Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)
Total Views: 7546 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 

delelele - 22/01/2012 01:33 AM
#61

Kontroversial.....perlukah?

http://alumniits.com/berita/rehat/377-selamat-jalan-gus-dur.html

Ia akrab disapa Gus Dur, Sang Bapak Bangsa yang sering melontarkan pendapat kontroversial. Bahkan ketika menjabat Presiden RI ke-4 (20 Oktober 1999-24 Juli 2001), ia tak gentar mengungkapkan sesuatu yang diyakininya benar kendati banyak orang sulit memahami dan bahkan menentangnya.

Kendati suaranya sering mengundang kontroversi, tapi suara itu tak jarang malah menjadi kemudi arus perjalanan sosial, politik dan budaya ke depan. Dia memang seorang yang tak gentar menyatakan sesuatu yang diyakininya benar. Bahkan dia juga tak gentar menyatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat banyak orang. Jika diselisik, kebenaran itu memang seringkali tampak radikal dan mengundang kontroversi.

Kendati pendapatnya tidak selalu benar -- untuk menyebut seringkali tidak benar menurut pandangan pihak lain -- adalah suatu hal yang sulit dibantah bahwa banyak pendapatnya yang mengarahkan arus perjalanan bangsa pada rel yang benar sesuai dengan tujuan bangsa dalam Pembukaan UUD 1945.

Pendapatnya seringkali terlihat tanpa interes politik pribadi atau kelompoknya. Ia berani berdiri di depan untuk kepentingan orang lain atau golongan lain yang diyakninya benar. Malah sering seperti berlawanan dengan suara kelompoknya sendiri. Juga bahkan ketika ia menjabat presiden, sepetinya jabatan itu tak mampu mengeremnya untuk menyatakan sesuatu. Sepertinya, ia melupakan jabatan politis yang empuk itu demi sesuatu yang diyakininya benar. Sehingga saat ia menjabat presiden, banyak orang menganggapnya aneh karena sering kali melontarkan pernyataan yang mengundang kontroversi.

Belum satu bulan menjabat presiden, mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (1984-1999) ini sudah mencetuskan pendapat yang memerahkan kuping sebagian besar anggota DPR. Di hadapan sidang lembaga legislatif, yang anggotanya segaligus sebagai anggota MPR, yang baru saja memilihnya itu, Gus Dur menyebut para anggota legislatif itu seperti anak Taman Kanak-Kanak.

Tak lama kemudian, ia pun menyatakan akan membuka hubungan dagang dengan Israel, negara yang dibenci banyak orang di Indonesia. Pernyataan ini mengundang reaksi keras dari beberapa komponen Islam.
Berselang beberapa waktu, ia pun memecat beberapa anggota Kabinet Persatuan-nya, termasuk Hamzah Haz (Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan). Berbagai kebijakan dan pemecatan ini membuatnya semakin nyata jauh dari konspirasi kepentingan politik yang memungkinkan-nya terpilih menjadi presiden.


Gus Dur....yg cinta damai dan anti kekerasan....sekaligus...super berani dan anti kompromi....
sigitwib - 26/01/2012 02:18 AM
#62

sayang trit bagus.. sup2:
delelele - 03/02/2012 11:15 PM
#63

Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)

Saat shalat Idul Adha 2009 di Ciganjur.....

Filsuf Jerman A Schopenhauer mengatakan:

“Semua kebenaran harus melewati tiga tahap.

Pertama, ia dilecehkan.

Kedua, ia dimusuhi dan dilawan dg kekerasan.

Ketiga, ia diterima sebagai hal yg tak terelakkan.”
delelele - 06/02/2012 06:49 AM
#64

Kongkow Bareng GUS DUR


Pilot Pesawat Kepresidenan Alami Keajaiban bersama Gus Dur.
Semasa menjadi presiden Indonesia, Gus Dur sangat rajin menjalin silaturrahmi dengan pemimpin negara lain, satu kebiasaan baik yang telah dikembangkan sejak sebelum ia menjadi presiden kepada masyarakat.

