YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > ::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Total Views: 19306 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 29 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

primula - 30/05/2011 09:41 PM
#1
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Quote:
WELCOME TO MY THREAD

Spoiler for bukti no repsol
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Quote:
hatur nuhun buat mimin, momod, kaskus officer,
kaskuser semuanya.. udah di pilih jadi
HOT THREAD #10
:2thumbup :thumbup :2thumbup
Spoiler for penampakan KASKUS 11 Juni 2011 ::: HOT THREAD :::
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::

::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::


Tips Memunculkan
IDE HEBAT

Quote:
Ide besar yang bermanfaat memang hebat! Mungkin kita pernah lihat teman atau senior kita yang punya ide seperti itu.

Bagaimana dengan kita? Susah nggak sih memunculkan gagasan-gagasan kreatif yang hebat?

Memang kita nggak pernah diajari bagaimana memunculkan ide-ide, karena itu kita merasakan pekerjaan ini sebagai pekerjaan berat. Kebanyakan kita berpikir bahwa kemampuan menumbuhkan gagasan, itu karena adanya bakat sejak lahir, bukan karena belajar. Dan anggapan itu kita biarkan saja.

Ada juga orang yang berpendapat bahwa gagasan-gagasan muncul begitu saja dalam pikiran manusia. Mungkin saja pendapat tersebut betul, tetapi kita tidak dapat mengandalkan faktor kebetulan saja.

Hal-hal di atas merupakan penghalang yang kita ciptakan bagi diri kita sendiri dan kita biarkan begitu saja sehingga penghalang-penghalang tersebut merintangi kebenaran, yaitu bahwa kita sebetulnya dapat memunculkan ide-ide besar.

Pada dasarnya, jika kita diberi bakat untuk memahami proses dan teknik memunculkan ide akan lebih mudah bagi kita untuk benar-benar memunculkannya. Kita harus tanamkan dalam diri kita bagaimana cara untuk dapat memunculkan gagasan-gagasan baru dan hebat sewaktu-waktu kita memerlukannya. Proses untuk menumbuhkan gagasan-gagasan baru bersifat aktif bukan reaktif. Nah, di bawah ini ada cara-cara yang bisa membantu Anda melahirkan ide-ide segar. Ikuti saja!

Quote:
Memahami Persoalan

Pertanyaan dasar yang harus dapat kita jawab adalah: ”Mengapa kita perlu memunculkan gagasan-gagasan baru yang hebat?” Jawabannya pastilah untuk memenuhi kebutuhan kita dalam memecahkan persoalan.

Kebutuhan adalah induk penemuan, sedangkan kesulitan yang sering kita temui adalah sering kali tanpa sadar kita mengejar permasalahan yang salah dan berputar-putar sendiri. Sebetulnya yang kita perlukan adalah pemahaman yang sangat jernih mengenai apa yang menjadi masalah sesungguhnya.


Quote:
Rumuskan situasi sekarang dan tujuan yang ingin dicapai

Hal yang sangat penting sebelum kita mulai menyelesaikan suatu masalah adalah kita perlu memahami dengan jelas di mana posisi kita saat itu.

Setelah itu, kita baru membuat garis besar permasalahan yang sedang kita hadapi seperti: latar belakang masalah, kebutuhan organisasi, sumber-sumber lain yang tersedia dan tidak tersedia. Kemudian kembangkanlah konsep/garis besar tersebut, dengan tujuan untuk lebih memahami permasalahan.

Setelah jelas, tetapkanlah sasaran yang ingin dicapai dan pastikan bahwa sasaran tersebut dapat diukur. Misalnya kita diharuskan untuk dapat memecahkan permasalahan yang timbul dalam bidang rekruitmen. Yang diharapkan dari kita adalah menarik siswa baru masuk ke sie kegiatan kita, dengan persentase sebesar 10% dari tahun sebelumnya.


Quote:
Kenali celah-celah dan inti masalahnya

Setelah langkah di atas, maka kita dapat mengidentifikasi celah-celah antara kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan.

