Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##
Total Views: 59958 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 13 of 63 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›

suhu_omtatok - 22/12/2008 11:46 PM
#241

Quote:
Original Posted By suryacakra
MJJ ....omz sepu saya panggil bapak aja yah ... soalna klo mmanggil senina kpd omz sepuh .... jauh tua'an bapak dari pada saya .ma'af ya sebelumnya .... jika salah posting saya bertanya nech .. "kalau jawa ada wali sumatera ada padri /./. nah ... klo jawa ada kadulur papat kalimo pancer ... sumatera ??? apa ada juga ??? kadulur papat kalimo pancernya ....???
(Si ras kita tubuh dubai, si ras kita tembai) ,,,,,, ???? nah ... klo ada apa saja kah itu omz sepuh .... dan bagaimana cara kita mengetahui ada tidaknya juga Bagaimana cara memanggilnya .......repost:mahoilovekaskus..... terima kasih sebelumnya ..... atas penjelasannya ....


Quote:
Original Posted By hidupsehari

wah limo pancer ada jga tuh ma orang kita batak yah..
suhu di bagi lah ...


Sanina suryacakra & Lawei hidupsehat,
Mari kita mulai untuk tidak berkiblat pada etnis lain.
Pemutar balikan beberapa sejarah di Komunitas batak selama ini, akibat batak acap kali menjadikan kultur diluarnya sebagai acuan.

Ketika orang Toba pada saat pernikahanan, tidak lazim memakai pelaminan; tp karena etnis diluarnya menggunakan pelaminan saat pesta pernikahan, maka Toba-pun turut latah mengadaptasi budaya itu.

Ketika jawa memiliki Nyi Loro Kidul atau sunda meliliki Kanjeng Ratu Kidul, dengan gambaran sosok yang sering kita lihat rekaan gambarnya; maka batak toba yg memiliki turiturian tentang Biding Laut, akhirnya meniru rekaan gambar itu, bahkan ada pula yg menghubung-hubungkan tentang sosok yg berbeda itu.

Sama yg dilakukan Simalungun, Taplak meja dijadikan gotong, penutup kepala. Naif.., padahal, leluhur halak Simalungun telah menciptakan gotong tersendiri.

Dimana kekhasan kita...
Dimana khazanah kita

Kita punya estetika tertersendiri...
jawa juga punya estetika tersendiri...
jika ada kesamaan, itulah dinamika.

demikian juga dalam khazanah budaya spiritual,
boleh jadi ada kesamaan.
Bukan Kakang kawah adi ari ari
Bukan Sedulur papat kalimo pancer
Bukan Sabdo pandito ratu
Bukan Sangkan Paraning dumadi
Bukan Mas
Bukan Mbakyu
Bukan Paklek
dan bukan .....

yang mesti sama kita gali, jika di Batak Toba ada Telur "Kulambu Jati Sang Muasal kebermulaan; ini perlu kita jabarkan dan telaah filosofisnya.
Ada merah, hitam, putih...
ada Bonang Manalu...
Ada tiga dimensi, ginjang...tongah..toruh...
suhu_omtatok - 22/12/2008 11:55 PM
#242

HIOU SIMALUNGUN
## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##

Di Simalungun, Kain Tradisionalnya disebut Hiou (bukan Ulos).

Ada beberapa ragam motif Hiou, yang tentunya mempunyai fungsi dan filosofis tersendiri.

Disini Saya berikan beberapa ragam motif Hiou:

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
NANGGAR SUASA

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
HATI RONGGA

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
TAMPUNAI

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
TAPAK SATUR

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
PADANG RUSAK

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
MARTONUN HIOU
hidupsehari - 23/12/2008 09:12 PM
#243

thankzz suhu atas pencerahan nya...
btw id ku bukan hidupsehat suhu tapi hidupsehari..
Di atei Tupa ma dah kam suhu nami domma i patorang ham na lang hu botoh
suhu_omtatok - 24/12/2008 10:40 AM
#244