Salah satu lawatan pentingnya adalah ke India di awal Februari 2000, setelah perjalanan panjang dari Eropa. Di negeri yang dialiri sungai Gangga ini, Gus Dur bertemu dengan PM Atal Behari Vejpaye dan Sonia Gandhi dan menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Jawaharlal Nehru.
Perjalanan panjang keliling Eropa dan pulangnya melewati India dan dilanjutkan ke Korea Selatan ini menggunakan pesawat kepresidenan, yang tentu saja memiliki standar keamanan dan pelayanan yang terbaik untuk orang paling penting di Indonesia.

Pada kunjungan tersebut, ketika pesawat udara mendekati New Delhi, terdapat awan yang sangat gelap yang menutupi bandar udara sehingga tidak mungkin untuk mendarat di bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi, sehingga direncanakan mendarat di bandara lain terdekat sebagai alternatif.

Bagi seorang presiden dengan jadual yang sudah diatur secara ketat karena terbatasnya waktu, kondisi ini tentu akan membuat rencana kegiatan menjadi berantakan. Ditengah-tengah situasi seperti itu, tiba-tiba terjadi sebuah fenomena alam yang sangat ajaib, tiba-tiba saja langit terbuka dan sehingga pesawat bisa melewati awan dan begitu bisa mendarat, langit kembali tertutup awan hitam kembali.

Kisah ini disampaikan oleh pilot pesawat kepresidenan yang sedang bertugas kepada adik Gus Dur, Umar Wahid yang merasa takjub dengan kejadian tersebut.

“Ini kebetulan atau tidak, tapi pilot tersebut mengatakan dalam karirnya sebagai pilot, ia tidak pernah mengalami kondisi seperti itu,” katanya.

Sebagai pilot kepresidenan, tentu saja telah dipilih orang dengan jam terbang tinggi dan kemampuan terbaik, kondisi seperti itu merupakan fenomena alam aneh yang baginya juga luar biasa dan tak terlupakan.

“Gus Dur banyak diberi Allah kelebihan, tapi wali atau bukan, wallahu a’lam, ilmu saya tidak cukup,” tandasnya.

http://www.facebook.com/pages/Kongkow-Bareng-GUS-DUR/52807600689
delelele - 06/02/2012 06:58 AM
#65

Ada satu lagi....tapi biar ga jadi polemik...silahkan dibaca sendiri saja...

http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=10150576941440690&id=52807600689
delelele - 06/02/2012 08:57 PM
#66

Oleh Rachmat Hidayat | TRIBUNnews.com – Kam, 11 Agu 2011

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jon Wona, salah satu pendukung setia Gus Dur. Kini, ia tercatat sebagai Ketua DPW Partai Kemakmuran Bangsa Nasional (PKBN), yang kini menjadi basis utama partai loyalis Gus Dur.

Jon Wona, Ketua DPW PKBN Papua berujar, demi Gus Dur ia rela menyisihkan hartanya. "Sampai jual babi, tanah kami juga jual demi berdirinya PKBN di Papua," ujar Wona.
Wona menuturkan tak hanya dirinya, tapi seluruh pendukung Gus Dur bersikap seperti dirinya. Gus Dur, katanya lagi, adalah seorang figur karismatik yang istimewa di Papua.
"Bagi kami, Gus Dur itu dewa di Papua. Berkat Gus Dur, kami seperti ini. Dulu, kalau bicara Papua, kami takut, tapi berkat Gus Durlah yang bisa membuka tabir," ujarnya.

Yenny kemudian menegaskan, menjual tanah, atau babi orang Papua, bukan karena sebagai syarat untuk masuk menjadi pengurus PKBN. Akan tetapi, harta yang dimiliki, tanah dan ternak babi, dijual untuk mengurus segala sesuatu, sehingga memiliki kantor perwakilan PKBN di Papua.

"Untuk sewa kantor, untuk foto kopi, atau untuk transportasi kemana-mana. Bayangkan, untuk sampai ke ibukota provinsi saja harus pakai pesawat, sehingga memerlukan biaya. Untuk ambil SK saja harus mengambil ke kota,"Yenny menjelaskan.

http://id.berita.yahoo.com/jual-babi-demi-gus-dur-120230208.html

Kaget juga membacanya....tapi ... demi Gus Dur....

