Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Bait Al-Hikma Cabinet: Sejarah Benda-Benda di Sekitar Kita
Total Views: 59730 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 43 of 43 | ‹ First  < 38 39 40 41 42 43

PacMan.. - 06/09/2012 05:58 PM
#841

WOW nice trit om

siapa yang lempar bata merah ke guwe !!!
aatrakaj - 07/09/2012 01:38 AM
#842

mejeng pekiwan dan keduax dulu sambil baca nih topik :cool



btw masih belom ngeh dari 1500 tahun, tiap tahun lewat 11menit 14 detik, trus diitung2 itu cman 10 hari. rumusny bgimana ya? bingung
comild - 07/09/2012 02:46 AM
#843

seru, mantap infonya genit:
baru tau tentang si bank BI think:

Quote:
Mulai 2011 melalui UU Mata Uang (kalau disahkan) Bank Indonesia dilegalisir sebagai pemegang hak monopoli menerbitkan uang kertas di Indonesia. Dan bersamaan dengan ini dilakukan kriminalisasi atas pemakaian mata uang lain sebagai alat tukar di Republik Indonesia


think:
topx666 - 07/09/2012 03:49 AM
#844

Quote:
Original Posted By comild
seru, mantap infonya genit:
baru tau tentang si bank BI think:

think:


lah emang selama ini boleh menerbitkan uang sendiri? hammers

kalo gak salah di beberapa spot wisata di jogja, beberapa tempat usaha memang ada yg gak mau transaksi pake non rupiah (dollar misalnya)

brarti sekarang semuanya harus rupiah yah?

hore semoga rupiah kembali menguat dengan mantab iloveindonesias
comild - 08/09/2012 03:56 AM
#845

Quote:
Original Posted By topx666
lah emang selama ini boleh menerbitkan uang sendiri? hammers

kalo gak salah di beberapa spot wisata di jogja, beberapa tempat usaha memang ada yg gak mau transaksi pake non rupiah (dollar misalnya)

brarti sekarang semuanya harus rupiah yah?

hore semoga rupiah kembali menguat dengan mantab iloveindonesias


iya ane juga jogja kok gan malus
untung angkringan gag nerima non rupiah hammer:
semoga saja menguat thumbup:
topx666 - 08/09/2012 11:34 AM
#846

Quote:
Original Posted By comild
iya ane juga jogja kok gan malus
untung angkringan gag nerima non rupiah hammer:
semoga saja menguat thumbup:


wah, jadi oot nih hammers

kalo dari pedagang/pebisnis wisatanya sih pasti mereka lebih untung kalo nerima dollar, tapi untungnya beberapa sadar bahwa transaksi dollar itu gak baik buat perekonomian D

seeep, harus menguat! iloveindonesias
arfanastral - 04/10/2012 09:30 AM
#847
Inilah Komputer Saku Bangsa Islam Di Abad Pertengahan
Bangsa-bangsa Islam di abad pertengahan ternyata sudah punya "komputer ajaib" yang bisa membantu mengetahui waktu dan posisi benda-benda di angkasa, membantu dalam pelayaran, mempertahakan keakuratan kalender, memperkirakan gerhana, bahkan mengukur bumi.

Komputer ini umumnya tidak besar, bentuknya bundar seperti jam saku dengan diameter 15 cm saja (ada beberapa yang dibuat dalam skala besar). Astrolab, demikian namanya.
Bait Al-Hikma Cabinet: Sejarah Benda-Benda di Sekitar Kita
Astrolab / nicolas.brodu.numerimoire.net

Astrolab merupakan peranti astronomi yang paling penting sebelum era teleskop muncul. Ilmuwan abad pertengahan di Timur Tengah, khususnya bangsa Islam telah menggunakan alat ini untuk berbagai hal, seperti tertulis di awal artikel.

Astrolab secara prinsip sebenarnya sudah ada sejak sekitar 150 SM. Namun, bentuk fisiknya baru muncul kira-kira 400 M. Alat ini menjadi bagian penting di periode Islam sejak tahun 800 M.

Astrolab terdiri dari sebuah model langit yang tertera pada lempeng logam melingkar. Di sekliling lingkar luar lempeng logam itu terukir skala derajat, atau kadang penanda waktu. Jarum penunjuk yang bisa diputar (alidad) digunakan untuk menentukan ketinggian suatu bintang ketika peranti ini diangkat setinggi lengan yang teracung. Hasilnya kemudian terbaca pada ukuran berskala.

