YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Jika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”
Total Views: 2953 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

rhiela - 27/05/2011 08:27 AM
#1
Jika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”
Quote:

Quote:
Berikan komentar yang berkualitas untuk thread ini

Spoiler for Pembukaan
Kembali ane memohon maaf jika ada diantara kaskuser sekalian yang pernah membaca artikel ini. Sekali lagi ane hanya ingin berbagi bacaan bermanfaat untuk motivasi kepada para kaskuser, agar lebih optimis dalam menjalani kehidupan


Quote:
Quote:
Jika ditanya “Anda manusia atau robot?”

Jawaban anda tentu saja ‘manusia”. Tapi nanti dulu. Mari kita bahas lebih mendalam soal perbedaan tipis antara keduanya, yang membuat kehidupan kita sering kali tidak ada bedanya dengan robot.
Saya ajak anda untuk merefleksikan apa kelebihan kita sebagai manusia dibandingkan dengan robot.

Karakteristik sebuah robot :

[QUOTE][FONT="Arial"]1. Robot bersifat prediktif

Artinya sebuah robot sangat mudah untuk diprediksikan langkahnya, karena robot bereaksi sesuai program yang telah dipasang. Jika deprogram untuk marah karena mendapat celaan, maka robotpun akan marah saat dicela.
Jadi, jika kita bereaksi sesuai stimulus yang diberikan orang lain, maka kita tidak ada bedanya dengan robot.

Ibaratnya jika ada tombol “marah” tertekan, andapun akan langsung marah. Itulah mesin. Jadi anda terus-terusan ditentukan stimulus dari luar. Ada macet, marah. Suasana tidak menyenangkan sedikit, marah. Begitulah robotyang reaktif pada diri anda.

Quote:
2. Robot tidak punya inisiatif

Bayangkan jika robot-robot yang merancang dan merakit mesin di pabrik itu bisa kratif, bagaimana jadinya?

Memang robot diciptakan untuk mengikuti perintah dan tidak membuat inisiatif sendiri (tidak ada program dan tidak ada perintah maka robot hanya diam).

Bagaimana dengan kita? Jika kita terus-menerus menjalanikahidupan yang pasif, harus menunggu perintah, tidak punya inisiatif kalau tidak ada yang menyuruh, maka kitapun telah menjadi robot.

Quote:
3. Robot hanya menggunakan logika berdasarkan program yang diberikan

Tapi para robot itu tidak dapat merasakan, mengunakan emosinya. Inilah salah satu keunggulan manusiadibanding robot. Memang saat ini ada perkembangan teknologi artificial intelligence (kecerdasan tiruan) yang mencoba meniru emosi manusia (tertawa, menangis, jijik, dsb.)
Namun hingga sekarang belum ada mesin yang bisa meniru kerumitan emosi manusia.

Artinya jika kita hanya menggunakan logika dan jarang menggunakan hati untuk berempati terhadap kondisi orang lain, maka kita pun tidak ada bedanya dengan robot.

Quote:
4. Robot tidak punya rencana

Robot tidak punya naluri untuk merencanakan dan memaknai masa depannya. Robot-robot biasanya hanya diprogram untuk melakukan suatu tindakan sekarang ataupun suatu tindakan di masa depan. Mereka tidak bisa “memaknai tindakanya untuk menciptakan dunia yang lebih indah dan harmonis”. Sedangkan manusia bisa memaknai dan merencanakan kehidupan yang lebih berarti. Karena itulah, manusia yang hidupnya hanya dari hari ke hari tanpda memaknainya, kita bisa sebut “manusia robot”

Quote:
5. Robot tidak merefleksikan perilaku dan pengalamannya di masa lalu

Ketika programnya salah , maka robotpun akan membuat kesalahan tanpa menyesali. Karenanya ketika seseorang bertindak tanpa hati, tanpa penyesalan pun atas kesalahan yang pernah dilakukan. Kita boleh kembali mengatakan bahwa manusia ini tidak ada bedanya dengan robot.

Quote:
6. Robot tidak meng-kognisi atas apa yang terjadi

Maksudnya adalah robot tidak memiliki kemampuan untuk menarik diri, merefleksikan serta memikirkan bagaimana ucapan, sikap serta tindakannya akan berpengaruh pada sesuatu. Jadi kalau kita terbiasa begitu saja mencetuskan kata tanpa mencoba memikirkan akibatnya terhadap orang lain, bisa jadi kita sudah berhati robot.

Quote:
7. Robot tidak bisa menolak perintah dan tidak memiliki etika moral

Jika kita terbiasa bertindak dan selalu meng-iya-kan tanpa memiliki prinsip dan etika yang kita jadikan sebagai pegangan untuk menerima ataupun menolak sesuatu, maka hidup kita layaknya sebuah robot.

