Netherlands
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Netherlands > adopsi belanda-indonesia
Total Views: 1296 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

sylvester152 - 17/07/2011 06:12 PM
#1
adopsi belanda-indonesia
gan, kita tahu bahwa kita dijajah oleh belanda selama 350tahun. tapi kenapa kita menganut lajur kiri, dimana stir berada di sebelah kanan !!. Sedangkan negara belanda sendiri menganut lajur kanan, dan stir disebelah kiri. kenapa bs berbeda gan ? ane udah coba nanya di yahoo answer. katanya kita menganut kulture inggris, dimana inggris sendiri dan persemakmuranya letak stir kendaraanya disebelah kanan, seperti malaysia, singapore, brunei. mereka wajar, krn mereka bekas jajahan inggris. tapi kan kita bukan jajahan inggris, kenapa budaya stir yg ada dibelanda, ga dipake di indo. aneh !. kenapa gan, tolong jelasin ke ane, sejelas2nya.
trus gan, bekas jajahan inggris pada umumnya fasih berbicara bahasa inggris. kenapa kita bekas jajahan belanda, tidak fasih bahkan sama sekali tdk bisa berbahasa belanda. kenapa gan ?? kenapa ?? kenapa bekas jajahan inggris lbh makmur daripada bekas jajahan belanda ?? kenapa gan ? kenapa ???
UPDATE
Quote:
Original Posted By sylvester152
tetep aja gan, ane ga bs terima. Coba kita ga belagu gan. Belagu dalam arti Soekarno jaman dulu melarang bahasa belanda. Ya bhs indonesia, tetep lah gan jd bhs primadona, tp jgn ngelupain bhs belanda gt aja. 350 tahun dijajah, sungguh sangat sia-sia. Cuma mewariskan kata-kata aja. Coba kalo kita jd negara persemakuran belanda gan, kita pasti ga bakalan miskin keq sekarang. Belanda pasti bakalan ngebantu dalam hal militer, jd malingsia ga bakalan berani nyuri tapal batas NKRI. Pasti kita dibantu gan dalam hal ekonomi, krn pangan dibelanda makmur dan melimpah, sehingga rakyat indonesia ga ada yg kelaparan. Trus kalo misalnya jd netherland commonwealth independence state, kita pasti pakai euro gan, yg punya nilai tinggi. Kita malah pake rupiah yg nilainya sangat rendah sekali. 350 dijajah, kita dpt apa gan...???

UPDATE
Intinya ane ga mau gan, Indonesia jd truly asia. Ane pengen indonesia jd negara beda di asia tenggara, ane pengen indonesia jd negara superpower di asia tenggara. Ane pengen, indonesia make euro, ngikutin belanda. ane pengen kendaran indonesia stir kiri dan lebih banyak pake sepeda kayak belanda, biar indonesia bersih. ane pengen org indonesia fasih berbahasa belanda kayak belanda, biar indonesia beda dr negara-negara asia lain, dan indonesia jd negara super power di asia tenggara. Pokoknya ane sangat mendukung indonesia jd negara persemakmuran belanda.indonesia, new amsterdam, suriname, south africa, netherland antilen.adopsi belanda-indonesia
Stash11th - 17/07/2011 10:28 PM
#2

lol
mobil indonesia produk pabrikan mana?
honda, suzuki, daihatsu semua darimana?
jepang kan?
jepang stir di kanan.
-case closed-

pas jaman penjajahan jepang bahasa belanda di banned, jadi mirip kasus orde baru bahasa cina dilarang,
dampaknya pengajaran bahasa belanda saat itu terhenti, jadi cuma oma opa aja yang bisa bahasa belanda sampe sekarang, anak2nya udh gk bisa
-case closed-
sylvester152 - 18/07/2011 02:46 PM
#3

thanks gan dah dijawb. tp ane blm puas. kenapa kita bgt terpengaruh sama jepang, mulai dr kartun, teknologi, bhasa jepang jd pelajaran umum di sekolah2 publik. knp ga ada sedikitpun kulture belanda yg diwariskan ke kita, hanya bangunan2 tua yg jd saksi bisu.adopsi belanda-indonesia
Stash11th - 18/07/2011 04:14 PM
#4

kalo masalah kartun teknologi etc etc udah jelas jepang negara superior dalam hal itu, bukan cuma indonesia aja kok yang kena pengaruh.

