THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Total Views: 644 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

padankcool - 27/07/2011 11:11 PM
#1
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Quote:
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

Quote:
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

Quote:
dan dijamin no HOAX

Apa itu Bali Aga??

Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Bali Aga atau Bali Mula atau Bali Asli. Salah duanya adalah Desa Adat Tenganan. Simak Gambar diatas gan,,! iloveindonesia

Secara topografi Desa Tenganan terletak diantara perbukitan di timur Bali, masuk dalam Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh kurang lebih 17km dari Ibu Kota Kabupaten Amplapura , atau sekitar 65km dari Ibu Kota Propinsi Denpasar. Jangan bayangkan perjalanan panjang yg amat melelahkan, tapi sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan yg sangat indah.

Lalu kenapa sih disebut Bali Aga? Karena Tenganan mempunyai pola kehidupan masyarakat yg berbeda dari desa2 Bali daratan lainnya. Adapaun bbrp keunikan yg dimiliki Tenganan sehingga kita wajib berkunjung adalah :
1. Sistem ritual khusus dalam frekuensi tinggi , dengan menyuguhkan perpaduan agama, seni dan solidaritas sosial. Contohnya dalam gambar dibawah :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


2. Tradisi mekare-kare setiap bulan Juni yaitu tradisi perang pandan dalam kontek ritual, nilai religius, semangat perjuangan dan uji ketangguhan fisik yang diiringi oleh gambelan tradisional selonding. Contohnya seperti gambar dibawah :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


3. Seni kerajinan tenun ikat kain geringsing dengan design dan tata warna khas, serta memiliki bentuk, fungsi dan makna estetis yang tinggi. Kain ini dipakai pada waktu upacara dimana dipercaya dengan memakai kain ini akan terhindar dari penyakit. Kata Geringsing sendiri berasal dari bahasa Bali yaitu “gering” yang berarti penyakit keras dan “sing” berarti tidak.
Ini contohnya :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


Masyarakat dan kebudayaan Tenganan merupakan tempat yang kaya bagi kajian ilmu antropologi, arkeologi, hukum adat sejarah dan sastra dengan penduduk kurang lebih 550 jiwa.

Jadi yuk jalan2 ke Desa Adat Tenganan!!

Mudah-Mudahan ga Repsol,,
malu Kalomau kasi :toast nya ya!!, Lagi ngidam,,malu
jangan ditimpug batabig yah..
KARENA ITU SANGAT SAKIT.

And,
Mulai sekarang jagalah budaya kita agar gak dilirik dan di klaim oleh tetangga yg sirik batas
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
frozst - 27/07/2011 11:11 PM
#2

[CENTER]Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

[url="https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5672154"][b][size="5"][font="Arial Black"][color="Blue"]join grup kami!!
>> ISENG ISENG PERTAMAX
sixstripes - 27/07/2011 11:12 PM
#3

atas ane hebat bgt dah
eeaiam - 27/07/2011 11:12 PM
#4

Ketigaxxx lgi ketigaxxx lagi...


nice info gan,... ada y suku itu di bali...
hush - 27/07/2011 11:21 PM
#5

Quote:
Original Posted By padankcool


Apa itu Bali Aga??

Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Bali Aga atau Bali Mula atau Bali Asli. Salah duanya adalah Desa Adat Tenganan. Simak Gambar diatas gan,,! iloveindonesia

Secara topografi Desa Tenganan terletak diantara perbukitan di timur Bali, masuk dalam Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh kurang lebih 17km dari Ibu Kota Kabupaten Amplapura , atau sekitar 65km dari Ibu Kota Propinsi Denpasar. Jangan bayangkan perjalanan panjang yg amat melelahkan, tapi sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan yg sangat indah.

Lalu kenapa sih disebut Bali Aga? Karena Tenganan mempunyai pola kehidupan masyarakat yg berbeda dari desa2 Bali daratan lainnya. Adapaun bbrp keunikan yg dimiliki Tenganan sehingga kita wajib berkunjung adalah :
1. Sistem ritual khusus dalam frekuensi tinggi , dengan menyuguhkan perpaduan agama, seni dan solidaritas sosial. Contohnya dalam gambar dibawah :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


2. Tradisi mekare-kare setiap bulan Juni yaitu tradisi perang pandan dalam kontek ritual, nilai religius, semangat perjuangan dan uji ketangguhan fisik yang diiringi oleh gambelan tradisional selonding. Contohnya seperti gambar dibawah :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


3. Seni kerajinan tenun ikat kain geringsing dengan design dan tata warna khas, serta memiliki bentuk, fungsi dan makna estetis yang tinggi. Kain ini dipakai pada waktu upacara dimana dipercaya dengan memakai kain ini akan terhindar dari penyakit. Kata Geringsing sendiri berasal dari bahasa Bali yaitu “gering” yang berarti penyakit keras dan “sing” berarti tidak.
Ini contohnya :
Spoiler for Snapshot
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"


Masyarakat dan kebudayaan Tenganan merupakan tempat yang kaya bagi kajian ilmu antropologi, arkeologi, hukum adat sejarah dan sastra dengan penduduk kurang lebih 550 jiwa.

