Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (Share + Pic) Wayang Pandawa
Total Views: 81048 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

Digdadinaya - 07/09/2011 11:04 PM
#61

ndeprok lagi setelah lama lari dari mayapada.hehehe

wah....banyak gambar Bima lagi tarung....

pengen nambain gambar sendiri,..tapi jelek..hehehehe
g ada trit yang buat posting gambar2 wayang hasil kreasi ya??hm....
klenut - 07/09/2011 11:17 PM
#62

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
ndeprok lagi setelah lama lari dari mayapada.hehehe

wah....banyak gambar Bima lagi tarung....

pengen nambain gambar sendiri,..tapi jelek..hehehehe
g ada trit yang buat posting gambar2 wayang hasil kreasi ya??hm....


Setelah lari dari mayapada, dapet pusaka apa juragan? D

silakan, gan...tampilin aja di sini gambarnya...thumbup:
angel3wijaya - 08/09/2011 02:38 PM
#63

Quote:
Original Posted By klenut

Yudistira alias Dharmawangsa, adalah salah satu tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan seorang raja yang memerintah kerajaan Kuru, dengan pusat pemerintahan di Hastinapura. Ia merupakan yang tertua di antara lima Pandawa, atau para putera Pandu.

Istri Drupadi

(Share + Pic) Wayang Pandawa

Drupadi anak dari Prabu Drupada, raja negri Cempalareja.berputra bernama Pancawala.

Quote:
Original Posted By klenut

Bima (Sanskerta: Bhima) atau Bimasena (Sanskerta: Bhimaséna) adalah seorang tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia dianggap sebagai seorang tokoh heroik. Ia adalah putra Dewi Kunti dan dikenal sebagai tokoh Pandawa yang kuat, bersifat selalu kasar dan menakutkan bagi musuh, walaupun sebenarnya hatinya lembut. Ia merupakan keluarga Pandawa di urutan yang kedua, dari lima bersaudara. Saudara se’ayah’-nya ialah wanara yang terkenal dalam epos Ramayana dan sering dipanggil dengan nama Hanoman. Akhir dari riwayat Bima diceritakan bahwa dia mati sempurna (moksa) bersama ke empat saudaranya setelah akhir perang Bharatayuddha. Cerita ini dikisahkan dalam episode atau lakon Prasthanikaparwa. Bima setia pada satu sikap, yaitu tidak suka berbasa basi dan tak pernah bersikap mendua serta tidak pernah menjilat ludahnya sendiri.


beristri 3 :

(Share + Pic) Wayang Pandawa

1. Dewi Nagagini, putri Sanghyang Anantaboga dengan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala. berputra Arya Anantareja.

2. Dewi Arimbi, putri dari Prabu Arimbaka dari kerajaan Pringgandani.berputra Raden Gatotkaca.

3. Dewi Urangayu, adalah anak tunggal dari penguasa Samodra, keturunan bangsa Dewa, bernama Batara Baruna.berputra Arya Anantasena.
klenut - 08/09/2011 02:53 PM
#64

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
Istri Drupadi

(Share + Pic) Wayang Pandawa

Drupadi anak dari Prabu Drupada, raja negri Cempalareja.berputra bernama Pancawala.



beristri 3 :

(Share + Pic) Wayang Pandawa

1. Dewi Nagagini, putri Sanghyang Anantaboga dengan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala. berputra Arya Anantareja.

2. Dewi Arimbi, putri dari Prabu Arimbaka dari kerajaan Pringgandani.berputra Raden Gatotkaca.

3. Dewi Urangayu, adalah anak tunggal dari penguasa Samodra, keturunan bangsa Dewa, bernama Batara Baruna.berputra Arya Anantasena.


mantap, juragan...thumbup:
Hatur nuhun pisan

Penampakan lain Drupadi:

Wayang Golek/Sunda
(Share + Pic) Wayang Pandawa

India
(Share + Pic) Wayang Pandawa

Masa Kini D
Dian Sastro sebagai Drupadi dalam film pendek berjudul "Drupadi"
(Share + Pic) Wayang Pandawa

Penampakan lain Arimbi:

Wayang Golek/Sunda
(Share + Pic) Wayang Pandawa

Masa Kini D
Sita Nursanti (Trio RSD) sebagai Arimbi dalam Pagelaran Wayang Orang lakon Jabang Tetuko
(Share + Pic) Wayang Pandawa
angel3wijaya - 08/09/2011 02:55 PM
#65