kalo masalah pengajaran bahasa jepang di sekolah2 ya itu tergantung minat kepseknya aja,
ane di sekolah aja belajarnya bahasa jerman kok.

satu2nya kultur belanda yang paling dekat dengan kita ya kata2 dalam bahasa belanda
contohnya koelkast- kulkas dan masih banyak lainnya.
sering denger kata bule? menurut agan itu dari kata apa? itu dari Buitenlander(orang asing-ini bahan skripsi saya nanti)
sylvester152 - 18/07/2011 09:07 PM
#5

tetep aja gan, ane ga bs terima. Coba kita ga belagu gan. Belagu dalam arti Soekarno jaman dulu melarang bahasa belanda. Ya bhs indonesia, tetep lah gan jd bhs primadona, tp jgn ngelupain bhs belanda gt aja. 350 tahun dijajah, sungguh sangat sia-sia. Cuma mewariskan kata-kata aja. Coba kalo kita jd negara persemakuran belanda gan, kita pasti ga bakalan miskin keq sekarang. Belanda pasti bakalan ngebantu dalam hal militer, jd malingsia ga bakalan berani nyuri tapal batas NKRI. Pasti kita dibantu gan dalam hal ekonomi, krn pangan dibelanda makmur dan melimpah, sehingga rakyat indonesia ga ada yg kelaparan. Trus kalo misalnya jd netherland commonwealth independence state, kita pasti pakai euro gan, yg punya nilai tinggi. Kita malah pake rupiah yg nilainya sangat rendah sekali. 350 dijajah, kita dpt apa gan...???adopsi belanda-indonesia
Stash11th - 19/07/2011 05:33 PM
#6

tolol amat,
negara ini ada 230 juta orang aja gk bisa selamatin diri sendiri?
mau suruh negara yang cuma punya penduduk 20 juta buat selamatin negara ini?
keep dreaming D

kalo mau ya agan ada 1 pilihan, imigarsi.
memang susah untuk imigrasi apalagi kalo agan adalah seorang warga negara indonesia, banyak persyaratan yang sulit.tapi kalo ada kemauan pasti bisa,

berharap negara ini semaju belanda?
"everything indeed is possible, but change habit of indonesian people is something beyond imagination"
cumicumibusuk - 19/07/2011 05:50 PM
#7

eh tong....pelajaran sejarah mu gimana c??
jawab ini tong
1.sebut negara persemakuran belanda yg maju??
2.atas dasar apa kau bilang belanda bakalan bantu indonesia dalam hal militer??
3.pangan belanda melimpah??tau drmn??

ente mau make bhs belanda??jiah...sebut negara yg make bhs belanda??cuma belanda ae tong....

kalo ente bandingkan dengan bahasa spanyol, prancis, jerman ato inggris...bahasa belanda mah g ada apa apanya....


350 tahun kita dijajah....kita cuma dpt penderitaan tong....
belanda g kayak inggris tong....kalo inggris menjajah....mereka memberikan pendidikan bagi bangsa yg dijajahnya....
nah kalo belanda....mereka g peduli dengan bangsa yg dijajahnya.....dan mereka mewariskan sifat2 "babu" kepada kita....coba liat aj...bangsa kita kalo ketemu bule...tunduknya gimana....nah itu salah satu warisan belanda tong....kita dr doloe dirancang untuk minder ketemu bule...dirancang untuk selalu menganggap bule itu lebih lebih jauh baik drpd kita....

selama mental ente kayak gini ya tong.....indonesia g bakal bisa berubah lebih baik.....

btw Indonesia kayak gini karena oknum2 pejabat yg resek dan kultur masyarakat kita yg memang "manja".....karena kita sudah punya segalanya jadinya males untuk keluar dr comfort zone.....

ngerti tong??

kesimpulan untuk ente....jika ente kecewa dengan Indonesia skrng ini....tidak ada gunanya berkoar berkoar "jika saja doloe"...."kalo saja"...."coba saja"....kagak mengubah apapa tong......hidup itu memandang kedepan bukan memandang kebelakang.....


belajar yg baik ya tong....demi Indonesia yg lebih baik.....
cumicumibusuk - 19/07/2011 05:54 PM
#8

Quote:
Original Posted By Stash11th

everything indeed is possible


saya percaya Indonesia bisa menjadi lebih baik dr skrng ini....
harapan itu selalu ada....
Stash11th - 19/07/2011 08:31 PM
#9

Quote:
Original Posted By cumicumibusuk

ente mau make bhs belanda??jiah...sebut negara yg make bhs belanda??cuma belanda ae tong....


