YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > [no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan
Total Views: 32534 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 51 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

telenji200772 - 24/05/2011 10:06 PM
#1
[no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan
Quote:
HT#14


Quote:
Quote:
[CENTER] Selamat Pagi Agan, saya sudah lama belajar bagaimana memenangkan situasi saat kita INTERVIEW. Kenapa topik ini diangkat ? Mungkin diantara kita juga pernah mengalami kesulitan saat kita di interview: mungkin gemetar, takut, engga PD dll. ITU LUMRAH GAN semua orang akan mengalami demikian. Yang menyedihkan, kenyataannya kita sudah mempersiapkan siang-malam untuk menghadapi interview ini, padahal kita tahu hal ini merupakan hidup mati kita diterima/diteruskan ke sesi berikutnya !!!. Bukan Masalah Teknis !! (Padahal Sudah Belajar Mati-matian!!) Tapi justru kita tidak siap [B]MENTAL dan Kekurang tahuan kita tentang bagaimana menyiapkan MENTAL tsb, FATAL yah??? Bukannya mau sombong atau menonjolkan diri tetapi disini saya mau kasih Resepnya , supaya agan kalau wawancara / interview /sidang atau apapun bisa sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal, mau tahu caranya silahkan simak di bawah ini (oh ya gan sesuatu akan berhasil jika dilatih sebelum tampil Yb) [/B]
[/CENTER]


1. PERKENALKAN DIRI ANDA

[CENTER]
Spoiler for PERKENALKAN DIRI ANDA

[no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

Quote:
Perkenalkan Diri anda dengan Mantap dan JELAS, sekali lagi gan Yang JELAS..!!! teknik yang di pakai 3P P(Pause), P(Part), P(Punch), kira2x seperti ini contohnya :

Nama saya Budi Santoso nah kalo menggunakan teknik 3 P kita harus mantap cara memperkenalkan : Nama Saya (pause, artinya jeda sejenak a second lah, sebelum menyebut nama!!!)

Budi (Part, artinya dipisah sejenak jika nama kita ada nama belakangnya, tetapi jangan dikebut nyebutin nama pertama dengan nama belakangnya ya..!!! a second too

Santoso (Punch, artinya ada penekanan kata dibelakang dengan nanda yg agak sedikit naik (bukan membentak ya gan, nanti interviewer kita pingsan)

Nah Jadi cara perkenalan dengan teknik 3P (pause,Part,Punch)[/B]
[/CENTER]

2. EYE CONTACT

Spoiler for EYE CONTACT

[CENTER][no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

Quote:
Kalau agan sedang interview pastikan jaga EYE CONTACT, artinya kalau sedang berbicara matanya tertuju ke matanya si interview, buat apa sih kontak mata ini??? Hal ini dimaksudkan mengukur tingkat PD agan, kenapa?? dengan kontak mata si interviewer langsung bisa mengukur tingkat PD agan. yang perlu dihindari :
1. MELOTOT (apalagi yang interview cewek dan cantik pula, udah melotot terus netes dah tu iler D), juga hindari melihat HIDUNG, JIDAT, RAMBUT, apalagi bagian lainnya, pokoknya lihat matanya. (hati2x gan interview tahu kalo agan engga eye contact)

2. JELALATAN (saat agan interview tapi matanya kemana-mana , persis maling gitu loh D)

3. FOKUS DI SATU TITIK (maksudnya saat agan interviewer selalu melihat kebawah atau keatas, persis seperti orang gak PD dan menunggu keajaiban datang D)
[/CENTER]

3. JABAT TANGAN dengan MANTAP

Spoiler for JABAT TANGAN dengan MANTAP

[CENTER][no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

Quote:
Jabat tangan jangan dianggap enteng gan, disini si Interviewer sudah bisa melihat Karakter Positif agan misalnya : Semangat, Antusias, Aktif, PD,dsb. Dan Bisa juga si interviewer bisa menilai Karakter Negatif agan tapi tentu tidak semua tapi hanya sekilas saja (tapi cukup mewakili). Seharusnya bagaimana Jabat Tangan yang Mantap itu ?? :

1. Sebelum Jabat tangan pastikan kondisi telapak agan kering (tdk basah, berminyak dsb) kenapa..?? sangat tidak nyaman gan kalo tangan kita basah atau berminyak bagi si interviewer. Saya tau biasanya telapak tangan kita berkeringat. mungkin saja kita stress D. Nah , bagaimana kalau telapak kita sudah dikeringkan tapi masih basah terus (berarti agan kelainan JANTUNG takut) engga usah khawatir ada trik dari ane tapi jangan diketawaiin ya..?? janji..?? : SEKA/KERINGKAN TELAPAK TANGAN AGAN di CELANA/ROK AGAN..?? (bahasa kerennya MEPER bingung) tapi jangan keliatann MEPER-nya ,pake teknik halus yaitu pura2x pegang saku depan atau belakang, dan harus CEPAT !! D (dont try this at home).

