Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > ALL ABOUT CRUSADE (Perang Salib)
Total Views: 22559 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 11 of 11 | ‹ First  < 6 7 8 9 10 11

fadhil_ks - 16/05/2012 07:23 AM
#201

Quote:
Original Posted By InRealLife
cuplikan yg saya dapat hari ini.

Di tengah Perang Salib, kadang terjadi perseteruan internal di kubu Muslim maupun Kristen. Berikut ini satu yang terjadi di kubu Muslim.

Ketika Saladin sudah menguasai Mesir dan Damaskus, dinasti Zengi (mantan majikan Saladin) tidak rela dan ingin menghancurkan si orang Kurdi yang tiba-tiba naik daun itu. Syaifuddin II Zengi, emir kota Mosul (Irak utara), mengajak penguasa kota Aleppo di Suriah utara (sesama keluarga Zengi) bersekutu melawan Saladin. Agar Saladin tak curiga, utusan Mosul ke Aleppo juga disuruh menemui Saladin di Damaskus, maksudnya mau bilang Mosul menganggapnya teman. Tapi ketika bertemu Saladin, si utusan salah kasih surat: bukannya surat untuk Saladin, yang dia berikan malah surat dari Aleppo yang menyatakan persetujuan untuk bersama menyerang Saladin. Jadinya Saladin tahu dia akan diserang.

Biar begitu, pasukan Syaifuddin tetap lebih besar daripada pasukan Saladin, dan kedua pasukan bertemu di Tal as-Sulthan, di luar kota Hama (Suriah). Malah pasukan Syaifuddin memergoki pasukan Saladin dalam kondisi tidak siap karena sedang memberi minum kuda. Andai Syaifuddin langsung menyerang sebagaimana disarankan anak buahnya, Saladin pasti kalah; tapi dengan pede-nya sang penguasa Mosul bilang "Buat apa repot-repot? Besok juga bisa."

Karena tidak langsung diserang, Saladin sempat memindahkan pasukannya ke bukit. Besoknya kedua pasukan bentrok. Lagi-lagi pasukan Saladin awalnya kalah. Tapi dengan terjun sendiri ke pertempuran, Saladin membalik keadaan dan mengalahkan Syaifuddin. Syaifuddin kabur sementara perwira-perwiranya ditangkap.

Ketika masuk perkemahan Syaifuddin, Saladin berkomentar bahwa tempat itu seperti kedai minum. Memang benar: di sana ada simpanan minuman keras dan gadis-gadis penyanyi, yang semuanya diangkut dan dinikmati pasukan Saladin D. Saladin sendiri hanya mengambil beberapa burung peliharaan dalam sangkar.

Sangkar-sangkar burung itu oleh Saladin lantas dikirimkan kepada Syaifuddin dengan pesan, "Anda lebih baik memuaskan diri dengan kenikmatan hidup saja, tidak usah berperang lagi."

Sumber: Hindley, Saladin: Hero of Islam


Shalahudin vs Saifudin Ghazi 2 kali gan tempurnya, pertama di sungai Oronto, satu lagi baru di Bukit Sultan. :cystg

Decisive banget itu gan perangnya. Kalo aja Shalahudin kalah, abis riwayat beliau di Syria, dan kemungkinan besar ga akan ada kita kenal peristiwa besar macem perang Hittin, pembebasan Jerusalem, ato Shalahudin vs. Richard, soalnya Shalahudinnya bangkrut n kudu balik ke Mesir. cd

Tapi untungnya menang, pasukan Saifudin juga gabung ama pasukan Aleppo, jadi udah banyak tambah banyak lagi. :nohope
Tapi jangan panggil Shalahudin kalo ga bisa ngatasin. :cool
Gara - gara kemenangannya itu, Shalahudin bisa dengan tenang naklukkin satu - persatu wilayah Syria tanpa ada gangguan dari keluarga Zangi. Biarpun udah menang, tapi Shalahudin tetep ngehormatin keluarga Zangi gan :matabelo Karena biar gimana pun juga, keluarga Zangi udah berjasa banyak buat keluarga Shalahudin. :thumbup

cendolbig cendolbig cendolbig ALL ABOUT CRUSADE (Perang Salib)
fadhil_ks - 16/05/2012 08:23 AM
#202
Tentang SHIRKUH (Paman Shalahudin Al-Ayyubi)
Quote:
Original Posted By InRealLife
Bahas tentang Syirkuh, paman-nya Saladin, dong... salah satu bad-ass Perang Salib... D


Sedikit yg ane tau tentang beliau gan. :hn

Nama lengkapnya Asadudin Shirkuh. Asad-ad-Din berarti singa agama dlm bahasa Arab. Shêr- kuh berarti singa gunung dlm bahasa Kurdi. Jadi Asadudin Shirkuh = singa gunung yang beragama? D

Shirkuh merupakan adek dari Najmudin Ayub (ayah Shalahudin Al-Ayyubi). Lahir di Dvin (Dawin daerah selatan Turki) dari ayahnya yg bernama Syadzi ibn Marwan. Di taun 1130, keluarganya pindah ke Tikrit (daerah utara Irak, deket Baghdad). Karena sang ayah punya reputasi sebagai politisi, oleh penguasa regional Saljuq, namanya Mujahidudin Bihruz, Najmudin diangkat jadi Gubernur Tikrit, Shirkuh jadi kepala benteng.

