Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##
Total Views: 59958 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 63 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

suhu_omtatok - 15/10/2008 01:56 AM
#141

Quote:
Original Posted By lilbro
Iya,katanya masa sih sehebat itu Tuanku Rao?
Justru yang ngedebatin malah bule2..

Emangnya apa sih yang mereka debatin?


Jika di jawa ada para Wali
di Sumatera ada juga para Padri.
Tuanku Rao adalah salah satu Padri itu.

Perdebatan muncul pd buku Tuanku Rao karangan Mangaradja Onggang Parlindungan yang sebenarnya pengarang sendiri mengakui bahwa buku capita selecta ini mendapat data dari org tuanya, yang data-data itu sudah dimakan rayap dan banyak yg sudah tidak bisa terbaca lagi.
Sehingga jelas keakuratannya sangat kecil. perlukah diperdebatkan? sebuah buku yang mencampuradukkan fakta sejarah, mitos, imajinasi, dan folklore (dongeng). Satu-satunya sumber hanyalah memoar Tuanku nan Renceh yang disalin dari tulisan-tulisan berbahasa Arab ke Latin oleh Sutan Martua Raja—ayah Mangaradja Onggang Parlindungan.

Ketika saya membaca buku karangan Mangaradja Onggang terbitan 1964 ini, saya anggap saja membaca sebuah Novel Sejarah.
lilbro - 15/10/2008 02:11 AM
#142

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
Jika di jawa ada para Wali
di Sumatera ada juga para Padri.
Tuanku Rao adalah salah satu Padri itu.

Perdebatan muncul pd buku Tuanku Rao karangan Mangaradja Onggang Parlindungan yang sebenarnya pengarang sendiri mengakui bahwa buku capita selecta ini mendapat data dari org tuanya, yang data-data itu sudah dimakan rayap dan banyak yg sudah tidak bisa terbaca lagi.
Sehingga jelas keakuratannya sangat kecil. perlukah diperdebatkan? sebuah buku yang mencampuradukkan fakta sejarah, mitos, imajinasi, dan folklore (dongeng). Satu-satunya sumber hanyalah memoar Tuanku nan Renceh yang disalin dari tulisan-tulisan berbahasa Arab ke Latin oleh Sutan Martua Raja—ayah Mangaradja Onggang Parlindungan.

Ketika saya membaca buku karangan Mangaradja Onggang terbitan 1964 ini, saya anggap saja membaca sebuah Novel Sejarah.


Thx a lot,ternyata hanya gara2 sumber yang tidak akurat.
766HI - 16/10/2008 08:54 PM
#143

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
Jika di jawa ada para Wali
di Sumatera ada juga para Padri.
Tuanku Rao adalah salah satu Padri itu.


Pernah baca bukunya cuma udah lama bangat,,

Klo ga salah Di buku itu juga diceritain jg klo Tuanku Rao juga yang

Mengalahkan ato membunuh Raja Sisingamangaraja ke 10.

Benar ga Suhu ?? (sory klo salah)
suhu_omtatok - 16/10/2008 11:32 PM
#144

Quote:
Original Posted By 766HI
Pernah baca bukunya cuma udah lama bangat,,

Klo ga salah Di buku itu juga diceritain jg klo Tuanku Rao juga yang

Mengalahkan ato membunuh Raja Sisingamangaraja ke 10.

Benar ga Suhu ?? (sory klo salah)



betul 766HI.
tp ada fakta baru...
Garis keturunan cicitnya yang ke-21 dari Dr. Wahidin Sudiro Husodo; M Daniel Sri Muda, SH (berdomisili di Jalan Duyung No.10 Pondok Bambu 13430, Jakarta Timur) mengatakan bahwa Dr. Wahidin Sudiro Husodo itulah Sisingamangaraja X.
Tre3For3ver - 17/10/2008 05:44 PM
#145

Dudukz manis n baca dengan seksama.... Ane orang batax, batax angkola...
Nama gw yang artinya Pohon ngacir:.....

