Bonsai ====



TQ Suhu, Warunya cakepppp....

Quote:
Original Posted By dilopez
om, cari bibit azalea diamna yah?

Di jalan Pajajaran ada cuman kudu jeli...ngeliatin disatuin ama tanaman hias yg lain aga tersamar

Quote:
Original Posted By KELANA_2000
lokasi di mana om? kalo di sby & sekitarnya, silahkan main ke rumah saya ada kelebihan 1 bibit juwet hitam, gratis tapi ambil di tempat o

warunya om oet mantep, sayang gambar sakura om fu yang gak nongol gara2 inet ane lemot capedes.

mohon pencerahan om om, apakah waru dibawah ini setekan batang atau bukan? thx
Spoiler for stek ato bukan?
==== All About Bonsai ====

Saya di Bogor.....warunya bagus.....

Quote:
Original Posted By oeoet84
Alhamdulillah dapet ilmu baru..makasih om .
coba nnti praktek jg.



mungkin dengan cara mengcombine antara waru yang tangkai ijo sebagai batang utama dengan waru tangkai merah bisa di lakukan untuk mendapatkan bonsai yang baik.

Sumber

Tambah ilmu terussss dari suhu yg satu ini...mantap dah
hofuyang - 07/09/2012 12:52 PM
#7306

Quote:
Original Posted By oeoet84
wah...gelap saya untuk daerah semarang..mungkin yang lain bisa bantu ?



makasih om...mungkin semi twin kali ya..heee entahlah namanya..yang penting coba di bentuk aja D



UUwoowww....nice santigi om..
kl aku boleh berandai2 di jadiin seperti ini sepertinya ok

==== All About Bonsai ====
maaf kl lancang


tumben, oom oeoet udah main sket sekarang, atau ane yang udah jarang mampir matabelo:

keren oom sketnya,ane jadi ada imajinasi lebih buat kedepannya. shakehand:
hofuyang - 07/09/2012 12:56 PM
#7307

Quote:
Original Posted By normand.benjo
ane pernah nancepin batang waru sebesar lengan pun bisa tumbuh, om.
klo bisa musim ujan. klo ada rooton F buat diolesin di pangkal stek, & ujung stek di bungkus pelepah pisang.... (trik wong ndeso...)
maap om. nyubi lancang di depan para master....


Quote:
Original Posted By normand.benjo
yang penting perangsang akar, om.
selain rooton F ada jga rapid root ato yg laen. dlu ane kdang kgak ane kasih jga bsa tumbuh. yg mati jga sering sih.... wkwkwk...
tpi yg pernah nyubi alamin, waru mudah banget di stek...
intinya yang bawah kasih perangsang akar, yang atas (ujung) di bungkus pelepah pisang.
cma setau sejauh yg nyubi tau, biar ntar agak mudah dikecilin daunnya, agan cari waru yang tangkai daun warnanya KEMERAHAN. yg tangkai ijo agak ngelawan klo daunnya di suruh kecil.
welleeehhh, maap lagi om - om, ane nyubi oon kok kayak wong pinter, ngomong ngelantur ya...
untuk lebih jauh, coba om - om master kalo ada masukan...
suwun...


Quote:
Original Posted By oeoet84
Alhamdulillah dapet ilmu baru..makasih om .
coba nnti praktek jg.



mungkin dengan cara mengcombine antara waru yang tangkai ijo sebagai batang utama dengan waru tangkai merah bisa di lakukan untuk mendapatkan bonsai yang baik.

Sumber


Nambah lagi list hunting bakalan favorit o Tipikal bandel kuat juga ya.
Masukan yang bagus shakehand
hofuyang - 07/09/2012 03:27 PM
#7308
kemarau panjang
takut takut kemarau panjang ampe desember takut takut

Ditempat tinggal ane saja, Cengkareng & sekitarnya sudah mendapat warning dari pengelola lingkungan bahwa PDAM hanya mensuplai air dari jam 6.00 pagi hingga 8.00 pagi saja \( Itupun dengan aliran kran mengecil, akibat semua warga berebut membuka kran air utk kebutuhan rumah mereka masing-2. amazed:

Buat kebutuhan pokok spt mandi, cuci mencuci, dll tiba2 menjadi mepet. Apalagi buat menyiram bonsai kesayangan \( bisa-2 dianaktirikan \(

