Lampu Senter/Flashlight
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Lampu Senter/Flashlight > ◀◀◀◀ F.A.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ▶▶▶▶ ヅ
Total Views: 81946 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 128 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

KinomotoSakura - 19/06/2011 11:00 PM
#101

Quote:
Original Posted By hajimesaito_1
gan jujur ane baru tahu ada hobi senter..
dan dalam pikiran ane, aneh sekali hobi senter..
apa yah gan yg menarik dari hobi2 agan2 ini boleh ane tahu?
terus senter yg gimana yg jadi kebanggan?
ane penasaran

thanks gan .


Senter yg kecil , cantik, tapi terang banget pas dinyalain, sampe orang di sekitar mendecak
Sinn556 - 20/06/2011 09:00 AM
#102
Fenix E01 VS E05
Halo masbro mbaksis sekalian, saya beru mau beli senter buat EDC nih. Pilihan jatohnya pada fenix e01 atau e05 tapi bingung mutusin yg mana. Kalo diliat dari karakteristik beamnya sih sy lebih tertarik sama e05 (warna dan sebaran), tapi 30 lumen itu terlalu terang gak ya misalnya buat cari kursi di bioskop, liat kolong ranjang, dll. Kalo dibandingin 10 lumen jauh lebih irit soalnya.

O ya sy juga agak bingung mau beli senter bertenaga AAA apa AA. AA biasanya 10cm an panjang senternya kayaknya kegedean buat dibawa kemana2 (di kantong misalnya), tapi apakah penerangannya jauh lebih superior dibandingkan AAA?
fabienne - 20/06/2011 09:25 AM
#103

AA dan AAA itu pertimbangannya itu lebih pada runtime. Kalau lumen sih AAA dan AA hampir sama dg asumsi LED, driver dll sama, cuma kenyataan di lapangan AAA biasanya lumen lebih kecil untuk kompensasi kapasitas batere yang kecil itu sehingga runtime tetap bisa tahan lama.

Kemudian selain itu cara penyimpanan, biasanya senter AAA itu lebih untuk keychain (digabungkan dengan kunci), sedangkan AA kalau untuk keychain agak berat, makanya masuk kantong celana ataupun dg lanyard.

Kalau pribadi sih antara E01 dan E05 saya lebih memilih E01 karena 10 lumen udah cukup banget.
Sinn556 - 20/06/2011 09:52 AM
#104

Quote:
Original Posted By fabienne
AA dan AAA itu pertimbangannya itu lebih pada runtime. Kalau lumen sih AAA dan AA hampir sama dg asumsi LED, driver dll sama, cuma kenyataan di lapangan AAA biasanya lumen lebih kecil untuk kompensasi kapasitas batere yang kecil itu sehingga runtime tetap bisa tahan lama.

Kemudian selain itu cara penyimpanan, biasanya senter AAA itu lebih untuk keychain (digabungkan dengan kunci), sedangkan AA kalau untuk keychain agak berat, makanya masuk kantong celana ataupun dg lanyard.

Kalau pribadi sih antara E01 dan E05 saya lebih memilih E01 karena 10 lumen udah cukup banget.


Karena kapasitas (mAh) AA biasanya sekitar 2x AAA, bisa disimpulkan kalo dgn lumen yg sama senter AA 2x lebih lama nyalanya daripada senter AAA gak ya bro?
Ealendil - 20/06/2011 11:03 AM
#105

klo pake batrei chasan awet ya malu:
njet212 - 20/06/2011 11:14 AM
#106
Keychain Flashlight, Batere Rechargeable.
Quote:
Original Posted By Sinn556
Halo masbro mbaksis sekalian, saya beru mau beli senter buat EDC nih. Pilihan jatohnya pada fenix e01 atau e05 tapi bingung mutusin yg mana. Kalo diliat dari karakteristik beamnya sih sy lebih tertarik sama e05 (warna dan sebaran), tapi 30 lumen itu terlalu terang gak ya misalnya buat cari kursi di bioskop, liat kolong ranjang, dll. Kalo dibandingin 10 lumen jauh lebih irit soalnya.

O ya sy juga agak bingung mau beli senter bertenaga AAA apa AA. AA biasanya 10cm an panjang senternya kayaknya kegedean buat dibawa kemana2 (di kantong misalnya), tapi apakah penerangannya jauh lebih superior dibandingkan AAA?



Kebetulan dulu saya pernah nulis reviewnya senter keychain kelas AAA, bisa diliat disini. Buat dibioskop 30 lumen memang terlalu terang, biasanya klo saya ke bioskop cukup dengan 10 lumen. Output senter AA VS AAA outputnya terang AA sedikit dan runtimenya lebih lama senter AA ( karena kapitas batere AA lebih besar dari AAA ).