Jadi yuk jalan2 ke Desa Adat Tenganan!!

Mudah-Mudahan ga Repsol,,
malu Kalomau kasi :toast nya ya!!, Lagi ngidam,,malu
jangan ditimpug batabig yah..
KARENA ITU SANGAT SAKIT.

Visit Indonesia Year 2011
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia


mungkin mirip dengan suku baduy atau kampung naga di sunda ya
harus dilestarikan Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Ainsley - 27/07/2011 11:22 PM
#6

Hadir gan D
padankcool - 27/07/2011 11:23 PM
#7

thanks reply positifnya gan,, ilovekaskus iloveindonesia
seane - 27/07/2011 11:24 PM
#8

woww keren gan,,, Nice share gan, ane rate excelent \)
Rafeon - 27/07/2011 11:24 PM
#9

thumbup: nice share..ane baru tau suku yg 1 ini gan...
padankcool - 27/07/2011 11:27 PM
#10

[QUOTE=frozst;480597284][CENTER]Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"
Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"

[URL=https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5672154][B][SIZE="5"][FONT="Arial Black"][COLOR="Blue"]join grup kami!!
>> ISENG ISENG PERTAMAX
memed182 - 27/07/2011 11:28 PM
#11

ane orang bali gan! iloveindonesia

ane dukung thread ente jadi HT beer:

iloveindonesia iloveindonesia
agaism - 27/07/2011 11:30 PM
#12

wah baru tau gan aga artiny asli..
nama ane aga gan asli apany yak wkwkw..ngakak
Lanklink - 27/07/2011 11:33 PM
#13

wew ane baru tau gan kalo ada suku Aga..

nice deh gan..



~^Nih Gan Threat Ane^~
Silahkan Di comeng,:rate5 bole juga cendolbig
~^Sejarah Pesawat Luar angkasa^~
~•Kiat" menguatkan IMAN•~
~PERKEMBANGAN MEDIA PENYIMPANAN~
~^Penjelasan tentang Rumus E=MC2^~
phonda - 27/07/2011 11:33 PM
#14

wwah,,. kayanya yang tradisi mekare-kare sakit tuh..hehehe
memed182 - 27/07/2011 11:37 PM
#15

ane tambahin gan

jadi di Bali itu ada dua suku

Bali Aga dan Bali jawi. Bali Aga itu suku asli yang mendiami bali sejak ribuan tahun silam. Bali Aga hampir mirip dengan suku Badui di Jawa barat, masih terikat dengan adat yang amat kuat.

sedangkan Bali Jawi adalah orang orang Bali yang datang dari Pulau Jawa pada masa Kerajaan Hindu di Indonesia, misalnya kerajaan Singosari, Majapahit, Mataram lama, Kediri, dll

pejwan ya gan beer: beer:
ivansujatmoko - 27/07/2011 11:39 PM
#16

saya blm pernah mampir ke tmpt suku bali aga gan... hammer


ini bukan comment dari ivansujatmoko :shutups
pistol.gwombyok - 27/07/2011 11:50 PM
#17

wah info bagus nie menambah pengetahuan tentang suku di negara kita
padankcool - 27/07/2011 11:50 PM
#18

Quote:
Original Posted By memed182
ane tambahin gan

jadi di Bali itu ada dua suku

Bali Aga dan Bali jawi. Bali Aga itu suku asli yang mendiami bali sejak ribuan tahun silam. Bali Aga hampir mirip dengan suku Badui di Jawa barat, masih terikat dengan adat yang amat kuat.

sedangkan Bali Jawi adalah orang orang Bali yang datang dari Pulau Jawa pada masa Kerajaan Hindu di Indonesia, misalnya kerajaan Singosari, Majapahit, Mataram lama, Kediri, dll

pejwan ya gan beer: beer:


Thanks juga infonya gan...D
kunam.macho - 27/07/2011 11:50 PM
#19

ow jadi kayak gitu gan suku bali alga
nice inpho aja dech buad agannya
hoki.hoki - 28/07/2011 12:00 AM
#20

mantap banget gan D
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Yuk! Mengenal Suku "Bali Aga"