Mohon pencerahan oom-2 suhu & teman-2 disini, bila berkenan share pengalaman perawatan bonsai khususnya saat menghadapi masalah kemarau berkepanjangan agar tanaman tetap fit dlm kondisi spt ini \)
zaew8 - 07/09/2012 04:19 PM
#7309

Quote:
Original Posted By hofuyang
takut takut kemarau panjang ampe desember takut takut

Ditempat tinggal ane saja, Cengkareng & sekitarnya sudah mendapat warning dari pengelola lingkungan bahwa PDAM hanya mensuplai air dari jam 6.00 pagi hingga 8.00 pagi saja \( Itupun dengan aliran kran mengecil, akibat semua warga berebut membuka kran air utk kebutuhan rumah mereka masing-2. amazed:

Buat kebutuhan pokok spt mandi, cuci mencuci, dll tiba2 menjadi mepet. Apalagi buat menyiram bonsai kesayangan \( bisa-2 dianaktirikan \(

Mohon pencerahan oom-2 suhu & teman-2 disini, bila berkenan share pengalaman perawatan bonsai khususnya saat menghadapi masalah kemarau berkepanjangan agar tanaman tetap fit dlm kondisi spt ini \)


selamat sore, dan salam kenal dr saya iloveindonesias
baru nih, pengen belajar cara membuat bonsai yg bener malus
,
kalau dulu sempet ane tinggal ke surabaya dan dikampung gak ada yg urus taneman, ane sempet cari botol mineral ukurang besar, dan dilubangi sedikit bagian bawah/atas pakai jarum (sesuai selera), terus ane iket ke kayu batangan dan ditaruh diatasnya, ada jg yg ane iket langsung ke batang taneman malus
cara yg ke 2, botol mineral dilubangi dibagian samping, ntar abis diisi air tinggal diletakin dideket taneman hehe iloveindonesias
normand.benjo - 07/09/2012 07:47 PM
#7310

Quote:
Original Posted By oeoet84




mungkin dengan cara mengcombine antara waru yang tangkai ijo sebagai batang utama dengan waru tangkai merah bisa di lakukan untuk mendapatkan bonsai yang baik.

Sumber


nhhaaahhh...
ada pancingan dikit lsg keluar ilmu plug in tambahan dari suhu....
manthabs buat di coba. om,
zaew8 - 07/09/2012 09:13 PM
#7311

Selamat malam suhu2..
mau nanya nih, tadi pas jalan2 ke kebun nengok durian nemuin beginian dan langsung angkut karena tergiur liukannya,malu
pohon jenis apa ya ini, daunnya mirip wahong sayur, tapi beda, jadi bingung bingung
mohon pencerahannya iloveindonesias
==== All About Bonsai ====
tangayikan - 07/09/2012 10:15 PM
#7312

Quote:
Original Posted By normand.benjo
yang penting perangsang akar, om.
selain rooton F ada jga rapid root ato yg laen. dlu ane kdang kgak ane kasih jga bsa tumbuh. yg mati jga sering sih.... wkwkwk...
tpi yg pernah nyubi alamin, waru mudah banget di stek...
intinya yang bawah kasih perangsang akar, yang atas (ujung) di bungkus pelepah pisang.
cma setau sejauh yg nyubi tau, biar ntar agak mudah dikecilin daunnya, agan cari waru yang tangkai daun warnanya KEMERAHAN. yg tangkai ijo agak ngelawan klo daunnya di suruh kecil.
welleeehhh, maap lagi om - om, ane nyubi oon kok kayak wong pinter, ngomong ngelantur ya...
untuk lebih jauh, coba om - om master kalo ada masukan...
suwun...


Ilmu baru sip dah tks...berarti sidaun pisang buat sungkupnya, kirain akarnya wkkk
normand.benjo - 08/09/2012 02:23 AM
#7313

mumpung lagi pada anget soal waru, nyubi numpang mejeng...

