Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##
Total Views: 59958 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 17 of 63 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›

nagabesi - 04/03/2009 04:39 AM
#321

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
...........................
yup, batak selalu tidak terpisah pada leluhur. tentu banyak nilai positifnya, namun disisi lain, banyak datu gadungan yang mengaku punya akses dengan leluhur; bahkan mengaku Si Raja Batak.


weks, itu gadungan ya suhu omtatok?? yg katanya raja batak ituh?
wadoh...
suryacakra - 04/03/2009 07:58 PM
#322

Quote:
Original Posted By BramDerisco
@suryacakra : aku kan bukan TS bang.. o iya pastilah untuk kemajuan semua suku.. mohon pengertiannya aja bang lg banyak masalah disini yg gak beres2.. badan juga dah mulai rontok.. o


hehehehe ..... kita disini kan share dalam forum .... jd klo soal TS pa nggakkita masing masing bisa terima kok .... ya namanya juga forum ...(BTW pa sech TS ???/soalnya masi newbie baru pegang keyboard ama PC:o)
Semoga masalah nya bisa diselesaikan dgn baik.rain:

Bukankah dalam forum ini dibahas soal BATAK .... ya yg pasti dalam forum ini yg kita majukan ya suku BATAK dan kita kenalkan kekasanahannya dan dinamikanya dalam sejarah . bagi teman ² BATAK khususnya yg tahu atau memegang pustaka sejarah batak ...kita mohon bisa kasi share soal tsb .;)

bingung:

DALAM KEKURANGAN PASTI ADA KELEBIHAN INGIN MELENGKAPI
shakehand

beer:
Buat Bapak Suhu Omz Tatok .... Mauli ate Da Bapa .... BUJUR ras Mejuah Juah .
shakehand
hidupsehari - 04/03/2009 09:31 PM
#323
wahh aku dapat 666
Quote:
Original Posted By nagabesi
weks, itu gadungan ya suhu omtatok?? yg katanya raja batak ituh?
wadoh...


ohh yah suhu aku maw tanya gimana sih ciri2 nya kalo roh leluhur itu benaran atw engga ketika mentrance ke tubuh seseorang??
suhu_omtatok - 11/03/2009 10:10 PM
#324

Quote:
Original Posted By hidupsehari
ohh yah suhu aku maw tanya gimana sih ciri2 nya kalo roh leluhur itu benaran atw engga ketika mentrance ke tubuh seseorang??


kondisi trance adalah kondisi diluar sadar, walau ada juga kondisi psoudo-trance yaitu saat seseorang dirasuki namun ia masih bisa merasakan kondisi sadar.

seseorang yg trance krn ia dlm kondisi di luar kesadaran, maka pasti ia tidak mengindahkan kondisi sadar.

namun sering jg depresi tingkat tinggi dikatakan trance,
suryacakra - 13/03/2009 05:40 PM
#325

Quote:
Original Posted By hidupsehari
ohh yah suhu aku maw tanya gimana sih ciri2 nya kalo roh leluhur itu benaran atw engga ketika mentrance ke tubuh seseorang??



wah ... pa bisa ya arwah leluhur trance ketubuh kita .... yg saya tahu sich ... yg namanya manusia kalo sudah dipanggil olehNYA alias meninggal ... . arwhanya ya klo nggak di SURGA ya di NERAKA .....
PANGLIMA KECIL - 13/03/2009 05:45 PM
#326

Quote:
Original Posted By suryacakra
[QUOTE=hidupsehari;71609190]ohh yah suhu aku maw tanya gimana sih ciri2 nya kalo roh leluhur itu benaran atw engga ketika mentrance ke tubuh seseorang??[/QUO


wah ... pa bisa ya arwah leluhur trance ketubuh kita .... yg saya tahu sich ... yg namanya manusia kalo sudah dipanggil olehNYA alias meninggal ... . arwhanya ya klo nggak di SURGA ya di NERAKA .....


masa om??
Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah, "Roh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". (Al Israa': 85)
peteges - 14/03/2009 03:35 AM
#327

Sorry saya ga baca di tengah, kebetulan juga saya orang batak. Saya mo tanya ttg ilmu harimau? bagaimana cara mhilangkannya? Tk.
hidupsehari - 15/03/2009 02:57 PM
#328