2. Jabat Tangan Si Interviewer dengan sedikit lebih ERAT (bukan bikin patah tagan si interviewer ya gan?? D) jabat tangan seperti biasanya dan jangan jabat tangan membalikan telapak tangan kita sehingga mirip gaya salaman kita ke orang tua telapak tangan dibalik lalu telapak tangan Ortu kita dicium (don't do that). Hindari juga jabatan tangan yang cuma asal nempel aja, hal ini tidak baik karena terkesan melecehkan si interviewer (kesannya jijay bajay D)

3. Jangan Lama2x salamannya sudah kenalin nama boleh dilepas..siapa yang duluan nge-lepasin?? saya atau interviewer..?? lebih baik karena kita yang bertamu atau datang enaknya nunggu isyarat dia ngelapasin tangannya. nah kalo interviewernya ngga mau ngelepasin gimana gan..?? yah itu mah nasib D mungkin doi "demen" sama agan/aganwati.. D
[/CENTER]

4. DUDUK HARUS PROFESIONAL
Spoiler for DUDUK HARUS PROFESIONAL


[CENTER][no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

[no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

Quote:
Gan ini penting juga setelah agan kenali nama, eye contact, dan jabat tangan, ini juga engga kalah penting yaitu cara kita duduk di ruang interview. Saya sering meng-interview beratus orang dan saya suka memperhatikan gaya mereka saat duduk, kenapa penting sih gan? Penting banget!! si Interviewer sudah bisa melihat sikap agan saat memasuki ruang interviewer, apakah agan siap, menganggap remeh, malu2x,atau mungkin terlalu PD (ini sih parah!!). Nah inilah yang harus dilakukan :

1. Duduk Yang Tegap, jika kursinya ada senderan Hindari bersandar (jadi tegap, bukan nunduk)

2. Posisi Tangan , jika didekat kita ada meja, letakan tangan diatas meja , tetapi yang mesti dihindari adalah : tangan dilipat diatas meja (mirip anak SD), telapak tangan terbuka (persis kek orang berdoa "oh tuhan tolonglah aku"), bertopang (dagu mirip kalo kita lagi "bokek"), nah ini yang pernah saya temui, tanganya sih di meja, tetapi tuh tangan yg di interview "NGGRATIL" alias pegang2x alat tulis/kertas/lembar kerja saya..D Atau yang paling aman jika mejanya jauh dari jangkauan, letakan tangan diatas paha kita it's oke juga (lebih elegan)

3. Jangan Selonjor, apalagi kaki atau dengkul naik keatas tepi meja (jelas engga sopan)

4. Dan pancarkan Energi , lempar senyum, dan PD agan dalam posisi duduk yang sempurna yaitu TEGAP
[/CENTER]

5. PIKIR SEBELUM BICARA

Spoiler for PIKIR SEBELUM BICARA


[CENTER][no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

Quote:
Ini engga boleh terjadi gan, jika kita sedang akan ditanyakan oleh si interviewer kita memotong pembicaraan atau langsung menjawab pertanyaan yg belum selesai ditanyakan.!! (don't do that is not polite, it's jerk). Dengarkan dulu sampai selesai. ada tata cara yang mesti diikuti :

1. LISTEN (dengarkan dulu pertanyaannya sampai selesai)

2. REPHRASE (Ulangi pertanyaannya secara singkat , tapi bukan MEM-BEO artinya mengulangi persis pertanyaannya si interviewer, jika agan melakukan pem-beoan malah timbul kesan TIDAK CERDAS, contoh:
Interviewer : Tadi anda katakan selain kerja anda mendapatkan pendapatan dari tempat yang lain kalau boleh tahu besar mana ...??
Kita(gunakan REPHRASE) : maksud bapak SIDE INCOME ??? (perhatikan rephrase-nya tidak mem-beo bukan..? tapi esensi-nya sama)

3. CHECK (cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek : betul begitu pak/bu??? )

4. ANSWER (nah ini yang penting yaitu baru jawab dengan singkat,padat, lugas dan jangan menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan)

5. RE-CHECK (Re-cek, artinya memastikan jawaban agan sudah menjawab kebutuhannya, contohnya : apa sudah menjawab pak/bu, seperti itu pak cerita/kronologinya, hindari : jelas pak !! (kesannya kek si interviewer bodo banget), Ngerti pak !! (kesannya kek guru ke murid)

Oke gan kalo mau jawab harus dipikir dulu !! (jangan asal NJEPLAK!!, terburu-buru) kesan yang ditimbulkan adalah kita kelihatan tidak profesional (apalagi Bo'Ong , dont do that) Tata Pikiran Agan sebelum berbicara.

