Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Diskusi mengenai Airsoftgun
Total Views: 10030 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

danielldt - 16/06/2011 07:15 PM
#1
Diskusi mengenai Airsoftgun
Trit ini, saya saya buat berdasarkan pertanyaan dari agan noeycoburn di bawah ini.

Quote:
Original Posted By noeycoburn
met pagi abang smua...
izin nubi mau nanya,mungkin ini agak OOT atau salah kamar atau juga prnah di bahas...
parameter apa yang memungkinkan peng hobby airsoft kna tangkap atau razia bang....mohon pncerahan nya
811 sb iloveindonesiasiloveindonesias


Saya sendiri bukanlah seorang airsofter, dan seorang ahli hukum, maka saya tergelitik untuk mengupas dan mengetahui lebih jauh tentang hal ini dari sudut pandang Anggota Polri dan Airsofter.

Quote:

Airsoft
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api yang disebut airsoft gun.

Permainan airsoft awalnya dimulai di Jepang pada tahun 1970-an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapatkan karena ketatnya peraturan, kemudian para pencinta senjata lalu mencari alternatif yang legal untuk melakukan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft paling populer di Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan, dan juga menyebar ke Filipina dan Indonesia.

Permainan airsoft juga sudah mulai populer in Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi pemain dari Belanda karena di negara mereka airsoft ilegal), Denmark, dan Chili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas Internet yang aktif.

Airsoftgun / airsoft gun diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata (positif) untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish (war game) jika dalam suatu komunitas. Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobi ini sendiri. Hobi ini termasuk hobi unik yang berbeda dengan hobi-hobi lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya. Tampak dan kesan yang diperlihatkan dari alat permainan ini jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobi ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari lingkup dunia hobi airsoft nasional maupun internasional.Daftar isi

Mainan Airsoft (Airsoft Gun Toys/Airsoft Toy Guns)

Mainan airsoft atau airsoft gun, memiliki bentuk luar yang merupakan adopsi dari senjata api yang sering disalah artikan sebagai "replika". Pada kenyataannya airsoft gun bukanlah dan sama sekali berbeda dengan replika senjata api. Airsoft gun biasanya berukuran 1:1 (satu banding satu). Airsoft Toy Guns dibagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan tenaga penggeraknya: spring (berpenggerak pegas), elektrik, dan gas. Pada jenis spring, peluru ditembakan oleh per, dan harus dikokang setiap sebelum menembak. Pada jenis elektrik, mainan menggunakan motor / dinamo elektrik yang dijalankan dengan tenaga baterai. Dan pada jenis gas, mainan dioperasikan dengan menggunakan gas tekanan tinggi, yang biasanya berupa campuran propana dan polysiloxane.

Peluru airsoft

Peluru yang dipergunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram sampai 0.25 gram. Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram. Untuk yang terakhir ini umumnya tergolong airsoft yang penggunaaannya diawasi secara khusus, walaupun sangat jarang ditemui.

Alat pengaman

Pemain airsoft memainkan skenario Perang Dunia II dengan peralatan lengkap: seragam militer, senjata, kacamata pelindung, dan perlengkapan pelindung lainnya.

Karena permainan ini umumnya melibatkan saling tembak antar pesertanya, maka peralatan untuk melindungi anggota tubuh sangat diperlukan. Peluru airsoft ini pada umumnya ditembakkan pada kecepatan 200-400 kaki per detik (feet per second, fps), dan bila terkena mata dapat berakibat fatal. Oleh karena itu peralatan yang paling penting dalam permainan airsoft adalah pelindung mata dan wajah. Para peserta permainan harus melengkapi diri mereka dengan kacamata pelindung (goggle) atau topeng khusus untuk melindungi wajah (mirip dengan peralatan untuk paintball). Pakaian yang dipakai biasanya juga tebal agar mengurangi cedera atau rasa sakit.

Pakaian militer

Permainan ini adalah simulasi militer atau kepolisian, maka para peserta juga berusaha untuk berpakaian dengan gaya militer. Pakaian yang lazim dipakai adalah replika seragam satuan militer suatu negara, lengkap dengan loreng kamuflasenya. Selain pakaian, perlengkapan lain seperti rompi, helm, sepatu boot, dan sarung tangan juga diusahakan mirip dengan yang dipakai oleh militer dan kepolisian.Penggunaan replika seragam militer ini tidaklah bermaksud untuk meniru suatu kesatuan militer. Penggunaannya lebih kepada kepentingan penyamaran bentuk (kamuflase) agar tidak mudah dilihat lawan. Dalam penggunaannya sangatlah jarang ditemui pemain yang menggunakan seragam dinas dari negaranya sendiri, sebagai contoh airsofter Indonesia sangatlah jarang bermain menggunakan seragam TNI.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Airsoft