Dengan astrolab ini, penggunannya juga bisa mengenali bintang-bintang, memprediksi kapan matahari terbit dan tenggelam setiap hari, menentukan jarak ke Mekah, menyurvei tanah, menghitung tinggi objek, hingga.... berlayar!

Tak heran, bangsa-bangsa Islam masa itu menjadi petualang tangguh baik di darat atau laut. Lewat merekalah, akhirnya astrolab diperkenalkan kepada bangsa Eropa melalui Spanyol (Moor).

Meskipun bangsa Yunani dulu sudah meyakini bentuk bumi adalah bulat, entah mengapa pada perkembangannya bangsa-bangsa di Eropa lebih menerima pendapat soal bumi yang datar. Mata mereka mulai terbuka setelah Copernicus dan Galileo-Galilei memberi pembuktian soal bumi bulat.

Padahal dalam Perjanjian Lama, kitab suci umat Kristen sendiri sudah menulis tentang bumi itu bulat. Demikian juga Quran meyakini bentuk bumi pun bulat.

Ilmuwan-ilmuwan muslim membukitkan iman mereka dengan penyelidikan lanjut, diantaranya melalui astrolab ini.

Sekitar abad 9 M, saat bangsa Islam menguasai separuh dunia, naskah-naskah ilmiah seperti karya astronom Yunani Ptolemeus diterjemahkan ke bahasa Arab. Dinasti Abbasiyah juga mendapatkan naskah-naskah Sansekerta yang kaya akan informasi tentang matematika, astronomi, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Observatorium juga banyak dibangun di kota-kota tempat peradaban Islam berada. Di tempat ini, para ilmuwan memiliki berbagai alat paling canggih masa itu seperti astrolab, kuadran, sekstan, dan jam matahari.
Penetapan Mekah sebagai kiblat mendorong cendikiawan Muslim mempelajari ilmu falak. Sejak abad 13, banyak masjid dibangun memperkerjakan seorang astronom profesional (muwaqqit) sehingga bisa menentukan arah kiblat secara tepat. Lagi-lagi, komputer saku astrolab jadi panduan utama.

Tidak itu saja, ilmuwan Muslim bisa menentukan tanggal dan hari-hari raya untuk ibadah berdasar pengamatan pada peredaran bulan dan matahari, dan mereka juga bisa membantu orang yang akan naik haji merencanakan rute perjalanan paling efisien ke Mekah.
Ini satu contoh ilmu mutakhir yang hingga kini diakui kebenarannya:
Tahun 1031, Abu Raihan al-Biruni sudah menyebutkan kemungkinan bahwa planet-planet berotasi mengikuti orbit yang elips, bukan bulat.
Mengukur Bumi

Ekspansi Islam ke berbagai belahan bumi menciptakan pembuatan peta bumi ini, termasuk pembuatan globe. Para pembuat peta berupaya keras melakukan pengukuran yang akurat.

Khalifah al-Makmun pernah mengutus dua tim survei ke Gurun Siria dilengkapi astrolab serta tongkat dan tali pengukur. Dua tim tersebut berjalan berlawan arah hingga mereka mengamati satu derajat perubahan ketinggian Bintang Utara. Hasil perhitungan mereka menunjukkan bahwa jarak yang mereka tempuh sama dengan satu derajat garis Lintang, atau 1/360 keliling bumi.
Bait Al-Hikma Cabinet: Sejarah Benda-Benda di Sekitar Kita
Monumen astrolab di Dubai / sciencephoto.com

Jadi, setelah dikalkulasi, keliling bumi dari kutub ke kutub adalah 37,369 kiometer. Perhitungan ini sangat mendekati dengan hasil teknologi modern jaman sekarang, yakni 40,008 kilometer!

Maka kesimpulannya, tak menutup kemungkinan bila peradaban bangsa Islam saat jaya dulu menyebar hingga ke ujung-ujung bumi, dan bahkan (boleh jadi) sampai ke Amerika.