Spoiler for waru..
==== All About Bonsai ====


maap klo om-om ada yang kurang berkenan...
hofuyang - 08/09/2012 08:04 AM
#7314

Quote:
Original Posted By zaew8
selamat sore, dan salam kenal dr saya iloveindonesias
baru nih, pengen belajar cara membuat bonsai yg bener malus
,
kalau dulu sempet ane tinggal ke surabaya dan dikampung gak ada yg urus taneman, ane sempet cari botol mineral ukurang besar, dan dilubangi sedikit bagian bawah/atas pakai jarum (sesuai selera), terus ane iket ke kayu batangan dan ditaruh diatasnya, ada jg yg ane iket langsung ke batang taneman malus
cara yg ke 2, botol mineral dilubangi dibagian samping, ntar abis diisi air tinggal diletakin dideket taneman hehe iloveindonesias


Salam kenal juga ya, oom.
Bagus juga tips gan shakehand:

Quote:
Original Posted By normand.benjo
mumpung lagi pada anget soal waru, nyubi numpang mejeng...

Spoiler for waru..
==== All About Bonsai ====


maap klo om-om ada yang kurang berkenan...


Wow, keren sekali, oom ==== All About Bonsai ====
Ane berkenan koq thumbup:

Maaf, nubi mau nanya buat nambah ilmu, oom. Gerakannya itu dikategorikan raft atau berbatang banyak ?
normand.benjo - 08/09/2012 02:06 PM
#7315

Quote:
Original Posted By hofuyang


Salam kenal juga ya, oom.
Bagus juga tips gan shakehand:



Wow, keren sekali, oom ==== All About Bonsai ====
Ane berkenan koq thumbup:

Maaf, nubi mau nanya buat nambah ilmu, oom. Gerakannya itu dikategorikan raft atau berbatang banyak ?


maaf om, nubi kmaren sore kagak paham model2 bonsai...malu:malu
yg pnting pas di liat, trus hajaarr..
tpi yg jelas pohon itu batang utamanya rubuh telentang, trus mungkin dikimpoinajis ama orang lewat, then kluar cabang2 baru yg akhirnya jdi pengganti pohon utama. mngkin cocok jga utk kategori raft/batang banyak...

jendol13 - 08/09/2012 05:46 PM
#7316

Quote:
Original Posted By normand.benjo
maen ke bandungan aja om. klo dlu tempate pak santoso ada. dri semarang lewati psar bandunga arah ambarawa pling brapa rtus meter kiri jlan ada bonsai banyak, kyaknya jga ada stok kawat.
klo mau murmer, cri kenalan BTL listrik klo ada sisa kawat jaringan, di preteli trus di panasin dikit jadi enak buat dibentuk. dijamin gak kalah sama kawat bonsai pling mahal...
maklum, nyubi berangkat dari keterbatasan jadi nyarinya yg murah2...malu:malu

tengkyu oom inpohnya
oeoet84 - 09/09/2012 07:46 PM
#7317

Quote:
Original Posted By hofuyang
tumben, oom oeoet udah main sket sekarang, atau ane yang udah jarang mampir matabelo:

keren oom sketnya,ane jadi ada imajinasi lebih buat kedepannya. shakehand:


kebetulan kemaren d kantor ga ada kerjaan n tergugah untuk corat coret.
sepertinya itu pohon agak di tegakkan sedikit jg enak om.

Quote:
Original Posted By hofuyang
Nambah lagi list hunting bakalan favorit o Tipikal bandel kuat juga ya.
Masukan yang bagus shakehand

lmyn bandel kok om memang waru.

Quote:
Original Posted By hofuyang
takut takut kemarau panjang ampe desember takut takut

Ditempat tinggal ane saja, Cengkareng & sekitarnya sudah mendapat warning dari pengelola lingkungan bahwa PDAM hanya mensuplai air dari jam 6.00 pagi hingga 8.00 pagi saja \( Itupun dengan aliran kran mengecil, akibat semua warga berebut membuka kran air utk kebutuhan rumah mereka masing-2. amazed:

Buat kebutuhan pokok spt mandi, cuci mencuci, dll tiba2 menjadi mepet. Apalagi buat menyiram bonsai kesayangan \( bisa-2 dianaktirikan \(

Mohon pencerahan oom-2 suhu & teman-2 disini, bila berkenan share pengalaman perawatan bonsai khususnya saat menghadapi masalah kemarau berkepanjangan agar tanaman tetap fit dlm kondisi spt ini \)

temenku biasanya pake busa yang untuk filter akuarium ikan untuk menjaga kelembaban
sepanjang hari.sya sih tp blom pernah coba.