kalo bego jangan diumbar donk gan, kan malu
capedescapedescapedes

Negara yang pake bahasa belanda selain belanda:

Aruba
Belgium (northern Vlaanderen area)
Curaçao
Netherlands
Sint Maarten
Suriname

http://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_language
cumicumibusuk - 19/07/2011 08:56 PM
#10

Quote:
Original Posted By Stash11th
kalo bego jangan diumbar donk gan, kan malu
capedescapedescapedes

Negara yang pake bahasa belanda selain belanda:

Aruba
Belgium (northern Vlaanderen area)
Curaçao
Netherlands
Sint Maarten
Suriname

http://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_language



jiah si agan....bagi ane c itu bukan "negara"...
aruba?g pernah denger
belgium?bukan orang asli belgium yg make bhs londo....tp karena belgium sama belanda berbatasan langsung...tentunya bahasa belanda ikut nyampur di sana
curacao?negara mana pula ini
sint maarten?san marino?negara kecil ini...
suriname?negara afrika...



negara yg ane maksut itu negara2 besar atau setidaknya maju....bukan negara ketiga.....

misale bahasa spanyol en portugis yg dipakai di negara2 amerika latin....inggris yg dipakai di banyak negara....belum lagi bahasa2 jerman en prancis yg dipake di banyak negara maju misale swiss kanada dan negara2 eropa lainnya....

ngapain juga mikirin negara kecil2 g jelas....capedescapedes
Stash11th - 19/07/2011 09:46 PM
#11

Quote:
Original Posted By cumicumibusuk

belgium?bukan orang asli belgium yg make bhs londo....tp karena belgium sama belanda berbatasan langsung...tentunya bahasa belanda ikut nyampur di sana
curacao?negara mana pula ini
sint maarten?san marino?negara kecil ini...
suriname?negara afrika...


ah sotoy ah agan,
telusuri sejarah dulu donk,
kata siapa bukan orang asli belgium?
agan inget dulu ada Republiek der Zeven Verenigde Nederlanden,
di situ termasuk belgia dan belanda, dari dule memang bahasa belanda udh dipake kok di Vlaanderen, jadi kalo agan bilang bukan orang belgia asli yang pake bahasa itu terus siapa?

terus ingat text tertua yang diakui belanda, Hebba olla vogala haggunan hinase hic enda thu,...) itu yang tulis Hendrik van Veldeke yang merupakan orang belgia.

negara kecil dilihat dari apanya?ukuran? atau tingkat kesejahteraan?
yg kecil yang sejahtera banyak,
yang wilayah gede tapi miskin lebih banyak.
cumicumibusuk - 19/07/2011 09:57 PM
#12

Quote:
Original Posted By Stash11th
ah sotoy ah agan,
telusuri sejarah dulu donk,
kata siapa bukan orang asli belgium?
agan inget dulu ada Republiek der Zeven Verenigde Nederlanden,
di situ termasuk belgia dan belanda, dari dule memang bahasa belanda udh dipake kok di Vlaanderen, jadi kalo agan bilang bukan orang belgia asli yang pake bahasa itu terus siapa?

terus ingat text tertua yang diakui belanda, Hebba olla vogala haggunan hinase hic enda thu,...) itu yang tulis Hendrik van Veldeke yang merupakan orang belgia.

negara kecil dilihat dari apanya?ukuran? atau tingkat kesejahteraan?
yg kecil yang sejahtera banyak,
yang wilayah gede tapi miskin lebih banyak.



jiah si agan......rupanya begono ya......waah maaf salah2 kata deh......
cumicumibusuk - 19/07/2011 10:04 PM
#13

dasar ane mengatakan begitu ialah....orang belgia itu g suka ma orang belanda en orang belanda juga g suka ma orang belgia(orang belanda sendiri yg ngomong)...dimana orang belanda mengatakan orang belgia orang bodoh dan orang belgia mengatakan orang belanda orang pelit...
jd aneh aj...orang belgia mau memakai bahasa belanda....

ane liat negara itu berdasarkan apakah dia negara maju atau tidak....
CMIIW negara maju yg makai bahasa belanda cuma belanda....
diantara negara ini mana yg merupakan negara maju en kaya?
Aruba
Belgium (northern Vlaanderen area)
Curaçao
Netherlands
Sint Maarten
Suriname

jika orang belgia memakai bahasa belanda...artinya cuma 2 negara yg kaya yg memakai bahasa belanda....belanda en belgium....ane g ngerti Sint Maarten itu termasuk negara kaya ato g...sepertinya tidak....

