Lampu Senter/Flashlight
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Lampu Senter/Flashlight > 1001 Cerita Tentang Senter
Total Views: 9758 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 

.meneketehe. - 28/08/2011 09:47 PM
#61

Quote:
Original Posted By blackadder911
Jangan lupa bawa bunga setaman juga untuk oleh2 neng Kunti D..
gimana gan? udah dapet cerita belom ama 980Lnya?..
ditungguin cerita kencan ama neng Kunti ditemenin 980Lnya capedes


980L ud dipake buat patroli malem di pabrik p
Terang n thrownya jauh thumbup:
cuma senternya cepet panas ya kalo dipake di high mode.
tante kunti kayaknya lagi pulang kampung ato lg maen ke rumah temennya... soalnya ud lama gak liat dia di pabrik D



Quote:
Original Posted By JayaMakmur818
Ente ngundang gathering benernya pas banged tuh tempatnya, deket SuTa + lahan lebaaaaaarrrrr, tapi daerah situ banyak "tetangga" yg kaga kliatan hahahahaha

Ngapain sungkem sama bude Kunti??? parah dah D

Bwaaaaaahahahahahaha kunti mau dimandiin cahaya 980L??? tanggung2 skalian pake strobe nya triple T6, joged2 deh itu "barang" D

Hayuk cuy kita berangkad, ntar tiket PP ditanggung bro Meneketehe



NEXT target mau beli yg triple XM-L kayak di profile BB dikau D
penasaran ama terangnya.
1 XM-L aja ud terang banget, gimana kalo sampe 3 biji?
nabung D
qiax - 28/08/2011 10:24 PM
#62

Gan, 980L nya bisa nyorot berapa jauh? 400 meter tembus ga gan? Berapa duit gan?
Gw lago ngincer senter yang sorotannya bisa jauh2. Jetbeam BC40 kayaknya ok, tapi liat M1X oke juga. Selisih harganya juga lumayan sih. Sama ultrafire 980 L kira2 jauhan mana ya gan? 1001 Cerita Tentang Senter
xcryrerre - 28/08/2011 11:20 PM
#63

Nie malam mau sedikit cerita dlu dri ane bersama senter ane sie zoomobile 230 lm...
Nie malam sibuk bngat cari2 kunci motor yg hilang ntah di dalam rumah atau di luar gara2 kantong celana ane yg bolong...hutzz..
Ceritanya di mulai pas ane bngun tidur langsung ada teman ane yg ngajak jalan. Terus siap2 ambil dompet, hape dan kunci mtr dan ane taruh di kantong celana... Pas ane mau nyala'in itu motor,,,enng inng... enng.... Kunci motor sdah ga ada di kantong celana ane. \(
Dimanakah kunci motor ane...!!! Terpaksa ane cari2 dulu, berhubung malam gelap dan pencahaya'an di rumah ane kurang terang... Ane keluar'in tuh sie zoomobile 230lm ane pasang di mode higt dan di lebar'in cahayanya( ga tau di sbtnya apa kalau cahayanya dilebar'in, maklum bru punya nie senter, dan br tau sdkt info2nya... ). Cari2 sampai 1 jam'an dg senter di on kan terus, blm ketemu2 jga, wahh sempat kesal akhirnya. Harus gmn nie mana ga ada kunci serepnya jga, di saat kebingunan itu teman ane datang sambil bantu2 cri kunci motor ane tpi tetap ga ketemu....
Dan pada saat itu jga temam ane ngomong mungkin itu kunci msh ada di kantong celana ane, dan dia rogo kantong celana ane........ehhhh ternyata benar kunci nya ada di kantong celana ane di bagian kantong yg lain... Koq bsa ya padahal sdah berapa2 kali sdah ane periksa kantong celana ane dan emang ga ada itu kunci... Apa teman ane yg ngerjain ane dg ngumpetin itu kunci... Ga tau jga dahh, yg penting kunci sdah ketemu. Sempat malu jga, nyari2 itu kunci sampai 1 jam'an lbh ternyata kuncinya ada di kantong ane...ckckckk.... D
Intinya itu senter ane nyalah'in hampir 1 jam an lbh dg mode high tetap terang aja, ga ada gejala2 mau hbs batraynya. . . Hehe...
.meneketehe. - 28/08/2011 11:37 PM
#64