Senter AA biasanya emang kelewat panjang buat EDC cuman masih ada alternatifnya ( sbg pembanding panjang Fenix E01 dan Preon Revo +/- 7,1 cm ).


[*]Jetbeam E3S ( +/- 8.5cm )
[*]Nitecore EZAA (+/- 9cm )




Quote:
Original Posted By Ealendil
klo pake batrei chasan awet ya malu:


Maksudnya awet gimana? Nyalanya? self lifenya? diperjelas sedikit pertanyaannya bro.
Ealendil - 20/06/2011 11:31 AM
#107

Quote:
Original Posted By njet212
Kebetulan dulu saya pernah nulis reviewnya senter keychain kelas AAA, bisa diliat disini. Buat dibioskop 30 lumen memang terlalu terang, biasanya klo saya ke bioskop cukup dengan 10 lumen. Output senter AA VS AAA outputnya terang AA sedikit dan runtimenya lebih lama senter AA ( karena kapitas batere AA lebih besar dari AAA ).

Senter AA biasanya emang kelewat panjang buat EDC cuman masih ada alternatifnya ( sbg pembanding panjang Fenix E01 dan Preon Revo +/- 7,1 cm ).


[*]Jetbeam E3S ( +/- 8.5cm )
[*]Nitecore EZAA (+/- 9cm )






Maksudnya awet gimana? Nyalanya? self lifenya? diperjelas sedikit pertanyaannya bro.

self lifenya malu:
Sinn556 - 20/06/2011 11:34 AM
#108

Quote:
Original Posted By njet212
Kebetulan dulu saya pernah nulis reviewnya senter keychain kelas AAA, bisa diliat disini. Buat dibioskop 30 lumen memang terlalu terang, biasanya klo saya ke bioskop cukup dengan 10 lumen. Output senter AA VS AAA outputnya terang AA sedikit dan runtimenya lebih lama senter AA ( karena kapitas batere AA lebih besar dari AAA ).

Senter AA biasanya emang kelewat panjang buat EDC cuman masih ada alternatifnya ( sbg pembanding panjang Fenix E01 dan Preon Revo +/- 7,1 cm ).


[*]Jetbeam E3S ( +/- 8.5cm )
[*]Nitecore EZAA (+/- 9cm )




Waduh si juragan ngasih racun lagi nih hammer: Tapi untung kayaknya masih kurang kecil tuh 2 senter soalnya saya juga perlu senternya cukup kecil dan enteng buat dijepit di mulut.

Emang salah satu kendala E01 itu karakter beamnya keliatannya kurang bagus hammer:
njet212 - 20/06/2011 11:41 AM
#109

Quote:
Original Posted By Ealendil
self lifenya malu:


Self life batere rechargeable LSD (low self discharged ) Nimh yg paling bagus punyanya sanyo eneloop yg varian terbaru, self lifenya bisa sampe 3 tahun. Setelah full charge klo batere di simpan selama 3 tahun kapasitasnya masih ada 85% klo batere Nimh yg non-LSD umumnya cuman 1-6 bulan isinya udah abis,


Quote:
Original Posted By Sinn556
Waduh si juragan ngasih racun lagi nih hammer: Tapi untung kayaknya masih kurang kecil tuh 2 senter soalnya saya juga perlu senternya cukup kecil dan enteng buat dijepit di mulut.

Emang salah satu kendala E01 itu karakter beamnya keliatannya kurang bagus hammer:


Kalau mau yg lebih terang beli senter yg support 10440 ( fenix setau saya gak bisa, preon revo juga gak bisa ) outputnya bisa terdongkrang 2xlipat. Yg udah pernah saya coba dan kompatibel ama 10440 ITP A3 R5 dan Ultrafire SA 2 - R2.
fabienne - 20/06/2011 12:15 PM
#110

Quote:
Original Posted By Sinn556
Karena kapasitas (mAh) AA biasanya sekitar 2x AAA, bisa disimpulkan kalo dgn lumen yg sama senter AA 2x lebih lama nyalanya daripada senter AAA gak ya bro?


Untuk 2AA dibatasi sampai 150 lumen kebawah mungkin boleh dikata bisa berlaku 2AA lebih lama dari 2AAA, tapi makin terang, 2AAA itu ada batasan lagi soal kemampuan menyalurkan arus lebih besar, sehingga mAh lebih drop lagi.

