Others
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Others > Belajar di Rusia [Study,Info,University]
Total Views: 2516 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

Ealendil - 16/06/2011 01:26 PM
#1
Belajar di Rusia [Study,Info,University]
Belajar di Rusia [Study,Info,University]

berhubung banyak ke Trit Forum Rusia-Indonesia, saya mewakili regional Rusia membuat trit ini biar gampang ngesolved klo di forum rusia-indonesia susah ngeceknya ,kesannya jadi amburadul amazed: .

Yang mau nanya sekolah di Russia,di sini saja D

Quote:
BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011/2012

Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia memberikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia belajar di Rusia. Untuk jenjang S1, S2 dan spesialisasi (total 35 kuota); S3 dan post-doktoral (total 10 kuota).


Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah:
S1 : nilai ijazah rata-rata 8,0 untuk mata pelajaran yang sesuai program studi tujuan, tidak ada angka merah untuk mata pelajaran lain, usia maks. tidak lebih dari 3th setelah tamat SMA, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map kuning (dibuat masing-masing rangkap 2).
S2 : IPK min. 2,75, usia maks. 28th, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map merah (dibuat masing-masing rangkap 2).
S3 : Lulus S2, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.35th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 hlm tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).
Post-doktoral: Lulus doktoral, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.45th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 halaman tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Menyertakan surat rekomendasi dari 2 profesor. Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).


Berkas-berkas lamaran yang harus diajukan dan diurutkan sebagai berikut:
1. Mengisi lembar aplikasi dalam Bahasa Inggris 2 kali (form diunduh melalui link di bawah informasi ini).
2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir lembaga pendidikan yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
3. Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris dilegalisir lembaga pendidikan, disahkan notaris kemudian di ekuivalensikan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dibuat 2 rangkap.
4. Surat keterangan lulus tes kesehatan serta keterangan bebas HIV/AIDS, dalam Bahasa Inggris, dilegalisir instansi yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
5. Fotokopi akta kelahiran, 2 lembar.
6.Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris disahkan notaris, 2 lembar.
7. 10 lembar pasfoto 4x6 berwarna.
8. Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor (dibuat 2 kali) dan data diri lengkap (untuk mengisi visa). Masa berlaku paspor setidaknya terhitung 1,5 tahun sejak tiba di Rusia.
9. Membayar biaya pengganti yang dikeluarkan PIPKR untuk mengirim berkas lamaran ke Rusia, biaya telepon dan faksimil ke Rusia sebesar Rp.500.000,- (setelah seleksi tahap ke-2)
10. Penerjemahan dokumen ke dalam Bahasa Inggris dapat dilakukan oleh lembaga yang menerbitkan dokumen tersebut atau penerjemah tersumpah.


Pelamar beasiswa akan melewati 3 tahap seleksi: 1) seleksi berkas-berkas lamaran; 2) seleksi wawancara; 3) lulus wawancara, berkas dikirim ke dan diseleksi oleh kementrian pendidikan Rusia.


Penerima beasiswa akan mendapatkan: biaya pendidikan selama jenjang pendidikannya S1 (5 th), S2-S3-postdoktoral (3 th); uang saku per bulan 1100RUB/ 37,2USD (S1, S2), atau uang saku per bulan 1500RUB/ 50,8USD (S3, postdoktoral). S1 dan S2 akan mengikuti fakultas persiapan 1th untuk belajar Bahasa Rusia dan tiba di Rusia bulan September. S3 dan postdoktoral tiba di Rusia bulan Desember.


Perlengkapan dan biaya yang harus disediakan dan ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa adalah:
1. Perlengkapan baju, sepatu, keperluan pribadi dan pendukung lain yang memadai untuk iklim Rusia.
2. Uang saku untuk pengeluaran pribadi minimal 300USD/ bulan dan polis asuransi kesehatan 250USD/ tahun.
3. Biaya penjemputan, transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor minimal 250USD (kecuali untuk kota-kota tertentu di selatan dan timur Rusia).
4. Tersedia asrama mahasiswa yang ongkos sewanya dibebankan kepada penerima beasiswa (+/- 30USD/bulan).
5. Pembuatan visa studi di Rusia (+/- 50USD)
6. Tiket pesawat Jakarta-Moskow (+/- 900USD).