Quote:
Original Posted By qiax
Gan, 980L nya bisa nyorot berapa jauh? 400 meter tembus ga gan? Berapa duit gan?
Gw lago ngincer senter yang sorotannya bisa jauh2. Jetbeam BC40 kayaknya ok, tapi liat M1X oke juga. Selisih harganya juga lumayan sih. Sama ultrafire 980 L kira2 jauhan mana ya gan? 1001 Cerita Tentang Senter


Kalo soal jauh sih gw blm test sampe diukur jauhnya. Pabrik tempat gw tinggalin lg sepi, karyawan pada mudik n gw gak brani ke belakang sendirian malem2 maenan senter. Td aja bawaannya ud merinding pas patroli ke belakang :d
980L terang bgt sih gan, cuma kalo dipake lebih dr 5 menit di high mode ud mulai berasa panas. Sampe 10 menit senternya mayan panas.

Kalo soal harga sih krn gw beli seken jadi ya ga bisa jadi patokan ya... Gw beli 500rb dr om singgih blackadder.

Kalo soal senter yg sorotnya jauh, coba lirik Olight SR50 intimidator, katanya sih tested sampe 800 meter thrownya. Harga juga masih kurang lbh sama dgn jetbeam m1x.
iyusnhudi - 29/08/2011 04:31 PM
#65

Nich gan cerita Senter ku.

Spoiler for "Foto Senter"

1001 Cerita Tentang Senter

Inget sente inget waku ane mo mendaki gunung semeru,...
2009 lalu, waktu itu persiapan laen2 dah siap, tinggal meluncurnya saja,..
terlintas dipikiran kok ada yang kurang ya???
eh ternyata lupa bawa senter ane mampir di toko Sebelah utaranya perempartan kampus ITN 1 beli Senter Harga Murah meriah dengan Batrai (D-Size) tersbut,..
ampuh juga tu senter dah buat naek GUNUNG SEMERU tuk nerangi perjalananku selama 7 mlm,.. bahkan sampek kemarin awal puasa 2011 tuk nemani ane ke Pulau tabuhan banyuwangi gan,..

Spoiler for "Tanjakan cinta Menuju SEMERU"

1001 Cerita Tentang Senter



Spoiler for "Pulau Tabuhan"

1001 Cerita Tentang Senter


bantu ane dong :
cendolbig


1001 Cerita Tentang Senter
GadgetsReview - 01/09/2011 02:47 AM
#66

Numpang berbagi gan, semoga berkenan..

Pertama kali kenal senter terang diatas 100 lm dari bos sy di pabrik, dia pake Ultra Fire utk ngamatin proses di dalam vessel. Setelah hunting di Surabaya, akhirnya ketemu jg dengan Philips luxeon 1W 3xAAA, ga seterang UF-nya boss, tapi cukup lah utk jadi EDC.

Philips luxeon 1W ternyata cukup bandel dipake dipabrik, sempet tuh senter jatuh ke dalam tangki minyak dan tetap nyala. Kondisinya sekarang masih standby, cuma rubber tail switchnya aja yg udh diganti krn robek. Tetap setia menemani waktu mati lampu di rumah dan emergency lamp udh ga berdaya.

Sekarang di tas pinggang sy selalu ada Romisen RC 29 Q5 dan Xeno E03 XM-L T6, lengkap dengan 4 x AA NiMH untuk cadangannya. RC29 untuk sorotan kedalam vessel dengan setting high dan throw, sedangkan Xeno E03 lebih sering dipake waktu gowes karena floody dan terangnya sangat mantab.

Pernah ada kejadian listrik di rumah mati, waktu PLN datang dan ngecek trafo di perumahan, mereka pake lampu sorot yg pake aki mobil, ternyata si operator yg diatas masih nyari senter tambahan krn kurang terang. Sy yg waktu itu bawa RC29 langsung beraksi, atur fokus ke arah throw dan nyalakan senternya dan .... wow, sinar lampu sorot yg tadi ilang ditelan Q5 nya RC29.
Fungsi flood to throw ternyata berguna di saat itu, waktu si org PLN turun utk ngecek panel di bawah trafo, sy set RC29 jadi flood. Wkt itu belum punya Xeno E03, jd terangnya RC29 udh wah banget.