Misal aja sebagai contoh (karena nggak ada contoh nyata saat ini) :
senter A itu butuh arus 1000 mA pada voltase 2.4 volt
senter B itu butuh arus 2000 mA pada voltase 2.4 volt

Kalau senter A pakai 2AA (eneloop 2000mAh) maka runtime jadi 2 jam
Kalau senter A pakai 2AAA (eneloop 750mAh) maka runtime jadi 45 menit

Kalau senter B pakai 2AA maka runtime jadi 1 jam.
Kalau senter B pakai 2AAA maka runtime tidak akan bisa 22,5 menit tapi mungkin tinggal 10-15 menit karena semakin besar arus yang diminta sekaligus, ada semacam hambatan yang membuat kapasitas batere menjadi semakin menurun.


Quote:
Original Posted By Sinn556
Waduh si juragan ngasih racun lagi nih hammer: Tapi untung kayaknya masih kurang kecil tuh 2 senter soalnya saya juga perlu senternya cukup kecil dan enteng buat dijepit di mulut.

Emang salah satu kendala E01 itu karakter beamnya keliatannya kurang bagus hammer:

Soal senter jepit di mulut. ini cuma usul aja lho karena saya sering pakai dengan jepit di mulut juga. Sebisa mungkin pakai titanium karena saya sendiri kadang kalau pakai body aluminium / Stainless itu ada semacam rasa aneh di bibir / lidah, tapi kalau titanium itu lebih tidak ada efeknya. Makanya dulu paling doyan pakai preon titanium 2AAA.
setanis - 20/06/2011 12:33 PM
#111

Quote:
Original Posted By fabienne


Soal senter jepit di mulut. ini cuma usul aja lho karena saya sering pakai dengan jepit di mulut juga. Sebisa mungkin pakai titanium karena saya sendiri kadang kalau pakai body aluminium / Stainless itu ada semacam rasa aneh di bibir / lidah, tapi kalau titanium itu lebih tidak ada efeknya. Makanya dulu paling doyan pakai preon titanium 2AAA.


soal jepit di mulut jadi inget dulu, kalau lagi nggarap close work, suka nggigit olight I15, sampe2 tubenya di kasih lakban biar ga lecet2. . . trus waktu ada HDS exc high cri juga sering di gigit juga. . . padahal guedene poll, sampe di ketawain sama istri lihat suaminya jorok kaya gitu. . . sekarang sih lebih nyaman pake headlamp h501, ga bau iler, ga ngrusak senter, dan nyaman di pake buat waktu lama. . .

jadi intinya aku ga pernah nyaranin senter di gigit. . . kemeng rahangnya. . dan sulit diarahkan pula. . .

kalau suruh milih e05 apa e01, aku milih e01. . . secara runtimenya gila. . . aku sampe lupa kapan ganti batre tu senter. . . lah ndak mati2. . . (pemakaian sehari2 jadi gantungan kunci mobil)
Novaera - 20/06/2011 12:42 PM
#112

om, om ... suhu, suhu senter ...
batere ukuran AAA, rechargable, paling tinggi kapasitasnya brp mAh yak?
ariesliandi - 20/06/2011 01:33 PM
#113

Quote:
Original Posted By Sinn556
Halo masbro mbaksis sekalian, saya beru mau beli senter buat EDC nih. Pilihan jatohnya pada fenix e01 atau e05 tapi bingung mutusin yg mana. Kalo diliat dari karakteristik beamnya sih sy lebih tertarik sama e05 (warna dan sebaran), tapi 30 lumen itu terlalu terang gak ya misalnya buat cari kursi di bioskop, liat kolong ranjang, dll. Kalo dibandingin 10 lumen jauh lebih irit soalnya.

O ya sy juga agak bingung mau beli senter bertenaga AAA apa AA. AA biasanya 10cm an panjang senternya kayaknya kegedean buat dibawa kemana2 (di kantong misalnya), tapi apakah penerangannya jauh lebih superior dibandingkan AAA?


kalau wa saranin itp a3 r5,ada 3mode,silakan liat specnya:

Cree XP-G R5, life span up to 50000 hours
Operating voltage: 0.9V - 3.0V
Uses 1 x AAA, 1 x Rechargeable NiMh AAA, or 1 x 10420 (due to the small body size, 10420 batteries are not recommended since they may cause the light to become hot very quickly).
Dimensions: Length: 66.5 mm , Diameter: 14 mm
Material: Aluminium
Weight:: 9 g without batteries and keychain
Illumination:
Upgrade Edition: Three output levels - Low 1.8 lumens (50 hours) >- Medium 22 lumens (4 hours) >- High 96 lumens (.9 hours)
Superior heat sink that disperses heat to protect LED and electrical components
Orange peel reflector for flawless beam.