Quote:

Perihal : Penjelasan tentang prosedur kepemilikan dan penggunaan senjata mainan / air soft guns

1. Rujukan :

a. Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004 tentang pengawasan dan pengendalian senjata api dan amunisi non organik TNI / POLRI

b. Telegram Kapolri No. Pol. : TR/768/IV/2008 tanggal 10 April 2008 perihal wasdal peredaran senjata mainan / air soft guns secara ilegal.

c. Nota Dinas Kabid Telematika Polda Jatim No. Pol. : B/ND-168/VI/2008/Bid Telematika tanggal 30 Juni 2008 tentang Pengaduan masyarakat.

2. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, terkait dengan prosedur perijinan kepemilikan dan penggunaan senjata mainan / air soft guns disampaikan sbb:

a. Bahwa senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.

b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api.

c. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) dapat diberikan izin penggunaan dan pemilikan dan nomor registrasi diterbitkan oleh Kabid Yanmin Baintelkam Polri.

d. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.

e. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) yang telah mendapatkan izin penggunaan dna pemilikan dapat disimpan dirumah dengan surat izin penyimpanan dari Polda setempat.

f. Persyaratan kepemilikan dan penggunaan sebagai berikut :

a. Surat ijin import.
b. Rekomendasi Pengda Perbakin / club menembak.
c. Anggota Perbakin / club menembak.
d. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
e. Umur 18 s/d 65 tahun.
f. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar.
Sumber : http://www.komisikepolisianindonesia.com/main.php?page=ruu&id=97


Sedang untuk giat Razia, Polri berpegang pada TR /53/I/2006 Tanggal 13 Januari 2006, KLASIFIKASI : RAHASIA, saya punya scannya, karena klasifikasinya rahasia, saya ga tau nih boleh di upload di sini atau tidak (mohon masukan dari sesepuh FORPOL ya D)

Nah jika para airsofter menanyakan masalah ijin, sesuai huruf f pont a. Maka Ijin tersebut (seharusnya) tidak bisa dikeluarkan, karena seperti yang kita ketahui, airsoft tersebut masuk ke Indonesia secara ilegal

Mari kita berdiskusi dengan bahasa yang santun, buat para sesepuh Forpol dan para Punggawa Airsofter mari kasih masukan di sini, siapa tahu ada para pembuat kebijakan yang membacanya kemudian menjadikan bahan diskusi kita sebagain masukan dalam membuat kebijakan

Who Know?
danielldt - 16/06/2011 07:18 PM
#2

Beberapa hasil yang dapat ditarik dari diskusi ini :
agan noeycoburn https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=458663879&postcount=65
agan danielldt https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=459480889&postcount=68
agan ch1ps https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=459493417&postcount=70

Contoh mark/tanda warna pada senjata latih Polri (di sini yg saya ambil dari GEGANA)
Quote:
Original Posted By danielldt
Siang agan agan sekalian, dulu saya pernah berjanjia akan menanpilkan foto tentang mark/tanda warna pada senjata latihan Polri, di sini saya dapat dari Brimob khususnya Gegana
Akan saya quote di #1
Diskusi mengenai Airsoftgun
Diskusi mengenai Airsoftgun
Diskusi mengenai Airsoftgun
Diskusi mengenai Airsoftgun
terima kasih, semoga bisa memberikan gambaran
Salam
alfis-primatra - 16/06/2011 07:20 PM
#3

ooh.. air soft gun.. harus pakai ijin.. kemaren ada temen mau jual, tapi syg ane lg ga punya duit malus

utk agan danil.. yg rahasia jgn di upload... ntar bisa2 melanggar UU tentang kerahasian negara lagi malus .... tapi PM ke ane aja yah D
danielldt - 16/06/2011 07:21 PM
#4

Quote:
Original Posted By noeycoburn
met pagi abang smua...
izin nubi mau nanya,mungkin ini agak OOT atau salah kamar atau juga prnah di bahas...
parameter apa yang memungkinkan peng hobby airsoft kna tangkap atau razia bang....mohon pncerahan nya
811 sb iloveindonesiasiloveindonesias