Sekarang sy bisa bilang bahwa senter itu bukan sekedar hobi, senter itu kebutuhan.
widodopuji - 06/09/2011 02:24 PM
#67

Quote:
Original Posted By whoiskliwon
weh emang senternya merek apa yang dipake sama om parto ?


merk-nya batre mz bro...
he3...
diverboy - 08/09/2011 01:12 PM
#68

Quote:
Original Posted By fabienne

Seperti biasa moto flashaholic sih : two is one and one is none. Jadi backup flashlight is a must meskipun kita udah membawa backup battery. Pertimbangannya lho wkt batere habis, kita mau ganti batere di kegelapan juga repot makanya selalu minimum dua senter. Kemungkinan lain itu juga bisa aja senternya rusak.


Bener banget ini moto-nya, Gan!

Dalam standar prosedur penyelaman malam dan jarak pandang terbatas, diwajibkan membawa minimal dua buah senter: satu senter utama dan satu senter cadangan.

Senter utama, biasanya ukuran lebih besar, digunakan untuk penerangan saat jelajah. Mana kala senter utama mengalami masalah (tidak menyala), maka senter cadangan digunakan, hanya untuk naik ke permukaan.

Untuk penyelaman dengan tugas spesifik tertentu, misalnya SAR atau penyeleman kerja/ teknik, senter yg dibawa minimal tiga: satu senter utama, satu senter cadangan, dan satu lagi senter cadangannya cadangan.
jundate - 10/09/2011 12:19 AM
#69

Selamat buat thread senter...iloveindonesia... 1001 Cerita Tentang Senter
diverboy - 10/09/2011 09:01 AM
#70
Operasi Penyelaman SAR KM Rimba Tiga
Mau share sedikit pengalaman saya sewaktu mengikuti kegiatan SAR pada musibah kapal tenggelam, KM Rimba Tiga, di perairan Teluk Jakarta.

Kegiatan Penyelaman SAR dilakukan untuk mengevakuasi jenazah-jenazah korban yang terjebak di dalam ruangan-ruangan kapal.

Spoiler for 00

1001 Cerita Tentang Senter
Kapal Motor Rimba Tiga
Tampak KM Rimba Tiga sedang melakukan aktivitas bongkar muat di pelabuhan.



1001 Cerita Tentang Senter
Kapal ini tenggelam setelah lambung kanannya robek akibat bertabrakan dengan tongkang (barge).
Kapal tenggelam di dasar dengan posisi tegak.
Tampak antena RDF (berbentuk cincin) muncul di permukaan.


Spoiler for 01

1001 Cerita Tentang Senter

Di atap anjungan
Kedalaman + 13 meter.


Spoiler for 02

1001 Cerita Tentang Senter
Di dalam anjungan
Untuk membantu penglihatan digunakan senter selam sebagai sumber cahaya.


Spoiler for 03

1001 Cerita Tentang Senter
Saya membawa dua buah senter selam, saya pegang di masing-masing tangan, satu sebagai senter utama, satu sebagai cadangan.
Tangan dan sekujur badan berbelepotan oli mesin kapal.



Spoiler for VIDEO

Untuk melihat videonya silakan lihat di sini:
[spoiler=wreck penetration 01]
Wreck Penetration 01


Spoiler for wreck penetration 02

Wreck Penetration 02
Dalam video ini, saya memegang senter warna hijau dan kuning, menyusuri ruangan di dalam bangunan akomodasi kapal.


Spoiler for operasi SAR

Operasi SAR
Dalam video ini anda akan melihat banyak senter di sini D


No Jeb-Men. Saya kasih link ke FB saya karena video2 tsb tidak saya upload di Youtube.
[/SPOILER]


Situasi yang paling sulit adalah pada saat melakukan pencarian ke dalam kamar mesin, di kedalaman 26 meter, dengan visibility sangat buruk, akibat lumpur, debris, dan bocoran oli mesin kapal. Penerangan menggunakan senter hanya menambah jarak pandang kurang dari setengah meter. Berhubung sulitnya situasi di dalam kamar mesin, tidak diambil dokumentasi foto/video.

Demikian sedikit share dari saya, semoga berkenan.
sandalian - 10/09/2011 11:21 PM
#71

Quote:
Original Posted By diverboy
Bener banget ini moto-nya, Gan!

