Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##
Total Views: 59958 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 57 of 63 | ‹ First  < 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 >  Last ›

roronoasandro - 11/06/2012 08:19 PM
#1121

Quote:
Original Posted By Beghu
songon na sepi do poang inganan ta on..!
horas di hita saluhut na..
\)


horas,
belum pada tau ada trit ini mungkin..malu

salam kenal abang/lae ?
namaku sandro sihaloho
dari tasikmalaya
766HI - 12/06/2012 12:10 PM
#1122

met siang All..
lam tambah sepi do tutu ate inganan ta on.
btw aha do sibahason ate, asa lam rame tempat ta on.
lidokain - 12/06/2012 01:51 PM
#1123

horas..
selamat siang..
bagaimana dengan sharing perjalanan menapak tilas jejak leluhur.\)b
766HI - 13/06/2012 03:04 AM
#1124

Quote:
Original Posted By lidokain
horas..
selamat siang..
bagaimana dengan sharing perjalanan menapak tilas jejak leluhur.\)b

boleh juga tuh topiknya,,
ayoo,, yg dah pernah menapak tilas jejak leluhurnya, share pengalamannya yaa D
Hetristiari - 13/06/2012 03:55 PM
#1125

iya sekedar cerita..
mengenai jejak leluhur..
sebenarnya bangsa batak sudah berjaya jauh sebelum ada kerajaan di nusantara ini..hal ini terlihat dari bangunan dan arca2 yang ditemukan..serta tata cara ritual dan tradisi tradisinya..
ada sesuatu yang terputus di dalam cerita cerita opung2 kita..
mungkin bila memungkinkan ayolah kita bikin gathering.. D
766HI - 14/06/2012 07:34 AM
#1126

Quote:
Original Posted By Hetristiari
iya sekedar cerita..
mengenai jejak leluhur..
sebenarnya bangsa batak sudah berjaya jauh sebelum ada kerajaan di nusantara ini..hal ini terlihat dari bangunan dan arca2 yang ditemukan..serta tata cara ritual dan tradisi tradisinya..
ada sesuatu yang terputus di dalam cerita cerita opung2 kita..
mungkin bila memungkinkan ayolah kita bikin gathering.. D

Gathering kyknya bakal susah bro.
krn kesibukan masing2, tp klo kopdar sih masih bisalah diatur jadwalnya, tp itu jg kyknya kopdar per regional D
Quote:
Original Posted By donie59
HORASSS.......ngakak
jadi pengen pulang kampung gan

Horas D

Beghu - 15/06/2012 12:38 AM
#1127

Quote:
Original Posted By roronoasandro
horas,
belum pada tau ada trit ini mungkin..malu

salam kenal abang/lae ?
namaku sandro sihaloho
dari tasikmalaya


salam kenal lae.. aku jhonson tobing
dari palembang.. \)
beegeez - 15/06/2012 09:31 AM
#1128
Diskusi Gondang
agan2 yang terhormat, kalo diskusi tentang gondang/usik gimana ?
kebetulan saya sedikit tahu dan tertarik, mohon pencerahannyacendols
766HI - 15/06/2012 11:24 AM
#1129

Quote:
Original Posted By beegeez
agan2 yang terhormat, kalo diskusi tentang gondang/usik gimana ?
kebetulan saya sedikit tahu dan tertarik, mohon pencerahannyacendols

silahkan Gan, share ttg Gondangnya
sy bener2 krg tau ttg hal seni Gondang hammers
lidokain - 17/06/2012 01:49 AM
#1130

[COLOR="Lime"]wah..aku baru lihat ada kiriman dari lae silalahi..
maklum jarang ada yang kirim jadi kurang kuperhatikan..\)b
maaf belum bisa dibalas..karena msti disebarkan dulu katanya..berdukas[/COLOR]
766HI - 17/06/2012 01:59 PM
#1131

Quote:
Original Posted By lidokain
[COLOR="Lime"]wah..aku baru lihat ada kiriman dari lae silalahi..
maklum jarang ada yang kirim jadi kurang kuperhatikan..\)b
maaf belum bisa dibalas..karena msti disebarkan dulu katanya..berdukas[/COLOR]

santai aj lae D
donie59 - 17/06/2012 02:09 PM
#1132

HORAS BATAK
HORAS LAE]
ngakak
766HI - 18/06/2012 10:29 AM
#1133

HoraS
tiba2 taringot tu poda ni sada sesepuh
"Ndang Simalolong na gabe Raja d ngolutta, ikkon hita do na mangarajai Simalolong d ngolutta"
766HI - 23/06/2012 11:23 AM
#1134

Horas
selamat siang tu sude akka dongan nadi trit ON D
Ngomong.Sendiri - 23/06/2012 02:19 PM
#1135

\) yg paling menonjol wong batak itu ngomongnya keras menyentak tp sebenernya maksudnya baik ,bhineka tunggal ika y gan
lidokain - 24/06/2012 01:47 AM
#1136

horas..

justru orang batak dulunya..berbicara lembut,santun, "to the point"

berbicara keras dan menyentak..adalah pergeseran budaya,kerana pengaruh dari luar.
panukkun77 - 24/06/2012 05:51 PM
#1137

Quote:
Original Posted By Ngomong.Sendiri
\) yg paling menonjol wong batak itu ngomongnya keras menyentak tp sebenernya maksudnya baik ,bhineka tunggal ika y gan

iloveindonesias
met sore All D
766HI - 30/06/2012 09:36 PM
#1138

horas
selamat malam minggu tu hita sasudena D
suhu_omtatok - 02/07/2012 04:02 AM
#1139

Quote:
Original Posted By lidokain
horas lawei suhu omtatok
terima kasih telah menyempatkan diri dan memberi pencerahan..Yb

Horas Lawei/Lae,
Keren posting Lawei tentang Parhalaan Batak
Quote:
Original Posted By lidokain
1.datu
Spoiler for datu
Datu sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan di luar daya normal manusia awam (kemampuan supranatural/paranormal) di dalam struktur masyarakat Batak tradisional mendapat posisi terhormat di kalangan kelompok masyarakatnya selain karena kompetensi di bidang membaca dan menulis aksara Batak, ia memegang fungsi dan peran penting “sesuai jurusan kualifikasi keilmuaannya.”