Mohon ijin saya bertanya terlebih dahulu, bagaimana pandangan agan tentang tulisan yang saya buat di atas, baru saya bisa memberikan gambaran saya
(saya sih sudah ada petunjuknya, tapi saya mau tau pendapat agan terlebih dahulu D)
rahmat152 - 16/06/2011 07:35 PM
#5

kabar na kan klo mo punya ersop harus punya klub dulu. klub tu harus punya penasehat yg merupakan anggota aktif. benar ngak?
lekssana88 - 16/06/2011 07:49 PM
#6

maaf nih agan agan sekalian, ane gak tahu apa2 cuma mau sedikit berpendapat aja,,,
a. Bahwa senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.
d. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.
tentang dua hal itu menurut saya kurang sinkron satu sama lain nya,,satu bilang alat keamanan satu lagi menyatakan tidak untuk demikian

b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api.

kalo dilihat tentang hal tsb itu menyangkut tentang suatu delik materil yang menitik beratkan pada hasil perbuatan seseorang, kalo begitu seharusnya benda benda lain nya yang sekiranya dapat digunakan untuk hal tsb juga harus mendapatkan pengawasan seperti pisau, dan sajam lainya..
saya juga main airsoft (walaupun nubie) dan pada intinya saya kurang sependapat,,,dan saya bisa bilang airsoft itu tidak berbahaya, bisa dilihat juga di penjelasan diatas,,,,kalau mengenai kemiripan ia mainan ini memang sangat mirip, tapi saya pikir selama itu tidak dipergunakan untuk hal hal yang negatif kenapa harus disita dsb..
maaf kalo sedikit so tahu ya agan2..makasihh..

oh ia gan biar lebih jelas, diskusi ini juga pernah dibahas,,,ni link nya
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5707993
pelopor1 - 16/06/2011 08:12 PM
#7

nubie izin nyimak dl gan iloveindonesiasiloveindonesias
danielldt - 16/06/2011 09:53 PM
#8

Quote:
Original Posted By alfis-primatra
ooh.. air soft gun.. harus pakai ijin.. kemaren ada temen mau jual, tapi syg ane lg ga punya duit malus

utk agan danil.. yg rahasia jgn di upload... ntar bisa2 melanggar UU tentang kerahasian negara lagi malus .... tapi PM ke ane aja yah D


Quote:
Original Posted By rahmat152
kabar na kan klo mo punya ersop harus punya klub dulu. klub tu harus punya penasehat yg merupakan anggota aktif. benar ngak?


buat agan alfis: harus pakai ijin ini maksudnya surat ijin kepemilikan dan penggunaan dari Polri? Kalo menurut Skep tersebut ya memang harus ada ijinnya, tapi ijin airsoft terganjal karena ijin tersebut (seharusnya) tidak bisa dikeluarkan seperti yang saya tulis di atas gan.

Jika diandaikan kita membeli sepeda motor, pengeluaran STNK dan BPKB tidak akan bisa keluar kalo tidak mempunyai dokumen pembelian dan faktur

Buat paketu Kalo cm mau punya mah, tinggal beli aja paketu ga perlu ikut klub. Tapi kalo untuk surat ijin atau pembuatan surat ijin
Saya contohkan saja jika kita beli motor, kan terserah kita mau ikut klub atau tidak, mau buat SIM atau tidak.

Quote:
Original Posted By lekssana88
maaf nih agan agan sekalian, ane gak tahu apa2 cuma mau sedikit berpendapat aja,,,
a. Bahwa senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.
d. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.

tentang dua hal itu menurut saya kurang sinkron satu sama lain nya,,satu bilang alat keamanan satu lagi menyatakan tidak untuk demikian

b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api.

kalo dilihat tentang hal tsb itu menyangkut tentang suatu delik materil yang menitik beratkan pada hasil perbuatan seseorang, kalo begitu seharusnya benda benda lain nya yang sekiranya dapat digunakan untuk hal tsb juga harus mendapatkan pengawasan seperti pisau, dan sajam lainya..
saya juga main airsoft (walaupun nubie) dan pada intinya saya kurang sependapat,,,dan saya bisa bilang airsoft itu tidak berbahaya, bisa dilihat juga di penjelasan diatas,,,,kalau mengenai kemiripan ia mainan ini memang sangat mirip, tapi saya pikir selama itu tidak dipergunakan untuk hal hal yang negatif kenapa harus disita dsb..
maaf kalo sedikit so tahu ya agan2..makasihh..

oh ia gan biar lebih jelas, diskusi ini juga pernah dibahas,,,ni link nya
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5707993


Kalo agan ada scan dari No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004. boleh gan di spoiler di sini, saya dapatnya cm 1 lembar, ga berani upload kl cuma selembar D

a. Bahwa senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.