Quote:
Original Posted By klenut
3. Arjuna

Spoiler for Ardjoena
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Raden Arjuna adalah putra ketiga dari pasangan Dewi Kunti dan Prabu Pandu atau sering disebut dengan ksatria Panengah Pandawa. Seperti yang lainnya, Arjuna pun sesungguhnya bukan putra Pandu, namun ia adalah putra dari Dewi Kunti dan Batara Indra. Dalam kehidupan orang jawa, Arjuna adalah perlambang manusia yang berilmu tingga namun ragu dalam bertindak. Hal ini nampak jelas sekali saat ia kehilangan semangat saat akan menghadapi saudara sepupu, dan guru-gurunya di medan Kurusetra. Keburukan dari Arjuna adalah sifat sombongnya. Karena merasa tangguh dan juga tampan, pada saat mudannya ia menjadi sedikit sombong.


ada yg mengatakan beristri 1000 kurang 1
ada yg mengatakan beristri 41

terlepas dari kontroversi baik nama & urutan dll
ane cuma mau nambahin aja... Peace:

Para Istri Arjuna

Spoiler for Pict 1
(Share + Pic) Wayang Pandawa



Spoiler for Pict 2
(Share + Pic) Wayang Pandawa


1. Dewi Antakawulan, berputra Bambang Antakadewa.

2. Dewi Asmarawati ,berputra Bambang Jati Asmara

3. Dewi Citraganda/Citranggada putri Prabu Citradahana/Citrasena berputra Bambang Babruwahana/Wabruwahana

4. Dewi Citrahoyi.

4. Dewi Dresanala, berputra Bambang Wisanggeni.

6. Dewi Dyah Sarimaya.

7. Dewi Gandawati puteri dari Prabu Gandasena dari Kerajaan Tasikmadu berputra Bambang Gandawardaya/Bambang Gandakusuma.

8. Dewi Gagar Mayang.

9. Dewi Jimambang puteri Resi Wilawuk/Resi Wilwuk dari hutan alas Wanamarta atau Alas Mertani, berputra Bambang Kumaladewa dan Bambang Kumalasakti.

10.Dewi Juwitaningrat, berputra Bambang Sumbada/Bambang Senggata yang beujud raksasa.

11.Dewi Kencana Wati putri Prabu Sokadrema.

12.Dewi Kencana Wulan putri Prabu Sokadrema.

13.Dewi Lestari.

14.Dewi Larasati putri Prabu Bismaka/Arya Prabu Rukma, raja Kumbina dengan Ken Yusida/Ken Sagupi, berputra Bratalaras.

15.Dewi Larawangen.

16.Dewi Lengleng Mulat.

17.Dewi Maheswara/Endang Sabekti, putri Begawan Sidik Waspada dari pertapaan Glagahwangi berputra Bambang Priyambada.

18.Dewi Manikarya.

19.Dewi Manikhara.

20.Dewi Manuhara, putri Wiku Manikara dari pertapaan Tirtakawana. versi lain ia adalah putri Bagawan Sidik Wacana dari pertapaan Andong Sumiwi, berputra Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati.

21.Dewi Palupi/Ulupi, puteri seorang Begawan Naga Korawya dari kerajaan Nagaloka, versi lain puteri*Begawan Kanwa, dari pertapaan Yasarata. Ada juga versi lainnya Dewi Ulupi puteri resi Jayawilapa dari Gunung Yasarata. berputra Bambang Irawan.

22.Dewi Pamegatsih, berputra Bambang Pamegatrisna.

23.Dewi Partawati, puteri Prabu Partakusuma *dari Kerajaan Waringinsungsang.

34.Dewi Purnama Sidi Puteri Begawan Sidi Wasana, dari Pertapaan Andong Purnama, berputera Bambang Manonbawa, atau Manon Manonton atau Kresna Malang Dewa.

25.Dewi Puspawati.

26.Dewi Rarasati anak Antagopa, gembala ternak Prabu Basudewa dari negara Madura. Tetapi sebenarnya Dewi Rarasati putri Basudewa yang dirahasiakan.

26.Dewi Ratri, puteri Prabu Jin Yudistira, versi lain cucu Begawan Partana dari Pertapaan Guwawarna, berputra Bambang Wijanarka.

27.Dewi Retna Kasimpar.