Quote:
Original Posted By zaew8
selamat sore, dan salam kenal dr saya iloveindonesias
baru nih, pengen belajar cara membuat bonsai yg bener malus
,
kalau dulu sempet ane tinggal ke surabaya dan dikampung gak ada yg urus taneman, ane sempet cari botol mineral ukurang besar, dan dilubangi sedikit bagian bawah/atas pakai jarum (sesuai selera), terus ane iket ke kayu batangan dan ditaruh diatasnya, ada jg yg ane iket langsung ke batang taneman malus
cara yg ke 2, botol mineral dilubangi dibagian samping, ntar abis diisi air tinggal diletakin dideket taneman hehe iloveindonesias


hello om...salam kenal ya...senang menambah teman lg.
infonya berguna.btw mungkin bisa di foto jg step2 pembutannya om.

Quote:
Original Posted By normand.benjo
nhhaaahhh...
ada pancingan dikit lsg keluar ilmu plug in tambahan dari suhu....
manthabs buat di coba. om,

wekeke ilmu plugin kebetulan pernah baca2.lmyn bwat di sharing.

Quote:
Original Posted By zaew8
Selamat malam suhu2..
mau nanya nih, tadi pas jalan2 ke kebun nengok durian nemuin beginian dan langsung angkut karena tergiur liukannya,malu
pohon jenis apa ya ini, daunnya mirip wahong sayur, tapi beda, jadi bingung bingung
mohon pencerahannya iloveindonesias
==== All About Bonsai ====


iya mirip wahong sayur ya om...tp.di.coba aja untuk di bonsai.

Quote:
Original Posted By normand.benjo
mumpung lagi pada anget soal waru, nyubi numpang mejeng...

Spoiler for waru..
==== All About Bonsai ====


maap klo om-om ada yang kurang berkenan...

weh wehhh...guede bener yak....calon mantap om...connecting root jg ya?
hofuyang - 09/09/2012 08:34 PM
#7318

Quote:
Original Posted By oeoet84
kebetulan kemaren d kantor ga ada kerjaan n tergugah untuk corat coret.
sepertinya itu pohon agak di tegakkan sedikit jg enak om.


lmyn bandel kok om memang waru.


temenku biasanya pake busa yang untuk filter akuarium ikan untuk menjaga kelembaban
sepanjang hari.sya sih tp blom pernah coba.




hello om...salam kenal ya...senang menambah teman lg.
infonya berguna.btw mungkin bisa di foto jg step2 pembutannya om.


wekeke ilmu plugin kebetulan pernah baca2.lmyn bwat di sharing.



iya mirip wahong sayur ya om...tp.di.coba aja untuk di bonsai.


weh wehhh...guede bener yak....calon mantap om...connecting root jg ya?


Maunya emang ditegakkan sedikit sih oom, tapi kata sellernya baru direpotting gak terlalu lama sebelum ane beli, jadi gak berani utak atik dulu.

Busa filter akuarium apakah sama baiknya dengan moss, oom ? bingung

Gila cuaca kemarau tahun ini, meski tanaman ditaruh ditempat teduh sekalipun, tetap aja media tanamnya jelang sore udah mengering takut
hofuyang - 09/09/2012 09:01 PM
#7319
Rimbun ? Enggak deh....
Quote:

==== All About Bonsai ====

(Timan Monthit, trainer bonsai dari Jogja)


SUMBER

Beberapa hari yang lalu di halaman timur Ambarukmo Plaza Jogjakarta diselenggarakan pameran & kontes bonsai regional Jogja 2008. Dalam kesempatan tersebut digelar kontes bonsai kemudian dipamerkan secara bersamaan. Bonsai yang dipamerkan terdiri dari berbagai macam spesies dan gaya. Yang menarik dari saya adalah banyak bonsai yang dilihat dari karakter dasar bonsai-bonsai tersebut sesungguhnya sangat fantastis dan begitu indah namun oleh artis maupun pemiliknya dijadikan bonsai yang asal rimbun, maksudnya adalah bonsai dengan konopi yang dibentuk dari daun-daun yang lebat berbentuk tudung segi tiga.

