YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Total Views: 100576 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 175 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

BillyBoen - 25/07/2011 10:53 PM
#1
Mau Kaya? Berhutanglah
Mungkin Agan ngga ngerti apa arti judul tulisan ini, "Loh, bukannya yang biasanya berhutang adalah oang miskin?"

Iya, benar,... orang miskin pada umumnya memiliki banyak hutang. Jelassss, karena untuk memenuhi biaya hidupnya sendiri aja susah, jadi dia harus ngutang sana sini.

Tapi, bukan berarti yang berhutang hanyalah orang miskin. Orang yang super kaya pun memiliki banyak hutang. Dan, jangan heran kalau hutangnya orang kaya biasanya buanyaaaaaakkkk bangettttttt.

Kalau orang miskin yang memiliki pendapatan (misal) Rp.200 ribu/bulan, memiliki hutang Rp.2juta, berarti ratio pendapatan berbanding hutangnya adalah 1:10.

Nah, tau ngga kalau orang kaya berhutang, rationya bisa 1:30, malah bisa lebih! Jadi, jangan kira mereka yang punya property ratusan hektar, hotel bintang lima, mall, dsb itu ngga punya hutang. Mereka pada umumnya mungkin hanya punya uang 20-30%, sisanya hutang.

Dan, mereka itu orang-orang kaya di Indonesia, yang kalau ketika dinilai assetnya, triliunan. Masih ingat bahwa rumus Kekayaan = Modal + Hutang? Jadi kalau kalau triliunan kekayaannya, berarti itu udah termasuk uang yang dimiliki ditambah hutangnya!

Apa yang ingin saya sampaikan di sini? Prinsip Robert Kiyosaki yang pada prinsipnya bilang: Kalau mau kaya, berhutanglah. Koq bisa? OK, gini ilustrasinya...

Kalau Agan punya Rp.100juta, dan mau buka restoran. Anggaplah restoran dengan modal kelipatan Rp.100juta akan menghasilkan untung bersih Rp.20juta/bulan. Berarti dalam 1 tahun, Agan akan mendapatkan keuntungan bersih Rp.240juta.

Nah sekarang, bandingkan kalau...

Agan punya Rp.100juta, dan berhutang ke Bank Rp.400juta. Berarti restoran Agan akan bisa menghasilkan keuntungan bersih Rp.100juta/bulan. Berarti dalam 1 tahun, Agan mendapatkan keuntungan Rp. 1.2M. Setelah bayar hutang ke Bank pun, Agan masih memiliki Rp.800juta dikurangi bunga Rp. 60juta (15% per annum) = Rp. 740juta

Jadi di akhir tahun pertama, Agan akan memiliki Rp.740juta kalau diawal berhutang Rp.400juta, dan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Rp.240juta uang yang Agan miliki apabila Agan memilih tidak berhutang sama sekali.

Tulisan saya ini hanya ilustrasi mudahnya. Karena memang tidak ada rumusan yang pasti dalam berbisnis, banyak faktor X-nya. Bukan berarti kalau modal dikalikan 5, profit juga pasti akan menjadi 5 kali lipat. Tujuan tulisan ini, hanya untuk membuka pemikiran Agan sekalian... karena inilah memang kenyataan yang ada.

Para orang kaya itu, memang memainkan game ini di kehidupan nyatanya sehari-hari. Dan, mau tau apa 1 rahasia lagi? Semakin besar hutangnya, semakin 'lunak' si Bank dalam menagih hutangnya. Jadi jangan heran kalau ada orang kaya yang 'bangkrut', dia akan tetap diberikan kelunakan dalam memenuhi kewajibannya. Jelas, Bank kan juga mau uangnya balik, jadi mereka akan berbaik hati melunakkan jadwal pengembalian hutang, juga bunganya.

Mau kaya? Berhutanglah... (DENGAN CERMAT)!