Gus....engkau mengajarkan kami untuk berjuang dengan apa yang kami punya bukan yang orang lain punya....
delelele - 08/02/2012 03:00 PM
#67

GUS DUR WALI

Beberapa Pengalaman Van Bruinessen dengan Gus Dur
Jakarta, NU Online

Peneliti NU asal Belanda Martin van Bruinessen memiliki banyak pengalaman akan beberapa aspek luar biasa dari Gus Dur. Meskipun demikian, ia memaknainya sebagai bagian dari kecerdasan luar biasa yang dimiliki oleh Gus Dur.

“Gus Dur seorang yang sangat rasionalis, tetapi disisi lain, ia juga sangat percaya macam-macam hal yang tidak masuk akal secara bersamaan. Ia wali gaya Jawa, bukan gaya Timur Tengah, yang nyeleh, memiliki ilmu ladunni, bisa mengetahui yang orang lain tidak tahu,” katanya ketika ditemui NU Online di gedung PBNU.

Dari beberapa kali diskusi yang dihadiri oleh Gus Dur, ia sering melihat Gus Dur tertidur, tetapi kemudian ia bangun sebenar dan melontarkan pertanyaan yang pas, yang lebih cerdas dari pertanyaan orang lain yang menyimak dengan tekun.

Suatu kali, ia juga pernah meminta Gus Dur untuk memberi kata pengantar buku yang ditulisnya. Waktu itu Gus Dur sudah buta, dan ia yakin, tidak ada orang yang membacakan buku tersebut untuk Gus Dur sebagai bahan dalam menulis kata pengantar, tetapi ia mampu menulis kata pengantar yang isinya persis seperti yang dimaksud dalam kandungan buku tersebut.

“Penjelasan saya, ia orang yang sangat cerdas, punya daya ingat luar biasa,” paparnya.

Sebagai gambaran atas kecerdasan Gus Dur, ia mengungkapkan, dalam kunjungannya ke berbagai pesantren di Jawa, Gus Dur bisa mengingat nama-nama yang ia datangi sampai hal-hal yang detail dan tidak pernah salah. Ia selalu dengan akrab menanyakan aspek keluarga dari para kiai sehingga hubungannya menjadi sangat intim dan pribadi

Bruinessen berpendapat, Gus Dur merupakan produk budaya masyarakat Jawa yang memang menyukai aspek mistis. Ketika mengalami kebutaan, Gus Dur semakin tertarik dengan alam gaib, yang mana ia merupakan bagian penting dari dunia tersebut.

“Saya bisa mengerti mengapa Gus Dur dianggap sebagai wali,” terangnya.

Keberadaan Gus Dur juga dianggap sebagai pelindung oleh kelompok minoritas. Mereka melihat Gus Dur sebagai orang yang sudah dianugerahi oleh tuhan kemampuan seperti itu. Ada sesuatu diluar kemanusiaan yang ada pada diri Gus Dur yang tidak dimiliki orang lain

Dalam masyarakat selalu ada kebutuhan yang lebih daripada manusia biasa, yang lebih dekat dengan Allah. Banyak orang berfikir Gus Dur seperti itu.

“Gus Dur bukan tanpa kesalahan dan kelemahan, tetap ia orang baik yang membawa kebaikan dan membawa berkah untuk orang banyak,” paparnya.

Saat menjelang reformasi ia bertemu dengan seorang China yang sangat percaya Gus Dur akan melindungi. Mereka sendiri tidak tahu Gus Dur sendiri adalah manusia yang meminpin ormas Islam terbesar di Indonesia.

Ia juga pernah bertemu seorang pendeta Katolik yang mengatakan, Gus Dur dianugerahi kelebihan yang luar biasa oleh Allah. Agama Katolik juga mengenal konsep kewalian.
delelele - 08/02/2012 09:36 PM
#68