Quote:
Original Posted By hidupsehari

bukan hidupsehat tapi hidupsehari..
Di atei Tupa ma dah ham suhu nami domma i patorang ham na hu botoh

waduh...maaf Lawei,
tp semoga hidup sehat \)
hidupsehari - 24/12/2008 11:17 AM
#245

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
waduh...maaf Lawei,
tp semoga hidup sehat \)


marsombah jari2 sapuluh tunduk panjujung sabuah hu bamu suhu
makasih doa nya suhu..
semoga aku sehat trus
ilovekaskus
bocorrr - 24/12/2008 01:57 PM
#246

Assalamualaikum... Salam untuk suhu dan para sesepuh... Semoga sehat selalu dan sejahtera, wassalam...D
suhu_omtatok - 28/12/2008 07:13 PM
#247

Quote:
Original Posted By bocorrr
Assalamualaikum... Salam untuk suhu dan para sesepuh... Semoga sehat selalu dan sejahtera, wassalam...D

Thanks Agung. Semoga kamu sukses selalu.

## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##
suhu_omtatok - 03/01/2009 10:21 PM
#248

Masyarakat Batak mengenai 3 sebutan untuk memaknai doa-doa, yang pemaknaannya sebenarnya saling berbeda:

1. Tonggo-Tonggo
2. Raksa-Raksa
3. Tabas-Tabas

bahkan ada lg sebuah istilah yg disebut: Tamiang = Tangiang
maniaklazio - 03/01/2009 10:24 PM
#249

aq pun orang batak lae
Horas bah
hidupsehari - 04/01/2009 11:14 AM
#250

sundul dulu ahh br gak tenggelam...
sup:
wiltom83 - 04/01/2009 09:30 PM
#251

http://i392.photobucket.com/albums/pp8/majalah_sauhur/MuharOmtatokSaragih.jpg

Ganteng kali lawei kita yang satu ini...seperti para ksatria Simalungun jaman dulu ya...Panglima Goraha gitu ya...

btw terima kasih lawei omtatok untuk kunjungannya ke blog saya dan mengisi komen pada beberapa artikel saya ttg simalungun di www.sevilla99.wordpress.com

btw koq lawei selalu foto sendiri?besan saya emangnya di mana lawei?

Salam utk keluarga Lawei
hidupsehari - 04/01/2009 09:35 PM
#252

horass sanina wiltom...mbok ya di masukin keforum ini jga san isi blog sanina itu..br rame nehh forum..oh ya san..semoga Tuhan memberi dukungan tuk sanina dan kaha itu yah agar sehat dan selamat waktu persalinan nanti...
suhu_omtatok - 05/01/2009 02:21 AM
#253

Quote:
Original Posted By hidupsehari
marsombah jari2 sapuluh tunduk panjujung sabuah hu bamu
ilovekaskus


Quote:
Original Posted By wiltom83
## [Budaya]:"Rumpun  B A T A K"##\)
Ganteng kali lawei kita yang satu ini...seperti para ksatria Simalungun jaman dulu ya...Panglima Goraha gitu ya...

btw terima kasih lawei omtatok untuk kunjungannya ke blog saya dan mengisi komen pada beberapa artikel saya ttg simalungun di www.sevilla99.wordpress.com

btw koq lawei selalu foto sendiri?besan saya emangnya di mana lawei?

Salam utk keluarga Lawei


Salam hormat saya untuk semuanya
http://halibitonganomtatok.wordpress.com/
suhu_omtatok - 05/01/2009 04:09 AM
#254

Kisawung nulis \)
Quote:
Original Posted By kisawung
D
Membuka Tabir Misteri Mossak Batak

ttg silat mossak ini saya pernah menanyakan kpd teman seiring yg batak abess, dan komentarnya agak merisaukan:
Mossak lebih dikenal/ diberi stigma sebagai silat ilmu hitam, maka mayoritas suku batak yang beragama protestan malah menjauhi pelajaran silat ini,

