Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (Share + Pic) Wayang Pandawa
Total Views: 81048 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

angel3wijaya - 06/09/2011 07:23 PM
#41

Quote:
Original Posted By klenut
hehe... khas gaya juragan prabuanom..D
kang angel, lagi dites tuh...Yb


iya nih kang...maklum nubie kudu banyak ujian biar pinter dikit Peace:

Spoiler for BIMA
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Kelahiran Sang Bima

Seluruh kerajaan Astina sangat berduka karena kelahiran anak jabang bayi
Prabu Pandu dan Dewi Kunti yang berwujud terbungkus. Tak ada senjata yang mampu untuk memecah bungkus tersebut. Kurawa yang juga ikut membantu memecah bungkus tersebut – walaupun dengan tujuan berbeda ingin melenyapkan sang jabang bayi – juga tidak sanggup melakukannya. Sampai akhirnya, terdapat wangsit dewata yang meminta bayi bungkus tersebut dibuang di hutan Krendawahana

Di pertapaan wukir retawu Begawan Abyasa kedatangan Raden Permadi yang dikuti oleh punakawan.
“Kakek bagaimana nasib kakak bungkus, sudah sampai beberapa tahun tak ada kabar baik mengenai ini eyang, menjadikan dukanya ibu Kunti”

Tentu saja sang Begawan yang memang dipenuhi oleh budi luhur sudah mengetahui apa yang akan terjadi.
“Cucuku ngger Permadi, mengertilah kalo kakakmu sedang menjalani karmanya. Di kemudian hari kakakmu si bungkus akan jadi ksatria utama dan akan mendapat apa yang disebut sebagai wahyu jati”

Adanya bayi bungkus tersebut menjadikan gegernya suralaya. Bumi gonjang ganjing bergetar seperti dibelah. Lautan menjadi kering.
Di suralaya Batara Guru memanggil Gajah Sena putra sang batara yang berwujud gajah untuk memecah si bungkus sehingga menjadi manusia yang sejati. Sang guru juga mengutus Dewi Umayi untuk melatih tentang keutamaan kepada si bayi bungkus.

Setelah memberikan pengajaran kepada si bungkus, Dewi Umayi memberikan busana berupa cawet bang bintulu merah, hitam, kuning, putih, pupuk, sumping, gelang, porong dan kuku Pancanaka.

Selanjutnya Gajahsena dengan kekuatan yang dimilikinya membuka bungkus sijabang bayi. Namun dengan pecahnya bungkus, sang bayi menjadi marah karena ia merasa disakiti, maka terjadilah perkelahian yang dahsyat diantara keduanya. Pertempuran tersebut berakhir dengan kalahnya Gajah Sena. Namun bersamaan dengan sirnanya jasad sang Gajah, seluruh roh dan kekuatannya merasuk kedalam badan si bayi bungkus.

Kemudian datanglah Betara Narada. Si bungkus kemudian bertanya pada Sang Kabayadewa,”Heeem, siapakah aku ini?”

“Anakku, *kamu itu sesungguhnya adalah putra nomor dua dari Raja Dimarta Prabu Pandu Dewanata. Kamu lahir berwujud bungkus, dan kehendak Dewata kamu akan menjadi ksatria utama, dan untuk itu engkau kuberi nama Bratasena ..”

Nama lain
* Bratasena

* Balawa

* Birawa

* Dandung Wacana

* Nagata

* Kusumayuda

* Kowara

* Kusumadilaga

* Pandusiwi

* Bayusuta

* Sena

* Wijasena

* Jagal Abilowo
* Werkudara
* Gandawastratmaja
* Dwijasena
* Arya Sena
* Arya Brata
* Wayunendra
* Wayu Ananda
* Bayuputra,
* Bayutanaya
* Bayusiwi
* Bilawa
* Bondan Peksajandu

SUMBER

kang Prabu & kang Klenut...punten nya
prabuanom - 06/09/2011 08:49 PM
#42

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
hatur nuhun kang....lagi dikumpulin dulu...tp sptnya banyak dibahas diatas
paling nanti cuma nambahin sedikit2,itupun yg ane tau aja malu:



wah si akang yg lebih ngerti nanya ke ane Peace:


