Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan
Total Views: 50004 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 22 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

Full House - 15/11/2010 05:43 PM
#101

numpang tanya nih ya

sebenarnya resminya untuk renovasi rumah perlu buat IMB nda ya?

ane baru beli rumah seken kondisi atap plafon rubuh krn rayap, canopy sudah hancur2 krn rayap n pecah2, lantai ada keramik yg retak n timbul2, taman sudah seperti hutan belantara

nah kalau ane mau renovasi semua itu diatas tanpa merubah struktur, hanya pasang plafon gypsum, lantai diganti keramik, taman di babat biar rumput aja biar rapi.

perlukah saya mengurus IMB, dan kalau perlu kira2 brp ya biayanya? lt 180m2

mohon bantuan ya
Full House - 15/11/2010 05:48 PM
#102

numpang tanya nih ya

sebenarnya resminya untuk renovasi rumah perlu buat IMB nda ya?

ane baru beli rumah seken kondisi atap plafon rubuh krn rayap, canopy sudah hancur2 krn rayap n pecah2, lantai ada keramik yg retak n timbul2, taman sudah seperti hutan belantara

nah kalau ane mau renovasi semua itu diatas tanpa merubah struktur, hanya pasang plafon gypsum, lantai diganti keramik, taman di babat biar rumput aja biar rapi.

perlukah saya mengurus IMB, dan kalau perlu kira2 brp ya biayanya? lt 180m2

mohon bantuan ya
Full House - 15/11/2010 06:23 PM
#103

numpang tanya nih ya

sebenarnya resminya untuk renovasi rumah perlu buat IMB nda ya?

ane baru beli rumah seken kondisi atap plafon rubuh krn rayap, canopy sudah hancur2 krn rayap n pecah2, lantai ada keramik yg retak n timbul2, taman sudah seperti hutan belantara

nah kalau ane mau renovasi semua itu diatas tanpa merubah struktur, hanya pasang plafon gypsum, lantai diganti keramik, taman di babat biar rumput aja biar rapi.

perlukah saya mengurus IMB, dan kalau perlu kira2 brp ya biayanya? lt 180m2

mohon bantuan ya
miphz - 16/11/2010 02:05 AM
#104

Quote:
Original Posted By temp2towel
maap dopost..
sbenernya boleh, tapi nambah lantai hrs disepakati tetangga kanan kiri sama depan. IMB = Izin Mendirikan Bangunan
ilham0609 - 16/11/2010 07:28 AM
#105

Quote:
Original Posted By S83
bingung , mau ngurus IMB . tapi dah takut duluan ngurusnya .

kenapa ?

kantor yang isinya tikus2 rakus


inilah RI iloveindonesia
toputra - 22/11/2010 10:04 PM
#106

mohon info, kl mo renov rumah ( 2lt, 150m2 ) seperti mengganti atap ( dr kayu ke baja ringan krn keropos dimakan rayap ), mengganti keramik seluruh lantai , mengganti tembok + pagar depan, merenov tampilan dpn dr rmh lama ke model minimalis, dan membuat 1 wc baru di lt 2, apakah memerlukan ijin? Jika iya, ijin apa saja yg diperlukan dan brp kira2 biayanya? Lokasi jkt barat. thx
nexgen - 23/11/2010 12:58 PM
#107

Coba bantu aja....renovasi rumah perlu IMB atau tidak nya itu tergantung seberapa besar renovasinya.

IMB diperlukan apabila ada perubahan dengan struktur, perubahan fasad dan perubahan ruangan secara fisik (perubahan luas ruangan dan pergeseran dinding). Apabila hanya renovasi kecil2an yang hanya memperbaiki yang sudah ada itu tidak diperlukan IMB.

Semoga membantu


Quote:
Original Posted By Full House
numpang tanya nih ya

sebenarnya resminya untuk renovasi rumah perlu buat IMB nda ya?

ane baru beli rumah seken kondisi atap plafon rubuh krn rayap, canopy sudah hancur2 krn rayap n pecah2, lantai ada keramik yg retak n timbul2, taman sudah seperti hutan belantara

nah kalau ane mau renovasi semua itu diatas tanpa merubah struktur, hanya pasang plafon gypsum, lantai diganti keramik, taman di babat biar rumput aja biar rapi.

perlukah saya mengurus IMB, dan kalau perlu kira2 brp ya biayanya? lt 180m2

mohon bantuan ya
yogo1991 - 24/11/2010 09:39 AM
#108

sharing sedikit..

yang ane tau, bangunan yg harus diurus IMBnya itu bila : bangunan baru merubah atau menambah struktur.