Selanjutnya buatlah daftar bagian-bagian yang ada dan persoalan yang mungkin akan timbul, kemudian tanyakan kepada masing-masing apakah ada masalah atau tidak. Kemudian analisislah hasilnya.


Quote:
Lakukan penelitian dan analisis SWOT

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, bisa dilakukan dengan membaca kasus-kasus yang serupa atau melakukan tanya jawab kepada orang-orang yang bersangkutan.

Cara lain adalah dengan melakukan analisis strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan) and threats (ancaman), atau lebih dikenal dengan analisis SWOT.


Quote:
Membangun Kreativitas Sendiri

Setiap orang memiliki kreativitas dalam dirinya. Sejumlah orang yang tidak menganggap dirinya kreatif, dapat terkejut sendiri melihat betapa dirinya kreatif ketika kesempatan yang tepat datang di depan mata. Ada banyak cara untuk menempatkan diri agar kesempatan itu muncul.


Quote:
Amati sesuatu yang Dikenal

Amatilah sesuatu itu selama kurang lebih 10 menit, dan gambarkan kembali apa yang kita ingat. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan kita. Sebenarnya nggak hanya penglihatan saja. Semua indera dapat membantu kita dalam membangun kreativitas, karena baik indera penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan maupun peraba memperoleh berbagai masukan sepanjang hari.

Membangun kreativitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti meningkatkan kepekaan penginderaan kita.


Quote:
Jangan menunda Tugas sampai dengan menjelang batas waktu

Salah satu hal yang menakjubkan adalah bahwa kita dapat memerintahkan otak untuk bekerja secara autopilot. Apabila kita memberinya gagasan-gagasan dasar dan sejumlah rangsangan yang cocok, akhirnya otak akan memunculkan gagasan-gagasan yang dapat diteruskan.

Namun ada kecenderungan, apabila dihadapkan pada persoalan, kita akan menunda sampai menit terakhir, dengan alasan bahwa otak akan bekerja lebih baik kalau terdesak. Itu memang ada benarnya, karena ketegangan batas waktu mampu mempersatukan pikiran dengan baik. Tetapi kita tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada otak untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal.

Jika kita mengerjakan jauh hari sebelum batas waktu tidak berarti kita harus segera merampungkan, tetapi sekedar memberi masukan yang lebih baik kepada diri sendiri untuk menyadari dimensi-dimensi lain dari keadaan yang kita hadapi.


Quote:
Ambillah sudut pandang orang lain

Artinya kita mencoba untuk menempatkan diri kita pada posisi orang lain, dengan tujuan untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang kita ambil. Misalnya, ”Reaksi apa yang saya harapkan dari orang ini atas gagasan tersebut?”

Kemudian telitilah apa yang diperlukan agar orang tersebut dapat memberikan reaksi yang kita inginkan. Bayangkanlah diri kita menduduki jabatannya dan amati gagasan tersebut. Camkanlah reaksi yang timbul dari diri kita dan berbuat sesuai dengan itu.


Quote:
Memunculkan Ide-ide dalam Kelompok

Mengumpulkan orang bersama-sama untuk mencari ide-ide merupakan cara yang efektif, apabila ditangani dengan semestinya. Tapi pertemuan itu dapat juga menjadi penghamburan waktu bagi para peserta apabila tidak ditangani secara benar.


Quote:
berlanjut ke post #2

::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
primula - 30/05/2011 09:42 PM
#2
::: Tips Efektif Memunculkan IDE dalam Kelompok :::
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Quote:
Di bawah ini ada tips agar pemunculan ide secara kelompok dapat berjalan secara efektif.

Quote:
Melaksanakan curah-gagasan

Curah-gagasan atau brainstorming memudahkan kita untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat. Proses ini berlandaskan anggapan bahwa sekelompok orang yang bekerja bersama di bawah pimpinan yang baik, dapat memunculkan jauh lebih banyak ide dan kemungkinan daripada bekerja masing-masing.