Menurut penglihatan dan persepsi saya, bonsai tersebut menunjukkan tingkat kesuburan dan kesehatan tanaman bonsai yang sangat baik. Akan tetapi, bonsai yang asal rimbun itu justru kehilangan ruh dan pesan yang ada pada karakter dasar si pohon bonsai. Lebatnya dedaunan yang hijau menutupi gerak dasar akar, batang, cabang dan sistem perantingannya. Hilanglah keindahan yang tercipta secara alami dari bagian-bagian penyusun bonsai tersebut. Ibarat seorang gadis yang bertubuh molek dan berparas cantik maka rambut si gadis yang tumbuh lebat tersebut menutupi keindahan bola matanya, hidungnya yang mancung, bibirnya yang sensual dan lehernya yang jenjang. Keindahan tubuh si gadis juga tersembunyi dengan rapat dibalik balutan kain yang tebal dan lebar. Si gadis kontes yang seharusnya cantik dan sensual tersebut hanya menjadi gadis model yang kurang menarik karena memiliki potongan tubuh yang lurus-lurus saja dan wajahnya tidak nampak.

Untuk dapat melihat keindahannya penikmat bonsai harus bersusah payah mencari angel (sudut pandang) yang paling pas, saya harus menyingkap rimbunnya dedaunan hingga mampu melihat liukan batang dan cabang. Bagi orang yang hanya sepintas mengamati dan tidak berusaha dengan tekun berupaya menyingkap selubung penutup tersebut tentu akan kehilangan moment untuk menikmati hal-hal indah dari bonsai rimbun tersebut. Sungguh hal ini sangat disayangkan.

Hal tersebut di atas masih terjadi pada sejumlah artis dan pemilik bonsai. Mereka berpendapat bahwa bonsai itu bagus jika daunnya tumbuh subur, lebat dan membentuk kanopi segi tiga yang lebar. Pengamatan saya ini ternyata juga dirasakan oleh Bpk Wawang Sawala, seorang juri senior bonsai dari Surabaya. Bahkan beliau dalam sarasehan yang digelar dalam event di atas juga mencontohkan pada sebuah bonsai yang juga ikut kontes. Beliau mengatakan bahwa bahan dasar bonsai tersebut sangat indah hanya saja kurangnya pemahaman artis dan pemiliknya maka bonsai tersebut dibentuk menjadi bonsai asal rimbun. Hasil akhir penilaian bonsai asal rimbun tersebut juga menjadi kurang maksimal.

Kontra dengan hal di atas, pada saat dilakukan demonstrasi pembuatan bonsai oleh beberapa orang artis/trainner dari jogja dan sekitarnya. Para artis memilih sendiri bahan-bahan bonsai yang akan dibentuk menjadi bonsai yang indah yaitu bonsai yang memenuhi kaidah-kaidah dalam membuat bonsai dan hasil akhirnya adalah bonsai yang sesuai kaidah umum dan tampil indah menurut orang yang tidak tahu tentang bonsai sekalipun. Pada prinsipnya bonsai yang indah adalah bonsai yang mampu mengatakan sendiri tentang keindahan dirinya melalui bahasa tubuh dan penampilannya sendiri.

Hampir seluruh artis pada waktu itu membawa bahan-bahan bonsai yang berdaun rimbun. Dari daun yang rimbun tersebut para artis menghilangkan cabang, ranting dan daun yang tidak dibutuhkan dan hanya meninggalkan yang dibutuhkan saja disesuaikan dengan karakter dasar bahan bonsai.

Yang paling menarik dari demo tersebut adalah ketika artis Timan Monthit mulai tampil maka banyak suara-suara yang menurut saya sangat sumbang yang dilontarkan oleh penonton yang mayoritas adalah penggemar bonsai. “Awas, nanti pohonnya jadi gundul dan menjadi nol! Awas, nanti butuh waktu bertahun-tahun untuk menunggu tumbuhnya cabang dan ranting baru, jangan asal potong!”

Ucapan-ucapan yang terlontar dari para penonton tersebut menurut saya pribadi adalah wujud ketidaktahuan dan kurangnya keberanian mereka untuk melakukan perubahan guna mendapatkan bonsai baru dengan kualitas baik layak kontes yang berasal dari bahan bonsai lama. Suara-suara sumbang itu merupakan manifestasi dari rasa sayang untuk kehilangan performa bonsai asal rimbun tersebut. Inilah penyakit yang sedang mengidap orang-orang tersebut. Hal ini juga yang membuat kita menjadi hanya jalan di tempat dan tidak pernah maju. Anti perubahan!