Sumber : http://dai21juli.blogspot.com/2012/10/inilah-komputer-saku-bangsa-islam-di.html#ixzz28HyDYjzh


:matabelo :matabelo :matabelo

maaf kalo repost.... o
repost

menerima cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig cendolbig
IanMoko - 16/10/2012 12:00 PM
#848
Yang pengen tau kapan Komputer dibuat dan perkembangannya MASUK sini
ini thread pertama ane,,maaf kl repost...
kl gk suka atau apa tolong jgn dikasih bata merah...ngakak

langsung aja gan cerita singkat tentang sejarah kapan pertama kali komputer ditemukan dan perkembangannya :

Quote:
Pembuat komputer pertama di dunia
Sir Harold Thomas Flower. Dia adalah pembuat komputer elektronik pertama di dunia pada tahun 1941 yang bernama Colossus dan digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan kode transmisi radio NAZI.
Nama komputer komersil pertama di dunia
ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) adalah komputer komersil pertama di dunia. Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar. ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.
Orang terkaya di dunia karena software komputer
William Henry Gates atau lebih sering disebut dengan Bill Gates adalah orang terkaya di dunia selama 12 tahun terakhir ini (menurut majalah Forbel). Gates adalah pendiri dan ketua perusahaan Microsoft yang bergerak di bidang software. Dia juga pendiri perusahaan Corbis yang bergerak di bidang arsip citra digital.
Ada serangga(bug) dalam komputer
Serangga, atau dalam bahasa Inggris bug, memang bisa saja masuk dalam casing. Tapi yang dimaksud seranggga atau bug bagi komputer bukanlah serangga hidup. Bug adalah kesalahan atau kegagalan dalam program komputer sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya, saat kita asik main game, tiba-tiba komputer hang atau macet. Bug biasanya terjadi karena kekurang hati-hatian programmer dalam menulis program, bisa juga karena suatu program membutuhkan memori 128 MB dan komputer dengan memori 64 MB dipaksa untuk menyimpan program dengan memori sebanyak itu sehingga terjadi kegagalan karena kekurangan memori.
Komputer bug pertama
Bug pertama adalah ngengat. Tahun 1945, Grace Murray Hopper dan timnya sedang bekerja pada komputer kalkulator Relay Aiken Mark II University Hardvard. Lalu komputernya bermasalah. Setelah dicari penyebabnya, ternyata ada lebah pada Relay #70 di panel F. Lebah tersebut kemudian disingkirkan. Sejak saat itu istilah bug digunakan sebagai kerusakan dalam kerja komputer. Istilah menyingkirkan bug tersebut dinamakan debug.
Modem pertama
Sekitar tahun 1950an, bagian pertahanan udara Amerika meminta dibuatkan alat untuk mengirim data lewat telepon. Modem komersial pertama dibuat AT&T dan diluncurkan Bell 103 pada tahum 1962 dengan kecepatan 300 bit/detik. Pada tahun 1996 sudah ada modem dengan kecepatan 56.000 bit/detik.
Game komputer
1947 dianggap sebagai tahun ketika game pertama kali dimainkan pada tabung CRT. Gamenya masih sederhana, tentang pesawat yang harus menembak suatu sasaran. Saat itu grafis belum bisa digambarkan secara elektronik pada layer CRT. Tahun 1950an, game dengan grafis pertama dibuat yaitu Tic-Tac-Toe. Kebanyakan game komputer awal dibuat oleh Universitas. Tahun 1960an dibuat game Spacewar yang dimainkan oleh dua orang. Ini adalah game pertama yang dijual secara luas dan langsung menjadi game yang paling digemari saat itu.
Game paling mahal
Ada gameboy yang terbuat dari emas 18 karat dan sekeliling layarnya bertatahkan berlian. Gameboy ini dibuat oleh Aspreys dari London, harganya $25,000.00 USD atau sekitar Rp 225 juta. Ini adalah gameboy termahal yang pernah dijual. PDP-1 yang dijual dengan game Space Wars dan dibuat 1960, harganya $120,000.00 USD yang sekarang setara dengan $760,000.00 atau Rp 6,84 milyar. Ini adalah system game termahal yang pernah dijual. Game Shenmue dibuat selama 7 tahun sampai tahun 1999 dan biaya pengembangannya lebih dari $20,000.000. Shenmue dibuat untuk Dreamcast oleh Sega. Shenmue adalah game paling realistic yang ada di pasaran saat itu dan merupakan game komputer termahal yang pernah dijual.
Mouse pad paling mahal