Tanya, di batak ada legenda kuburan anak laki2 yang bisa menghalau bencana.
apa ya namanya??Bokap gw dah cerita tapi gw lupa....
Quo - 18/10/2008 07:15 PM
#146

horas bah tu lae do ito dison,.sekalian minta tolong promosiin web ni halak hita bahh : www.bersamatoba.com ,..ada forum jg moga dapet kita ramekan D
tengkujunet - 18/10/2008 08:01 PM
#147

minta pencerahan kpd sesepuh,shakehand
ada beberapa istilah supranatural batak yg sy rada bingung:
1. hangalan
2. tondi
3. sahala
hidupsehari - 24/10/2008 11:36 AM
#148

Quote:
Original Posted By tengkujunet
minta pencerahan kpd sesepuh,shakehand
ada beberapa istilah supranatural batak yg sy rada bingung:
1. hangalan
2. tondi
3. sahala


kalo yang no 1 saya gak tau,mungkin suhu bisa menjelas kan
kek nya yg no 2 dan 3 bisa saya beri sikit penjelasan itu pun biar suhu aja yg melengkapi kalo masih salah2,

2 tondi
ini adalah roh
3 sahala
ada nya roh leluhur yang mengikuti seseorang

mohon suhu beri pencerahan nya
suhu_omtatok - 24/10/2008 03:58 PM
#149

Quote:
Original Posted By tengkujunet
minta pencerahan kpd sesepuh,shakehand
ada beberapa istilah supranatural batak yg sy rada bingung:



Secara bahasa, Hangalan berarti Rintangan.
Secara istilah, Hangalan berarti tidak sejalannya tubuh fisik dengan Tondi (Semangat spiritual; Simalungun menyebutnya dengan Tondui) dengan Sahala (Kekuatan spiritual).
Istilah ini secara awam disebut Sial Badan.
mabram - 25/10/2008 01:38 PM
#150

hi all...........DD

baru tau niy ada yg mbahas batak juga..o

saia mo gabung yak....

@suhu....

bukankah tondi itu lebih cenderung menjurus ke roh leluhur yang melindungi orang batak ???

apaan tuh istilahnya ???
klo semacam penyemangatan tondi....

klo misalnya org batak kecelakaan makan ada semacam acara upa2 yg dilakukan biar tondinya gk pergi atau menjadi lemas....

CMIIW....
gw jadi nelpon nyokap gr2 soal tondi......hammer:
766HI - 25/10/2008 10:06 PM
#151

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok
betul 766HI.
tp ada fakta baru...
Garis keturunan cicitnya yang ke-21 dari Dr. Wahidin Sudiro Husodo; M Daniel Sri Muda, SH (berdomisili di Jalan Duyung No.10 Pondok Bambu 13430, Jakarta Timur) mengatakan bahwa Dr. Wahidin Sudiro Husodo itulah Sisingamangaraja X.


wahh,,,

baru dengar info yg ini.

thx tuk infonya suhu.
766HI - 25/10/2008 10:15 PM
#152

Suhu yg di maksud dgn Hulubalang apa sama dgn panglima perang ato Prajurit ??
hidupsehari - 28/10/2008 09:43 AM
#153

Suhu saya maw tanya neh,tentang tapak nabi sulaiman neh suhu,soalnya beberapa saya lihat rajahan tapak nabi sulamain itu banyak di pake di ornamen2 muslim,sedangakan di batak khususnya simalungun dan karo banyak sekali di gunakan tapak nabi sulaiman contoh nya di buat di senduk pengaduk nasih ( ukat bahasa karo nya ),dan ada di buat juga semacam gorga gitu.
dan yg aneh nya org simalungun dan karo bukanlah penduduk muslim kebanyakan maaf neh.
mohon suhu beri pencerahan nya.dan tapak nabi sulaiman itu apa bener memiliki kekuatan gaib,dlu teman saya pernah bilang ke saya dia itu org simalungun dari raya marga nya saragih garinging,yg kata nya kalo kaw suka ma cewe tinggal kaw bayangkan aja wajah nya trus sambil kaw gariskan tapak nabi sulaiman di wajah nya dalam bayangan atw meditasi visual gitu,dan saya sendiri belum pernah mencoba nya heheheheh..apakah ini bener suhu,mhon pencerhan nya..
dan mengapa rajahan tapak nabi sulaiman ada nya dan populer nya di simalungun dan karo (utk batak )
sekali di atei tupa ma suhu nami..
hidupsehari - 28/10/2008 09:55 AM
#154

