TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====
Total Views: 332615 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 376 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›

Wylie - 26/06/2008 09:29 PM
#81

Quote:
Original Posted By ard24
nah itu bro wil gw dah cobain pake obat2an sampe aer sabun tetep dateng jg musti di jagain terus kali yaa biar si kutu ga dateng2 lagi ato dikasih uang jajan lebih kutunya biar bisa jalan2 jauh drpd diem dipohon terusD

oia tanah abangnya di di JaCC mei kemaren ada pameran bonsai & suiseki


oo cuma pameran ya? uda kelar dong skrg? hammer:
ke pluit aja deh cari anting2an D
azazil - 26/06/2008 09:47 PM
#82

Quote:
Original Posted By Wylie
di putihin itu buat pa ya bro? malu: 'jin' di bonsai maksudnya apa ya?

kalo tujuannya seh ga taw,,mungkin biar kontras aja kali yah,,,
kebanyakan yang di lime sulphur adalah bonsai dari keluarga juniper (cemara) dan konifer ( pinus )
jarang ada bonsai lokal yang di lime sulphur
beberapa istilah bonsai yang paling sering absen

buat gaya / style :

CHOKKAN = gaya tegak lurus ( formal form )
MOYOGI = gaya tegak tidak lurus (informal form )
SHAKAN = gaya slanting
FUKINAGASHI = gaya tertiup angin ( windswept form )
HOKIDACHI = gaya broom
KENGAI =gaya menggantung ( air terjun )
HAN KENGAI = setengah menggantung
BUNJIN = literati
NEGARI = exposed root
SEKJOJU = on the rock
SOKAN = gaya bercabang dua
SANKAN = gaya bercabang tiga
KABUDACHI = gaya bercabang banyak
NETSUNAGARI = connecting root
YOSE UE = grouping

istilah laen
SABAMIKI = split-trunk
SHARIMIKI = driftwood
SHARI = kayu mati pada ranting
JIN = kayu mati pada batang

namun pada perkembangannya istilah JIN digunakan untuk menyebut kayu mati ("keringan" atau " keroposan") pada bodi bonsai



eh iya..
ikutan numpang,,,

http://s290.photobucket.com/albums/ll257/azazil_neo/?action=view¤t=ki_besi.jpg

bahan bonsai jenis lokal..jenis ki besi,,sori pictnya jelek banget coz ambilnya pake hape,,maklum ga da pinjaman kamera digital hehe...
Wylie - 27/06/2008 09:54 PM
#83

Quote:
Original Posted By azazil

eh iya..
ikutan numpang,,,

http://s290.photobucket.com/albums/ll257/azazil_neo/?action=view¤t=ki_besi.jpg

bahan bonsai jenis lokal..jenis ki besi,,sori pictnya jelek banget coz ambilnya pake hape,,maklum ga da pinjaman kamera digital hehe...


bgs tuh bro , art bgt sayang pic na kekecilan D
azazil - 28/06/2008 12:30 PM
#84

Quote:
Original Posted By Wylie
bgs tuh bro , art bgt sayang pic na kekecilan D


sori soal pict-na,,coz tu pake kamera hape,,ga da pinjeman kamera digital masalahnya,,,
burem gt jadinya,,,bsok deh kalo da pinjeman kamera tak upload bonsai2nya,,baru bakalan seh,,lom da yang jadi
ard24 - 28/06/2008 12:46 PM
#85

ki besi ma ki hujan beda ya bro...? dulu pernah ditawarin bakalan ki hujan soalnya...D
azazil - 28/06/2008 09:32 PM
#86

Quote:
Original Posted By ard24
ki besi ma ki hujan beda ya bro...? dulu pernah ditawarin bakalan ki hujan soalnya...D

beda bro...
Wylie - 28/06/2008 09:44 PM
#87

Quote:
Original Posted By azazil
sori soal pict-na,,coz tu pake kamera hape,,ga da pinjeman kamera digital masalahnya,,,
burem gt jadinya,,,bsok deh kalo da pinjeman kamera tak upload bonsai2nya,,baru bakalan seh,,lom da yang jadi


sep bro, sekalian cara2 membentuknya ya, gw juga ada bakalan sancang, kapan sih waktunya lepas kawat?
deo gracias - 29/06/2008 02:47 PM
#88

Quote:
Original Posted By azazil
kalo tujuannya seh ga taw,,mungkin biar kontras aja kali yah,,,
kebanyakan yang di lime sulphur adalah bonsai dari keluarga juniper (cemara) dan konifer ( pinus )
jarang ada bonsai lokal yang di lime sulphur
beberapa istilah bonsai yang paling sering absen

buat gaya / style :