Kongkow Gus Dur

status copas :
pada tahun 1988 an pas ada seminar tentang NU, yg diadakan LDNU DKI & PMII Cabang Ciputat di wisma sjehatera , kebetulan ibunda Gusdur(KH. Abdurrahman Wahid) Nyai Solihah hadir, sa'at sa'at santai panitia mengrubunginya sambil bertanya tanya yg sifatnya pribadi : Bu Nyai dulu waktu mengandung Gusdur, bu Nyai gimana rasanya.. kok anaknya jadi orang berlian ? " tanya salah satu panitia ... Bu Nyai Solihah terus bercerita "dulu sa'at Gudur masih dalam kandungan saya, ujar bu nyai, saya sering solat malam dan wirid sepanjang malam... sa'at itu tasbih yang saya pakai buat wiridan berubah menjadi emas berlian" saya lagsung nagis ke Tuhan "Ya Allah saya tidak minta kekayaan harta, tapi yang saya mau darimu Ya Allah anugrahkanlah anak yang ada dalam kandungan ini menjadi anak soleh" terus tasbih itu berubah seperti semula... oooo sepontan panitia yang ikut mendengarkan kisah pengalaman dari Bu Nyai.. pada bilang pantesan.. emang bibitnya juga unggul// subhanallah contoh yang baik buat kita semua..Allohumahfirlaha wa'atmim laha nuroha...
delelele - 09/02/2012 10:51 PM
#69

HUMOR: Siapa yang Paling Berani??!!

Di atas geladak kapal perang US Army tiga pemimpin negara sedang “berdiskusi”
tentang prajurit siapa yang paling berani. Eh kebetulan di sekitar kapal ada hiu-hiu yang sedang kelaparan lagi berenang mencari makan …

Bill Clinton: Kalau Anda tahu … prajurit kami adalah yang terberani di seluruh dunia … Mayor .. sini deh … coba kamu berenang keliling ini kapal sepuluh kali.

Mayor: (walau tahu ada hiu) siap pak, demia “The Star Spangled Banner” saya siap ,,,(akhirnya dia terjun dan mengelilingi kapal 10 kali sambil dikejar hiu).

Mayor: (naik kapal dan menghadap) Selesai pak!!! Long Live America!!

Clinton: Hebat kamu, kembali ke pasukan!

Koizumi: (tak mau ketinggal, dia panggil sang sersan) Sersan! Menghadap sebentar
(sang Sersan datang) … coba kamu keliling kapal ini sebanyak 50 kali … !

Sersan: (melihat ada hiu … glek … tapi) for the queen I’am ready to serve!!! (pekik sang sersan, kemudian membuka-buka baju lalu terjun ke laut dan berenang keliling 50 kali … dan dikejar hiu juga).

Sersan: (menghadap sang perdana menteri) GOD save the queen!!!

Koizumi: Hebat kamu … kembali ke tempat … Anda lihat Pak Clinton … Prajurit saya
lebih berani dari prajurit Anda … (tersenyum dengan hebat …)

Gus Dur: Kopral ke sini kamu … (setelah dayang …) saya perintahkan kamu untuk
terjun ke laut lalu berenang mengelilingi kapal perang ini sebanyak 100 kali … ok?

Kopral: Hah … Anda gila yah …! Presiden nggak punya otak … nyuruh berenang
bersama hiu … kurang ajar!!! (sang Kopral pun pergi meninggalkan sang presiden)

Gus Dur: (Dengan sangat bangga) Anda lihat Pak Clinton dan Pak … Cumi Cumi … kirakira siapa yang punya prajurit yang paling BERANI!!! … Hidup Indonesia … !!!

ngakakngakakngakak
plushkid - 10/02/2012 07:05 AM
#70

Ane suka Gus Dur karena beliau cerdas, pluralis, toleran, berani, ceplas-ceplos dan ramah.
bennix - 13/02/2012 05:07 PM
#71

Quote:
Original Posted By plushkid
Ane suka Gus Dur karena beliau cerdas, pluralis, toleran, berani, ceplas-ceplos dan ramah.


Gus Dur pemimpin kita yang termasuk paling terbuka, dan sedikit itikad buruk. Herannya gue pas dia jadi presiden kok gak dibubarin itu FPI?
wirogemblung - 13/02/2012 06:07 PM
#72

bagi saya pribadi gus dur adalah seorang wali,..
karomahnya sampe sekarang juga masih terlihat,..(orang tiap hari berziarah ke kuburnya,tanpa ada yg memaksa)
itu salah satu bukti nyata,..
masalah yg kontra itu biasa,..
yang lebih penting adalah bagaimana kita mencontoh budi pekerti/budi baiknya kepada sesama umat manusia....


pandangannya dan omongannya bagi sebagian orang nyeleneh,..bagi sebagian orang luar biasa,..tapi bagi seorang Gus Dur perkataannya adalah sebagai sesuatu yg biasa saja,...