Menurut saya peralatan keamanan maksudnya bahwa hanya unutk orang2 tertentu (dalam bidang keamanan seperti scurity/satpam)

d. Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.

Menurut saya tidak diberikan untuk peruntukan bela diri. untuk mempertegas bahwa ijin tersebut hanya untuk olahraga menembak target saja.

yang ane bold, pisau dan sajam lainnya sudah diatur dalam Undang Undang Darurat dan digolongkan dalam senjata penusuk/penikam (nanti saya cari bahannya dan saya spoiler ya)

Saya rasa tujuannya dibuat peraturan tentunya supaya tidak terjadi penyalahgunaan airsoftgun.

Terima kasih link tritnya

Quote:
Original Posted By pelopor1
nubie izin nyimak dl gan iloveindonesiasiloveindonesias

silahkan agan pelopor D
id nya serem uey
ariefinter - 16/06/2011 10:18 PM
#9

ikutan nyimak ah.....
noeycoburn - 17/06/2011 01:20 AM
#10

selamat pagi,izin menyimak bang..........

izin hanya berpendapat aja bang,tidak di pungkiri ada beberapa oknum pemilik ersop khusus nya jenis handgun,yang suka di tenteng2,seakan2 showforce,so jagoan,so anggota,di luar arena permainan yang memang membuat kita sendiri pun risi melihatnya, dan seandainya di razia pun walaupun tidak di pakai untuk mengancam pihak lain, kita bisa maklum.

hanya saja dari sisi lainnya pun kita melihat,ada kejadian kriminal yang menggunakan ersop sebagai salah satu alat kejahatan,justru karna ketidaktahuan masyarakat sendiri tentang apa itu senjata api,perbedaan senjata api dengan airsoft.

mungkin ataupun seandainya ersop itu sendiri di legalkan (dibaca:sbagai mainan),justru masyarakat bisa lebih terhindar dari ancaman2 yang menggunakan ersop sebagai alatnya,minimal masyarakat sudah tahu karena sudah terbiasa melihat, dan bisa sedikit (sedikit) tenang dan memastikan dimana ada ancaman yang mnggunakan senpi, mana yang asli mana ersop,dan jangankan masyarakat awam,mungkin juga (mungkin), masih ada juga rekan2 kita yang brgrak di bidang keamananpun belum tahu karena awam ............Yb

diawjibkannya ersopter masuk sebagai anggota perbakin,opini saya, bukankah itu akan menjadi kan nya sbuah prtanyaan: ersop=senpi, ataupun seakan akan di katgorikan sebagai senpi..?? dimana dikodratkan nya pun ersop ini hanya lah sebuah mainan
Senjata api (bahasa Inggris: firearm) adalah senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong dengan kecepatan tinggi oleh gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan. Proses pembakaran cepat ini secara teknis disebut deflagrasi. Senjata api dahulu umumnya menggunakan bubuk hitam sebagai propelan, sedangkan senjata api modern kini menggunakan bubuk nirasap, cordite, atau propelan lainnya. Kebanyakan senjata api modern menggunakan laras melingkar untuk memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan.sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Senjata_api
Bahan pendorong, atau propelan,[1] adalah material yang digunakan untuk mendorong (bahasa Inggris: propel) suatu objek. Umumnya proses mendorong ini diakibatkan oleh reaksi kimia. Dalam roket dan amunisi, propelan adalah bahan peledak yang digunakan sebagai pembentuk gas pendorong dalam peluru senjata atau motor roket. Propelan termasuk bahan peledak lemah yang digunakan sebagai bahan isian pendorong pada amunisi
sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Propelan

bagaimanapun sama percisnya airsoft gun dengan senpi,tapi satu hal yang tidak bisa di samakan.....diameter lubang laras nya bang.....6mm

ini sih hanya sekdar opini saya bang...mingkin ada masukan lainnya,yang bisa mngambil jalan tengah supaya pnghobby airsoft gun tidak bertubrukan dengan hukum.........iloveindonesiasiloveindonesias
Jend.Aang - 17/06/2011 11:01 AM
#11

waktu itu ane sempet mau beli airsoftgun di fjb nah pas ane liat2 ada yyg pake ijin perbakin dan adaa yg ga gan, nah mungkin pemiliknya harus punya ijin kartu dari perbakin dan kalo ga salah malah harus ada kartu tanda anggota buat airsoft itu sendiri
danielldt - 17/06/2011 12:03 PM
#12

@all: terima kasih untuk diskusi yang menarik dari semuanya D
Quote:
Original Posted By ariefinter
ikutan nyimak ah.....