Quote:
Original Posted By suryacakra
wah ... pa bisa ya arwah leluhur trance ketubuh kita .... yg saya tahu sich ... yg namanya manusia kalo sudah dipanggil olehNYA alias meninggal ... . arwhanya ya klo nggak di SURGA ya di NERAKA .....


gini mpal..masalah roh lelhur di panggil ma Tuhan saya jga asih tanda tanya,karena di batak itu sering terjadi orang2 tertentu kesurupan leluhur nya ketika mengadaakan suatu upacara,contoh nya upacara mebuat Tugu suatu marga,dimana kl membuat tugu tulang belulang leluhur yang sudah lama di kubur dan ga tau dimana,biasa nya ada salah satu keturunan nya kesurupan roh tsb dan roh itu menuntun keturunan2 nya tuk menemukan kuburan nya

dan di batak yg saya liat orang2 pintar nya ataw paranormal nya kebanyakan memiliki jinujung,atw dukun tsb bisa memanggil roh lelehur nya tuk merasuki diri nya,dan pabila dah di rasuki dukun tsb bisa memberi ataw melakukan pengobatan.
hidupsehari - 15/03/2009 03:00 PM
#329

Quote:
Original Posted By peteges
Sorry saya ga baca di tengah, kebetulan juga saya orang batak. Saya mo tanya ttg ilmu harimau? bagaimana cara mhilangkannya? Tk.


emang kmu punya ilmu nya gitu..???... dulu belajar ilmu harimau dimana ?? dan sama siapa??

klo emang maw menghilangkan nya suruh aja di ilangin ma yg ngasih tuh ilmu
peteges - 15/03/2009 05:49 PM
#330

Quote:
Original Posted By hidupsehari
emang kmu punya ilmu nya gitu..???... dulu belajar ilmu harimau dimana ?? dan sama siapa??

klo emang maw menghilangkan nya suruh aja di ilangin ma yg ngasih tuh ilmu


saya hanya bertanya, tidak menyatakan sapa yg punya ilmu tsb \)
So, ada yang tau, filosofi ilmu harimau dan bagaimana cara menghilangkan ilmu tsb. Thanks \)
suryacakra - 15/03/2009 07:29 PM
#331

Quote:
Original Posted By hidupsehari
gini mpal..masalah roh lelhur di panggil ma Tuhan saya jga asih tanda tanya,karena di batak itu sering terjadi orang2 tertentu kesurupan leluhur nya ketika mengadaakan suatu upacara,contoh nya upacara mebuat Tugu suatu marga,dimana kl membuat tugu tulang belulang leluhur yang sudah lama di kubur dan ga tau dimana,biasa nya ada salah satu keturunan nya kesurupan roh tsb dan roh itu menuntun keturunan2 nya tuk menemukan kuburan nya

dan di batak yg saya liat orang2 pintar nya ataw paranormal nya kebanyakan memiliki jinujung,atw dukun tsb bisa memanggil roh lelehur nya tuk merasuki diri nya,dan pabila dah di rasuki dukun tsb bisa memberi ataw melakukan pengobatan.

..... wah wah .... hebat dong klo dah ninggal masi bisa kasi petunjuk didunia ...ingat dunk ... asal mula nya ..... dari tanah kembali ketanah ....bukan menampik ..... mmg gmn seh kam bisa memanggil roh leluhur untuk trance ketubuh ???
nagabesi - 16/03/2009 02:16 PM
#332

Quote:
Original Posted By suryacakra
..... wah wah .... hebat dong klo dah ninggal masi bisa kasi petunjuk didunia ...ingat dunk ... asal mula nya ..... dari tanah kembali ketanah ....bukan menampik ..... mmg gmn seh kam bisa memanggil roh leluhur untuk trance ketubuh ???


anu bro.. maap ya, kepercayaan dan pengertian orang kan beda2 bro,
untuk sesuatu yg "bisa dilihat semua orang' aja beda2 pengertian, apalagi yg 'ga bisa dilihat semua orang'.

ada yg bilang roh leluhur itu ada,
ada yg bilang yg nyamar2 jadi roh leluhur itu setan,
ada yg bilang roh leluhur itu adalah kembaran dari roh aslinya.
ada yg bilang roh leluhur itu, energi tubuh yg mewujudkan "diri" ketika meninggal.

dan biasanya, semuanya meyakini keyakinan masing2.

sayangnya aku bukan pelaku pemanggil roh leluhur.
para shamanisme biasanya yg ahli ttg roh leluhur.