Quote:
Original Posted By klenut
hehe... khas gaya juragan prabuanom..D
kang angel, lagi dites tuh...Yb


hammer: jiah nanya beneran kang soalnya saya sendiri lupa. kenapa saya nanya karena penggambaran ular sebagai kalung yang nyata digambarkan pada bima itu cuma ada pada wayang golek. di wayang kulit tidak ada. kecuali wayang kulit cirebonan dulu pernah lihat saya ada penggambaran ular sebagai kalung tersebut. padahal gagah kalo bima digambarkan pake kalung ular begitu \)
prabuanom - 06/09/2011 08:52 PM
#43

(Share + Pic) Wayang Pandawa

golek raksasa bima, hampir setinggi manusia yg ada di museum wayang jakarta, penggambaran ularnya di leher dan badannya jelas sekali terlihat.
prabuanom - 06/09/2011 08:56 PM
#44

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
iya nih kang...maklum nubie kudu banyak ujian biar pinter dikit Peace:

Spoiler for BIMA
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Kelahiran Sang Bima

Seluruh kerajaan Astina sangat berduka karena kelahiran anak jabang bayi
Prabu Pandu dan Dewi Kunti yang berwujud terbungkus. Tak ada senjata yang mampu untuk memecah bungkus tersebut. Kurawa yang juga ikut membantu memecah bungkus tersebut – walaupun dengan tujuan berbeda ingin melenyapkan sang jabang bayi – juga tidak sanggup melakukannya. Sampai akhirnya, terdapat wangsit dewata yang meminta bayi bungkus tersebut dibuang di hutan Krendawahana

Di pertapaan wukir retawu Begawan Abyasa kedatangan Raden Permadi yang dikuti oleh punakawan.
“Kakek bagaimana nasib kakak bungkus, sudah sampai beberapa tahun tak ada kabar baik mengenai ini eyang, menjadikan dukanya ibu Kunti”

Tentu saja sang Begawan yang memang dipenuhi oleh budi luhur sudah mengetahui apa yang akan terjadi.
“Cucuku ngger Permadi, mengertilah kalo kakakmu sedang menjalani karmanya. Di kemudian hari kakakmu si bungkus akan jadi ksatria utama dan akan mendapat apa yang disebut sebagai wahyu jati”

Adanya bayi bungkus tersebut menjadikan gegernya suralaya. Bumi gonjang ganjing bergetar seperti dibelah. Lautan menjadi kering.
Di suralaya Batara Guru memanggil Gajah Sena putra sang batara yang berwujud gajah untuk memecah si bungkus sehingga menjadi manusia yang sejati. Sang guru juga mengutus Dewi Umayi untuk melatih tentang keutamaan kepada si bayi bungkus.

Setelah memberikan pengajaran kepada si bungkus, Dewi Umayi memberikan busana berupa cawet bang bintulu merah, hitam, kuning, putih, pupuk, sumping, gelang, porong dan kuku Pancanaka.

Selanjutnya Gajahsena dengan kekuatan yang dimilikinya membuka bungkus sijabang bayi. Namun dengan pecahnya bungkus, sang bayi menjadi marah karena ia merasa disakiti, maka terjadilah perkelahian yang dahsyat diantara keduanya. Pertempuran tersebut berakhir dengan kalahnya Gajah Sena. Namun bersamaan dengan sirnanya jasad sang Gajah, seluruh roh dan kekuatannya merasuk kedalam badan si bayi bungkus.

Kemudian datanglah Betara Narada. Si bungkus kemudian bertanya pada Sang Kabayadewa,”Heeem, siapakah aku ini?”

“Anakku, *kamu itu sesungguhnya adalah putra nomor dua dari Raja Dimarta Prabu Pandu Dewanata. Kamu lahir berwujud bungkus, dan kehendak Dewata kamu akan menjadi ksatria utama, dan untuk itu engkau kuberi nama Bratasena ..”

Nama lain
* Bratasena

* Balawa

* Birawa

* Dandung Wacana

* Nagata

* Kusumayuda

* Kowara

* Kusumadilaga

* Pandusiwi

* Bayusuta

* Sena

* Wijasena

* Jagal Abilowo
* Werkudara
* Jayadrata atau Tirtanata.
* Gandawastratmaja
* Dwijasena
* Arya Sena
* Arya Brata
* Wayunendra
* Wayu Ananda
* Bayuputra,
* Bayutanaya
* Bayusiwi
* Bilawa
* Bondan Peksajandu

SUMBER

kang Prabu & kang Klenut...punten nya



keren kisah bima bungkusnya kang thumbup:

nama lainnya bima apakah termasuk jayadrata kang?memang jayadrata berasal dari bungkus bima yang di berkahi menjadi bayi yang diasuh resi sempani. jayadrata ini nanti yang akan membunuh abimanyu. apa cuma sama nama aja ya kang?
klenut - 06/09/2011 09:06 PM
#45