Tapi di sekitar taun 1137/1138 Shirkuh ngebunuh seorang pejabat Tikrit (Sebenernya bukan sembarang ngebunuh, Shirkuh ngebela seorang perempuan yg dilecehin secara seksual ama si pejabat capedes). Akhirnya Najmudin dan Shirkuh terpaksa harus ninggalin Tikrit, daripada diamuk massa cd. (nah... pas di perjalanan inilah Shalahudin lahir :babyboy).

Mereka pindah ke Mosul, daerah kekuasaan Imadudin Zangi.

Ada hubungan menarik di antara Najmudin n Imadudin (bukan maho gan :genits). Jadi ceritanya :

Di suatu hari Imadudin kalah dalem suatu perang ngelawan pasukan gabungan Abbasiyah-Saljuq. Di perjalanan pulang, Pasukan Imadudin ngelewatin Tikrit, padahal penguasa Tikrit (Najmudin) itu tunduknya ama Saljuq. Imadudin udah pasrah pas itu gan (dipancung, pancung dah gw :nohope), tapi ternyata Najmudin malah ngebolehin pasukan Imadudin buat lewat, bahkan Najmudin juga minjemin beberapa kapal buat pasukan Imadudin nyebrang sungai Tigris.

Nah... Demi ngebales kebaikan Najmudin, Imadudin ngasih Najmudin (puyeng juga namanya udin mulu dari tadi capedes) kuasa atas kota Ba'labak (Baalbek/Heliopolis). Sedangkan Shirkuh masuk dinas militer Zangi. :selamat

Setelah Imadudin wafat, tahta Sultan Zangi dipegang oleh putra keduanya, Nurudin Mahmud (udin lagi capedes). Di masa itu, Shirkuh jadi Panglima Perang jagoan Nurudin. army:

Shirkuh jadi kunci kemenangan Zangi dalem kampanye militer di Mesir (Kekhalifahan Syiah Fatimiyah), ngelawan Shawar As-Sa'di, Wazir Agung Fatimiyah, dan Amalric I, Raja Jerusalem, di taun 1163-1169. Sampe akhirnya, Shawar dieksekusi, n Shirkuh diangkat jadi Wazir Agung ama Khalifah Fatimiyah sendiri. :matabelo
Tapi Shirkuh wafat cuma 2 bulan setelah dilantik (katanya sih karena penyakit di sistem pencernaannya) berduka, dan posisinya digantiin ama Shalahudin muda (Yg kelak bakal jadi pahlawan Muslim paling terkenal sepanjang Perang Salib. Shirkuh pasti bangga. :matabelo)


cendolbig cendolbig cendolbig
fadhil_ks - 16/05/2012 08:46 AM
#203

Quote:
Original Posted By darah.rendah
Mungkin banyak yg belum ngeh, tp selain pasukan salib Eropa dan islam terutama dr Mesir dan Turki, masih ada pasukan Mongol yg ikut andil dlm rentang waktu peperangan.

Orang Mongol jg yg pertama kali memperkenalkan senjata meriam kpd Salahadin.

Mungkin faktor meriam jg yg menyebabkan Genghis Khan begitu digdaya, berhasil menguasai sebagian besar Asia. Mesiu kita tau pertama kali ditemukan di Cina. Dan sbg kerajaan pertama yg diinvasi oleh pasukan Mongol, barangkali merupakan saat2 strategis dlm keberhasilan Mongol di masa mendatang. Jd Mongol saat itu bs dibilang sbg tentara paling kuat dan canggih di dunia. Mereka punya bahan peledak yg waktu itu belum dikenal di Eropa.

Tp entah knp mereka berhenti di daerah sekitar Rusia dan timteng, apa karena bertemu dgn pasukan besar di sana, bertepatan saat terjadi perang salib?

Ada yg lebih tau ga pertempuran apa yg pernah terjadi antara Mongol vs islam/kristen, barangkali? malu: Share dong gan, menarik jg nih DD

Gw taunya cm pas Mongol menginvasi Persia doang beer: ALL ABOUT CRUSADE (Perang Salib)



Shalahudin udah wafat 65 taun jauh sebelom pasukan Mongol dateng ngepung Baghdad gan. bingung


Langkah ekspansi Mongol di Timur Tengah berenti di Gaza, ga bisa lebih jauh ke Mesir karena ditahan Mamluk. army:
Dan akhirnya Mongol bener2 dipukul mundur dalem Pertempuran Ain Jalut. :nohope Akibatnya, sejak itu Mamluk berhasil ngerebut lagi sebagian besar wilayah di TimTeng yg dulunya dikuasain Mongol, khususnya yg ada di daerah Biladi Syam (Levant). Dan Mongol ga bisa ngerebutnya lagi. :cool

cendolbig cendolbig cendolbig
MildFez - 16/05/2012 11:47 AM
#204

Nothing Personal, its all business beer:

that war
sibiskuit - 17/05/2012 03:20 AM
#205

Quote:
Original Posted By MildFez
Nothing Personal, its all business beer:

that war


setubuh gan. :cool tapi abad pertengahan dulu apa yang dibisnisin ya?
exa13 - 17/05/2012 07:10 AM
#206