Beasiswa tersedia untuk semua cabang Ilmu Alam; Ilmu Teknik; Ilmu Sosial; Ilmu Humaniora; Ilmu Keguruan. Tetapi khusus untuk Ilmu Hukum dan Ilmu Politik, masing-masing terbatas tersedia 1 kuota, untuk Kedokteran hanya tersedia 3 kuota. Jurusan-jurusan studi dapat dipilih oleh pelamar beasiswa, tetapi penempatan studi ditentukan oleh kementerian pendidikan Rusia.

sumber

http://pipkrusia.blogspot.com/


Belajar di Rusia [Study,Info,University]
RuliRussia - 16/06/2011 01:54 PM
#2
Ane Pertamax
Lo, emang regional russia fed. udah ada ya, agan Ealendil?
Ealendil - 16/06/2011 05:27 PM
#3

Quote:
Original Posted By RuliRussia
Lo, emang regional russia fed. udah ada ya, agan Ealendil?


belom,ngajuin aja belum malu:
harrizblog - 06/07/2011 03:31 PM
#4

sekolah di russia itu murah gk, persyaratannya apa aja?
Ealendil - 07/07/2011 10:34 PM
#5

Quote:
Original Posted By harrizblog
sekolah di russia itu murah gk, persyaratannya apa aja?


:armys sekolah untuk apa nih?
hanatakaruki - 07/07/2011 10:48 PM
#6

wew!
hore ada trit ini..
hehehhehe
ane kemaren sempet mau ngapply beasiswa kesana
eh bayarnya 500k,pas belom gajian lagi..
kira-kira kalo aku ngajuin tahun depan gimana ya?
lulus tahun 2010,besok september kuliah di madura,lolos snmptn.
nah pengennya taun depan nyoba ke rusia.
kira-kira dari biaya pendaftaran n sampe kesananya,kecuali biaya yang di bayarin beasiswa itu berapa ya???
RuliRussia - 08/07/2011 11:47 AM
#7

Quote:
Original Posted By hanatakaruki
wew!
hore ada trit ini..
hehehhehe
ane kemaren sempet mau ngapply beasiswa kesana
eh bayarnya 500k,pas belom gajian lagi..
kira-kira kalo aku ngajuin tahun depan gimana ya?
lulus tahun 2010,besok september kuliah di madura,lolos snmptn.
nah pengennya taun depan nyoba ke rusia.
kira-kira dari biaya pendaftaran n sampe kesananya,kecuali biaya yang di bayarin beasiswa itu berapa ya???


lo, ente ga jadi apply taun ini gan?
taun ini ane ngapply gan. haha.
mohon doanya gan.. ane ngambil radiophysics
Ealendil - 08/07/2011 10:19 PM
#8

Quote:
Original Posted By hanatakaruki
wew!
hore ada trit ini..
hehehhehe
ane kemaren sempet mau ngapply beasiswa kesana
eh bayarnya 500k,pas belom gajian lagi..
kira-kira kalo aku ngajuin tahun depan gimana ya?
lulus tahun 2010,besok september kuliah di madura,lolos snmptn.
nah pengennya taun depan nyoba ke rusia.
kira-kira dari biaya pendaftaran n sampe kesananya,kecuali biaya yang di bayarin beasiswa itu berapa ya???


klo gak salah beberapa rubel diberikan setiap bulannya malu:
Ealendil - 08/07/2011 10:20 PM
#9

Quote:
Original Posted By RuliRussia
lo, ente ga jadi apply taun ini gan?
taun ini ane ngapply gan. haha.
mohon doanya gan.. ane ngambil radiophysics


semoga beruntung ya beer:
.madara. - 10/07/2011 08:32 PM
#10

mau apply beasiswa s2, syaratnya apa ya kak? bingung
cookroo - 10/07/2011 10:37 PM
#11
Beasiswa Rusia
Quote:
BEASISWA BELAJAR DI RUSIA T.A. 2011/2012

Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia memberikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia belajar di Rusia. Untuk jenjang S1, S2 dan spesialisasi (total 35 kuota); S3 dan post-doktoral (total 10 kuota).


Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah:
S1 : nilai ijazah rata-rata 8,0 untuk mata pelajaran yang sesuai program studi tujuan, tidak ada angka merah untuk mata pelajaran lain, usia maks. tidak lebih dari 3th setelah tamat SMA, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map kuning (dibuat masing-masing rangkap 2).
S2 : IPK min. 2,75, usia maks. 28th, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map merah (dibuat masing-masing rangkap 2).
S3 : Lulus S2, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.35th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 hlm tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).
Post-doktoral: Lulus doktoral, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maks.45th, membuat referat/ proposal singkat maks.2 halaman tentang tema penelitian ilmiah, sertakan daftar judul publikasi (kalau ada). Menyertakan surat rekomendasi dari 2 profesor. Untuk lulusan Rusia, proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Rusia, melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, berkas lamaran dimasukkan dalam map hijau (dibuat masing-masing rangkap 2).


Berkas-berkas lamaran yang harus diajukan dan diurutkan sebagai berikut:
1. Mengisi lembar aplikasi dalam Bahasa Inggris 2 kali (form diunduh melalui link di bawah informasi ini).
2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir lembaga pendidikan yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
3. Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris dilegalisir lembaga pendidikan, disahkan notaris kemudian di ekuivalensikan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dibuat 2 rangkap.
4. Surat keterangan lulus tes kesehatan serta keterangan bebas HIV/AIDS, dalam Bahasa Inggris, dilegalisir instansi yang mengeluarkan, dibuat 2 rangkap.
5. Fotokopi akta kelahiran, 2 lembar.
6.Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris disahkan notaris, 2 lembar.
7. 10 lembar pasfoto 4x6 berwarna.
8. Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor (dibuat 2 kali) dan data diri lengkap (untuk mengisi visa). Masa berlaku paspor setidaknya terhitung 1,5 tahun sejak tiba di Rusia.
9. Membayar biaya pengganti yang dikeluarkan PIPKR untuk mengirim berkas lamaran ke Rusia, biaya telepon dan faksimil ke Rusia sebesar Rp.500.000,- (setelah seleksi tahap ke-2)
10. Penerjemahan dokumen ke dalam Bahasa Inggris dapat dilakukan oleh lembaga yang menerbitkan dokumen tersebut atau penerjemah tersumpah.


Pelamar beasiswa akan melewati 3 tahap seleksi: 1) seleksi berkas-berkas lamaran; 2) seleksi wawancara; 3) lulus wawancara, berkas dikirim ke dan diseleksi oleh kementrian pendidikan Rusia.


Penerima beasiswa akan mendapatkan: biaya pendidikan selama jenjang pendidikannya S1 (5 th), S2-S3-postdoktoral (3 th); uang saku per bulan 1100RUB/ 37,2USD (S1, S2), atau uang saku per bulan 1500RUB/ 50,8USD (S3, postdoktoral). S1 dan S2 akan mengikuti fakultas persiapan 1th untuk belajar Bahasa Rusia dan tiba di Rusia bulan September. S3 dan postdoktoral tiba di Rusia bulan Desember.


Perlengkapan dan biaya yang harus disediakan dan ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa adalah:
1. Perlengkapan baju, sepatu, keperluan pribadi dan pendukung lain yang memadai untuk iklim Rusia.
2. Uang saku untuk pengeluaran pribadi minimal 300USD/ bulan dan polis asuransi kesehatan 250USD/ tahun.
3. Biaya penjemputan, transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor minimal 250USD (kecuali untuk kota-kota tertentu di selatan dan timur Rusia).
4. Tersedia asrama mahasiswa yang ongkos sewanya dibebankan kepada penerima beasiswa (+/- 30USD/bulan).
5. Pembuatan visa studi di Rusia (+/- 50USD)
6. Tiket pesawat Jakarta-Moskow (+/- 900USD).