Mouse pad atau tatakan mouse digunakan agar permukaan menjadi rata dan mouse komputer bisa bekerja dengan baik. Ada sebuah mouse buatan tangan yang dibuat di Inggris untuk Formula 1 oleh seorang teknisinya. Mouse pad ini terbuat dari fiber karbon padat. Harganya sekitar $489.00 atau sekitar Rp 4.400.000. Ini adalah mouse pad termahal di dunia yang pernah dijual.
Toko komputer pertama
Pada bulan juli 1975, Dick Heiser membuka toko komputer pertama yang dinamakan “The Komputer Store” di California. The Komputer Store menjual peralatan komputer, buku dan majalah yang berkaitan dengan komputer.
Virus pertama yang menyebabkan kerugian tertinggi
Pada tahun 2004 SCO Group Inc. di Colorado terserang DDOS dari virus MyDoom worm. Kerugiannya hingga $38.5 milyar USD atau sekitar Rp.346.5 triliyun. SCO Group menghadiahkan $250,000 atau sekitar Rp 2.25 triliyun untuk menangkap pembuat virus MyDoom.B. Virus lain yang telah diketahui menyebabkan kerugian besar adalah : virus SoBig yang menyebabkan kerugian $37.1 miliar atau Rp 333.9 triliyun, virus Love Bug menyebabkab kerugian $15 miliar atau sekitar Rp 135 triliyun, dan virus Code Red yang menyebabkan kerugian hingga $2 miliar atau sekitar Rp 18 triliyun.
Karakter komputer yang biaya pembuatannya paling tinggi
Smeagol sang Gollum, adalah salah satu karakter dalam film The Lord of Rings yang dibuat oleh WETA Digital. Dengan lebih dari 200 ekspresi wajah dan 300 gerakan otot, ini adalah karakter computer termahal yang pernah dibuat.
Web browser pertama
NCSA Mosaic dibuat oleh Marc Andreesen dari National Centre for Supercomputing Applications pada bulan April 1993 untuk keperluan khusus. Tapi WorldWideWeb yang dibuat Tim Berners-Lee pada bulan Desember 2000 dianggap sebagai web browser pertama karena penggunaannya yang luas. Namanya kemudian diganti jadi Nexus. Pada bulan Oktober 1994, Netscape mengeluarkan versi beta dari Mozilla dan menjadi web browser komersil pertama.
Website pertama
Sir Timithy John “Tim” Berners-Lee adalah orang pertama yang menciptakan world wide web pada agustus 1991. Situsnya adalah http://nxoc01.cern.ch.
Website komersil pertama
Pada bulan Oktober 1994 HotWired mulai berfikir untuk menerima pemasangan iklan di internet karena internet sekarang sudah digunakan oleh masyarakat luas. AT&T memasang banner 468 x 60 yang dipasang di situs HotWired site. Ini adalah keuntungan pertama dari internet. Pada tahun 1993 Dale Dougherty meluncurkan Global Network Navigator, yang dibeli AOL tahun 1995, inilah yang dianggap sebagai web site komersil pertama.
Webcam pertamakali digunakan
Tahun 1991, Paul Jardetzky, Qunetin Stafford-Fraser dan mahasiswa Cambrige University membuat program untuk menampilkan gambar secara on-line. Pada tahun 1993, web baru tersedia secara luas untuk semua pengguna internet.
Search engine pertama
Search engine pertama didesain untuk internet dibuat pada tahun 1993 dengan nama World Wide Web Warderer (Wadex). WebCrawler, 1994, adalah search engine pertama yang berdasarkan teks seperti search engine yang sekarang.
Komputer yang bisa mengalahkan Grandmaster catur
Deep Blue supercomputer IBM adalah komputer pertama yang berhasil mengalahkan Grandmaster catur, Gary Kasparov, pada tahun 1995 di Philadelhia, Amerika Serikat. Pelajar–pelajar PhD di University Carnegie Mellon, Feng-hsiung Hsu, Murray Campbell dan Thomas Anatharaman menciptakan Deep Blue pada tahun 1985 yang merupakan permainan catur komputer yang paling cepat dan terhebat yang pernah dibuat. Komputer ini bisa memilih langkah pergerakan buah catur dari beribu–ribu gerakan yang terdapat dalam gudang datanya. Deep Blue juga mampu memperkiraka hingga 200 juta pergerakan dalam waktu satu detik, sungguh hebat bila dibandingkan Kasparov yang hanya mampu memperkirakan 3 pergerakan dalam waktu yang sama. Satu kelebihan pada Deep Blue adalah tidak pernah lupa atau terganggu oleh lawannya


semoga bermanfaat ya...:rate5 ilovekaskus
Page 43 of 43 | ‹ First  < 38 39 40 41 42 43
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Bait Al-Hikma Cabinet: Sejarah Benda-Benda di Sekitar Kita