dibandingkan bahasa(seperti spanyol,inggris,jerman, portugis) lain di eropa....bahasa belanda tentunya lebih sedikit pemakaianna.....

terakhir.....CMIIW yaaaaaa........
labeneamata32 - 19/07/2011 10:05 PM
#14

ada debat matabelo:

boleh panas, tapi kepala + hati tetap dinging ya beer:
cumicumibusuk - 19/07/2011 10:12 PM
#15

Quote:
Original Posted By labeneamata32
ada debat matabelo:

boleh panas, tapi kepala + hati tetap dinging ya beer:



jiah si agan ini.......ane mah dibawa santai aja....

ini cuma sharing pendapat kok........

Yb
labeneamata32 - 19/07/2011 11:07 PM
#16

Quote:
Original Posted By cumicumibusuk
jiah si agan ini.......ane mah dibawa santai aja....

ini cuma sharing pendapat kok........

Yb


ah agan ini o

ane juga cuma makin mempersantai kok p

keep sharing gan D
beer:
Stash11th - 20/07/2011 06:03 AM
#17

Quote:
Original Posted By cumicumibusuk
dasar ane mengatakan begitu ialah....orang belgia itu g suka ma orang belanda en orang belanda juga g suka ma orang belgia(orang belanda sendiri yg ngomong)...dimana orang belanda mengatakan orang belgia orang bodoh dan orang belgia mengatakan orang belanda orang pelit...
jd aneh aj...orang belgia mau memakai bahasa belanda....


ane tau,itu cuma sterotipe aja,
orang belanda anggap orang belgia stom(bodoh)
orang belgia anggap orang belanda gierig(pelit)

ya tapi itu kan kasus sama kayak indonesia malaysia aja kan .
Stash11th - 20/07/2011 06:17 AM
#18

Aruba-GDP/kapita $21,800 (2004 est.)
Curacao-GDP/kapita $15,000 (2004 est.)
Suriname-GDP/Kapita $9,700 (2010 est.)

dibandingkan Indonesia yang orang bilang negara kaya

Indonesia $4,200 (2010 est.)
semua data diambil data CIA FACTBOOK, www.cia.gov

Kalo masalah pengguna memang bahasa belanda cuma dipake 28 jutaan orang.
tapi kan belanda selalu mempromosikan bahasa belanda ke seluruh dunia, diantara semua bahasa di dunia, cuma bahasa belanda yang melakukan promosi gencar.
sista30 - 20/07/2011 05:54 PM
#19

Quote dulu aaaahhhh

Quote:
Original Posted By sylvester152
gan, kita tahu bahwa kita dijajah oleh belanda selama 350tahun. tapi kenapa kita menganut lajur kiri, dimana stir berada di sebelah kanan !!. Sedangkan negara belanda sendiri menganut lajur kanan, dan stir disebelah kiri. kenapa bs berbeda gan ?


Gan, sorry. Bukannya ane mau sok tau. Tp kebetulan laki ane orang Belanda asli, bukan Belanda Depok yeee... Waktu kami baru2x tinggal disini, dia juga bingung. Soalnya di negara jajahan Belanda yg lain (Suriname dan Aruba), mereka adopsi cara Eropa. Kl kita menurut adat Inggris, koq rasanya ga masuk akal yaaaa... karena khan Jepang dan Thailand ga dijajah Inggris nah mereka koq ngikutin juga pake setir kanan kayak kita??


Quote:
Original Posted By sylvester152
trus gan, bekas jajahan inggris pada umumnya fasih berbicara bahasa inggris. kenapa kita bekas jajahan belanda, tidak fasih bahkan sama sekali tdk bisa berbahasa belanda. kenapa gan ?? kenapa ?? kenapa bekas jajahan inggris lbh makmur daripada bekas jajahan belanda ?? kenapa gan ? kenapa



Ane lihat, bangsa kita mempunyai kecenderungan untuk melihat apa yg ditinggalkan oleh penguasa terdahulu itu sebagai hal yang jelek dan harus dihancurkan. Jadi bukannya kita belajar untuk memanfaatkannya seperti apa yg terjadi di India dengan jalur kereta peninggalan Inggris, tetapi kita malah justru menghancurkan sarana transportasi yg kiranya dapat menjadi modal untuk membangun negeri ini.

