Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##
Total Views: 59958 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 18 of 63 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›

hidupsehari - 21/03/2009 04:56 PM
#341

Quote:
Original Posted By 766HI
hmm,,,

Unang sampe tenggen laeku,,, \)

klo d tempatku paling juga pulkam tuk ziarah k makam leluhurnya lae,, skalian minta restu dr leluhur n ortu jg spy sukses di perantauan \)


emang kita org batak klo plg kampung cuma jiarah aja kok... bukan nya nyari ilmu ini dan itu..
suhu_omtatok - 22/03/2009 03:08 AM
#342

Quote:
Original Posted By peteges
Sorry saya ga baca di tengah, kebetulan juga saya orang batak. Saya mo tanya ttg ilmu harimau? bagaimana cara mhilangkannya? Tk.


Harimau dalam legenda dan keilmuan batak sangat banyak ditemukan.
Mulai dari ilmu silat yang terilhami dari prilaku harimau yg menjadi jurus.
ilmu babiat, bolang dan ilmu-ilmu yang menggunakan kulit harimau yg ditulisi rajah.
di mandailing dahulu, orang sakti juga diidentikkan dgn harimau; misalnya harimau na salapan.
ada pula ilmu babiat yg merupakan penjelman makhluk halus yg berwujud harimau sebagai 'akuan'-perewangan, yg dihadirkan.
memang sulit untuk menghilangkan ilmu ini, harus diadakan ritual khusus untuk memindahkan akuan ini ke tubuh org lain yg masih ada ikatan
suhu_omtatok - 22/03/2009 03:28 AM
#343

Quote:
Original Posted By PANGLIMA KECIL
[QUOTE=suryacakra;73143610]

masa om??
Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah, "Roh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". (Al Israa': 85)


Sy menghargai Bung PANGLIMA KECIL, dan itu juga benar.
namun tread ini merupakan tread Rumpun Batak yg lintas agama.
Disisi lain, kata 'roh-ruh' mempunyai penafsiran baik dari terminologi agama maupun budaya.
dlm terminologi agama saja, Alkitab terjemahan bahasa indonesia yg dipakai umat kristen di indonesia, memuat pemknaan roh yg berklasifikasi, mulai roh jahat dll.
dlm kaca mata islam tentu punya pemaknaan pula.
apa lg dari pemahaman budaya nusantara yg sangat plural
zybran - 22/03/2009 10:55 AM
#344

bang suhu....bisa jelasin ga silsilah hutabarat? kata papa, kita termasuk hutabarat partali...cuman detailnya gw ga tau...
eh katanya batak jg ada keturunan yahudi, batak termasuk salah satu suku diantara 12 suku yahudi yang hilang (klo ga salah)....soalnya pernah ada orang batak yang ngelakuin penelitian tentang itu sampe beliau tinggal di israel selama bertaon taon....
nagabesi - 23/03/2009 12:26 AM
#345

Quote:
Original Posted By zybran
bang suhu....bisa jelasin ga silsilah hutabarat? kata papa, kita termasuk hutabarat partali...cuman detailnya gw ga tau...
eh katanya batak jg ada keturunan yahudi, batak termasuk salah satu suku diantara 12 suku yahudi yang hilang (klo ga salah)....soalnya pernah ada orang batak yang ngelakuin penelitian tentang itu sampe beliau tinggal di israel selama bertaon taon....


permisi suhu omtatok, aku ikut jawab sedikit.

eih.... sampe2 ke yahudi, gak kejauhan/terlalu tua itu? D

ya bisa2 aja lah... kalo dirunutkan keatas lagi, lagi dan lagi, terusss, keatassss lagiiii, denger2, menurut beberapa ajaran, kan manusia ini keturunan adam dan hawa yah?

kita bahas2 aja mulai Siraja Batak dan keturunan2nya ya bro...
Siraja Batak-----bla bla bla bla, sampe lah ke Hasibuan, heheheh, panjang soalnya bro


Hasibuan (ada 5 keturunannya)
|
+-Gr Mangaloksa (ini no 2, punya 4 anak= siopat pusoran)
/br Borbor
|
+-Rj Na Barat (ini no 1, pny 3 anak, yg dibawah ini)
| (Hutabarat)
| |
| +-Hapoltahan
| |
| +-Sosunggulon
| |
| +-Pohan


nah @zybran, ompu hutabarat pohan ini anaknya 2, :

1 Raja Natumandi a.k.a Hutabarat Parbaju
2 Raja Hinobahan a.k.a Hutabarat Partali
peteges - 23/03/2009 12:41 AM
#346

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
Harimau dalam legenda dan keilmuan batak sangat banyak ditemukan.
Mulai dari ilmu silat yang terilhami dari prilaku harimau yg menjadi jurus.
ilmu babiat, bolang dan ilmu-ilmu yang menggunakan kulit harimau yg ditulisi rajah.
di mandailing dahulu, orang sakti juga diidentikkan dgn harimau; misalnya harimau na salapan.
ada pula ilmu babiat yg merupakan penjelman makhluk halus yg berwujud harimau sebagai 'akuan'-perewangan, yg dihadirkan.
memang sulit untuk menghilangkan ilmu ini, harus diadakan ritual khusus untuk memindahkan akuan ini ke tubuh org lain yg masih ada ikatan


Oke Suhu.. Jika ingin melepaskan ikatan, dalam artian tidak diturunkan ke generasi berikutnya apakah bisa dilakukan? Oya.. saya juga pernah denger ada ilmu2 spt itu dari suku Batak yang mengharuskan orang tsb mencari pohon bambu yang apanya ya.. itu lho kulit bambu yg ada duri2 kecil gatal, harus menghadap ke bawah, bukan ke atas spt yg biasanya kita temukan.. Apakah betul hal tsb?
Lalu apakah jika generasi sebelum kita telah melakukan hmm..yg saya denger dari Uda saya itu "Pambolatan" apakah brarti ilmu kanuragan yg telah dipelajari benar2 tputus ke generasi berikutnya?