kalo rumpun batak, banyak make2 gondang/gendang untuk memanggil yg "roh leluhur" itu ya?
hidupsehari - 16/03/2009 09:42 PM
#333

Quote:
Original Posted By suryacakra
..... wah wah .... hebat dong klo dah ninggal masi bisa kasi petunjuk didunia ...ingat dunk ... asal mula nya ..... dari tanah kembali ketanah ....bukan menampik ..... mmg gmn seh kam bisa memanggil roh leluhur untuk trance ketubuh ???


aku tuh ga bisa memangil mpal.cuma aku memberi info aja apa yg sering aku liat waktu di kampung..emang bener yg di bilang sodara naga besi,biasa tuk memanggil roh leluhur itu pake gendang2.

trus dlu kira2 3 tahun yg lalu kami membuat acara gendang2 di perantauan di jawa tenggah,entah kenapa ketika gendang di main kan abang ku sendiri di rasuki oleh roh nya oppung ku dia itu malah menasehati kami..nah disini aku masih banyak tanda tanya yah spt kam itu.

kek nya kita minta pencerahan ma suhu omtatok aja mengenai roh leluhur ini
hidupsehari - 16/03/2009 09:45 PM
#334

Quote:
Original Posted By peteges
saya hanya bertanya, tidak menyatakan sapa yg punya ilmu tsb \)
So, ada yang tau, filosofi ilmu harimau dan bagaimana cara menghilangkan ilmu tsb. Thanks \)


wahh klo itu saya ga tau bro,tpi di trit2 sebelah ada kok yg membahas ilmu tsb cba aja buka2 di forum supranatural
766HI - 17/03/2009 12:55 AM
#335

Quote:
Original Posted By nagabesi
anu bro.. maap ya, kepercayaan dan pengertian orang kan beda2 bro,

untuk sesuatu yg "bisa dilihat semua orang' aja beda2 pengertian, apalagi yg 'ga bisa dilihat semua orang'.

ada yg bilang roh leluhur itu ada,
ada yg bilang yg nyamar2 jadi roh leluhur itu setan,
ada yg bilang roh leluhur itu adalah kembaran dari roh aslinya.
ada yg bilang roh leluhur itu, energi tubuh yg mewujudkan "diri" ketika meninggal.

dan biasanya, semuanya meyakini keyakinan masing2.

sayangnya aku bukan pelaku pemanggil roh leluhur.
para shamanisme biasanya yg ahli ttg roh leluhur.

kalo rumpun batak, banyak make2 gondang/gendang untuk memanggil yg "roh leluhur" itu ya?


beer:beer:
766HI - 17/03/2009 12:57 AM
#336

Sory dobel \)
suryacakra - 17/03/2009 05:11 PM
#337

ilovekaskus
peteges - 17/03/2009 06:59 PM
#338

Quote:
Original Posted By hidupsehari
wahh klo itu saya ga tau bro,tpi di trit2 sebelah ada kok yg membahas ilmu tsb cba aja buka2 di forum supranatural


yup saya sudah liat boss.. mungkin ada perbedaan antara yg di sumut dan daerah lain makanya pengen tau \)
nagabesi - 19/03/2009 11:43 PM
#339

Quote:
Original Posted By 766HI
beer:beer:



so tung tenggen muse hita lae.... D D


Ada yang mau nyumbang mantra2 rumpun batak gak? beserta cara penggunaan dan kegunaannya?
atau ritual2 singkat yg simple ..

heran aja ngeliat orang2 kita yg pulang kekampung tuk ngilmu, begitu balik jadi "sukses" gitu... wekekekke

ngapain aja rupanya di kampung? D D D
766HI - 21/03/2009 12:38 AM
#340

Quote:
Original Posted By nagabesi
so tung tenggen muse hita lae.... D D


Ada yang mau nyumbang mantra2 rumpun batak gak? beserta cara penggunaan dan kegunaannya?
atau ritual2 singkat yg simple ..

heran aja ngeliat orang2 kita yg pulang kekampung tuk ngilmu, begitu balik jadi "sukses" gitu... wekekekke

ngapain aja rupanya di kampung? D D D


hmm,,,

Unang sampe tenggen laeku,,, \)

klo d tempatku paling juga pulkam tuk ziarah k makam leluhurnya lae,, skalian minta restu dr leluhur n ortu jg spy sukses di perantauan \)
Page 17 of 63 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##