Gus,...
kami mengenangmu sebagai bapak Guru Bangsa,..
:2thumbup
bagong2006 - 13/02/2012 09:40 PM
#73

"GITU AJA KOK REPOOTTTT"

Kata2 favorit Alm Gus Dur , yg mane mempunyai makna yg sangat dalam , yg kalo kite hayati , akan sangat berguna buat kehidupan kite di dunia dan akhirat ........................... ngacir:
wirogemblung - 14/02/2012 08:24 AM
#74

Quote:
Original Posted By whitepapers
bata aduh agan - agan najis nih,pernah liat vidio lain ttg gusdur ga??

beliau berusaha mengganti kalimat Assalamualaikum,menjadi selamat pagi,siang/malam.berdukas

dan banyak hal2 lain yg menyimpang yg pernah saya dengar....capedes




itu salahnya gus dur ya?....D
kalo salahmu apa.......:travel
delelele - 15/02/2012 12:19 AM
#75

Foto ini kalo melihat senang deh....terobati rasa rinduku pada engkau Gus...

Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)

Satu lagi, foto ini yg mengingatkan lelucon Gus Dur terhadap wartawan...yg berebut mau minta wawancara

Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)


Bercandaannya begini....saat wartawan mengerubungi Gus Dur minta pernyataannya dan pada berjubel...dg seriusnya Gus Dur...bilang...

"Tenang...tenang...semua kebagian....soalnya di sini ada 2 gus...yaitu Gus Dur dan Gus Mao..."

ngakakngakakngakak


Terlihat jelas...kepiawaiannya...dalam berkomunikasi dan membangun hubungan yang hangat

So...terhadap ucapan Gus Dur...yg memang piawai dlm berkomunikasi...kita pun harus pandai juga....spt Gitu Aja Kok Repot....dalam itu....kalo dikaji.

Lain kali...jurus2 mabuknya Gus Dur...mgkn ada teman kaskuser lainnya yg punya info...boleh disaring...kita bernostalgia dg Gus Dur...
delelele - 15/02/2012 12:22 AM
#76

Ini salah satu gaya komunikasinya Gus Dur....agak ekstrim...tapi begitulah pemimpin revolusi...

http://sosok.kompasiana.com/2012/01/01/ada-gus-dur-di-tenabang-tw-juga-ada/

Kutipan....

24 April tahun 2000, di sebuah dialog terbuka di SCTV bersama Karni Ilyas. Terang benerang Gus Dur menunjuk hidung TW sebagai pemilik bisnis judi di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu. Kapolripun diperintahkan segera menutup dan menangkap TW, ketika itu.

Berikut petikan komentar Gus Dur ketika itu

“Itulah yang terjadi hari ini. Saya mendapat laporan bahwa ada pulau di Teluk Jakarta, Pulau Ayer, dipakai untuk perjudian. Karena itu, saya minta kepada Kapolri untuk menutup dan mengenakan tindakan hukum kepada para pelakunya. Ini bukan karena saya setuju atau tidak setuju, tetapi karena itu melanggar undang-undang,”

Disusul dengan pernyataan berikut ;

“Begitu juga saya dengar, di dekat situ ada kapal laut yang dipakai untuk berjudi. Lagi-lagi ini melanggar hukum, karena ada cukongnya, yaitu TW


Kutipan bbrp paragraph terakhir :

Tulisan ini sejatinya, saya publish dua hari lalu ketika kita mengenang dua tahun wafatnya Gus Dur, tapi karena butuh menimbang-bimbang banyak hal, ya jadilah baru sekarang keberanian itu terkumpul untuk mempublikasikan tulisan ini. Banyak orang menulis Gus Dur dengan berbagai perspektif hidupnya. Tapi mungkin kita lupa menuliskan kembali bahwa Gus Dur pernah begitu garang pada Tommy Winata. Ada apa dengan kegarangan itu ? ya hanya Gus Dur dan Tuhanlah yang tahu.

