Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Singkat Dinasti - Dinasti di China
Total Views: 14139 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 17 of 17 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17

morgen80 - 11/07/2012 07:29 PM
#321

Quote:
Original Posted By pistoladi

Dr penjelasan d atas berarti Thio Bu Ki itu yg nanti jadi kaisar pertama Dinasti Ming?


Ini dari novelnya chin yong

..........................
Malamnya Theng Ho mengadakan pesta meriah untuk menghormati kedatangan pucuk pimpinan itu, sejenak kemudian baru Cu Gaon Ciang datang tergesa-gesa bersama beberapa perwira tinggi yang lainnya terus memberi hormat di hadapan Bu Kie, meminta maaf atas keteledoran mereka menyambut.
Bu Kie cepat-cepat membangunkan orang2nya itu dan memuji kemenangan2 yang dicapai Cu Goan Ciang.
Dengan sangat hormat Cu Goan Ciang menuangkan tiga cawan arak berturut2 untuk menyuguhkan sang Kauwcu lalu menyuguhkan pula kepada Tio Beng.
Kemudian mereka membicarakan perkembangan situasi di medan perang yang sangat menguntungkan Beng Kauw itu, tiba2 tampak panglima Liauw Eng Tiong masuk tergesa2, lebih dulu memberi hormat kepada sang kauwcu, lalu berbisik kepada Coa Goan Ciang, “Sudah dapat kami tangkap…!”
“Bagus!” sahut Cu Goan Ciang.
Saat itulah tiba2 terdengar suara teriakan penasaran seorang di luar dan mendengar suaranya, segera Bu kie mengenali suara Han Lian Jie.
Dia heran dan bertanya, “Ada apakah sesungguhnya yang terjadi di diri Han Hian te?”
“Lapor kepada Kauwcu,” sahut Cu Goan Ciang, “Han Sim Jie telah bersekutu dengan musuh bermaksud mendobrak, maka dia telah diringkus.”
“Ha?” berseru Bu Kie terkejut. “Cepat bawa dia kemari, biar kutanya sendiri kepadanya.”
Belum selesai ucapannya itu, mendadak kepalanya terasa pusing, matanya berkunang2 gelap dan kemudian Bu Kie tidak sadarkan diri lagi.
Waktu Bu Kie tersadar kembali, ternyata dia merasakan tangannya telah di borgol dengan alat belenggu yg sangat kuat. Keaadaan sekitanya gelap, telah membuat Bu Kie jadi tekejut.
Dia merasakan kepalanya tersandar sesuatu yg lunak halus, ternyata Tio Beng juga telah ditawan bersamanya disitu, hanya gadis itu belum lagi tersadar.
Berpikir sejenak, segera tersadarlah Bu Kie bahwa secara diam2 Cu Goan Ciang telah menaruh obat tidur di dalam minuman mereka. Ternyata jendral kepercayaannya itu telah menyeleweng.
Sedikit mengerakkan tenaga dalamnya, Bu Kie merasakan tak ada perobahan sesuatu dalam tenaga saktinya itu.
Di saat itu tiba2 Bu Kie mendengar seseorang berkata, “Cu Taoko, babat rumput harus ke akar2nya, jangan sampai kita tinggal bibit bencana di kemudian hari,” dan itulah suaranya Cie Tat.
“Tetapi bangsat kecil ini adalah atasan kita janganlah kita lupa dan ingkar terhadap kawan,” terdengar suara Cu Goan Ciang yang menyahuti ragu2.
Tiba2 Gie Coan ikut berbicara, “Jika Cu Taoko kuatir terjadi sesuatu dalam pasukannya, lebih baik turun tangan secara diam2 agak tak merugikan nama baik Taoko.”
“Jika demikian pendapat saudara2 Cie dan Siang, baiklah aku menurut saja,” sahut Cu Goan Ciang. “Hanya bangsat cilik ini agak berjasa bagi agama kita, rahasianya ini jangan sampai diketahui orang lain…”
Setelah bicara2 begitu, ketiga orang tersebut segera keluar kamar.
Bu Kie menarik napas sedih, dia merasa berduka mendengar percakapan itu. Dia meraba pinggangnya, bersyukur potongan In Thian Kiam masih ada, segera dia akan menggunakan ilmu Kiam Kun Tay Lo Ie Sin kang dan meloloskan pedang patah itu untuk momotong belenggu besi, lalu menyadarkan Tio Beng yang diajak melarikan diri dari tempat itu.
Sambil melarikan diri, bermacam2 perasaan bergolak di hati Bu Kie, dan dia benar2 gusar melihat pengkhianatan Cu Goen Ciang, yang lupa budi dan mengkhianatinya.