silahkan gan
Quote:
Original Posted By noeycoburn
selamat pagi,izin menyimak bang..........

izin hanya berpendapat aja bang,tidak di pungkiri ada beberapa oknum pemilik ersop khusus nya jenis handgun,yang suka di tenteng2,seakan2 showforce,so jagoan,so anggota,di luar arena permainan yang memang membuat kita sendiri pun risi melihatnya, dan seandainya di razia pun walaupun tidak di pakai untuk mengancam pihak lain, kita bisa maklum.

hanya saja dari sisi lainnya pun kita melihat,ada kejadian kriminal yang menggunakan ersop sebagai salah satu alat kejahatan,justru karna ketidaktahuan masyarakat sendiri tentang apa itu senjata api,perbedaan senjata api dengan airsoft.

mungkin ataupun seandainya ersop itu sendiri di legalkan (dibaca:sbagai mainan),justru masyarakat bisa lebih terhindar dari ancaman2 yang menggunakan ersop sebagai alatnya,minimal masyarakat sudah tahu karena sudah terbiasa melihat, dan bisa sedikit (sedikit) tenang dan memastikan dimana ada ancaman yang mnggunakan senpi, mana yang asli mana ersop,dan jangankan masyarakat awam,mungkin juga (mungkin), masih ada juga rekan2 kita yang brgrak di bidang keamananpun belum tahu karena awam ............Yb

diawjibkannya ersopter masuk sebagai anggota perbakin,opini saya, bukankah itu akan menjadi kan nya sbuah prtanyaan: ersop=senpi, ataupun seakan akan di katgorikan sebagai senpi..?? dimana dikodratkan nya pun ersop ini hanya lah sebuah mainan

Senjata api (bahasa Inggris: firearm) adalah senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong dengan kecepatan tinggi oleh gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan. Proses pembakaran cepat ini secara teknis disebut deflagrasi. Senjata api dahulu umumnya menggunakan bubuk hitam sebagai propelan, sedangkan senjata api modern kini menggunakan bubuk nirasap, cordite, atau propelan lainnya. Kebanyakan senjata api modern menggunakan laras melingkar untuk memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan.sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Senjata_api
Bahan pendorong, atau propelan,[1] adalah material yang digunakan untuk mendorong (bahasa Inggris: propel) suatu objek. Umumnya proses mendorong ini diakibatkan oleh reaksi kimia. Dalam roket dan amunisi, propelan adalah bahan peledak yang digunakan sebagai pembentuk gas pendorong dalam peluru senjata atau motor roket. Propelan termasuk bahan peledak lemah yang digunakan sebagai bahan isian pendorong pada amunisi
sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Propelan

bagaimanapun sama percisnya airsoft gun dengan senpi,tapi satu hal yang tidak bisa di samakan.....diameter lubang laras nya bang.....6mm

ini sih hanya sekdar opini saya bang...mingkin ada masukan lainnya,yang bisa mngambil jalan tengah supaya pnghobby airsoft gun tidak bertubrukan dengan hukum.........iloveindonesiasiloveindonesias

oknum pemilik ersop khusus nya jenis handgun,yang suka di tenteng2,seakan2 showforce,so jagoan. Oknum yang seperti inilah yang menjadi perhatian Polri di lapangan, yang menimbulkan keresahan di masyarakat sehingga Polri harus menindaklanjuti laporan masyarakat terhadap oknum seperti ini.

Menurut saya bukan karna ketidaktahuan masyarakat sendiri tentang apa itu senjata api,perbedaan senjata api dengan airsoft. Tapi karena penampilannya yang sangat mirip sekali sehingga yang menjadi korban tidak sempat berpikir bahwa itu adalah airsoft atau senpi asli.

diawjibkannya ersopter masuk sebagai anggota perbakin? Polri berpegan ke point ini.
b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api.
Percaya atau tidak? Dahulu, Ijin senpi pun lebih mudah jika untuk alasan Perbakin dari pada yang dengan alasan senjata beladiri. Makanya kabarnya,dulu banyak bos2 para pemilik senpi yang berbondong2 mendaftar menjadi anggota Pebakin spy ijinnya dipermudah. Padahal ybs tidak aktif latihan D
CMIIW
(mudah2an ada anggota perbakin yang bisa membantu menjelaskan hal ini)

bagaimanapun sama percisnya airsoft gun dengan senpi,tapi satu hal yang tidak bisa di samakan.....diameter lubang laras nya bang.....6mm
Ya kan ga mungkin kalo kita korban ditodong, ybs akan pelototi diameter larasnya gan D