28.Dewi Srikandi adalah putra Prabu Drupada raja Pancalareja dengan permaisurinya Dewi Gandawati.

29.Dewi Srimendang putri Tambaksegara berputra Bambang Srigati.

30.[B]Dewi Subadra atau Dewi Sumbadra[/B], putri Prabu Basudewa, raja negara Mandura dari permaisuri Dewi Rohini/Dewi Badrahini, putra Raden Angkawijaya/Bambang Abimanyu.

31.Dewi Sulastri, berputra Bambang Sumitra.

32.Dewi Supraba, putri Bathara Indra. berputra Bambang Prabakusuma.

33.Dewi Surendra/Dewi Irim irin.

34.Dewi Suryawati putri Prabu Radea di negari Petapralaya..

35.Dewi Suyati.

36.Dewi Tunjungbiru.

37.Dewi Tilotama.

38.Dewi Warsini.

39.Dewi Warsiki.

40.Dewi Wilutama, berputra Bambang Wilugangga.versi lainnya menyebutkan Dewi Wilutama pernah turun ke Arcapada menjelma menjadi kuda sembrani betina dan membawa terbang Bambang Kumbayana/Resi Drona menyeberangi lautan yang waktu itu sedang mencari Arya Sucitra. Dalam peristiwa itu terjalin hubungan asmara antara Dewi Wilutama dengan Bambang Kumbayana. Akibatnya Dewi Wilutama hamil, dan melahirkan seorang putra lelaki yang mempunyai ciri-ciri berambut dan bertelapak kaki kuda, yang diberi nama Bambang Aswatama.
klenut - 08/09/2011 03:08 PM
#66

mantap...mantap...thumbup:

Pasti juragan kerja keras kalo ngumpulin istri dari Arjuna sih...D
angel3wijaya - 08/09/2011 03:13 PM
#67

Quote:
Original Posted By klenut
4. Nakula

Spoiler for Nakoela
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Resminya, Nakula atau Pinten adalah putra dari Prabu Pandu dan Dewi Madrim. Namun karena Prabu Pandu tak dapat behubungan tubuh dengan istrinya, maka Dewi Madri yang telah diajari ilmu Adityaredhaya oleh Dewi Kunti memanggil dewa tabib kayangan yang juga dikenal sebagai dewa kembar. Batara Aswan-Aswin. Nakula adalah putra dar Batara Aswan sedang Sadewa adalah putra dari Batara Aswin.


Nakula beristri 2:

Spoiler for pict
(Share + Pic) Wayang Pandawa


1. Dewi Sayati putri Prabu Kridakirata, raja negara Awuawulangit, dan memperoleh dua orang putra masing-masing bernama; Bambang Pramusinta dan Dewi Pramuwati.

2. Dewi Srengganawati, putri Resi Badawanganala, kura-kura raksasa yang tinggal di sungai/narmada Wailu (menurut Purwacarita, Badawanangala dikenal sebagai raja negara Gisiksamodra/Ekapratala) dan memperoleh seorang putri bernama Dewi Sritanjung.


Quote:
Original Posted By klenut
5. Sadewa

Spoiler for Sahadewa
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Raden Sadewa atau Tangsen yang merupakan saudara kembar dari Raden Nakula adalah bungsu dari Pandawa. Ia adalah putra dari Dewi Madrim dan Batara Aswin, dewa kembar bersama Batara Aswan, ayah Nakula.


Sadewa beristri 1:

Spoiler for Dewi Srengginiwati
(Share + Pic) Wayang Pandawa


Dewi Srengginiwati, adalah adik Dewi Srengganawati (Isteri Nakula), putri Resi Badawanganala, kura-kura raksasa yang tinggal di sungai/narmada Wailu (menurut Purwacarita, Badawanangala dikenal sebagai raja negara Gisiksamodra/Ekapratala).
Dari pernikahan tersebut ia memperoleh seorang putra bernama Bambang Widapaksa/ Sidapaksa
angel3wijaya - 08/09/2011 03:15 PM
#68

Quote:
Original Posted By klenut
mantap...mantap...thumbup:

