selera nusantara (indo food)
Home > LOEKELOE > Cooking mencooking + restaurant guide > selera nusantara (indo food) > [Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D
Total Views: 4283 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Loyolaist - 09/06/2011 06:54 PM
#1
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D
:rate5 WELCOME SOTO LOVERS :rate5

Kecintaan ane terhadap makanan satu ini, mendorong ane untuk membuat trit ini D

Quote:
SOTO

[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D

Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.

Karena ada beberapa jenis soto di Indonesia, masing-masing mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda. Soto bisa dihidangkan dengan berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping melinjo, sambal, saus kacang, dan lain-lain. Dan juga pula dengan tambahan lainnya seperti sate telur pindang, sate kerang, jeruk limau, koya (campuran tumpukan kerupuk dengan bawang putih) dll. Seperti kita ketahui bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sehingga soto biasanya dihidangkan dengan nasi sebagai menu utama. Namun, ada perbedaan dalam hal menu utama nasi tersebut. Kebanyakan soto dihidangkan secara terpisah dengan nasi, seperti Soto Betawi, Soto Padang, dan lain-lain. Namun, ada juga yang dihidangkan bersama dengan nasi atau soto campur nasi, misalnya Soto Kudus. Selain itu, ada juga soto yang dihidangkan dengan lontong atau nasi yang sudah dimasak dengan dibungkus daun pisang, misalnya Coto Makassar. Kemudian, ada juga yang memakai mie, dan bukan nasi sebagai menu pokoknya, misalnya Soto Mie Bogor.

[SIZE="4"][COLOR="RED"][B]SOTO KUDUS
Spoiler for soto kudus
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


SOTO BANJAR
Spoiler for soto banjar
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


SOTO BANDUNG
Spoiler for soto bandung
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


SOTO BETAWI
Spoiler for soto betawi
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


SOTO MADURA
Spoiler for soto madura
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


SOTO LAMONGAN
Spoiler for soto lamongan
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D

[/B][/COLOR][/SIZE]


Quote:
Nah ini favorit ane gan D kiss

[CENTER]SOTO SEMARANG D

Spoiler for soto semarang
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D


Soto di atas merupakan salah satu soto favorit ane, [COLOR="Red"]soto ayam Pak Wito-Dargo Semarang D

Lokasi nya di Jalan Hasanuddin Semarang (arah Tanah Mas), tepatnya di depan Gereja Kristen Jawa D

Enak banget dah pokoknya, apalagi ada tempe panas n sate nya genit:[/COLOR]

Spoiler for soto semarang
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D

Spoiler for soto semarang
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D

Spoiler for soto semarang
[Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D

[/CENTER]


Quote:
Original Posted By dewataa103
kalau soto paling enak yang pernah ane makan sih "soto suharto" gan di solo :thumbup waktu itu pas kesana dia ajak temen ane makan disana D tapi nama jalannya ngak tau gan D mungkin ada orang solo yang bisa ngasi alamatnya D



gan boleh nambahin gak D syp tau berguna D
Spoiler for ASAL MUASAL SOTO

Menurut Dennys Lombard (Nusa Jawa: Silang Budaya), jelas ditulis dibuku tersebut asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, klop bukan? Orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto.

Makanan yang asalnya juga khas Cina ini telah menjadi bagian dari makanan masyarakat Indonesia. Dengan menyesuaikan olahan bumbu agar pas dengan lidah orang Indonesia, lahirlah kemudian Soto Lamongan, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Madura, Soto Bangkong, dan sebagainya.

Antropolog dari Universitas Gadjah Mada, Dr Lono Simatupang, menurut dia, soto merupakan campuran dari berbagai macam tradisi. Di dalamnya ada pengaruh lokal dan budaya lain. Mi atau soun pada soto, misalnya, berasal dari tradisi China. China-lah yang memiliki teknologi membuat mi dan soun, ujarnya.

Soto juga kemungkinan mendapat pengaruh dari budaya India. Ada beberapa soto yang menggunakan kunyit. Ini seperti kari dari India, ujarnya. Karena soto merupakan campuran dari berbagai tradisi, ungkap Lono, asal usulnya menjadi sulit ditelusuri. Soto itu seperti dangdut yang mendapat pengaruh dari berbagai tradisi.