Kalau airsoft mainan?
saya yakin rekan-rekan Polri di lapangan sudah tau itu mainan, makanya jika sedang ada kegiatan main perang2an, dsb para airsofter ga diganggu (untuk prosedur ijin giat ini saya ndak tau juga nih apakah perlu laporan ke polsek terdekat atau tidak)

Supaya tidak kena razia?
Perlakukanlah airsoft seperti mainan, baik penggunaan, pembawaan dan penyimpanan
Penggunaan maksudnya, ya pergunakan sebagai mainan jangan di upgrade sampe kecepatan fps nya jauh lebih besar, pakainya BB plastik aja (buat apa coba mainan koq pake BB logam, keramik atau kaca?).
Pembawaan maksudnya, ya jangan ditenteng2 atau diselipkan di pinggang jika diluar lokasi permainan. Bawalah airsofgun hanya saat akan bermain, dan dari rumah langsung menuju ke lokasi permainan.
Penyimpan maksudnya, selama di rumah atau ketika sedang dibawa ke lokasi permainan, simpanlah di tempatnya (tas/kotak) dan di tempat yang aman/tidak mencolok.
Kalau melihat tulisan2 agan, saya yakin agan juga setuju dengan ke 3 hal yang saya tulis di atas.
Quote:
Original Posted By Jend.Aang
waktu itu ane sempet mau beli airsoftgun di fjb nah pas ane liat2 ada yyg pake ijin perbakin dan adaa yg ga gan, nah mungkin pemiliknya harus punya ijin kartu dari perbakin dan kalo ga salah malah harus ada kartu tanda anggota buat airsoft itu sendiri

mau pake ijin atau tidak, terserah yang empunya gan, seperti di atas saya andaikan kalau kita punya motor, kan terserah kita mau buat SIM atau tidak, tentunya dengan segala resiko hukum yang akan didapat.
noeycoburn - 17/06/2011 03:05 PM
#13

siang bang,..
positif bang,saya stuju termasuk untuk menindak tegas oknum ersofter yang suka ptantang-ptenteng diluar arena prmainan walaupun saya bisa mngatakan sbenarnya mreka yang ptantang-ptenteng nyelipin ersop di pinggang,bukan pnghobby ersop,tapi orang yang memang brniat sok jagoan,dan orang2 inilah yang paling sering mrusak citra dari ersop itu sndiri.

kita pnghobby ersop slama ini mnjaga kpercayaan dan juga keleluasaan dari pihak penegak hukum untuk tetap bisa melakukan hobby ini,kalo mngutip masukan dari bang daniel nih.....'saya yakin rekan-rekan Polri di lapangan sudah tau itu mainan, makanya jika sedang ada kegiatan main perang2an, dsb para airsofter ga diganggu (untuk prosedur ijin giat ini saya ndak tau juga nih apakah perlu laporan ke polsek terdekat atau tidak) ' .....trmasuk ktiga point yang abang sampaikan slama ini kita menjalankannya,hanya saja jika saya masih boleh mngutip masukan abang lainnya .... 'diawjibkannya ersopter masuk sebagai anggota perbakin? Polri berpegan ke point ini.
b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api'.....

apakah hal ini (point b) tidak akan dijadikan sebagai hak veto bagi pihak penegak hukum untuk mementahkan tiga point yang abang bahas diatas.....?bingungs
( Supaya tidak kena razia?
Perlakukanlah airsoft seperti mainan, baik penggunaan, pembawaan dan penyimpanan
Penggunaan maksudnya, ya pergunakan sebagai mainan jangan di upgrade sampe kecepatan fps nya jauh lebih besar, pakainya BB plastik aja (buat apa coba mainan koq pake BB logam, keramik atau kaca?).
Pembawaan maksudnya, ya jangan ditenteng2 atau diselipkan di pinggang jika diluar lokasi permainan. Bawalah airsofgun hanya saat akan bermain, dan dari rumah langsung menuju ke lokasi permainan.
Penyimpan maksudnya, selama di rumah atau ketika sedang dibawa ke lokasi permainan, simpanlah di tempatnya (tas/kotak) dan di tempat yang aman/tidak mencolok. )

untuk pelaksanaan giat skirmish,scara pribadi jika memang diharuskan melapor ke polsek terdekat,karena mmang kadang kita memakai sarana/fasilitas kampus,pabrik yang tidak terpakai,dll (indoor),saya rasa itu akan sangat mmbantu karna mlibatkan alat prmainan yang menyerupai persis dengan senpi..(ntar disangka jaringan teloris lagi.....Yb),hanya saja apakah niatan baik dari para pnghobby ini bisa di tindak lanjut baik jga dari polsek dimana kita akan melaksanakan giat,karna (mungkin) belum ada skep yang intinya mmbolehkan skirmish tapi dengan syarat harus lapor k polsek terdkat ...?