Dalam standar prosedur penyelaman malam dan jarak pandang terbatas, diwajibkan membawa minimal dua buah senter: satu senter utama dan satu senter cadangan.

Senter utama, biasanya ukuran lebih besar, digunakan untuk penerangan saat jelajah. Mana kala senter utama mengalami masalah (tidak menyala), maka senter cadangan digunakan, hanya untuk naik ke permukaan.

Untuk penyelaman dengan tugas spesifik tertentu, misalnya SAR atau penyeleman kerja/ teknik, senter yg dibawa minimal tiga: satu senter utama, satu senter cadangan, dan satu lagi senter cadangannya cadangan.


Kalau boleh tahu, senter yg digunakan untuk menyelam apakah ada karakteristik khusus yang membedakannya dengan senter utk di darat bro?
diverboy - 12/09/2011 12:27 PM
#72

Quote:
Original Posted By sandalian
Kalau boleh tahu, senter yg digunakan untuk menyelam apakah ada karakteristik khusus yang membedakannya dengan senter utk di darat bro?


Karakteristik utama yang membedakannya dengan senter darat adalah: Kedap air dan tahan terhadap tekanan.

Kekedapan adalah mutlak karena senter akan dibawa masuk ke dalam air, bukan sekedar kedap tahan terhadap percikan air saja.

Kemudian konstruksi body senter harus tahan terhadap tekanan karena semakin dalam menyelam maka tekanan air yang harus ditahan oleh senter semakin besar.

Sebagai gambaran: di permukaan (0 meter) tekanannya adalah sebesar 1 Atmosfer (Atm). Di kedalaman 10 meter, tekanan air menjadi 2 Atm. Di kedalaman 20 meter tekanannya 3 Atm, dst.

Untuk bahas lebih jelas mengenai senter selam, nanti ane bikinin threadnya sendiri.
fabienne - 12/09/2011 02:58 PM
#73

kalau gak salah harus ada pressure release valve-nya khan ? Ataupun gas release karena dalam penggunaan, biasanya batere kadang menghasilkan gas.
alatselam.com - 13/09/2011 12:41 AM
#74

Quote:
Original Posted By diverboy

Untuk bahas lebih jelas mengenai senter selam, nanti ane bikinin threadnya sendiri.

nah..ini boleh nih...+1 untuk kontributor sekaligus penjual..hehe.

Quote:
Original Posted By fabienne
kalau gak salah harus ada pressure release valve-nya khan ? Ataupun gas release karena dalam penggunaan, biasanya batere kadang menghasilkan gas.

Pak Yon..itu ada di senter2 Princeton Tec yang dulu kita jual. Yes...ada semacam katalis seperti batang 3cm di dalam body. Tapi akhir2 ini pabrik udah ga masukkin tuh..ga tau kenapa.
Tapi saya setuju kalau memang ada gas yang dihasilkan dari segala jenis cell terutama batere2 biasa.
Saya pernah ngalamin 5x senter 'meledak' karena pressure yang ga bisa direlease dari dalam. Mau ga mau siap2 kaget ketika mau buka..hehe. jangan maen2...kepala itu bisa mental ketika tutup dibuka.
diverboy - 13/09/2011 04:47 PM
#75

Quote:
Original Posted By alatselam.com
nah..ini boleh nih...+1 untuk kontributor sekaligus penjual..hehe.

hehe.. kalo ane sih bukan penjual, Gan. Cuma instruktur selam biasa aja Yb


Quote:
Original Posted By fabienne
kalau gak salah harus ada pressure release valve-nya khan ? Ataupun gas release karena dalam penggunaan, biasanya batere kadang menghasilkan gas.


Quote:
Original Posted By alatselam.com

Pak Yon..itu ada di senter2 Princeton Tec yang dulu kita jual. Yes...ada semacam katalis seperti batang 3cm di dalam body. Tapi akhir2 ini pabrik udah ga masukkin tuh..ga tau kenapa.
Tapi saya setuju kalau memang ada gas yang dihasilkan dari segala jenis cell terutama batere2 biasa.
Saya pernah ngalamin 5x senter 'meledak' karena pressure yang ga bisa direlease dari dalam. Mau ga mau siap2 kaget ketika mau buka..hehe. jangan maen2...kepala itu bisa mental ketika tutup dibuka.