Hal ini memang yang terjadi. karena ritual budaya mossak yg dianggap sebagai kuasa kegelapan
tetapi menurut saya tidak ada yg perlu dirisaukan jika "mereka yg mengerti" dan kemudian masuk melihat kenyataan yg ada. Hitam Putihnya suatu ilmu ialah bukan ditentukan oleh ilmunya, melainkan ditentukan oleh pola perilaku si pemegangnya. Justeru Agama seharusnya menjadi "penjaga" dan bukan "penjagal", sehingga budaya luhur yg terbukti kenyataannya dalam menghadapi penjajah tidak sampai dihilangkan. malah dilestarikan dan diberi nilai positif keagamaan sebagai penyelarasnya..
bukankah tanpa mossak pun "jiwa hitam" memang ada disetiap diri manusia
sehingga perlu Agama untuk menyelaraskannya.. bukan untuk menghilangkannya

seluruh pejuang Islam dahulu, ialah terbukti sarat dengan hal mistis

ujian terakhir bagi aliran Mossak tertentu memang bertarung dengan Harimau..
namun yg kuterima dari beliau Prof Sorimangaraja Sitanggang ialah justeru,
bertarung dengan Orang Utan
karena dikatakan olehnya, bahwa Pelajaran Mossak Harimau ialah masih dibawah Pelajaran Mossak Kucing.
Disamping ada lagi belajar Mossak kepada Ular, Elang
dan sisi mistisnya yg justeru diambil dari belajar kepada Gallot (keterangan menyusul)

Pelajaran tertingginya justeru belajar kepada Orang Utan dan bertarung dengannya..

setelah itu dilengkapi dengan belajar Karipat kepada Ayam
yg mirip nantinya dengan aplikasi Gayung Batin di Minang.

Kisah dilanjutkan tatkala itu setelah memanaskan tubuh dan menangkis dahan yg jatuh, kemudian terasa lapar datang menyerang..
seiring dengannya, tiba-tiba terdengarlah suara keras sesuatu yg jatuh..
ternyata itu buah durian yg telah matang..

maka, segeralah seseorang itu bangkit dan mengejar ke arah suara durian jatuh tadi.. namun... ternyata.. disana telah lebih dahulu sampai sesuatu mahluk yg sangat menyeramkan.. ialah Harimau sepanjang 4 meter, dan kakinya hanya ada 3.

timbullah rasa takut tatkala melihatnya, rasa laparpun hilang , berganti kekuatiran yg amat sangat, menatap terpana tiada bisa bergerak , melihat sang Harimau dengan nikmatnya menyantap durian.

demikianlah ternyata Harimau itu tidak peduli dengan seseorang itu, yg dia pedulikan ialah kembali menunggu saatnya durian jatuh kembali, dan menghabiskannya..

seseorang itu kemudian mulai berfikir, karena mulai kembali rasa percaya dirinya, kemudian mencari cara bagaimana untuk merebut durian jatuh yg selalu saja disikat sang Harimau.

lalu saatnya tiba, setelah keberaniannya terkumpul akibat rasa lapar yg amat sangat, maka ketika durian jatuh kembali, segera saja ia berlari berusaha mengambilnya..., namun apa yg terjadi.., badanya terasa terbang dan terhempas, ternyata Harimau Kaki Tiga yg menghempaskannya dengan menubrukkan badannya.
namun itu tak membuat seseorang itu menjadi takut, malahan ia segera berlari dan berusaha mengambil durian itu..
sehingga diceritakan selanjutnya terjadilan pertarungan antara manusia melawan Harimau, namun anehnya, Harimau kaki tiga tak pernah sedikitpun berusaha mencederainya, hanya melakukan gerakan-gerakan yg menghalangi saja, dan itu membuat seseorang itu kemudian "belajar" mengatasinya..

dan ketika pelajaran itu usai, sebagai hadiahnya... ialah durian segar matang menantinya..

Mossak Harimau ialah :

1. Gerakan Kakinya yg menjelma kemudian menjadi Langkah Mossak
2. Kekuatan dan Kesehatannya, dari pengetahuan akan tumbuh2an tertentu

Harimau dalam istilah Batak disebut sebagai "Babiat" atau "si Bolang"
Dalam kasus belajar Mossak kepada Harimau Kaki Tiga, maka disebutkan keanehannya ialah tiada seperti Harimau pada umumnya yg suka makan daging.
Harimau Kaki Tiga ialah Vegetarian, alias hanya mengkonsumsi buah dan daun-daunan saja.

dan konsumsi Harimau Kaki Tiga inilah yg menjadi "Ilham" kepada ilmu pengobatan dan spirit Kekuatan/Kesehatan untuk survival di Hutan yg sangat keras itu.