dua point diatas ini bang yang saya mohon ijin pnjlasannya juga solusi dari abang ataupun sesepuh lainnya (forpol) sebagai pncerahan lanjutan........

tks-SB
luths - 17/06/2011 03:33 PM
#14

maaf ya abang2 sekalian,nubie mau tanya..sebelumnya udah pernah ada kejadian ada airsofter yg ditangkap krn bwa airsoft gun ga saat ada razia?
trmksh buat jwbnnya..
transforce - 17/06/2011 06:25 PM
#15

Quote:
Original Posted By luths
maaf ya abang2 sekalian,nubie mau tanya..sebelumnya udah pernah ada kejadian ada airsofter yg ditangkap krn bwa airsoft gun ga saat ada razia?
trmksh buat jwbnnya..


pernah gan ane lupa di mana makanya kalo maen airsoft hati2 jgn ditunjukkan ke publik...
alfis-primatra - 17/06/2011 08:08 PM
#16

mantab jg pembahasan nya :thumbup

tapi kalo kita beli bekas? apakah ijin dari org yg makai soft gun sebelumnya bisa kita pakai kalo terjadi razia... atau kita hrs izin lagi.. seperti punya motor kan ada BPKP dan STNK.. tapi org yg make motor kan harus punya SIM... mhn pencerahannya D
noeycoburn - 17/06/2011 09:19 PM
#17

Quote:
Original Posted By alfis-primatra
mantab jg pembahasan nya :thumbup

tapi kalo kita beli bekas? apakah ijin dari org yg makai soft gun sebelumnya bisa kita pakai kalo terjadi razia... atau kita hrs izin lagi.. seperti punya motor kan ada BPKP dan STNK.. tapi org yg make motor kan harus punya SIM... mhn pencerahannya D


ijin mnambahkan bang...

yang jadi prmasalahannya ialah jika (memang) perbakin mngluarkan ijin,bukankah akan muncul asumsi melegalkan satu hal yang ilgal.....?dikarenakan seperti yang bang daniel sampaikan,ersop masuk dengan ilegal......???
noeycoburn - 17/06/2011 10:19 PM
#18

....bang daniel mana ya....???YbYb
danielldt - 17/06/2011 10:37 PM
#19

Quote:
Original Posted By noeycoburn
siang bang,..
positif bang,saya stuju termasuk untuk menindak tegas oknum ersofter yang suka ptantang-ptenteng diluar arena prmainan walaupun saya bisa mngatakan sbenarnya mreka yang ptantang-ptenteng nyelipin ersop di pinggang,bukan pnghobby ersop,tapi orang yang memang brniat sok jagoan,dan orang2 inilah yang paling sering mrusak citra dari ersop itu sndiri.

kita pnghobby ersop slama ini mnjaga kpercayaan dan juga keleluasaan dari pihak penegak hukum untuk tetap bisa melakukan hobby ini,kalo mngutip masukan dari bang daniel nih.....'saya yakin rekan-rekan Polri di lapangan sudah tau itu mainan, makanya jika sedang ada kegiatan main perang2an, dsb para airsofter ga diganggu (untuk prosedur ijin giat ini saya ndak tau juga nih apakah perlu laporan ke polsek terdekat atau tidak) ' .....trmasuk ktiga point yang abang sampaikan slama ini kita menjalankannya,hanya saja jika saya masih boleh mngutip masukan abang lainnya .... 'diawjibkannya ersopter masuk sebagai anggota perbakin? Polri berpegan ke point ini.
b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api'.....

apakah hal ini (point b) tidak akan dijadikan sebagai hak veto bagi pihak penegak hukum untuk mementahkan tiga point yang abang bahas diatas.....?bingungs
( Supaya tidak kena razia?
Perlakukanlah airsoft seperti mainan, baik penggunaan, pembawaan dan penyimpanan
Penggunaan maksudnya, ya pergunakan sebagai mainan jangan di upgrade sampe kecepatan fps nya jauh lebih besar, pakainya BB plastik aja (buat apa coba mainan koq pake BB logam, keramik atau kaca?).
Pembawaan maksudnya, ya jangan ditenteng2 atau diselipkan di pinggang jika diluar lokasi permainan. Bawalah airsofgun hanya saat akan bermain, dan dari rumah langsung menuju ke lokasi permainan.
Penyimpan maksudnya, selama di rumah atau ketika sedang dibawa ke lokasi permainan, simpanlah di tempatnya (tas/kotak) dan di tempat yang aman/tidak mencolok. )