Quote:
Original Posted By sibiskuit


setubuh gan. :cool tapi abad pertengahan dulu apa yang dibisnisin ya?
-Penjualan Distribusi Senjata :army
-Bangsawan Miskin Eropa bisa jadi Kaya di TimTeng, soalnya bisa aja mereka dapet beberapa tanah&desa; di TimTeng ini \)
-Menyerang Kabilah Musuh --> Untung Besar hammers
dyaScoundrel - 27/05/2012 09:58 PM
#207
[ask] akar / konspirasi perang salib
Perang Salib adalah gerakan umat Kristen di Eropa yang memerangi umat Muslim di Palestina secara berulang-ulang mulai abad ke-11 sampai abad ke-13, dengan tujuan untuk merebut Tanah Suci dari kekuasaan kaum Muslim dan mendirikan gereja dan kerajaan Latin di Timur. Dinamakan Perang Salib, karena setiap orang Eropa yang ikut bertempur dalam peperangan memakai tanda salib pada bahu, lencana dan panji-panji mereka.

Istilah ini juga digunakan untuk ekspedisi-ekspedisi kecil yang terjadi selama abad ke-16 di wilayah di luar Benua Eropa, biasanya terhadap kaum pagan dan kaum non-Kristiani untuk alasan campuran; antara agama, ekonomi, dan politik. Skema penomoran tradisional atas Perang Salib memasukkan 9 ekspedisi besar ke Tanah Suci selama Abad ke-11 sampai dengan Abad ke-13. “Perang Salib” lainnya yang tidak bernomor berlanjut hingga Abad ke-16 dan berakhir ketika iklim politik dan agama di Eropa berubah secara signifikan selama masa Renaissance.

Perang Salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut kekuasaan daerah. Hal ini dibuktikan bahwa tentara Salib dan tentara Muslim saling bertukar ilmu pengetahuan.

Perang Salib berpengaruh sangat luas terhadap aspek-aspek politik, ekonomi dan sosial, yang mana beberapa bahkan masih berpengaruh sampai masa kini. Karena konfilk internal antara kerajaan-kerajaan Kristen dan kekuatan-kekuatan politik, beberapa ekspedisi Perang Salib (seperti Perang Salib Keempat) bergeser dari tujuan semulanya dan berakhir dengan dijarahnya kota-kota Kristen, termasuk ibukota Byzantium, Konstantinopel-kota yang paling maju dan kaya di benua Eropa saat itu. Perang Salib Keenam adalah perang salib pertama yang bertolak tanpa restu resmi dari gereja Katolik, dan menjadi contoh preseden yang memperbolehkan penguasa lain untuk secara individu menyerukan perang salib dalam ekspedisi berikutnya ke Tanah Suci. Konflik internal antara kerajaan-kerajaan Muslim dan kekuatan-kekuatan politik pun mengakibatkan persekutuan antara satu faksi melawan faksi lainnya seperti persekutuan antara kekuatan Tentara Salib dengan Kesultanan Rum yang Muslim dalam Perang Salib Kelima.


Nah pertanyaannya ,
1.) Cmiiw , dalam perang salib , terkenal ada ordo , yang menamakan dirinya knight of templar , siapa mereka itu ? dan apa agenda utama mereka
2.) Siapa pihak paling dirugikan dari perang salib ?
3.) Siapa pihak yang paling diuntungkan dari perang salib ?
4.) Tujuan utama dari perang salib ? gospel ? atau glory ?
5.) Apa ada agenda tersembunyi dari perang salib ?
6.) Berapa korban yang ditimbulkan dari perang salib ?


terima kasih , semog ada agan yang bisa bantu jawab , karena ane penasaran sama perang salib ini , terima kasih
basecamp98 - 20/10/2012 01:51 AM
#208

like this
ojongonole - 20/10/2012 02:44 AM
#209

oh ya, apa di jaman menjelang akhir2 perang salib ini, apa teknologi senjata mesiu (meriam mesiu/senapan kuno) sdh mulai digunakan oleh kedua belah pihak?? bingungs
jikaengkauialah - 20/10/2012 04:08 AM
#210

di depan disebutin kota Tripoli tapi bukan Libya

ane jadi penasaran, ternyata Tripoli deket Jerussalem

ALL ABOUT CRUSADE (Perang Salib)
Pawang.ONTA - 20/10/2012 06:46 AM
#211

ada yg bs jawab gk ???

biang kerok pecahnya perah salib sopo???

kota mana dulu yg di taklukan,

kristen rebut kota muslim ? muslim rebut kota kristen ?
mana lebih dulu ?
Page 11 of 11 | ‹ First  < 6 7 8 9 10 11
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > ALL ABOUT CRUSADE (Perang Salib)