Quote:
Original Posted By prabuanom
hammer: jiah nanya beneran kang soalnya saya sendiri lupa. kenapa saya nanya karena penggambaran ular sebagai kalung yang nyata digambarkan pada bima itu cuma ada pada wayang golek. di wayang kulit tidak ada. kecuali wayang kulit cirebonan dulu pernah lihat saya ada penggambaran ular sebagai kalung tersebut. padahal gagah kalo bima digambarkan pake kalung ular begitu \)


Betul, juragan. thumbup:
Itu kalung ular Naga Bandha, yang diberikan oleh Betari Durga pada saat proses kelahiran Bima.

Konon, ular itu akan menggigit Bima, kalo ia tidak jujur.
(kalo emang begitu, Bima jujurnya terpaksa dong ya... hammer\)

Benar kata juragan. Naga Bandha terlihat jelas kalo di wayang kulit Cirebon.

Tapi, kalo bersumber dari Wiki, Naga Bandha itu berupa ikat pinggang. Kalungnya disebut Nagasasra.
prabuanom - 06/09/2011 09:35 PM
#46

Quote:
Original Posted By klenut
Betul, juragan. thumbup:
Itu kalung ular Naga Bandha, yang diberikan oleh Betari Durga pada saat proses kelahiran Bima.

Konon, ular itu akan menggigit Bima, kalo ia tidak jujur.
(kalo emang begitu, Bima jujurnya terpaksa dong ya... hammer\)

Benar kata juragan. Naga Bandha terlihat jelas kalo di wayang kulit Cirebon.

Tapi, kalo bersumber dari Wiki, Naga Bandha itu berupa ikat pinggang. Kalungnya disebut Nagasasra.


hem ooo dari bhatari durga ya.... namanya nagasasra?nah ini saya juga ga tau makanya nanya. tadinya saya kira apa ada hubungan ama lukisan bima melawan naga yangs ering muncul dalam lukisan lukisan? makasih infonya gan shakehand
angel3wijaya - 06/09/2011 09:39 PM
#47

Quote:
Original Posted By prabuanom
keren kisah bima bungkusnya kang thumbup:

nama lainnya bima apakah termasuk jayadrata kang?memang jayadrata berasal dari bungkus bima yang di berkahi menjadi bayi yang diasuh resi sempani. jayadrata ini nanti yang akan membunuh abimanyu. apa cuma sama nama aja ya kang?


bener mbah...tadi salah edit..malu:

makasih koreksinya thumbup:
polinpedersen - 06/09/2011 09:44 PM
#48

wayang itu cerita mitologi apa real si gan..
mohon pencerahan
antasena_kekota - 06/09/2011 10:30 PM
#49

Quote:
Original Posted By polinpedersen
wayang itu cerita mitologi apa real si gan..
mohon pencerahan


kalo cerita wayang di indonesia (tanpa sangkut pautnya dgn agama tertentu) menurut saya pribadi hanya mitologi. karena kalo itu nyata dah di tulis di buku-buku sejarah dari SD, ganPeace: kalo dibikin film bisa ngalahin LOTR nih. asal gak kyk yg ada di indosiarnohope:
angel3wijaya - 06/09/2011 10:44 PM
#50

Quote:
Original Posted By antasena_kekota
kalo cerita wayang di indonesia (tanpa sangkut pautnya dgn agama tertentu) menurut saya pribadi hanya mitologi. karena kalo itu nyata dah di tulis di buku-buku sejarah dari SD, ganPeace: kalo dibikin film bisa ngalahin LOTR nih. asal gak kyk yg ada di indosiarnohope:


wuaah si mbah nonton yg tv itu yah...kaga ada bagus2nya ya mbah Peace:
angel3wijaya - 06/09/2011 10:50 PM
#51

Quote:
Original Posted By klenut
Betul, juragan. thumbup:
Itu kalung ular Naga Bandha, yang diberikan oleh Betari Durga pada saat proses kelahiran Bima.

Konon, ular itu akan menggigit Bima, kalo ia tidak jujur.
(kalo emang begitu, Bima jujurnya terpaksa dong ya... hammer\)

Benar kata juragan. Naga Bandha terlihat jelas kalo di wayang kulit Cirebon.