Nah teknik lima diatas tadi sebenarnya teknik BUYING TIME (a second). sambil melakukan 5 langkah tadi sambil kita berpikir mencari jawaban yang MATANG Yb
[/CENTER]

Informasi : Bagaimana Cara Cepat INTERVIEWER Menyukai Anda

[no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan

DIJAMIN !!!, Thread dibawah ini, bermanfaat buat juragan semua


The Best Thread Collection 2011 KLIK Disini !!!
telenji200772 - 24/05/2011 10:08 PM
#2

semoga trit ini bisa membantu agan semua..amien Yb
ArieKazamatsuri - 24/05/2011 10:26 PM
#3

- pertamax-



nice gan
bukhori354 - 24/05/2011 10:36 PM
#4

makasih atas saranya D
besok ane mau wawancara kerja soalnya maklum baru lulus hehe D
wish me luck yah gan \)
telenji200772 - 24/05/2011 10:41 PM
#5

Quote:
Original Posted By bukhori354
makasih atas saranya D
besok ane mau wawancara kerja soalnya maklum baru lulus hehe D
wish me luck yah gan \)


oke gudelak ya gan SUKSES !!!..moga-moga bukan ente yang ane wawancara Yb
himzafath - 24/05/2011 10:45 PM
#6

ya gan sikap duduk sangat mempengaruhi, waktu ane wawancara dl ane sikap dengan tenang, tp tetap tegas dalam menjawab pertanyaan alhasil ane di terima kerja di situ. shakehand2
sayangkaskus - 24/05/2011 10:45 PM
#7

wahh bagus nih inponya..
telenji200772 - 24/05/2011 11:00 PM
#8

Quote:
Original Posted By himzafath
ya gan sikap duduk sangat mempengaruhi, waktu ane wawancara dl ane sikap dengan tenang, tp tetap tegas dalam menjawab pertanyaan alhasil ane di terima kerja di situ. shakehand2


WooOoWW :matebelo siipp gan sukses yah.. Yb
Apeglie - 24/05/2011 11:02 PM
#9

betol bgt gan.....ngomongnya asal jgn jeplak aja
NenenTT - 25/05/2011 09:19 AM
#10

mantep gan..eye contact penting juga yah..!!! :rate5
SenAtDorm - 25/05/2011 12:24 PM
#11

ane udah menang gan.. D
ternyata ga sesusah yg diteorikan..
kadang teori ini yg membuat kita takut akan interview..
padahal mah jalani aja.. nohope:
diterima sukur,ga diterima bukan rejeki..
tapi tetep elmunya kudu ngerti juga..D

rejeki kan terhampar luas dibumi..
pasti ga akn ketuker tiap orang..D
darkangel0693 - 25/05/2011 10:48 PM
#12

Alhamdullilah dapet thread ini cz besok interview kerja..
Tq yha gan[no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan
ichaichaicha - 26/05/2011 11:02 PM
#13

Terima kasih gan infonya. Bsk ane ada interview. Doakan ya.
anand79 - 27/05/2011 10:56 AM
#14

Nongkrong di pekione..
mksh gan, nice share, ditggu tret2 agan selanjutnya ya. berkualitas n no repostt..

ane praktekion gan, kl ane mau pindah kerja. malu ane :rate5
telenji200772 - 27/05/2011 02:34 PM
#15

Quote:
Original Posted By anand79
Nongkrong di pekione..
mksh gan, nice share, ditggu tret2 agan selanjutnya ya. berkualitas n no repostt..

ane praktekion gan, kl ane mau pindah kerja. malu ane :rate5


semoga sukses bro...!! Yb
opikoman - 27/05/2011 08:58 PM
#16

nice post gan_
lumayan sangat inspiratif..

tapi tu posisi duduknya yang bener nyender kayak no.3 ya gan?
di post tertulis tegap dan ga boleh nyender, mav kalo salah.

thnksiloveindonesia
telenji200772 - 27/05/2011 09:31 PM
#17

Quote:
Original Posted By opikoman
nice post gan_
lumayan sangat inspiratif..

tapi tu posisi duduknya yang bener nyender kayak no.3 ya gan?
di post tertulis tegap dan ga boleh nyender, mav kalo salah.

thnksiloveindonesia


oh ya itu salah lustrasi gan... klo yg digambar itu adalah posisi duduk yang benar..tp klo interview ngga boleh nyandar dan harus tegap !! (sori salah gambarnya. Yb)
b3_N_jo - 30/05/2011 02:16 PM
#18

