Anak
Home > LOEKELOE > WEDDING & FAMILY > Anak > -== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-
Total Views: 10281 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 12 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

islamholic - 06/06/2011 09:45 PM
#1
-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-
-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-

Quote:
Terkadang, anak-anak bisa melakukan hal-hal yang membuat orang tuanya marah. Kenakalan anak sangat wajar terjadi, apalagi di usia menginjak bangku taman kanan-kanak atau sekolah dasar. Marah atau kesal karena kenakalan anak memang tidak dilarang. Tapi jangan meluapkannya dengan membentak atau memarahi anak dengan nada tinggi dan kasar, bahkan kekerasan fisik sekalipun.


Quote:
Quote:
[CENTER]-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-


Quote:
Ada beberapa strategi untuk mengatasi kemarahan pada anak :

Quote:
[COLOR="Red"][SIZE="5"]1. Saat anak mulai mengesalkan dan membuat marah, tariklah nafas dalam-dalam secara perlahan. Tindakan ini akan mencegah Anda berkata kasar atau membentak si anak. Ulangi beberapa kali sampai perasaan sedikit tenang, sebelum Anda mengatakan atau berbuat apapun. Setelah tenang, otak pun akan berpikir lebih jernih sehingga Anda bisa mengontrol apa yang akan Anda bicarakan nantinya.[/SIZE][/COLOR]


Quote:
[COLOR="Red"][SIZE="5"]2. Ketika amarah mulai memuncak, memang sulit mengontrol diri. Tapi ingat, Anda sedang berhadapan dengan anak Anda sendiri. Cobalah pikirkan sifat-sifat positif yang ada pada diri si anak. Bayangkan bagaimana lucunya dia saat mulai belajar merangkak atau saat dia tertawa polos ketika Anda ingin memotretnya. Mengingat hal-hal baik dari anak, akan membantu Anda meredakan kemarahan dan bertindak lebih terkontrol.[/SIZE][/COLOR]


Quote:
[COLOR="Red"][SIZE="5"]3. Setelah berhasil mengontrol diri, ajak anak Anda bicara dari hati ke hati. Dalam hal ini, bertindaklah seperti teman. Posisikan tubuh Anda sejajar dengan tinggi badannya, tatap mata lalu bicara dengan nada pelan. Tanyakan kenapa dia berbuat sesuatu yang membuat Anda marah, apa yang diinginkannya. Sebaliknya, jangan menyuruhnya harus begini atau begitu.[/SIZE][/COLOR]


Quote:
[COLOR="Red"][SIZE="5"]4. Belajarlah lebih sensitif terhadap perasaan anak. Ketahui apa yang ditakutinya, keinginan, ketertarikan dan apa yang tidak disukainya. Dengan memahami anak, maka Anda bisa menyikapi masalah sesuai sudut pandang si anak.[/SIZE][/COLOR]


Quote:
[COLOR="Red"][SIZE="5"]5. Jika memang rasa marah seperti tidak bisa ditahan lagi, pergilah sebentar sebelum memulai pembicaraan dengan anak. Tinggalkan dia ke ruangan lain, jernihkan pikiran sebentar. Setelah lebih tenang, Anda bisa berkomunikasi lagi dengan anak Anda.[/SIZE][/COLOR]


SUMBER
[/CENTER]
islamholic - 06/06/2011 09:46 PM
#2

reserved dulu gan beer:
nazfat - 06/06/2011 09:47 PM
#3

berhati2lah dalam memarahi anak gan \)
TheLostSoul - 06/06/2011 10:06 PM
#4

fiuuuh..jangan sampe aku lepas kendali ke anak. takuts

kalau marah, istighfar.-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-
~GhaDux~ - 06/06/2011 10:16 PM
#5

secara muslim, istigfar trus ambil wudhu efektif menahan emosi dan amarah \)


nosara
primula - 06/06/2011 10:19 PM
#6

Quote:
Original Posted By TheLostSoul
fiuuuh..jangan sampe aku lepas kendali ke anak. takuts

kalau marah, istighfar.-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-

klo marah saat berdiri, mending langsung dudu.
klo pas lg duduk, mending langsung berbaring.

paling baiknya memang, ambil air wudhu' o

jangan sampai dah mukul, kecuali dengan pukulan yg tidak menyakitkan malu:

dulu pas msh anak2, klo pas g mau ngaji ke surau deket rumah, biasanya diambilin 1 batang lidi, lalu ditanyain: "kenapa g berangkat?" klo msh banyak alasan, langsung aja tuh sebiiji lidi disikatin ke betis. meski cuman sebatang, bikin loncat2 juga D

alasannya, bukan mukul betisnya tp syaitannya. coba klo syaitannya kabur, kan langsung aja berbuat kebajikan o
seelow - 06/06/2011 10:34 PM
#7

bener gan walaupun kita marah secukupnya aja, jangan over kepada anak kita
Soalnya biasanya mereka akan ngikutin kita klo lg marah
~GhaDux~ - 06/06/2011 10:37 PM
#8

Quote:
Original Posted By primula
klo marah saat berdiri, mending langsung dudu.
klo pas lg duduk, mending langsung berbaring.

paling baiknya memang, ambil air wudhu' o

jangan sampai dah mukul, kecuali dengan pukulan yg tidak menyakitkan malu:

dulu pas msh anak2, klo pas g mau ngaji ke surau deket rumah, biasanya diambilin 1 batang lidi, lalu ditanyain: "kenapa g berangkat?" klo msh banyak alasan, langsung aja tuh sebiiji lidi disikatin ke betis. meski cuman sebatang, bikin loncat2 juga D

alasannya, bukan mukul betisnya tp syaitannya. coba klo syaitannya kabur, kan langsung aja berbuat kebajikan o


klo mukul jangan sampai deh, semoga ga terjadi..
traumanya itu bisa2 ga ilang sampe gede o
islamholic - 06/06/2011 11:18 PM
#9