Pasti juragan kerja keras kalo ngumpulin istri dari Arjuna sih...D


ane belum kenalan dg semuanya gan... Peace:

kalo bener 999 wuaaaaah capedes
klenut - 08/09/2011 03:23 PM
#69

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
ane belum kenalan dg semuanya gan... Peace:

kalo bener 999 wuaaaaah capedes


luar biasa, juragan
nuhun pisan shakehand

itu ngegilirnya gimana ya? bingungs
angel3wijaya - 08/09/2011 03:28 PM
#70

Quote:
Original Posted By klenut
luar biasa, juragan
nuhun pisan shakehand

itu ngegilirnya gimana ya? bingungs


mgkn punya ilmu spt naruto hammers

bisa jadi banyak...jadi ga usah gilir gan Peace:
prabuanom - 08/09/2011 03:57 PM
#71

asik nyimak ah, banyak picnya neh...bisa dijadikan referesinya D
klenut - 08/09/2011 06:56 PM
#72

istri arjuna ada yang namanya manohara ya.... matabelo:

Dewi Manohara digambarkan tentang kelebihan kecantikannya bagaikan lukisan yang indah. Wajahnya bagai bunga pandan, ibarat matahari yang tertutup tipisnya awan. Bentuk lambung yang kecil rapi dan ramping bagaikan kumbang besar yang mengitari bunga. Bibirnya yang kecil, merah, bagus bagaikan buah manggis yang merekah.

aw..aw...

Perempuan-perempuan Istri Arjuna

Karya sastra Jawa klasik, Serat Candrarini berbentuk puisi tembang macapat berbahasa Jawa baru. Ditulis pada hari kamis, 7 Jumadilakir tahun be 1792 Jawa oleh Raden Mas Ranggawarsita, atas perintah Paku Buwana IX di Surakarta. Tokoh-tokoh yang ditampilkan adalah para istri Arjuna, yakni : 1. Sumbadra 2. Dewi Ulupi 3. Ratna Gandawati 4. Dewi Manohara dan 5. Srikandi. Tokoh yang ditampilkan berperangai positif, sebab para istri arjuna tersebut mempunyai karakter yang berlainan. Dilihat dari segi isinya merupakan ajaran yang ditujukan kepada kaum wanita, khususnya wanita jaman dulu yang mengabdikan hidup pada perkimpoian poligami.

Didalamnya termuat contoh-contoh sifat dan tingkah laku yang dimiliki oleh kelima orang wanita ( istri ) Arjuna. Dari kelima istri Arjuna itu, yang tiga orang merupakan anak seorang raja, yang berarti mempunyai pengaruh positif kepada pemerintahan dan kehidupan duniawi. Yang dua orang istri lainnya merupakan anak pendeta atau biksu yang berarti memiliki karakter dan pribadi yang luhur. Selain memiliki karakter yang berbeda, kelima istri tersebut selalu menghargai kepada temen-temen selir, dan menganggapnya sebagai saudara sendiri yang saling hidup berdampingan dengan rukun dan damai sebagai wanita yang dikatakan berhasil dalam perkimpoian, mereka memiliki sifat sabar “ rela “ dan narima “ menerima dengan bersyukur.

Disebutkan pula bahwa sebagai wanita apabila dalam perkimpoiannya mengalami kegagalan maka rasa kewanitaannya tersebut telah hilang. Seorang istri yang dapat disebut berhasil dalam perkimpoian adalah seorang wanita yang pasrah terhadap apa saja yang akan terjadi pada dirinya. Walaupun dimadu seorang istri hendaknya dapat memelihara dirinya agar tetap cantik, bertingkah laku manis, penuh pengabdian, berbakti, setia, dan taat kepada suaminya.

Diantara sesama selir harus saling bersahabat dan menganggapnya sebagai saudara, oleh karena itu meraka harus saling memberi dan saling mendidik. Selain memiliki sifat-sifat diatas, untuk menjadi wanita yang berbudi luhur haruslah beriman. Janganlah sampai putus dalam berdoa agar mendapatkan wahyu dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mencapi kesempurnaan hidup, sebagai mahkluk individu dan sosial seseorang diwajibkan untuk berguru agar mendapatkan pengetahuan didalam kehidupan, baik secara makro maupun mikro.

Sebagai penyampai pesannya adalah dewi Manohara, sebagai seorang wanita Jawa yang rela berkorban demi suami yang amat dicintainya, wara Sembadra membuktikan dirinya. Sebagai bukti akan kesetiannya, ia menolak keinginan Burisrawayang ingin memperistri dirinya dengan cara menculik, wara Sembadra memilih bunuh diri dan akhirnya mati daripada harus melayani laki-laki yang bukan suaminya.