Tapi, kalo bersumber dari Wiki, Naga Bandha itu berupa ikat pinggang. Kalungnya disebut Nagasasra.


versi sunda juga ada 2 mbah

Spoiler for Dengan Kalung
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Spoiler for Tanpa Kalung
(Share + Pic) Wayang Pandawa
antasena_kekota - 06/09/2011 10:52 PM
#52

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
wuaah si mbah nonton yg tv itu yah...kaga ada bagus2nya ya mbah Peace:


dulu waktu masih smp gak tau tentang cerita wayang. makanya liat film wayang begituan dah keren bgtngakak tapi skrg setelah tau tentang cerita wayang jadi males mo liat lagicd
angel3wijaya - 06/09/2011 11:00 PM
#53

Quote:
Original Posted By antasena_kekota
dulu waktu masih smp gak tau tentang cerita wayang. makanya liat film wayang begituan dah keren bgtngakak tapi skrg setelah tau tentang cerita wayang jadi males mo liat lagicd


kalo ga salah dulu pernah ada film layar lebarnya mbah
judulnya (kalo ga salah) Pandawa Lima...tp sama aja byk ga nyambungnya
klenut - 07/09/2011 02:16 AM
#54

Quote:
Original Posted By antasena_kekota
kalo cerita wayang di indonesia (tanpa sangkut pautnya dgn agama tertentu) menurut saya pribadi hanya mitologi. karena kalo itu nyata dah di tulis di buku-buku sejarah dari SD, ganPeace: kalo dibikin film bisa ngalahin LOTR nih. asal gak kyk yg ada di indosiarnohope:


akur, juragan shakehand
Ane pribadi juga menganggap ini hanya mitologi.

Kalo dibikin film hollywood, bisa kayak Harry Potter sampe jilid 8....seru pastinya.
klenut - 07/09/2011 03:44 AM
#55

Quote:
Original Posted By prabuanom
hem ooo dari bhatari durga ya.... namanya nagasasra?nah ini saya juga ga tau makanya nanya. tadinya saya kira apa ada hubungan ama lukisan bima melawan naga yangs ering muncul dalam lukisan lukisan? makasih infonya gan shakehand


begitulah sepengetahuan ane, gan....

tapi ada juga versi yang menceritakan kalo kalung itu bernama Naga Sasra, dan diperoleh Bima ketika bertarung melawan naga di samudra, dalam kisah Dewa Ruci.
Pertarungan itu yang sering muncul di lukisan-lukisan.

(Share + Pic) Wayang Pandawa
prabuanom - 07/09/2011 06:08 AM
#56

Quote:
Original Posted By klenut
begitulah sepengetahuan ane, gan....

tapi ada juga versi yang menceritakan kalo kalung itu bernama Naga Sasra, dan diperoleh Bima ketika bertarung melawan naga di samudra, dalam kisah Dewa Ruci.
Pertarungan itu yang sering muncul di lukisan-lukisan.

(Share + Pic) Wayang Pandawa


sip sip gan, terima kasih beer:
ButoGalak - 07/09/2011 09:30 AM
#57

Quote:
Original Posted By klenut
begitulah sepengetahuan ane, gan....

tapi ada juga versi yang menceritakan kalo kalung itu bernama Naga Sasra, dan diperoleh Bima ketika bertarung melawan naga di samudra, dalam kisah Dewa Ruci.
Pertarungan itu yang sering muncul di lukisan-lukisan.

(Share + Pic) Wayang Pandawa


mohon nambahin yg versi pul kolor D

ane colong dari fb temen ane Peace:

(Share + Pic) Wayang Pandawa
klenut - 07/09/2011 10:24 AM
#58

Quote:
Original Posted By ButoGalak
mohon nambahin yg versi pul kolor D

ane colong dari fb temen ane Peace:

(Share + Pic) Wayang Pandawa


keren, juragan Buto... thumbup:

(Share + Pic) Wayang Pandawa

(Share + Pic) Wayang Pandawa
prabuanom - 07/09/2011 01:52 PM
#59

(Share + Pic) Wayang Pandawa

(Share + Pic) Wayang Pandawa


ini yang dari bali kalo ga salah shakehand
angel3wijaya - 07/09/2011 03:25 PM
#60

ikut nambahin kang..

hasil gugling...malu:

Spoiler for Illustrasi
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Spoiler for Wayang Orang
(Share + Pic) Wayang Pandawa
Page 3 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (Share + Pic) Wayang Pandawa