[FONT="Times New Roman"]Jadi, selama ini, manusia atau robotkan anda?
Bagi saya yang mengkhawatirkan dan menakutkan bukannya robot yang berpikir seperti manusia, tetapi manusia yang berpikir dan bersikap layaknya robot.[/FONT][/FONT]


Oleh : Anthony Dio Martin
(Personal Inspirator, Pembicara Motivasional, Trainer)
Dalam Intisari Desember 2010[/QUOTE]
Quote:
Quote:
SEMOGA BERMANFAAT

TS Berterimakasih jika :
Diberi cendolbig, dan bantuan sup2: Dan juga :rate5
kaskuser yang baik adalah kaskuser yang selalu meninggalkan komentar pada setiap trit yang dilihatnya

Quote:
Supported by :
Jika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”Jika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”

rhiela - 27/05/2011 08:27 AM
#2

Reserved for your best comment
olickz - 27/05/2011 08:28 AM
#3

Nice trit sist :2thumbup

sepertinya ane dulu pernah jadi robot \(
tapi sekarang ane sudah tidak lagi,.. D

:rate5
Constantine5 - 27/05/2011 08:32 AM
#4

Mungkin aku robot.
beDbest - 27/05/2011 08:44 AM
#5

ane orang biasa sist.. o
mampir2 dong ke lounge IYEC..D
beDbest - 27/05/2011 08:45 AM
#6

Quote:
Original Posted By Constantine5
Mungkin aku robot.


agan robot gedek? bingung
takut ah sama maho
SenAtDorm - 27/05/2011 08:54 AM
#7

bermanfaat banget nih :matabelo
yg jelas kita yg punya hati pasti sadar,kalo kita ga bisa disamain sama robot yg ga punya hati..
pantas juga buat kritik bagi mereka yg punya jabatan tapi tak menggunakan hati..
apakah mereka itu robot atau setan?cd
smoga kita selalu dijauhkan dari sifat ke-ROBOT-an..
amin..\)
sayangkaskus - 27/05/2011 08:55 AM
#8

manusia punya perasaan, robot tidak punya
SenAtDorm - 27/05/2011 08:55 AM
#9

Quote:
Original Posted By beDbest
ane orang biasa sist.. o
mampir2 dong ke lounge IYEC..D


Quote:
Original Posted By beDbest
agan robot gedek? bingung
takut ah sama maho


ini orang ngejunk aja mad:
apa kamu robot gan? bingung

smoga enggak ya \)
SenAtDorm - 27/05/2011 08:57 AM
#10

Quote:
Original Posted By sayangkaskus
ane manusia


ID ini spesialis junker di IYEC sist.. mad:

kalo bisa lapor hansip aja..

oneliner,kalo trit ente jadi HT,pasti dia pasang iklan jualan..cd
pinter banget nih orang..mad:
hansip.keris - 27/05/2011 08:59 AM
#11

mejeng dulu di pejwan..ceu rhiela,,, Yb
Bahrowi - 27/05/2011 09:05 AM
#12

Saya manusia yang menggerakan robot sis o
rhiela - 27/05/2011 10:01 AM
#13

Quote:
Original Posted By SenAtDorm
bermanfaat banget nih :matabelo
yg jelas kita yg punya hati pasti sadar,kalo kita ga bisa disamain sama robot yg ga punya hati..
pantas juga buat kritik bagi mereka yg punya jabatan tapi tak menggunakan hati..
apakah mereka itu robot atau setan?cd
smoga kita selalu dijauhkan dari sifat ke-ROBOT-an..
amin..\)


iya gan, padahal ane ga berniat kyak gitu lo...
cuma dipikir2 iya juga yah lumayan buat "menggelitik" mereka2 yang ga punya hati biar makin sadar.

Quote:
Original Posted By SenAtDorm
ini orang ngejunk aja mad:
apa kamu robot gan? bingung

smoga enggak ya \)


Quote:
Original Posted By SenAtDorm
ID ini spesialis junker di IYEC sist.. mad:

kalo bisa lapor hansip aja..

oneliner,kalo trit ente jadi HT,pasti dia pasang iklan jualan..cd
pinter banget nih orang..mad:


Siap gan ntar ane bakal laporin mereka ke hansip!
izt.nyun - 27/05/2011 10:21 AM
#14

ane manusia tp kadang jd robot D

:2thumbup bwt ceu2
ane bantu :rate5
Apeglie - 27/05/2011 10:52 AM
#15

Ane Msh manusia..yg bth istirahat maluJika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”
sunsae - 27/05/2011 11:15 AM
#16

Secara tidak sadar mungkin kita sudah terkontaminasi oleh robot2 yah

Semoga ini bisa menyadarkan orang2 yang selama ini dibutakan hati dan pikirannya
nice trit :thumbup
rasAvez - 27/05/2011 01:39 PM
#17

mangstap thumbup:
ijin rate ah tar o
rhiela - 27/05/2011 01:42 PM
#18

Quote:
Original Posted By izt.nyun
ane manusia tp kadang jd robot D

:2thumbup bwt ceu2
ane bantu :rate5


Quote:
Original Posted By rasAvez
mangstap thumbup:
ijin rate ah tar o



siip mamang dan eceu....
semoga bermanfaat \)
yogichemical - 27/05/2011 01:44 PM
#19

nice thread D
::2thumbup
Archimondes - 27/05/2011 03:11 PM
#20

tambahan gann, robot gak bisa ngupil hammer , gak punya nyawa gann cuman diprogram linux2: ane manusia tapi sering pura pura jadi robot (gak normal) hammer
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Jika ditanya “Manusia atau Robotkah Anda?”