Keuntungan cara ini adalah berkurangnya hambatan di dalam kelompok dibandingkan dengan pertemuan yang lebih formal.


Quote:
Membuat bahan penjelasan

Sebelum pertemuan brainstorming, beberapa hari sebelumnya para peserta harus mendapatkan bahan penjelasan, yang berisi informasi, antara lain: kapan pertemuan akan dilangsungkan, pokok pembicaraan, hasil akhir yang diminta, dan sebagainya.


Quote:
Menggunakan Pemandu

Tujuan adanya pemandu adalah untuk mengarahkan dan mengendalikan pertemuan, juga untuk membantu para peserta mengembangkan gagasan-gagasan mereka. Tentunya, pemandu tersebut harus yang sudah berpengalaman.

Dengan adanya rencana yang jelas, maka pemandu dapat mempersiapkan dengan baik, sehingga ia dapat mengetahui banyaknya waktu yang tersedia dan mampu membagi waktu dan akhirnya semuanya bisa berjalan lancar.


Quote:
Tinggalkan tanggapan Negatif

Jangan membiarkan pikiran-pikiran negatif muncul dipermukaan karena akan menjadi penghalang. Juga jangan membiarkan peserta yang satu menginjak atau membunuh gagasan orang lain, karena hanya akan merusak suasana dan menimbulkan permusuhan. Seseorang yang telah diperlakukan seperti itu, akan mundur dan tidak akan bersuara lagi, sehingga kehadirannya jadi tidak berarti, atau yang lebih buruk, akan menjadi agresif dan mencari peluang untuk balas dendam.


Quote:
Doronglah agar semua ikut Berpartisipasi

Dalam acara brainstorming, adalah penting untuk menjaga agar setiap peserta ikut berperan, bukan hanya menjadi pengamat. Penjagaan ini merupakan tugas pemandu. Jika ada peserta yang hanya berdiam diri, maka ia harus didorong untuk memberikan sumbangan.

Jika ada peserta yang terlalu aktif, maka ia harus pula dikendalikan agar tidak sampai memaksakan ego atau pendapatnya. Pemandu harus tetap dapat mengendalikan sidang.


Quote:
Belajarlah untuk Mendengarkan

Terkadang sulit bagi kita untuk menjadi pendengar yang baik, bisa dikarenakan orang tersebut memang menyebalkan atau hal yang diceritakan kurang menarik. Selain alasan-alasan itu, sebenarnya mendengarkan adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan secara aktif.

Keuntungan dari mendengar ialah perhatian kita akan lebih terarah ke masalah yang sedang dihadapi dan kita akan mendapatkan lebih banyak informasi.


Quote:
Ringkaskan, musyawarahkan dan bagilah tugas

Usahakanlah untuk menyelesaikan satu masalah hanya dalam satu kali pertemuan saja.

Tidak efektif untuk melanjutkan atau memulai lagi pada hari-hari berikutnya karena mungkin akan timbul masalah-masalah sampingan. Jika selama pertemuan, bahan-bahan bermutu yang diperlukan telah terkumpul, tujuan/sasaran telah tercapai maka buatlah suatu ringkasan akhir, dapatkan kata mufakat dari semua peserta dan lakukan pembagian tugas secara merata.


Nah, silakan memunculkan ide-ide hebat Anda.

Quote:
Spoiler for Perhatian

Buat mimin, momod, serta agan sekalian..
mangap klo repost: ato :salahkamar
TS nerima cendolbig
TS nolak batabig

Jangan lupa tradisikan ninggalin komeng dan di :rate5
Jangan ngejuk plis, ane secara TS siap laporin ke mimin/momod :cool

Spoiler for yg udah ngasih ane cendol di trit ini

cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig

rytop
Ro07
wanoz
reinzhart
ianyoucool
SenAtDorm
bargobal

[SPOILER=penampakan]::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
[/SPOILER][/CENTER]

::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
primula - 30/05/2011 09:44 PM
#3
monggo intip sekalian trit ane yg laen gan.. :::trims:
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Spoiler for monggo di intip dulu tritnya pengetahuan gan..