Secara pribadi saya salut atas sikap dan pendirian yang diambil oleh artis yang cukup “nyleneh” tersebut. Ia tetap bersabar dan mulai menjelaskan bahwa ia paling suka dengan bonsai dengan beraliran konvensional sempurnya. Ia akan berusaha membuat sebuah bonsai menjadi bonsai matang yang memiliki nilai seni yang tinggi hingga jika diikutkan kontes maka akan mendapat kategori bonsai yang sangat baik. Ia menjelaskan bahwa bahan dasar bonsai ini (sancang/premna microphylla) cukup baik. Akar menyebar memutar hanya arahnya terlalu menghunjam masuk ke tanah sehingga perlu untuk dimekarkan membentuk sudut maksimal 45 derajat dari batang dan menghilangkan akar yang dirasakan mengganjal pandangan. Batang juga tidak hanya lurus tetapi menampakkan gerak batang yang indah. Cabang-cabangnya cukup banyak.

Singkatnya artis Timan Monthit melakukan eksekusi terhadap bahan bonsai sancang tersebut dengan cara memotong cabang-cabang yang tidak diperlukan dan tidak sesuai dengan alur akar dan batang utama hingga tertinggal sekitar empat cabang. Akar dimekarkan diganjal dengan kerikil-kerikil dan memangkas beberapa akar yang kurang pas. Hasil akhirnya adalah sebuah bonsai baru yang sederhana/simpel namun sesuai dengan kaidah pembuatan bonsai secara profesional.

Timan Monthit selanjutnya menjelaskan proyeksi ke depan bonsai yang akan didapat dari bahan bonsai baru tersebut. Bonsai baru tersebut merupakan kerangka dasar yang baik, kelak dari cabang-cabang yang tersisa itu akan tumbuh ranting-ranting baru dan dipilih ranting yang pas saja sedangkan ranting yang tidak diperlukan kelak harus dibuang lagi. Memang untuk mendapatkan bonsai yang bernilai seni tinggi tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama. Di sinilah letak seni bonsai, dibutuhkan keahlian, cita rasa, kesabaran, keuletan yang luar biasa dari artis maupun pemilik. Semakin lama bonsai dimiliki dan dirawat seharusnya semakin memiliki nilai seni yang semakin tinggi.

Pada akhirnya dari dua hal di atas maka saya pribadi menarik suatu simpulan bahwa bonsai yang rimbun belum tentu indah, memiliki nilai seni yang tinggi. Bonsai yang indah adalah bonsai yang secara alami memiliki karakter dan gerak dasar yang indah kemudian dibentuk dan dirawat menurut kaidah-kaidah seni bonsai hingga hasil akhirnya adalah bonsai matang bernilai seni tinggi yang jika dilihat oleh siapa saja maka akan tampak indah dan menyentuh hati (bonsai yang mampu berbicara sendiri bahwa dirinya adalah indah).

Bonsai yang indah tidak selalu harus dibuat dan tampil rumit namun bisa jadi bonsai indah lahir dari bonsai yang sederhana. Kesederhanaan menjadi kekuatan dari sebuah bonsai indah yang bernilai seni tinggi.


Bagi ane pribadi : ini tambahan ilmu lagi buat ane yang maunya serba instant o
normand.benjo - 09/09/2012 09:24 PM
#7320

Quote:
Original Posted By oeoet84


weh wehhh...guede bener yak....calon mantap om...connecting root jg ya?

hehe.. bukan coonecting root om, tapi waru...
ngakakngakakngakak
sory, bro.. just kidding,,,
cma rafting om...

Quote:
Original Posted By hofuyang

Gila cuaca kemarau tahun ini, meski tanaman ditaruh ditempat teduh sekalipun, tetap aja media tanamnya jelang sore udah mengering takut

kalo ane sih, klo tanaman udah sehat biar cuaca kayak apa jangan sampe diteduhin. kecuali baru repoting.
namanya jga bonsai...
Page 366 of 376 | ‹ First  < 361 362 363 364 365 366 367 368 369 370 371 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====