Begitu jg yg berkaitan dengan AMDAL.

Contoh :
pembuatan inggrid (jembatan kecil penghubung jalan umum ke halaman rumah-diatas selokan) itu juga perlu IMB. syeremkan...
Kan bukan struktur yak, kenapa-nya adl takut peil inggrid itu dibawah peil jalan yg nantinya jg penyebab banjir.

Hahahaha betapa teraturnya negeri ini klu ga bnyak yg kayak gayus.
masbantet - 28/11/2010 01:02 AM
#109
IMB dan KDB
Gan, ane lagi butuh info nih gan seputar IMB..Ane ttarik sm tanah di daerah yang KDBnya 20% gan kalo ngecek ke kantor tata kota, soalnya di daerah itu, tulisannya WTm alias Wilayah Taman yg KDBnya cuma 20%..

Nah pertanyaan ane, apa mungkin tu gan kita bisa dapet IMB misalnya ane mau bangun rumah di atas tanah itu, tapi ane mau bangun bangunan itu 60% dari tanah ane, bukan 20% seperti yang tertulis peruntukan yg tertera di gambar tata ruang dari tata kota (padahal gambar ini ga berubah dari tahun 90 gan, udah 20 tahun daerah itu tetep aja WTm, padahal skrg jg udah banyak rumah gedongan disitu gan..)

Mohon infonya gan..soalnya kalo cari daerah2 yang WKc, WSd, atau WBs itu tanahnya udah mahal dan harga bisa 2x lipat dari tanah Wtm...

Thank you pisann gann info berharganyaa..

iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
Gepenkk - 28/11/2010 10:14 AM
#110

sebagai tambahan aja kalo luas bangunan mewah kalo gak salah >400 meter tarif n pajaknya beda lagi
yogo1991 - 01/12/2010 12:06 PM
#111

Quote:
Original Posted By masbantet
Gan, ane lagi butuh info nih gan seputar IMB..Ane ttarik sm tanah di daerah yang KDBnya 20% gan kalo ngecek ke kantor tata kota, soalnya di daerah itu, tulisannya WTm alias Wilayah Taman yg KDBnya cuma 20%..

Nah pertanyaan ane, apa mungkin tu gan kita bisa dapet IMB misalnya ane mau bangun rumah di atas tanah itu, tapi ane mau bangun bangunan itu 60% dari tanah ane, bukan 20% seperti yang tertulis peruntukan yg tertera di gambar tata ruang dari tata kota (padahal gambar ini ga berubah dari tahun 90 gan, udah 20 tahun daerah itu tetep aja WTm, padahal skrg jg udah banyak rumah gedongan disitu gan..)

Mohon infonya gan..soalnya kalo cari daerah2 yang WKc, WSd, atau WBs itu tanahnya udah mahal dan harga bisa 2x lipat dari tanah Wtm...

Thank you pisann gann info berharganyaa..

iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia




coba bantu ya Gan...
3 bulan lalu saya dan teman ke DTK jaktim untuk ngurus IMB rumah teman ini karena mau direnov.

pas di cek RTRW-nya ternyata daerah dimaksud merupakan daerah resapan hujan, so IMB ndak bisa keluar.

tp entah kenapa kemarin temen ngasih kabar "IMB dah terbit total biaya 27jeti n siap bangun" ?????!!!!

klu ikut aturan. lbh baik ikut KDB 20% tp coba cek KLB-nya berapa, mungkin bisa dibikin 2 lt.
masbantet - 02/12/2010 08:36 PM
#112

Quote:
Original Posted By yogo1991
coba bantu ya Gan...
3 bulan lalu saya dan teman ke DTK jaktim untuk ngurus IMB rumah teman ini karena mau direnov.

pas di cek RTRW-nya ternyata daerah dimaksud merupakan daerah resapan hujan, so IMB ndak bisa keluar.

tp entah kenapa kemarin temen ngasih kabar "IMB dah terbit total biaya 27jeti n siap bangun" ?????!!!!

klu ikut aturan. lbh baik ikut KDB 20% tp coba cek KLB-nya berapa, mungkin bisa dibikin 2 lt.


Itu dia gan..ane jg pernah denger cerita kalo IMB bs keluar asal ada bbrp dana taktis utk proses pengurusan..

Nais info gann..oke..ane tampung dulu infut berharganya..