::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::

::: Cara Mengenali PEMBOHONG di Sekitar Anda ::: HOT THREAD #14
::: Manajemen Diri Dengan SESUATU YANG BARU :::
::: Jenis Bakteri yang Mengancam Kesehatan Manusia :::
::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya ::: HOT THREAD #11
::: Tips Hindari Luka saat BERCUKUR :::
::: Tips Mencegah NAFSU MAKAN Berlebihan :::
::: PERILAKU yg Ramah LINGKUNGAN ? :::
::: HOBI Yang Dapat Menjadi INSPIRASI USAHA :::
::: Mengenal EMAS (Gold) :::
::: ASI vs Susu Formula ::: HOT THREAD #6
::: Tips Mengatasi KEBIASAAN BURUK Anak :::
::: Keseimbangan Otak Kiri & Kanan, Tingkatkan Kecerdasan Anak ::: HOT THREAD #2
::: Ciri-ciri ANAK KREATIF ::: HOT THREAD #7
::: Menumbuhkan JIWA SOSIAL Anak ::: HOT THREAD #13
::: 10 TEKNIK BICARA Kepada Balita :::
::: Tahapan Mengajarkan BENAR-SALAH Pada Anak :::
::: Mengajarkan Balita MEMBACA :::
::: Berkenalan dengan DEMAM yuks.. :::
::: Tips Memilih BABYSITTER ? :::
::: 10 Etika Makan :::
::: Tips AJARI Anak MAKAN SEHAT :::
::: NUTRISI PENTING buat si Kecil :::
::: Strategi Hadapi ANAK AKTIF :::
::: Efek Samping TERLALU MELINDUNGI ANAK :::
::: Tips ALAMI Menambah TINGGI BADAN meski Usia Lebih dari 21 Tahun :::
::: 25 Tips Alami Hindari Flu Dan Pilek :::
::: 5 Panduan Penting Membeli Obat :::
::: Manfaat punya ANAK bagi Kesehatan :::
::: Waspadai KELAINAN bila Anak BERJALAN JINJIT :::
::: Tips Mengatasi Anak KEJANG :::
::: PERMAINAN yg dapat Meningkatkan Kemampuan MEMORI ANAK ::: HOT THREAD #8
::: Tanda GIGI SUSU Tumbuh :::
::: Tips Kenali dan atasi MATA MERAH ::: HOT THREAD #4
::: 9 Tanda Penyakit dari PENAMPAKAN KUKU :::
::: Tips Hindari STRES saat NYETIR Mobil :::
::: Tips Sehat Menghadapi Rasa KESEPIAN :::
::: Tips Mengatasi Cedera TERKILIR :::
::: Tips Cepat Menangani GIGI PATAH, TANGGAL, SAKIT GIGI :::
::: GEJALA SEPELE yang Harus DIWASPADAI :::
::: Tips Bijak Memilih WADAH PLASTIK yang AMAN :::
::: [AJAIB] Bayi Lahir hanya 21 Pekan 5 Hari di Kandungan! :::
::: [share] Cara Transfer Pulsa dan Mematikan RBT, cekidot gan.. :::
::: [pic inside] Bibir DOWER, tradisi cantik ala Sumra di Ethiopia :::
::: Mengenal Cara Kerja PERASAAN LELAKI :::
::: Berkenalan dengan FACEBOOK FANS PAGE yuks.. :::
::: Berkenalan dengan GENSET yuks.. :::
::: Berkenalan dengan SEL HIDROGEN yuks.. :::
::: Berkenalan dengan AC & Perawatannya yuks.. :::
::: Berkenalan dengan TEST PACK yuks.. :::
::: Berkenalan dengan ROBOT GOOGLE di Internet yuks.. :::
::: Berkenalan dengan PONSEL yuks.. :::
::: Apa yang Membuat Seorang Pengusaha Berbeda? :::
::: 5 Tips Menghadapi SITUASI KONFLIK :::
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT ::: HOT THREAD #10
::: Tips Komunikasi dengan EMPATI ::: HOT THREAD #9
::: Tips Saat Kehilangan MOTIVASI DIRI :::
::: Manfaat Bersikap OPTIMIS :::
::: Tips Menjadi PENDENGAR Yang EFEKTIF ::: HOT THREAD #12
::: Pahami MANAJEMEN KONFLIK agar NYAMAN Bekerja ::: HOT THREAD #5
::: Tips Menjadi Lawan Bicara yang Menyenangkan ::: HOT THREAD #3
::: Berkenalan dengan LIE DETECTOR yuks.. :::
::: PLAT NOMOR GOKIL, share di mari aja gan :::
::: NOPOL Khusus KORPS DIPLOMATIK & KONSULER di Indonesia :::
::: Tutupi Jejak Masa Lalu, PM Italia HARAMKAN Film MAFIA :::
::: [POLITIK] Isu NII hanya Kepentingan Pemerintah :::
::: Berenang Sebabkan Kanker Kantung Kemih? :::
::: Suplemen Vitamin C Dosis Tinggi Picu Katarak? :::
::: Tanda Tubuh Butuh Suplemen :::
::: Manfaat KULIT Mangga, untuk yg JERAWATAN ::: HOT THREAD #1
::: Cara Gampang Benerin Hengpon Pake Code :::
::: Menguap Terlalu Keras, Mulut Remaja 17 Tahun Ini Terus MENGANGA :::
::: Usai Operasi Kecantikan, Wanita Ini Tak Bisa MEREM gan.. :::
::: TAWAS: Deodoran ALTERNATIF (murmer+ tetap praktis) :::