CHOKKAN = gaya tegak lurus ( formal form )
MOYOGI = gaya tegak tidak lurus (informal form )
SHAKAN = gaya slanting
FUKINAGASHI = gaya tertiup angin ( windswept form )
HOKIDACHI = gaya broom
KENGAI =gaya menggantung ( air terjun )
HAN KENGAI = setengah menggantung
BUNJIN = literati
NEGARI = exposed root
SEKJOJU = on the rock
SOKAN = gaya bercabang dua
SANKAN = gaya bercabang tiga
KABUDACHI = gaya bercabang banyak
NETSUNAGARI = connecting root
YOSE UE = grouping

istilah laen
SABAMIKI = split-trunk
SHARIMIKI = driftwood
SHARI = kayu mati pada ranting
JIN = kayu mati pada batang

namun pada perkembangannya istilah JIN digunakan untuk menyebut kayu mati ("keringan" atau " keroposan") pada bodi bonsai



eh iya..
ikutan numpang,,,

http://s290.photobucket.com/albums/ll257/azazil_neo/?action=view¤t=ki_besi.jpg

bahan bonsai jenis lokal..jenis ki besi,,sori pictnya jelek banget coz ambilnya pake hape,,maklum ga da pinjaman kamera digital hehe...


wah terima kasih bro atas infonya nich...\)
Wylie - 29/06/2008 10:16 PM
#89

ada yg mau nyumbang gambar bonsai lagi ?? \)
azazil - 29/06/2008 10:40 PM
#90

Quote:
Original Posted By Wylie
sep bro, sekalian cara2 membentuknya ya, gw juga ada bakalan sancang, kapan sih waktunya lepas kawat?


kalo aku seh senengnya kalo kawat dah nulai nyekik batang,,kalo kelamaan resikonya batang cacat,,kalo kemudaan,,ya ga mungkin kebentuk,,,
soal sancang ati-ati..mending sering2 dicek medianya,,coz sancang rakus banget masalah unsur hara,,mending digroundkan biar cepet gede,,
soal cara membentuk,,liat kemauan pohonnya ajah bos...jangan dipaksain,,kalo arahnya dah gaya formal,,jangan dipaksain buat jadi gaya menggantung,,,
sama2 toleransilah kita ma pohonnya,,,
ajmc_tiger - 29/06/2008 10:41 PM
#91

bro...and sis..., media buat bonsai apa ya, saya punya cemara hutan dari papua, rencana mo saya bikin bonsai...nah media yg tepat apa aja ya...? thx
Wylie - 29/06/2008 10:50 PM
#92

Quote:
Original Posted By azazil
kalo aku seh senengnya kalo kawat dah nulai nyekik batang,,kalo kelamaan resikonya batang cacat,,kalo kemudaan,,ya ga mungkin kebentuk,,,
soal sancang ati-ati..mending sering2 dicek medianya,,coz sancang rakus banget masalah unsur hara,,mending digroundkan biar cepet gede,,
soal cara membentuk,,liat kemauan pohonnya ajah bos...jangan dipaksain,,kalo arahnya dah gaya formal,,jangan dipaksain buat jadi gaya menggantung,,,
sama2 toleransilah kita ma pohonnya,,,


ok bro trims infonya \), tp "digroundkan" itu maksud nya apa ya? confused:
azazil - 29/06/2008 10:53 PM
#93

@azazil
manstab infonyathumbup:
btw kl pake aer+kapur sirih bisa tahan lama ga putihnya?[/QUOTE]
bukan masalh lamanya bro,,kalo pengen lama yah dicat ajah hehe...
biasanya kalo maw kontes di lime-sulphur,,,semua ga permanen kaya'nya,,lamanya ga taw coz aku juga lom pernah nyoba,,,ga da bonsai cemara seh,,,
dirumah banyakan bonsai lokal, serut (streblus asper) ma ki besi,,tu ajah masih prospek...
azazil - 29/06/2008 11:00 PM
#94

Quote:
Original Posted By Wylie
ok bro trims infonya \), tp "digroundkan" itu maksud nya apa ya? confused:

tanem langsung ajah ditanah,,,biasanya ampuh tuh buat nggedein sancang,,,

wah,,lagi OL bos,,ada YM ga..YM aku azazil_neo...
kali ajah bisa share ma tetua bonsai hehe,,"merguru"gt hehe
wakalakalaka - 30/06/2008 09:39 PM
#95

Teman2..