Mauliate Suhu \)
nagabesi - 23/03/2009 12:43 AM
#347

dan dengar2, melalui silsilah inilah orang batak menentukan leluhur mana yg pingin dihubungin,
biasanya nyari2 leluhur yang pada saat dia hidup dikenal memiliki kemampuan khusus yang digdaya.

suhu omtatok, bgimana sih cara melakukan kontak dengan leluhur2 itu? D D D D

NB: walah walah, dah masuk "budaya" ternyata ya suhu omtatok, gak bahas supranatural lagi ini?
766HI - 24/03/2009 01:26 AM
#348

Quote:
Original Posted By nagabesi
dan dengar2, melalui silsilah inilah orang batak menentukan leluhur mana yg pingin dihubungin,
biasanya nyari2 leluhur yang pada saat dia hidup dikenal memiliki kemampuan khusus yang digdaya.

suhu omtatok, bgimana sih cara melakukan kontak dengan leluhur2 itu? D D D D

NB: walah walah, dah masuk "budaya" ternyata ya suhu omtatok, gak bahas supranatural lagi ini?


Khan dah ad thread khusus tuk ngebahas masalah ini,,,

tp bukankah leluhur2 sendiri yg memilih kpd cucunya yg mana, ilmunya di turunkan,,, klo cucunya yg memilih leluhurnya kyknya jarang ad yg bsa,,
maaf klo salah... \)

tp nunggu penjelasan suhu aj spy jelas,,, D

btw leluhur nagabesi kyknya dulu org sakti nichh,,, n lg siap2 akses k leluhur nich,,, D
suryacakra - 24/03/2009 10:58 PM
#349

ilovekaskus
hidupsehari - 25/03/2009 05:36 PM
#350

ayoo suhu di lanjut penjabaran nya yg di tanya kan olah kawan2 di sini...sundul ahhh sup:
tuwaga9 - 27/03/2009 10:08 AM
#351

izin baca ya suhu
suryacakra - 28/03/2009 06:01 PM
#352

Quote:
Original Posted By peteges
Oke Suhu.. Jika ingin melepaskan ikatan, dalam artian tidak diturunkan ke generasi berikutnya apakah bisa dilakukan? Oya.. saya juga pernah denger ada ilmu2 spt itu dari suku Batak yang mengharuskan orang tsb mencari pohon bambu yang apanya ya.. itu lho kulit bambu yg ada duri2 kecil gatal, harus menghadap ke bawah, bukan ke atas spt yg biasanya kita temukan.. Apakah betul hal tsb?
Lalu apakah jika generasi sebelum kita telah melakukan hmm..yg saya denger dari Uda saya itu "Pambolatan" apakah brarti ilmu kanuragan yg telah dipelajari benar2 tputus ke generasi berikutnya?

Mauliate Suhu \)


shakehand

Bukan mendahului penjelasan dari Bapak Suhu Om Tatok ...Peace:
pernah dengar/baca berbagai cara untuk melepaskan ilmu harimau dari pemegang atau penuntut dari ilmu tersebut ... ada dgn cara mandi kembang,dengan duri bambu(REGEN dalam bahasa batak karo)yg berpelepah menghadap kebawah,ada dgn cara putus rotan (perpeltep ketang) , mandi di percabangan air(lau penirangen) , mandi dgn jeruk purut(rimo mungkur) , dgn Doa ...dsb tergantung kepada Orang/guru/datu yg menjadi panutan(yang menangani) ..... terlepas dri itu semua tak lepas dari niat,kiat,usaha dari yang punya ilmu tersebut .....rain:

Mauli ate da Suhu

beer:
766HI - 31/03/2009 02:53 PM
#353

Menunggu penjabaran dr Suhu,,,
virus cinta - 31/03/2009 04:56 PM
#354

kaya' nya asik jg neh nambah pengetahuan tentang suku batak.
ijin menyimak ... \)
suryacakra - 31/03/2009 10:42 PM
#355

ngacir: nyari Bapak [B][B]Suhu OM tatok[/B][/B] bingung:


clock:Peace:
MylovelyMaya - 31/03/2009 10:50 PM
#356

sembiring disini mejuah-juah
suryacakra - 07/04/2009 03:09 AM
#357

clock:

bingung:

Bapak ......\(
dimana bata
suryacakra - 07/04/2009 03:10 AM
#358

clock:

bingung:

Bapak Suhu Om Tatok ......\(
dimana ....??? bata
766HI - 14/04/2009 03:23 AM
#359

Om Suhu kmn yachh,,,??

Masih menunggu penjelasan dr suhu nich...
BramDerisco - 14/04/2009 03:36 AM
#360

Quote:
Original Posted By 766HI
Om Suhu kmn yachh,,,??

Masih menunggu penjelasan dr suhu nich...


beliau kalau tidak salah sedang membuat acara di medan.. mungkin sedang sibuk dengan kegiatan acara tersebut..

beer:
Page 18 of 63 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##