bisa dipakai mana yg dibutuhkan,ada clip buat cantolin dikantong baju,ada keychain,runtime oke,finishing notbad,sekarang si nggak butuh lumens besar,nanti kalau butuh kan ada mode highnya,kemarin kawan yg ambil d11 wa juga pakai fenix e05,setelah liat itp wa baru sadar kehebatannya,kecil terang,clip nya yg jadi nilai +

@om fabienne yg dimaksud sinn556 1AA itu MAH nya 2x AAA,betul nggak??sorry kalau salah
Sinn556 - 20/06/2011 01:46 PM
#114

Tq infonya masbro sekalian beer:

Quote:
Original Posted By fabienne

Misal aja sebagai contoh (karena nggak ada contoh nyata saat ini) :
senter A itu butuh arus 1000 mA pada voltase 2.4 volt
senter B itu butuh arus 2000 mA pada voltase 2.4 volt

Kalau senter A pakai 2AA (eneloop 2000mAh) maka runtime jadi 2 jam
Kalau senter A pakai 2AAA (eneloop 750mAh) maka runtime jadi 45 menit

Kalau senter B pakai 2AA maka runtime jadi 1 jam.
Kalau senter B pakai 2AAA maka runtime tidak akan bisa 22,5 menit tapi mungkin tinggal 10-15 menit karena semakin besar arus yang diminta sekaligus, ada semacam hambatan yang membuat kapasitas batere menjadi semakin menurun.

Itu bisa tau runtime gimana caranya masbro?

Power = arus*voltase = energi/waktu
energi = kapasitas batere
waktu = runtime
>- runtime = kapasitas batere / (arus*voltase)

Begitukah?

Quote:
Original Posted By fabienne

Soal senter jepit di mulut. ini cuma usul aja lho karena saya sering pakai dengan jepit di mulut juga. Sebisa mungkin pakai titanium karena saya sendiri kadang kalau pakai body aluminium / Stainless itu ada semacam rasa aneh di bibir / lidah, tapi kalau titanium itu lebih tidak ada efeknya. Makanya dulu paling doyan pakai preon titanium 2AAA.


Preonnya mahal ya mas. Saya ambil E01nya aja deh. Gimana nih ada yg silver gak? D

Quote:
Original Posted By ariesliandi
kalau wa saranin itp a3 r5,ada 3mode,silakan liat specnya:

....


Dah sy liat2 masbro yg ditawaran juragan njet. Gak tau tapi kok kayaknya lebih sreg E01/E05.
ariesliandi - 20/06/2011 02:16 PM
#115

@sinn556 kalau uda suka,apalagi yg bisa dikatakan,langsung pesan saja :thumbup
Sinn556 - 20/06/2011 02:22 PM
#116

Quote:
Original Posted By ariesliandi
@sinn556 kalau uda suka,apalagi yg bisa dikatakan,langsung pesan saja :thumbup


Udah bro ke juragan fabienne D
benbenrubeben - 20/06/2011 11:57 PM
#117

om gan maaf kalo salah tempat tapi nyerempet2 dikit
senter buat sepeda dengan budget max 250rb yang recommended apa ya gan?
dan biasa beli dimana sih gan?soalnya kayak senter police aja tiap seller beda2 mark upnya..hehehe

dulu pernah beli senter luxeon pure 3w terang lumayan (walaupun pasti kalah sama yg senter2 disini) D
tapi sayang bodynya ringkih alhasil jatoh pas dipake sepedaan wassalam deh
afritz3050 - 21/06/2011 10:03 AM
#118

Quote:
Original Posted By benbenrubeben
om gan maaf kalo salah tempat tapi nyerempet2 dikit
senter buat sepeda dengan budget max 250rb yang recommended apa ya gan?
dan biasa beli dimana sih gan?soalnya kayak senter police aja tiap seller beda2 mark upnya..hehehe

dulu pernah beli senter luxeon pure 3w terang lumayan (walaupun pasti kalah sama yg senter2 disini) D
tapi sayang bodynya ringkih alhasil jatoh pas dipake sepedaan wassalam deh


kalo mau body nya gak ringkih.. kenapa gak bikin sendiri aja gan??
250rb.. dah cukup budgetnya untuk bikin sendiri...

mungkin link ini bisa menjadi inspirasi bikin lampu sepedanya, http://bikeled.org/
metromini44 - 21/06/2011 12:14 PM
#119

gan, kalo untuk daerah jakarta toko yang jual senter lengkap dimana ya gan?
metromini44 - 21/06/2011 12:27 PM
#120

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4856789

gan, mohon pencerahannya. soalnya dia jual senter harga pas sama budget tapi ane gak tau kualitasnya
Page 6 of 128 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Lampu Senter/Flashlight > ◀◀◀◀ F.A.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ▶▶▶▶ ヅ