Beasiswa tersedia untuk semua cabang Ilmu Alam; Ilmu Teknik; Ilmu Sosial; Ilmu Humaniora; Ilmu Keguruan. Tetapi khusus untuk Ilmu Hukum dan Ilmu Politik, masing-masing terbatas tersedia 1 kuota, untuk Kedokteran hanya tersedia 3 kuota. Jurusan-jurusan studi dapat dipilih oleh pelamar beasiswa, tetapi penempatan studi ditentukan oleh kementerian pendidikan Rusia.

sumber

http://pipkrusia.blogspot.com/





Ini ada sedikit informasi buat yang mau tau gambaran beasiswa rusia (kalo tahun ini udah tutup soalnya D ). Nah yang ini buat tahun 2011. Waktu taun 2010 regulasinya kurang lebih sama kaya itu. Mungkin kalo beasiswa tahun 2012 relatif sama

Btw, ane sama kaya agan ruli. Tapi ane ambil Oil & Gas. Mohon doanya ya \)
Andimac - 18/07/2011 01:34 AM
#12

gan bagi info klo ad beasiswa kuliah di sana ya
Ealendil - 18/07/2011 09:28 PM
#13

Quote:
Original Posted By Andimac
gan bagi info klo ad beasiswa kuliah di sana ya


ada diatas hammer:
JFBG - 19/07/2011 01:03 PM
#14

wah ini telat ngasinya

ane kemarin apply beasiswa RUSSIA..
tahun 2009 / 2010
ngebet banget ke negara ex- communist itu..

tapi gara gara di terima di PTN..
ane prefer ke PTN

(sebenernya karna ga lulus seleksi ) nilai SMA ane rata 8 yang lain 9 berdukascapedes

btw bagus sekolah disana .. enak banget
tapi cuma half schoolarship ya?
no TOEFL min required lagi...


S2 nyoba ke sana lagi ah.
(3.5) bisa ga ya ? dri FE USU
hanatakaruki - 27/07/2011 03:06 AM
#15

nyahahahhahahaha pengen banget gan ngaply kesana...
ohohohoohoho moga tahun depan keturutan deh
by_u - 09/08/2011 01:41 AM
#16

tahun depan insyaallah ane nyoba gan,.... tahun ini ngumpulin duit dlu
Don333 - 12/08/2011 07:55 PM
#17

ada persyaratan bahasa ga buat pelamar s1?
rider.kaskus - 27/08/2011 03:33 PM
#18

Gan minta info biaya hidup dong.
Ane ketrima beasiswa. paling lambar oktober bulan ini sdh berangkat.
rider.kaskus - 27/08/2011 03:38 PM
#19

Quote:
Original Posted By Don333
ada persyaratan bahasa ga buat pelamar s1?


setau ane sih gak ada gan, soalnya kita bakal belajar bahasa disana.
el15aw - 31/08/2011 09:45 PM
#20

Quote:
Original Posted By cookroo
Ini ada sedikit informasi buat yang mau tau gambaran beasiswa rusia (kalo tahun ini udah tutup soalnya D ). Nah yang ini buat tahun 2011. Waktu taun 2010 regulasinya kurang lebih sama kaya itu. Mungkin kalo beasiswa tahun 2012 relatif sama

Btw, ane sama kaya agan ruli. Tapi ane ambil Oil & Gas. Mohon doanya ya \)



gan, ane insya allah tahun 2012 lulus, kira2 apa ya yang harus ane siapin dari sekarang buat dapet beasiswa itu? mohon pencerahannya gan \)
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Others > Belajar di Rusia [Study,Info,University]