Seorang datu tidak serba menguasai semua bidang-bidang hadatuon. Biasanya terdapat keahlian khusus yang menonjol di bidangnya. Misalnya Datu Partaoar, dengan ramuan-ramuannya lebih ahli di bidang obat penyembuh dan penawar racun dari pada sebagai ahli nujum. Seorang pemimpin atau “Raja” umumnya juga memiliki kemampuan perdatuan (sahala hadatuon). *)

Fungsi dan peran Datu di dalam masyarakat Batak kuno, sebagai:

Pemimpin ritual dan religi Batak.
Tabib dengan ramuan tradisional yaitu:

- Tambar = obat tradisional dari racikan dedaunan, akar-akar
atau batang tanaman (ramuan herbal);
- Taoar = berupa ramuan dari racikan berbagai tambar dan bahan-bahan lain
yang berkhasiat untuk obat penawar racun, guna-guna atau
obat penyembuh penyakit.

Ahli Nujum, menggunakan parhalaan (kalender Batak), memperkirakan hari baik yang tepat (maniti ari) untuk melakukan sesuatu ulaon seperti pesta; memasuki rumah baru dan sebagainya. Ia juga dapat melakukan prakiraan (ramalan) berdasarkan gejala-gejala alam dan menggunakan media tertentu.
Penasihat dalam permasalahan hubungan antara anggota masyarakat dalam huta atau antar huta, membentengi secara magis suatu huta atau dalam perang mempunyai aji-ajian sitorban dolok (ilmu meruntuhkan gunung).

Datu umumnya pria, Datu perempuan disebut Sibaso. Sibaso umumnya berperan sebagai “dukun persalinan” yang ahli dibidang kebidanan, penyakit wanita dan ramuan-ramuan obat tradisional (tambar). Sibaso memiliki kemampuan seperti Datu, tetapi perannya tidak sebesar Datu pada upacara keagamaan. Pada ritual tertentu Sibaso berfungsi mendampingi Datu sebagai medium dalam “kesurupan roh.”

Datu (dukun) merupakan anggota dari kelompok masyarakat territorial huta berasal dari garis keturunan marga yang menempati huta, atau secara gineakologi marga. Setiap marga atau kelompok masyarakat dalam satu huta mempunyai minimal seorang Datu.


2.guru
Spoiler for guru
Seseorang yang memiliki tingkatan keahlian di atas Datu disebut Guru. Guru adalah gelar kehormatan karena para datu lain mengakui keunggulannya bahkan meminta petunjuk atau berguru kepadanya selaku suhu/mahaguru atau datunya Datu.


3.tuan
Spoiler for tuan
Tingkatan yang lebih tinggi di atas Guru adalah Tuan, yakni selain sebagai datu dan guru yang sakti; memegang posisi sebagai pemimpin tertinggi di kelompoknya; disegani, dihormati dan diakui sebagai sesepuh oleh pemimpin kelompok lain diluar marga atau hutanya. (Tuan = yang terhormat).


coba perhatikan di tarombo masing2...pasti gelar ini ada \)b

Info yang menarik… setuju Lae
Quote:
Original Posted By lidokain
horas..
selamat sore..
cuacanya cukup hangat hari ini..

saya heran...terkadang tread ini sering error..tidak bisa di masuki..tapi tread yang lain bisa.capedes

capedes
Quote:
Original Posted By Hetristiari
ada penyebutan lainnya ga bang?
trus bedanya tuan dengan raja ap bang?

Di Simalungun, Tuan itu Bangsawan (dahulu disebut Tuhan). Di Batak lainnya, bisa bermakna Orang Pintar (Pakar). Batak Toba memaknai Raja untuk pemimpin, seperti Raja Huta, Raja Bius, Raja Parhata dll
Quote:
Original Posted By Hetristiari
nanya dong abang2 disini,..
di batak ada gag penjelasan atau filosofi ttg angka2?

Angka dua bermakna masih harus dilengkapi. Biasanya symbol angka ganjil seperti 3 menjadi symbol sacral. Namun Batu Ni Demban (ucapan terimakasih mendampingi sirih yg diserahkan berupa uang dan sejenisnya) berbilangan genap. Artinya batu ni demban yg berbilangan genap,dilengkapi oleh sipemberi batu nidemban tsb.
Dua juga bermakna muasal, awal, memulai sesuatu.
Minibalanar - 02/07/2012 04:48 PM
#1140

Permisi ingin menyampaikan Info :

Undangan: dimohon kedatangannya pada acara:

Gathering Forum Supranatural, Budaya dan Spiritual

Hari/tanggal: Sabtu 14 Juli 2012
Tempat: tentative
Waktu: 16.00-21.00 wib
Kontribusi: Rp 50.000

Atas Perhatian dan Waktunya kami ucapkan Terima kasih D

Untuk info lebih lengkap dapat langsung ke threadnya atau ke Sist Vi_wi

shakehand2
Page 57 of 63 | ‹ First  < 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##