Dilukiskan pula mengenai tingkah laku wara Srikandhi yang berbakti terhadap mertua, yaitu dewi Kunthi. Ia mampu dan berusaha memenuhi apa saja yang menjadi keinginan mertuanya. Sebagai seorang menantu ternyata ia sangat setia, selalu berbuat yang baik demi keutuhan keluarga, ia tidak hanya menerima suaminya saja sebagai pendamping akan tetapi menerima keluarga yang lain sebagai satu ikatan keluarga. Selain berbakti kepada mertua, sebagai istri ia juga harus tetap cinta kepada saudara-saudaranya sendiri, walaupun di antara mereka saling berjauhan tempat. Selain itu digambarkan juga keindahan dan kecantikan terhadap setiap tokoh misalnya :
- Wara Sembadra digambarkan sebagai seorang wanita yang mempunyai kesamaan dengan bidadari.
- Dewi Manohara digambarkan tentang kelebihan kecantikannya bagaikan lukisan yang indah. Wajahnya bagai bunga pandan, ibarat matahari yang tertutup tipisnya awan. Bentuk lambung yang kecil rapi dan ramping bagaikan kumbang besar yang mengitari bunga. Bibirnya yang kecil, merah, bagus bagaikan buah manggis yang merekah.
- Dewi Ulupi liriknya digambarkan bagai teratai biru yang bersinar.
- Ratna Gandawati digambarkan berambut hitam, sinom “ anak rambut “ banyak, berleher indah, berdada lebar kuning bagaikan kelapa gading yang masih muda, bila ia berjalan amat pelan bagaikan teratai yang melenggang di air.
- Wara Srikandhi digambarkan ibarat wanita dari bulan, suara menggema bagaikan suara kilat yang diatur dan berbunyi bersama-sama, kulitnya kuning bagaikan kencana yang digosok.

SUMBER
angel3wijaya - 08/09/2011 10:15 PM
#73

Illustrasi...dapet nemu Peace:

(Share + Pic) Wayang Pandawa
klenut - 08/09/2011 10:39 PM
#74

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
Illustrasi...dapet nemu Peace:

(Share + Pic) Wayang Pandawa


keren euy!
Itu yang kanan Srikandi kali ya...soalnya bawa anak panah...
Yang tengah siapa ya? Manohara kah?
angel3wijaya - 08/09/2011 10:46 PM
#75

Quote:
Original Posted By klenut
keren euy!
Itu yang kanan Srikandi kali ya...soalnya bawa anak panah...
Yang tengah siapa ya? Manohara kah?


katanya drupadi mbah

oia tmn ane share video ttg gatot kaca tuh mbah
klenut - 08/09/2011 10:59 PM
#76

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
katanya drupadi mbah

oia tmn ane share video ttg gatot kaca tuh mbah


waw...seksi ya...he he

share video di mana juragan? ada link-nya?
angel3wijaya - 08/09/2011 11:03 PM
#77

Quote:
Original Posted By klenut
waw...seksi ya...he he

share video di mana juragan? ada link-nya?


tadinya saya suruh dimari...
eh taunya dia buat trit baru di forbud hammers
mudah2an ga ditutup momod mbah

Film Animasi 3D Gatotkaca
klenut - 08/09/2011 11:22 PM
#78

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
tadinya saya suruh dimari...
eh taunya dia buat trit baru di forbud hammers
mudah2an ga ditutup momod mbah

Film Animasi 3D Gatotkaca


wew.....menuju TKP...:ngacir

mantap kayaknya...
klenut - 08/09/2011 11:33 PM
#79

ane nemu gambar2 wayang keren di kaskus juga:
SUMBER

Spoiler for Pandawa Lima
(Share + Pic) Wayang Pandawa


kalo ini Gatotkaca lagi godain siapa ya?

(Share + Pic) Wayang Pandawa
angel3wijaya - 08/09/2011 11:48 PM
#80

Quote:
Original Posted By klenut
ane nemu gambar2 wayang keren di kaskus juga:
SUMBER

Spoiler for Pandawa Lima
(Share + Pic) Wayang Pandawa


kalo ini Gatotkaca lagi godain siapa ya?

(Share + Pic) Wayang Pandawa


ngakaks...iya siapa tuh..gatot kaca koq jadi ganjen yah

awas dimarahin bapake

Spoiler for BIMA
(Share + Pic) Wayang Pandawa
Page 4 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (Share + Pic) Wayang Pandawa