Tapi, Gus Dur mengajarkan kita untuk tak pernah tunduk dan takut pada kekuatan sebesar apapun. Selama itu bukan kekuatan Tuhan. Mungkin spirit itu pula yang membuat Tempo berani menerbitkan “Ada Tommy di Tenabang?”. Sebuah reportase legendaris yang akan dikenang sepanjang masa oleh dunia pers Indonesia. Masa pedih bagi perjalanan pers. Karena laporan jurnalistik dibalas dengan aksi kekerasan.

Kini, dua tahun usai perpisahan abadi kita dengan ulama pemimpin bernama lengkap KH. Abdurrahman Wahid itu, rasanya negeri ini merindukan sosok yang sederhana, apa adanya, cerdas dan pemberani. Gus Dur memiliki sikap itu. Kitapun rindu sosok macam beliau. Akhirnya, semoga kita tak pernah menyerah meski sosok guru bangsa itu kini telah jauh. Semoga negeri ini tak lantas menjadi negeri yang takut dan rapuh dihadapan pemodal yang kadang pongah dan tak mau tahu.

Kami merindukanmu Gus Dur.
Marem - 15/02/2012 11:53 AM
#77
vsieste
numpang baca-baca juga gan.. shakehand

buat ngobatin rindu ma tadzkiroh nggeh ..
delelele - 21/02/2012 11:58 PM
#78

KBGD Targetkan Napak Tilasi Semua Makam yang Diziarahi Gus Dur
Yogyakarta, NU Online

Komonitas Kongkow Bareng Gus Dur (KBGD) berkomitmen akan mengunjungi seluruh makam yang pernah diziarahi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Program bertajuk “Napak Tilas Ziarah Gus Dur” ini telah dimulai sejak Oktober 2011 dan akan berlanjut secara berkala setiap bulan.

“Kegiatan ini merupakan wujud kecintaan kami terhadap orang-orang soleh dan banyak jasa semasa hidupnya. Satu-persatu makam yang pernah diziarahi Gus Dur akan kami ziarahi juga,” kata Koordinator Program “Napak Tilas Ziarah Gus Dur” Sukma Adi kepada NU Online, Sabtu (18/2).

Tempat-tempat yang kunjungi termasuk lokasi persemayaman para ulama dan habaib di tanah Betawi dan sepanjang pulau Jawa. Sebagian makam yang sudah berhasil dikunjungi di antaranya adalah Guru Jazadi Klender, Guru Marzuki Cipinang Muara, Habib Ali Kwitang, Habib Husein Al Idrus Luar Batang, Habib Muhsin Al-Attas, Syaikh Panjalu, Raden Fatah dan Sunan Bonang.

“Bahkan kami mengunjungi makam ulama muslim di Klenteng Ancol, disamping juga makam Gus Dur sendiri di Jombang,” tambahnya.

Kata Adi, program meneladani semangat ziarah Ketua Umum PBNU tiga kali berturut-turut (1984-1999) ini dilaksanakan secara swadaya. Biaya diperoleh dari patungan bersama dan donasi relawan seikhlasnya. Peserta napak tilas ini diperuntukkan bagi para pecinta ulama dan ziarah secara umum.

Rencananya, kunjungan bulan Februari ini masih di seputar ulama Betawi di Jakarta, seperti Guru Amin dan Guru Mughni. Sedangkan untuk makam Buya Dimyati Pandeglang dijadwalkan akan diziarahi bulan Maret depan.

“KBGD memproyeksikan, dari hasil ziarah nanti akan terbit sebuah buku yang bercerita tentang situs ziarah dan pengalaman langsung napak tilas kami,” pungkasnya.

Sip...lah...Gus Dur...menyatukan ulama2....dengan ziarah...

Berarti ulama itu banyak loh? Tidak hanya 1..2...3 org saja...dan mereka pun saling menghargai...membina umat...
soerya - 22/02/2012 01:04 AM
#79

wow liriknya

jarang2 orang kek geneh D

recsel
bantop - 22/02/2012 11:30 AM
#80

Quote:
Original Posted By Minibalanar
Gusdur \)

Beliau contoh teladan dalam toleransi \)


Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)

I Love U cc kiss kiss kiss :matabelo
Page 4 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Mengenang - Alm K.H Abdurrahman Wahid (GusDur)