Suhu saya maw tanya neh,tentang tapak nabi sulaiman neh suhu,soalnya beberapa saya lihat rajahan tapak nabi sulamain itu banyak di pake di ornamen2 muslim,sedangakan di batak khususnya simalungun dan karo banyak sekali di gunakan tapak nabi sulaiman contoh nya di buat di senduk pengaduk nasih ( ukat bahasa karo nya ),dan ada di buat juga semacam gorga gitu.
dan yg aneh nya org simalungun dan karo bukanlah penduduk muslim kebanyakan maaf neh.
mohon suhu beri pencerahan nya.dan tapak nabi sulaiman itu apa bener memiliki kekuatan gaib,dlu teman saya pernah bilang ke saya dia itu org simalungun dari raya marga nya saragih garinging,yg kata nya kalo kaw suka ma cewe tinggal kaw bayangkan aja wajah nya trus sambil kaw gariskan tapak nabi sulaiman di wajah nya dalam bayangan atw meditasi visual gitu,dan saya sendiri belum pernah mencoba nya heheheheh..apakah ini bener suhu,mhon pencerhan nya..
dan mengapa rajahan tapak nabi sulaiman ada nya dan populer nya di simalungun dan karo (utk batak )
sekali di atei tupa ma suhu nami..
hidupsehari - 28/10/2008 09:57 AM
#155

Suhu saya maw tanya neh,tentang tapak nabi sulaiman neh suhu,soalnya beberapa saya lihat rajahan tapak nabi sulamain itu banyak di pake di ornamen2 muslim,sedangakan di batak khususnya simalungun dan karo banyak sekali di gunakan tapak nabi sulaiman contoh nya di buat di senduk pengaduk nasih ( ukat bahasa karo nya ),dan ada di buat juga semacam gorga gitu.
dan yg aneh nya org simalungun dan karo bukanlah penduduk muslim kebanyakan maaf neh.
mohon suhu beri pencerahan nya.dan tapak nabi sulaiman itu apa bener memiliki kekuatan gaib,dlu teman saya pernah bilang ke saya dia itu org simalungun dari raya marga nya saragih garinging,yg kata nya kalo kaw suka ma cewe tinggal kaw bayangkan aja wajah nya trus sambil kaw gariskan tapak nabi sulaiman di wajah nya dalam bayangan atw meditasi visual gitu,dan saya sendiri belum pernah mencoba nya heheheheh..apakah ini bener suhu,mhon pencerhan nya..
dan mengapa rajahan tapak nabi sulaiman ada nya dan populer nya di simalungun dan karo (utk batak )
sekali di atei tupa ma suhu nami..
hidupsehari - 28/10/2008 10:03 AM
#156

Suhu saya maw tanya neh,tentang tapak nabi sulaiman neh suhu,soalnya beberapa saya lihat rajahan tapak nabi sulamain itu banyak di pake di ornamen2 muslim,sedangakan di batak khususnya simalungun dan karo banyak sekali di gunakan tapak nabi sulaiman contoh nya di buat di senduk pengaduk nasih ( ukat bahasa karo nya ),dan ada di buat juga semacam gorga gitu.
dan yg aneh nya org simalungun dan karo bukanlah penduduk muslim kebanyakan maaf neh.
mohon suhu beri pencerahan nya.dan tapak nabi sulaiman itu apa bener memiliki kekuatan gaib,dlu teman saya pernah bilang ke saya dia itu org simalungun dari raya marga nya saragih garinging,yg kata nya kalo kaw suka ma cewe tinggal kaw bayangkan aja wajah nya trus sambil kaw gariskan tapak nabi sulaiman di wajah nya dalam bayangan atw meditasi visual gitu,dan saya sendiri belum pernah mencoba nya heheheheh..apakah ini bener suhu,mhon pencerhan nya..
dan mengapa rajahan tapak nabi sulaiman ada nya dan populer nya di simalungun dan karo (utk batak )
sekali di atei tupa ma suhu nami..
hidupsehari - 28/10/2008 10:04 AM
#157

eror koneksi fiuuuhhh,,,, jadi tripe post gini
bgandul - 28/10/2008 11:35 AM
#158

Minta info tentang biding laut dong D
Thanks D
suhu_omtatok - 28/10/2008 11:42 AM
#159

Quote:
Original Posted By 766HI
Suhu yg di maksud dgn Hulubalang apa sama dgn panglima perang ato Prajurit ??


Ya, sama
cuma,
dalam istilah keilmuan, dimaknai sebagai prajurit yg "bukan manusia"
Wangi77 - 28/10/2008 11:45 AM
#160

Om Suhu, ikutan menyimak ya beer:

Mauliate
Page 8 of 63 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Budaya]:"Rumpun B A T A K"##