Sedemikian pulanya dengan penggunaan bahasa Belanda di Indonesia.
Saat itu, mereka yg bisa sekolah dan nota bene belajar bahasa Belanda adalah mereka yg berasal dari keluarga terpandang. Bangsawan maupun pengusaha kaya.

Belanda menganut prinsip pembodohan masyarakat karena mereka yg bodoh lebih mudah dipengaruhi dan diatur (prinsip ini juga ane lihat diterapkan oleh kaum agamis radikal).
Selain itu, proses pindah kekuasaan dari BElanda ke Jepang saat itu berlangsung sangat cepat dan brutal. Jepang berusaha mengambil alih kekuasaan dengan segala cara.
Jepang terkenal dengan metode vampire (ini istilah ane sendiri yaaaa) yaitu, hisap sampai habiiissss!!!! Dari semua daerah yg mereka jajah. Indonesia bukanlah satu-satunya korban Jepang. China, dan Korea adalah dua Negara yg paling parah dijajah selain kita.
Jadi, kita tuh ditinggalin Jepang dalam kondisi sekarat dan bangkrut. Nenek ane sering cerita kalau pas jaman kita baru merdeka tuh, mereka Cuma bisa makan makanan babi karena ga kuat beli beras. Babinya sendiri disayang-sayang buat dijual ke orang China di Solo dan Semarang. Gimana mau maju, kalo masyarakatnya kelaparan?
Kl menurut ane, Indonesia itu justru jatuh setelah dijajah Jepang. Praktek korupsi sendiri adalah peninggalan nenek moyang kita. Ingat istilah upeti. Kl mau lewat, bayar upeti dulu. Kl urusan loe mau cepet selesai, loe bayar upeti dulu ke gw.

On the other hand, di mata orang Belanda, orang Indonesia tuh sebenernya disayang-sayang. Karena banyak dari mereka yg merasa “berhutang budi”. Ane sendiri ga pernah merasa diperlakukan seperti “bawahan” ketika ane berkumpul sama orang2x belanda totok. Ane justru merasa di”singkirkan” karena orang tua ane cuman PNS biasa saat ane bergaul dengan pasangan mereka yg orang lokal sini.
Tanya kenapa???
rronald25 - 21/07/2011 03:03 AM
#20

Wah seru nih komentarnya.

Btw Suriname bukan di afrika bang.

Bukan belain belanda, tp belanda sial (or pinter), fokus ke indonesia, sampe ngelepasin New Amsterdam untuk dituker ama ternate or pulau apa gitu di daerah2 ternate ke Inggris (makanya namanya diubah jadi New York), kl belanda ngak fokus, mgkn bisa ky spanyol or portugis, dpt lbh banyak negara tp komditinya ngak sebagus yg didapat di indonesia.

Soal nyetir sih, g rasa lbh krn pengaruh ke jepang, krn jepang stir kanan.

Ada kabar (ngak tau bener apa ngak nih), waktu thn 60-70an, dimasa belanda lg giat2nya membangun, belanda ktnya pernah nawarin ke indonesia u kirim tenaga kerjanya, tp ditolak, nah trsu sbg gantinya belanda pk org turky, makanya di negara2 ky swiss, belanda & german banyak tuh imigran turky keturunan buruh2 banguan yg dulu.

kabar lain, pemerintah belanda dah berkali2 nyoba ksh bantuan ke pemerintah DKI jakarta u bikin kanal penaggulangan banjir, tp ngak pernah diterima, sampe skrg ktnya baru diterima.

Di amsterdam sendiri sih g ngak pernah merasa sbg warna negara kelas 2, malah menurut g kl mereka tau kita dr indo malah lbh gampang akrabnya.

Belgie sih maunya bahasanya disebut flemish, jd 1/2 penduduk belgie pake prancis 1/2 lagi pk flemish.

Emang sih susah kl ngomong berandai2, tp kenyataan sih skrg kemampuan berbahasa sangat penting. Tp ngak usah nyesel lah dulu bahasa belanda dilarang, trus bahasa mandarin dilarang (biarpun sedikit nyesel juga sih soalnya terbukti skrg Cina jd negara super power di ekonomi & kerugian kita ngak bisa bhs mandarin), nah skrg waktunya ngajarin ke anak2 cucu jgn cuma bisa bahsa indo ama inggris doang, dah ngak istimewa kl cm dual language.
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Netherlands > adopsi belanda-indonesia