Tetapi Cie Tat dan Ciang Gie Cun yang sangat erat sekali hubungannya, demi kedudukan dan kejayaan sendiri, rela mengkhianatinya juga, hal ini benar2 melukai hati Bu Kie.
“Mereka memiliki tugas memimpin dalam menghadapi musuh penjajah, kalau aku pergi membunuhnya mungkin pasukan pergerakan akan berantakan dan kemungkinan gerakan Nasional akan gagal berantakan…!” berpikiri Bu Kie. “Memang aku Thio Bu Kie juga tidak terlalu memikirkan keuntungan pribadi. Wahai Cie Taoko, Siang Taoko, kalau terlalu memandang rendah kepadaku!”
***
Sesampainya di luar kota, Bu Kie lalu menulis sepucuk surat panjang lebar, dia menyerahkan jabatan Bengcu dari Beng Kauw kepada Yo Siauw. Tetapi mengenai apa yg didengarnya di Ho ciu itu sehuruf pun tidak disinggungnya sudah tentu dia tidak menduga bahwa yang dimaksudkan oleh Siang Gie Cun dan Tat sebenarnya adalah Han Lim Jie. Mengenai kedatangan Bu Kie di Ho Ciu sama sekali tidak diketahui mereka berdua.
Semua itu hanya merupakan tipu muslihat dari Cu Goan Ciang belaka.
Soalnya karena Cu Goan Ciang ingin menjadi kaisar bercita2 untuk duduk di singgasana menjadi raja, maka dia telah menjalankan tipu muslihatnya. Kalau sampai Beng Kauw menang dan berhasil tentu saja Bu Kie yang jelas menjadi kaisar karena dia merupakan puncah pimpinan dari gerakan itu.
Sengaja Cu Goan Ciang telah meminumkan obat tidur yang dicampurkan dalam arak Bu Kie dan Tio Beng, mengaturnya demikian rupa agar seluruh percakapannya dengan Cie Tat dan Siang Gie Cun di dengar Bu Kie, sehingga menimbulkan salah paham di antara mereka.
Putus asa dan menyesal Bu Kie tentu akan mengasingkan diri.
Cu Goan Ciang cukup hebat dan mengenal akan kelihaian Bu Kie dalam ilmu silat, untuk membinasakannya, dia tidak berani karena jika sampai akal muslihatnya itu bocor, berarti dia menghadapi bahaya yg sangat besar. Tapi berbicara tentang kecerdsar serta tipu daya jauh di atas Bu Kie.
Dia kenal jiwa Bu Kie seorang patriot, mengutamakan kepentingan negara di atas segalanya, hubungan dengan Cie Tat dan Siang Gie Coan bagaikan saudara kandung, asal percakapan mereka itu didengar Bu Kie, pasti Bu Kie akan meninggalkan tempat itu secara diam2.
Ternyata yg direncanakan Cu Goan Ciang berjalan lancar.
Sedangkan soal Han Lim Jie bersekutu dengan musuh dan bermaksud memberontak, jelas itu hanya fitnah belaka.
Soalnya sejak gurunya Han San Tong anak buah Han San Tong telah mengangkat Han Lim Jie sebagai pengganti ayahnya sedangkan Cu Goan Ciang Cie Tat dan Siang Gie Coan malah hanya menjadi bawahannya.
Cu Goan Ciang telah memalsukan surat bukti Han Lim Jie bersekutu dengan musuh, dia berhasil pula membeli seorang pelayan kepercayaan Han Lim Jie pura2 melaporkan hal itu kepada Cie Tat nan Siang It Cun.
Karena percaya Cie Tat dan Siang Gie Cun untuk membasmi Han Lim Jie, sehingga Cu Goan Ciang malah berpura2 mencegahnya, setelah didesak berulang kali barulah kemudian dia mengijinkan untuk menghukum Han Lim Jie.
Dia sengaja mengurung Bu Kie di tempat yang mudah untuk meloloskan diri dan begitu Bu Kie sudah pergi, Cu Goan Ciang segera perintahkan perwiranya, yaitu Lauw Eng tong, menenggelamkan Han Lim Jie ke dasar sungai.
Sungguh hasil yg diperolehnya memuaskan hati Cu Goan Ciang, karena sekali tepuk dua lalat yg terbinasa, tipu muslihatnya itu telah berhasil dengan baik sekali dan tak seorangpun yang mengetahui muslihat Cu Goan Ciang itu.
Kemudia walaupun Yo Siauw menggantilan Bu Kie menjadi Kauwcu Beng Kauw, namun Cu Goan Ciang sudah tumbuh sudah mengembangkan sayapnya. Kekuatannya sudah terpupuk pula Yo Siauw tua, jelas tak bisa berbuat untuk saling rebut kedudukan kaisar dengan Cu Goan Ciang.
Akhirnya tercapai juga cita2 Cu Goan Ciang, di mana Cu Goan Ciang berhasil duduk di singgasana menjadi kaisar yaitu kaisar yang di kenal sebagai Beng Taiciauw pendiri dinasti Beng.
.....................
MechaEnkidu - 11/07/2012 11:04 PM
#322