Thanks!
adhanical - 13/12/2010 06:08 PM
#113
Imb
IMB di DEPOK

http://gyannara.wordpress.com/2009/09/30/proses-pembuatan-imb/

ini true story pengalaman ngurus IMB sendiri..

salut buat PEMDA DEPOK yg mau mendengarkan pengaduan masyarakat.
aris_ah - 17/12/2010 10:03 AM
#114

gan.. mau nanya nehh....

ane dah 1 thn ini beli rumah dari developer pribadi nah trus aku kpr ke bank konvensional
nah.. skrg mau aku pindah kpr d bank syariah...

pas proses pindah ini ternyata ada masalah d IMB dari rumah saya dimana spec tidak sesuai dengan kenyataan :

1. rumah saya dari batako tapi d imb d tulis bata merah
2. d imb ada pembuatan pagar sekian meter dan pagar besi, kenyataan tanpa pagar
3. luas septitank 2meterkubik di imb 4meterkubik
4. luas teras sekian meter , kenyataan lebih kecil

nah salah saya neh sejak akad kredit ga pernah cek itu imb, baru nge skrg ini stelah ada apraisal dari bank syariah.

saya sempet komplen ke developer yg kebetulan tetangga saya juga (satu komplek)
dia ngeles neh klo IMB itu ada kesalahan d walikotanya terutama point 1 .
nah untuk point yg lain alasannya untuk kedepan kalo saya renov ga usah urus imb lagi (seperti nambah pagar dan teras)

menurut agan2 masuk akal ga neh gan... alesan developer
apa mesti gw tuntut developernya
kebetulan dari bank juga nuntut developer itu jg..

thanks gan...
an3st - 20/12/2010 11:00 AM
#115

teman2 ane mau nanya nih tentang urus imb, rumah ukuran 5x13 dan mau di bangun 2 lantai, saat ini hanya tanah saja, tadi pagi ane kan ke kantor kecamatan, dan kronologisnya seperti ini :

1. ane diajak masuk sama petugas, trus di ajak ngobrol sambil di lihat lokasi rumah ane dari tatakota nya, dan rumah ane masuk dalam tanah yang bisa dibangun rumah maksimal 2 lantai.

2. trus di ajak ngobrol biaya nya, dan di rimci untuk planning = 1.5 Jt, untuk BPN = 2.5Jt dan untuk imb/p2b nya sendiri 5Jt, jadi total 9t, dan dia bilang dalam 1minggu sudah bisa bangun, kebetulan ane lagi butuh cepat, karena bulan januari mau mulai bangun.

apakah harga 9Jt masih wajar untuk ukuran seperti itu ??

please advise...
thank's
k00ler - 20/12/2010 01:13 PM
#116

Quote:
Original Posted By an3st
teman2 ane mau nanya nih tentang urus imb, rumah ukuran 5x13 dan mau di bangun 2 lantai, saat ini hanya tanah saja, tadi pagi ane kan ke kantor kecamatan, dan kronologisnya seperti ini :

1. ane diajak masuk sama petugas, trus di ajak ngobrol sambil di lihat lokasi rumah ane dari tatakota nya, dan rumah ane masuk dalam tanah yang bisa dibangun rumah maksimal 2 lantai.

2. trus di ajak ngobrol biaya nya, dan di rimci untuk planning = 1.5 Jt, untuk BPN = 2.5Jt dan untuk imb/p2b nya sendiri 5Jt, jadi total 9t, dan dia bilang dalam 1minggu sudah bisa bangun, kebetulan ane lagi butuh cepat, karena bulan januari mau mulai bangun.

apakah harga 9Jt masih wajar untuk ukuran seperti itu ??

please advise...
thank's


Dinego aja boss, biasanya sih 1/2 dari harga yang ditawarkan masih bisa kok
an3st - 20/12/2010 05:24 PM
#117

Quote:
Original Posted By k00ler
Dinego aja boss, biasanya sih 1/2 dari harga yang ditawarkan masih bisa kok


klo ane nego2 gitu nanti di urus nya cepet ga?? nanti malah dipesulit lagi.
ada saran ga bro, apa ane bayar aja 9jt tuh?? or gmana??

thx
yogo1991 - 21/12/2010 10:32 AM
#118

Quote:
Original Posted By an3st
klo ane nego2 gitu nanti di urus nya cepet ga?? nanti malah dipesulit lagi.
ada saran ga bro, apa ane bayar aja 9jt tuh?? or gmana??