Gan.. ane mau tanya nih..
kebetulan ane mau interview.... dan gw ngak punya pengalaman kerja atau pun organisasi.. nah andai kata gw ditanya mengenai :

1. Pengalaman menghadapi tekananan, organisasi, atau masalah dan bagaimana penyelesaiannya..

kira '' bagus ngak ya kalo ane jawab :

"Ya saat ini saya blm punya pengalaman seperti itu pak... , maka dari itu saya memutuskan ingin bergabung ke perusahaan ini ., agar saya bisa mengembangkan potensi saya pak.. terutama dalam menghadapi tekanan waktu atau masalah yg mungkin muncul ke depan nya."

gmn gan? mohon bimbingan... ilovekaskus
telenji200772 - 30/05/2011 03:17 PM
#19

Quote:
Original Posted By b3_N_jo
Gan.. ane mau tanya nih..
kebetulan ane mau interview.... dan gw ngak punya pengalaman kerja atau pun organisasi.. nah andai kata gw ditanya mengenai :

1. Pengalaman menghadapi tekananan, organisasi, atau masalah dan bagaimana penyelesaiannya..

kira '' bagus ngak ya kalo ane jawab :

"Ya saat ini saya blm punya pengalaman seperti itu pak... , maka dari itu saya memutuskan ingin bergabung ke perusahaan ini ., agar saya bisa mengembangkan potensi saya pak.. terutama dalam menghadapi tekanan waktu atau masalah yg mungkin muncul ke depan nya."

gmn gan? mohon bimbingan... ilovekaskus


pertanyaan itu engga akan muncul jika :
1. agan memang belum pernah bekerja
2. atau dia lihat agan terlihat di CV engga ada pengalaman kesana

jadi menurut saya, jika tetap ditanyakan seperti itu seharusnya engga bakal terjadi kenapa ? :
1. kan seharusnya dia tahu klo agan belum pernah kerja/organisasi
2. mungkin aja dia mengetes agan untuk kejujuran

tetapi oke deh kira2x begini jawabannya (tolong kembangkan sendiri) :

" Sesuai dengan cv saya, saya belum pernah bekerja / berorganisasi jadi saya belum pernah menghadapi tekanan-tekanan, maka dari itu saya tahu ini akan menjadi tantangan saya kedepannya untuk bisa memberikan kontribusi yang baik buat perusahaan ini jika nantinya saya diterima disini, hal ini sesuai dengan karakter saya yaitu.....(pilih sendiri ya gan : adaptif, kerja keras, kerjasama tim, pantang menyerah, terima tantangan, disiplin, tekun dsb). "

begitu kira2x gan, cuma tambahin aja karakter positif agan apa.??? itu yang akan dijual ke interview kita, supaya dia tahu keinginan agan dan harapan agan ..

oke gudelak Yb
b3_N_jo - 30/05/2011 11:14 PM
#20

Quote:
Original Posted By telenji200772
pertanyaan itu engga akan muncul jika :
1. agan memang belum pernah bekerja
2. atau dia lihat agan terlihat di CV engga ada pengalaman kesana

jadi menurut saya, jika tetap ditanyakan seperti itu seharusnya engga bakal terjadi kenapa ? :
1. kan seharusnya dia tahu klo agan belum pernah kerja/organisasi
2. mungkin aja dia mengetes agan untuk kejujuran

tetapi oke deh kira2x begini jawabannya (tolong kembangkan sendiri) :

" Sesuai dengan cv saya, saya belum pernah bekerja / berorganisasi jadi saya belum pernah menghadapi tekanan-tekanan, maka dari itu saya tahu ini akan menjadi tantangan saya kedepannya untuk bisa memberikan kontribusi yang baik buat perusahaan ini jika nantinya saya diterima disini, hal ini sesuai dengan karakter saya yaitu.....(pilih sendiri ya gan : adaptif, kerja keras, kerjasama tim, pantang menyerah, terima tantangan, disiplin, tekun dsb). "

begitu kira2x gan, cuma tambahin aja karakter positif agan apa.??? itu yang akan dijual ke interview kita, supaya dia tahu keinginan agan dan harapan agan ..

oke gudelak Yb


ohh iya gan.. btw, kalo misalkan tekanan selama skripsi .. misalkan masalah penundaan ketika wawancara dalam proses skripsi ... itu layak di jelaskan ngak ya gan? soal nya paling dalam kondisi ini aja ane merasa dlm posisi tertekan.. terutama krn deadline skiripsi nya..hehe...

Big thx gan! penjelasan nya benar'' berguna... kebetulan ane msh nubie bnget nih sama interview..hehehe..
Page 1 of 51 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > [no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan