Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > BaJiQuan a.k.a Kungfu 8 Mata Angin
Total Views: 69563 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 13 of 62 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›

teles83 - 10/09/2008 10:11 PM
#241

belajar baji di sby di mana ya?
minat nih tp kok rasa nya kagak ada guru ya di sby
pendekar_muda - 11/09/2008 09:54 AM
#242

malam minggu yang lalu, lihat muridnya Martin mainin Xiaoji Baji. Kereeeeeeeeeeeeeeen buanget!!!
[Shadow]LenZ - 11/09/2008 12:37 PM
#243

Quote:
Original Posted By Sex Oriented
wah keren nih kungfu nya... sekalian mo nanya kalo kungfu "enam kehendak" yg ada di komik kenji tuh nama aslinya apa yah ?


Liu He Xin Yi Quan \)
g o d - 11/09/2008 06:47 PM
#244

Quote:
Original Posted By '[Shadow]LenZ
Liu He Xin Yi Quan \)


biasa disebut Xing yi liu he.....
cangchuanman - 11/09/2008 11:16 PM
#245

六合心意拳 (liu he xin yi quan) atau biasa hanya disebut dengan 心意拳 (xin yi quan). Beda dengan xing yi quan (形意拳)
Ini ada salah satu contoh gerakannya

BaJiQuan a.k.a Kungfu 8 Mata Angin
cangchuanman - 11/09/2008 11:17 PM
#246

六合心意拳 (liu he xin yi quan) atau biasa hanya disebut dengan 心意拳 (xin yi quan). Beda dengan xing yi quan (形意拳)
Ini ada salah satu contoh gerakannya

http://image.baidu.com/i?ct=503316480&z=0&tn=baiduimagedetail&word=%D0%C4%D2%E2%C8%AD&in=25949&cl=2&c m=1&sc=0&lm=-1&pn=51&rn=1&di=1637699680&ln=850


Salam \)
sim_x - 11/09/2008 11:53 PM
#247

terus perbedaan xing yi dengan xin yi apa yah? maaf yah TS agak sedkit OOT, klo ga dijawab yah gpp D
cangchuanman - 12/09/2008 12:54 PM
#248

Ga pa2 kok, saya juga ga menguasai kedua gaya atau aliran ini, saya juga OOT kok hehe.............

kalo liu he xin yi quan itu siapa pencipta jurus ini masih simpang siur, dan kenapa dinamai xin yi, itu karena jurusnya tidak berbentuk atau wu xing (无形), alirannya sampai hari ini itu banyak sekali, misalnya airan shan xi, liu, li dan lain2.

Sedangkan xing yi quan pertama kali tercatat diciptakan oleh seorang Jendral terkenal yang bernama Yue Fei (岳飛), dia menciptakan gaya ini diduga karena kecakapannya dalam memainkan tombak sehingga gaya ini lebih cenderung bergerak lurus. Aliran ini lebih mengacu pada lima unsur (logam/emas, kayu, air, api, dan tanah) dan 12 gaya binatang.

Tetapi ada sedikit kesamaan antara xin yi quan dan xing yi quan dalam memainkan jurus 12 binatang ini. Diduga karena kedua pencipta aliran ini pernah berguru di kuil Shaolin (Yue Fei pernah menjadi murid Shaolin).

Itu saja yang saya tahu, mungkin teman2 lain ada yang mendalami salah satu aliran ini, mohon ditambahkan atau dikoreksi.

Salam \)
wu ming - 12/09/2008 08:19 PM
#249

[FLASH]http://www.youtube.com/v/m486-6wDmTs&hl=en&fs=1[/FLASH]
Master Tony Yang memperagakan Bajipigualianhuan

Master Tony Yang adalah guru dari Andy Lianto.
Murid langsung dari GM Liu, saat ini mengajar dan berlokasi di US.

keterangan lebih lanjut dapat di akses di www.wutangcenter.com
lada item - 13/09/2008 12:33 AM
#250

Quote:
Original Posted By wu ming


Kenapa sih selalu bilangnya baji diajarkan sebagai PAMUNGKAS??????
kesannya baji itu kungfu yang gimana banget gitu..... keknya kalo dah belajar bisa sekali tuding orang mati aja....

bukan gimana, tapi kalo berdasar kalimat itu aja sih keknya ni aga2 ga beres.... orang yang paham kungfu itu ga akan bilang hal2 begini. PAMUNGKAS itu cuma pistol ma bom...IMO.


Betul nih sifu Wuming thumbup: buktinya BAMBANG PAMUNGKAS tuh kl dah babak ke 2, dah gak lari tapi jalan pelan2.. stamina kurang... apalagi extra time DDD

just kiddin' bro, pakabarnya niy \)
gudlak buat semuanya yaabeer:beer:
Fallen - 13/09/2008 01:21 AM
#251

double post... sorry
Fallen - 13/09/2008 01:21 AM
#252

Quote:
Original Posted By g o d
nah itu karena persepsi dan hentakannya salah dan dipaksakan, hentakan kaki itu adalah latihan untuk menghasilkan daya serang kalo udah lihai dan mantab hentakan kakinya gak terlalu kelihatan.

jadi jika anda mau berlatih bajiquan, anda terlebih dahulu mempelajari jurus dasar dan anda tak akn dipaksakan untuk menghentakan kaki anda tapi karakteristik jurus bajiquanlah yang membuat anda terpaksa menghentak dengan alamiah.

mau badan 200 kg kalo dilatih dengan benar pasti bisa menghentak dengan baik dan hentakan yang baik tidak mempegaruhi sendi lutut.


bener neh nda mempengaruhi sendi lutut sama sekali?... doh susah ya kudu liat langsung.. soalnya dulu pernah baca dimana gitu emang klo ngehentaknya ampe keras pisan n berbunyi jedaaaaaar!!! malah salah... kudunya bunyinya cuma jleb (ky orang akrobat yg loncat dari tempat tinggi).. bro, bisa ga ngasi tip sedikit kira2 hentakannya gimana biar nda ngerusak sendi lutut... ato susa ya klo cuma ditulis? soalna klo cm liat di video tetep aja bunyinya jedaaaaaaaar keras pisan.....
william36 - 13/09/2008 07:35 AM
#253

Quote:
Original Posted By Fallen
bener neh nda mempengaruhi sendi lutut sama sekali?... doh susah ya kudu liat langsung.. soalnya dulu pernah baca dimana gitu emang klo ngehentaknya ampe keras pisan n berbunyi jedaaaaaar!!! malah salah... kudunya bunyinya cuma jleb (ky orang akrobat yg loncat dari tempat tinggi).. bro, bisa ga ngasi tip sedikit kira2 hentakannya gimana biar nda ngerusak sendi lutut... ato susa ya klo cuma ditulis? soalna klo cm liat di video tetep aja bunyinya jedaaaaaaaar keras pisan.....


untuk dasar aliran kungfu, apalagi tipe selatan, kuda2 itu no satu, perbedaan kungfu tradisional dengan wushu modern adalah fundamental dan konfu, dan bicara fundamental itu diasah seumur hidup, berbeda dengan wushu modern yang bisa langsung masuk ke gerakan taolu nya, bukan saya merendahkan wushu, tetapi kenyataannya begitu, wushu modern sudah agak kehilangan esensinya, bergerak sangat cepat..tapi tidak tulus..ditambah fundamental yang tidak terasah kuat, jadi saran saya sebagai orang yang pernah mempelajari wushu dan sekarang mencoba mendalami aliran tradisional...fundamental dulu, fatal akibatnya jika fundamental lemah...kungfu itu seperti kontruksi bangunan, semakin bagus fundamentalnya maka semakin megah dan kuat bangunannya, potensi untuk tumbuh dan berkembang juga menjadi lebih luas dan besar.

jika saya evaluasi dan riset baji ini, kemampuan mengebrak itu tidak dipaksakan atau di buat2, gebrakan itu saya kira dimaksudkan untuk memperkuat dan memperbesar daya ledak serangan menjadi lebih maksimal dengan pemindahan bobot, dan karena praktisi baji fundamentalnya rata2 memang terasah dan kuda2nya juga kuat2, maka gebrakan itu tidak terlalu membebankan stress kepada kakinya, intinya hanya pemindahan bobot tubuh, bukan untuk mejebol lantai...terlepas dari kalau gebrakannya sudah terlalu kuat hingga ubin pecah, itu hanya karena memang hasil konfu..yang seiring terbentuk dengan perkembangan latihan yang terus menerus setiap hari dari tahun ke tahun.