thx




Gan di nego dulu aja, kurang lebih 7 jutaan lah (daerah ragunan) untuk rumah luas 360 m2 (2 lt).

nanti sekalian minta supaya ga ada pengawasan lg.
kadang mereka sudah minta duit sebanyak itu dan masih ada saja yg mondar2 di proyek kita minta uang rokok.
hellbourne - 27/12/2010 12:30 AM
#119

Quote:
Original Posted By jepiza
1. hmmm...kelupaan ne singakatnnya,,ke pemda aja bro..ntar di kantor satu atap ajah juga bisa..
2. Biaya biasanya diperhitungkan dari luas bangunan bro,,untuk perhitungannya juga ga tau make dasar apa..sebagai gambaran barusan ngurus IMB untuk 2 lantai total luas +-1500m, habisnya sekitar Rp.14juta, perincian tiap lantai beda bro....trus ada juga rincian yg bunyinya tentang drainase,dan urugan tanah bro....
3. Kalo sesuai prosedur si maksimal 20 hari
4. Gambar denah dan detail bangunan, Detail struktur,perhitungan struktur, gambar drainase, tanda tangan tetangga kanan, kiri, depan, Kalurahan, Kecamatan (form diambil di p2kp).
5. Notaris bisa kok ngebantu pembuatan IMB.
6. Melalui pendekatan ama yang bersangkutan aja bro.


Nice Share gan :2thumbup
blackpassword - 30/12/2010 01:30 PM
#120

Quote:
Original Posted By blackpassword
Ini saya sedang mo ngajuin imb atas bangunan lama. Mudah2an lancar. Di p2b kecamatan ditempel tarifnya. Ntar kalo udah jalan, gw post di sini.
Ceritanya begini,
Sebulan ini saya menguurus elah IMB atas tanah yng telah berdiri rumah di atasnya. Tahu lah, susah sekali mengurusnya.

Pertama, pas datang ke Kecamatan, ternyata pelayanan tidak dilakukan oleh satu tempat pelayanan, melainkan per masing-masing Seksi.

Seksi yang kudu didatangi adalah seksi Tata Ruang. Disana informasi yang harus didapat adalah terkait peruntukan atas tanah kita. Meskipun bisa menunjukkan lokasi, pegawai sana masih ngotot minta sertifikat. Setelah tahu lokasinya yang di pas kan dengan gambar rencana tata ruang, kita baru bisa tahu peruntukan tanah kita berdasarkan rencana tata ruang. Kemudian atas rencana tersebut, akan dibuat semacam surat keputusan/pernyataan peruntukan atas tanah kita. Di sana di "tembak" 2 juta. Gila!!

Setelah ngotot dengan pegawai di seksi itu, karena sebelumnya udah baca2 peraturannya, maka dengan PD saya bilang mo ikut jalur normal saja, sesuai SOP yang terpampang di depan meja dia. (bukan di tempat loket/pelayanan yang memungkinkan kita bisa lihat dengan mudah). Seminggu kemudian, jadilah SK itu dengan biaya 170 ribuan plus upah ukur/cek lokasi 50 ribu.
(Jauh kan dengan 2 juta??)

Setelah itu ke Seksi berikutnya, yaitu pengawasa. Nah, disini dibutuhkan gambar rencana bangunan yang sesuai dengan aturan tata ruang. Searching sana-sini, ketemu satu nama dan beberapa situs yang merekomendasikan. Setelah kontak dengan ybs, ternyata harganya mahal. Untuk gambar aja sekitar 1.5 juta. (ampuuunnn...).

Tanya-tanya dengan seseorang di seksi itu, (bukan pegawai, kelihatan dari pakaiannya yg bukan seragam) ternyata dia menyediakan jasa gambar. Tarif penawaran 1 jt. Setelah nego, akhirnya dapat separonya. Ya udah, pake jasa dia. Tarif perijinan ditetapkan disini, tetapi ada hitungan formalnya. Saya ikut formal dan resmi ini.

Setelah berkas lengkap, bayar tarif perijinan (plus jasa gambar tadi), kini tinggal menunggu IMB diterbitkan oleh sudin Tata Ruang, Kota Jaktim.

Total jenderal habis sekitar 1.7 an (kurng dari 2 jt). Konon biasanya habis 5 jutaan.

Sebagian informasi progress berkas pengajuan IMB saya ini, saya peroleh dari orang yang saya pake jasa gambarnya tadi.
Page 6 of 22 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan