Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Kushin Ryu Karate 空心流
Total Views: 9787 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

Ueshima - 15/08/2011 09:50 PM
#101

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
Memang siy ngga semua kata kembali ke tempat semula (yg kembali ke tempat semula itu karena perubahan yg dilakukan oleh Nakayama dr JKA).
Maksudnya masih ada sequence & cara eksekusi yg mirip dng cara lama.



Iya, makanya itu saya scr pribadi kurang setuju dng aturan yg ada di WKF. seperti mengkebiri warisan yg ada.

Btw, Passai tsb yg versi apa yah? Soalnya Passai yg masi orthodox juga versinya banyak... D

Kalo passai yg standar WKF itu udah versi modern gubahannya Funakoshi & Mabuni based on Itosu's version of Passai.


ya...passai-nya Kushin ryu,hehe...
insyaalloh nanti sy uplod deh,soalnya di youtube jg blm ada yg uplod passai-nya Kushin ryu...selain passai yg itu dlm silabus jg ada matsumura passai yg sekarang ada di silabus-nya shito ryu.
nah klo yg kata seienchin (yg link-nya ada di atas),gimana menurut sensei tenji?soalnya beda jg sama aliran lain,kan kalo goju ryu sama shito ryu beda2 tipis nah klo seienchin di atas agak beda dgn aliran yg dua itu...
terus terang ketika diajari kata ini,info yg sy terima ttg kata ini ga lkp,seperti dptnya dari mana,siapa yg ngajarin ke Sensei Ueshima Sannosuke,versi apa,dll.

salam.shakehand2
Tenji_no_Ichi - 16/08/2011 04:50 PM
#102

Quote:
Original Posted By Ueshima
ya...passai-nya Kushin ryu,hehe...
insyaalloh nanti sy uplod deh,soalnya di youtube jg blm ada yg uplod passai-nya Kushin ryu...selain passai yg itu dlm silabus jg ada matsumura passai yg sekarang ada di silabus-nya shito ryu.
nah klo yg kata seienchin (yg link-nya ada di atas),gimana menurut sensei tenji?soalnya beda jg sama aliran lain,kan kalo goju ryu sama shito ryu beda2 tipis nah klo seienchin di atas agak beda dgn aliran yg dua itu...
terus terang ketika diajari kata ini,info yg sy terima ttg kata ini ga lkp,seperti dptnya dari mana,siapa yg ngajarin ke Sensei Ueshima Sannosuke,versi apa,dll.

salam.shakehand2


baru liat yg seiunchin,,, gubahannya mirip spt yg ada di isshin-ryu, cuma kalo yg ini menghadap ke depan.

Kalo diliat dr pattern nya siy, antara versi goju & shito itu masih turunannya Miyagi (hanya bbrp yg sedikit perbedaan, seperti posisi tangan openingnya kalo versi jundokan tangan dimulai dr depan dada, versi shito posisinya di samping bawah, kalo IKGA posisinya di depan groin).

Kalo versi kushin-ryu tai sabaki nya yg ada perbedaan, dan bbrp posisi tangannya juga. Tapi kalo dilihat dr langkahnya, terpengaruh langkah dr Aragaki (seperti pada signature kata gubahan Aragaki ataupun ciptaannya).

dan untuk Seiunchin (pertarungan dalam kabut; terjemahan dr saya sendiri berdasarkan Kanji yg saya kenal), tidak diturunkan dr Higaonna Kanryo, karena kalo dibandingkan dng ryuha dari murid2 Higaonna Kanryo yg lain, yg basenya sama cuma 4 Kata, yaitu Sanchin, Seisan, Sanseiru, Suparinpai.
Tenji_no_Ichi - 16/08/2011 04:57 PM
#103

Oya lupa, kalo Passai versinya on the wild antara lain yg saya tau:
Matsumura Passai
Oyadomari Passai
Tomari Passai
Koryu-O Passai
Chennan Passai
Ishimine Passai
Itosu Passai
Ueshima - 16/08/2011 10:19 PM
#104

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
Oya lupa, kalo Passai versinya on the wild antara lain yg saya tau:
Matsumura Passai
Oyadomari Passai
Tomari Passai
Koryu-O Passai
Chennan Passai
Ishimine Passai
Itosu Passai


wah,trims bgt penjelasannya sensei,ini salahsatu manfaat dr sharing dan crosstraining dgn org2 dr luar aliran.
terus terang (maaf) kami dr KKI msh bnyk yg terkungkung oleh rasa fanatik berlebihan yg efek sampingnya adalah merasa alirannya paling istimewa sehingga tdk mau "gaul" sama org2 dr aliran lain (jd curcor gini,hehe...).
sementara disatu sisi sensei2/pelatih2 kurang sekali pengetahuan sejarahnya.
kalo sy pribadi dididik sama sensei sy (Sensei Sofyan Hambally) utk fanatik tp ttp hrs terbuka menerima info dr luar dan bergaul dgn praktisi MA lain.
contohnya begini:ketika suatu saat sy dibawa ke kejuaraan goju ryu di malaysia,sensei sy mengizinkan dan bahkan mensupport tp ketika balik lg ke INA ketika bertemu dgn senior2 KKI dr dojo lain,salahsatunya bilang ke sy "km udah pindah aliran ya?",hanya gara2 sy ikut kejuaraan internal goju ryu.
kenapa bisa berbeda sikap seperti itu?1. sensei sy lebih terbuka krn mengetahui info sejarah yg menyatakan kalo Kushin ryu dan Goju ryu itu msh satu rumpun krn mempunyai darah Naha-te,2. senior KKI yg bilang sy pindah aliran sama sekali (sepertinya) tdk tahu sejarah,link lineage Kushin ryu dgn aliran lain apalagi sampe crosstraining dan ikut seminar2 MA.
tidak ada maksud apapun sy berbicara seperti ini,ini hanya gambaran bahwa fenomena seperti ini pastinya bukan hanya sy saja yg pernah mengalami,sy yakin teman2 dr aliran lain jg pernah mengalami hal yg sama.

sekali lg terima kasih,info ini sgt berguna sekali...osh.:2thumbup
zenwalk - 17/08/2011 01:45 AM
#105

@Ueshima
wah jangan sedih donk kang Ueshima D

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
baru liat yg seiunchin,,, gubahannya mirip spt yg ada di isshin-ryu, cuma kalo yg ini menghadap ke depan.

Kalo diliat dr pattern nya siy, antara versi goju & shito itu masih turunannya Miyagi (hanya bbrp yg sedikit perbedaan, seperti posisi tangan openingnya kalo versi jundokan tangan dimulai dr depan dada, versi shito posisinya di samping bawah, kalo IKGA posisinya di depan groin).

Kalo versi kushin-ryu tai sabaki nya yg ada perbedaan, dan bbrp posisi tangannya juga. Tapi kalo dilihat dr langkahnya, terpengaruh langkah dr Aragaki (seperti pada signature kata gubahan Aragaki ataupun ciptaannya).

dan untuk Seiunchin (pertarungan dalam kabut; terjemahan dr saya sendiri berdasarkan Kanji yg saya kenal), tidak diturunkan dr Higaonna Kanryo, karena kalo dibandingkan dng ryuha dari murid2 Higaonna Kanryo yg lain, yg basenya sama cuma 4 Kata, yaitu Sanchin, Seisan, Sanseiru, Suparinpai.


weleh,,, makin rumit aja -_-'
Guardio - 17/08/2011 02:24 AM
#106

Quote:
Original Posted By Ueshima
senpai dio,di pertandingan kata forki sekarang pun tdk semua kata hrs kembali ke titik awal,seperti kata dr goju ryu,suparimpei dan kururunfa contohnya.
mengenai teknik senjata memang soke matsuzaki tdk mengajarkan secara umum beliau lebih fokus pada jujitsu dan kata (walaupun rada2 pelit ngasihnya,hehe) berbeda dgn sensei hidetoshi ohmine (hanshi,kushin ryu uruguay) yg msh memberikan materi teknik senjata kpd siswa2nya,kushin ryu uruguay msh kuat memegang tradisi,ini bisa dilihat di buku karangan beliau.
berbeda dgn buku soke matsuzaki yg mengulas senjata hanya sekilas.
dan utk di INA sendiri mungkin hanya KKI cabang Kopo yg masih memegang erat tradisi kushin ryu.

salam

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
Memang siy ngga semua kata kembali ke tempat semula (yg kembali ke tempat semula itu karena perubahan yg dilakukan oleh Nakayama dr JKA).
Maksudnya masih ada sequence & cara eksekusi yg mirip dng cara lama.

Mantap penjelasannya.thumbup: Terimakasih buat senpai Uesima dan mas Tenji. Sayang saya belum bisa kasih cendol nih. he...he... Kalo mas Tenji percuma dikasih cendol, udah luber.D

Makin menarik ternyata membahas KATA di Kushinryu. Juga baru tau kalo sama goju ryu masih kerabat dekat. Senpai Uesima,berarti dojo kopo masih melatih senjata dong?

Tapi ngomong-ngmong TS nya kemana nih? Kok ga keliatan?

Salam,
Dio
Ueshima - 17/08/2011 06:26 AM
#107

Quote:
Original Posted By Guardio
Mantap penjelasannya.thumbup: Terimakasih buat senpai Uesima dan mas Tenji. Sayang saya belum bisa kasih cendol nih. he...he... Kalo mas Tenji percuma dikasih cendol, udah luber.D

Makin menarik ternyata membahas KATA di Kushinryu. Juga baru tau kalo sama goju ryu masih kerabat dekat. Senpai Uesima,berarti dojo kopo masih melatih senjata dong?

Tapi ngomong-ngmong TS nya kemana nih? Kok ga keliatan?

Salam,
Dio


gpp g dikasi cendol jg,kebetulan sekarang mah lg ngetren es goyobod kliningan,hehe
dojo kopo msh melatih senjata,bo sama sai,sedikit iaido krn kebetulan ada praktisi dr muso jikiden eishinryu iaijutsu (muridnya sensei kenji),
sensei ohmine (Kushin ryu Uruguay) pun belajar aliran muso jikiden begitu jg sensei Ueshima.
kalo sy belajar ilmu pedang aliran youtube ryu,hahaYb
salam
Ueshima - 17/08/2011 06:30 AM
#108

Quote:
Original Posted By zenwalk
@Ueshima
wah jangan sedih donk kang Ueshima D



weleh,,, makin rumit aja -_-'


jd curiga...hmmm
metal:
thenfahmy - 17/08/2011 03:43 PM
#109

Quote:


sudah saya update di pejwan link kata yg sensei ueshima posting di page 5,monggo di cekthumbup:

Kata Pinan by Senpai Ueshima Kushin Ryu Indonesiailoveindonesias
Quote:
Original Posted By Ueshima

[YOUTUBE]tDi-0MbmCNc[/YOUTUBE][YOUTUBE]vNK7oGpwKKQ[/YOUTUBE]
[YOUTUBE]LnIkXN-5Mn0[/YOUTUBE][YOUTUBE]v7jmgsOiMVk[/YOUTUBE]
[YOUTUBE]4vCVqSYHdDM[/YOUTUBE][YOUTUBE]hYiejX6nYLI[/YOUTUBE]
[YOUTUBE]mm_QKxp9c24[/YOUTUBE]




Quote:
Original Posted By Guardio
Mantap penjelasannya.thumbup: Terimakasih buat senpai Uesima dan mas Tenji. Sayang saya belum bisa kasih cendol nih. he...he... Kalo mas Tenji percuma dikasih cendol, udah luber.D

Makin menarik ternyata membahas KATA di Kushinryu. Juga baru tau kalo sama goju ryu masih kerabat dekat. Senpai Uesima,berarti dojo kopo masih melatih senjata dong?

Tapi ngomong-ngmong TS nya kemana nih? Kok ga keliatan?

Salam,
Dio

hadir memantau senpaimahos
maaf senpai2 saya baru bisa online sekarang soalnya di kampung koneksi susahnohope:
wsdkID - 17/08/2011 05:47 PM
#110

Quote:
Original Posted By Ueshima
wah sensei ini jeli jg ya...tp aneh sei,banyak wasit KKI ketika ujian wasit/juri memakai kata dari Kushin ryu dan banyak org2 forki yg menilai bahwa kata Kushin ryu msh ortodox dan memberikan apresiasi yg bagus tp sayangnya di kejuaraan ga bisa dipake setelah muncul peraturan WKF yg baru tahun 2000.berdukas
yg lebih parah lagi ketika kejuaraan daerah KKI di JABAR tahun kemarin atlit2nya banyak yg membawakan kata di luar KKI/Kushin ryu dan itu jd juarabata
nah sy jg pernah memperagakan kata passai/patsai didepan kancho yamabushi dojo (sensei suwito) beliau berpendapat kalo passai yg sy bawakan masih tradisional/okinawa shorin ryu/shuri te.
trims atas apresiasinya...


Emang parah KKI sekarang. Kacau kalo beladiri sdh dijadikan alat politik. lieuuur
Ueshima - 17/08/2011 11:43 PM
#111

Quote:
Original Posted By thenfahmy
sudah saya update di pejwan link kata yg sensei ueshima posting di page 5,monggo di cekthumbup:

Kata Pinan by Senpai Ueshima Kushin Ryu Indonesiailoveindonesias

iya nih menghilang begitu aja...ternyata udah duluan mudik,haha
trims senpai...merdekaaailoveindonesias





hadir memantau senpaimahos
maaf senpai2 saya baru bisa online sekarang soalnya di kampung koneksi susahnohope:
Guardio - 20/08/2011 10:11 AM
#112

Quote:
Original Posted By Ueshima
wah,trims bgt penjelasannya sensei,ini salahsatu manfaat dr sharing dan crosstraining dgn org2 dr luar aliran.
terus terang (maaf) kami dr KKI msh bnyk yg terkungkung oleh rasa fanatik berlebihan yg efek sampingnya adalah merasa alirannya paling istimewa sehingga tdk mau "gaul" sama org2 dr aliran lain (jd curcor gini,hehe...).
sementara disatu sisi sensei2/pelatih2 kurang sekali pengetahuan sejarahnya.
kalo sy pribadi dididik sama sensei sy (Sensei Sofyan Hambally) utk fanatik tp ttp hrs terbuka menerima info dr luar dan bergaul dgn praktisi MA lain.
contohnya begini:ketika suatu saat sy dibawa ke kejuaraan goju ryu di malaysia,sensei sy mengizinkan dan bahkan mensupport tp ketika balik lg ke INA ketika bertemu dgn senior2 KKI dr dojo lain,salahsatunya bilang ke sy "km udah pindah aliran ya?",hanya gara2 sy ikut kejuaraan internal goju ryu.
kenapa bisa berbeda sikap seperti itu?1. sensei sy lebih terbuka krn mengetahui info sejarah yg menyatakan kalo Kushin ryu dan Goju ryu itu msh satu rumpun krn mempunyai darah Naha-te,2. senior KKI yg bilang sy pindah aliran sama sekali (sepertinya) tdk tahu sejarah,link lineage Kushin ryu dgn aliran lain apalagi sampe crosstraining dan ikut seminar2 MA.
tidak ada maksud apapun sy berbicara seperti ini,ini hanya gambaran bahwa fenomena seperti ini pastinya bukan hanya sy saja yg pernah mengalami,sy yakin teman2 dr aliran lain jg pernah mengalami hal yg sama.

sekali lg terima kasih,info ini sgt berguna sekali...osh.:2thumbup


Nyambung yang ini ya senpai Ueshima?

Saya dulu juga merasakan soal fanatik yg menurut saya agak berlebih, semasa masih aktif di KKI. Tapi rasanya ga cuma di KKI. Sekarang di Kempo pun sama. Kami-kami yg aktif cuap-cuap di kaskus sebetulnya juga bisa dianggap suatu pembangkangan. Karena sebetulnya dalam AD/ART nya Perkemi ada instruksi untuk tidak berdiskusi dan berpolemik di luar Perkemi. Instruksi ini pun dikutip dalam buku pelajaran kyu-2. Kaskus kan di luar Perkemi.

Masih di buku panduan kyu-2, bersamaan dg itu juga diinstruksinan buat melihat perkembangan MA lain dan bersilahturahmi. Dalam praktek kadang kala lupa pada batasan. Akhirnya kebabalasan dg cross training dan belajar MA lain. Ini jadi persoalan kalo ketahuan dan banyak kok yg ketahuan. Melihat contoh-contoh yg ada akhirnya rata-rata pada ambil sikap 'main aman' dg ga mau tau 'dunia luar'.

Saya pribadi merasa jaman sudah berubah. Harus lebih terbuka dg melihat batasannya. Gimana orang mau kenal kita kalo kitanya tertutup? Media internet juga berkembang pesat. Apa iya bisa dibendung?

Kembali ke KKI dan fanatisme. Saya curhat sedikit ya? Beberapa tahun yg lalu saya coba-coba main ke salah satu dojo KKI di Jakarta. Maksud saya cuma mau temu kangen dan silahturami. Sama sekali tidak ada niat jelek. Saya masih panggil pelatih di sana dg sebutan senpai. Awalnya ga masalah, suasana mulai cair dan nostalgia. Si anu di mana sekarang? Si anu masih aktif?

Karena dojo nya di GOR dan kebetulan ada dojo kempo di GOR itu. Salah satu kenshi masuk ke GOR dan menyapa saya dg sebutan senpai. Ga lama senpai saya di Kempo juga datang, saya sepontan memberi salam versi kempo. Kontan sikap para senpai di KKI berubah dan menjaga jarak. Suasana yg tadinya sudah cair jadi kaku lagi, ditambah saya membaca ada unsur kecurigaan.

Di dojo kempo pun saya dipanggil senpai saya. Saya ditanya,"Tadi itu siapa kok kamu pake kata senpai ke dia? Apa kamu aktif di karate?" Buat saya sungguh merupakan pengalaman yg tidak enak. Di sana-sini dicurigai, dan sangat tidak nyaman. Semestinya kan ga harus spt itu. Apa pola pikir saya yg terlalu liberal dan moderat ya?

Waduh maaf nih jadi OOT dan curhat...D Buat senpai TS kalo curhatan saya mengganggu PM aja, nanti saya delete.shakehand

Salam,
Dio
Ueshima - 22/08/2011 08:00 PM
#113

Quote:
Original Posted By Guardio
Nyambung yang ini ya senpai Ueshima?

Saya dulu juga merasakan soal fanatik yg menurut saya agak berlebih, semasa masih aktif di KKI. Tapi rasanya ga cuma di KKI. Sekarang di Kempo pun sama. Kami-kami yg aktif cuap-cuap di kaskus sebetulnya juga bisa dianggap suatu pembangkangan. Karena sebetulnya dalam AD/ART nya Perkemi ada instruksi untuk tidak berdiskusi dan berpolemik di luar Perkemi. Instruksi ini pun dikutip dalam buku pelajaran kyu-2. Kaskus kan di luar Perkemi.

Masih di buku panduan kyu-2, bersamaan dg itu juga diinstruksinan buat melihat perkembangan MA lain dan bersilahturahmi. Dalam praktek kadang kala lupa pada batasan. Akhirnya kebabalasan dg cross training dan belajar MA lain. Ini jadi persoalan kalo ketahuan dan banyak kok yg ketahuan. Melihat contoh-contoh yg ada akhirnya rata-rata pada ambil sikap 'main aman' dg ga mau tau 'dunia luar'.

Saya pribadi merasa jaman sudah berubah. Harus lebih terbuka dg melihat batasannya. Gimana orang mau kenal kita kalo kitanya tertutup? Media internet juga berkembang pesat. Apa iya bisa dibendung?

Kembali ke KKI dan fanatisme. Saya curhat sedikit ya? Beberapa tahun yg lalu saya coba-coba main ke salah satu dojo KKI di Jakarta. Maksud saya cuma mau temu kangen dan silahturami. Sama sekali tidak ada niat jelek. Saya masih panggil pelatih di sana dg sebutan senpai. Awalnya ga masalah, suasana mulai cair dan nostalgia. Si anu di mana sekarang? Si anu masih aktif?

Karena dojo nya di GOR dan kebetulan ada dojo kempo di GOR itu. Salah satu kenshi masuk ke GOR dan menyapa saya dg sebutan senpai. Ga lama senpai saya di Kempo juga datang, saya sepontan memberi salam versi kempo. Kontan sikap para senpai di KKI berubah dan menjaga jarak. Suasana yg tadinya sudah cair jadi kaku lagi, ditambah saya membaca ada unsur kecurigaan.

Di dojo kempo pun saya dipanggil senpai saya. Saya ditanya,"Tadi itu siapa kok kamu pake kata senpai ke dia? Apa kamu aktif di karate?" Buat saya sungguh merupakan pengalaman yg tidak enak. Di sana-sini dicurigai, dan sangat tidak nyaman. Semestinya kan ga harus spt itu. Apa pola pikir saya yg terlalu liberal dan moderat ya?

Waduh maaf nih jadi OOT dan curhat...D Buat senpai TS kalo curhatan saya mengganggu PM aja, nanti saya delete.shakehand

Salam,
Dio


hehe...senasib jg rupanya tp masih mending, beda MA, kalo sy kan msh sama2 karate, satu rumpun cuma beda aliran \)
maaf mungkin itulah mengapa Kempo msh kurang gaungnya padahal kalo dibandingin dgn MA2 yg lain kyk Aikido, Capoiera, Muay thai,dll. yg baru msk dan trend di INA, msh lebih "tua".
Ya...mungkin itu udah kebijakan dr sononya, cuma mungkin perlu dipertanyakan jg apakah secara internasional peraturan itu ada jg?
Kembali ke KKI, KKI "tertutup" dan bahkan terkesan ga mau gaul salahsatunya krn merasa dirinya beda dgn karate lain yaitu mengajarkan Jujitsu dlm silabusnya. Maaf bkn bermaksud buruk, hanya saja sikap semacam ini justru akan menjadi bumerang.
Dan sekarang mulai kejadian, sebagai contoh, ada praktisi KKI yg merasa ternyata teknik Jujitsu-nya mudah dipatahkan sehingga menyalahkan tekniknya/MA-nya,dan akhirnya memilih keluar. Kemudian ketika kata Kushin ryu tdk berlaku di aturan WKF maka yg terjadi adalah kegalau-an, bingung, mau pake kata dr aliran mana kalo bertanding nanti? Macam2 jln keluarnya, kalo yg ga tau sejarah ya akhirnya pake kata aliran Shotokan (Soke ga suka hal2 berbau Shotokan-maaf-), sedangkan yg tau lineage mrk lebih memilih yg satu rumpun, kalo ga pake Goju ryu ya Shito ryu. Kalo udah kyk gini di mana fanatik td???hehe
Bahkan (diakui/tidak) kata2 Goju ryu dan Shito ryu yg sekarang ngetrend jd langganan final di kejuaraan2, dulu dipopulerkan oleh atlit KKI yg bernama Sensei Hj. Lia Nurlianty, SH. (putri dr Sensei Sofyan Hambally-Dojo KKI Kopo Bandung).
Kembali ke teknik Jujitsu Kushin ryu, banyak praktisinya yg hanya hapal dan belum faham. Mereka hanya berlatih ketika mau dekat waktu ujian KYU atau DAN. Mereka lebih fokus ke kumite dan kata petandingan. Sebenernya kalo digali lebih dalam lg maka akan didapatkan teknik2 baru yg lahir dr satu teknik dasar/baku.
Berdasarkan keprihatinan itu maka lahirlah organisasi perguruan bernama Kushin ryu Jujitsu Indonesia. Perguruan ini lebih fokus kpd teknik Jujitsu dan pengembangannya.
Yb

salam
xenogears - 23/08/2011 01:35 AM
#114

yang terbaik bagi para beladiri yang melakukan cross training atau berlatih bela diri 2 atau lebih beladiri secara bersamaan........jelas..."RAHASIAKAN" belajar beladiri adalah hak setiap orang.......dan setiap ahli beladiri harus merahasiakan skillnye.................kalo di tanya anda jago beladiri.....cukup >>jawab.....................KAGAKGUA MAH CUMAN MANUSIA BIASA.....
anda ambil karate plus kendo plus pencak silat....RAHASIAKAN....itu hak pribadi anda....
kurangi basa-basi fokus train-train.................................kalo jumpa rekan satu dojo.......pas kita cross training...segera sembunyi ala ninja...peace
Guardio - 23/08/2011 12:56 PM
#115

Quote:
Original Posted By Ueshima
hehe...senasib jg rupanya tp masih mending, beda MA, kalo sy kan msh sama2 karate, satu rumpun cuma beda aliran \)
maaf mungkin itulah mengapa Kempo msh kurang gaungnya padahal kalo dibandingin dgn MA2 yg lain kyk Aikido, Capoiera, Muay thai,dll. yg baru msk dan trend di INA, msh lebih "tua".
Ya...mungkin itu udah kebijakan dr sononya, cuma mungkin perlu dipertanyakan jg apakah secara internasional peraturan itu ada jg?
Kembali ke KKI, KKI "tertutup" dan bahkan terkesan ga mau gaul salahsatunya krn merasa dirinya beda dgn karate lain yaitu mengajarkan Jujitsu dlm silabusnya. Maaf bkn bermaksud buruk, hanya saja sikap semacam ini justru akan menjadi bumerang.
Dan sekarang mulai kejadian, sebagai contoh, ada praktisi KKI yg merasa ternyata teknik Jujitsu-nya mudah dipatahkan sehingga menyalahkan tekniknya/MA-nya,dan akhirnya memilih keluar. Kemudian ketika kata Kushin ryu tdk berlaku di aturan WKF maka yg terjadi adalah kegalau-an, bingung, mau pake kata dr aliran mana kalo bertanding nanti? Macam2 jln keluarnya, kalo yg ga tau sejarah ya akhirnya pake kata aliran Shotokan (Soke ga suka hal2 berbau Shotokan-maaf-), sedangkan yg tau lineage mrk lebih memilih yg satu rumpun, kalo ga pake Goju ryu ya Shito ryu. Kalo udah kyk gini di mana fanatik td???hehe
Bahkan (diakui/tidak) kata2 Goju ryu dan Shito ryu yg sekarang ngetrend jd langganan final di kejuaraan2, dulu dipopulerkan oleh atlit KKI yg bernama Sensei Hj. Lia Nurlianty, SH. (putri dr Sensei Sofyan Hambally-Dojo KKI Kopo Bandung).
Kembali ke teknik Jujitsu Kushin ryu, banyak praktisinya yg hanya hapal dan belum faham. Mereka hanya berlatih ketika mau dekat waktu ujian KYU atau DAN. Mereka lebih fokus ke kumite dan kata petandingan. Sebenernya kalo digali lebih dalam lg maka akan didapatkan teknik2 baru yg lahir dr satu teknik dasar/baku.
Berdasarkan keprihatinan itu maka lahirlah organisasi perguruan bernama Kushin ryu Jujitsu Indonesia. Perguruan ini lebih fokus kpd teknik Jujitsu dan pengembangannya.
Yb

salam


Iya, ternyata ga enak ya dicurigai begitu. Ini juga jadi pertanyaan saya tapi lupa terus. Setau saya KKI itu tidak mengijinkan Karatekanya 'mendua'. Makanya dulu itu waktu saya aktif, saya sembunyi-sembunyi kalo saya dobel ikut latihan Black Panther Karate. Sementara saya tidak sembunyi-sembunyi di Black Panther. Karena di sana memang secara terbuka dan dari awal tidak melarang cross training. "Apa yg kamu tidak dapat di Perguruan ini silahkan cari di luar." Di sana juga beragam, ada judoka, ada tekwondoin, tapi kebanyakan sih kaya saya karate. Nah pertanyaan saya, kok senpai Ueshima bisa 3 yudansha sekaligus? Kalo KKI dg KJI masih satu grup, lah kalo dg goju ryu?

Kempo pernah populer, pernah booming sampai-sampai dojo pada kewalahan. Padahal dulu itu masa-masa dilatih dg pola lama, begitu kerasnya. Kondisi berubah, kurikulum dari honbu (WSKO) juga berubah. Tapi pola pikir para senior banyak yg belum berubah. Mereka masih berkeyakinan ga perlu cari murid. Biar gayung yg datengin ember, bukan ember yg nyariin gayung. Padahal kondisi sudah tidak sama. Juga berlawanan dg prinsip-prinsip marketing. Kalo tidak punya murid, siapa nanti yg meneruskan Perkemi?

Oh Hj. Lia Nurlianty, SH itu putrinya Ss Sofyan Hambally ya? Pantas gerakannya bagus sekali. Saya pernah liat di youtube beliau memainkan kata. Kalo tidak salah 3 Dan ya? Saya jadi tambah pemahamannya ternyata satu rumpun dg shito ryu juga ya? Pantas di awal thread ini ada yg posting, mirip shito ryu. BTW, anak saya yg pertama shotokan. Sudah sabuk biru, sudah mulai males-malesan. Kalo disuruh berangkat latihan malah timbul konflik dg saya. hammer: Parah anak jaman sekarang he..he...D Tp sptnya tidak diajarkan sanchin di sana.

Salam,
Dio
Guardio - 23/08/2011 01:14 PM
#116

Quote:
Original Posted By xenogears
yang terbaik bagi para beladiri yang melakukan cross training atau berlatih bela diri 2 atau lebih beladiri secara bersamaan........jelas..."RAHASIAKAN" belajar beladiri adalah hak setiap orang.......dan setiap ahli beladiri harus merahasiakan skillnye.................kalo di tanya anda jago beladiri.....cukup >>jawab.....................KAGAKGUA MAH CUMAN MANUSIA BIASA.....
anda ambil karate plus kendo plus pencak silat....RAHASIAKAN....itu hak pribadi anda....
kurangi basa-basi fokus train-train.................................kalo jumpa rekan satu dojo.......pas kita cross training...segera sembunyi ala ninja...peace


Betul bro, itu hak setiap orang. Cuma kan di awal kita sudah janji tidak akan melakukan cross training. Saya kutip terjemahan aslinya ya? "we will not disgrace our ancestors nor double-cross our instructors,..." Kata-kata yg saya bold itu yg sering kali jadi ganjalan. Kalo saya melakukan cross training rasanya saya men-double cross instruktur saya.

Biasanya kalo kita sudah lama dalam suatu kumpulan. Komunitas kita sudah terbangun, sudah punya teman-teman, kita sendiri sudah nyaman. Kalo kita melanggar kode etik perkumpulan, maka kita akan 'disidang' oleh orang-orang yg kita kenal. Sangsinya tidak seberapa, paling dipecat atau diberi peringatan. Tapi prosessnya itu lho...memalukan. Dibenak temen-temen kita,"Kaya orang baru aja lu? Ginian masih dilanggar." Belum lagi senior di atas kita ditegur karena dianggap lalai melakukan pengawasan terhadap kita. Kasian si senior, ditegur karena kesalahan kita.

Tapi itu sih cuma pendapat saya pribadi bro. Peace:

Salam,
Dio
Ueshima - 23/08/2011 08:03 PM
#117

Quote:
Original Posted By Guardio
Iya, ternyata ga enak ya dicurigai begitu. Ini juga jadi pertanyaan saya tapi lupa terus. Setau saya KKI itu tidak mengijinkan Karatekanya 'mendua'. Makanya dulu itu waktu saya aktif, saya sembunyi-sembunyi kalo saya dobel ikut latihan Black Panther Karate. Sementara saya tidak sembunyi-sembunyi di Black Panther. Karena di sana memang secara terbuka dan dari awal tidak melarang cross training. "Apa yg kamu tidak dapat di Perguruan ini silahkan cari di luar." Di sana juga beragam, ada judoka, ada tekwondoin, tapi kebanyakan sih kaya saya karate. Nah pertanyaan saya, kok senpai Ueshima bisa 3 yudansha sekaligus? Kalo KKI dg KJI masih satu grup, lah kalo dg goju ryu?

Kempo pernah populer, pernah booming sampai-sampai dojo pada kewalahan. Padahal dulu itu masa-masa dilatih dg pola lama, begitu kerasnya. Kondisi berubah, kurikulum dari honbu (WSKO) juga berubah. Tapi pola pikir para senior banyak yg belum berubah. Mereka masih berkeyakinan ga perlu cari murid. Biar gayung yg datengin ember, bukan ember yg nyariin gayung. Padahal kondisi sudah tidak sama. Juga berlawanan dg prinsip-prinsip marketing. Kalo tidak punya murid, siapa nanti yg meneruskan Perkemi?

Oh Hj. Lia Nurlianty, SH itu putrinya Ss Sofyan Hambally ya? Pantas gerakannya bagus sekali. Saya pernah liat di youtube beliau memainkan kata. Kalo tidak salah 3 Dan ya? Saya jadi tambah pemahamannya ternyata satu rumpun dg shito ryu juga ya? Pantas di awal thread ini ada yg posting, mirip shito ryu. BTW, anak saya yg pertama shotokan. Sudah sabuk biru, sudah mulai males-malesan. Kalo disuruh berangkat latihan malah timbul konflik dg saya. hammer: Parah anak jaman sekarang he..he...D Tp sptnya tidak diajarkan sanchin di sana.

Salam,
Dio


Memang saking panatiknya orang2 KKI sampe ga boleh cross training tp ga semua kyk gitu karena setahu sy di AD/ART KKI bahkan di Kushin ryu (WKKO) tidak ada pasal yg mengatur hal seperti itu, jd pada dasarnya kita diperbolehkan mempelajari MA lain, bagaimana tidak boleh wong bertanding aja kita pake kata aliran lainngakaks
Kenapa sy bisa yudansha di Okinawa Goju ryu? gini ceritanya...
Di tempat sy kerja ada dojo Okinawa Goju ryu (GOJUINDO) yg pada waktu itu (sekarang jg,hehe) di cap sebagai aliran ilegal karena tidak diakui oleh FORKI. Suatu hari sy penasaran dan ikut latihan kemudian sering diskusi dengan sensei-nya (Sensei Firdaus-founder) tentang sejarah serta hubungan antar aliran karate. Dari beliau pula sy jd lebih faham lineage Kushin ryu serta hubungannya dgn aliran lain. Hasil diskusi dengan beliau sy sampaikan kepada Sensei sy di KKI (Sensei Sofyan Hambally) dan beliau memandang positif apa yg sy sampaikan bahkan beliau mulai terbuka dan menceritakan pengalaman beliau. Sensei Sofyan bilang, di Japan, Kushin ryu sama Goju ryu dekat sekali (sambil memperlihatkan foto2 yg memuat Sensei Matsuzaki berpose bersama Sensei Gogen Yamaguchi, Sensei Sofyan dengan Sensei Kisaki dr Yuishinkan Goju ryu). Beliau bersama Soke Matsuzaki berlatih di dojo punya Goju ryu. Soke Matsuzaki ketika masih mahasiswa sempa berlatih di Goju ryu.
Nah hingga akhirnya sy diperbolehkan ikut latihan di Gojuindo dengan syarat apa yg sy dapat harus ditransfer ke siswa2 di dojo Kopo, karena materi yg didapat selain untuk kejuaraan jg untuk menambah wawasan baik teknik maupun sejarah. Jadi yg diajarin, contohnya kata, kata tradisional dan kata untuk bertanding. Setelah sekian lama latihan akhirnya Sensei Firdaus menawari sy untuk ikut ujian DAN, dengan alasan bahwa ilmu Goju ryu yg sy dapatkan harus bisa dipertanggungjawabkan ketika kelak sy ajarkan kepada siswa2 sy di dojo dan merupakan pembelajaran bagi karateka dan perguruan/aliran karate di INA kalo mempunyai grade dr aliran yg berbeda bukanlah suatu yg haram. Terus terang sy senang tp jg bimbang karena bagaimanapun sy harus minta izin sama Sensei sy dan senior2 yg lain, akhirnya sy lapor ke Sensei Sofyan dan beliau rapat dgn senior2 KKI Kopo yg lain, selain itu jg Sensei Firdaus sowan ke rumah Sensei Sofyan utnuk memberikan penjelasan, akhirnya sy diizinkan untuk ikut ujian DAN Okinawa Goju ryuiloveindonesia
begitulah ceritanya,hehe

wah emang susah anak2 sekarang kalo disuruh olah raga, sy jg ga tau nanti anak sy bakal kyk gimana coz sekarang masih ngeringkuk di rahim istri sy,hehe...

setau sy sih shotokan ga belajar sanchin, teknik ibuki aja mereka lakukan hanya saat hendak siaga tanpa pengaturan nafas yg baik,itu yg sy perhatikan ketika TC di FORKI daerah.
Ueshima - 25/08/2011 12:59 PM
#118

agan2 dr KKI dan KJI gabung dong...bukan malah "berkeliaran" di thread tetangga...
sup2:sup2:sup2:sup2:sup2:
Guardio - 26/08/2011 05:50 AM
#119

Quote:
Original Posted By Ueshima
Memang saking panatiknya orang2 KKI sampe ga boleh cross training tp ga semua kyk gitu karena setahu sy di AD/ART KKI bahkan di Kushin ryu (WKKO) tidak ada pasal yg mengatur hal seperti itu, jd pada dasarnya kita diperbolehkan mempelajari MA lain, bagaimana tidak boleh wong bertanding aja kita pake kata aliran lainngakaks
Kenapa sy bisa yudansha di Okinawa Goju ryu? gini ceritanya...
Di tempat sy kerja ada dojo Okinawa Goju ryu (GOJUINDO) yg pada waktu itu (sekarang jg,hehe) di cap sebagai aliran ilegal karena tidak diakui oleh FORKI. Suatu hari sy penasaran dan ikut latihan kemudian sering diskusi dengan sensei-nya (Sensei Firdaus-founder) tentang sejarah serta hubungan antar aliran karate. Dari beliau pula sy jd lebih faham lineage Kushin ryu serta hubungannya dgn aliran lain. Hasil diskusi dengan beliau sy sampaikan kepada Sensei sy di KKI (Sensei Sofyan Hambally) dan beliau memandang positif apa yg sy sampaikan bahkan beliau mulai terbuka dan menceritakan pengalaman beliau. Sensei Sofyan bilang, di Japan, Kushin ryu sama Goju ryu dekat sekali (sambil memperlihatkan foto2 yg memuat Sensei Matsuzaki berpose bersama Sensei Gogen Yamaguchi, Sensei Sofyan dengan Sensei Kisaki dr Yuishinkan Goju ryu). Beliau bersama Soke Matsuzaki berlatih di dojo punya Goju ryu. Soke Matsuzaki ketika masih mahasiswa sempa berlatih di Goju ryu.
Nah hingga akhirnya sy diperbolehkan ikut latihan di Gojuindo dengan syarat apa yg sy dapat harus ditransfer ke siswa2 di dojo Kopo, karena materi yg didapat selain untuk kejuaraan jg untuk menambah wawasan baik teknik maupun sejarah. Jadi yg diajarin, contohnya kata, kata tradisional dan kata untuk bertanding. Setelah sekian lama latihan akhirnya Sensei Firdaus menawari sy untuk ikut ujian DAN, dengan alasan bahwa ilmu Goju ryu yg sy dapatkan harus bisa dipertanggungjawabkan ketika kelak sy ajarkan kepada siswa2 sy di dojo dan merupakan pembelajaran bagi karateka dan perguruan/aliran karate di INA kalo mempunyai grade dr aliran yg berbeda bukanlah suatu yg haram. Terus terang sy senang tp jg bimbang karena bagaimanapun sy harus minta izin sama Sensei sy dan senior2 yg lain, akhirnya sy lapor ke Sensei Sofyan dan beliau rapat dgn senior2 KKI Kopo yg lain, selain itu jg Sensei Firdaus sowan ke rumah Sensei Sofyan utnuk memberikan penjelasan, akhirnya sy diizinkan untuk ikut ujian DAN Okinawa Goju ryuiloveindonesia
begitulah ceritanya,hehe

wah emang susah anak2 sekarang kalo disuruh olah raga, sy jg ga tau nanti anak sy bakal kyk gimana coz sekarang masih ngeringkuk di rahim istri sy,hehe...

setau sy sih shotokan ga belajar sanchin, teknik ibuki aja mereka lakukan hanya saat hendak siaga tanpa pengaturan nafas yg baik,itu yg sy perhatikan ketika TC di FORKI daerah.


Wih, mantap dong kalo direstui oleh kedua belah pihak begitu. Sampe 'dipinang' untuk ujian DAN begitu. Spt nya senpai Ueshima 'murid' kesayangan kedua belah pihak nih. Berarti penyandang DAN pertama di Kushinryu yg legal menyandang dobel-dobel gitu dong. Kalo orang dulu bilang jodohnya bagus di karate. Wah pokoknya mantaplah.thumbup:

Salam,
Dio
thenfahmy - 26/08/2011 02:40 PM
#120

Quote:
Original Posted By Ueshima
agan2 dr KKI dan KJI gabung dong...bukan malah "berkeliaran" di thread tetangga...
sup2:sup2:sup2:sup2:sup2:

jadi nambah pengetahuan nih newbie seperti saya setelah baca postingan dari senpai2sup2:sup2:sup2:sup2:sup2:
Page 6 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Kushin Ryu Karate 空心流