Billy Boen
CEO, PT Jakarta International Management
President Director, Rolling Stone Cafe Jakarta

Baca juga:
www.billyboen.com/jangan-pernah-sungkan
www.billyboen.com/ngga-bisa-atau-ngga-benar2-mau
www.billyboen.com/komunikasi-kunci-sukses

Twitter: @billyboen
FB: www.facebook.com/billyboenYOT

Author:
"Young On Top" - 30 Rahasia Sukses di Usia Muda
"TOP Words" - Kisah Nyata & Inspiratif 21 Orang TOP Indonesia
"Hidupkan Suksesmu" - Rangkuman Pikiran & Nilai Untuk Sukses
b4rb4r - 25/07/2011 10:57 PM
#2

sip bos..

ini lagi cari utangan bos biar jadi kaya.
junker.elite - 26/07/2011 12:43 AM
#3

mungkin bukan berhutang tapi berhitung bro
ikun666 - 26/07/2011 03:18 AM
#4

ya memang bank bisa menjadi leverage buat usaha kita...
Satu syarat yg pasti,hutang dari bank itu uang panas,haram dalam dunia usaha kalo modal dari bank dipake buat keperluan konsumtif,gw jamin hancur usahanya.
Jadi pastikan dulu kalo kucuran modal tsb akan dialokasikan untuk pengembangan usaha.
SalamMau Kaya? Berhutanglah
pemimpin.asherr - 26/07/2011 05:47 AM
#5

bagus mas billy tapi yang saya rasakan adalah
kemana kita berhutang?
ribetkah kita mengambil utang dengan siA?
bagaimana sistim pembayaran utang?
berapa buanga yang harus kita bayar?

konteks sekarang saya masih anak SMK dan ingin jadi subkontraktor dulu...
orang tua pasti belum mengijinkan saya berhutang lalu karir yang saya dambakan perlu uang banyak...
maka yang harus saya pecahkan permasalahan yang saya bold itu belum saya teliti lebih lanjut...

kasih saran yang saya bold dunk semua
pemimpin.asherr - 26/07/2011 05:52 AM
#6

Quote:
Original Posted By junker.elite
mungkin bukan berhutang tapi berhitung bro


wiks..
judulnya hitung kah?
koq tambah menegaskan hutang...

Quote:
Original Posted By ikun666
ya memang bank bisa menjadi leverage buat usaha kita...
Satu syarat yg pasti,hutang dari bank itu uang panas,haram dalam dunia usaha kalo modal dari bank dipake buat keperluan konsumtif,gw jamin hancur usahanya.
Jadi pastikan dulu kalo kucuran modal tsb akan dialokasikan untuk pengembangan usaha.
SalamMau Kaya? Berhutanglah


memang bank bisa jadi pemecahan masalah tapi bisakah jawab post saya yang sebelumnya...
karena saya masih anak SMK susah meminta uang dibank banyak sama orang tua...
selain itu menguruskan hutang dibank rada susah kata banyak orang
saya anak yang tidak glamour dalam arti kaya tapi berusaha kaya itu masih ada peluangnya
tokoajib.com - 26/07/2011 07:35 AM
#7

Seep gan, kalo gituh saya mau cari utangan dulu deh di warung sebelah
HangManCool - 26/07/2011 07:38 AM
#8

wah kok ane gak berani ambil resiko ya gan,
memang sih bisnis itu perlu dimana kita ngambil resiko,
tapi ini gede aja resiko nya

hammer hammer hammer
duniakuro - 26/07/2011 07:42 AM
#9

masalahnya gan, bagaimana untuk mengetahui apakah kita sudah pantas berhutang?
Ghiachuy - 26/07/2011 07:42 AM
#10

ssiippp bro, ane mw ngutang k bank nihh, tp gk ada jaminannya, jminannya pake surat kawin bisa gk yaa? \)
mus4keciL - 26/07/2011 07:47 AM
#11

stiap org berbeda dan rezeki serta cara mndapatkan rezeki itu beda... jd agan2 klw ngliat usaha trtentu jgn lgsg diaplikasikan.

dan mnurut ane ini trlalu beresiko, krn spekulasi keuntungan teteplh sbg spekulasi,bs jd nyata dan bs g. dan klw usahanya rugi. bgmn?
dan ane prnh dngr "org kaya" yg dgelandang kpolisi (kluarganya bs jd glandangan) gara2 utang sdh jth tempo tp blm bs dbyr sm tu "org kaya"
AlfredRiedl. - 26/07/2011 07:57 AM
#12

bakaI ht nih, mejeng ah :addfriendscendols
skarat09 - 26/07/2011 08:08 AM
#13

iya juga yaa matabelo:
tapi harus tetep dengan manajemen yang baik D

Mau kaya? Berhutanglah... (dengan cermat)! thumbup:
eau - 26/07/2011 08:11 AM
#14

tambahin nih om bill... berhutanglah semampumu... ehehhee
pemimpin.asherr - 26/07/2011 08:20 AM
#15