Reramuan tumbuhan si Babiat ialah:

1. Gagatan Babiat Jantan ( sejenis lalapan)
2. Gagatan Babiat Betina
3. Sirih Babiat
4. Gottam Babiat
5. Tahul-tahul Babiat
6. Rei Babiat ( alang-alang )
7. Sihala Babiat

Diyakini bahwa setiap tumbuhan itu ada sisi mistisnya juga konon pula sisi medisnya, karena bisa dibuktikan, diantara daun itu jika dimakan, maka bisa menyebabkan kita selalu ingin berkelahi, tiada lelah sedikitpun, percaya atau tidak, bisa kuat berkelahi selama tiga hari tiga malam... (kiasnya mungkin)

juga ada diantara tumbuhan daun itu, yg jika sudah dimakan selembar saja, menyebabkan kita kenyang satu hari satu malam..

dan ada diantara daun itu, yg jika kita makan dia, maka pukulan apapun yg akan masuk ketubuh kita, pukulan itu selalu saja meleset kesana kemari
Peace:sahabatsilat.com
gen13th - 05/01/2009 04:40 AM
#255

mantaf threadnya pak @suhu_omtatok thumbup:


shakehand
suhu_omtatok - 06/01/2009 02:38 AM
#256

Quote:
Original Posted By gen13th
mantaf threadnya pak @suhu_omtatok thumbup:


shakehand


Thanks Bung Mod, Mohon diberi pencerahan jg nich
shakehand
wiltom83 - 06/01/2009 12:49 PM
#257

Quote:
Original Posted By hidupsehari
horass sanina wiltom...mbok ya di masukin keforum ini jga san isi blog sanina itu..br rame nehh forum..oh ya san..semoga Tuhan memberi dukungan tuk sanina dan kaha itu yah agar sehat dan selamat waktu persalinan nanti...


Diatei Tupa Saninaku...
hehehe saya dengan Lawei Suhu Muhar Omtatok lagi sama-sama promosikan blog nih...maaf kalo menganggu ya...

Main-main ke sini juga sanina : http://s392.photobucket.com/albums/pp8/majalah_sauhur/?start=0

Salam buat Kakak br.Damanik dan Jagoan Girsang yang baru lahir di rumah...
suhu_omtatok - 06/01/2009 02:09 PM
#258

Quote:
Original Posted By wiltom83
Diatei Tupa Saninaku...
hehehe saya dengan Lawei Suhu Muhar Omtatok lagi sama-sama promosikan blog nih...maaf kalo menganggu ya...

Main-main ke sini juga sanina : http://s392.photobucket.com/albums/pp8/majalah_sauhur/?start=0

Salam buat Kakak br.Damanik dan Jagoan Girsang yang baru lahir di rumah...

\)
Mantap lah Lawei Girsang!
nagabesi - 06/01/2009 06:11 PM
#259

rose:rose:rose:rose:rose:rose:rose:rose:
hidupsehari - 06/01/2009 11:41 PM
#260

Quote:
Original Posted By wiltom83
Diatei Tupa Saninaku...
hehehe saya dengan Lawei Suhu Muhar Omtatok lagi sama-sama promosikan blog nih...maaf kalo menganggu ya...

Main-main ke sini juga sanina : http://s392.photobucket.com/albums/pp8/majalah_sauhur/?start=0

Salam buat Kakak br.Damanik dan Jagoan Girsang yang baru lahir di rumah...


wah san...kok gak ngajak2 sih.. kan bisa aku add link nya di web ku..
http://www.lyabutik.com,ma http://www.bona-gallery.com..tapi yg web bona lum aku bikin soal lum ada theme yg cocok..
Page 13 of 63 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##