SUMBER



Quote:
Bisa share dimari D kiss
1. Info tempat-tempat makan soto yang yahud D genit:
2. Resep-resep soto
3. Pengalaman-pengalaman tentang soto D
4. Segala sesuatu yang berbau soto D


Quote:
DILARANG:
1. Nge-Junk batas
2. Jual-beli / titip lapak batas (Ke FJB aje ngakaks)
3. Porno-porno an dan SARA mahos


beer: HAPPY SHARE SOTO LOVERS beer:
Loyolaist - 09/06/2011 06:55 PM
#2

- Reserved for TS - D shakehand
Loyolaist - 09/06/2011 10:48 PM
#3

sundulgans sundul 1 hari ini ngakaks
.50 - 10/06/2011 07:56 AM
#4

dari soto2 diatas dah pernah nyoba beberapa gan.. tapi yg paling enak y soto semarang.. kuahnya bening seger.. cocok bener buat sarapan pagi... hahhaa
Loyolaist - 10/06/2011 08:15 AM
#5

Quote:
Original Posted By .50
dari soto2 diatas dah pernah nyoba beberapa gan.. tapi yg paling enak y soto semarang.. kuahnya bening seger.. cocok bener buat sarapan pagi... hahhaa


iya gan ane juga tergila gila ama soto semarang D beer:
btw, ane belum perna coba soto banjar bingungs
arisemarang - 10/06/2011 11:40 AM
#6

Betul bos, ......mau pagi, siang, malam klo agak lapar makan soto aja pasti seger banget !
arisemarang - 10/06/2011 11:44 AM
#7

Makan soto gak ada bosennya !!!
Loyolaist - 10/06/2011 07:21 PM
#8

Quote:
Original Posted By arisemarang
Makan soto gak ada bosennya !!!


Setuju gan beer:

ada info soto di mana yang enak lagi gan? D
xenyeng - 10/06/2011 09:50 PM
#9

wah asyik nih ada thread soto
mau cobain dulu deh soto pak wito
Loyolaist - 10/06/2011 10:42 PM
#10

Quote:
Original Posted By xenyeng
wah asyik nih ada thread soto
mau cobain dulu deh soto pak wito


mantap gan soto pak wito beer:
ane hampir tiap pagi makan di sono o
rolas - 11/06/2011 12:54 AM
#11

soto bandung - semarang emang sueger.. tapi paling sueger soto bikinan mami sama nenek saya D biar mau dikatain kampungan nyang penting mantab rasanya :2thumbup
Loyolaist - 11/06/2011 01:39 AM
#12

Quote:
Original Posted By rolas
soto bandung - semarang emang sueger.. tapi paling sueger soto bikinan mami sama nenek saya D biar mau dikatain kampungan nyang penting mantab rasanya :2thumbup


share di mari dunk gan soto nya D

kali aja banyak yang suka dan pengen cobain kan jadi usaha tuh D
sibebey - 11/06/2011 08:45 AM
#13

ane favoritnya soto lamongan gan..:2thumbup:
soalnya ane asli lamongan jg..
Loyolaist - 11/06/2011 09:18 AM
#14

Quote:
Original Posted By sibebey
ane favoritnya soto lamongan gan..:2thumbup:
soalnya ane asli lamongan jg..


soto lamongan yang mantap dimana gan? D
ireire - 11/06/2011 10:59 AM
#15

gan ada juga gan..

soto mie bogor gann...

foto nanti ane cari dulu yak.. ngacir:
ireire - 11/06/2011 11:01 AM
#16

Quote:
Original Posted By Loyolaist
soto lamongan yang mantap dimana gan? D


di lamongan lah gann..

dimana lagi? nohope:
Loyolaist - 11/06/2011 11:30 AM
#17

Quote:
Original Posted By ireire
di lamongan lah gann..

dimana lagi? nohope:


maksud ane lamongan nya di sebelah mana gan yang maknyus D
kadalmimisan - 12/06/2011 05:19 PM
#18

soto solo gak ada gan?
paling demen kalo ke solo, pasti nyoba sotonya.. mangstab..
yang paling demen siii, soto triwindu sama soto gading.. keduanya di solo..
malah terakhir makan di triwindu bareng sama personel slank.. (tapi gak tau namanya siapa hammer)
Si_Edo - 12/06/2011 10:17 PM
#19

wah soto di palembang yang enak soto ayam jakarta ama soto bang kumis gan
mangtaab beer:
Loyolaist - 12/06/2011 10:38 PM
#20

Quote:
Original Posted By kadalmimisan
soto solo gak ada gan?
paling demen kalo ke solo, pasti nyoba sotonya.. mangstab..
yang paling demen siii, soto triwindu sama soto gading.. keduanya di solo..
malah terakhir makan di triwindu bareng sama personel slank.. (tapi gak tau namanya siapa hammer)


unik nih ane belum perna soto solo D

share dunk gan soto solo nya beer:
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > Cooking mencooking + restaurant guide > selera nusantara (indo food) > [Warung Soto] Pecinta Soto Kumpul di sini yuukk !! :D