maap kalo ada salah kata, hanya sekedar sharing, bagaimana pendapat teman2?
cangchuanman - 13/09/2008 08:54 AM
#254

maaf, sebelumnya saya mau kasih masukan dikit aja. kungfu (功夫) sebenarnya berarti hasil yang diperoleh dari kerja keras. Misalnya orangnya jago masak, berarti kungfu masaknya bagus. Istilah kungfu untuk beladiri cina adalah istilah yang salah dan pertama kali muncul di daerah barat. Istilah yang tepat adalah wushu (武术). Jadi bajiquan, taichi, dll adalah wushu, tetapi agar tidak rancu, maka dibagi wushu modern dan tradisional.

Bukan hanya bajiquan yang memakai hentakan sebagai bagian dari jurusnya, tetapi aliran lain juga ada yang memakai hentakan seperti Shaolin, taichi aliran chen, liu he xin yi quan.

Kalau saya boleh sedikit masukan, hentakan pada baji itu bukan hanya berpusat pada kaki tetapi lebih ke pinggang, bila kita berpusat pada kaki, mungkin ubin pecah, tetapi pukulan tidak bertenaga. Pernah liat orang main volley atau bulutangkis, pada saat loncat dan melakukan smash, kekuatan yang dihasilkan berlipat. Itulah yang juga dipraktekkan di baji, lakukanlah dengan alami, bukan dengan paksaan. Bahkan bila sudah ahli, jarak kaki ke lantai dekat sekali dan keliatannya tidak keras hentakannya, tetapi hasil pukulannya luar biasa.

Sekian sharing dari saya, salam \)
chandra_0n9 - 13/09/2008 04:05 PM
#255

thumbup:
dejask - 13/09/2008 07:39 PM
#256

nonton dolo pertandingan Baji nya :

[flash]http://www.youtube.com/watch/v/_Ir0MWNtMv4[/flash]
g o d - 13/09/2008 09:53 PM
#257

Quote:
Original Posted By Fallen
bener neh nda mempengaruhi sendi lutut sama sekali?... doh susah ya kudu liat langsung.. soalnya dulu pernah baca dimana gitu emang klo ngehentaknya ampe keras pisan n berbunyi jedaaaaaar!!! malah salah... kudunya bunyinya cuma jleb (ky orang akrobat yg loncat dari tempat tinggi).. bro, bisa ga ngasi tip sedikit kira2 hentakannya gimana biar nda ngerusak sendi lutut... ato susa ya klo cuma ditulis? soalna klo cm liat di video tetep aja bunyinya jedaaaaaaaar keras pisan.....

nih rahasia hentakan dalam bajiquan.

pilihlah satu jurus panjang dalam baji, untuk dasar cari yang paling mudah dan gampang diingat, hentakan kaki anda gak usah pelan pelan iramanya dipersamakan dengan serangan tangan, jika serangan tangan anda cepat maka hentak kaki cepat begitu pun sebaliknya, pada mulanya hentakan kaki memakai jejakan kaki luar/pinggir telapak kaki.

ingat janagn berusaha untuk menghentak keras biasa saja...hafal jurus dan latih sehari 2 kali pagi dan sore. lihat hasil hentakan kaki anda 6 bulan kemudian.

ingat jangan memaksalan diri hentak semampunya dan sealamiah saja.
Fallen - 14/09/2008 12:43 AM
#258

ooo thx buat info2nya ya guys, bener2 klo mo blajar baji tu perlu guru euy he3 susah klo sendiri... sekali lagi thx buat infonya
ujangsih - 14/09/2008 09:41 AM
#259

Quote:
Original Posted By pendekar_muda
malam minggu yang lalu, lihat muridnya Martin mainin Xiaoji Baji. Kereeeeeeeeeeeeeeen buanget!!!


Mas Pendekar, maksudnya muridnya Martin Wong/wuzhong78?
ch4k3p - 15/09/2008 10:51 AM
#260

kalo di cerita kenji,
si so kon lon itu yang kurus n pendek itu ya???
Page 13 of 62 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > BaJiQuan a.k.a Kungfu 8 Mata Angin