Quote:
Original Posted By pemimpin.asherr
bagus mas billy tapi yang saya rasakan adalah
kemana kita berhutang?
ribetkah kita mengambil utang dengan siA?
bagaimana sistim pembayaran utang?
berapa buanga yang harus kita bayar?

konteks sekarang saya masih anak SMK dan ingin jadi subkontraktor dulu...
orang tua pasti belum mengijinkan saya berhutang lalu karir yang saya dambakan perlu uang banyak...
maka yang harus saya pecahkan permasalahan yang saya bold itu belum saya teliti lebih lanjut...

kasih saran yang saya bold dunk semua


nih postingan saya sebelumnya harap jawab ya...

Quote:
Original Posted By HangManCool
wah kok ane gak berani ambil resiko ya gan,
memang sih bisnis itu perlu dimana kita ngambil resiko,
tapi ini gede aja resiko nya

hammer hammer hammer


iya gan...
saya baru tahu juga kalau ada investasi tapi pasti bagi hasil

Quote:
Original Posted By duniakuro
masalahnya gan, bagaimana untuk mengetahui apakah kita sudah pantas berhutang?


yuu gan...
saya anak SMK ya hutang gede2 ya gk pantas
Quote:
Original Posted By mus4keciL
stiap org berbeda dan rezeki serta cara mndapatkan rezeki itu beda... jd agan2 klw ngliat usaha trtentu jgn lgsg diaplikasikan.

dan mnurut ane ini trlalu beresiko, krn spekulasi keuntungan teteplh sbg spekulasi,bs jd nyata dan bs g. dan klw usahanya rugi. bgmn?
dan ane prnh dngr "org kaya" yg dgelandang kpolisi (kluarganya bs jd glandangan) gara2 utang sdh jth tempo tp blm bs dbyr sm tu "org kaya"


musti berhati2
Quote:
Original Posted By eau
tambahin nih om bill... berhutanglah semampumu... ehehhee


hihihik,,,
iya gan,,,
tiba2 gk ada setoran bisa2 jaminannya hilang...
oddyses - 26/07/2011 08:23 AM
#16

aduh gan TS, jujur abe kagak ngerti m mksd agan..
berhutang untuk bertambah kaya?? bingung

yah paling tidak ane sedikit mengerti akan "alasan" buat minjem ke bank klo 100jt itu cukup...
emg masuk akal c... wlw dah di jelaskan di tulisan agan akan faktor X, yg jadi masalah kemudian bukan utangnya kan?? tp gmn ngelola utang itu menjadi profit..

wew... agan salut deh m tulisan agan :thumbup, jd tmbah yakin ni tuk mencoba merintis usaha.. yah paling g kelas medium.. malu

thank buat advice nya y gan..
Rinord - 26/07/2011 08:26 AM
#17

Quote:
Original Posted By junker.elite
mungkin bukan berhutang tapi berhitung bro


klo ane gan, berhutang dan berhitung...
SenAtDorm - 26/07/2011 08:44 AM
#18

berhutang dengan cermat D

bolehlah buat pengusaha :addfriends
sayangkaskus - 26/07/2011 08:50 AM
#19

hutang untuk mengembangkan usaha bukan untuk konsumtif

:2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup


Quote:

Mau Berbisnis tanpa Berhutang ? Kunjungi KLIK DISINI
mr.rommsters - 26/07/2011 09:20 AM
#20

SETUJU SEKALI DENGAN TULISAN OM BILLY!!!

saya menerapkan sistem seperti ini dari beberapa tahun kebelakang, alasannya ya ky yg Om Billy tulis, semakin besar modal semakin besar pula keuntungan yg didapat,,,selama ini yg saya lakukan adalah mengelola uang bank untuk usaha saya, dan hasil yg saya dapat lebih dari cukup... bila dibandingkan dengan teman terdekat saya yg memiliki usaha sama tp bertahan tanpa hutang \)
Page 1 of 175 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›