[CENTER]::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
[/CENTER]
jangan lupa yak ninggalin komeng n di rate 5 :rate5
trims berat.. thumbup:
SenAtDorm - 30/05/2011 09:51 PM
#4

Quote:
Original Posted By primula
dikapling untuk komeng malu:


diquote kaplingnyah ;)

ide hebat ga bisa muncul bgitu aja..
hanya buat orang2 terlatih yg mau melatih pikirannya \)

pengalaman organisasi sm orang2 hebat matabelo:

Trit lain dari ane gan cool:
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Spoiler for diliat2 dulu trit ane motivasi++
sayangkaskus - 30/05/2011 09:51 PM
#5

banyak melihat, mendengar, dan memperhatikan sekitar juga dapat memunculkan ide


:thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup



Quote:

[CENTER]Mau Belajar Saham, Options dan Forex ?? KLIK DISINI[/CENTER]
SenAtDorm - 30/05/2011 09:54 PM
#6

Quote:
Original Posted By sayangkaskus
banyak melihat, mendengar, dan memperhatikan sekitar juga dapat memunculkan ide


gagal komen pertamax ni ye siul:
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
primula - 30/05/2011 10:10 PM
#7

ide cerdas perlu digali,
jangan pernah biarkan potensi diri
tenggelam tak berarti o
Quote:
Original Posted By SenAtDorm
ide hebat ga bisa muncul bgitu aja..
hanya buat orang2 terlatih yg mau melatih pikirannya \)

pengalaman organisasi sm orang2 hebat matabelo:

iya gan, perlu ada rekayasa dari diri juga untuk menghasilkan ide2 besar, tidak cukup menunggu inspirasi tanpa berusaha menggali.. o

di organisasi memang secara kultural dikondisikan dinamis dan proaktif menjemput ide2 besar. thumbup:
Apeglie - 30/05/2011 11:56 PM
#8

wah...pengetahuan yang penting...
mudah2n bs dpt ide yg cemerlang....