ehh dinasti china pernah perang ama bangsa lain gak sih?(selain mongol)

karena setahu saya sejarah dinasti2 china kebanyakan itu tentang pemersatuan dan perpecahan saja
Siege - 12/07/2012 01:59 AM
#323

hmm brarti itu plotnya diubah balik ke pendiri dinasti ming... jd shu yuan shang
morgen80 - 12/07/2012 03:04 PM
#324

postingan yang di atas : cu goan ciang = shu yuan shang (rasanya)
beng = ming

btw, di rajawali 1 (LOCH) kan ada bangsa kim, sekarang bangsa itu bangsa apa ya ?? korea ?
terus di tian long ba bu (demi god and semi devil, kan ada bangsa chitan / kitan. sekarang bangsa apa itu ?
ojongonole - 12/07/2012 03:21 PM
#325

Quote:
Original Posted By morgen80
postingan yang di atas : cu goan ciang = shu yuan shang (rasanya)
beng = ming

btw, di rajawali 1 (LOCH) kan ada bangsa kim, sekarang bangsa itu bangsa apa ya ?? korea ?
terus di tian long ba bu (demi god and semi devil, kan ada bangsa chitan / kitan. sekarang bangsa apa itu ?


bangsa kim? mksd ente soal dinasti jin yg jd musuh utamnya dinasti song?? bingungs
bangsa kitan itu akhirnya berhasil dikalahkan oleh dinasti jin, lalu mrk bangs akitan akhirnya bergabung dgn bangsa mongol... ya kira2 bgitulah.... ngacir:
ojongonole - 12/07/2012 09:28 PM
#326

Quote:
Original Posted By Scuba


8. Siapa itu "JurChen"? apakah mereka bagian Manchu?? apa mrk ada korelasi nya / koneksi dgn "JoSeon" (mungkin Korea modern?)



secara singkat aja....

Jurchen adlh suku bangsa yg dulu nya sempat mendirikan dinasty JIn, yg jd musuh besar dinasti song. dinasty jin itu jg berhasil mengalahkan negara Kitan. tp pd akhirnya dinasty jin berhasil di aneksasi oleh bangsa mongol... sisa2 keturunannya lalu membentuk suku bangsa manchu, mrk inilah yg nanti nya bs menghancurkan dinasti ming tuk selama-lamanya dan sukses menguasai daratan tiongkok seutuhnya, dgn mendirikan dinasti qing....
what_a_joke - 20/10/2012 07:31 AM
#327

*nyundul thread last reply di bawah 1 September buat kebutuhan pindahan ke new kaskus
Page 17 of 17 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Singkat Dinasti - Dinasti di China