untuk pelaksanaan giat skirmish,scara pribadi jika memang diharuskan melapor ke polsek terdekat,karena mmang kadang kita memakai sarana/fasilitas kampus,pabrik yang tidak terpakai,dll (indoor),saya rasa itu akan sangat mmbantu karna mlibatkan alat prmainan yang menyerupai persis dengan senpi..(ntar disangka jaringan teloris lagi.....Yb),hanya saja apakah niatan baik dari para pnghobby ini bisa di tindak lanjut baik jga dari polsek dimana kita akan melaksanakan giat,karna (mungkin) belum ada skep yang intinya mmbolehkan skirmish tapi dengan syarat harus lapor k polsek terdkat ...?

dua point diatas ini bang yang saya mohon ijin pnjlasannya juga solusi dari abang ataupun sesepuh lainnya (forpol) sebagai pncerahan lanjutan........

tks-SB

apakah hal ini (point b) tidak akan dijadikan sebagai hak veto bagi pihak penegak hukum untuk mementahkan tiga point yang abang bahas diatas.....?bingungs
ya seperti pembahasan saya sebelumnya bang, kalo diandaikan motor, airsoftgun itu seperti motor bodong karena tidak bisanya dikeluarkan surat ijin dari kepolisian yang disebabkan tidak adanya dokumen import.
Kalo Polisinya saklek (apa nih istilahnya? mungkin tegas mengikuti peraturan) ya apapun alasan kita dan bagaiman cara penggunaan, pembawaan dan penyimpanan airsoft ya tetap aja disita D
Tapi Polisi juga kan manusia, kalau kita menyampaikannya dengan bahasa yang tepat dan santun, kemungkinan besar pasti dilepaskan. (Coba saya tanya agan noeycoburn, bagaimana kalau seandainya agan noeycoburn menjadi Polisi dan ketemu airsofter yang seperti ini?)
Kalau jawaban saya, jika seandainya saya Polisi dan ketemu airsofter yang penggunaan, pembawaan dan penyimpanan airsoftnya seperti saya sebutkan di atas dan ketika ditanya, dia menaympaikannya dengan santun. PASTI AKAN SAYA LEPAS/TIDAK SAYA SITA.

Untuk giat skirmish, saran saya sih walaupun belum ada aturannya. yang namanya ada giat keramain, sebaiknya memberitahukan saja ke polsek terdekat. Lebih baik kita tahu di awal kl dilarang, daripada ketika sedang enak2 skirmish eeee didatangi Polisi. Kan kesannya gimanaaa gitu D
Quote:
Original Posted By luths
maaf ya abang2 sekalian,nubie mau tanya..sebelumnya udah pernah ada kejadian ada airsofter yg ditangkap krn bwa airsoft gun ga saat ada razia?
trmksh buat jwbnnya..


kalo saudara ane yang Polisi itu dulu pernah menindak pemilik airsoftgun (lebih tepatnya mempermalukan ybs di depan umum) karena ybs petantang petenteng selalu meyelipkan airsoftgunnya di pinggang sehingga meresahkan masyarakat.

Quote:
Original Posted By alfis-primatra
mantab jg pembahasan nya :thumbup

tapi kalo kita beli bekas? apakah ijin dari org yg makai soft gun sebelumnya bisa kita pakai kalo terjadi razia... atau kita hrs izin lagi.. seperti punya motor kan ada BPKP dan STNK.. tapi org yg make motor kan harus punya SIM... mhn pencerahannya D

maaf bang, biasanya yang dimilik oleh para airsofter itu adalah kartu keanggotaan club airsoftggun, bukan surat ijin dari Polri D
Quote:
Original Posted By noeycoburn
ijin mnambahkan bang...

yang jadi prmasalahannya ialah jika (memang) perbakin mngluarkan ijin,bukankah akan muncul asumsi melegalkan satu hal yang ilgal.....?dikarenakan seperti yang bang daniel sampaikan,ersop masuk dengan ilegal......???

Setahu saya Perbakin hanya mengeluarkan seperti kartu anggota club airsoft atau menembak target. Bukan surat ijin D
Kedua hal ini harus bisa abang bedakan lho
danielldt - 17/06/2011 10:41 PM
#20

Quote:
Original Posted By noeycoburn
....bang daniel mana ya....???YbYb


hadir bang, maaf baru OL, sekali jawab multiquote lagi D
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Diskusi mengenai Airsoftgun