[AMAZING] 10 Hutan Fosil Yang Membatu
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
primula - 31/05/2011 07:17 AM
#9

Quote:
Original Posted By Apeglie
wah...pengetahuan yang penting...
mudah2n bs dpt ide yg cemerlang....

yups gan.. motivasi buat dapat ide hebat.. usaha.. thumbup:
sumardi2000 - 31/05/2011 09:38 AM
#10

Emang mantap semoga HT lagi nih... :rate5 sudah meluncurrrr

Jangan Lupa mampir dan commentnya :thumbup..
[/B]
SenAtDorm - 31/05/2011 12:21 PM
#11

Quote:
Original Posted By primula
iya gan, perlu ada rekayasa dari diri juga untuk menghasilkan ide2 besar, tidak cukup menunggu inspirasi tanpa berusaha menggali.. o

di organisasi memang secara kultural dikondisikan dinamis dan proaktif menjemput ide2 besar. thumbup:


bener matabelo:

mantan akhtipis nih ye ;)

dompet tipis p
asal hati ga boleh tipis.. hammer:
besok HT nih om.. D
IceCubed - 31/05/2011 12:43 PM
#12

ane selalu pake prinsip

Think Out The Box

berpikir berbeda dari kaum mayoritas/dominan dan memunculkan suatu efek unik menarik dan lainnya

asal jangan kebanyakan nanti jadi gila hammer



*Edited . penghapusan Siggy Karena TS Ngerasa Keganggu post ane jadi ane hapus siggynya karena TS blng Threadnya jadi ga rapih
primula - 31/05/2011 03:53 PM
#13

Quote:
Original Posted By SenAtDorm
bener matabelo:

mantan akhtipis nih ye ;)

dompet tipis p
asal hati ga boleh tipis.. hammer:
besok HT nih om.. D

aktipis LSM gan, Lembur Siang-Malam nyari artikel plus bikin trit.. D
trims supportnya agan dari NTA.. thumbup:
panji1922 - 31/05/2011 04:16 PM
#14

cd banyak bgt gan bingung ane cd::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
SenAtDorm - 31/05/2011 04:22 PM
#15

Quote:
Original Posted By IceCubed
ane selalu pake prinsip

Think Out The Box

berpikir berbeda dari kaum mayoritas/dominan dan memunculkan suatu efek unik menarik dan lainnya

asal jangan kebanyakan nanti jadi gila hammer

*Edited . penghapusan Siggy Karena TS Ngerasa Keganggu post ane jadi ane hapus siggynya karena TS blng Threadnya jadi ga rapih


::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::

Quote:
Original Posted By primula
aktipis LSM gan, Lembur Siang-Malam nyari artikel plus bikin trit.. D
trims supportnya agan dari NTA.. thumbup:


NTA? D tangerang om..;)
LSM mana tuh eek:
primula - 31/05/2011 07:15 PM
#16

Quote:
Original Posted By SenAtDorm
LSM mana tuh eek:

LSM istilah aja gan, buat kaskuser siapa aja, yg lembur siang malam hunting plus bikin trit, krn ketagihan HT D

yg penting seneng aja bs berbagi, kalii aja ada manfaat ;)
dapet donasi cendol, nomer setelahnya D
SenAtDorm - 31/05/2011 07:42 PM
#17

Quote:
Original Posted By primula
LSM istilah aja gan, buat kaskuser siapa aja, yg lembur siang malam hunting plus bikin trit, krn ketagihan HT D

yg penting seneng aja bs berbagi, kalii aja ada manfaat ;)
dapet donasi cendol, nomer setelahnya D


hoalah..cd
kirain opo tho..eek:

kalo laku keras,ane bagi nocannya genit:

btw,ane juga punya nocan 3,tapi ane pake..
kok jd OOT hammer:

Trit lain dari ane gan cool:
::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::
Spoiler for diliat2 dulu trit ane motivasi++
primula - 01/06/2011 08:21 PM
#18

hujantelahreda - 02/06/2011 12:57 AM
#19

wahh sarannya bagus buat pengusaha pemula kayak ane gan malus
MartabakTelur - 02/06/2011 03:30 AM
#20

Itu khan TS copas dari Blog.
Kalau pandangan TS sendiri bagaimana?
Page 1 of 29 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > ::: Tips Memunculkan IDE HEBAT :::