Memang salah satu kemungkinan masalah yang akan dihadapi oleh senter selam adalah terbentuknya gas dari batre. Ketika terbentuk gas di dalam body senter, maka tekanan udara di dalam senter akan meningkat. Akibat lebih lanjut dari tingginya tekanan di dalam senter adalah sulitnya untuk membuka head senter. Bila tekanannya sangat besar, efek lebih lanjut adalah senter akan meledak. seperti yang dialami oleh juragan alatselam.com norose:

Untuk mengatasi hal tersebut, ada jenis senter selam tertentu yg dilengkapi dg pressure release valve untuk membuang tekanan gas yang terbentuk.



Hanya saja, selama saya menyelam kebetulan belum pernah pakai senter yang ada pressure release valve-nya. Dan selama itu pula saya belum pernah mengalami masalah yang berarti ketika membuka senter selam.
@juragan alatselam.com: ada lagi gak senter yang masih menggunakan pressure release valve?

Dalam pengalaman saya yang agak sulit untuk membukanya, kalo kelamaan membiarkan batre kelamaan dalam senter, adalah senter selam teknik (utk pekerjaan bawah air) merk Mitsubshi seperti pada gambar berikut:
Spoiler for night dive

1001 Cerita Tentang Senter
photo by diverboy


Tips dari pengalaman pribadi saya:
[*]Setelah dipakai menyelam, segera rendam senter dalam air tawar beberapa menit, kemudian dikeringkan.
[*]Setelah kering, senter segera dibuka dan batre2 yang digunakan dilepaskan dan kemudian disimpan di tempat yang kering.
Diupayakan batre berada di dalam senter tidak dalam waktu yang lama, dengan demikian mencegah menumpuknya pembentukan gas.

lυffy88 - 14/09/2011 10:41 PM
#76

hmmm senter yah.. ane suka juga sih, terakhir punya dr hape nokia hammer: dan skrg dihibahkan sama bokap hammer:

kemaren diasrama mati lampu dan bener, kepikiran punya senter kecil tp nyalanya terang kyk LD20 yg disebutin omgan @njet212

kira2 harganya berapaan yah masbro ? ane tertarik nih...
Amebix - 14/09/2011 10:52 PM
#77

Quote:
Original Posted By badarduwung
senter kesayangan ane adalah senter yang di HP gan,. hehehe


saya pun demikian, dulu dikosan ga punya lilin ga punya penerangan laen ya udah pake senter hape deh, buat menerangi kamar :sorry
therocket88 - 09/10/2011 01:08 PM
#78

mau cerita tentang perjalanan senter ane gan
mohon maap kalo jelek Yb

pada suatu hari ane lagi jalan di superindo, akhirnya nemu senter ever3ady yang 50 jem itu. ane beli dah
pas dicoba ane kaget, kok beda yah sama senter 15 ribuan nyokap ane.
sejak saat itu ane jadi suka beli yang lain iloveindonesias
si nyokap yang kaga ngerti senter sering ngamuk
"LU NGAPAIN BELI SENTER MAHAL MAHAL!"
tapi ane cuman jawab "pasti beda lah"

waktu itu kan ane pergi ke gunung gede
nah ane bawa philips 2d ane (wajib pk senter yg 2d incan sama sekolah, kagak bole led)
nah pas malem ke 2 udah pada keok baterenya, akhirnya ane iseng keluarin maglite solitare ane. JRENGGG akhirnya itu jadi senter terterang diantara temen-temen ane
*padahal solitare cuma 2 lumen*

ada juga waktu ane ke pulau tidung
ane kan lupa kalo harus pergi, ingetnya pas h-1
jadinya langsung packing ngasal
jdnya ane ninggalin senter-senter ane
pas malemnya di pulau tidung, ternyata deket jembatan cinta jalannya gelap bgt. sepeda sewaan jg gag ada lampu
untungnya ane selalu bawa di kantong monarch 300
akhirnya pake pocket clip dijepitin di kabel rem sepeda
temen2 ane pada binggung kok sepeda ane terang sndiri ngakak

itu doang sih cerita ane yg menruut ane lumayan
yg laennya biasa aja :1
therocket88 - 09/10/2011 01:14 PM
#79

Quote:
Original Posted By jchristie
berbagi sedikit cerita yang dibikin dalam bentuk tanya-jawab. Saya YAKIN beberapa teman penikmat senter pasti sering mendapat beberapa pertanyaan berikut ini. Ingat, jawabannya adalah jawaban personal saya, tidak ada maksud menggurui sama sekali kecuali berbagi. Monggo...