Quote:
Original Posted By seelow
bener gan walaupun kita marah secukupnya aja, jangan over kepada anak kita
Soalnya biasanya mereka akan ngikutin kita klo lg marah


biasanya traumanya akan membekas sampe besarnya gan bingungs
primula - 06/06/2011 11:26 PM
#10

Quote:
Original Posted By ~GhaDux~
klo mukul jangan sampai deh, semoga ga terjadi..
traumanya itu bisa2 ga ilang sampe gede o


memarahi, ibarat memukul paku ke kayu.
meski pakunya udh dicabut, tapi meninggalkan bekas o
islamholic - 06/06/2011 11:28 PM
#11

Quote:
Original Posted By primula
memarahi, ibarat memukul paku ke kayu.
meski pakunya udh dicabut, tapi meninggalkan bekas o


hehe.. bener juga perumpamaan ente om prim \)
Apeglie - 06/06/2011 11:42 PM
#12

klo lagi marah, ane wudhu...
jgn sampe dah ane maen fisik thd anak
primula - 07/06/2011 01:09 AM
#13

Quote:
Original Posted By ~GhaDux~
klo mukul jangan sampai deh, semoga ga terjadi..
traumanya itu bisa2 ga ilang sampe gede o

disabet ma sebatang lidi om GhaDux o

kesannya emg mendalam, mengingat pentingnya belajar ngaji buat seumur-umur. kadang maunya anak2, abis main layang2 kan tiduran aja, tp klo dibiarin dan diturutin semua kemauan anak, kan g baik juga. ane udh punya anak, merasa patut berterima-kasih, dan bersyukur dengan peran "sabetan" sebatang lidi itu. tak terlalu menyakitkan, tp besar simbol kemanfaatannya o

Quote:
Original Posted By Apeglie
klo lagi marah, ane wudhu...
jgn sampe dah ane maen fisik thd anak

peran fisik, g selamanya berdampak buruk. jangka pendeknya mungkin terasa agak sakit dan menyakitkan, tapi jangan panjangnya akan membentuk kedisiplinan si anak. yg jelas, hukuman itu jangan sampe mengeluarkan darah. klo dengan sebatang lidi dipukulkan ke betisnya, paling2 cuman mblendung sehari, diolesin minyak tawon juga hilang besoknya D
cakraditya - 07/06/2011 01:13 AM
#14

lebih baik jangan di marahi dlu..
karena anak kecil juga ga bakalan ngerti apa yang sedang kita persoalkan
beritahu anak tsb dengan lemah lembut, maka anak itu juga akan mengikuti emosi orang tuanya. D
bantuin rating lg thumbup:
cipciprr8 - 07/06/2011 03:15 AM
#15

Quote:
Original Posted By ~GhaDux~
secara muslim, istigfar trus ambil wudhu efektif menahan emosi dan amarah \)


nosara


betul sekali gan ini yang paling manjur keknya
~GhaDux~ - 07/06/2011 07:15 AM
#16

Quote:
Original Posted By primula
memarahi, ibarat memukul paku ke kayu.
meski pakunya udh dicabut, tapi meninggalkan bekas o


apalagi klo dipukul om, semakin membekas \)

Quote:
Original Posted By primula
disabet ma sebatang lidi om GhaDux o

kesannya emg mendalam, mengingat pentingnya belajar ngaji buat seumur-umur. kadang maunya anak2, abis main layang2 kan tiduran aja, tp klo dibiarin dan diturutin semua kemauan anak, kan g baik juga. ane udh punya anak, merasa patut berterima-kasih, dan bersyukur dengan peran "sabetan" sebatang lidi itu. tak terlalu menyakitkan, tp besar simbol kemanfaatannya o


yup, tujuannya memang bagus..
tp jangan sampai hal itu terjadi sama anak kita juga \)

Quote:
Original Posted By cipciprr8
betul sekali gan ini yang paling manjur keknya


setubuh juragan D
BatakMetroHT - 07/06/2011 07:23 AM
#17

tips menahan emosi ya, bisa sekalian buat mengatasi darah tinggi ga nih gan?

ane kadang kesel sama ade ane, ane coba yang di atas deh. kalo masih ga mempan siap siap dapet batabig ya TSnya ngakak ngakak
uchiin - 07/06/2011 09:09 AM
#18

Nice share gan

Tp alhamdulillah skrg aq belum bisa marah ke anakku ( maklum masih 1,5 bulan, heeee )
Walau kemaren pas mudik, semaleman ga tidur, dieein, dipipisin, heeee

Walau TS cowok, bisa lho ganti popok ma cebokin anak sendiri iloveindonesia

Yg belum berani, mandiin maho
nazfat - 07/06/2011 09:10 AM
#19

Quote:
Original Posted By BatakMetroHT
tips menahan emosi ya, bisa sekalian buat mengatasi darah tinggi ga nih gan?

ane kadang kesel sama ade ane, ane coba yang di atas deh. kalo masih ga mempan siap siap dapet batabig ya TSnya ngakak ngakak
bener gan TSnya, hati2lah kalo sampe marah sama anak \)-== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-
Mutiara.Biru - 07/06/2011 11:05 AM
#20

Quote:
Original Posted By seelow
bener gan walaupun kita marah secukupnya aja, jangan over kepada anak kita
Soalnya biasanya mereka akan ngikutin kita klo lg marah


bener neh, jangan sampai ke arah fisik seperti pemukulan dsb.
nice tread gan
Page 1 of 12 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > WEDDING & FAMILY > Anak > -== 5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak ==-