Ada yg punya santigi ga?
Wylie - 30/06/2008 09:44 PM
#96

Quote:
Original Posted By azazil
tanem langsung ajah ditanah,,,biasanya ampuh tuh buat nggedein sancang,,,

wah,,lagi OL bos,,ada YM ga..YM aku azazil_neo...
kali ajah bisa share ma tetua bonsai hehe,,"merguru"gt hehe


jah yg ahli kan ente bro D
azazil - 30/06/2008 09:59 PM
#97

bagi-bagi pict hasil surf di google

-bonsai tanuki

http://i276.photobucket.com/albums/kk28/azazil_99/bigtanuki.jpg

pohon aslinya cuman cemara kecil yang idup itu,,yang lainnya adalah kayu mati yang emang sengaja "dipasang" pohon yang idup,,

-bonsai sancang

http://i276.photobucket.com/albums/kk28/azazil_99/boy2.jpg

no comment lah...but,,bwt gw pribadi,,"pribadi" loh yah kaya'nya kanopinya terlalu berat deh...punya orang indo ko,,pak sp gt...lupa

- bonsai cemara duri
http://i276.photobucket.com/albums/kk28/azazil_99/Juniperus_rigida-bunjin-Wlodek_Piet.jpg

bonsai cemara duri ( juniperus rigida) gaya bunjin,,,biasanya,yang telaten piara asem dari biji,,gaya ni yang pling sering dipakai..disini penggunaan lime sulpur juga keliatan
Wylie - 30/06/2008 10:29 PM
#98

paling bagus sih menurut ane yg cemara duri, kalo liat aselinya mungkin lebih oke,
oya bro kalo beringin2 besar kan suka ada kayak ranting yg mirip tali2 menjulur ke bawah tuh, bisa ga ya bonsai dipakein ituan
azazil - 30/06/2008 10:34 PM
#99

Quote:
Original Posted By Wylie
jah yg ahli kan ente bro D


ah jangan gt mas,,pemula ijo ko,,baru kenal bonsai plg jg 1thnan,,punya bonsai aja blom,,bakalan semua,,,
azazil - 30/06/2008 11:01 PM
#100

Quote:
Original Posted By Wylie
paling bagus sih menurut ane yg cemara duri, kalo liat aselinya mungkin lebih oke,
oya bro kalo beringin2 besar kan suka ada kayak ranting yg mirip tali2 menjulur ke bawah tuh, bisa ga ya bonsai dipakein ituan


bonsai ga gt mas,,bonsai seperti lukisan 3d,,kaya kt liat laut gt,,ada horizon,,perspektif dll,,,intinya tiap bonsai pasti punya "the best view" (front view) masing2,front view inilah yang bisa ngeluarin potensi bonsai secara maksimal,,selama kita lom bisa nentuin front viewnya,walopun kita dah dapet gayanya pasti bakal susah buat perkembangannya,,ex : buat perantingan,,,

kalo itu akar napas boz,,bisa seh diakalin buat bikin lebih artistik bonsai beringin kita (khusus ficus benjamina loh..)caranya,biarin akar napas bonsai yang deket cabang utama tumbuh nyampai tanah..trus lilitin ke batang utama,,,pas nyampe tanah,boz nyari batu yang rada "ekstrem" wujudnya,,bukan batu solid,,tapi yang banyak lubangnya gt,jangan yang gd2 bolongnya,,trus boz masuk2in akar napasnya ke lubang batu,,trus akar tanahnya ikut dikubur,,ntar kan gede,,kalo dah gede,biasanya bakal nyatu ma batang utama kambiumnya,,trus,bakal ngiket batunya juga,,lumayanlah "on the rocK" minimalis gt hehe..jadi selain bisa nambahin gd batang utama,bisa juga buat nambah lebih angker,,,
tapi bisa parah kalo buat kimeng,coz pangkal akar napasnya bakal "nggembol" kalo akar napasnya nyampai tanha,,kaya bikin batang baru gt...mending jangan deh kalo buat kimeng..

bdw,,gaya bonsai beringin yang banyak akar gantungnya ..suwir2 gt,,namanya "kabumono" kalo ga salah...kalo orang subtropis ga bisa gaya ini,,coz,emang ga pernah liat dialam mereka seh haha...
tapi jangan harap kita bisa dapet bonsai cemara yang "ekstreem" di indonesia,,yang bisa dibedakin gt,,kalo ga bikin ndiri,,coz,,mana ada cemara "liar" di indonesia,,,

tapi nyante bro,,dunia dah mengakui santigi milik kita ko haha...

beberapa kandidat bonsai yang bakal nyaingin santigi ( dlm hal tekstur batang ma daun ),,nurut gw seh...

- singkil laut ( premna nauseose ) = batang+daun+'jin (kalo pas nemu yang "khusus" daunnya bisa kecil banget loh)..

- ki besi = batang+"jin

secara pribadi seh,,,

nurut boz?????
Page 5 of 376 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ==== All About Bonsai ====