T : Ngapain sih bawa senter kemana-mana?
J : buat jaga2 aja, lagian seneng sih sama senter.

T : Tapi ini kan siang hari, udah terang juga. Aneh deh....
J : eh, sapa tahu butuh benerin apa gitu di kolong meja atau kolong rumah

T : bener juga ya....emang berapaan sih harga senternya?
J : lumayan sih, sempet nabung 2-3 bulan lah (males nyebut harga, karena..)

T : BUSET, mahal bener cuman buat senter....(kan, udah dibilangin...)
J : ya, kan hobi lagian belinya gak maksain kok, banyak yang lebih mahal....

T : ah, tapi mahal2 gitu kok gak terang sih, rugi amat....
J : senter gak melulu terang, yang penting siap pakai kapan aja. Lagian kalau sering mati lampu atau gelap total, gak usah terang2 banget juga udah kelihatan. Yang penting bisa buat lihat jalan deh...

T : ah, masih lebih terang senter HP gw atau senter yang gw beli kemarin, 20rb doang, lampunya (maksudnya LED) banyak, kagak pake baterai lagi, tinggal pencet2 kalau dah redup kagak pake baterai....
J : yaaa, kebutuhan orang kan lain2....kalau ane sih HP ya buat nelpon/SMS. Ane juga kurang suka senter yang badan sama lensanya plastik, suka baret2 gitu. Ane kan orangnya gak suka mikir kalau bawa barang....tabrak terussss

T : terus, itu ngapain bawa senter sampe 2 biji, ada senter kepala juga?
J : buat cadangan aja, lagian senter kepala berguna kalau kita masih perlu 2 tangan yang lain. Misalnya nih, kalau lagi jalan bawa barang banyak, kadang dua tangan kepake semua, masih bisa pake senter kepala kan?

T : lah, kan bisa juga digigit?
J : waduh....senter saya lumayan pegel di rahang kalau diemut lebih dari semenit, lagian kan jorok....!

T : trus itu dua senter baterainya beda, kan repot bawa2 baterai....
J : ah, gak serepot dibanding cari2 barang atau kesandung-sandung pas mati lampu atau gelap total kok....

NB : tetap saja di tempat yang sering mati lampu, bahkan pada malam hari, orang yang bawa-bawa senter dipandang aneh. Senter yang bentuk atau sinarnya di atas rata2 senter biasa (walaupun cuma 18 lumens) dipandang luar biasa. Yang terakhir, orang kadang menilai senter dari harganya (jangan salah, senter di atas 100rb = mahal) bukan gunanya. Apalagi bicara kualitas rancang bangun, runtime, ketangguhan, dll....

sekali lagi, cerita ini merupakan pengalaman pribadi setelah 1 minggu berada di daerah dengan suplai listrik tidak menentu...


betul banget gan, padhaal kalo senter yg p20ribuan gt
*jatoh sering copot, batere bececer
*thrownya kayak lawakan
*batere nyedot terus
* pas dibutuhin gag pasti nyala

kalo temen ane nanya
"kok beli senter segitu mahal? bego ajah"
ane bakal jawab
"lu beli handphone juga segitu mahal? bego jg lu"
Icumicum - 15/10/2011 11:42 PM
#80

Salam Kenal Juragan

Nubie numpang share pengalaman,
ane kaget juga di kaskus ada forum buat senter....
Ternyata hidup ane selalu bersentuhan dengan dunia senter...ngakak

senter itu bisa di dibilang part of my live.

karena ane pernah jadi sales senter merk PAN****** ke toko dan pasar.

senter pernah bikin ane nangis, Pas senter yang ane jual kehujananhammer

Pernah bikin ane ketawa, Pas ane dapet bonus karena jualanya sampai targetmalu

Tapi ada satu senter yang bikin saya terharu, yaitu senter yang terbuat dari kaleng berisi 6 baterai ukuran tanggung, karena masih nyala. walau umurnya lebih tua dari ane.capedes
Page 4 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Lampu Senter/Flashlight > 1001 Cerita Tentang Senter